Pesantren Terakhir (Comic for Peace) 3

Click here to load reader

  • date post

    10-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    261
  • download

    18

Embed Size (px)

description

Tiga bersaudara, Zulfikar, Sisca dan Vera berkunjung ke sebuah pesantren untuk menyampaikan kabar duka. Di pesantren ini jugalah mereka belajar menghadapi perbedaan.

Transcript of Pesantren Terakhir (Comic for Peace) 3

  • Search for Common GroundJl. Cipaku II No.7, PetogoganJakarta 12170-IndonesiaTel: (62-21) 7200964Fax: (62-21) 7201034

    QUIS:

    3

    Perjalanan ketiga berrsaudara ini terus berlanjut sampai pada sebuah pesantren yang sedang mengadakan sebuah kegiatan olahraga.

    Serunya pertandingan antar kelas menjadikan komik ini semakin menarik. Mampukan ketiga bersaudara bekerja sama dan bahu membahu menyelesaikan masalah?

    Ikuti terus petualangan komik Pesantren terakhir dan ikuti kuisnya. Dapatkan merchandize menarik..

    Bagaimana menurutmu Komik Pesantren Terakhir episode 3 ini? kirimkan komentarmu di dalam FB [email protected] terbaik akan mendapatkan marhandise dari kami.

    http://www.facebook.com/[email protected]

    Email: [email protected]

    Ikuti kisah komik pesantren lainnnya di:http://thegenjringsband.com

  • VeraSisca

    Ki Alit

    Zulfikar

    Penanggung JawabSearch for Common Ground

    Naskah, Desain Karakter & StoryboardWahjoe E kkyWidiono

    Desain & LayoutAdrian Ian

    Cetakan PertamaMei 2011

    Hak Cipta penggandaan dan penyebaran serial komik ini dapat dilakukan dengan meminta izin terlebih dahulu pada penerbit.

    PenerbitSearch for Common GroundJl. Cipaku II No.7, PetogoganJakarta 12170-IndonesiaTel: (62-21) 7200964Fax: (62-21) 7201034

    IlustratorJohn WaryantoAnton BandiAndriyanto

    WarnaMisbah LutfiImam Eko Wibowo

    ISBN978-979-99677-3-2

    Wah, komiknya keren gambarnya baguss..Upi, 17 tahun

    Ga nyesel deh baca, ga sabar pengen nyelesein sampe episode terakhir.Atik, 15 tahun

    Ceritanya bagus, suka banget sama si Zul, ganteng siihh..Zilvia, 15 tahun

    Komiknya bagus, jadi tau tentang pesantren.Deni, 13 tahun

    Ikuti serial Komik Pesantren Terakhir lainnya:

  • Mas soni sakit ya? tahan ya mas...

    sebentar lagi sampai...

    ADUUUHH... dasar orang kampung...

    gak bisa pergi jauh dikit....

    MMWWWKKK... MMPPHHH

  • Aduh... hhhwwwkkk... maaf ya mas, mbak, saya

    memang nggak kuat kalau perjalanan jauh, apalagi jalannya berkelok-kelok

    gini...hhuueekk....

    aduuh, kasian mas soni, tahan ya mas...

    ini ada kantung plastik untuk jaga-

    jaga...

    aduuuh... ini bau apaan lagi, ih mas soni, kaya

    kakek-kakek, bikin malu aja, tuh diliatin satu

    bus...

    Pesantren! Pesantren! yang turun Pesantren!

    kalian ini berisik banget sih, tuh,

    sudah sampai, ayo turun...

  • nah, sudah sampai... ayo masuk, berdasarkan surat dari Ki Alit, pesantren ini didirikan oleh muridnya yang paling muda, Haji

    Husein.

    Mas Soni sudah kuat? minum dulu, sambil kita jalan

    pelan-pelan...

    Insya Allah kuat mbak

    siska...

    Zuul...

    Tunggu!!!

    Wah ramai sekali.... kok seperti

    ada band yang lagi manggung

    ya mas?

    hmmm... ini bakal menarik...

    hoeekk!!

    hoeekk!!

  • asrama putra

    asrama putri

  • Nah, itu dia kantornya, yuk kita ke

    sana...

    Ini gak kaya pesantren... malah

    kaya sekolah internasional gini ya... fasilitasnya

    keren-keren banget...

    lab. komputer

    lab. science

    green house

  • assalamalaikum

    waalaikum salam,

    silahkan masuk... ada

    perlu apa ya?

    Keperluan kami ingin menyampaikan berita

    pada haji husein, pimpinan pesantren ini... apa

    beliau ada?

    Oh iya... Pak Haji sedang ada di lab komputer,

    ayo saya antar...

    wuuiihh... pak haji-nya canggih banget di lab

    komputer...

    ah, belum tentu, siapa tahu lagi ngadem... ruang komputer kan

    biasanya ber-ac.

    hush... kalian ini, nggak sopan

    lho bisik-bisik di depan orang...

    terima kasih pak, saya zul, dan ini siska, vera dan soni. Kami dari

    pesantren al FALAH,

  • assalamalaikum

    waalaikum salam , masuk...

    siang pak, ada yang ingin bertemu

    dengan Pak Haji, katanya mereka dari

    pesantren al falah...

    waaah, kiai-nya masih muda

    bangeeet... ganteng lagi...

    ehmm...

    astagfirullah aladziiim...

    tok ...

    tok ...

    tok ...

  • wah canggih banget pak

    haji, diupload ke youtube

    segala..

    loh iya dong, ini kan bagian dari menyebarluaskan ilmu yang kita dapat ke orang lain... jadi setelah berkarya,

    harus dibagi ke sesama makhluk Allah, Insya Allah semua amalan

    kita tidak akan sia-sia...

    emmm... tapi bukannya internet, facebook, dan yang lain-lain itu justru

    membawa hal-hal yang dosa pak haji?

    Memang, jika disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak baik. Tapi kita kan juga bisa memanfaatkannya untuk hal-hal yang positif,

    seperti berbagi ilmu dan pengalaman.

    waah enak betul, di pesantren lain biasanya malah

    nggak boleh tuh internetan...

    ya setiap pesantren kan memiliki kebijakannya

    masing-masing, itu juga belum tentu

    salah...

    nah, sudah selesai uploadnya... mari

    kita ke taman saja, lebih enak ngobrol

    di sana.

    sebentar ya, saya sedang upload video

    kegiatan pentas seni anak-anak ke

    youtube....

  • Nah, biasanya kemajuan teknologi itu bagai pisau

    bermata dua... ini tidak salah, karena bagaimanapun, semua tergantung kita yang

    memegang pisaunya.

    Maksudnya?

    seringkali kita lupa, kalau kita hidup tidak sendirian... keasyikan bermain internet, main

    game, atau bahkan keasyikan belajar. Itu

    yang salah!

    tambah bingung

    ah....

    Nah, itulah fungsi taman ini... meski pesantren ini canggih dan

    terkoneksi wifi... disinilah jantung pesantren ini... dimana setiap insan yang ada di dalamnya bisa berbagi dengan makhluk Allah yang lain, tidak hanya antar siswa, antar teman, antar guru, tapi juga

    dengan alam... ingat, Islam adalah agama rahmatan lil alamin...

    Rahmat bagi semesta

    alam!!! IYA KAAN...

  • begini pak haji, sebenarnya kami

    datang ke sini untuk menyampaikan berita

    duka...

    hayo siska, vera, kalian sudah

    janji tidak akan menangis...

    ih, mas soni ngaca tuh... hiks... sendirinya... hiks hiks...

    Ki Alit, pimpinan pesantren kami, minggu lalu meninggal dunia... perjalanan kami ini

    untuk mengabarkan langsung pada murid-murid beliau yang

    salah satunya adalah pak haji...

    Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun...

    semoga seluruh amalan ki alit diterima di sisi

    Allah.

    ya... hiks... beliau dimakamkan di samping makam

    almarhum ayah, ibu dan istrinya... hiks..

    hiks...

    kepergian ki alit memang membawa

    duka bagi kita semua, tapi janganlah kita

    terlalu lama berurai air mata.

    Kalau boleh tahu, apa beliau

    dimakamkan di pemakaman keluarga?

  • Nah, malam ini, menginaplah dulu disini, Saya tahu kalian masih akan

    mengunjungi pesantren-pesantren lain, jadi kalian bisa istirahat dulu di sini... anggap saja rumah sendiri... tapi

    ingat lho... yang akhwat di asrama melati, dan yang ikhwan di asrama rajawali...Pak Sarmili dan Ibu Wati

    akan mengantar kalian...

    terima kasih Pak

    Haji

    Kami boleh berkeliling nggak pak haji, kan

    bosan kalau di asrama... padahal maghrib saja

    masih lama...

    Hahaha... kebetulan, jam 4.30 nanti, akan ada

    pertandingan basket antara tim putra kelas xi melawan

    kelas x. kebetulan ini pertandingan final, jadi

    pasti seru sekali...

    kami boleh nonton pak

    haji?Ya boleh dong,

    sepertinya acara pentas seni yang

    kalian lihat tadi... hanya tempatnya saja yang dipisah antara akhwat

    dan ikhwan...

    bagaimanapun juga, kita kan bertemu dengan berbagai

    macam orang di dunia luar, yang harus kita pelajari adalah cara

    menghadapinya...

    1

  • wah rupanya sama saja ya, ada saja

    anak-anak yang niat membolos atau nakal... hihihi...

    namanya juga anak-anak mas... kalau kata pak haji, justru

    lewat kesalahan itulah mereka bisa

    belajar...

    eh, jalan lihat lihat, dong! anak baru nih pak sarmili? pindahan dari pesantren

    kampung mana lagi? gembel amat tampangnya... Payah nih pak haji, masak pesantren keren

    gini di isi ama murid kampungan, bisa turun derajatnya...

    Eh maksud lo apa!!! ngajak ribut !!!

    sabar mas sabar..!

    itu tadi raka, dia salah satu murid

    kaya di sini, pesantren ini menerapkan subsidi silang,

    jadi murid yang tidak mampu masih bisa belajar,

    nah, di raka itu baru pindah, 3 bulan yang lalu, belum

    hilang sombongnya...

    duk!

    13

  • wah ver, ka zul, mas soni, ramai sekali ya...

    nggak yangka anak-anak pesantren bisa heboh

    juga kaya gini...

    iya nih... lumayan keren, tuh liat aja, sampai ada kameramen nya segala...

    berasa partai liga basket profesional...

    cih sok tahu nih kak zul... kaya

    bisa main basket aja...

    lah iya, itu main

    bola yang bener!

    hahaha... kalian tiga bersaudara ini akrab sekali sih! yuk kita duduk di sana kita

    nonton dulu...

    eh, jangan salah, kalau cuma main bola

    aja gue jagonya... cuma gak level kalau dilempar lempar... main bola tuh ditendang...

    yeee.... itu sih sepakbola namanya...

    14

  • assalamalaikumkawan-kawan semua... sesaat lagi, kita akan menyaksikan partai final liga basket

    Al-muttaqin! tim yang akan berjumpa di final ini adalah tim

    kelas XI a yang merupakan juara bertahan melawan tim Xb yang secara mengejutkan berhasil

    mengalahkan tim dari kelas XI...

    Loh itu kan yang tadi...

    wah ternyata dia kapten tim

    basket!

    rupanya kalian sudah bertemu raka, ia