PPT B4 Skenario B

download PPT B4 Skenario B

If you can't read please download the document

  • date post

    15-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    223
  • download

    5

Embed Size (px)

description

power point

Transcript of PPT B4 Skenario B

PowerPoint Presentation

Vegetatif Tetap dan Potensi Terjadinya Tindakan EuthanasiaTiara Sari Irianti102011418Teguh Tirto Katon 102013550Herlin Indah Bangalino 102014022Diah Ayu Lestari 102014106Timoty Crissuter Sadat 102014124Ria Novelina 102014150Abitita Hartien Tahun 102014184Ruth Anthea Airin Simanjuntak 102014210Kelompok : B4

Terri Schiavo (usia 41 tahun) meninggal dunia di negara bagian Florida, 13 hari setelah Mahkamah Agung Amerika memberi izin mencabut pipa makanan (feeding tube) yang selama ini memungkinkan pasien dalam koma ini masih hidup. Komanya mulai pada tahun 1990 saat Terri jatuh di rumahnyadan ditemukan suaminya, Michael Schiavo, dalam keadaan gagal jantung. Setelah ambulans tim medis langsung dpanggil, Terri dapat diresusitasi lagi, tetapi karena cukup lama ia tidak bernapas, ia mengalami kerusakan otak yang berat, akibat kekurangan oksigen. Menurut kalangan medis, gagal jantung itu disebabkan oleh ketidakseimbangan unsur potasium dalam tubuhnya. Oleh karena itu, dokternya kemudian dituduh malpraktek dan harus membayar ganti rugi cukup besar karena dinilai lalai dalam tidak menemukan kondisi yang membahayakan pada pasiennya. Setelah Terri Schiavo selama 8 tahun berada dalam keadaan koma, pada bulan Mei 1998 suaminya yang bernama Michael Schiavo mengajukan permohonan ke pengadilan agar pipa alat bantu makanan pada istrinya bisa dicabut agar istrinya meninggal dengan tenang, namun orang tua Terri Schiavo yaitu Robert dan Mary Schindler menyatakan keberatan dan menempuh langkah hukum guma menentang niat menantu mereka tersebut. Dua kali pipa makanan Terri dilepaskan dengan izin pengadilan, tetapi sesudah beberapa hari harus dipasang kembali atas perintah hakim yang lebih tinggi. Ketika akhirnya hakim memutuskan bahwa pipa makanan boleh dilepaskan, maka para pendukung keluarga Schindler melakukan upaya-upaya guna menggerakan Senat Amerika Serikat agar membuat Undang-Undang ini langsung didukung oleh Dewan Perwakilan Amerika Serikat dan ditandatangani oleh Presiden George Walker Brush. Tetapi , berdasarkan hukum di Amerika kekuasaan kehakiman adalah independen, yang akhirnya ternyata hakim federal membenarkan keputusan hakim terdahuluIdentifikasi MasalahResusitasi adalah tindakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu. Tujuannya ialah untuk membuka kembali jalan napas yang menyempit atau tertutup sama sekali. Resusitasi sangat dibutuhkan bagi orang tenggelam, terkena serangan jantung, sesak napas karena syok akibat kecelakaan, terjatuh, dan sebagainya.Potasium adalah mineral yang memiliki fungsi yaitu mengontrol detak jantung, fungsi otak, membantu menurunkan tekanan darah, berperan dalam fungsi kejut saraf (sebuah respons otomatis terhadap rangsangan), dan kontraksi otot.

Rumusan MasalahKondisi pasien vegetatif tetap

Hipotesis

Beberapa negara menyetujui tindakan tersebut dan beberapa tidakHegemoniIstilah Hegemoni berasal dari bahasa Yunani, yaitu hegeishtai. Istilah tersebut berarti yang memimpin, kepemimpinan, kekuasaan yang melebihi kekuasaan yang lain. Menurut Faruk secara literal, hegemoni berarti kepemimpinan, yaitu suatu keadaan dimana suatu kelompok mendominasi kelompok lain

RanahRanah adalah lingkungan yg memungkinkan terjadinya percakapan, merupakan kombinasi antara partisipan, topik, dan tempat misalnya keluarga, pendidikan, tempat kerja, keagamaan, dan lain sebagainya.

HabitusHabitus merupakan perawakan dari seseorang, habitus dapat dirumuskan sebagai sebuah sistem disposisi-disposisi (skema-skema persepsi, pikiran, dan tindakan yang diperoleh dan bertahan lama).

DoxaDoxa adalah kepercayaan dan nilai-nilai tak sadar, berakar mendalam, mendasar, yang dipelajari (learned), yang dianggap sebagai universal-universal yang terbukti dengan sendirinya (self-evident).

EuthanasiaOntologisEuthanasia secara bahasa berasal dari bahasa Yunani eu yang berarti baik, dan thanatos, yang berarti kematian. Menurut istilah kedokteran, euthanasia berarti tindakan agar kesakitan atau penderitaan yang dialami seseorang yang akan meninggal diperingan. Juga berarti mempercepat kematian seseorang yang ada dalam kesakitan dan penderitaan hebat menjelang kematiannya.

EpistemologisEuthanasia terdiri atas beberapa jenis yaitu:Euthanasia AktifEuthanasia PasifEuthanasia VolunterEuthanasia Involunter

EtisBanyak pakar etika menolak euthanasia dan assisted suicide. Salah satu argumentasinya menekankan bahaya euthanasia disalahgunakan. Jika kita mengizinkan pengecualian atas larangan membunuh, sebentar lagi cara ini bisa dipakai juga terhadap orang cacat, orang berusia lanjut, atau orang lain yang dianggap tidak berguna lagi.

Pandangan Para Filsuf

14Kaidah Dasar BioetikKaidah yang digunakan yaitu kaidah Justice yaitu perlakuan yang sama sederajat, perlakuan yang tidak sama tidak setara

Landasan HukumHukum di ASMemberikan hak pasien yang kompeten untuk menentukan nasib mereka dan menolak kelanjutan pengobatan pendukung kehidupan. Bila pasien tidak mampu dan karenanya tidak kompeten untuk membuat keputusan, pengadilan memberi negara hak untuk menghasilkan bukti yang jelas dan meyakinkan untuk menentukan apakah pengobatan pendukung kehidupan pasien harus dihentikan.

HUKUM DAN KODEKI1. Pelanggaran pidana yang berkaitan langsung dengan euthanasia aktif terdapat pada pasal 344 KUHP2. Euthanasia aktif maupun pasif tanpa permintaan, beberapa pasal yang perlu diketahui oleh dokter Pasal 338 Pasal 340 Pasal 359 Pasal 345 KUHP

Lafal KODEKIPASAL 7Kesimpulan Hipotesis diterima. Karena beberapa negara mempunyai landasan hukum yang mendukung tindakan euthanasia salah satu contohnya di beberapa negara bagian Amerika dan juga beberapa negara menolak tindakan euthanasia salah satunya adalah Indonesia.