Perubahan sosial budaya

download Perubahan sosial budaya

of 22

  • date post

    21-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    304
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Perubahan sosial budaya

Slide 1

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYANAMA KELOMPOK :

Ilham Maulana Ahmad(03)Verdan Gesang Asmara(05)Fifin Reka Putriani(08)Rizkiyah Jihan Maulidiyah(11)Siti Rohmatus Syabaniyah(12)Maulidiyah Firda Sari(16)Oldi Hendra p.(28)Tio Bagus Setiawan(30)Wa Ode Musmiarny Nilam M.(33)PETA KONSEP

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYAPengertianBentukFaktor PendorongFaktor PenghambatTipe-tipe Perilaku MasyarakatPerubahan Sosial Budaya yang berlangsung lambatPerubahan Sosial Budaya yang berlangsung cepatPerubahan Sosial Budaya yang pengaruhnya kecilPerubahan Sosial Budaya yang pengaruhnya besarPerubahan Sosial Budaya yang dikehendaki (direncanakan)Perubahan Sosial Budaya yang tidak dikehendaki (tidak direncanakan)Faktor InternFaktor EksternKurangnya hubungan dengan masyarakat luarPerkembangan Iptek yang terlambatSikap masyarakat yang tradisionalPrasangka terhadap hal-hal yang baruAdat atau kebiasaanPada masa Pasca proklamasiPada Masa Orde BaruPada Masa ReformasiContoh Perilaku MasyrakatSikap KritisA.Pengertian Perubahan Sosial Budaya Adapun beberapa definisi perubahan sosial budaya yang dikemukakan para sarjana sosiologi dan antarpologi antara lain sebagai berikut.1. JOHN LEWIS GILLIN DAN JOHN PHILLIPS GILLIN,mengatakan bahwa perubahan sosil budaya adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang diterima, yang disebabkan oleh perubahan-perubahan kondisi geografis,kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, serta karena adanyadifusi dan penemuan baru dalam masyarakat.2. SAMUEL KOENING,mengatakan bahwa perubahan sosial budaya menunjuk pada modifikasi yang terjadi dalam pola kehidupan manusia.modifikasi-modifikasi tersebut terjadi karena sebab-sebab intern dan ekstern.3. SELO SUMARJAN,menyatakan bahwa perubahan sosial budaya adalah segala perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu mayarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya,termasuk di dalamnya nilai-nilai,sikap, dan pola-pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.4. KINGSLEY DAVIS,mendefinisikan perubahan soaial budaya adalah perubahan yang terjadi dalam struktur masyarakat.

5. MAC IVER,mengemukakan bahwa perubahan sosial budaya adalah perubahan-perubahan dalam hubungan sosial atau perubahanterhadap keseimbangan sosial tersebut.6. WILLIAM F. OGBURN,menyatakan bahwa perubahan sosial budaya mencakup unsur-unsur kebudayaan baik baik material maupun nonmaterial.

Berdasarkan pendapat beberapa ahli tersebut diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa perubahan sosial budaya adalah perubahan yang terjadi pada unsur-unsur sosial budaya dalam kehidupan masyarakat.

Adapun perubahan-perubahan sosial budaya itu menyangkutHal-hal berikut :1. Perubahan cara hidup sebagai akibat dari perubahan kondisi geografis, komposisi penduduk, ideologi, dan timbulnya penemuan baru.2. Perubahan pada struktur dan sistem yang ada pada masyarakat. Perubahan struktur menyangkut jalinan yang terjadi dslsm masyarakat,sedangkan perubahan sistem menunjuk pada bagaimana hubungan sosial itu terjadi.3. Segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya,termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku.

B. Bentuk Perubahan Sosial BudayaTerjadinya perubahan sosial budaya pada masyarakat dapat dilihat dari aspek kecepatan perubahan, tingkat perubahan, dan perencanaan perubahan. Kecepatan perubahan ada yang berlangsung sangat cepat (revolusi) dan ada yang berlangsung sangat lambat (evolusi). Tingkat perubahan berkaitan dengan besar tidaknya pengaruh perubahan pada masyarakat.Adapun perencanaan perubahan berhubungan dengan bagaimana perubahan itu didesain atau bagaimana perubahan itu direncanakan dalam tahapan-tahapan tertentu.1. Perubahan Sosial Budaya yang Berlangsung LambatPerubahan sosial budaya yang berlangsung lambat sering disebut sebagai evolusi.Adapun ciri perubahan secara evolusi di antaranya berikut ini.a. Perubahan sosial budaya seolah-olah tidak terjadi.b. Perubahan berlangsung sangat lambat.c. Pada umunya, tidak menimbulkan perpecahan dalam masyarakat.Contohnya manusia dan masyarakat beserta kebudayaannya mengalami mengalami perkembangan sesuai dengan tahapan tertentu, semula dari bentuk sederhana, kemudian kepada bentuk yang kompleks, dan akhirnya sampai pada suatu tahap yang sempurna.Adapun contoh perubahan yang sangat lambat, yakni perubahan sosial budaya pada masyarakat tradisional/primitif. Dalam masyarakat tradisional/primitif, budaya, adat istiadat, dan pola hidup yang dianut pada zaman nenek moyangnya tetap dipertahankan. Mereka umumnya menganggap setiap perubahan yang dilakukan merupakan pelanggaran bagin adat istiadatnya.

72.Perubahan Sosial Budaya yang Berlangsung CepatPerubahan sosial budaya sering juga disebut revolusiPerubahan secara revolusi ditandai dengan hal-hal berikut.a. Perubahan terjadi secara cepatb. Perubahan itu menyangkut hal-hal yang mendasarc.Sering menimbulkan perpecahan dalam kehidupan. Contoh perubahan sosial budaya yang berlangsung cepat antara lain revolusi industri diinggris, revolusi cuba, dan Revolusi Kemerdekaan Indonesia. Revolusi industri merupakan sebuah ungkapan yang pertama kali digunakan untuk menamai perubahan dan perkembangan pesat yang terjadindi Inggris ketika secara melyas mesin uap dimanfaatkanpada berbagai industri, terutama industri testil dalam kurun waktu 1760-1850.Revolusi industri di inggris tersebut telah mengubah cara hidup banyak manusia.sedangkan keberhasilan revolusi cuba tahun 1959 melawan kediktatoran fulgencio batista menjadikan cuba sebagai negara republik yang memiliki sistem pemerintahan sosialis.Ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya suatu perubahan secara revolusi berikut ini.a. Mayoritas masyarakat ingin mengadakan suatu perubahan.b. Muncul seorang pemimpin yang mampu memimpin suatu perubahan.c. Memiliki tujuan dan rumusan yang jelas dari gerakan perubahan itu.d. Biasanya, terdapat momentum (kesempatan)byang tepat untuk bergerak memperjuangkan perubahan.

3. Perubahan Sosial Budaya yang Pengaruhnya BesarPerubahan Sosial Budaya yang Pengaruhnya besar adalah perubahan sosial budaya yang dapat membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan, dan membawa perubahan pada struktur sosial masyarakat.Contoh perubahan yang pengaruhnya besar, yakni proses industrialisasi. Dalam prises industrialisasi tersebt, biasanya terjadi perubahan pada berbagai lembaga kemasyarakatan yang terdapat di kota-kota besar. Perubahan-perubahan itu, antara lain menyangkut hubungan kerja, sistem pembagian kerja, sistem kepemilikan tanah, hubungan kekeluargaan, sistem pelapisan sosial masyarakat, struktur sosial masyarakat, dan proses pembangunan.4. Perubahan Sosial Budaya yang Pengaruhnya KecilPerubahan sosial budaya yang pengaruhnya kecil adalah perubahan sosial budaya yang tidak memengaruhi nerbagai aspek kehidupan, melainkan perubahan itu hanya membawa perubahan pada struktur sosial.Contohnya, perubahan mode pakaian, mode rambut, mode sepatu, mode telepon seluler (ponsel), dan sebagainya, perubahan-perubahan yersebut tidak membawa pengaruh berarti bagi masyarakat secara keseluruhan.5. Perubahan Sosial Budaya yang Dikehendaki (Direncanakan)Perubahan sosial budaya yang dikehendaki atau direncanakan adalah perubahan yang memang direncanakan oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan.Program pembangunan merupakan perubahan yang dikehendaki atau direncanakan. Pembangunan dapat memengaruhi kehidupan sosial masyarakat. Contohnya, pembangunan tempat-tempat pendidikan dapat memengaruhi pola pikir suatu masyarakat dan mendorong terjadinya suatu perubahan. Demikian pula dengan penemuan-penemuan baru yang diperoleh melalui serangkaian penelitian merupakan perubahan yang dikehendaki untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan nyaman.

6. Perubahan Sosial Budaya yang Tidak Dikehendaki (Tidak Direncanakan)Jika suatu proses pembangunan terdapat penyimpangan-penyimpangan perilaku dari para aparat pelaksana pembangunan, dapat terjadi suatu perubahan yang tidak dikehendaki. Perubahan yang tidak dikehendaki menimbulkan disintregrasi (perpecahan).Contoh lain yang menggambarkan proses disentegrasi dari perubahan-perubahan yang tidak diinginkan, misalnya terjadinya kesenjangan sosial, pengangguran, dan berbagai tindak kriminalitas sebagai akibat pembangunan yang tidak merata dan tidak berkeadilan sosial.C. Faktor Pendorong Terjadinya Perubahan Sosial BudayaTerdapat beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan. Secara umum, terjadinya perubahan sosial budaya dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu perubahan yang disebabkan oleh faktor-faktor intern (dari dalam) dan perubahan sosial budaya yang disebabkan oleh faktor-faktor ekstern.1. Faktor Intern Terjadinya Perubahan Sosial Budayaa. Bertambahnya atau Berkurangnya PendudukBertambahnya jumlah penduduk yang cepat dapat mendorong terjadinya perubahan sosial budaya dalam suatu masyarakat. Berkurangnya jumlah penduduk juga dapat menghambat perubahan sosial budaya dalam suatau masyarakat tertentu. Bertambah atau berkurangnya jumlah penduduk dari suatu kelompok masyarakat berpengaruh langsung atau tidak langsung terhadap pola kehidupan masyarakat tersebut.

b. Penemuan-Penemuan Baru (Inovasi)Secara sosiologis, inovasi merupakan suatu proses sosial budaya yang besar. Proses tersebut terdiri atas discovery dan invention.1) DiscoveryDiscovery adalah suatu penemuan baru yang sebelumnya tidak pernah ada. Secara sosiologis, discovery diartikan sebagai penemuan unsure kebudayaan yang baru, baik berupa alat ataupun gagasan yang diciptakan oleh seorang individu maupun sekelompok individu. Discovery menjadi suatu invention manakal masyarakat mengakui, menerima,dan menerapkan menemuan baru (discovery). Proses perubahan discovery menjadi invention dapat berlangsung lama karena suatu penemuan baru perlu penyempurnaan sebelum diterapkan dalam masyarakat.2) InventionInvention adalah usaha yang disengaja dan sungguh-sungguh untuk memperoleh hal-hal yang baru