PGN Inside Mei 2010

12
inside EDISI NO. 26 TAHUN KE-3, MEI 2010 NEWSLETTER Amandemen Corporate Facility Agreement PGN Resmikan Gedung Sekolah 22 Andalas Sosialisasi Amdal LNG RT Medan Berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh PGN untuk memasuki usia ke-45 bukanlah sebuah rangkaian acara biasa yang berujung tanpa suatu makna. (Jakarta/PGN Inside) G egap gempita pada malam Penganugerahan Investor Award Best Listed Companies 2010 tampak meriah di Ballroom Hotel Aryaduta, Jakarta, 5 Mei 2010. Acara tersebut diselenggarakan oleh Majalah Investor dengan memberikan Investor Award 2010 kepada perusahaan publik terbaik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Keceriaan serta rasa bahagia terlihat jelas dari petinggi masing-masing perusahaan publik terbaik yang hadir di sana. Tak heran, jika acara ini menjadi malam yang sakral bagi masing-masing perusahaan publik yang mampu meraih penghargaan. Salah satu perusahaan dari tiga perusahaan peraih Investor Award 2010 dengan predikat Top Performing Listed Companies 2010 yang dinilai memiliki pencapaian kinerja sangat bagus pada tahun 2009 adalah PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), dua lainnya adalah PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk dan PT Adaro Energy Tbk. Selain memiliki kinerja terbaik selama tahun 2009, ketiga emiten terpilih dinilai mampu mendapatkan apresiasi pasar yang cukup tinggi dalam setahun terakhir. Penghargaan itu secara langsung diserahkan oleh Direktur BEI, Ito Warsito dengan didampingi Ketua Dewan Juri, Prof Roy Sembel kepada ketiga emiten peraih predikat Top Performing Listed Companies 2010. Penghargaan tersebut secara langsung diterima oleh Direktur Utama PGN, Hendi Prio Santoso. Ketua Dewan Juri Prof Roy Sembel mengatakan, pemeringkatan kali ini mengambil tema sustainability recovery yang menggambarkan pemulihan ekonomi Indonesia. Hal itu tercermin pada peningkatan kinerja emiten sepanjang 2009. ”Kinerja Bersambung ke hal. 3 Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso, menerima penghargaan Top Performing Listed Companies 2010 dari Ketua Asosiasi Emiten Indonesia Erlangga Hatarto didampingi CEO PT BA Sukrisno PGN Raih Top Performing Listed Companies 2010 Semangat Berbagi Bersama di Karnaval 45 Tahun PGN

description

PGN Inside Mei 2010

Transcript of PGN Inside Mei 2010

Page 1: PGN Inside Mei 2010

insideEdisi No. 26 TahuN kE-3, MEi 2010

NEW

SLET

TER

amandemen Corporate Facility agreement

PGN Resmikan Gedung sekolah 22 andalas

sosialisasi amdal LNG RT Medan

Berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh PGN untuk memasuki usia ke-45 bukanlah sebuah rangkaian acara biasa yang berujung tanpa suatu makna.

(Jakarta/PGN Inside)

Gegap gempita pada malam Penganugerahan investor award Best Listed Companies 2010 tampak meriah di Ballroom hotel aryaduta, Jakarta, 5 Mei 2010. acara tersebut diselenggarakan oleh Majalah investor dengan memberikan investor award 2010 kepada perusahaan publik terbaik yang tercatat di Bursa Efek indonesia (BEi).

keceriaan serta rasa bahagia terlihat jelas dari petinggi masing-masing perusahaan publik terbaik yang hadir di sana. Tak heran, jika acara ini menjadi malam yang sakral bagi masing-masing perusahaan publik yang mampu meraih penghargaan.

salah satu perusahaan dari tiga perusahaan peraih investor award 2010 dengan predikat Top Performing Listed Companies 2010 yang dinilai memiliki pencapaian kinerja sangat bagus pada tahun 2009 adalah PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN), dua lainnya adalah PT Tambang Batubara Bukit asam Tbk dan PT adaro Energy Tbk. selain memiliki kinerja terbaik selama tahun 2009, ketiga emiten terpilih dinilai mampu mendapatkan apresiasi pasar yang cukup tinggi dalam setahun terakhir. Penghargaan itu secara langsung diserahkan oleh direktur BEi, ito Warsito dengan didampingi ketua dewan Juri, Prof Roy sembel kepada ketiga emiten peraih predikat Top Performing Listed Companies 2010. Penghargaan tersebut secara langsung diterima oleh direktur utama PGN, hendi Prio santoso.

ketua dewan Juri Prof Roy sembel mengatakan, pemeringkatan kali ini mengambil tema sustainability recovery yang menggambarkan pemulihan ekonomi indonesia. hal itu tercermin pada peningkatan kinerja emiten sepanjang 2009. ”kinerja

Bersambung ke hal. 3

direktur utama PGN hendi Prio santoso, menerima penghargaan Top Performing Listed Companies 2010 dari ketua asosiasi Emiten indonesia Erlangga hatarto didampingi CEo PT Ba sukrisno

PGN Raih Top Performing Listed Companies 2010

semangat Berbagi Bersama di karnaval 45 Tahun PGN

Page 2: PGN Inside Mei 2010

PGN kembali meraih penghargaan nasional di usia ke 45 tahun. kali ini, PGN meraih Top Performing Listed Companies 2010 dari majalah investor. satu lagi pengakuan PGN dapatkan. PGN semakin yakin, langkah-langkah PGN dalam menghadapi kondisi pasar

sudah cukup tepat. strategi yang tepat bukan hanya akan menguntungkan perusahaan namun masyarakat pun akan mendapatkan manfaat yang lebih besar lagi melalui layanan-layanan PGN. Menurut analis, PGN memiliki tatacara komunikasi yang lebih terbuka kepada para investor antara lain menyangkut strategi dalam menggelar produk layanan, kondisi perusahaan, serta strategi dalam mencapai pertumbuhan. analis juga mengakui bahwa PGN juga mendapatkan pengakuan dari pasar atas kekuatan jaringan yang dimiliki (pipa gas) serta keberadaan layanan pelanggan.

Berkesempatan mencapai usia 45 tahun memang sebuah anugerah yang patut disyukuri. Tidak mudah bagi sebuah institusi untuk tetap eksis dan prima hingga di usia 45 tahun. karena untuk mencapainya diperlukan suatu rangkaian perjuangan yang tidak ada habisnya. semua mewarnai perjalanan hidup dan menjadi langkah pengalaman setiap karyawan untuk memantapkan kematangan jiwa. ulang tahun merupakan salah satu momentum penting dalam kehidupan manusia. Banyak cara untuk merayakanya antara lain dengan mengucap syukur, bergembira bersama sanak keluarga atau para sahabat, atau berbagi rahmat dengan orang-orang di sekitar yang membutuhkan.

demikian pula dengan PGN. Menginjak usianya yang ke-45, PGN merayakan hari jadinya dengan beraneka kegiatan. diawali dengan employee gathering, pemotongan tumpeng dan dilanjutkan dengan donor darah, kegiatan sosial, hingga panggung hiburan. Tiada pesta yang tak pernah usai, demikian kata orang bijak. Namun, kebersamaan dan kegembiraan yang dialami bersama dalam pesta, semoga dapat menjadi pemicu semangat dalam berkarya di hari-hari mendatang.

halo pgn

Inspirasi

daftar isi

2 haLo PGN

iNsPiRasi

3 iNFo PGN

9 iNFo sBu

11 kELuaRGa kiTa

12 GaLLERY

Pengarah: santiaji Gunawan

Ketua Penyunting: sri Wahyuni

Penyunting: Enik indriastuti, debby sianipar, Nasihin,

Tri Endang s, R. Wahyono Talogo, YE sujana, ardi Viryawan,

Patricia dwi Putri, dhian Widuri, Vietor hL Tobing, irlita Vyndiasari,

Emung indriastanto, houstina dewi anggraini,

arie kusmayadi, Meutia Prima, Elfan Triawan, sulistianingsih,

Bagus Rachmadi, Yosephine ina sabrina, krisdyan Widagdo adhi, Joice Juliana, kurnia Permasari, Febrilian hindarto

Koresponden SBU DW I JBB: Maisalina, irfan kurniawan F,

iwan Yuli Widyastanto Koresponden SBU DW II Jabati: Budi Priswanto, Natalia Tipung h,

Bagus Fernata Koresponden SBU DW III Sumbagut:

solorida, subandi Koresponden SBU

Transmisi Sumatra Jawa: andaya E saputra, astrid Taruli debora

Koresponden PTGI & PDJB: salim Tribuana W, asep herlambang,

andi krisna a

“kenyataan bahwa orang lain berdusta bukan pada apa yang dia ungkapkan kepada anda, tapi pada apa yang tidak dia ungkapkan. karena itu, jika anda ingin memahaminya,

jangan dengarkan apa yang ia katakan. Perhatikanlah apa yang tidak dia katakan.” Kahlil Gibran

“orang kaya bukanlah mereka yang memiliki banyak harta, tetapi mereka yang banyak memberikan miliknya untuk orang lain.”

Erich Fromm

”hidup penuh keindahan. Perhatikan itu. Perhatikan lebah besar, anak kecil, dan wajah yang tersenyum. Rasakan hujan dan hiruplah udara. hidupkan kehidupan dengan segala

potensimu, dan berjuanglah untuk mimpi-mimpimu.” Ashley Smith

“daya tahan adalah kesabaran yang terkonsentrasi dengan baik.” Thomas Carlyle

“semua urusan manusia melibatkan usaha dan hasil. kegigihan dalam berusaha adalah ukuran untuk meraih hasil itu.”

James Allen

“konflik antara benar dan salah bukanlah tragedi yang sesungguhnya di dunia ini. Tragedi sejati terjadi ketika dua kebenaran saling bertentangan.”

Hebbel

“kebahagiaan bukanlah sesuatu yang anda alami tapi sesuatu yang akan selalu anda ingat.”

Oscar Levant

“kejujuran adalah bab pertama dalam buku kearifan” Thomas Jefferson

Selalu Memberikan yang Terbaik

Edis

i No

. 26

Tah

uN

kE-

3, M

Ei 2

010

2

Page 3: PGN Inside Mei 2010

info pgn

emiten yang terkait sumber daya alam biasanya diiringi dengan naiknya permintaan minyak dan energi. Tidak heran kalau nominasi emiten terbaik didominasi emiten dengan berlatar resource base,” tandas Roy.

Tidak mudah untuk meraih predikat Top Performing Listed Companies 2010. setiap perusahaan harus melalui tahap seleksi awal, emiten yang lolos seleksi kemudian diperingkat, dengan menerapkan delapan kriteria pemeringkatan. kedelapan kriteria itu adalah return selama satu tahun (1 april 2009-31 Maret 2010), likuiditas dan volatilitas selama periode yang sama, pertumbuhan penjualan tiga tahun, net operating margin (NM), return on equity (RoE), asset turn over (aTo), dan pertumbuhan laba operasi tiga tahun. Berdasarkan pada hasil pemeringkatan, akan ditambah dengan hasil polling terhadap 200 responden (analis, manajer investasi, dana pensiun, asuransi, investor individu, pengamat pasar modal) dan interview kepada direksi peraih nominasi.

selain tiga emiten peraih Top Performing Listed Companies 2010, dalam kesempatan yang sama juga ditetapkan 15 emiten yang meraih penghargaan dari 14 sektor usaha dan 100 emiten sebagai 100 Best Listed Companies 2010.

selamat dan terus jaya PGN.!!

sambungan : PGN Raih Top Performing...

indonesian Gas assosiation (iGa) sejak berdiri pada tahun 1980, telah melayani kebutuhan gas alam. diantaranya, dari sisi pemasaran,

pengembangan, produksi, transportasi, distribusi, serta pengolahan. Fokus awal iGa berada di LNG. dan, iGa sendiri merupakan bagian dari international Gas union (iGu).

seperti diketahui, iGa telah bergabung dengan kamar dagang indonesia Perindustrian sebagai anggota Extra-Biasa. dan di tahun 2008 lalu, iGa juga dipercaya sebagai Coal Bed Methane (CBM) komite dan diresmikan pada pertengahan Juni 2009 lalu.

Pada april 2010, PGN berkesempatan menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan iGa khususnya saat ”Gala Dinner”. Penyelenggaraan tersebut sebagai salah satu respon terhadap situasi publik dalam hal peningkatan penggunaan LNG dan masalah pasokan. dengan demikian, penyelenggaraan iGa diharapkan dapat membantu merumuskan kebijakan nasional mengenai peraturan gas domestik.

dalam kesempatan tersebut, direktur utama PGN, hendi Prio santoso juga dinominasikan sebagai calon tunggal untuk menduduki ketua iGa untuk periode selanjutnya. acara itu telah dilaksanakan pada 6-9 april 2010 di Bali. dalam kesempatan ini, PGN juga mensponsori salah satu rangkaian acaranya.

PGN Jadi Tuan Rumah Konferensi Indonesian Gas Association

(Bali/PGN Inside)

Edisi N

o. 26 Ta

hu

N kE-3, M

Ei 2010

3

Page 4: PGN Inside Mei 2010

info pgn

PGN merupakan BuMN dan perusahaan publik yang terkemuka di bidang transmisi dan distribusi gas bumi terus berkomitmen pada usaha pemenuhan kebutuhan gas industri. oleh karena

itu, PGN melaksanakan penandatanganan amandemen corporate facility agreement dengan PT aNZ Panin Bank pada 3 Mei 2010 bertempat di PGN Multimedia Room.

acara penandatanganan amandemen corporate facility agreement dilakukan secara langsung oleh direktur keuangan PGN, Riza Pahlevi Tabrani dan Vice Presiden direktur PT aNZ Panin Bank, Mark dawson, dengan disaksikan oleh jajaran pimpinan masing-masing pihak.

Pembaharuan kerjasama itu kembali dilaksanakan dengan melihat kebutuhan akan penambahan pasokan gas bagi pengembangan bisnis PGN ke depan. selain itu, PGN dinilai memiliki fondasi keuangan dan kinerja yang cukup positif untuk mendukung pengembangan bisnis kedepannya.

Menurut direktur keuangan PGN, Riza Pahlevi Tabrani ketika diwawancarai seusai acara penandatanganan mengatakan pembaharuan kerjasama tersebut isinya mengacu pada peningkatan penyediaan payment guarantee (jaminan pembayaran) dan performance guarantee (jaminanan pelaksanaan) dari usd 40 juta menjadi usd 70 juta.

intinya, lanjut Riza, terdapat dua hal penting dalam kontrak kerjasama dengan PT aNZ Panin Bank. Pertama, dari segi corporate, kerjasama ini diharapkan bisa diterima oleh penjual gas sehingga ke depan bisa meningkatkan pasokan gas bagi operasi PGN. kedua, dari segi biaya, kerjasama ini diharapkan mampu memberikan efisiensi bagi PGN dalam hal biaya penerbitan.

Amandemen Corporate Facility Agreement Bagi Peningkatan Pasokan Gas(Jakarta/PGN Inside)

Melihat reputasi serta pencapaian kinerja PGN yang sangat baik selama ini sebagai BuMN maupun sebagai perusahaan publik, PT aNZ Panin Bank sangat yakin bahwa kerjasama ini akan menguntungkan kedua belah pihak. “semoga penandatanganan amandemen corporate facility agreement antara PT aNZ Panin Bank dengan PGN mampu mendukung PGN khususnya dalam hubungannya dengan pemasok gas. semoga hubungan PGN dengan PT aNZ Panin Bank akan semakin erat,” ujarnya.

ke depan untuk meningkatkan kerjasama dengan sektor dalam negeri khususnya bank-bank BuMN, untuk kerjasama serupa, PGN akan memprioritaskan dengan bank domestik terlebih dahulu tentunya dengan catatan bahwa para supplier gas mempercayai penjaminan dari Bank BuMN tersebut. hal ini dilaksanakan masih dalam upaya PGN untuk memenuhi kebutuhan gas bagi industri yang semakin tinggi dari hari ke hari.

Penyerahan kenang-kenangan dari departemen Teknik kimia Fakultas Teknik universitas

indonesia (dTk - FTui) atas Bantuan PGN untuk Pengembangan Gedung dan infrastruktur Laboratorium yang bertema “Revitalizing The Chemical Engineering Education”

Penandatanganan Perjanjian kerjasama PGN dan Rumah Zakat perihal “Program Mobil sehat PGN” untuk dioperasikan di wilayah operasi PGN di sBu i

dan iii selama 1 tahun untuk sekitar 4500 penerima manfaat per mobil sebagai bentuk kepedulian Perusahaan terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasi PGN.

(Jakarta/PGN Inside)

(Jakarta/PGN Inside)

Edis

i No

. 26

Tah

uN

kE-

3, M

Ei 2

010

4

Page 5: PGN Inside Mei 2010

info pgn

PGN Resmikan Gedung Sekolah 22 Andalas

Ternyata, keceriaan masyarakat di Padang, sumatera Barat pasca gempa belum pulih seutuhnya. Jejak-jejak derita pasca gempa pun masih tampak hingga kini. Masih banyak

bangunan-bangunan pasca gempa yang dibiarkan begitu saja, masih ada pula bentangan tenda-tenda yang digunakan untuk anak-anak menuntut ilmunya.

Begitulah kira-kira gambaran yang bisa diungkap ketika mengunjungi Padang pada 26 april 2010. Gempa 7,9 skala richter, 30 september 2009 di Padang, sumatera Barat, banyak membawa kisah dan cerita yang menyelimutinya. Tetapi keadaan tidak sekedar membutuhkan kisah dan cerita. harus ada agenda perbaikan secara cepat dan tepat untuk bangunan-bangunan akibat keganasan gempa waktu itu.

Rasa simpati mengalir dari berbagai pihak, tidak terkecuali PGN. sekedar membantu dan meringankan beban dari saudara-saudari yang ada di Padang, PGN melalui program corporate social responsibility (CsR) ikut menyumbangkan sedikit rejeki untuk perbaikan sd Negeri 22 andalas, Padang yang kala itu rusak parah.

Bantuan memang lebih difokuskan untuk kerusakan pada gedung-gedung sekolah. Pasalnya, dunia pendidikan merupakan faktor terpenting untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa. PGN bersama dompet duafa Republika mulai membangun dan memperbaiki gedung sd Negeri 22 andalas, Padang.

dan kini, gedung sd Negeri 22 andalas, Padang telah berdiri kokoh dalam balutan cat berwarna biru dan siap untuk digunakan sebagai fasilitas belajar mengajar. Gedung itu nantinya akan digunakan sebagai kelas ektrakurikuler.

Peresmian Rekonstruksi sd Negeri 22 andalas, Padang dilakukan pada 26 april 2010. acara yang dihadiri oleh kepala divisi komunikasi korporat PGN, santiaji Gunawan, Pimpinan dompet

duafa Republika, Perwakilan dari Pemerintah daerah (Pemda) dan juga perangkat desa setempat.

dalam sambutannya, santiaji mengatakan dana untuk pembangunan gedung sd Negeri 22 andalas, Padang ini berasal dari dua dana, yaitu dana pribadi para seluruh karyawan PGN maupun dari perusahaan sendiri.

“Pada waktu itu kita memang menyisihkan sedikit dari rejeki kita. sedikit demi sedikit kita kumpulkan hingga terkumpul sekian ratus juta dan masih ditambah dengan dana dari perusahaan. dan, syukur alhamdullilah, dua ruang kelas sudah terbangun untuk proses belajar anak-anak semua,” ujarnya. ditambahkan santiaji, dengan melihat bangunan ini yang telah berdiri secara megah, dirinya pun merasa bangga. hal itu dikarenakan dengan selesainya bangunan gedung sekolah ini proses belajar mengajar sudah dapat dilanjutkan untuk anak-anak menuntut ilmu selanjutnya.

“sebenarnya, kita punya kegiatan yaitu BuMN Peduli. dua tahun lalu, kita telah membantu memperbaiki enam gedung sekolah, salah satunya gedung sekolah yang ada di Padang. Namun, menurut santiaji, kalau kita menunggu bantuan dari aPBd maupun aPBN akan banyak sekolah yang tidak terbangun. Maka dari itu, tidak hanya di Padang saja, PGN melalui kegiatan CsR-nya terus memberikan bantuan bagi mereka yang dilanda bencana.

acara yang diisi dengan berbagai unjuk kebolehan dari siswa siswi sd, seperti drum band, tari piring, atraksi pencak silat, tarian sekapur sirih dan shalawat mampu menggetarkan hati. Tak tampak jika mereka pernah dilanda duka mendalam, pasalnya, mereka begitu lihai memainkan alat, menarikan sebuah tarian hingga melafalkan ayat-ayat suci al’quran. Terus selamatkan dunia pendidikan.

(Jakarta/PGN Inside)

Edisi N

o. 26 Ta

hu

N kE-3, M

Ei 2010

5

Page 6: PGN Inside Mei 2010

info pgn

Semangat Berbagi Bersama di Karnaval 45 Tahun PGN

serangkaian acara kian semarak dalam menyambut ulang Tahun PGN yang ke-45 tahun. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh PGN untuk memasuki usia ke-45

bukanlah sebuah rangkaian acara biasa yang berujung tanpa suatu makna.

Pada Minggu 25 april 2010 bertempat di Logde, Jagorawi digelar sebuah acara menarik yaitu karnaval 45 Tahun PGN dengan tema “Berbagi keceriaan Bersama”. semangat yang diusung kali ini berbeda dengan perayaan ulang tahun sebelumnya. Tujuannya terlihat sederhana, tapi bermakna mendalam. dengan melibatkan seluruh karyawan PGN, dari mulai jajaran direksi tertinggi hingga outsourcing, kegiatan family gathering ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa kebersamaan dan keakraban.

seiring dengan pencapaian kinerja PGN yang tumbuh secara positif di tahun 2010, maka karnaval 45 Tahun PGN diwarnai dengan semangat berbagi antar karyawan yang diharapkan mampu berkompetisi untuk kedepannya.

(Jakarta/PGN Inside)

Edis

i No

. 26

Tah

uN

kE-

3, M

Ei 2

010

6

Page 7: PGN Inside Mei 2010

info pgnacara ini memang buat seperti acara-acara family gathering karena seluruh jajaran direksi maupun karyawan membawa serta keluarganya masing-masing. dimana, dalam acara terdapat berbagai macam permainan untuk dewasa maupun anak-anak. diantaranya, untuk arena dewasa, ada permainan gladiator joust, giant table, flying fox, paint ball, tarik tambak, lempar belut dan masih banyak lagi, sedangkan untuk arena anak-anak, ada permainan bouncing castle, melukis wajah, sulap jalanan, dan sebagainya.

direktur keuangan PGN, Riza Pahlevi ketika diwawancara disela-sela acara mengatakan harus diakui pencapaian kinerja PGN di tahun 2009 yang mengalami peningkatan cukup pesat yaitu 800 persen. hal tersebut tidak luput dari peran serta seluruh karyawan yang bekerja di PGN. sebagai pendorong harapan itu, keluarga karyawan, isteri dan anak menjadi bagian dalam kegiatan ini.

Menurut Riza, momen family gathering ini dianggap sebagai momen silaturahmi keluarga karyawan PGN. Wujudnya dimaknai untuk mempererat kebersamaan karyawan dan keluarga sehingga berdampak positif khususnya bagi PGN. Bagi keluarga ini, kegiatan semacam ini jarang-jarang terjadi yaitu dapat berkumpul sekaligus bersilaturahmi pada acara karnaval 45 Tahun PGN tentu sesuatu yang menggembirakan.

“saya berharap acara seperti ini (family gathering-red) bisa membuat keluarga besar PGN makin solid. Bagaimanapun juga, keluarga kan memiliki peran penting dalam membawa semangat bekerja. Maka dari itu, suami, istri maupun anak-anak dari karyawan PGN diikut sertakan ke lokasi kegiatan untuk memberikan semangat bagi pasangannya. dengan semangat tersebut, pencapaian target produksi perusahaan mampu diraih,” ujarnya.

Maju terus PGN, tetap semangat dalam kebersamaan. Liputan selengkapnya dapat di lihat di Berita Gas Edisi khusus huT PGN ke-45.

Edisi N

o. 26 Ta

hu

N kE-3, M

Ei 2010

7

Page 8: PGN Inside Mei 2010

info PGN

Mungkin tak terhitung lagi berapa banyak sumbangsih yang telah diberikan PGN terhadap saudara-saudari kita yang memang membutuhkan perhatian serta

uluran tangan. sebagai wujud kepedulian sosial, PGN Peduli terus menyalurkan bantuannya ke berbagai pelosok negeri khususnya terhadap dunia pendidikan.

Pasalnya anak-anak di seluruh indonesia wajib mengenyam pendidikan secara layak. Entah itu layak dari sisi bangunan sekolahnya, fasilitas sekolahnya, maupun sisi pendidikannya. Musibah banjir yang terjadi di Muara Gembong, Bekasi pada 22 Maret 2010 telah banyak menyisakan tangis dan juga kesedihan. banyak fasilitas umum, rumah-rumah penduduk dan sekolah terendam air setinggi lutut akibat jebolnya tanggul.

untuk sedikit meringankan beban, PGN Peduli bersama Pertamina dan PT Wijaya karya (Wika) memberikan bantuan untuk 15 sekolah dasar yang ada di kecamatan Muara Gembong, Bekasi. Bantuan tersebut berupa seragam sekolah dan alat tulis sekolah yang akan diserahkan untuk sd Pantai Bakti, sd Pantai Bahagia, sd Pantai Mekar, sd Jaya sakti dan sd Pantai sederhana.

Penyerahan hadiah dihadiri secara langsung oleh kepala divisi TJsL PGN, Enik indriastuti, perwakilan dari Pertamina, perwakilan dari Wika, Camat Muara Gembong, kepala sekolah dan stakeholder terkait. secara simbolis masing-masing perusahaan menyerahkan hadiah kepada perwakilan siswa-siswi sd dengan didampingi kepala sekolah.

kepala divisi TJsL PGN, Enik indriastuti ketika diwawancara mengatakan saat ini PGN Peduli telah menyerahkan bantuan sebanyak 1.350 paket bantuan berupa seragam sekolah dan alat tulis. diakui Enik, dunia pendidikan memang menjadi concern kita. Menurutnya, jika kita tidak peduli, lalu siapa lagi?

“daerah pelosok dan terpencil juga menjadi sasaran dari PGN Peduli. Mengingat, daerah-daerah bencana seperti itu terkadang terlewatkan bahkan tidak terperhatikan,” kata Enik.

salah satu Guru sd Pantai Bakti 01, heri kusmiran, mengaku gembira atas bantuan seragam sekolah maupun alat tulis bagi siswa-siswinya. hal itu dikarenakan bantuan tersebut jelas bermanfaat untuk digunakan untuk proses belajar mengajar.

heri pun lalu mengisahkan kejadian banjir akibat jebolnya tanggul pada 22 Maret 2010 tepatnya pukul 20.30 WiB. “Banjir sih sudah sering kita alami, tapi kalau tanggul jebol itu ya baru kali ini. Pada saat itu mencekam sekali, apalagi listrik mati dan terdengar teriakan maupun tangisan di setiap sudut,” kenangnya.

Berkaitan dengan sekolah, heri mengatakan karena musibah terjadi pada malam hari, secara otomatis seluruh fasilitas sekolah sangat sedikit yang bisa terselamatkan. “semua hampir terendam air, dari mulai komputer, mebel, dan juga buku-buku. Meski bahagia atas sumbangan bantuan yang telah diberikan, heri pun tetap memiliki harapan. semoga bantuan ini tidak berhenti di sini saja, mudah-mudahan terus berlanjut,” ungkapnya menutup percakapan.

PGN Serahkan 1.350 Paket Bantuan Sekolah Korban Banjir di Muara Gembong(Kerawang/PGN Inside)

Edis

i No

. 26

Tah

uN

kE-

3, M

Ei 2

010

8

Page 9: PGN Inside Mei 2010

info PGN

keluarga kita

BERITA KELAHIRANkeluarga Besar PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk turut berbahagia atas kehadiran sang buah hati, semoga menjadi anak shalih/shalihah, berbakti kepada orang tua, dan menjadi tunas harapan bangsa.

Nama Pegawai Nama Istri / Suami Nama Anak Tanggal Kelahiran

Satuan/Unit Kerja

diki hasanudin dara sufitri abdul karim avisena 04 Mei 2010 Pusat

BERITA DUKA CITA

keluarga Besar PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk menyampaikan bela sungkawa dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada almarhum/almarhumah. semoga Tuhan YME menerima amal ibadahnya, dan bagi keluarga diberi ketabahan.

Nama Meninggal Dunia Keterangan

sutirah 21 Mei 2010 orang tua dari Etiko kusjatmiko (Pusat)

DAFTAR ULTAH PEGAWAI PGNNama Pegawai Tgl Lahir Satuan /Unit Kerja

Nita Widyasumanti 12 Juni PdJB

Endang Nadina i.W.C.d 13 Juni Pusat

oki imam Muttaqim 14 Juni sBu Transmisi sumatera-Jawa

Weny ayu hapsari 15 Juni Pusat

Ratna Yuniarita 15 Juni Pusat

Boyke Lumban Tobing 17 Juni sBu Transmisi sumatera-Jawa

Yuniarsih sani 17 Juni PTGi

Jovitha salea Battu 17 Juni Pusat

Fransiska 19 Juni PTGi

Eko Widagdo 20 Juni Pusat

sitti Nurhafni 20 Juni Pusat

andini saraswati 21Juni Pusat

Nama Pegawai Tgl Lahir Satuan /Unit Kerja

Resi aseanto 23 Juni PTGi

atang 25 Juni PdJB

Vaticano Walflomanto 25 Juni PTGi

heni Mahmudah 26 Juni Pusat

kusnasriawan Nugroho santoso

26 Juni Pusat

J. diah Tinuk d. 26 Juni Pusat

Fitrianty Candra subana 27 Juni' Pusat

abidin 27 Juni' sBu Transmisi sumatera-Jawa

hari Muladi 29 Juni Pusat

Erlangga 30 Juni PTGi

Warkunah 30 Juni Pusat

sore itu, tepatnya pada 23 april 2010, PGN kedatangan tamu dari mahasiswa institut Teknologi Bandung (iTB). sekitar 30 mahasiswa yang didominasi dari jurusan sekolah Bisnis

dan Manajemen ingin mengenal secara lebih dekat dengan salah satu BuMN dan perusahaan publik yang bergerak dalam usaha transmisi dan distribusi gas ini.

dalam kesempatan ini, direktur keuangan PGN, Riza Pahlevi Tabrani menjelaskan bahwa PGN secara langsung maupun tidak langsung, memiliki dan mengoperasikan pipa transmisi sepanjang lebih dari 2.100 km yang menghubungkan sumatera dengan Batam, singapura dan Jawa. Jaringan distribusi PGN terdapat di kota-kota utama dan pusat industri di wilayah sumatera utara, Riau, sumatera selatan, Batam, Banten, Jawa Barat dan Jawa Timur. “kita ini perusahaan yang berfokus pada pemenuhan distribusi gas. segmennya berasal dari Rumah Tangga (RT), komersial, industri, dan sebagainya,” ujarnya.

salah satu mahasiswa iTB yang berhasil diwawancarai, andry Prananta mengatakan senang dengan kuliah tamu ini. “dengan berkunjung ke PGN, kita jadi tahu seluk beluk mengenai PGN. awalnya, kita hanya tahu bahwa PGN itu kepanjangan dari Perusahaan Gas Negara, atau salah satu BuMN. Ternyata, PGN ini bergerak dibidang transmisi dan distribusi gas bumi. secara awam, kita tahunya gas itu ya hanya elpiji,” kata dia.

Mahasiswa ITB Kunjungi PGN(Jakarta/PGN Inside)

Edisi N

o. 26 Ta

hu

N kE-3, M

Ei 2010

9

Page 10: PGN Inside Mei 2010

info SBU DW III Sumbagut

untuk menjaga kontinuitas penyaluran gas ke PLN sektor pembangkitan Belawan dan keamanan pipa maka pada 14 april 2010 dilaksanakannya pemotongan dan

penggantian pipa gas diameter 16 inch yang belokasi di Jembatan Titi ii sicanang Belawan yang rusak karena korosif sumuran, pada tahapan langkah pertama yaitu dilakukannya koordinasi oleh kepala dinas operasi wilayah i dan safety breafing di hamparan perak sebelum pelaksanaan berlangsung.

seluruh tim pelaksana sudah dilengkapi dengan peralatan safety dan menempati posisi masing-masing yang telah ditetapkan.

(Medan/PGN Inside)

dalam rangka kegiatan rencana pembangunan LNG sumut dilaksanakan konsultasi publik sosialisasi studi amdal

kepada masyarakat yang berdampak langsung dengan kegiatan Proyek LNG. Bertempat dikantor Camat Bagan deli Belawan jumat 16 april 2010 dihadiri perwakilan dari 4 (empat) kecamatan terdiri dari Lurah, kepling, tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar. kegiatan ini dibuka oleh Camat didampingi oleh pemerintah setempat, selanjutnya Jefri simanjuntak dari Tim LNG sekilas memjelaskan kepada masyarakat tentang apa itu LNG dan pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini juga didampingi oleh konsultan amdal yang diharapkan bisa membantu tahapan awal studi amdal LNG. Yang menarik dari kegiatan ini adalah begitu antusiasnya masyarakat dalam sesi tanya jawab berbagai hal terkait LNG yang mungkin menjadi masukan positif dan kritik masyarakat, menjadi perhatian dalam penyusunan studi amdal nantinya.

(Medan/PGN Inside)

SOSIALISASI AMDAL LNG RT MEDAN

KOORDINASI PENINGKATAN KEHANDALAN JARINGAN PIPA BELAWAN

Pelaksanaan pengalihan jalur pipa gas jaringan transmisi diameter 16 inch semula hamparan Perak-Belawan Menjadi hamparan Perak-Paya Pasir-Belawan tentunya dengan prosedur operasi yang berlaku dalam tahapan pekerjaan ini dilaksanakan mulai 14-29 april 2010 .

untuk meningkatkan kompetensi pekerja dibidang peralatan MRs , pada tanggal 20-22 april 2010 dilaksanakan Pelatihan MRs yang diikuti oleh pekerja bidang operasional dan Teknik bertempat di area diklat sBu iii area Medan.Ed

isi N

o. 2

6 Ta

hu

N k

E-3,

MEi

201

0

10

Page 11: PGN Inside Mei 2010

Penyerahan Sertifikat Safety Driving

Pada 30 april 2010 lalu telah dilaksanakan penyerahan sertifikat Defense Diriving Course kepada

para pengemudi kendaraan operasional yang telah selesai melakukan kursus tersebut. Penyerahan sertifikat secara simbolis dilaksanakan oleh kepala departemen Logistik dan administrasi umum agus suryono, dihadiri oleh kepala sBu 1 dan seluruh kepala departemen. acara diakhiri dengan pembacaan ikrar pengemudi tentang standar operasional keselamatan mengemudi.

dalam aplikasi safety ketika menjalankan aktivitas dalam pekerjaan, mungkin kita terlalu berfokus pada safety pada operasional gas, dan melupakan bahwa safety pekerja yang sedang

menjalankan tugas, ada di tangan pengemudi. Maka diberikanlah kursus Mengemudi defensif (Defense Driving Course) yang telah usai dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

sertifikasi Defense Driving Course ini akanmeningkatkan jaminan keselamatan para pekerja yang bertugas bersama pengemudi yang terampil dan mengutamakan keselamatan.

Defense Driving Course adalah pelatihan yang membentuk pengemudi agar memiliki teknik mengemudi yang menjauhkan diri dari bahaya di jalan raya (defensif ) yaitu menghindari mengemudi agresif, dan menguasai karakter pengendalian mobil dalam situasi darurat. (irf-arys)

(Jakarta/PGN Inside)

(Jakarta/PGN Inside)

Putri duyung Cottages (Taman impian Jaya ancol-Jakarta utara), 25 Februari 2010, menjadi saksi digelarnya event yang mereview Perjalanan Menuju Safety yang sedang dijalani

sBu 1.

duPont sebagai konsultan safety sudah beberapa lama mendampingi PGN terutama sBu 1, untuk menanamkan budaya baru yang mengandung nilai-nilai safety, dalam operasional perusahaan sehari-hari. Pertemuan ini adalah suatu review akan implementasi safety selama ini, disamping merupakan ajang sosialisasi sub-sub komite dalam menjalankan tugasnya masing-masing.

sub-sub komite ini memiliki tugas masing-masing, yang keseluruhannya mendukung perjalanan menuju zero accident hingga zero incident untuk mewujudkan PGN menjadi world class company. Terdapat enam sub-komite yang memaparkan presentasi sosialisasi protokolnya, antara lain sub-komite Prosedur, sub-komite audit dan observasi, sub-komite Emergency Repsonse, sub-komite Management of Change, sub-komite investigasi insiden. dan sub-komite Contractor Management Safety.

sub-komite Prosedur bertujuan untuk memastikan tersedianya dokumen acuan kerja (dak), review, revisi dan penyusunannya. sub-komite audit dan observasi melakukan audit RCa untuk mengaudit kondisi di lapangan, sedangkan sub-komite Emergency Response adalah tanggap gawat jaringan, menangani dengan segera keadaan gawat di jaringan.

kemudian sub komite Management of Change (MoC) memiliki tujuan untuk emmeastikan terbangunnya sistem dalam mengelola perubahan, sub komite investigasi insiden menangani insiden yang terjadi agar tidak terulang, dengan menganalisa penyebabnya, pelajaran yang diperoleh, dan tindakan apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah terulangnya kejadian. sub-komite terakhir adalah sub-komite Contractor Management Safety yang berfungsi turut menyeleksi kontraktor dari segi persyaratan safety.

dalam meeting ini ditemukan bahwa masing-masing sub-komite harus terus meningkatkan intensitas kerjanya di sela-sela kesibukan masing-masing anggota pada pekerjaan utamanya. (irf )

Central Safety Committee Meeting dan Sosialisasi Protokol Sub Komite

info SBU DW1JBBEd

isi No

. 26 Tah

uN

kE-3, MEi 2010

11

Page 12: PGN Inside Mei 2010

SELAMAT KEPADA PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.

Atas pencapaian kinerja sebagai “Top Performing Listed Companies”

dalam Investor Award Best Listed Companies 2010