Perdes Pungutan Desa

download Perdes Pungutan Desa

of 4

  • date post

    19-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    29
  • download

    6

Embed Size (px)

description

perdes

Transcript of Perdes Pungutan Desa

PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYAKECAMATAN TELUK PAKEDAIDESA SELAT REMIS

PERATURAN DESA SELAT REMISKECAMATAN TELUK PAKEDAI KABUPATEN KUBU RAYANOMOR TAHUN 2013

TENTANG

PUNGUTAN DESA SELAT REMIS

DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA

KEPALA DESA SELAT REMIS,

Menimbang:a. Bahwa pelayanan kepada masyarakat terhadap segala kepentingan perlu penyelesaian administrasi yang tertib, cepat, tepat dan memuaskan oleh Pemerintah Desa;b. Bahwa untuk mencapai hal tersebut perlu adanya dana penunjang yang dapat diperoleh dari masyarakat yang membutuhkan/berkepentingan sebagai wujud peran serta atas pelayanan yang diterima dari Pemerintah Desa;c. Bahwa wujud pencapaian peran serta tersebut berupa kesediaan secara ikhlas memberikan biaya Administrasi sebagai Pendapatan Desa;d. Bahwa untuk itu perlu ditetapkan dengan Peraturan Desa.

Mengingat:1. Undang-undang Nomor 32 tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 125, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437) sebagaimana dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2005 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Penggantu Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menjadi Undang-Undang (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 108, Tambahan Lembaran Negara Republik Inspnesia Nomor 4548);2. Undang-undang Nomor 33 tahun 2004, tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Tahun 2004 Nomor 125 dan Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4437);3. Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005, Tanbahan Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 4587);4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2006 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah;5. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah;

Dengan Persetujuan Bersama

KEPALA DESA SELAT REMIS

DAN

BADAN PERMUSYAWARATAN DESA SELAT REMIS

Menetapkan:PERATURANDESASELAT REMISKECAMATAN TELUK PAKEDAIKABUPATEN KUBU RAYATENTANG PUNGUTAN DESA SELAT REMIS

Pasal 1KETENTUAN UMUMDalam Peraturan Desa ini yang dimaksud dengan :1. Desa adalah Desa Selat Remis.2. Pemerintah Desa adalah Pemerintah Desa Selat Remis.3. BPD adalah Badan Permusyawaratan Desa Selat Remis.4. RT adalah RT di wilayah Desa Selat Remis.

Pasal 2 PUNGUTAN PEMERINTAH DESA(1) Setiap anggota masyarakat yang mendapatkan pelayanan administrasi penerbitan surat surat keterangan/rekomendasi perijinan dari Pemerintah Desa dipungut biaya sesuai dengan jenis sebagai berikut :a. Rekomendasi Desa ijin punya kerja / hajat: Rp. 5.000,00b. Rekomendasi ijin usaha: Rp. 25.000,00c. Rekomendasi ijin tempat kerja / usaha: Rp. 50.000,00d. Surat Keterangan nikah dan rujuk: Rp. 20.000,00e. Surat Keterangan Talaq dan cerai: Rp. 50.000,00f. Surat Keterangan kelahiran / akte kelahiran: Rp. 5.000,00g. Surat Keterangan pindah tempat: Rp. 10.000,00h. Surat Keterangan boro/ bepergian: Rp. 5.000,00i. Rekomendasi mutasi tanah / pologoro: Rp. 50.000,00j. Surat keterangan : KTP,SKCK, Kredit Bank: Rp. 5.000,00(2) Biaya tersebut dalam ayat 1 pasal ini belum termasuk untuk biaya mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah atasan / instansi terkait.(3) Dalam hal ini penerbitan struk kematian tidak dipungut biaya apapun.Pasal 3PUNGUTAN RT(1) RT dapat mengadakan pungutan dengan berpedoman pada hasil musyawarah warganya.(2) Setiap pungutan yang dilakukan oleh RT harus mendapatkan persetujuan dari Kepala Desa.(3) Untuk keperluan ayat 2 pasal ini maka Ketua RT mengajukan permohonan tertulis dilampiri daftar hadir dan keputusan rapat RT yang membahas tentang Pungutan RT.(4) Pungutan RT harus dapat dipertanggungjawabkan pengelolaannya kepada warga dan Kepala Desa.(5) Pertanggungjawaban sebagaimana dimaksud pada ayat 4 pasal ini dilakukan pada acara musyawarah bulanan atau lapanan kepada warga, dan pada akhir tahun kepada Kepala Desa.(6) Jenis Pungutan RT disesuaikan dengan kebutuhan dengan memperhatikan adat istiadat dan kondisi warga RT.

Pasal 4KETENTUAN SANKSI(1) Barang siapa yang dengan sengaja atau tidak sengaja menyalahgunakan atau menghilangkan uang pungutan diwajibkan untuk mengganti/mengembalikan sesegera mungkin.(2) Batas waktu pengembalian paling lambat 1 (satu) bulan sejak uang dihilangkan atau berdasarkan kesepakatan pihak-pihak terkait/berwenang.(3) Apabila ketentuan sebagaimana pada ayat 2 (dua) pasal ini tidak terpenuhi maka proses penyelesaian selanjutnya dilaksanakan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.Pasal 5PENGAWASAN(1) BPD berhak melakukan pengawasan terhadap Pelaksanaan Pungutan Desa dengan meminta keterangan kepada Kepala Desa.(2) Dalam hal pelaksanaan Pungutan RT BPD dapat meminta keterangan kepada Ketua RT.(3) Pengawasan dapat dilakukan secara kelembagaan maupun secara perseorangan oleh angota BPD.(4) Pengawasan yang dilakukan BPD tidak dalam kapasitas pemeriksa.Pasal 6KETENTUAN PENUTUPPeraturan Desa ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan dan berlaku surut sejak tangal 1 Januari 2013. Agar setiap orang mengetahuinya, Pemerintah Desa wajib menyebarluaskan kepada masyarakat.

DITETAPKAN DI: SELAT REMISPADA TANGGAL : 2013 KEPALA DESA SELAT REMIS

JULIANSYAH AS

BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) SELAT REMIS:I. PIMPINAN BPD :

1..............................................................(Ketua)

2..............................................................(Wakil Ketua)

3..............................................................(Sekretaris)

II. ANGGOTA BPD:Daftar Anggota BPD terlampir merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dengan Keputusan ini.

Lampiran:PERATURAN DESA SELAT REMIS KECAMATAN TELUK PAKEDAI KABUPATEN KUBU RAYA

NOMOR : TAHUN 2013

TENTANG: PUNGUTAN DESA SELAT REMIS

DAFTAR ANGGOTA BPD DESA SELAT REMIS

NO.NAMAJABATANTANDA TANGANPERSETUJUAN