Persentasi TA

download Persentasi TA

of 78

  • date post

    19-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    136
  • download

    7

Embed Size (px)

description

TA

Transcript of Persentasi TA

PowerPoint Presentation

PERSENTASITUGAS AKHIRDi Susun Oleh :NAMA: BAGUS PRAMBUDINRP : 6210030013bismillaahirrahmaanirraahiimAssalamualaikum wr. wb PERENCANAAN BENGKEL BLASTING DAN CAT SEBAGAI FASILITAS PENDKUNG GALANGAN DI PT.DOK PANTAI LAMONGAN 2BAB IPENDAHULUANLATAR BELAKANG MASALAHPT. Dok Pantai Lamongan adalah salah satu perusahaan galangan kapal yang bergerak di bidang reparasi kapal.Pada awal tahun 2012 PT. Dok Pantai Lamongan berencana mengembangkan perusahaannya ke dalam bidang produksi kapal baru. Dalam mengembangkan perusahaannya maka perusahaan tersebut, merencanakan pembangunan fasilitas pendukung tahap awal yaitu : Graving dock, Bengkel produksi, dan Bengkel blasting dan cat.Didalam alur proses produksi kapal baru, terdapat proses blasting dan painting sebelum dilakuan proses erection.Apabila proses blasting dan painting dilakukan di ruang terbuka, maka sangat berbahaya bagi kesehatan para pekerja dan pemukiman warga di sekitar galangan. Dari hal hal tersebut di atas maka dalam penulisan final project ini ditekankan pada perencanaan bengkel blasting dan cat sebagai fasilitas pendukung di PT. Dok Pantai Lamongan.PERUMUSAN MASALAHAdapun perumusan masalah dalam penulisan final project ini :

Apa saja fasilitas bengkel blasting dan cat yang direncanakan ?Berapakah dimensi dari bengkel blasting dan cat yang direncanakan ?Bagaimana perencanaan layout bengkel blasting dan cat yang sederhana dan sesuai dengan dimensi yang telah direncanakan ?Berapakah estimasi jam kerja orang untuk kegiatan blasting dan pengecatan dalam perencanaan ini ?Berapakah estimasi biaya tenaga kerja untuk kegiatan blasting dan pengecatan dalam perencanaan ini ?BATASAN MASALAHAdapun batasan masalah dalam penulisan final project ini adalah :

Penelitian ini dilakukan di PT. Dok Pantai Lamongan.Sumber data yang digunakan dalam penulisan final project ini dari rekanan perusahaan PT. Dok Pantai Lamongan.Jenis data yang digunakan dalam penulisan final project ini adalah data pembanding.Dalam perencanaan bengkel blasting dan cat ini tidak merencanakan kontruksi bangunannya hanya merencanakan luasan bangunannya.Dalam perencanaan overhead travelling crane hanya merencanakan kapasitas angkat sesuai data berat block kapal yang terbesar dan dimensi dari overhead travelling crane berdasarkan data pembanding.Dalam perencanaan layout bengkel blasting dan cat menggunakan software AUTOCAD.Dalam perencanaan layout bengkel blasting dan cat menitik beratkan pada 4 pandangan yaitu : depan, atas , belakang , dan samping.TUJUAN PENULISANAdapun tujuan dari penulisan final project ini adalah :

Dapat merencanakan fasilitas bengkel blasting dan cat.Dapat merencanakan dimensi dari bengkel blasting dan cat.Dapat merencanakan layout bengkel blasting dan cat secara sederhana.Dapat mengestimasi jam orang dalam proses kegiatan blasting dan pengecatan.Dapat mengestimasi biaya tenaga kerja dalam proses kegiatan blasting dan pengecatan.MANFAAT PENULISANManfaat yang ingin dicapai dalam penulisan final project ini dengan judul Perencanaan Bengkel Blasting dan Cat Sebagai Fasilitas Pendukung Galangan di PT. Dok Pantai Lamongan adalah menambah wawasan bagi para pembaca yang masih tabu ataupun sudah pernah mendengar tentang perencanaan fasilitas pendukung galangan kapal khususnya pada perencanaan bengkel blasting dan cat. Serta dapat bermanfaat bagi perusahaan PT. Dok Pantai Lamongan sebagai pertimbangan dan referensi perencanaan pembangunan bengkel blasting dan cat yang nantinya akan dibangun sebagai fasilitas pendukung untuk proses produksi pembangunan kapal baru.

BAB III METODOLOGI PENULISANSTART Teknik Observasi Teknik WawancaraStudi Literatur1. Teknik DokumentasiPengamatanPengumpulan DataPenjelasan Tentang PT. Dok Pantai LamonganPerencanaan Fasilitas Bengkel Blasting dan CatPerencanaan Luasan Bengkel Blasting dan CatPerencanaan Layout Bengkel Blasting dan CatPerhitungan Estimasi Jam Kerja Orang dan Biaya Tenaga Kerja Proses BlastingTidak SesuaiSesuaiPerhitungan Estimasi Jam Kerja Orang dan Biaya Tenaga Kerja Proses PengecatanSTARTKesimpulan dan SaranBAB IVANALISA DAN PEMBAHASANPT. DOK PANTAI LAMONGANPT. Dok Pantai Lamongan adalah perusahaan yang bergerak dalam industri galangan kapal ( reparasi/perbaikan kapal ). PT. Dok Pantai Lamongan yang terletak di Desa Kemantren RT.001 RW.007 Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan ini merupakan anak perusahaan dari perusahaan pelayaran yaitu PT. Salam Pasific Indonesia Lines ( PT.SPIL ). Pada tahun 2006, PT. Dok Pantai Lamongan telah memulai memanfaatkan lahan kosong yang cukup strategis untuk dimanfaatkan sebagai lokasi pembangunan galangan kapal. Pada bulan Juli tahun 2010 PT. Dok Pantai Lamongan sudah berhasil membangun area slip way 1 ( sistim air bag), dengan panjang area 180 meter dan lebar 80 meter, dengan selesai di bangunnya slip way 1 ini kegiatan docking undocking di PT. Dok Pantai Lamongan sudah mulai berjalan.Seiring banyaknya permintaan docking kapal di PT. Dok Pantai Lamongan maka pada bulan Oktober tahun 2011 PT. Dok Pantai Lamongan sudah berhasil membangun area slip way 2 ( sistim air bag ), dengan panjang area 214 meter dan lebar 250 meter.

KAPAL KAPAL YANG PERNAH NAIK DOK

FASILITAS PT. DOK PANTAI LAMONGAN

FASILITAS PT. DOK PANTAI LAMONGAN

FASILITAS PT. DOK PANTAI LAMONGAN

LAYOUT PT. DOK PANTAI LAMONGAN

PERENCANAAN FASILITAS BENGKEL BLASTING DAN CATDalam mengoptimalisasikan pekerjaan reparasi dan pembangunan kapal baru, maka suatu galangan membutuhkan fasilitas pendukung. Dalam merencanakan fasilitas pendukung tersebut maka harus mengetahui dasar pertimbangan dalam perencanaannya yaitu :Aktivitas industriJenis industri Lokasi industriJenis dan ukuran kapal Ketersediaan energi listrik dan air bersihKetersediaan tenaga kerjaMetode pengiriman materialPERENCANAAN FASILITAS BENGKEL BLASTING DAN CATAdapun peralatan blasting yang direncanakan pada perencanaan fasilitas bengkel blasting dan cat ini, diantaranya :KompresorSelang angin blasting ( Blasting air hose )Pot blasting ( Machine Blasting )Blast nozzleWater Cooler dan sirkulasi airProtective clothJenis pasir blastingSand pump dan selang sedot pasirBak penampung sisa sandblasting

KOMPRESSOR

Kompressor ini berfungsi untuk menyuplai udara bertekanan tinggi. Kompresor ini dihubungkan dengan hose ke blast machine yang kemudian dari pot blasting dipasang hose yang sudah dipasang blast nozzle.Pada operasi blasting ini membutuhkan supply tekanan tinggi yang steady dan volume udara tingi pada kompresor minimum 8 kg/psi.

Merk: INGERSORLANDTekanan max: 220 psiDaya: 5,5 PK / 3 KWMotor: DieselSifat: PortableSELANG ANGIN BLASTING ( BLASTING AIR HOSE )

Selang angin ini berfungsi untuk meneruskan suplai udara bertekanan tinggi ke blasting nozzle. Panjang selang angin sektar 30 meter dan diameter dalam minimal 4 x diameter nozzle orifice size. Sedangkan diameter selang angin harus tiga kali sampai empat kali diameter blast nozzle orifice, dan panjang selang diusahakan sependek mungkin untuk menghindari pressure drop yang tinggi.

Merk: BLASTHOREDiameter : 1, panjang 30 meterWarna : HitamTekanan Max: 12 bar ( 168 psi )POT BLASTING ( BLAST MACHINE )

Alat ini berbentuk tabung dan terdapat valve . Alat ini berfungsi sebagai tempat material blasting ( pasir ) serta setting laju aliran pasir atau bisa disebut dengan matering valve.

Kapasitas: 125 kgVolume: 0,29 m3Input: Angin dari kompressorOutput: Pasir dan anginPerlengkapan: FilterSifat : PortableBLAST NOZZLE

Tekanan pada nozzle blasting yang digunakan adalah 90 100 psi. Setiap penurunan tekanan 10 psi akan menurunkan kecepatan blasting sebesar 15%.

Type: CSD ( Compressor Spot Diameter )Diameter: 6 mm WATER COOLER DAN SIRKULASI AIR

Fungsi dari water cooler dan sirkulasi air yaitu memisahkan udara basah menjadi udara kering, serta mendinginkan udara yang dihasilkan kompresor.

PROTECTIVE CLOTH

Protective cloth ini berfungsi untuk melindungi tubuh blaster saat melaksanakan blasting.JENIS PASIR BLASTING

Pada perencanaan ini menggunkan jenis pasir coperslag berasal dari limbah tembaga. Pasir jenis ini termasuk paling bagus dibanding pasir pasir jenis lainnya. Meskipun haraganya relative mahal, tetapi materialnya bisa digunakan berulang ulang kali sampai 3 4 kali pemakaian.SAND PUMP DAN SELANG SEDOT PASIR Sand pump adalah suatu pompa yang digunakan untuk menghisap sisa debu / pasir sandblasting yang dihubungkan dengan socket dan selang penyedot pasir.

BAK PENAMPUNG SISA SANDBLASTING

Bak penampung sisa sandblasting ini digunakan untuk menyimpan sisa sisa sandblasting yang disedot melalui sand pump dan fan. Bak penampung sisa sand blasting ini biasanya diletakkan di sisi bangunan ataupun dibelakang bangunan.PERENCANAAN FASILITAS BENGKEL BLASTING DAN CATAdapun peralatan painting yang direncanakan pada perencanaan fasilitas bengkel blasting dan cat ini, diantaranya :Airless dan preasure pumpSelang material airlessAirless spray gunWire brushing electricRoll dan kuas catAIRLESS SPRAY DAN PREASURE PUMP

Airless spray dan preasure pump bergerak dengan menekan cat keluar melalui lubang yang kecil atau orific. Cat keluar dari airless gun spray dan berinteraksi dengan atsmosfer cat.

SELANG MATERIAL AIRLESS

Selang airless harus dibuat untuk keselamatan dengan standar tekanan tinggi ( sampai dengan 7.500 psi ). Juga harus tahan terhadap material yang digunakan dan peralut yang akan melewati selang tersebut.AIRLESS SPRAY GUN

Pengkabutan airless spray dihasilkan dari kekuatan cat melalui lubang kecil pada tekanan hidrolik dengan jarak pengkabutan 50 cm dengan sudut 90 derajat..WIRE BRUSHING ELECTRIC

Wire brushing electric ini berfungsi untuk membersihkan block kapal dari pengkaratan sebelum dilakukan pengecatan.ROLL DAN KUAS CAT

Roll dan kuas cat ini berfungsi untuk meng