Planck Temukan Galaksi Baru - ftp.unpad.ac.id .Planck Temukan Galaksi Baru TELESKOP antariksa Planck

download Planck Temukan Galaksi Baru - ftp.unpad.ac.id .Planck Temukan Galaksi Baru TELESKOP antariksa Planck

of 1

  • date post

    03-May-2019
  • Category

    Documents

  • view

    217
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Planck Temukan Galaksi Baru - ftp.unpad.ac.id .Planck Temukan Galaksi Baru TELESKOP antariksa Planck

Teh Hijau sebagai Antitumor

Planck Temukan Galaksi BaruTELESKOP antariksa Planck berhasil mengidentifikasi se-jumlah struktur berukuran sa-ngat besar, bahkan terbesar dari yang selama ini ditemukan.

Struktur tersebut diidentifi -kasi sebagai kelompok galaksi dan terikat secara gravitasi satu sama lain. Gugusan galaksi itu, yang mengeluarkan sinar ke segala penjuru, berjarak jutaan tahun cahaya dari Bumi.

Para astro nom mengatakan penelitian ini te-lah menghasil-kan 20 temuan baru bagi dunia ilmu pengeta-huan. Teleskop milik European Space Agency (ESA) juga baru-baru ini memas-tikan keberadaan 169 kelompok galaksi di jagat raya.

Penelitian ini juga berhasil mengungkapkan skala yang besar dari susunan kelompok galaksi tersebut. Kelompok tersebut berisi hingga ratusan galaksi, dan setiap galaksi terdiri dari miliaran bintang, kata Dr Nabila Aghanim dari Institut dAstrophysique Spa-tiale di Orsay, Prancis.

Kelompok galaksi tersebut dikelilingi gas panas dengan suhu hingga jutaan derajat

celsius. Dengan kondisi ini, elektron terlepas dari inti atom dan bergerak di sekelilingnya dalam kecepatan tinggi.

Sekitar 1% dari partikel, atau foton yang bergerak mengeli-lingi susunan ini berinteraksi dengan elektron panas tersebut. Beberapa susunan kelom-pok galaksi yang ditemukan teleskop Plank mungkin di-ambil ketika baru pertama kali terbentuk, kata Dr Aghanim.

Para astronom tertarik me-neliti ini karena berharap bisa mendapatkan jawaban menge-nai terbentuknya alam semesta ini dalam skala yang besar, yaitu tentang bagaimana materi disusun dalam filamen yang luas dan ruang yang kosong.

Kelompok galaksi tersebut tidak hanya berisi sejumlah materi yang terlihat, seperti bintang, gas, dan debu, yang di dalamnya mungkin masih ba-nyak lagi materi yang tidak ter-lihat dan belum teridentifi kasi,

atau disebut dark matter.Teleskop Planck dilibatkan

dalam penelitian selama survei yang dilakukan untuk mencari cahaya tertua di alam semesta.

Rencananya, informasi yang terkumpul dari hasil intai an teleskop Planck kemudian di-luncurkan ke publik dalam ben-tuk katalog, yaitu Planck Early Release Compact Source Catalogue (ERCSC). Di dalamnya berisi sekitar 15.000 fenome na as-

trofisika hasil jepretan Planck. Di ERCSC itu the Planck Sci-entifi c Consor-tium akan men-ganalisis selu-ruh data dan menyimpulkan hasilnya.

Keterlibatan teleskop Planck ini kali pertama diluncurkan dalam misi ESA pada Mei 2009. Teleskop ini dilengkapi dengan dua peralatan yang mampu menjangkau lima pita frekuen-si, pada frekuensi tinggi/HFI beroperasi antara 100 dan 857 GHz (dengan panjang gelom-bang 3 mm hingga 0,35 mm), dan pada frekuensi rendah/LFI beroperasi antara 30 dan 70 GHz (dengan panjang gelom-bang 10 mm hingga 4 mm). (bbc/*/Ghp/M-1)

22 MINGGU, 16 JANUARI 2011 | MEDIA INDONESIAEKSPLORASIEKSPEDISI

BIOTEK

ESA-PLANCK

KATARZYNA KRAWIEC

LENSA BISNIS

MEMPERINGATI Natal 2010 dan Tahun Baru 2011, Sparks Hotel Jakarta menampilkan serangkaian acara pada 20-23 Desember 2010. Yakni, kunjungan sosial ke Panti Wreda Salam Sejahtera di Jl Raya Pajajaran No 38B Bantarjati, Bogor, Tribute to Bon Jovi di MnB, Christmas Celebration, dan Fairy Tale. Serangkaian acara di bulan Desember itu dikemas khu-sus sesuai dengan konsep Sparks Hotel, yaitu exclusive business dan entertainment hotel. Di Tahun Baru yang identik dengan momen kebersamaan, kebahagiaan, kekeluargaan, dan kesenangan ini Sparks Hotel menyediakan door prizes untuk para sparkies yang ikut merayakan Tahun Baru bersama di Sparks Hotel, kata General Manager Sparks Hotel Jakarta Andreas Bindoan.

Binar Desember di Sparks Hotel Jakarta

DALAM rangka menyambut Tahun Baru 2011, Grand Sahid Jaya mengambil te ma Malam seribu topeng un tuk perayaan Tahun Baru. Senada dengan temanya, lobi hotel pun dihiasi dengan banyaknya topeng. Kemeriahan Tahun Baru itu diisi dengan ber-bagai atraksi. Di antaranya, dari The Living Soul Band, Carribean Dancers, dan DJ Edho serta Tarot Reader. Selain itu, banyak pula per-mainan menarik dan door prize. Bagi lima pemenang utama akan mendapatkan sebuah TV 21 inci persembahan KAHA Tour, 2 tiket Jakarta-Denpasar-Jakarta persembahan Merpati Airlines, 1 buah tiket Jakarta-Malang-Jakarta, 1 buah tiket Jakarta-Kuala Lumpur-Jakarta dari Garuda Indonesia, dan 1 BlackBerry 8520 persembahan dari Bank Nusantara Parahyangan.

Pesta Seribu Topeng Sambut 2011PERAYAAN pergantian ta-hun dengan konsep Parijs Van Java berlangsung di Grand Chrysant Ball-room Gumilang Regency Hotel Bandung dengan meriah. Konsep Parijs Van Java itu mengusung kekayaan wisata Bandung. Di antaranya, menampil-kan Parijs Van Java Food Festival dan tarian kon-temporer. Selain itu, di Grand Chrysant Ballroom Gumilang Regency Hotel Bandung, disajikan pula bagi Anda sejumlah acara lain, di antaranya, pertunjukan angklung interaktif. Bukan hanya itu, para tamu dan pengunjung yang hadir dalam momentum tersebut juga dimanjakan dengan berbagai gift away dan hadiah dalam bentuk balloon drop.

Parijs Van Java di Pergantian Tahun

PERPUSTAKAAN Desa Ciboleger yang merupa-kan bantuan Yayasan LIA, terletak di Desa Bo-jong Menteng, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, dibuka kembali secara resmi. Pembu-kaannya ditandai dengan penandatanganan prasas-ti oleh Wakil Bupati Lebak pada 14 Desember 2010. Pembukaan perpustakaan dan penandatanganan prasasti itu merupakan upaya yang mendukung langkah sosialisasi program pendidikan dari Menko Kesra dan Mendiknas. Perpustakaan Ciboleger telah berdiri sejak 1997 dan diresmikan Bupati Kabupaten Lebak pada 8 Oktober 1997. Namun sejak 1994, muncul kesalahpahaman masyarakat setempat. Karena itu, perpustakaan tersebut harus ditutup.

LIA Buka lagi Perpustakaan CibolegerHOTEL Shangri-La Jakarta meraih penghargaan se-bagai hotel bintang lima terfavorit di Indonesia dalam ajang Indonesia Tourism Award 2010. Upacara pe nye rahan penghargaan di adakan di Grand Studio Metro TV pada Desem-ber 2010. Penghargaan untuk Shangri-La Jakarta diberikan oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik kepada General Manager Hotel Shangri-La Jakarta Gerhard Hecker. Indonesia Tourism Award (ITA) 2010 adalah ajang penghargaan yang diselenggarakan sebagai bentuk kerja sama antara Ke-menterian Kebudayaan dan Pariwisata dengan majalah SWA untuk mendukung industri pariwisata. Tujuannya, agar setiap perusahaan atau institusi termotivasi meningkatkan usahanya dan memberikan layanan yang terbaik.

Shangri-La Jakarta Raih Penghargaan

MENYAMBUT Tahun Baru 2011, Hotel Grand Cem-paka mengusung tema Its time to disco dengan dress code era 80-an. Mengacu pada konsep tersebut, musik-musik yang dialunkan pun dimulai dari era 80-an lalu beranjak pada lagu-lagu hit terbaru. Live music, sexy dancer, DJ, serta beragam door-prize dan grandprize yang spektakuler pun ditampilkan manajemen hotel demi memuaskan para tamu di hotel tersebut. Pemilihan back to eighties era yang dicampur dengan tema Its time to disco merupakan kreativitas top manajemen untuk membuat hotel menjadi lebih unik, glamor, serta menimbulkan kesan retro party, jelas Sales dan Marketing Manager Hotel Grand Cempaka Sajugo.

Sejuta Gemerlap di Grand Cempaka

TIM peneliti yang dipimpin profesor patologi Uniformed Service University Dr Rad-ha Maheshwari dan rekan kerja nya, Rajesh Loganathan Thangapazham, menemukan khasiat teh hijau sebagai anti-tumor pada sel kanker payu-dara.

Kanker, penyakit yang disebabkan peningkatan poliferasi sel yang berke-lompok dan membentuk gumpalan yang sering disebut tumor ini punya dua ciri, dapat bersifat jinak atau ganas. Sejauh ini diketahui sel dari tumor ganas melepaskan diri dari tumor asalnya dan menyebar ke berbagai bagian tubuh, dan membentuk tumor baru.

Mereka dapat menyerbu, me nyusup ke dalam pembuluh darah dan limpa, bersirkulasi melalui aliran darah, dan da-pat tumbuh pada organ atau jaringan normal di mana pun di dalam tubuh.

Sayangnya, pilihan pengo-batan saat ini masih sangat terbatas dan biasanya penderita telah berada pada tahap ter-akhir dari penyakit.

Berbeda dengan tumor ga-nas, tumor jinak tidak menye-bar dan dengan pengecualian

yang amat jarang, tidak mem-bahayakan hidup.

Pengobatan penyakit yang membahayakan ini biasanya dilakukan pencegahan secara kimiawi (chemoprevention) yang dimaknai secara luas dalam penggunaan substansi kimia baik berbahan dasar alami atau sintetis. Upaya ini di-

maksudkan untuk mencegah, menghambat, menahan, atau membalik penyakit.

Dalam penelitiannya, Ma-heshwari mengamati ternyata teh hijau dapat menghalangi kapasitas penyerangan dari sel kanker payudara dan juga da-

pat mengidentifi kasi meka-nisme yang terlibat untuk menghambat berkembang-nya sel kanker.

Penelitian epidemiologi juga menunjukkan bahwa risiko kanker payudara ditemukan lebih sedikit di negara Asia yang mengon-sumsi teh hijau.

Penelitian ini mempu-nyai signifikansi klinis besar sejak kemampuan dari fito-kimia (komponen nonnutritif berbahan dasar tanaman de-ngan substansi bersifat medis) untuk mengaktifkan program antikanker dari sel tumor dapat menentukan sukses tidaknya kemoterapi. (Science daily/*/Ghp/M-1)