Posyandu Ok

download Posyandu Ok

of 34

  • date post

    01-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    60
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Posyandu Ok

  • PEDOMAN PELAKSANAAN

    POSYANDU

    TIM PENGGERAK PKK PROVINSI DKI JAKARTA

    2007

  • PEDOMAN PELAKSANAAN HATINYA PKK

    PENERBIT TIM PENGGERAK PKK PROVINSIDKI JAKARTA

    GEDUNG PKK MELATI JAYA Jl. Kebagusan No. 42

    Pasar Minggu, Jakarta Selatan Telepon 78838466, 78834629, Fax 78834562.

  • KATA PENGANTAR

    Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT akhirnya Buku Pedoman pelaksanaan Posyandu Provinsi DKI Jakarta dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Buku ini disusunkan sebagai upaya strategis untuk mempercepat peningkatan kualitas SDM pengelola dan pelaksana Posyandu.

    Perkuatan Posyandu sebagai Program Unggulan Pokja IV Tim Penggerak PKK Provinsi DKI Jakarta berupaya untuk mengimplementasikan Posyandu menjadi "Early warning system " yang lebih mengutamakan aspek promotif dan preventif melalui pelayanan yang dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat. Pedoman Pelaksanaan Posyandu ini disusun untuk memberikan kesempatan bagi semua unsur pengelola dan pelaksana untuk berperan aktif dalam menyelenggarakan Posyandu. Peningkatan pengetahuan, sikap dan keterampilan kader - sebagai unsur pengelola, dan pelaksana - merupakan bagian terpenting untuk mengoptimalkan penyelenggaraan Posyandu. Semoga upaya ini dapat mempercepat terwujudnya Posyandu Mandiri di Provinsi DKI Jakarta yang akan mampu menjalankan fungsinya sebagai sentra pelayanan kesehatan masyarakat untuk mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

    Jakarta, Juni 2007 Ketua, TP. PKK DKI Jakarta

    NY. Rini Sutiyoso

  • DAFTARISI

    Kata Pengantar ........................................................................ iii

    Daftar Isi ...................................................................................... iv

    BABI PENDAHULUAN 1 A. Latar Belakang .................................................... 1 B. Tujuan ................................................................. 2 C. Sasaran ................................................................... 3 D. Pengertian .............................................................. 3

    BAB II PROGRAM PERKUATAN POSYANDU ................. 5 A. Latar Belakang ..................................................... 5 B. Tujuan ................................................................. 6 C. Sasaran ................................................................... 7

    BAB III KELEMBAGAAN POSYANDU ............................... 8 A. Pembentukan Posyandu ....................................... 8 B. Pelaksanaan Posyandu ......................................... 11 C. Pembinaan ........................................................... 17 D. Kader Posyandu ....................................................... 17

    BAB IV POKOK-POKOK KEGIATAN .............................. 20 A. Pendaftaran ......................................................... 20 B. Penimbangan ....................................................... 20 C. Pencatatan ........................................................... 21 D. Penyuluhan .......................................................... 22 E. Pelayanan Kesehatan dan KB ............................... 23 F. Pelayanan Integrasi ................................................... 23

  • BAB V INDIKATOR KEBERHASILAN DAN STRATIFIKASI

    POSYANDU ................................................................... ....................................................................................... 25 A. Indikator Keberhasilan 25 B. Stratifikasi Posyandu 26

    BABIV PENUTUP ...................................................................... ......................................................................................................28

  • BAB I

    PENDAHULUAN

    A. LATAR BELAKANG

    "50 (lima puluh) persen terbentuknya Posyandu Mandiri" menjadi target kerjaTP PKK Provinsi DKI Jakarta. Target pembentukan Posyandu Mandiri tersebut akan dimulai pada tahun 2007 ini. Keputusan ini menjadi salah satu rekomendasi Rapat Pleno TP PKK Provinsi DKI Jakarta yang diselenggarakan pada bulan Februari 2007. Penetapan sasaran kerja tersebut, setelah melihat hasil evaluasi pelaksanaan Program Perkuatan Posyandu. Selama pelaksanaan Gebyar Posyandu 27 secara kuantitas mampu mengaktifkan kembali Posyandu. Indikator keberhasilannya terlihat dari jumlah posyandu yang semakin bertambah, partisipasi masyarakat yang semakin meningkat dan semakin pedulinya berbagai soktorI stakeholder terhadap penyelenggaraan Posyandu.

    Kondisi kondusif ini dijadikan sebagai momentum oleh TP PKK Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan kualitas pelayanan Posyandu. Peningkatan kualitas Posyandu tersebut ditandai dengan semakin tingginya cakupan, mutu pelayanan Posyandu dan tersedianya pelayanan terpadu. TP PKK Provinsi DKI Jakarta mencanangkan keberhasilan yang telah dicapai dari aspek kuantitas juga akan diikuti dengan peningkatan aspek kualitas Posyandu. Oleh karena itu TP PKK Provinsi DKI Jakarta menetapkan peningkatan kualitas Posyandu menjadi sasaran kerja masa mendatang. Atas dasar kondisi tersebut, TP PKK Provinsi DKI Jakarta memandang perlu menyusun "Pedoman Pelaksanaan Posyandu". Buku pedoman pelaksanaan Posyandu ini berisikan tentang uraian ringkas mengenai pengelolaan Posyandu yang dapat dipergunakan pedoman bagi seluruh pengelola dan pengurus dalam memberikan pelayanan dan mengembangkan Posyandu.

  • B. TUJUAN

    1. Tujuan Umum Tersedianya pedoman pelaksanaan yang dapat dipergunakan oleh pengelola dan pengurus Posyandu untuk meningkatkan kualitas pelayanan Posyandu sebagai sarana pelayanan yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Jakarta dalam mendukung peningkatan derajat kesehatan dan kesertaan ber-KB masyarakat yang diselenggarakan untuk, oleh, dari dan bersama masyarakat

    2. Tujuan Khusus a. Meningkatkan kepedulian dan peran serta sektor texkaiXlstakeholder

    dalam peningkatan rnutu dan cakupan pelayanam Posyandu. b. Meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan unsur pembina

    dan pengelola Posyandu pada semua tingkatan dalam meningkatkan stratifikasi Posyandu.^

    c. Meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan kader PKK sebagai unsur pengelola dan pelaksana Posyandu dalam meningkatkan stratifikasi Posyandu,

    d. Meningkatkan jumlah Posyandu Mandiri,

    C. SASARAN

    Kader PKK sebagai pengelola dan pengurus Posyandu. Tokoh masyarakat, agama dan perempuan sebagai unsur penggerak masyarakat dalam memanfaatkan pelayanan di Posyandu. Kader Posyandu dan KB sebagai tenaga pelaksana pelayanan Posyandu.

    D. PENGERTIAN 1. Peningkatan kualitas Pasyandu yaitu proses yang dilaksanakan

    secara terencana dan berkesinambungan dalan jangka waktu tertentu yang

  • dilakukan secara terpadu oleh seluruh sektor terkait/stakeholder dalam rangka peningkatan mutu dan cakupan pelayanan Posyandu.

    2. Stratifikasi Posyandu yaitu analisis yang dilakukan untuk menentukan tingkat perkembangan Posyandu menjadi 4 (empat) tingkatan atas dasar penilaian dari 8 (delapan) indikator utama Posyandu.

    3. Posyandu Pratama yaitu penyelenggaraan pelayanan Posyandu yang ditandai dengan belum mantapnya pelaksanaan Posyandu, kegiatannya belum bisa rut in t iap bulan dan kader akt ifnya terbatas .

    4. Posyandu Madya yaitu penyelenggaraan pelayanan Posyandu yang ditandai dengan pelaksanaan kegiatan lebih dart 8 kali per tahun dengan rata-rata jumlah kader 5 orang atau lebih akan tetapi cakupan program utamanya masih rendah (kurang dari 50%).

    5. Posyandu Purnama yaitu penyelenggaraan pelayanan Posyandu yang ditandai dengan frekuensi pelayanan lebih dari 8 kali per tahun, rata- rata jumlah kader 5 orang atau lebih, cakupan 5 program utamanya lebih dari 50 %, sudah ada program tambahan bahkan mungkin sudah ada dana sehat yang sederhana.

    6. Posyandu Mandiri yaitu penyelenggaraan pelayanan Posyandu yang ditandai dengan pelaksanaan yang teratur, cakupan 5 program utama sudah bagus, ada program tambahan dan cakupan penggalangan dana sehat telah menjangkau 50 % kepala keluarga.

    7. Indikator Utama Posyandu yaitu alat ukur yang dipakai untuk menentukan tingkat perkembangan Posyandu yang terdiri dari frekuensi penimbangan, rerata kader, rerata cakupan D/S, cakupan komulatif KB, KIA dan imunisasi, adanya program tambahan dan penggalangan dana sehat.

    8. Sertifikasi Posyandu Mandiri yaitu salah satu bentuk penghargaan kepada unsur pengelola dan pelaksana Posyandu yang telah mencapai tingkat perkembangan Posyandu Mandiri.

  • 9. Kepedulian yaitu bentuk-bentuk peran serta individu/kelompok/ masyarakat yang terlibat aktif baik dari segi institusinya ataupun intensitasnya terhadap pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan.

    10.Stakeholder yaitu seluruh unit/sektor yang bertanggung jawab atas terselenggaranya pelayanan Posyandu sebagai wadah peningkatan derajat kesehatan dan kesertaan ber-KB masyarakat yang dikelola untuk, dari, oleh dan bersama masyarakat.

  • BAB II PROGRAM PERKUATAN POSYANDU

    A. LATAR BELAKANG Sejak dicanangkan Program Perkuatan Posyandu yang

    diimplementasikan melalui Gebyar Posyandu 27, Tim Adhoc Posyandu Provinsi DKI Jakarta - yang dikoordinasikan oleh Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta - telah banyak melakukan terobosan antara lain menyelenggarakan pelatihan kader, promosi, menggalang kemitraan dengan sektor swasta dan membangun kembali "Image "positif Posyandu. Secara makro terlihat bahwa Gebyar Posyandu 27 memberikan kontribusi positif terhadap penyelenggaraan Posyandu. Pada kondisi Dese