Pertemuan 2 hub, bridge, dan switch

download Pertemuan 2   hub, bridge, dan switch

of 21

  • date post

    19-Aug-2015
  • Category

    Technology

  • view

    21
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Pertemuan 2 hub, bridge, dan switch

  1. 1. Hub, Bridge & Switche ST3 Telkom Purwokerto ekofajarcahyadi@st3telkom.ac.id
  2. 2. Tujuan
  3. 3. Computer Networks Apa sebenarnya jaringan komputer itu? Bagaimana mendefinisikannya? Simply: Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang saling terhubung dan dapat berkomunikasi menggunakan berbagai jenis kanal komunikasi.
  4. 4. Hub Hub sering disebut sebagai repeater, atau Ethernet repeater. Ketika hub menerima masukan bit data, hub akan mem-boost sinyal listrik tersebut, dan mengirimkannya ke semua semua interface lainnya (broadcast). Hal ini pada dasarnya merupakan perluasan dari segmen Ethernet yang sama, dan hanya bertindak sebagai penguat sinyal/repeater. Hub disebut juga sebagai dumb device. Karena hub tidak memiliki memory atau forwarding table. Hub tidak dapat membuat keputusan (intelligence) tentang interface mana yang dituju/harus diforward oleh sebuah bit data.
  5. 5. Hub
  6. 6. Hub
  7. 7. Broadcast & Collision Domain Komputer yang terkoneksi ke hub yang sama, memiliki sebuah broadcast domain yang sama. Hal ini dapat terjadi di hub karena ketika sebuah computer mengirimkan sebuah pesan broadcast, maka hub akan mengulang (repeat) ke interface/komputer lainnya yang terhubung ke hub yang sama. Broadcast domain merupakan segment dari jaringan dimana semua komputer dapat terhubung satu sama lain melalui broadcast packet. Broadcast domain merupakan segment dari jaringan dimana semua komputer dapat terhubung satu sama lain melalui broadcast packet.
  8. 8. Broadcast & Collision Domain Collision domain merupakan Jika sebuah hub menerima dua paket data secara bersamaan, maka dapat terjadi tabrakan (collision), dan bit data harus di transmisikan ulang. Karena hub mengulang (repeat) setiap peket data yang masuk kepadanya, sehingga overall throughput turun secara signifikan. Collision domain merupakan segment dari jaringan dimana beberapa paket data dapat bertubrukan (collide). Collision domain merupakan segment dari jaringan dimana beberapa paket data dapat bertubrukan (collide).
  9. 9. Bridge Sama dengan hub Beroperasi pada Datalink layer Bridge berurusan dengan MAC address table (Physical address dari setiap perangkat jaringan), sehingga mampu untuk membuat forwarding decision berdasarkan MAC address table tsb.
  10. 10. Bridge
  11. 11. Switches
  12. 12. Comparison
  13. 13. OSI Layer
  14. 14. Skenario 1
  15. 15. Setting Attributes
  16. 16. Skenario 2
  17. 17. Choose Individual Statistic Workstation pada scenario 1 & 2 Hub
  18. 18. Result Graph
  19. 19. Result Graph
  20. 20. Analisa Berikan analisa anda
  21. 21. Terima Kasih