PERWALI NO 3 TAHUN 2013 Balikpapan

download PERWALI NO 3 TAHUN 2013 Balikpapan

of 90

  • date post

    18-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    70
  • download

    5

Embed Size (px)

description

Peraturan Walikota BalikpapanNo 3 tahun 2013tentang TATA NASKAH DINAS DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BALIKPAPAN

Transcript of PERWALI NO 3 TAHUN 2013 Balikpapan

  • 1

    PERATURAN WALIKOTA BALIKPAPAN

    NOMOR 3 TAHUN 2013

    TENTANG

    TATA NASKAH DINASDI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BALIKPAPAN

    DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAWALIKOTA BALIKPAPAN,

    Menimbang

    Mengingat

    :

    :

    a. bahwa dalam rangka efisiensi dan efektifitas administrasipenyelenggaraan pemerintahan di lingkungan PemerintahKota Balikpapan, maka perlu penyeragaman tata naskahdinas;

    b. bahwa Keputusan Walikota Balikpapan Nomor 7 Tahun2001 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas di LingkunganPemerintah Kota Balikpapan sudah tidak sesuai lagi,sehingga perlu dilakukan penyesuaian;

    c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksuddalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan PeraturanWalikota Balikpapan tentang Pedoman Tata Naskah Dinasdi Lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan;

    1. Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1959 (Lembaran NegaraRepublik Indonesia Tahun 1959 Nomor 72) tentangPenetapan Undang-Undang Darurat Nomor 3 Tahun 1953tentang Pembentukan Daerah Tingkat II di Kalimantan(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1953Nomor 9) sebagai Undang-Undang;

    2. Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentangPemerintahan Daerah (Lembaran Negara Tahun 2004Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4437), sebagaimana telah diubahbeberapa kali, terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang PemerintahanDaerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008Nomor 59, Tambahan Lembaran Negara Republik IndonesiaNomor 4844);

    3. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang lnformasidan Transaksi Elektronik (Lembaran Negara Republiklndonesia Tahun 2008 Nomor 58, Tambahan LembaranNegara Republik lndonesia Tahun 2008 Nomor 4843);

  • 2

    4. Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan(Lembaran Negara Republik lndonesia Tahun 2009 Nomor152, Tambahan Lembaran Negara Republik lndonesiaTahun 2009 Nomor 5071);

    5. Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang OtoritasJasa Keuangan (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2011 Nomor 111, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Tahun 2011 Nomor 5253);

    6. Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 1951 tentangLambang Negara (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 1951 Nomor 111, Tambahan Lembaran NegaraRepublik Indonesia Nomor 176);

    7. Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1958 tentangPenggunaan Lambang Negara (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 1958 Nomor 1971, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 176);

    8. Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentangPembagian Urusan Antara Pemerintah, PemerintahanDaerah Provinsi dan Pemerintahan Kabupaten/Kota(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor82, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor4737);

    9. Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 tentangOrganisasi Perangkat Daerah (Lembaran Negara RepublikIndonesia tahun 2007 Nomor 89, Tambahan LembaranNegara Republik Indonesia Nomor 4741);

    10. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur NegaraNomor 22 Tahun 2008 tentang Pedoman Umum TataNaskah Dinas;

    11. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2009tentang Tata Naskah Dinas Di Lingkungan PemerintahDaerah;

    12. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur NegaraNomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata NaskahDinas Elektronik Di Lingkungan Instansi Pemerintah;

    13. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2011tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.

    MEMUTUSKAN

    Menetapkan : PERATURAN WALIKOTA BALIKPAPAN TENTANG TATANASKAH DINAS DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTABALIKPAPAN.

  • 3

    BAB I

    KETENTUAN UMUM

    Pasal 1

    Dalam Peraturan Walikota ini, yang dimaksud dengan:1. Kota adalah Kota Balikpapan.2. Pemerintah Kota adalah Walikota dan perangkat daerah

    sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.3. Walikota adalah Walikota Balikpapan.4. Sekretariat Daerah adalah merupakan unsur staf yang

    membantu tugas Walikota dalam penyelenggaraanpemerintahan daerah.

    5. Perangkat Daerah kota adalah unsur pembantu Walikotadalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang terdiridari Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan PerwakilanRakyat Daerah, Dinas Daerah, Lembaga Teknis Daerah,Kecamatan dan Kelurahan.

    6. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang selanjutnyadisebut DPRD adalah lembaga Perwakilan Rakyat Daerahsebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah.

    7. Sekretariat Daerah adalah merupakan unsur pembantuyang membantu tugas walikota dalam penyelenggaraanpemerintahan daerah.

    8. Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten/Kotaselanjutnya disebut SKPD Kabupaten/Kota adalahSekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Daerah,Lembaga Teknis Daerah, Kecamatan, Kelurahan danLembaga lain.

    9. Sekretaris Daerah adalah Sekretaris Daerah KotaBalikpapan.

    10. Asisten Sekretaris adalah unsur pembantu danbertanggung jawab kepada Sekretaris Daerah dan secarahirarkis membawahkan Bagian-bagian.

    11. Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yangselanjutnya disebut Sekretariat DPRD adalah unsurpelayanan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

    12. Asisten Sekretaris adalah unsur pembantu SekretarisDaerah yang bertanggung jawab kepada SekretarisDaerah dan secara hirarkis membawahkan bagian-bagian.

    13. Tata Naskah Dinas adalah pengelolaan informasi tertulisyang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan,pengamanan, pengabsahan, distribusidan penyimpanannaskah dinas serta media yang digunakan dalamkomunikasi kedinasan.

    14. Naskah Dinas adalah informasi tertulis sebagai alatkomunikasi kedinasan yang dibuat dan atau dikeluarkanoleh pejabat yang berwenang di lingkungan pemerintahdaerah.

    15. Format adalah naskah dinas yang menggambarkan tataletak dan redaksional, serta penggunaan lambang/logodan cap dinas.

  • 4

    16. Stempel/Cap Dinas adalah tanda identitas dari suatujabatan atau SKPD.

    17. Kop Naskah Dinas adalah kop surat yang menunjukanjabatan atau nama SKPD tertentu yang ditempatkandibagian atas kertas.

    18. Kop Sampul Naskah Dinas adalah kop surat yangmenunjukan jabatan atau nama SKPD tertentu yangditempatkan dibagian atas sampul naskah.

    19. Kewenangan adalah kekuasaan yang melekat pada suatujabatan.

    20. Delegasi adalah pelimpahan wewenang dan tanggungjawab dari pejabat kepada pejabat atau pejabatdibawahnya.

    21. Mandat adalah pelimpahan wewenang yang diberikan olehatasan kepada bawahan untuk melakukan suatu tugastertentu atas nama yang memberi mandat.

    22. Penandatanganan naskah dinas adalah hak, kewajibandan tanggung jawab yang ada pada seorang pejabat untukmenandatangani naskah dinas sesuai dengan tugas dankewenangan pada jabatannya.

    23. Peraturan Daerah adalah naskah dinas dalam bentuk dansusunan produk hukum, yang bersifat pengaturanditetapkan oleh kepala daerah setelah mendapatpersetujuan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerahuntuk mengatur urusan otonomi daerah dan tugaspembantuan.

    24. Peraturan Walikota adalah naskah dinas dalam bentukdan susunan produk hukum yang bersifat pengaturanditetapkan oleh Walikota.

    25. Peraturan bersama adalah naskah dinas dalam bentukdan susunan produk hukum yang bersifat pengaturanditetapkan oleh dua atau lebih kepala daerah.

    26. Keputusan Walikota adalah naskah dinas dalam bentukdan susunan produk hukum yang bersifat penetapan,individual, konkrit dan final.

    27. Instruksi Walikota adalah naskah dinas yang berisikanperintah dari Walikota kepada bawahan untukmelaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

    28. Surat Edaran adalah naskah dinas yang berisipemberitahuan, penjelasan dan/atau petunjuk caramelaksanakan hal tertentu yang dianggap penting danmendesak.

    29. Surat Biasa adalah naskah dinas yang berisipemberitahuan, pertanyaan, permintaan jawaban atausaran dan sebagainya.

    30. Surat Keterangan adalah naskah dinas yang berisipernyataan tertulis dari pejabat sebagai tanda buktiuntuk menerangkan atau menjelaskan kebenaransesuatuhal.

    31. Surat Perintah adalah naskah dinas dari atasan yangditujukan kepada bawahan yang berisi perintah untukmelaksanakan pekerjaaan tertentu.

    32. Surat Izin adalah naskah dinas yang berisi persetujuanterhadap suatu permohonan yang dikeluarkan olehpejabat yang berwenang.

  • 5

    33. Nota kesepahaman/kesepakatan adalah sebuah dokumenlegal yang menjelaskan persetujuan antara dua belahpihak.

    34. Surat Perjanjian adalah naskah dinas yang berisikesepakatan bersama antara dua belah pihak atau lebihuntuk melaksanakan tindakan atau perbuatan hukumyang telah disepakati bersama.

    35. Surat Tugas adalah naskah dinas dari atasan yangditujukan kepada bawahan yang berisi perintah untukmelaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugas danfungsinya.

    36. Surat Kuasa adalah naskah dinas dari pejabat yangberwenang kepada bawahan berisi pemberian wewenangdengan atas namanya untuk melakukan suatu tindakantertentu dalam rangka kedinasan.

    37. Surat Undangan adalah naskah dinas dari pejabat yangberwenang berisi undangan kepada pejabat/pegawai yangtersebut pada alamat tujuan untuk menghadiri suatuacara kedinasan.

    38. Surat Keterangan Melaksanakan Tugas adalah naskahdinas dari pejabat yang berwenang berisi pernyataanbahwa seorang pegawai telah menjalankan tugas.

    39. Surat Panggilan adalah naskah dinas dari pejabat yangberwenang berisi panggilan kepada seorang pegawaiuntuk menghadap.

    40. Nota Dinas adalah naskah dinas yang bersifat internalberisi komunikasi kedinasan antar pejabat atau dariatasan kepada bawahan dan dari bawahan kepadaatasan.

    41. Nota Pengajuan Konsep naskah dinas adalah naskahdinas untuk menyampaikan konsep naskah dinas kepadaatasan.

    42. Lembar Disposisi adalah naskah dinas dari pejabat yangberwenang berisi petunjuk tertulis kepada bawahan.

    43. Telaahan Staf adalah naskah dinas dari bawahan kepadaatasan antara la