Persentasi Satelit.ppt

download Persentasi Satelit.ppt

of 22

  • date post

    20-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    700
  • download

    28

Embed Size (px)

description

membahas satelit

Transcript of Persentasi Satelit.ppt

  • SATELIT I WAYAN ANGGA MEI SEDANA YOGA1115313002TEKNIK ELEKTRO

  • Pengertian satelitSatelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Satelit juga dapat disebut sebagi alat elektronik yang mengorbit bumi yang mampu bertahan sendiri. Satelit juga bisa diartikan sebagai repeater yang berfungsi untuk menerima signal gelombang microwave dari stasiun bumi, ditranslasikan frekwensinya, kemudian diperkuat untuk di pancarkan kembai ke arah bumi sesuai dengan coveragennya yang merupakan lokasi stasiun bumi tujuan atau penerima.

  • Fungsi Satelit1.repeater di langit Ia sebagai pengulang terhadap semua kejadian baik yang bisa dipantau langsung olehmanusia ataupun yang tidak sempat terpantau.2. Melihat cuaca dan iklim Satelit memantau kondisi cuaca dan iklim di bumi lalu memberikannya kepada stasiun pengendali untuk dipublikasikan.3. Komunikasi siaran radio Satelit berfungsi untuk membantu kelancara saluran komunikasi radio4.Kepentingan militer Satelit berfungsi untuk membantu menyampaikan informasi penting kepada militer berkaitan dengan system pertahanan dan keamanan baik nasional maupun dunia.5. Mengkaji benda benda langit Satelit membantu manusia untuk memotret dan melihat secara lebih mendalam tentang benda benda langit.

  • Sejarah dan Perkembangan satelitSatelit buatan manusia pertama adalah Sputnik 1, diluncurkan oleh Soviet pada tanggal 4 Oktober 1957, dan memulai Program Sputnik Rusia, dengan Surgei Korolev sebagai kepala disain dan Kerim Kerimov sebagai asistentnya.Sputnik 2 diluncurkan pada tanggal 3 November 1957 dan membawa awak mahluk hidup pertama ke dalam orbit, seekor anjing bernama Laika.Pada bulan Juni 1961, tiga setengah tahun setelah meluncurnya Sputnik 1, Angkatan Udara Amerika menggunakan berbagai fasilitas dari Jaringan Mata Angkasa Amerika (the United States Space Surveillance Network) untuk mengkatalogkan sejumlah 115 satelit yang mengorbit bumi.Satelit buatan manusia terbesar pada saat ini yang mengorbit bumi adalah Station Angkasa Interasional (International Space Station).

  • Jenis-jenis satelitAda dua jenis satelit,yakni satelit alami dan satelit buatan. Satelit alami adalah benda-benda luar angkasa alami (bukan buatan manusia) yang mengorbit pada sebuah planet atau benda lain yang lebih besar daripada dirinya. Salah satu contoh satelit alami yang dimiliki bumi adalah bulan. Sedangkan Satelit buatan adalah benda buatan manusia yang diluncurkan ke luar angkasa dan beredar mengelilingi planet. Salah satu contoh satelit buatan yang dimiliki Indonesia adalah Satelit Palapa. Satelit buatan memiliki berbagai macam kegunaan seperti untuk tujuan telekomunikasi, mata-mata (militer), penelitian, pengamatan bumi dan benda-benda luar angkasa, dan sebagainya.

  • Jenis satelit berdasarkan penggunannyaSatellite astronomiSatellite komunikasiSatellite pengamat BumiSatellite navigasiSatellite mata-mataSatellite tenaga surya Stasiun angkasa Satellite cuacaSatellite miniatur

  • Jenis-jenis satelit berdasarkan ketinggian orbitnya

    Orbit Rendah (Low Earth Orbit, LEO)Orbit Menengah (Medium Earth Orbit, MEO)Orbit Geosinkron (Geosynchronous Orbit, GSO)Orbit Geostasioner (Geostationary Orbit, GEO)Orbit Tinggi (High Earth Orbit, HEO)

  • Orbit khusus yang digunakan untuk mengkategorikan satelit

    Orbit Molniya, orbit satelit dengan perioda orbit 12 jam dan inklinasi sekitar 63.Orbit Sunsynchronous, orbit satelit dengan inklinasi dan tinggi tertentu yang selalu melintas ekuator pada jam lokal yang sama.Orbit Polar, orbit satelit yang melintasi kutub.

  • Prinsip kerja satelitPrinsip kerja dari satelit hampir sama dengan suatu rangkaian repeater yaitu jenis RF Heterodyne Repeater SINYAL 6GHz, yakni sebagai berikut.

  • Sinyal audio yang masuk dengan frekuensi sekiatar 6 GHz diperkuat, lalu diturunkan frekuensinya ke sekitar 4 GHz dengan mencampur ( mixer ) dengan frekuensi oscillator local dari 2225 MHz,yang menghasilkan dengan frekuensi 4 GHz. Lalu diperkuat lagi untuk kemudian dipancarkan kembali kearah bumi.Penguat akhir berfungsi menjumlahkan sinyal diatas menggambarkan frekuensi naik ( up link ) 6 GHz dan frekuensi turun untuk turun ( down link ) dipakai 4 GHz.

  • Jenis Band yang Terdapat Pada SatelitSatelit tersebut terbagi atas lingkup frekuensi sehingga terdapat beberapa jenis Band yaitu C, S, Ku, dan sebagainya. Diantara yang sering digunakan untuk pancaran siaran televise, yaitu jenis Band C, S, dan Ku. Sedangkan yang digunakan untuk siaran langsung adalah Band Ku, tetapi untuk di daerah Indonesia karena memiliki curah hujan yang tinggi ( beriklim tropis ) maka tidak terlalu baik menggunakan Band Ku, karena sangat rentan terhadap curah hujan yang tinggi.

  • TABLE : FREKUENSI SATELIT

    RANGE FREKUENSI ( GHz )NAMA0.1 0.3VHF0.3 1.0UHF1.0 2.0L2.0 4.0S4.0 8.0C8.0 12.0X12.0 18.0Ku18.0 27.0K27.0 40.0Ka40.0 75.0V75.0 110.0W110.0 300.0Mm300.0 3000.0?m

  • Kekurangan dan Kelebihan satelit

    Kelebihan :Untuk mencakup telekomunikasi suatu daerah (misal, Indonesia) hanya diperlukan satu stasiun pengulang yakni satu satelit Pengembangan jaringan bisa cepat, karena tinggal memasang stasiun bumi dimanapun dalam daerah cakupan satelitnya dan segera dapat berhubungan denagn stasiun-stasiunbumi lainnya.

    Kekurangan :Besarnya kehilangan/loss antena antara satelit dan stasiun bumi ( 200dB pada frekuensi 6 GHz) Sistem penerimaan dibumi memerlukan penerima yang sangat peka (low noise receiver) dan pemancar yang relative kuat. Karena seluruh sistem bertumpu kepada 1 satelit, sistem sangat peka terhadap kesehatan satelit. Untuk ini biasanya ada satelit cadangan yang cukup mahal jadinya.

  • Gambar Satelit Buatan

    Satelit orbiter pertama yang diluncurkan untuk mengorbit pada Bulan tapi tidak berhasil. Satelit ini diluncurkan pada tanggal 17 Agustus 1958.

  • Satelit orbiter pertama yang berhasil mengorbit pada Bulan. Satelit ini buatan Uni Sovyet.

  • Satelit orbiter pertama yang berhasil mengorbit pada Planet Mars.

  • KESIMPULAN

    Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yaitu satelit alami dan satelit buatan.

  • Satelit juga mempunyai tujuan dan manfaat diantaranya:1.repeater di langit Ia sebagai pengulang terhadap semua kejadian baik yang bisa dipantau langsung oleh manusia ataupun yang tidak sempat terpantau.2. Melihat cuaca dan iklim Satelit memantau kondisi cuaca dan iklim di bumi lalu memberikannya kepada stasiun pengendali untuk dipublikasikan.3. Komunikasi siaran radio Satelit berfungsi untuk membantu kelancara saluran komunikasi radio4. Kepentingan militer Satelit berfungsi untuk membantu menyampaikan informasi penting kepada militer berkaitan dengan system pertahanan dan keamanan baik nasional maupun dunia.5. Mengkaji benda benda langit Satelit membantu manusia untuk memotret dan melihat secara lebih mendalam tentang benda benda langit.Manfaat utama dari satelit adalah untuk keperluan penyiaran, baik radio maupun televise.

  • Satelit terbagi atas lingkup frekuensi sehingga terdapat beberapa jenis band yaitu: band jenis C, S, Ku, dan sebagainya. Diantara yang sering digunakan untuk pancaran siaran televise, yaitu jenis Band C, S, dan Ku. Sedangkan yang digunakan untuk siaran langsung adalah Band Ku.Satelit juga memiliki kelebihhan dan kekurangan diantaranya:

  • Kelebihan :Untuk mencakup telekomunikasi suatu daerah (misal, Indonesia) hanya diperlukan satu stasiun pengulang yakni satu satelit Pengembangan jaringan bisa cepat, karena tinggal memasang stasiun bumi dimanapun dalam daerah cakupan satelitnya dan segera dapat berhubungan denagn stasiun-stasiunbumi lainnya.

    Kekurangan :Besarnya kehilangan/loss antena antara satelit dan stasiun bumi ( 200dB pada frekuensi 6 GHz) Sistem penerimaan dibumi memerlukan penerima yang sangat peka (low noise receiver) dan pemancar yang relative kuat. Karena seluruh sistem bertumpu kepada 1 satelit, sistem sangat peka terhadap kesehatan satelit. Untuk ini biasanya ada satelit cadangan yang cukup mahal jadinya.