PERSYARATAN UMUM SIPENCATAR 2008

download PERSYARATAN UMUM SIPENCATAR 2008

of 3

Transcript of PERSYARATAN UMUM SIPENCATAR 2008

PENDAFTARAN SELEKSI PENERIMAAN CALON TARUNA (SIPENCATAR) STPI CURUG DAN ATKP MEDAN, MAKASSAR DAN SURABAYA

A.

PERSYARATAN UMUM 1. Warga Negara Indonesia berumur tidak lebih dari 23 tahun pada bulan September 2008 (kelahiran sebelum September 1985 tidak memenuhi syarat). 2. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan. 3. Sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba, tidak cacat tubuh, tidak berkacamata dan tidak buta warna. 4. Memiliki tinggi badan 155 cm (wanita) dan 160 cm (pria), khusus untuk penerbang 163 cm (wanita) dan 165 cm (pria). 5. Wajib mentaati dan mematuhi semua peraturan yang berlaku selama mengikuti pendidikan. 6. Sanggup ditempatkan/ditugaskan dimana saja di seluruh Indonesia (untuk Program Studi yang disubsidi pemerintah) 7. Tidak menuntut apabila tidak ada formasi penempatan setelah lulus pendidikan.

B.

PERSYARATAN IJAZAH, PROGRAM STUDI DAN LOKASI PENDIDIKAN No. Program Studi 1. 2. D.IV Pemanduan Lalu Lintas Udara (PLLU) Auditor D.IV Teknik Pesawat Udara (TPU) Inspektor Persyaratan Ijazah SMU/MA IPA Lokasi Pendidikan STPI Curug (*)

STPI Curug (*) SMU/MA IPA SMK Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan SMU/MA IPA,IPS, SMK Bisnis, Adm. SMU/MA IPA, IPS STPI Curug ATKP Surabaya STPI Curug ATKP Makassar (**)

3.

D.III Manajemen Transportasi Udara (MTU) D.II Komunikasi Penerbangan (KP) Penerbang (PNB) Non Diploma (MPL)

4. 5.

STPI Curug(*) SMU/MA IPA SMK Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan STPI Curug SMU/MA IPA SMK Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan

6.

Teknik Pesawat Udara (TPU) Non Diploma

7.

Penerbang (PNB) Non Diploma

STPI Curug SMU/MA IPA SMK Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan ATKP Medan (**) SMU/MA IPA ATKP Surabaya(**) SMK Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan SMU/MA IPA, IPS SMU/MA IPA, IPS ATKP Makassar(**) ATKP Medan(**)

8.

D.III Teknik Listrik Bandara (TLB)

9. 10. 11.

D.II Penerangan Aeronautika (PA) D.II Pemanduan Lalu Lintas Udara (PLLU) D.III Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara (Telnavud)

ATKP Makassar(**) SMU/MA IPA ATKP Surabaya(**) SMK Mesin, Listrik, Elektronika, Otomotif, Penerbangan SMU/MA IPA, IPS ATKP Surabaya(**)

12.

D.III Pemanduan Lalu Lintas Udara (PLLU)

C.

PERSYARATAN TAMBAHAN UNTUK PROGRAM STUDI YANG DISUBSIDI PEMERINTAH (bertanda *) 1. Rangking 10 besar selama di SMU dari semester awal sampai akhir. 2. Nilai minimum UAN untuk mata pelajaran Fisika, Bahasa Inggris dan Matematika 7 (tujuh).

D.

ALAMAT LOKASI UJIAN No. Lokasi Ujian 1. STPI Curug Alamat Jl. Raya PLP/STPI Curug Bandar Udara Budiarto Curug-Tangerang, Banten. Po.Box 509 Tangerang 15001 Jl. Raya Penerbangan No. 85, Padang Bulan, KM. 85 Medan Jl. Raya Jemur Handayani I Wonocolo Surabaya Jl. Raya Poros Makassar Maros, KM 25, Mandai Maros Jl. Kayu Batu No. 6 Jayapura 99117 Jl. Adi Sucipto Talang Betutu, Palembang

2. 3. 4. 5. 6.

ATKP Medan ATKP Surabaya ATKP Makassar Balai Diklat Penerbangan Jayapura Balai Diklat Penerbangan Palembang

7.

Banjarmasin

Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin

E.

CARA MENDAFTAR 1. Mengisi Formulir Pendafataran Online di http://www.stpicurug.ac.id/, dibuka tanggal 2 Juni s.d 10 Juli 2008. 2. Pendaftar wajib memiliki e-mail untuk konfirmasi balasan. 3. Membayar Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 50.000,- (Lima Puluh Ribu Rupiah) dan ditransfer ke Rekening Badan Diklat Perhubungan PT. Bank BNI TBK atas nama Badan Diklat Perhubungan Nomor : 0018315478 kantor cabang utama Harmoni.

F.

TAHAPAN SELEKSI 1. Administrasi 2. Potensi Akademik, tanggal 16 dan 17 Juli 2008 3. Kesehatan dan Kesamaptaan 4. Wawancara 5. Psikologi 6. Bakat Terbang (khusus jurusan Penerbang) LAIN-LAIN (KETERANGAN) Program Diploma adalah program diklat yang mengarah pada keahlian tertentu (mengutamakan keterampilan dan ditunjang oleh teori). Kurikulumnya adalah kurikulum nasional yang disahkan oleh Dikti/Depdiknas selain mengacu pada standard internasional ICAO dan standard nasional Ditjen Perhubungan Udara. Menggunakan SKS dan pelaksanaannya dibagimenjadi beberapa semester tergantung dari jenjang diplomnya (misalnya D.IV, ditempuh dalam 8 semester). Program Non Diploma adalah program diklat mengarah pada keahlian tertentu (mengutamakan keterampilan yang ditunjang oleh teori) memenuhi standard nasional yang ditetapkan oleh Ditjen Perhubungan Udara dan internasional dari ICAO. Target belajar ditentukan dalam jumlah jam pelajaran. Program Studi Bersubsidi adalah program diklat yang biaya akademis sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah, sedangkan biaya lainnya (akomodasi, perlengkapan taruna, asuransi dan lain-lain) dibiayai oleh peserta (program studi yang bertanda * / **) , dan untuk program studi bertanda (*) diangkat menjadi PNS. Program Studi Swadana adalah program diklat yang sepenuhnya dibiayai oleh peserta diklat atau dibiayai oleh pihak sponsor. Untuk informasi yang tidak memerlukan jawaban atau penjelasan panjang dapat menghubungi : Sekretariat Seleksi Pendaftaran Calon Taruna (SIPENCATAR), telepon (021) 5982204/05 pesawat 527. Humas STPI, telepon (021) 5982204/05 pesawat 519 Email : [email protected] , jawaban dilayani secara kolektif pada website. Curug, Juni 2008 Ttd PANITIA SIPENCATAR

G.