PP 63 2008

download PP 63 2008

of 28

Transcript of PP 63 2008

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    1/28

    PRESIDENREPUBLIK INDONESIA

    PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 63 TAHUN 2008

    TENTANGPELAKSANAAN UNDANG-UNDANG TENTANG YAYASAN

    1 DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA1 PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,

    Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 9 ayat (4) danayat (S), Pasal 14 ayat (4), Pasal 15 ayat (4), Pasal 27 ayat ( 2 ) ,Pasal 61, d m Pasal 69 ayat (2) Undang-Undang Nomor 16Tahun 200 1 tentang Yayasan sebagaimana telah diubahdengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentangPerubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001tentang Yayasan, perlu menetapkan Peraturan Pemerintahtentang Pelaksanaan Undang-Undang tentang Yayasan;

    Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara RepublikIndonesia Tahun 1945;2. Undang -Undang Nornor 16 Tahun 200 1 tentang Yayasan(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 200 1 Nomor1 12, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4132) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2004 tentang Perubahan atasUndang-Undang Nomor 16 Tahun 200 1 tentang Yayasan(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor115, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4430);

    MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PELAKSANAAN

    UNDANG-UNDANG TENTANG YAYASAN.BAB I

    KETENTUAN UMUMPasal 1

    Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1. Nama Yayasan adalah nama diri dari Yayasan yangbersangkutan.

    2. Penggabungan .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    2/28

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    3/28

    P R E S I D E NREPUBLIK INDONESIA

    b. Yayasan yang didirikan berdasarkan Undang-Undang.(2) Kata Wayasan" sebagaimana dimaksud pada ayat (1 )dicantumkan di depan Narna Yayasan yang bersangkutan.(3) Dalam hal kekayaan Yayasan berasal dari wakaf, kata"wakaf" dapat ditambahkan setelah kata "Yayasan".(4) Ka t a "wakaf" tidak dapat ditambahkan setelah kata

    "Yayasan" jika Yayasan bukan sebagai Nazhir.

    Pasal4(1) Pemakaian Nama Yayasan ditolak jika:

    a. sama dengan Narna Yayasan lain yang telah terdaftarlebih dahulu dalam Daftar Yayasan; ataub. bertentangan dengan ketertiban umum da nl at au

    kesusilaan.(2) Ketentuan mengenai alasan penolakan pemakaian NamaYayasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berlakujuga bagi Yayasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 1ayat (1) Undang-Undang yang memberitahukan kepadaMenteri mengenai penyesuaian Anggaran Dasar Yayasanyang bersangkutan,

    (3) Dalam ha1 pemakaian Nama Yayasan ditolak berdasarkanalasan sebagaimana dimaksud pada ayat ( I ) , Yayasandapat mengajukan pemakaian nama lain.

    (1) Nama Yayasan dicatat dalam Daftar Yayasan apabila:a. ak ta pendirian Yayasan telah disahkan oleh Menteri;b. Anggaran Dasar Yayasan telah disesuaikan denganUndang-Undang dan penyesuaian tersebut telahdiberitahukan kepada Menteri sebagaimanadimaksud dalam Pasal 71 ayat (3) Undang-Undang;atauc. akta perubahan Anggaran Dasar yang memuat

    perubahan Nama Yayasan telah disetujui olehMenteri.(2) Ketentuan lebih lanjut mengenai penyelenggaraan DaftarYayasan diatur dengan Peraturan Menteri.

    BAB I11 . . .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    4/28

    PRESIDENREPUBLIK INDONESIA

    BAB I11KEKAYAAN AWAL YAYASAN

    (1) Jum la h kekayaan awal Yayasan yang didirikan oleh OrangIndonesia, yang berasal dari pemisahan harta kekayaanpribadi pendiri, paling sedikit senilai Rp 10.000.000,00(sepuluh juta rupiah).

    (2) Ju mla h kekayaan awal Yayasan yang didirikan oleh OrangAsing atau Orang Asing bersama Orang Indonesia, yangberasal dari pemisahan harta kekayaan pribadi pendiri,paling sedikit sexlilai Rp 100.000.000,00 (seratus jutarupiah).

    Pemisahan harta kekayaan sebagaimana dimaksud dalamPasal 6 hams disertai surat pernyataan pendiri mengenaikeabsahan harta kekayaan yang dipisahkan tersebut danbukti yang merupakan bagian dari dokumen keuanganYayasan .BAB IV

    PENDIRIAN YAYASAN BERDASARKAN SURAT WASIAT

    Pendirian Yayasan berdasarkan surat wasiat harus dilakukandengan su ra t wasiat terbuka.

    Pendirian Yayasan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8dilaksanakan sebagai berikut:a. pendirian Yayasan langsung dimuat dalam surat wasiat

    yang bersangkutan dengan mencantumkan ketentuanAnggaran Dasar Yayasan yang akan didirikan; ataub. pendirian Yayasan dilaksanakan oleh pelaksana wasiatsebagaimana diperintahkan dalarn surat wasiat olehpemberi wasiat sesuai dengan ketentuan Undang-Undangdan Peraturan Pemerintah ini.

    BAB V . . .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    5/28

    PRESIDENREPUBLIK INDONESIA

    BAB VSYARAT DAN TATA CARA PENDIRIAN YAYASAN OLEH ORANG ASING

    (1) Orang Asing atau Orang Asing bersama Orang Indonesiadapat mendirikan Yayasan sesuai dengan ketentuanUndang-Undang dan Peraturan Pemerintah ini.

    (2) Yayasan yang didirikan oleh Orang Asing atau OrangAsing bersama Orang Indonesia selain berlaku PeraturanPemerintah ini berlaku juga ketentuan peraturanperundang-undangan lain.

    Pasal 11(1) Yayasan yang didirikan oleh orang perseorangan asingham s memenuhi persyaratan dokumen sebagai berikut

    a. identitas pendiri yang dibuktikan dengan paspor yangsah;b. pemisahan sebagian harta kekayaan pribadi pendiriyang dijadikan kekayaan awal Yayasan paling sedikitsenilai Rp100.000,000,00seratus juta rupiah) yangdibuktikan dengan surat pernyataan pendirimengenai keabsahan harta kekayaan tersebut; danc. surat pernyataan pendiri bahwa kegiatan Yayasanyang didirikan tidak merugikan masyarakat, bangsa,dan negara Indonesia.

    (2) Yayasan yang didirikan oleh badan hukum asing harusmemenuhi persyaratan dokumen sebagai berikut:a. identitas badan hukum asing pendiri Yayasan yangdibuktikan dengan keabsahan badan hukum pendiriYayasan tersebut;b. pemisahan sebagian harta kekayaan pendiri yangdijadikan kekayaan awal Yayasan paling sedikitsenilai Rp100.000,000,00 seratus juta rupiah) yangdibuktikan dengan surat pernyataan pengurus badanhukum pendiri mengenai keabsahan harta kekayaantersebut; dan

    c. surat . . .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    6/28

    PWESIDENREPUBLIK INDONESIA

    e . surat pernyataan dari pengurus badan hukum yangbersangkutan bahwa kegiatan Yayasan yang didirikantidak merugikan masyarakat, bangsa, dan negaraIndonesia.

    Pasal 12(1) Yayasan yang didirikan oleh Orang Asing atau OrangAsing bersama Orang Indonesia, salah satu anggotaPengurus yang menjabat sebagai ketua, sekre aris, ataubendahara wajib dijabat oleh warga negara Indonesia.(2) Anggota Pengurus Yayasan yang didirikan oleh OrangAsing atau Orang Asing bersama Orang Indonesia wajibbertempat tinggal di Indonesia.(3) Anggota Pengurus Yayasan yang berkewarganegaraanasing harus pemegang izin melakukan kegiatan atauusaha di wilayah negara Republik Indonesia dan

    pemegang Kartu Izin Tinggal Sementara.(4) Anggota Pengurus Yayasan yang berkewarganegaraanasing yang tidak memenuhi ketentuan sebagaimanadimaksud pada ayat (31, karena hukum berhenti darij abatannya.(5) Dalarn ha1 terjadi kekosongan anggota Pengurus yangmenjabat sebagai ketua, sekretaris, atau bendahara dalamwaktu paling lama 30 (tiga puluh) hari terhitung sejaktanggal terjadinya lowongan jabatan tersebut h arus sudahdiangkat penggantinya.

    Pasal 13(1) Anggota Pembina dan anggota Pengawas Yayasan yangberkewarganegaraan asing, jika bertempat tinggal diIndonesia hams pemegang izin melakukan kegiatan atauusaha di wilayah negara Republik Indonesia danpemegang Kartu Izin Tinggal Sementara.(2) Anggota Pembina dan anggota Pengawas Yayasan yangberkewarganegaraan asing yang tidak memenuhiketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat ( I ) , karenahukum hams meninggalkan wilayah negara RepublikIndonesia.

    Pasal 14 . .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    7/28

    PRESIDENR EPU R L l K I N D O N ESI A

    Pasal 14Ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 ayat (3) danPasal 13 ayat (1) tidak berlaku bagi pejabat korps diplomatikbeserta keluarganya yang ditempatkan di Indonesia.

    BAB VITATA CARA PENGAJUAN PERMOHONAN PENGESAHAN AKTA PENDIRIANDAN PERSETUJUAN AKTA PERUBAHAN ANGGARAN DASAR YAYASAN

    Pasal 15(1) Permohonan pengesahan akta pendirian Yayasan untukmemperoleh status badan hukum Yayasan diajukankepada Menteri oleh pendiri atau kuasanya melaluinotaris yang membuat akta pendirian Yayasan.(2) Permohonan sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dilampiri:

    a, salinan akta pendirian Yayasan;b. fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak Yayasan yangtelah dilegalisis oleh notaris;c, surat pernyataan tempat kedudukan disertai alamatlengkap Yayasan yang ditandatangani oleh PengurusYayasan dan diketahui oleh lurah atau kepala desasetempat;d. bukti penyetoran atau keterangan bank atas Nama

    Yayasan atau pernyataan tertulis dari pendiri yangmemuat keterangan nilai kekayaan yang dipisahkansebagai kekayaan awal untu k mendirikan Yayasan;e. su ra t pernyataan pendiri mengenai keabsahankekayaan awal tersebut;f. bukti penyetoran biaya pengesahan danpengumuman Yayasan.

    (3) Pengajuan permohonan pengesahan akta pendirianYayasan un tu k memperoleh sta tu s badan hukum Yayasansebagaimana dimaksud pada ayat (I) , harus disampaikankepada Menteri paling lambat 10 (sepuluh) hari terhitungsejak tanggal akta pendirian Yayasan ditandatangani.

    Pasal 16 . . .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    8/28

    PRESIDENREPUBLIK INDONESIA

    Pasal 16(1) Permohonan persetujuan perubahan Anggaran DasarYayasan mengenai nama dan kegiatan Yayasan diajukankepada Menteri oleh Pengurus Yayasan atau kuasanyamelalui notaris yang membuat akta perubahan AnggaranDasar Yayasan.(2) Permohonan sebagaimana dimaksud pada ayat (1)dilampiri:

    a. salinan akta perubahan Anggaran Dasar Yayasan;b. fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak Yayasan yangtelah dilegalisir oleh notaris; d anc. bukti penyetoran biaya persetujuan perubahanAnggaran Dasar dan pengumumannya.

    Pasal 17Perubahan Anggaran Dasar Yayasan sebagaimana dimaksuddalam Pasal 16, rnulai berlaku sejak tanggal persetujuanMenteri.

    BAB VIITATA CARA PEMBERITAHUAN PERUBAHAN ANGGARAN DASARDAN PERUBAHAN DATA YAYASAN

    Pasal 18(1) Pemberitahuan perubahan Anggaran Dasar Yayasanselain perubahan nama dan kegiatan Yayasandisarnpaikan kepada Menteri oleh Pengurus Yayasanuntuk dicatat dalam Daftar Yayasan dan diumumkandalam Tambahan Berita Negara Republik Indonesia.(2) Pemberitahuan sebagaimana dimaksud pada ayat ( 1dilampiri :

    a. salinan akta perubahan Anggaran Dasar Yayasan;b. fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak Yayasan yang

    telah dilegalisir oleh notaris;c. bukti penyetoran biaya penerimaan pemberitahuanperubahan Anggaran Dasar dan pengumumannya.

    (3)Selain . . .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    9/28

    PRESJDENREPUBLIK INDONESIA

    (3) Selain persyaratan sebagaimana dimaksud pada ayat (2)Yayasan yang:a. mengubah tempat kedudukan haws melampirkansurat pernyataan tempat kedudukan Yayasan yangditandatangani oleh pengurus Yayasan dan diketahuioleh lurah a tau kepala desa setempat;b. memperoleh bantuan negara, bantuan luar negeri,danlatau pihak lain sebesar Rp500.000.000,00 (limara tus juta rupiah) atau lebih dalarn 1 (satu) tahunbuku atau mempunyai kekayaan di luar harta wakafsebesar Rp20.000.000.000,00 (dua puluh miliarrupiah) atau lebih h ams melampirkan pengumumansurat kabar yang memuat ikhtisar laporan tahunandan ternbusan hasil audit laporan tahunan.

    Pasal 19(1) Pemberitahuan perubahan da ta Yayasan disampaikankepada Menteri oleh Pengurus Yayasan atau kuasanyadengan melampirkan dokumen yang memuat perubahantersebut.(2) Perubahan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) mulaiberlaku sejak tanggal perubahan data dicatat dalamDaftar Yayasan.

    BAB VIIISYARAT DAN TATA CARA PEMBERIAN BANTUAN NEGARA KEPADA YAYASAN

    (1) Bantuan negara adalah bantuan dari negara kepadaYayasan yang didirikan oleh Orang Indonesia yangpelaksanaannya dilakukan oleh Pemerintah Pusat atauPemerintah Daerah.(2) Bantuan negara yang dilaksanakan oleh Pemerintah Pusatbersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.(3) Bantuan negara yang dilaksanakan oleh Pemerintah

    Daerah bersumber dari Anggaran Pendapatan dan BelanjaDaerah.

    Pasal 2 1 ..

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    10/28

    PRESIDENREPUBLIK INDONESIA

    (1) Bantuan negara hanya dapat diberikan kepada Yayasanjika Yayasan memiliki program kerja dan melaksanakankegiatan yang menunjang program Pemerintah Pusatda n/ at au Pemerintah Daerah.( 2 ) Bantuan negara sebagaimana dimaksud pada ayat (1)

    diberikan sesuai dengan alokasi dana dalam AnggaranPendapatan dan Belanja Negara atau AnggaranPendapatan dan Belanja Daerah, dan dapat dalambentuk:a. uang; dan/at aub. jasa da n/ at au bentuk lain yang dapat dinilai denganuang yang dilakukan dengan cara hibah atau dengancara lain.

    (3) Pelaksanaan pemberian bantuan sebagaimana dimaksudpada ayat (I ) dan ayat (2) dilakukan sesuai denganketentuan peraturan perundang-undangan.

    (1) Bantuan negara kepada Yayasan dapat diberikan tanpaadanya permohonan atau atas dasar permohonan dariY yasan.

    (2) Bantuan negara kepada Yayasan yang diberikan tanpaadanya permohanan dari Yayasan sebagaimana dimaksudpada ayat (1) dilaksanakan sesuai dengan ketentuanperaturan perundang-undangan.(3) Bantuan negara yang diberikan kepada Yayasan atasdasar permohonan, diajukan secara tertulis oleh PengurusYayasan kepada:

    a. menteri atau pimpinan lembaga pemerintahnondepartemen yang ruang lingkup tugas dantanggung jawabnya berkaitan dengan kegiatanYayasan; ataub. gubernur, bupati, at au walikota di tempat kedudukanYayasan dan/atau di tempat Yayasan melakukankegiatannya. .

    (4) Permohonan sebagaimana dimaksud pada ayat (3)dilampiri dokumen:a. fotokopi Keputusan Menteri mengenai status badanhukum Yayasan;

    b. fotokopi

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    11/28

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    12/28

    PRESIDENREPUBLIK INDONESIA

    Pasal 24(1) Yayasan yang menerima bantuan negara wajib membuatd m rnenyampaikan laporan tahunan Yayasan setiap 1(satu) tahun sekali kepada menteri terkait a tau pimpinanlembaga pemerintah nondepartemen, gubernur, bupati,atau walikota yang memberikan bantuan tersebut.(2) Laporan tahunan sebagaimana dimaksud pada ayat (1)meliputi laporan kegiatan dan laporan keuangan.

    (1) Bantuan negara sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21hanya dapat digunakan oleh Yayasan sesuai denganmaksud dan tujuan serta kegiatan Yayasan berdasarkanAnggaran Dasar dan sesuai dengan program kerjaYayasan.(2) Penggunaan bantuan negara yang telah diterima olehYayasan tetapi tidak memenuhi ketentuan sebagaimanadimaksud pada ayat (1) menjadi tanggung jawab anggotaPengurus Yayasan secara tanggung renteng.(3) Bantuan negara yang diterima oleh Yayasan dilarangdialihkan atau dibagikan secara langsung atau tidaklangsung kepada Pembina, Pengurus, dan Pengawas, ataupihak lain.(4) Tanggung jawab perdata sebagaimana dimaksud padaayat (2) dan ayat (3) tidak menghapus tanggung jawabpidana sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-

    undangan.

    BAB IXSYARAT DAN TATA CARA YAYASAN ASING MELAKUKAN KEGIATAN

    DI INDONESIA

    (1) Yayasan asing dapat melakukan kegiatan di Indonesiahanya di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan.(2) Yayasan asing sebagaimana dimaksud pada ayat (1 )untuk melakukan kegiatannya di Indonesia harusberrnitra dengan Yayasan yang didirikan oleh Orang

    Indonesia yang mempunyai maksud dan tujuan yangsama dengan yayasan asing tersebut.(3)Kemitraan . . .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    13/28

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    14/28

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    15/28

    PRESIDENREPUBLIK INDONESIA

    (2) Perubahan Anggaran Dasar Yayasan sebagaimanadimaksud pada ayat (1) mulai berlaku sejak tanggalpemberitahuan perubahan Anggaran Dasar diterimaMenteri atau tanggal kemudian yang ditetapkan dalamak ta Penggabungan.

    (1) Dalam ha1 Penggabungan Yayasan disertai perubahanAnggaran Dasar yang mencakup ketentuan sebagaimanadimaksud dalam Pasal 21 ayat (1) Undang-Undang,Pengurus Yayasan yang menerima Penggabungan wajibmenyampaikan akta perubahan Anggaran Dasar kepadaMenteri untuk mendapat persetujuan, dengan dilampirisd in an akta perubahan Anggaran Dasar dan salinan aktaPenggabungan.(2) Penggabungan Yayasan sebagaimana dimaksud pada ayat(1) mulai berlaku sejak tanggal perubahan Anggaran

    Dasar disetujui oleh Menteri atau tanggal kemudian yangditetapkan dalam persetujuan Menteri.

    Hasil Penggabungan Yayasan wajib diumumkan oleh PengurusYayasan yang menerima Penggabungan dalam 1 satu) suratkabar harian berbahasa Indonesia, paling lambat 30 (tigapuluh) hari terhitung sejak tanggal Penggabungan berlaku.

    BAB XIB I A Y A

    Biaya pembuatan akta pendirian danlatau akta perubahanAnggaran Dasar Yayasan ditetapkan berdasarkan nilaiekonornis dan sosiolog~s ebagaimana diatur dalam Undang-Undang tentang Jabatan Notaris,

    Pasal 35 .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    16/28

    PRESIDENREPUBLIK INDONESIA

    Biaya pengesahan akta pendirian, biaya persetujuanperubahan Anggaran Dasar, biaya penerimaan pemberitahuanperubahan Anggaran Dasar, dan pengumumannya dalamTambahan Berita Negara Republik Indonesia merupakanPenerimaan Negara Bukan Pajak.

    BAB XI1KETENTUAN PERALIHAN

    (1) Yayasan yang telah didirikan sebelum berlakunyaUndang-Undang dan tidak diakui sebagai badan hukumdan tidak melaksanakan ketentuan Pasal 71 ayat (2)Undang-Undang, hams mengajukan permohonanpengesahan akta pendirian untuk memperoleh statusbadan hukum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 15.

    (2) Akta pendirian sebagaimana dimaksud pada ayat ( I ) ,dalam premise aktanya disebutkan asal-usul pendirianYayasan termasuk kekayaan Yayasan yang bersangkutan.(3) Perbuatan hukum yang dilakukan Yayasan sebagaimanadimaksud pada ayat (1) yang belum memperoleh statusbadan hukum menjadi tanggung jawab pribadi anggotaorgan Yayasan secara tanggung renteng.

    (1) Perubahan Anggaran Dasar Yayasan yang diakui sebagaibadan hukum menurut ketentuan Pasal 71 ayat (1)Undang-Undang dilakukan oleh organ Yayasan sesuaidengan Anggaran Dasar Yayasan yang bersangkutan.(2) Perubahan Anggaran Dasar Yayasan sebagaimanadimaksud pada ayat (1) dilakukan dengan cara mengubahseluruh Anggaran Dasar Yayasan dan mencantumkan:

    a, seluruh kekayaan Yayasan yang dimiliki pada saatpenyesuaian yang dibuktikan dengan :1) laporan keuangan yang dibuat dan ditanda anganioleh Pengurus Yayasan; atau2 ) laporan keuangan yang telah diaudit oleh akuntanpublik bagi Yayasan yang laporan tahunannyawajib diaudit sesuai dengan ketentuan Undang-Undang;

    b. data . . .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    17/28

    b, data mengenai nama dari anggota Pembina, Pengurus,dan Pengawas yang diangkat pada saat penyesuaian.(3) Pemberitahuan perubahan Anggaran Dasar Yayasansebagaimana dirnaksud pada ayat (2) yang telahdisesuaikan dengan Undang-Undang disampaikan kepadaMenteri oleh Pengurus Yayasan atau kuasanya melalui

    notaris yang membuat akta perubahan Anggaran DasarYayasan.(4) Pemberitahuan perubahan Anggaran Dasar Yayasansebagaimana dimaksud pada ayat (3)dilampiri:

    a. salinan akta perubahan Anggaran Dasar Yayasan;b. Tambahan Berita Negara Republik Indonesia yangmemuat akta pendirian Yayasan atau buktipendaftaran akta pendirian di pengadilan negeri danizin melakukan kegiatan dari instansi terkait;c. fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak Yayasan yang

    telah dilegalisir oleh notaris;d. surat pernyataan tempat kedudukan disertai alamatlengkap Yayasan yang ditandatangani oleh pengurusYayasan dan diketahui oleh lurah atau kepala desasetempat;e. neraca Yayasan yang ditandatangani oleh semuaanggota organ Yayasan atau laporan akuntan publikmengenai kekayaan Yayasan pada sa at penyesuaian;f. pengumuman surat kabar mengenai ikhtisar laporantahunan bagi Yayasan yang sebagian kekayaannya

    berasal dari bantuan Negara, bantuan luar negeri,danlatau sumbangan masyarakat sebagaimanadimaksud dalam Pasal72 Undang-Undang; dang. bukti penyetoran biaya penerimaan pemberitahuanperubahan Anggaran Dasar Yayasan danpengumumannya.

    Perubahan Anggaran Dasar Yayasan sebagaimana dimaksuddalam Pasal 37 muiai berlaku sejak tanggal dicatatnyaperubahan Anggaran Dasar tersebut dalam Daftar Yayasan.

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    18/28

    PRESIDENREPUBLIK INDONESIA

    Yayasan yang belum memberitahukan kepada Menteri sesuaidengan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal7 1 ayat(3) Undang-Undang tidak dapat menggunakan kata "Yayasan"di depan namanya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 71ayat (4) Undang-Undang dan hams melikuidasi kekayaannyaserta menyerahkan sisa hasil likuidasi sesuai denganketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 68 Undang-Undang,

    (I ) Yayasan asing yang telah melakukan kegiatan diIndonesia sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah iniwajib menyesuaikan dengan ketentuan sebagaimanadimaksud dalam ketentuan Pasal 26 paling lambat 3 (tiga)bulan terhitung sejak tanggal Peraturan Pemerintah inimulai berlaku .(2) Yayasan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang tidakmenyesuaikan dengan ketentuan sebagaimana dimaksuddalam ketentuan Pasal 26 setelah lewat jangka waktu 3(tiga) bulan terhitung sejak tanggal Peraturan Pemerintahini mulai berlaku dapat dihentikan kegiatannya olehinstansi yang berwenang atau kejaksaan untukkepentingan umum.

    Yayasan yang kekayaannya berasal dari bantuan negara yangdiberikan sebagai hibah, bantuan luar negeri, dan/atausumbangan masyarakat yang diterima sebelum PeraturanPemerintah ini mulai berlaku menjadi kekayaan Yayasan.

    BAB XI11KETENTUANPENUTUP

    Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggaldiundangkan.Agar . . .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    19/28

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    20/28

    PRESIDENR E P U B L l K INDONESIA

    PENJELASANATAS

    PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 6 3 TAHUN 2008

    TENTANGPELAKSANAAN UNDANG-UNDANG TENTANG YAYASAN

    I. UMUMKeberadaan Yayasan dalam masyarakat untuk mencapai berbagaikegiatan, maksud, dan tujuan tertentu di bidang sosial, keagamaan, dankemanusiaan telah berkembang pesat dan makin beragam coraknya.Sehubungan dengan ha1 tersebut, untuk menjamin kepastian danketertiban hukum serta mengembalikan fungsi Yayasan sebagai pranatahukum dalam rangka mencapai kegiatan, maksud, dan tujuannya, telahdiatur dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001 tentang Yayasan

    sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun2004 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001tentang Yayasan.Berdasarkan Undang-Undang tersebut bahwa beberapa ketentuanperlu diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah. Ketentuantersebut sebagaimana dimaksud dalam:

    1. Pasal 9 ayat (4) mengenai biaya pembuatan ak ta notaris pendirianYayasan.2. Pasal 9 ayat (5)mengenai pendirian Yayasan oleh orang asing ataubersama-sama orang asing serta mengenai syarat dan tata cara

    pendirian Yayasan.3. Pasal 14 ayat (4) mengenai jumlah minimum harta kekayaan awalyang dipisahkan dari kekayaan pribadi pendiri Yayasan.4. Pasal 15 ayat (4) mengenai pemakaian nama Yayasan.5. Pasal 27 ayat (2) mengenai syarat dan tata cara pemberian bantuanNegara kepada Yayasan.6. Pas al 6 1 mengenai tata cara penggabungan Yayasan.7. Pasal 69 aya t (2) mengenai syarat dan tata cara Yayasan asingmelakukan kegiatan di Indonesia.

    Bertitik tolak dari ha1 tersebut di atas maka penyusunanpengaturan pelaksanaannya diatur dalam satu Peraturan Pemerintah,yakni Peraturan Pemerintah tentang Pelaksanaan Undang-Undangtentang Yayasan. Hal tersebut dimaksudkan, agar Peraturan Pemerintahini dengan mu dah dipahami oleh masyarakat khususnya pengguna.

    Adapun .. .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    21/28

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    22/28

    Yayasan yang menggabungkan diri, pembubarannyadiberitahukan kepada Menteri oleh Pengurus Yayasan yangmenerima Penggabungan.Pasal3Cukup jelas.Pasal4

    Ayat (1)Huruf aYang dimaksud dengan "sarna", adalah sama dalampengucapan atau tulisan. Dalam ha1 demikian makanama tersebut dapat ditambah dengan nama desa,danlatau nama kabupatenlkota atau ditambah namalain sebagai ciri pembeda. dengan nama yang sarnadengan nama Yayasan tersebut, misalnya, "YayasanDiponegoro Semarang" berbeda dengan "YayasanDiponegoro Buba'an Semarang".Huruf bContoh:- Nama Yayasan yang bertentangan denganketertiban umum, misalnya Yayasan Togel.- Nama Yayasan yang bertentangan dengankesusilaan, misalnya Yayasan Pekerja SeksKomersial.

    Ayat (2)Cukup jelas.Ayat (3)Yang dimaksud dengan "Yayasan" pada ayat ini termasukYayasan yang oleh ketentuan Pasal 71 ayat (1) Undang-Undang tidak diakui sebagai badan hukum.

    Yang dimaksud dengan "nama lain" adalah nama yangberbeda dengan nama semula atau dengan menambahkannam a desa/ kelurahan, kecamatan, atau kata lainnya padaNama Yayasan yang ditolak tersebut sehingga tampakperbedaannya.Pasal5Cukup jelas.

    Pasal 6

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    23/28

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    24/28

    PRESlDENREPUBLIK INDONESIA

    - izin kerja;- izin melakukan penelitian;- izin belajar;- izin melakukan kegiatan keagamaan;- izin usaha sesuai dengan Undang-Undang tentangPenanaman Modal.

    Ayat (4)Cukup jelas.Ayat (5)Cukup jelas.

    Pasal 13Cukup jelas.Pasal 14Yang dimaksud dengan "keluarganya" adalah suami atau istribeserta anaknya.Pasal 15Cukup jelas,Pasal 16Cukup jelas.Pasal 17

    Cukup jelas.Pasal 18

    Cukup jelas.Pasal 19

    Ayat (1)Yang dimaksud dengan "perubahan data Yayasan" adalahperubahan yang bukan merupakan perubahan AnggaranDasar.Contoh: - Perubahan nama Pembina, Pengurus, danlatau

    Pengawas Yayasan.- Perubahan alamat lengkap Yayasan yangdiberitahukan.

    Ayat (2)Cukup jelas.Pasal20

    Cukup jelas.Pasal 2 1 .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    25/28

    PRESIDENR E P U B L I K I N D O N E S I A

    Pasal21Ayat (1)Cukup jelas.Ayat (2)Huruf aCukup jelas.

    Huruf b- Yang dimaksud dengan "bantuan negara dalambentuk jasa", antara lain, berupa pelatihan,beasiswa atau pemberian bantuan konsultasiyang dinilai dengan uang,- Yang dimaksud dengan "bantuan negara dalambentuk lain" dapat berupa tanah, gedung, atauaset lain yang dimiliki negara danlatau daerahtermasuk fasilitas yang diberikan oleh negaradan / atau daerah.- Yang dimaksud dengan "cara lain", antara lain

    sewa,Ayat (3)Cukup jelas.Pasal22Cukup jelas.Pasal23Yang dimaksud dengan "orang" adalah orang perseorangan ataubadan hukum.

    Pasal24Ayat (1)Yang dimaksud dengan "1 (satu) tah un sekali" adalah padaakhir tahun buku selama pemberian bantuan ataupenggunaan bantuan berlangsung.Ayat (2)Cukup jelas.

    Pasal25Cukup jelas.Pasal26Ayat (1)Kegiatan di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaanyang dimaksud dalam ketentuan ini tidak termasukkegiatan penelitian dan pengembanean.

    Ayat ( 2 ) . .

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    26/28

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    27/28

    Pasal35Cukup jelas.Pasal36Cukup jelas.Pasal37

    Ayat (1)Yang dimaksud dengan "Anggaran Dasar Yayasan yangbersangkutann adalah Anggaran Dasar Yayasan yang diakuisebagai badan hukum dan belum disesuaikan denganUndang-Undang.Ayat (2)Huruf aYang dimaksud dengan "seluruh kekayaan Yayasan"adalah baik berupa kekayaan awal Yayasan maupunkekayaan yang diperoleh setelah Yayasan didirikansebagaimana tercantum dalam laporan keuangan

    Yayasan pada saat penyesuaian, sehingga pada saatpenyesuaian dapat terjadi nilai seluruh kekayaanYayasan kurang dari Rp10.000.000,00 (sepuluh jutarupiah).Huruf bCukup jelas.

    Ayat (3)Cukup jelas.Ayat (4)Cukup jelas.

    Pasal38Cukup jelas.Pasal39Yang dimaksud dengan "ketentuan sebagaimana dimaksud dalamPasal 71 ayat (3) Undang-Undang" adalah pemberitahuannya 1(satu) tahu n setelah pelaksanaan penyesuaian, dengan batas akhirpenyesuaiannya 6 Oktober 2008.Pasal40

    Ayat (1)Cukup jelas,

  • 8/6/2019 PP 63 2008

    28/28

    PRESlDENREPUBLIK INDONESIA

    Ayat (2)Yang dimaksud dengan "instansi yang berwenang" adalahbaik instansi yang memberikan izin untuk melakukankegiatan di Indonesia maupun instansi yang memberikan izinorang asing masuk ke Indonesia.

    Pasal4 1Cukup jelas.Pasal42Cukup jelas.

    TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 4894