Percik 1 2014

60
1 Edisi I/2014 - Tahun ke 12 Edisi Bahasa Indonesia Media Informasi Air Minum dan Sanitasi Air Minum dan Sanitasi dalam Pesta Demokrasi y Pembangunan Berawal dari Daerah ... 14 y Mewaspadai Penyakit Saat Bencana Datang ... 28 y Tanggul Raksasa : Benteng Air Ibukota ... 20 y Ragam Cara Australia Wujudkan Ketahanan Air ... 32

Transcript of Percik 1 2014

Page 1: Percik 1 2014

1

Edisi I/2014 - Tahun ke 12 Edisi Bahasa Indonesia

Media Info

rmasi

Air Minum dan Sanita

si

Air Minumdan Sanitasi

dalam PestaDemokrasi

y Pembangunan Berawal dari Daerah ... 14

y Mewaspadai Penyakit Saat Bencana Datang ... 28

y Tanggul Raksasa : Benteng Air Ibukota ... 20

y Ragam Cara Australia Wujudkan Ketahanan Air ... 32

Page 2: Percik 1 2014

2Ilu

stra

si: a

bi a

zra

Page 3: Percik 1 2014

3

Menitipkan Aspirasi AMPL Pada Wakil Rakyat

Pemerintah melalui rancangan teknokratis Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019 mengamanatkan bahwa pada 2019 Indonesia bisa mencapai universal access. Pencapaian universal access tersebut adalah 85% penduduk Indonesia mendapatkan layanan air minum yang memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) yaitu sebesar 60 liter/orang/hari dan 15% penduduk mendapatkan layanan yang memenuhi kebutuhan pokok minimal untuk makan dan minum (lifeline consumption) yaitu sebesar 15 liter/orang/hari. Sementara universal access di sektor sanitasi menargetkan

85% penduduk Indonesia mendapatkan layanan sanitasi yang memenuhi SPM.

Data BPS dan Kor Susenas 2004-2013 menyebutkan, akses air minum baru mencapai 67,73%, sementara masyarakat yang mengakses sanitasi layak baru 59,71%. Masih terbentang jalan yang harus dilalui menuju universal access, target pembangunan air minum dan sanitasi baru pasca MDGs 2015.

Majalah Percik edisi pertama 2014 ini tidak hanya mengangkat dinamika Pileg yang sudah berlangsung, namun juga fenomena Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sekarang dilakukan di semua daerah. Dalam sejumlah Pilkada, muncul para kepala daerah yang memberikan perubahan bagi daerah mereka. Para kepala daerah tersebut membuat sejumlah program yang berhasil mengangkat akses air minum dan sanitasi di daerah mereka. Diharapkan Pilkada bisa terus melahirkan pemimpin yang punya kepedulian pada lingkungan.

Majalah Percik edisi ini juga memuat sejumlah rubrik lain yang diharapkan bisa menginspirasi semua pihak untuk berpartisipasi dalam meningkatkan akses air minum aman dan sanitasi layak.

Selamat Membaca!Nurul Wajah Mujahid

Dari Redaksi

Tahun 2014 merupakan tahun politik. Pada tahun ini bangsa Indonesia menggelar

Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Umum Presiden (Pilpres). Pileg yang dilangsungkan pada 9 Juli 2014 menghasilkan 692 wakil rakyat. Mereka terdiri dari 560 anggota DPR dan 132 anggota DPD yang sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Para wakil rakyat mempunyai posisi penting dalam ketatanegaraan Indonesia. Mereka mempunyai kewenangan membuat undang-undang, penganggaran dan pengawasan. Posisi penting ini sangat berpengaruh bagi perjalanan Indonesia, setidaknya pada lima tahun mendatang.

Kami berharap para wakil rakyat dapat merealisasikan janji-janji politik mereka saat kampanye, khususnya janji untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Salah satu indikator kesejahteraan rakyat yang harus diperhatikan adalah terpenuhinya kebutuhan dasar seperti pelayanan air minum dan sanitasi yang layak untuk masyarakat.

Data BPS dan Kor Susenas 2004-2013 menyebutkan,

akses air minum baru mencapai

67,73%, sementara masyarakat yang

mengakses sanitasi layak baru 59,71%. Masih terbentang

jalan panjang yang harus dilalui menuju universal

access.

Page 4: Percik 1 2014

4 Daftar Isi

POKJAAMPL

POKJA AMPL adalah wadah lintas Kementerian yang bertugas mengkoordinasikan arah dan kebijakan pembangunan air minum dan sanitasi

Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Alamat Redaksi Majalah Percik :

Jl. Lembang No.35, Menteng, Jakarta Pusat 10310 Telp/Fax : 021-31904113,

Situs Web : http//www.ampl.or.id, Email: [email protected], [email protected]

Redaksi menerima kiriman tulisan/artikel dari luar. Isi berkaitan dengan air minum dan sanitasi

Ilustrasi Cover : Abi Azra

6

8

28

3624

Pemukiman di perkotaan

Isu Air Minum dan Sanitasi Sepi di Tengah Pesta Demokrasi

Mewaspadai Penyakit Saat Bencana Datang

14 Pembangunan Berawal dari Daerah

Indonesia tidak kekurangan kepala daerah baik. Banyak kepala daerah yang terbukti mampu memajukan pembangunan wilayah mereka, termasuk di bidang air minum dan sanitasi.

20 Tanggul Raksasa : Benteng Air Bersih Ibukota

Pembangunan tanggul raksasa (giant sea wall) di bagian utara Jakarta akan mulai direalisasikan tahun ini. Mega proyek ini bertujuan mengatasi banjir tahunan yang melanda Ibukota.

Lensa

Laporan Utama

Laporan Khusus

Wawancara

Pemukiman di perkotaan harus sesuai dengan Strategi Sanitasi Kota (SSK).

Sebelum Pileg dilangsungkan, semua partai dan calon anggota legislatif berlomba-lomba meyakinkan masyarakat untuk memilih mereka. Namun sayang hampir tidak ada caleg yang memberi perhatian pada isu air minum dan sanitasi dalam materi kampanye mereka.

Bencana mengakibatkan banyak kerusakan, penduduk terpaksa harus mengungsi. Kerusakan akibat bencana mengakibatkan banyak fasilitas umum rusak dan kebutuhan dasar sulit dipenuhi, termasuk kebutuhan air minum dan sanitasi.

Page 5: Percik 1 2014

5

Edisi 02/2013 - Tahun ke 11

Diterbitkan oleh: Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Nasional Penanggung Jawab: Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas, Direktur Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Direktur Pengembangan Air Minum Kementerian Pekerjaan Umum, Direktur Bina Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Kementerian Dalam Negeri, Direktur Fasilitasi Penataan Ruang dan Lingkungan Hidup Kementerian Dalam Negeri, Direktur Penataan Perkotaan, Kementerian Dalam Negeri Pembina: Nugroho Tri Utomo Pemimpin Redaksi: Nurul Wajah Mujahid Redaktur Pelaksana: Eko Wiji Purwanto, Laisa Wahanuddin Editor: Oswar Mungkasa, Aldy Mardikanto, Nur Aisyah Nasution Tim Penyusun: Cheerli, Kelly Ramadhanti, Eka Subijanti, Meddy Chandra, Islahuddin, Nafi’ M, Alzim S Desain: Rizki Sugiarti D Fotografer: Mohlis, Zainal A Sirkulasi/Sekretariat: Agus Syuhada, Nur Aini

Sususan Redaksi

Daftar IsiMajalah Percik

32Ragam Cara Australia Wujudkan Ketahanan Air

50 OZULTRA: Solusi Mengolah Air Minum Sehat

Teknologi Ozultra kini hadir untuk menghasilkan air layak minum seperti halnya air sudah dimasak dan air minum dalam kemasan (AMDK)

52 Pemuda Motor Pembaharuan Lingkungan

Komunitas peduli lingkungan kini bermuculan di kalangan pemuda, salah satunya adalah Kophi yang sudah ada di beberapa daerah.

55 - Kick-off Meeting SPBM-USRI- Pelaku AMPL Bahas NA-RPAM

56 - Mengukuhkan Kembali Komitmen PPSP- Penganugerahan Indonesia MDGs Awards 2013

57 - Malam Puncak High Five Indonesia- Kemen PU Gelar Stakeholder’s Forum IIWW 2014

46 Soekarwo dan Nina Soekarwo: Jatim Pilot Project

Sanitasi NasionalIsu kesehatan dan kebersihan menjadi prioritas utama Pemerintah Daerah Jawa Timur (Jatim). Di bawah kendali Gubernur Jatim Soekarwo, provinsi yang berpenduduk lebih dari 39 juta jiwa ini berhasil keluar dari ancaman kerusakan sanitasi.

48 Bima Arya Sugiarto: Merancang Bogor

Ramah LingkunganSejak 7 April 2014 lalu Bima Arya Sugiarto resmi dilantik sebagai Walikota Bogor. Satu hari berselang, Bima dan wakilnya Usmar Hariman berkeliling bersama seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk meninjau langsung kondisi kota hujan tersebut.

Internasional Tokoh

Teknologi

Lifestyle

Kilas

Resensi: Hal 58 - 59

Sejumlah negara bergerak dan membuat program pemenuhan air bagi semua penduduk mereka. Setiap negara mempunyai program berbeda, sesuai dengan karakteristik geografis dan masalah masing-masing.

40Menyediakan Air Sehat untuk Semua

Mulanya tak banyak orang Indonesia yang mengenal daerah di ujung selatan Sulawesi Selatan ini, tapi berkat kemajuan di sejumlah sektor yang diperlihatkan Bupati Bantaeng HM. Nurdin Abdullah, daerah ini menjadi fenomenal.

Inspirasi

Page 6: Percik 1 2014

6 LensaFo

to :

Ikhl

asul

amal

Pemukiman di perkotaan

Page 7: Percik 1 2014

7

Pemukiman di perkotaan

Pemukiman di perkotaan harus sesuai dengan Strategi Sanitasi

Kota (SSK). Hal ini penting agar ketika akan mendirikan

pemukiman sudah dipikirkan strategi pengelolaan air limbah

domestik baik berupa akses terhadap sistem pengolahan

limbah terpusat (off-site) maupun akses terhadap sistem pengelolaan limbah setempat

(on-site). Perencanaan juga harus mempertimbangkan

pengelolaan persampahan dan drainase lingkungan.

Page 8: Percik 1 2014

8 Laporan Utama8

Isu AMPL

Sepi di Tengah Pesta Demokrasi

Pemilihan umum anggota legislatif (Pileg) sudah berlangsung pada 9 April 2014 lalu. Sebelum Pileg dilangsungkan, semua partai dan calon anggota legislatif (Caleg) berlomba-lomba meyakinkan masyarakat untuk memilih mereka. Berbagai janji kampanye disampaikan, namun sayang hampir tidak ada caleg yang memberi perhatian pada isu air minum dan sanitasi dalam materi kampanye.

Foto: Flicker-Jaka

Page 9: Percik 1 2014

9 Laporan UtamaMajalah Percik 9

Survei memperlihatkan bahwa bagi masyarakat ketersediaan air minum adalah hal utama

yang harus terpenuhi setiap harinya. Tercatat 63% responden mengaku paling tidak suka jika

mendapati air mati.Pada dasarnya masih banyak masyarakat yang menginginkan isu air minum, sanitasi

dan lingkungan menjadi materi kampanye. Keinginan ini terlihat pada survei yang dilakukan Pokja AMPL Nasional sebelum Pileg 9 April. Dalam survei yang melibatkan 600 responden yang terdiri dari 300 masyarakat umum dan 300 pemilih pemula (usia 17-21 tahun) ini terlihat ada beberapa isu lingkungan yang menarik minat mereka.

Sebanyak 90% responden mengaku akan memilih caleg yang memberikan perhatian pada kebersihan sungai dibandingkan para pemimpin

yang membantu korban banjir. Masyarakat mengharapkan pemimpin yang dapat melakukan perubahan bukan hanya yang sekedar membantu tanpa ada perbaikan.

Survei juga memperlihatkan bahwa bagi masyarakat ketersediaan air minum adalah hal utama yang harus terpenuhi setiap harinya. Tercatat 63% responden mengaku paling tidak suka jika mendapati air mati. Isu ketersediaan air ini lebih diminati dibanding WC mampet. Kemudian ketika ditanya tentang kondisi ibukota, para responden menyatakan, sampai saat ini banjir merupakan kondisi yang paling tidak disukai, karena dapat menghambat segala hal. Setidaknya sebanyak

54% responden menyatakan bahwa mereka lebih tidak mengharapkan terjadi banjir, dibandingkan terjadi macet.

Menurut Direktur Permukiman dan Perumahan, Bappenas, Nugroho Tri Utomo, survei ini semata-mata dilakukan untuk mengetahui lebih dalam mengenai pendapat masyarakat mengenai kondisi air minum dan sanitasi di sekitarnya. Diharapkan ada peningkatan kepedulian masyarakat dan para calon legislatif pada bidang air minum dan sanitasi ini. Terlebih, sampai saat ini sektor air minum dan sanitasi belum menjadi perhatian banyak pihak, padahal merupakan kebutuhan dasar setiap orang yang harus terpenuhi.

Namun sayang, isu air minum dan sanitasi masih belum menjadi perhatian para caleg. Tebukti dalam masa kampanye hampir tidak didapati para caleg menyinggung dua masalah

Kiri Kanal Banjir Barat.Kanan Sampah masih menyumbat saluran air. Ini merupakan salah satu penyebab banjir.

Foto: Flicker-Jaka

Page 10: Percik 1 2014

10 Laporan Utama Majalah Percik

pokok ini. Sejumlah pihak, terutama pelaku air minum dan sanitasi, menyayangkan kurangnya perhatian calon wakil rakyat itu pada masalah air minum dan sanitasi.

Contoh pelaku air minum dan sanitasi yang menyayangkan materi kampanye adalah Kiswanto Ketua Asosiasi Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum dan Sanitasi (Hippams) Lamongan Jawa Timur. Menurutnya, para caleg banyak menjanjikan sesuatu yang abstrak, misalnya pengentasan kemiskinan, meningkatkan kemakmuran tanpa menunjukkan cara yang akan mereka lakukan untuk mewujudkan janji-janji tersebut. “Para caleg bahkan terjebak pada perilaku transaksional. Mereka merendahkan rakyat dengan menjanjikan uang jika memilihnya dalam Pileg. Para warga pun banyak yang terjebak dalam praktik negatif ini,” ujar Kiswanto kepada Majalah Percik (23/5).

Sebagai pelaku yang berkecimpung dalam isu dan kegiatan air minum dan sanitasi selama lebih dari 10 tahun, Kiswanto merasa terasing dalam hingar-bingar pesta demokrasi. Kiswanto merasa para caleg tidak menganggap keberadaan para pelaku air minum dan sanitasi serta tidak menyertakan mereka dalam merumuskan perbaikan lingkungan yang ada di sekitar warga. “Sepanjang yang saya ketahui, tidak pernah para caleg membicarakan bagaimana warga bisa meningkatkan akses air minum dan sanitasi mereka. Mereka terjebak pada seremonial kampanye yang cenderung

pada pengumpulan massa sebanyak-banyaknya,”jelasnya.

Padahal menurut Kiswanto, isu air minum dan sanitasi sangat dekat dengan kesejahteraan rakyat. Kedua isu ini berhubungan langsung dengan kesehatan masyarakat. Bahkan salah satu indikator kemiskinan adalah akses terhadap air minum aman dan sanitasi

layak “Jika masalah air minum dan sanitasi yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat tidak diperhatikan, bagaimana mereka akan meningkatkan taraf kesejahteraan,” tambah Kiswanto.

Secara umum Kiswanto menilai Pileg 2014 kurang berkualitas. Dia berharap pemimpin nasional yang terpilih bisa memberikan janji yang lebih baik dan memasukkan isu air minum dan sanitasi dalam materi kampanye mereka. Dia yakin jika pimpinan nasional memberikan perhatian di bidang ini akan memberi harapan besar di masa mendatang.

Sementara itu Mar Ali, Ketua Paguyuban Pengusaha Sanitasi Grobogan Jawa Tengah mengaku masih optimis isu air minum dan sanitasi akan banyak dibicarakan walaupun saat ini masih terpinggirkan. “Saya yakin semakin lama orang akan menyadari pentingnya air minum dan sanitasi, walaupun

Jika masalah air minum dan sanitasi

yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat tidak

diperhatikan, bagaimana mereka akan meningkatkan taraf kesejahteraan.

Atas Sungai di daerah Ancol, Jakarta Utara terlihat keruh.

Kiswanto Ketua Asosiasi Himpunan Penduduk

Pemakai Air Minum dan Sanitasi (Hippams)

Foto: Flicker-Jaka

Page 11: Percik 1 2014

11 Laporan UtamaMajalah Percik

sekarang kurang diminati. Masyarakat akan menyadari pentingnya air minum dan sanitasi di masa mendatang,” kata Mar Ali optimis.

Sepinya isu air minum dan sanitasi dalam pesta demokrasi dibenarkan oleh Pengamat Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Andar Nubowo. Menurutnya, dalam Pileg beberapa waktu lalu hampir tak ada caleg yang benar-benar mengangkat persoalan air minum dan sanitasi serta kesehatan lingkungan. Justru

sanitasi, Andar mengatakan, persoalan ini karena pengetahuan mereka mengenai air minum dan sanitasi dan kepedulian terhadap lingkungan masih minim. “Bahkan, mungkin mereka masih menganggap bahwa isu sanitasi bukan isu yang seksi (hot issue),” terang Andar, melalui pesan pendeknya.

Beberapa kasus di Pileg kemarin justru sebagian besar caleg pada Pileg lalu tetap abai terhadap persoalan lingkungan. Hampir di setiap daerah ditemukan atribut

yang menyebabkan ada anak busung lapar, dan apa penyebab mereka sulit mendapatkan air bersih. Hal itu yang mestinya mereka upayakan mencari jawabannya,” ungkap Andar.

Hal yang sama juga diungkapkan Aktivis Green Society Indonesia David Krisna Alka. Dia mengakui bahwa di perhelatan Pileg beberapa waktu lalu belum ada pihak parpol maupun caleg yang mengedepankan persoalan lingkungan sebagai bahan kampanye. Mereka lebih disebukkan pada peningkatan popularitas tanpa diikuti rencana kerja yang jelas.

Di DKI Jakarta misalnya, pada satu sisi Ibukota ini dihadapkan pada ancaman banjir setiap tahun, tapi kenyataannya sulit ditemukan caleg atau parpol yang memberikan pesan ekologis. Padahal banjir, macet, serta berbagai persoalan lain yang melilit Jakarta selama ini hendaknya menjadi momentum awal bagi elite politik untuk benar-benar peduli dengan berbagai persoalan lingkungan yang dihadapi selama ini. y Islahuddin

model kampanye caleg di berbagai daerah terjebak pada politik transaksional.

“Banyak caleg yang hanya sekedar memberi sajadah atau al-Qur’an ke masjid atau memperbaiki jalan desa. Sementara isu air minum dan sanitasi hampir tak ada yang menyentuhnya,” kata Andar, yang juga sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Survei dan Kebijakan Publik Indo Strategi, kepada wartawan Percik, Senin (12/5).

Ditanya mengenai apa yang menyebabkan para caleg kemarin tidak banyak yang mengangkat isu air minum dan

kampanye parpol atau caleg yang sengaja memaku gambar-gambar mereka di pepohonan. Tidak hanya itu, mereka juga menempel poster-poster kampanye di dinding-dinding rumah, gapura, dan tiang listrik.

“Ketiadaan isu air minum dan sanitasi dan lingkungan yang diangkat di Pileg kemarin membuktikan bahwa para caleg yang ada belum peka terhadap persoalan ini. Mestinya mereka mencari akar persoalan apa

Atas Suasana malam di pintuair Kayun, Surabaya tampak memesonadengan kilauan lampu memancar.

Mar Ali Ketua Paguyuban Pengusaha Sanitasi

Grobogan Jawa Tengah

Foto

: Flic

ker-

Jaka

Page 12: Percik 1 2014

12 Lensa

Taman Kota Banjarmasin

Istimewa

Foto: Zaenal A

Foto: Mohlis

Foto: Mohlis

Taman Kota Lampung Taman Kota Madiun

Taman Kota Lampung

Taman Kota Tenggarong

Page 13: Percik 1 2014

13

Istimewa Istimewa

Istimewa

IstimewaFoto: Zaenal A

Istim

ewa

Taman Kota Madiun

Taman Kota Kutai Timur

Taman Bungkul Kota Surabaya

Taman Bungkul Kota Surabaya

Kota-kota saat ini banyak yang mempercantik diri dengan taman-taman indah. Pemerintah daerah semakin menunjukkan kepedulian pada pembangunan taman. Taman tidak hanya memperindah kota, namun juga sangat berguna bagi lingkungan.

Taman-taman KotaMenggoda

untuk Dikunjungi

Page 14: Percik 1 2014

14

Indonesia tidak kekurangan kepala daerah yang berprestasi di sektor air minum dan sanitasi. Banyak kepala daerah yang terbukti mampu memajukan pembangunan wilayah. Bahkan sejumlah walikota dan bupati berhasil terpilih karena menawarkan program perbaikan akses air minum dan sanitasi untuk penyehatan lingkungan.

Pembangunan Berawal dari Daerah

Laporan Utama14Fo

to: R

ona

Indo

nesi

a

Page 15: Percik 1 2014

15

Sejak era otonomi daerah yang dipayungi oleh Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah

Daerah, kabupaten/kota memiliki kewenangan otonomi untuk melaksanakan urusan daerahnya, termasuk di sektor air minum dan sanitasi. Saat ini Indonesia mempunyai 511 kabupaten/kota yang terdiri dari 414 kabupaten dan 97 kota.

Saat ini menjadi tren dalam sejumlah pemilihan kepala daerah (Pilkada) untuk menyajikan kampanye bertema tata kota. Kampanye tidak hanya berkutat pada isu-isu abstrak seperti kesejahteraan atau kemiskinan yang membutuhkan penafsiran banyak. Sejumlah calon kepala daerah telah mempunyai strategi khusus untuk mendapatkan simpati dari calon pemilih. Mereka berkampanye dengan menghadirkan rencana kerja

Juara” yang terdiri dari empat hal yaitu Bandung Net, Kampung Juara, Bandung Nyaman, dan Kartu Bandung Juara.

Salah satu bagian program Bandung Nyaman adalah lingkungan yang sehat. Ketika masih kampanye, Emil sudah menginventarisir bahwa hanya sekitar 30% jalan di kota Bandung yang memiliki sistem drainase (selokan/gorong-gorong). Itu pun tidak berfungsi

akademisi dan arsitek tata kota yang sudah bekerja di sejumlah kota di dunia membuatnya terpilih sebagai walikota dan dilantik pada 16 September 2013. Hingga saat ini, Emil cukup memuaskan masyarakat Bandung. Dia telah berhasil mewujudkan sejumlah program.

Dalam waktu singkat, Emil mampu membuat beberapa kawasan yang sebelumnya kumuh dengan pedagang kaki

Laporan UtamaMajalah Percik 15

Foto

: Fl

icke

r-Li

naw

ati

Dalam program Juara akan membangun 100% drainase untuk seluruh jalanan Kota Bandung. Bila

perbaikan jalan tidak dibarengi sistem drainase, hasilnya jalan akan segera kembali rusak seperti

yang kita rasakan saat ini.

maksimal karena ada sampah yang membuat mampet. “Dalam Program Juara akan membangun 100% drainase untuk seluruh jalanan di kota Bandung. Bila perbaikan jalan tidak dibarengi sistem drainase, hasilnya jalan akan segera kembali rusak seperti yang kita rasakan saat ini,” ujar Emil pada saat kampanye Pilkada 2013 lalu.

Sejumlah kampanye kreatif yang dilakukan Emil ditambah track record-nya sebagai

lima (PKL) menjadi jalanan yang bersih tanpa PKL. Dia juga menggandeng masyarakat untuk turut membersihkan Bandung. Penggagas ”Indonesia Berkebun” ini paham betul bagaimana mengelola kota modern, tanpa harus meninggalkan karakter kota. ”Masyarakat kita sebenarnya sangat mudah diajak gotong royong, sepanjang mereka diajak dengan cara yang kreatif,” kata Emil.

Yang tak kalah menarik, Emil memperlihatkan contoh nyata kepada masyarakat bukan untuk mencari popularitas. Misalnya, dia lebih suka mengayuh sepeda menuju kantornya di Balai Kota Bandung, yang berjarak 5 km dari rumahnya

yang langsung bisa dipraktikkan di lapangan, seperti pengelolaan tata kota yang berimbas pada masalah lingkungan dan sanitasi.

Salah satu walikota yang terpilih karena dinilai mempunyai program jelas tentang pengelolaan kota adalah Ridwan Kamil. Ketika kampanye untuk Pilkada Kota Bandung pada 2013 lalu, pria yang biasa disapa Kang Emil ini mempunyai program “Bandung

Page 16: Percik 1 2014

16

secara sosial adalah mereka yang banyak berinteraksi di ruang publik, bukan mereka yang hanya berdiam diri di dalam ruangan sambil memainkan gadget,” ujar Ridwan dalam sebuah kesempatan bertemu dengan wartawan pada Februari 2014.

Ridwan yakin jika

Ridwan Kamil Walikota Bandung

di Jalan Cigadung Selatan No 7 Bandung. Emil berkomitmen akan bersepeda jika tidak ada dinas luar.

Sejumlah program lain yang diwujudkan Emil dalam waktu singkat adalah pembersihan kali dan poster-poster di jalanan, pembuatan taman-taman, memperbanyak tempat-

semua kepala daerah bisa melaksanakan tugas dan kewajiban mereka menata wilayah dengan baik maka akan memberikan perbaikan yang signifikan di Indonesia.

Bukan hanya Emil yang memiliki program jelas dan berhasil meyakinkan masyarakat untuk memilihnya. Kota Makassar kini juga telah memiliki Muhammad Ramdhan

Pomanto yang dilantik menjadi walikota pada 8 Mei 2014. Pria yang biasa disapa Danny ini mempunyai kesamaan dengan Emil, keduanya bukan berasal dari kalangan politisi. Sebelum maju di Pilkada, Danny

tempat sampah di area publik, dan sejumlah program lain yang berhubungan dengan lingkungan dan tata kota. Emil meyakinkan masyarakat bahwa lingkungan yang sehat dan asri akan bermanfaat. Masyarakat akan nyaman berada di ruang publik dan mereka juga bisa menikmati taman dengan leluasa.

“Masyarakat yang sehat

Emil meyakinkan masyarakat bahwa lingkungan yang

sehat dan asri akan bermanfaat. Masyarakat akan nyaman berada di

ruang publik mereka juga bisa menikmati

taman dengan leluasa.

Foto

: Fl

icke

r-O

livia

Foto : Istimewa

Laporan Utama Majalah Percik

Atas Taman Kota Gazeebo Bandung.Bawah Taman Ganesha Bandung.Kanan Pantai Losari, Makassar.

Page 17: Percik 1 2014

17

dan Emil sama-sama berasal dari kalangan akademisi dan konsultan perkotaan.

Kemunculan Ramdhan cukup mengejutkan, dia berhasil memenangkan Pilkada Makassar dalam satu putaran. Padahal saat itu jumlah pasangan yang ikut Pilkada sebanyak 10 pasangan termasuk incumbent. Arsitek kelahiran 30 Januari 1964 ini sebelumnya dikenal sebagai dosen Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik di Universitas Hasanuddin dan konsultan tata ruang dan arsitektur. Setidaknya telah lahir 651 karya arsitektur dan karya tata ruang yang tersebar di 71 kabupaten kota di seluruh Indonesia. Ia juga pemegang tiga hak paten dan dipercaya menangani proyek-proyek nasional.

Diantara proyek yang dikerjakannya adalah pemanfaatan hasil lumpur Lapindo, pengembangan Teluk Pacitan, pengembangan tata ruang garam di Madura, penyelamatan Pantai Utara Pulau Jawa dimulai dari Kota Pekalongan, Pengembangan Pulau Morotai, dan pengembangan pulau-pulau perbatasan. Di Makassar sendiri Danny dikenal sebagai arsitek yang merevitalisasi lapangan Karebosi, anjungan Pantai Losari, merancang Masjid Terapung, Centerpoint of Indonesia (COI), serta pantai Akkarena.

Rekam jejak di bidang tata kota menjadikan Danny lebih menonjol. Dalam kampanyenya dia juga membawa konsep membangun Makassar mulai dari lorong ke lorong (gang), yang dinilai akan mendorong perkembangan kota. Danny dan pasangannya menjanjikan

beberapa program diantaranya penciptaan 500.000 peluang kerja dan bisnis baru dalam kurun waktu lima tahun, penyediaan asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pensiun, bantuan hukum, infaq dan zakat bagi kaum dhuafa. “Saya lahir dan tumbuh di lorong (gang) perkotaan. Saya mengetahui berbagai masalah kota dari lorong yang menjadi tempat tinggal saya,” kata Danny dalam sebuah acara di Jakarta.

Mereka telah Memberikan Bukti

Di samping sejumlah kepala daerah yang baru terpilih dan menjanjikan harapan baru, Indonesia juga telah mempunyai beberapa kepala daerah yang sudah memberikan bukti. Sebut saja Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Muhammad Zainul Majdi yang saat ini memasuki periode keduanya memimpin

provinsi tersebut.Zainul Majdi mempunyai

kepedulian pada masalah air minum dan sanitasi. Salah satu program unggulan Zainul Majdi di bidang sanitasi adalah Gerakan Basno (Buang Air Sembarangan Nol). Ini merupakan gerakan yang bertujuan menghilangkah perilaku buang air besar sembarangan (BABS) di NTB. Terbukti gerakan ini mendapatkan sambutan dan didukung masyarakat. Sementara itu di DKI Jakarta kini ada pasangan Joko Widodo - Basuki Tjahaja Purnama yang selama satu tahun terakhir berhasil merevitalisasi sejumlah waduk dan melakukan normalisasi sejumlah sungai.

Para pemimpin daerah yang terbukti telah melakukan perbaikan pada akses air minum dan sanitasi layak itu merupakan ujung tombak pembangunan di masa mendatang. y Alzim S

Laporan UtamaMajalah Percik 17

Di Makassar Danny dikenal sebagai arsitek yang merevitalisasi lapangan Karebosi, anjungan

Pantai Losari, merancang Masjid Terapung, Centerpoint of Indonesia, serta pantai Akkarena.

Foto : Flicker-Afdal Akhira

Page 18: Percik 1 2014

18

PERKEMBANGAN AKSES SANITASI LAYAK DI INDONESIA

38,50%

42,30%

55,54%

57,35%

72,78%

72,70%

38,97%

56,60%

72,54%

44,09%

59,71%

75,63%

*Sumber: BPS, Kor Susenas 2000-2013*

PERDESAAN

PERDESAAN & PERKOTAAN

PERKOTAAN

Akses sanitasi layak di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.Hingga tahun 2013 akses sanitasi layak secara keseluruhan (baik di perdesaan maupun di perkotaan) mencapai 59,71%. Akses sanitasi di perdesaan dan perkotaan hampir sama. Baik pedesaan maupun perkotaan mempunyai masalah sanitasi sendiri-sendiri.

Berikut persentase rumah tangga menurut sanitasi layak di perdesaan dan perkotaan :

2011201120102010

20122012

20132013

Berikut perilaku masyarakat Indonesia ketika membuang limbah rumah tangga mereka :

Perilaku Masyarakat dalam Membuang Sampah dan Limbah Rumah Tangga

Saat ini akses sanitasi layak di Indonesia masih terkendala sejumlah perilaku buruk masyarakat dalam menjaga lingkungan. Saat ini permasalahan utama di lingkungan adalah terkait dengan sampah, baik sampah rumah tangga maupun sampah industri. Sebagian besar rumah tangga di Indonesia tidak mengelola sampah mereka dengan baik. Berikut cara rumah tangga di Indonesia dalam memperlakukan sampah mereka.

Saat ini sebagian besar rumah tangga di Indonesia belum mempunyai kesadaran dalam mengelola limbah rumah tangga (air limbah dari kamar mandi, tempat cuci, maupun dapur). Sebagian besar rumah tangga belum mempunyai Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL).

Sumber : Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes tahun 2013

Sumber : Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes tahun 2013

Membuang limbah langsung ke got

Membuang limbah tanpa penampungan

Membuang limbah menggunakan penampungan tertutup di pekarangan dengan dilengkapi SPAL

Membuang limbah menggunakan penampungan terbuka di pekarangan

Membuang limbah dengan penampungan di luar pekarangan

Membakar Sampah

Membuang sampah ke kali, parit dan laut

Membuang sampah sembarangan

Menimbun sampah dalam tanah

50,1%

10,4%

9,7%

3,9%

· Membakar sampah50,1%

· Membuang sampah ke kali, parit dan laut 10,4%

· Membuang sampah sembarangan9,7%

· Menimbun sampah dalam tanah3,9%

46,7%

17,2%

15,5%

13,2%7,4%

46,7%

17,2%

15,5%

13,2%7,4%

Page 19: Percik 1 2014

19

PERKEMBANGAN AKSES SANITASI LAYAK DI INDONESIA

38,50%

42,30%

55,54%

57,35%

72,78%

72,70%

38,97%

56,60%

72,54%

44,09%

59,71%

75,63%

*Sumber: BPS, Kor Susenas 2000-2013*

PERDESAAN

PERDESAAN & PERKOTAAN

PERKOTAAN

Akses sanitasi layak di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun.Hingga tahun 2013 akses sanitasi layak secara keseluruhan (baik di perdesaan maupun di perkotaan) mencapai 59,71%. Akses sanitasi di perdesaan dan perkotaan hampir sama. Baik pedesaan maupun perkotaan mempunyai masalah sanitasi sendiri-sendiri.

Berikut persentase rumah tangga menurut sanitasi layak di perdesaan dan perkotaan :

2011201120102010

20122012

20132013

Berikut perilaku masyarakat Indonesia ketika membuang limbah rumah tangga mereka :

Perilaku Masyarakat dalam Membuang Sampah dan Limbah Rumah Tangga

Saat ini akses sanitasi layak di Indonesia masih terkendala sejumlah perilaku buruk masyarakat dalam menjaga lingkungan. Saat ini permasalahan utama di lingkungan adalah terkait dengan sampah, baik sampah rumah tangga maupun sampah industri. Sebagian besar rumah tangga di Indonesia tidak mengelola sampah mereka dengan baik. Berikut cara rumah tangga di Indonesia dalam memperlakukan sampah mereka.

Saat ini sebagian besar rumah tangga di Indonesia belum mempunyai kesadaran dalam mengelola limbah rumah tangga (air limbah dari kamar mandi, tempat cuci, maupun dapur). Sebagian besar rumah tangga belum mempunyai Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL).

Sumber : Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes tahun 2013

Sumber : Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes tahun 2013

Membuang limbah langsung ke got

Membuang limbah tanpa penampungan

Membuang limbah menggunakan penampungan tertutup di pekarangan dengan dilengkapi SPAL

Membuang limbah menggunakan penampungan terbuka di pekarangan

Membuang limbah dengan penampungan di luar pekarangan

Membakar Sampah

Membuang sampah ke kali, parit dan laut

Membuang sampah sembarangan

Menimbun sampah dalam tanah

50,1%

10,4%

9,7%

3,9%

· Membakar sampah50,1%

· Membuang sampah ke kali, parit dan laut 10,4%

· Membuang sampah sembarangan9,7%

· Menimbun sampah dalam tanah3,9%

46,7%

17,2%

15,5%

13,2%7,4%

46,7%

17,2%

15,5%

13,2%7,4%

Page 20: Percik 1 2014

20 Laporan Utama Majalah Percik

Banjir adalah persoalan klasik yang tiap tahun menyerang Ibukota. Di masa penjajahan Belanda, banjir pernah menenggelamkan Jakarta selama satu bulan penuh.

Musibah rob pertama kali melanda Jakarta pada 1621, dua tahun setelah peristiwa penaklukan Jayakarta dan pembentukan Stad Batavia sebagai pusat pemerintahan VOC di Hindia Belanda.

Banjir cukup parah terjadi pada Februari 1918. Ketika itu hampir seluruh wilayah Batavia terendam. Sebagian kampung di wilayah Weltevreden tergenang. Peristiwa inilah yang membuat pemerintah kolonial Belanda akhirnya membangun Kanal Banjir Barat pada 1919. Ketika belakangan ini Jakarta diterjang

Pembangunan tanggul raksasa (giant sea wall) di bagian utara Jakarta akan mulai direalisasikan tahun ini. Mega proyek ini bertujuan mengatasi banjir tahunan yang melanda Ibukota. Selain itu, pembangunan proyek mercusuar ini juga akan mengedepankan penanganan sanitasi dan penyediaan air minum bagi warga DKI.

TAngguL RAKSASA :

Benteng Air Ibukota

Laporan Utama20Fo

to :

flood

list.c

om

Page 21: Percik 1 2014

21 Laporan UtamaMajalah Percik

banjir, peristiwa itu bukan sesuatu yang murni baru.

Saat ini yang perlu ditegaskan bagaimana “monster” banjir bisa tertangani dengan segera. Berbagai upaya yang telah dan sedang dilakukan, baik oleh pemerintah DKI Jakarta maupun oleh pemerintah pusat. Sejauh ini penanganan banjir dilakukan dalam bentuk pembuatan

waduk, sumur resapan, hingga pembangunan Kanal Banjir Timur.

Akan tetapi, berbagai strategi itu ternyata tidak mampu menyelesaikan persoalan banjir. Setiap musim hujan tiba, banjir tetap menyerang dan menyebabkan korban berjatuhan. Akibat bencana ini pemerintah daerah mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Warga DKI Jakarta sedikit lega dengan akan dimulainya pembangunan tanggul raksasa di utara Jakarta. Proyek mercusuar ini akan berdiri

sepanjang lebih dari 30 km di utara Teluk Jakarta. Tujuannya untuk menjaga kenaikan permukaan air laut. Rencana mega proyek tersebut bakal dibangun dalam tiga tahap, dimulai tahun 2014 hingga 2030. Proyek meliputi lahan reklamasi, perumahan dan pusat komersial, serta waduk untuk menampung satu miliar kubik air tawar.

Mega proyek yang akan melintasi tiga provinsi (Jakarta, Banten, dan Jawa Barat) ini diperkirakan membutuhkan anggaran sekitar Rp600 triliun. Giant Sea Wall bukan hanya akan difungsikan sebagai penghalang rob ke daratan Jakarta, melainkan akan berdiri juga hunian dan pusat komersial yang menjadi denyut nadi bisnis.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan,

Saat ini yang perlu ditegaskan bagaimana “monster” banjir bisa tertangani dengan segera.

Berbagai upaya telah dan sedang dilakukan, baik oleh pemerintah DKI Jakarta maupun pemegang

kekuasaan di pusat.

Kiri Gambaran proyek Giant Sea Wall. Ada tiga tanggul raksasa serta di tengahnya merupakan pusat bisnis. Atas Kanal Banjir Timur (KBT) yang terletak di daerah Duren Sawit Jakarta Timur.

Foto

: Fl

icke

r-Re

tnan

da

Page 22: Percik 1 2014

22

pertengahan tahun ini akan mulai dilakukan groundbreaking pembangunan mega proyek giant sea wall. Karena itu pemerintah daerah akan segera melakukan uji kelayakan dan desain detailnya. “(Bersama Bappenas) tadi kami banyak membahas soal tanggul raksasa, baik kaitannya dengan persediaan air minum di Jakarta, hingga kontribusinya

bagi sanitasi,” kata Jokowi, usai menghadiri pertemuan dengan Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), Rabu (5/3).

Jika dilihat dari udara, proyek ini akan berbentuk mirip burung garuda. Ada tiga tanggul raksasa yang di tengahnya akan dijadikan sebagai pusat bisnis. Pembangunan tanggul A dan B akan mulai dikerjakan pada

Foto

: M

arce

l

tahun ini, dan diproyeksikan akan selesai tiga tahun ke depan. Menurut Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Dedy S Priatna, pembangunan tanggul A dan B akan memakan total investasi sebesar Rp87 triliun. Sementara, tanggul ketiga akan dimulai 2018 dan selesai 2025 dengan perkiraan biaya mencapai Rp20 triliun.

Pembangunan tanggul tersebut akan berbentuk seperti kolam raksasa yang bisa menampung 1,3 miliar kubik air. Pengelolaan air sebanyak ini, lanjut Dedy, perlu mendapatkan perhatian besar dan manajemen yang bagus. Sebab jika tidak, kolam tersebut akan menjadi “septic tank” raksasa yang menampung kotoran dan akan bau. Selain pembangunan tanggul, ada biaya untuk beberapa fasilitas lain seperti biaya reklamasi sebesar Rp220

Kiri Kanal Banjir Timur, bukan saja mencegah banjir, tetapi juga memperelok Jakarta di sore hari. Kanan Atas Aliran air di kawasan Rasuna Said merupakan salah satu aliran air di tengah kota Jakarta.Kanan Bawah Kanal air yang menuju laut di kawasan Marunda.

triliun, transportasi (jalan tol dan rel kereta) sebesar Rp120 triliun, dan sanitasi (Jakarta sewerage) sebesar Rp144 triliun.

“Kita perkirakan kebutuhan dana untuk pembangunan semua giant sea wall Rp600 triliun totalnya,” kata Dedy. Biaya sebesar itu tidak akan ditanggung pemerintah sepenuhnya, tetapi swasta juga berperan. Bahkan, mega proyek

Laporan Utama Majalah Percik

Page 23: Percik 1 2014

23

Foto : Flicker-Warung Jakarta

Foto

: Is

timew

a

ini bisa saja 100% dilakukan swasta. “Swasta bisa berperan hampir 100%, tapi pemerintah akan mendorong dahulu untuk saat ini,” imbuhnya.

Pemerintah juga mengharapkan pembangunan giant sea wall bisa menjadi solusi dengan semakin langkanya air bersih di Jakarta. Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Jan Sopaheluwakan menjelaskan, air bersih di Jakarta masih sangat bergantung ke daerah lain di luar Jakarta seperti Sungai Citarum dan lainnya.

Bahkan, suplai air bersih dari daerah lain ditambah dengan penyedotan air tanah baik legal maupun ilegal saat ini belum cukup menyediakan kebutuhan air untuk warga Ibukota. “Hingga kini yang mendapatkan keuntungan dari keterbatasan air

bersih adalah para produsen air dalam kemasan. Tak heran bila masyarakat Jakarta masih sangat bergantung pada pasokan air mineral kemasan,” kata Jan.

Menurut pakar geologi ini, masih dibutuhkan banyak sekali air permukaan untuk menyuplai

air minum bagi penduduk Ibukota. Pemerintah DKI Jakarta sebelumnya pernah menyatakan kebutuhan air bersih di Jakarta diperkirakan sebanyak lima puluh kali luas Tugu Monumen Nasional (Monas) atau sekitar 50 kilometer persegi. “Giant sea wall bisa saja memenuhi kebutuhan air bersih di Jakarta sepanjang kita bisa mengelola air laut menjadi air tawar dan suplai air dari sungai-sungai di Jakarta bersih bisa digunakan,” papar Jan.

Jika air di beberapa sungai yang bermuara di Teluk Jakarta tetap kotor dan penuh sampah, Giant Sea Wall akan menjadi “tempat sampah” besar yang akan menjadi masalah baru bagi Jakarta. Karena itu, perlu kedisiplinan semua pihak untuk menjaga sungai tetap bersih dari air limbah dan sampah.

Diharapkan mega proyek ini bisa segera terwujud, sehingga masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal DKI Jakarta lebih mudah menikmati suplai air bersih layak minum. Giant Sea Wall akan memberikan kontribusi pada peningkatan akses sanitasi. y Alzim S

Pemerintah juga mengharapkan pembangunan giant sea wall bisa menjadi solusi dengan semakin langkanya air bersih di Jakarta.

Peneliti LIPI,Jan Sopaheluwakan menjelaskan, air bersih di Jakarta masih sangat bergantung

ke daerah lain di luar Jakarta.

Laporan UtamaMajalah Percik

Page 24: Percik 1 2014

24

Kesadaran kepala daerah untuk memberikan

perhatian lebih besar pada isu-isu air minum dan

sanitasi semakin meningkat. Sejumlah upaya telah

mereka lakukan, mulai dari memperbesar alokasi

anggaran air minum dan sanitasi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja

Daerah (APBD) hingga membuat peraturan daerah

yang berhubungan pada dua masalah penting ini.

HM Rizal Effendi

Menggalang Kesadaran Bersama untuk Akses Air Minum dan Sanitasi Lebih Baik

Ketua Umum Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI)

Foto

: Pem

kot B

alik

apap

an

Wawancara I

Page 25: Percik 1 2014

25 Wawancara IMajalah Percik

Indikator meningkatnya kepedulian kepala daerah pada masalah air minum dan sanitasi adalah meningkatnya jumlah kabupaten/

kota yang menjadi anggota Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI). Hingga saat ini sudah ada 225 kepala daerah seluruh Indonesia yang bergabung. Jumlah ini diyakini akan meningkat pada September mendatang kala digelar City Sanitation Summit ke-14 di Bandung.

Ketua Umum AKKOPSI, HM Rizal Effendi mengatakan, dalam konferensi tersebut para kepala daerah diberikan kesempatan untuk mempresentasikan inovasi pengelolaan sanitasi yang telah mereka lakukan. Pria yang juga menjabat sebagai Walikota Balikpapan ini menyampaikan, di masa mendatang masyarakat akan semakin menuntut kepada pemerintah kabupaten/kota, untuk melakukan inovasi dalam menata lingkungan mereka.

Rizal yakin semakin banyak Bupati dan Walikota yang bergabung ke AKKOPSI. Ini merupakan organisasi unik yang fokus pada isu khusus, sebuah isu yang menjadi hajat hidup orang banyak. Masalah air minum dan sanitasi adalah kebutuhan primer yang tidak hanya penting, namun juga menjadi kebutuhan dasar. Tanpa keduanya, hidup manusia tidak akan pernah sempurna.

Mengingat pentingnya isu air minum dan sanitasi, Rizal berharap isu ini akan menjadi agenda nasional

dan mendapatkan perhatian semua pihak, khususnya pimpinan nasional yang baru. Dia berharap isu air minum dan sanitasi sejajar dengan isu pendidikan atau isu pangan yang mendapatkan perhatian langsung dari Presiden dan Wakil Presiden.

Majalah Percik pada 19 Mei lalu berhasil mewawancara langsung pria kelahiran Balikpapan, 27 Agustus 1958 ini di Jakarta. Berikut wawancara lengkap yang dilakukan Majalah Percik dengan mantan Pemimpin Redaksi Harian Kaltim Post tersebut:

Bagaimana AKKOPSI selama ini memposisikan di tengah-tengah peran kepala daerah baik itu Bupati maupun Walikota ?

AKKOPSI ini merupakan sebuah organisasi dan gerakan yang khas. Ini satu-satunya di Indonesia, sebuah organisasi yang mengkhususkan pada isu akses air minum layak dan penyehatan lingkungan. Dalam organisasi ini terlihat bagaimana komitmen kepala daerah (Walikota dan Bupati) terhadap isu-isu air minum dan sanitasi yang selama ini masih dianggap sebagai isu yang tidak seksi dan tidak banyak diperhatikan orang.

Belakangan ini kepala daerah semakin menyadari bahwa air minum dan sanitasi merupakan hal yang sangat penting bagi pembangunan kesehatan dan lingkungan. Kepedulian kepada masalah sanitasi ini membuat sejumlah kepala daerah berkumpul bersama dan melakukan pertemuan membahas

isu sanitasi dan kemudian terbentuklah AKKOPSI yang terdiri dari kabupaten/kota yang mempunyai komitmen yang lebih tinggi lagi dalam hal pembangunan sanitasi.

Seberapa penting isu sanitasi ini bagi pembangunan, khususnya pembangunan kesehatan ?

Pembahasan tentang masalah sanitasi sangat penting. Berbagai masalah yang dihadapi pada sektor sanitasi sangat berat dan membutuhkan perhatian besar. Sebagai contoh, saat ini masih sekitar 70% - 75% sungai dan sumber air tercemar. Ada lebih dari 14 ribu ton limbah masyarakat mencemari air baku kita. Buruknya sanitasi mengakibatkan banyaknya kematian bayi.

Kemudian masih banyak masyarakat yang belum mengakses air minum layak. Masih tingginya berbagai masalah ini memacu para kepala daerah untuk membangun semangat baru dalam memperbaiki lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Apakah semua kepala daerah yang tergabung dalam AKKOPSI mempunyai kesadaran yang sama dalam membangun sektor sanitasi di daerah mereka ?

Saya yakin perhatian pada masalah air minum dan sanitasi ini bukan hanya dilakukan oleh anggota AKKOPSI saja, tapi oleh semua walikota walaupun masih belum bergabung dalam AKKOPSI.Namun kita di AKKOPSI secara organisasi dan kelembagaan bisa saling

Page 26: Percik 1 2014

26

berbagi untuk memacu semangat lebih besar dan bisa menjadi tempat untuk saling berbagi pengalaman dan menambah pengetahuan serta sharing atas berbagai model pembangunan akses air minum dan sanitasi. Kami juga memperkuat pendanaan untuk berbagai proyek air minum dan sanitasi.

Saat ini sudah ada 225 anggota AKKOPSI dan pada City Sanitation Summit yang akan digelar di Bandung pada September mendatang akan ada tambahan lebih dari 100 kepala daerah yang akan bergabung. Akumulasi ini berarti lebih dari 50% kabupaten/kota yang sudah bergabung di AKKOPSI. Jumlah ini juga menjadi salah satu indikator bahwa air minum dan sanitasi akan menjadi isu dan komitmen bersama yang akan diusung oleh mayoritas kabupaten/kota di Indonesia.

Tadi disebutkan soal pendanaan yang menjadi isu penting dalam AKKOPSI. Seperti apa perhatian kepala daerah untuk mendanai program-program air minum dan sanitasi ?

Dalam Deklarasi Jambi beberapa tahun lalu, disepakati agar daerah mengalokasikan anggaran sebesar 2% dari APBD untuk program air minum dan sanitasi.

Selain pendanaan dari daerah, kami juga berusaha bersama-sama mengakses pendanaan dari pemerintah pusat. Saat ini setidaknya ada 8 – 11 kementerian yang mempunyai anggaran untuk bidang air minum dan

sanitasi. Ada juga pendanaan dari dunia internasional yang dialokasikan untuk pembangunan sanitasi, termasuk di Indonesia. Bahkan ada kesan dana-dana potensial itu belum terserap penuh.

Kami mengusulkan kepada pemerintah pusat agar ada sinergi dalam pengelolaan dana di bidang sanitasi, misalnya dengan alokasi DAK (Dana Alokasi Khusus) yang ditransfer ke daerah tidak semua dikelola pemerintah pusat. Daerah lebih mengetahui dan lebih mudah mengelolanya.

Apakah usul pendanaan dan program air minum dan sanitasi ini perlu semua berasal dari bawah ?

Saya kira perlu perpaduan. Bisa dari bawah, bisa dari pemerintah pusat, yang diperlukan adalah sharing bersama. Karena tujuannya sama, jadi usulan tidak mesti dari bawah, pemerintah pusat pun bisa melihat karena ini menjadi masalah nasional.

Bagaimana agar daerah bisa leluasa mengakses dana yang diperuntukkan program sanitasi tersebut ?

Itulah salah satu fungsi AKKOPSI, kami memberikan informasi dan sharing tentang cara atau model bagaimana agar bisa mengakses dana yang tersedia baik dari dalam maupun di luar, sehingga mempercepat pembangunan air minum dan sanitasi kita.

Bagaimana komunikasi dengan pemerintah pusat selama ini ?

Saya yakin perhatian pada masalah air

minum dan sanitasi ini bukan hanya

dilakukan oleh anggota AKKOPSI saja, tapi oleh semua walikota

walaupun masih belum bergabung dalam

AKKOPSI.

Wawancara I

Foto

: A

KKO

PSI

Page 27: Percik 1 2014

27

Sebenarnya secara program, komunikasi ini sudah berjalan, namun memang masih dirasakan kita masih belum satu visi. Misalnya antara kabupaten/kota dengan provinsi dan dengan nasional. Pendanaan ini banyak terdapat di kementerian, inilah yang kita dorong terutama nanti kepada pemimpin nasional yang

Tadi disebutkan satu lembaga kuat untuk memayungi program-program sanitasi ke depan. Seperti apa lembaga tersebut ?

Lembaga ini misalnya nanti berada di bawah Menteri Koordinator atau bahkan langsung di bawah Wakil Presiden. Saat ini isu ketahanan pangan berada langsung di bawah Wakil Presiden. Diharapkan isu sanitasi juga demikian di masa mendatang. Sehingga bisa lebih efektif.

Bahkan jika bisa isu sanitasi

Selain pendanaan dari daerah, kami

juga berusaha bersama-sama

mengakses pendanaan dari

pemerintah pusat. Saat ini setidaknya

ada 8 – 11 kementerian yang

mempunyai anggaran untuk bidang air

minum dan sanitasi.

bisa bergaung seperti isu pendidikan yang mendapatkan perhatian semua pihak dan mendapatkan alokasi anggaran khusus. Kita akan terus menyuarakan termasuk pada masing-masing calon presiden dan calon wakil presiden.

Apa program dalam waktu dekat yang menjadi perhatian AKKOPSI ?

Pertama, tentunya bagaimana semua daerah komitmen dan peduli betul dengan masalah air minum

dan sanitasi, sehingga advokasi dan horizontal learning bisa menjadi program penting untuk saling menyemangati. Hal ini misalnya dibuktikan dengan dukungan anggaran daerah. Dalam sektor air minum dan sanitasi perlu banyak yang diperhatikan seperti misalnya masalah buang air besar sembarangan (BABS), drainase, pengolahan sampah, akses air minum layak dan sebagainya.

Peran pemerintah daerah di sektor sanitasi akan semakin meningkat di masa mendatang. y Islahuddin

Wawancara IMajalah Percik

Foto : AKKOPSIFoto : AKKOPSI

Kiri Beberapa kepala daerah dan pengurus AKKOPSI. Bawah Kiri Rapat pengurus AKKOPSI.Bawah Kanan Acara munas AKKOPSI, penguatan desentralisasi pembangunan sanitasi, di Mataram.

baru agar percepatan akses air minum dan sanitasi ini bisa satu payung. Perlu ada lembaga yang kuat sehingga komunikasi dan sinergi pembangunan air minum dan sanitasi bisa lebih efektif.

Kami akan mengusulkan ada komunikasi formal dengan asosiasi pemerintah daerah lainnya seperti Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (ADEKSI), Asosiasi Pemerintahan Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dan lainnya.

Page 28: Percik 1 2014

28

Mewaspadai Penyakit Saat Bencana

Datang

merapi Sinabung Sumatera Utara, letusan Gunung Kelud Jawa Timur, Banjir Bandang Kota Manado, hingga sejumlah banjir di Jakarta dan Pantura (Pantai Utara Jawa).

Bencana membuat banyak masyarakat sulit memenuhi kebutuhan pokok mereka seperti makanan, kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan air bersih dan sanitasi layak. Rumah dan fasilitas umum rusak.

Kondisi geografis Indonesia yang mempunyai banyak cincin api membuat Indonesia rawan

bencana gunung merapi. Sementara itu rob, kerusakan alam hingga tata kota yang kurang baik membuat sejumlah daerah kerap mengalami banjir. Pada tahun lalu hingga awal tahun 2014 sejumlah bencana muncul, mulai erupsi gunung

Laporan Khusus

Berbagai bencana alam telah melanda sejumlah pelosok Nusantara dalam beberapa tahun terakhir. Bencana mengakibatkan banyak kerusakan, penduduk terpaksa harus mengungsi. Kerusakan akibat bencana mengakibatkan banyak fasilitas umum rusak dan kebutuhan dasar sulit dipenuhi, termasuk kebutuhan air minum dan sanitasi.

28

Foto

: Flic

ker-

Oto

mot

ifzon

eFo

to: F

licke

r-In

dra

Ihsa

n Ke

mal

Foto: Teraspos

Page 29: Percik 1 2014

29

Banyak penduduk yang terpaksa mengungsi dan menghadapi berbagai keterbatasan untuk memenuhi kebutuhan dasar.

Pada awal bencana datang, pada umumnya bantuan yang berasal dari masyarakat lebih fokus pada kebutuhan makanan dan minuman. Sementara masalah air minum dan sanitasi kerap kurang diperhatikan. Namun lambat laun masyarakat menyadari bahwa air minum

dan sanitasi merupakan kebutuhan dasar yang sangat diperlukan kala bencana, termasuk di daerah-daerah pengungsian.

Biasanya fokus perhatian masyarakat saat bencana tertuju pada tempat-tempat pengungsian. Kebutuhan makanan menjadi perhatian utama. Banyak relawan yang bertugas menyuplai dan memasak bahan makanan. Saat ini masalah air minum dan sanitasi juga menjadi perhatian

Laporan KhususMajalah Percik 29

utama. Tanpa air bersih dan sanitasi sehat, para pengungsi bisa dengan mudah terjangkit masalah kesehatan.

Perhatian atas air bersih dan sanitasi ini misalnya diperlihatkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU) yang berusaha menyediakan kebutuhan mandi cuci kakus (MCK), suplai air bersih dan sanitasi. Kepedulian ini misalnya terlihat kala Menteri PU Djoko Kirmanto mengunjungi para pengungsi erupsi Gunung Kelud

Kiri Atas Dua orang pengendara mengenakan masker untuk menghindari terhirupnya debu vulkanik Gunung Kelud. Bawah Seorang tukang becak memakai helm menghindari debu vulkanik Gunung Kelud.Kanan Atas Sejumlah pengungsi menempati halte bus Transjakarta (busway) di Kawasan Jembatan Baru, Cengkareng, Jakarta Barat.

Pada awal bencana datang, pada umumnya bantuan yang berasal dari masyarakat lebih

fokus pada kebutuhan makanan dan minuman. Sementara masalah air minum dan sanitasi

kerap kurang diperhatikan.

Page 30: Percik 1 2014

30

di Kediri pada pertengahan Februari lalu. Djoko memantau bantuan tanggap darurat berupa Hidran Umum, Mobil Tangki Air, dan MCK Knockdown.

“HU (Hidran Umum ) yang ada harus selalu dicek ketersediaan airnya supaya dapat selalu berfungsi untuk melayani masyarakat. Saya puas MCK Knockdown juga dapat dipastikan telah berfungsi dengan baik,” ungkap Djoko yang kala itu mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Perhatian pada kebutuhan air bersih tidak hanya dilakukan pemerintah, namun sejumlah korporasi. Banyak bantuan dari lembaga lain berupa WC portable, alat penyulingan air keruh menjadi siap minum, tangki air bersih, dan berbagai kebutuhan sanitasi dan air minum lainnya.

Ketersediaan air bersih dan sanitasi ini diharapkan bisa mengurangi bahkan mencegah penyakit yang bisa datang mengingat daerah tempat pengungsian rawan dengan penyakit yang umumnya disebabkan masalah sanitasi. Penyakit-penyakit yang biasa menyerang pengungsi adalah

Himbauan ini misalnya pernah disampaikan saat mengunjungi sebuah posko pengungsian di Jakarta saat terjadi banjir pada awal tahun ini. “Pengungsi diharapkan menjaga kebersihan, seperti yang sering saya sampaikan, kotor itu dekat dengan penyakit,” himbau Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi (19/1).

Rekonstruksi Pasca BencanaSuprayoga Hadi mantan

anggota penyusun Rencana Aksi Nasional Pengurangan Risiko Bencana menyebutkan pemerintah sudah mempunyai sejumlah langkah dalam menghadapi kondisi pasca bencana. Pemerintah mempunyai metode Post Disaster Need Assessment (PDNA), yaitu suatu pengkajian kebutuhan pasca bencana. “PDNA ini biasa dilakukan dalam bentuk pemenuhan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan untuk proses pemulihan. Termasuk kebutuhan dasar berupa air bersih dan sanitasi yang memang sangat

30

Foto

: Dok

. Kom

info

Foto

: Dok

. Kom

info

Perhatian pada kebutuhan air

bersih di daerah bencana tidak

hanya dilakukan pemerintah, namun sejumlah korporasi.

diare dan gatal-gatal yang memang disebabkan masalah air minum dan sanitasi.

Sejumlah pihak juga menghimbau para korban bencana untuk menjaga kesehatan lingkungan mereka.

Laporan Khusus Majalah Percik

Page 31: Percik 1 2014

31

Suprayoga HadiDeputi I KPDT

Laporan KhususMajalah Percik 31

penting untuk didahulukan,” kata Suprayoga kepada Majalah PERCIK.

PDNA tidak hanya melakukan penilaian kerusakan dan kerugian bencana, namun juga pengkajian kebutuhan pemulihan manusia atau yang dikenal dengan Human Recovery Needs Assessment (HRNA).

Suprayoga menambahkan

Bencana-Bencana Nasional

No Bencana Nasional Daerah Waktu Kejadian

1 Gempa bumi dan tsunami Aceh dan Nias Desember 2004

2 Gempa bumi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah Mei 2006

3 Gempa bumi Sumatera Barat Maret 2007

4 Banjir di Jakarta Jakarta Februari 2007

5 Gempa bumi Bengkulu dan Sumatera Barat September 2007

6 Gempa bumi Sumatera Barat September 2009

7 Gempa bumi dan tsunami Mentawai Oktober 2010

8 Erupsi Gunung Berapi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah Oktober 2010

Kiri Atas Banjir 2013 di Jakarta melumpuhkan aktivitas masyarakat.Kiri Bawah Penuh harap, para pengungsi menanti hujan reda di pos pengungsian banjir Jakarta 2013.Kanan Bantuan air bersih dari Kementerian Pekerjaan Umum

Daerah Khusus Kementerian Pembangunan Daerah tertinggal (KPDT) tersebut.

Ketiga adalah pemulihan bidang ekonomi. Setelah bencana penduduk perlu dipastikan untuk bisa bekerja kembali. Dalam hal ini misalnya pemulihan sawah, irigasi, termasuk sarana ekonomi seperti pasar. Keempat,

pemulihan sosial budaya. Baik dari sisi pendidikan, kesehatan, termasuk sarana dan prasana masyarakat harus kita kembalikan. Berikutnya adalah pemulihan bidang kelembagaan, pemerintahan dan sebagainya. Fungsi pemerintahan dikembalikan lagi, jadi masyarakat jangan sampai tergantung pada bantuan yang sifatnya sesaat.

Lima langkah ini biasanya terlihat jelas pada bencana nasional yang mengakibatkan kerusakan besar dan melibatkan banyak korban. Bencana besar yang berskala nasional umumnya mendapatkan perhatian dan bantuan dari banyak kalangan baik dari dalam maupun luar negeri.

Sebagai contoh gempa bumi dan tsunami Aceh 2004 silam. Bantuan datang dari banyak negara. Berbagai fasilitas pun dibangun termasuk fasilitas saluran air bersih. y Alzim S

secara umum setidaknya ada lima langkah yang dilakukan dalam pemulihan bencana. Pertama, rehabitasi perumahan dan masalah pemukiman yang rusak akibat bencana. Kedua adalah infrastruktur publik. Dalam hal ini adalah jalan, lingkungan, kebutuhan listrik, jaringan air bersih termasuk telepon umum yang sering mengalami gangguan saat bencana. “Pembangunan kembali fasilitas publik diharapkan tidak hanya memperbaiki seperti semula, jika memungkinkan membangun fasilitas yang lebih baik daripada sebelumnya,” tambah Suprayoga yang saat ini menjabat sebagai Deputi Pengembangan

Foto

: Ist

imew

a

Sum

ber:

Dar

i ber

baga

i sum

ber

Page 32: Percik 1 2014

32

Pemanasan global, bencana kekeringan, dan dampak negatif pertumbuhan penduduk adalah sejumlah faktor yang dihadapi semua negara. Sejumlah negara bergerak dan membuat program pemenuhan air bagi semua penduduk mereka. Setiap negara mempunyai program berbeda, sesuai dengan karakteristik geografis dan masalah masing-masing.

Isu tentang ketersediaan air bersih bagi semua warga negara juga dihadapi oleh Australia. Negara

ini menguasai satu daratan yang sangat luas, yaitu Benua Australia. Berdiam di satu daratan yang sangat luas mempunyai problematika sendiri. Daerah yang berada di tengah benua mempunyai masalah ketersediaan air yang lebih sulit dibanding pinggir benua yang berupa pesisir.

Australia sejak abad ke-20 hingga awal abad ke-21 terus memusatkan perhatian pada isu-isu ketahanan air (water security). Meski negeri ini dikelilingi dengan lautan, tapi ancaman krisis air bersih terus menghantui. Pasalnya, lebih dari 50% tempat tinggal warga Australia terpusat di perkotaan. Jadi, potensi untuk

Foto: desacijantra

Internasional

Ragam Cara Australia Wujudkan Ketahanan Air

32

Page 33: Percik 1 2014

33

mendapatkan air bersih cukup terbatas.

Pada satu sisi sebagian warga Australia yang tinggal di sekitar pesisir tidak kesulitan mendapatkan air bersih, tapi sebagian yang lain merasa sulit apalagi bila musim kemarau tiba. Persoalan ketahanan air di Negeri Kanguru ini menjadi salah satu topik utama di setiap perbincangan publik, karena penanganan yang tak kunjung usai.

Australia adalah daratan terbesar di dunia dengan total luas wilayah 7,69 juta kilometer persegi. Benua ini membentang sekitar 3.700 kilometer dari utara ke selatan dan 4 ribu kilometer dari timur ke barat. Dengan luas wilayah yang demikian besar, tak ayal jika negara yang dikenal punya Suku Aborigin ini dinilai sebagai negara terbesar ke-6 setelah Rusia, Kanada, China, Amerika Serikat, dan Brazil. Negeri ini juga merupakan satu-satunya benua yang terdiri atas satu negara.

Australia terkadang disebut sebagai negara “pulau”, karena dikelilingi lautan. Kondisi geografis Australia yang berupa daratan yang sangat luas menyimpan persoalan terkait ketersediaan air bersih. Ketersediaan air bersih di Australia semakin sulit ditemukan seiring dengan terjadinya degradasi lingkungan. Karena itu, isu mengenai reformasi air (reform water) telah lama dikampanyekan oleh dewan nasional, LSM, dan kelompok masyarakat lebih dari satu abad yang lalu.

Kebijakan populis Australia terkait dengan penanganan krisis air,

pertama kali dilakukan dengan menempatkan wacana Reformasi Air (Water Reform) dalam agenda nasional Dewan Pemerintahan Australia (Council of Australian Governments/COAG) pada 1994. Substansi kebijakan ini mengupayakan ketersediaan air bersih bagi masyarakat secara berkelanjutan. Namun, Reformasi Air baru disepakati 10 tahun kemudian pada pertemuan COAG 2004.

Pertemuan COAG 2004 menghasilkan keputusan besar yang dikenal dengan Inisiatif Air Nasional (National Water Initiatif/NWI). Sejak saat itu Australia memiliki 12 divisi drainase utama, tiga diantaranya memasok air bersih terbesar bagi masyarakat. Di antara tiga bagian drainase itu ialah divisi

sungai Murray-Darling, pantai Timur Laut, dan pantai Tenggara. Jika salah satunya rusak, keamanan air bersih dapat terancam.

Strategi ini saja tidak cukup memasok kebutuhan air bagi masyarakat sekitar. Apalagi bagi penduduk yang tinggal di tengah-tengah benua Australia, mereka merasa kesulitan mendapatkan air bersih di musim kemarau. Sementara di sisi lain musim hujan di negara ini kedatangannya tidak menentu. Dari itu, pemerintah setempat menyiapkan bendungan besar guna menampung air hujan sebanyak-banyaknya dan bisa dimanfaatkan warga sepanjang tahun.

Diprediksikan sejumlah bendungan di Australia enam kali lebih besar daripada bendungan yang terdapat di beberapa negara di Eropa. Menurut pemerintahan setempat, bendungan besar ini dibuat untuk

Luar NegeriMajalah Percik

Kiri Bendungan air Victoria menerima sebagian besar air dari serangkaian waduk.Kanan The Happy Valley Reservoir membendung air untuk pasokan ke Adelaide.

Foto

-foto

: Wik

iped

ia

Page 34: Percik 1 2014

34

memastikan kecukupan air bersih bagi masyarakat. Upaya ini merupakan salah satu tindakan nyata Australia dalam rangka mewujudkan ketahanan air. Bendungan besar digagas sebagai sebuah kreasi yang visioner untuk mengatasi ancaman krisis air di masa depan. Dengan begitu, Australia lebih siap menghadapi efek negatif yang akan diakibatkan dari pengaruh pemanasan global dan degradasi lingkungan.

Kepedulian Australia terhadap ketersediaan air bersih bagi penduduknya juga diaktualisasikan dengan melakukan sejumlah karya baru-baru ini. Pertama, pembangunan desalinasi air. Hal ini diperkenalkan sebagai salah satu cara menciptakan ketersediaan pasokan air.

Hingga kini beberapa pipa sedang dibangun sebagai upaya menghubungkan sistem regional untuk memfasilitasi perdagangan air.

Kedua, warga merasa harga air bersih (untuk minum) saat ini sangat mahal, sehingga utilitas terbesar di Australia, Sydney Water menyediakan pengiriman air bagi penduduk demi meringankan harga beli air minum.

Sementara di beberapa kota di Australia telah dibangun instalasi desalinasi (desalinaton plant), seperti di Australia Barat (Kwinana Desalination Plant), New South Wales (The Kurnell Desalination Plant), dan Adelaide (The Adelaide Desalination Plant). Ketiga proyek ini telah beroperasi dan berkontribusi besar bagi ketersediaan air bersih sepanjang tahun.

Bahkan, The Adelaide Desalination Plant berkontrubusi menghasilkan 300 megaliter air setiap hari, dan itu berlangsung sejak Oktober 2011. Demi ketahanan air, Queensland juga mengembangkan SEQ Water Grid, untuk meningkatkan ketahanan air negara dengan program mendaur ulang air di koridor barat Australia (Western Corridor Recycled Water Project).

Proyek penyediaan air baku di Australia tidak dilakukan oleh pemerintah sendiri, namun juga melalui program kemitraan dengan swasta yang dikenal dengan Private-Public Patnership (PPP). Usaha Pemerintah Australia sampai saat ini terbukti berhasil. Negara tersebut mampu memenuhi ketersediaan air bersih sepanjang tahun bagi penduduk mereka.y Nafi’ Muthohirin

Diprediksi besar sejumlah bendungan di Australia enam kali lebih besar daripada bendungan yang terdapat di beberapa negara di

Eropa. Menurut pemerintahan setempat, bendungan besar ini dibuat untuk memastikan kecukupan air bersih bagi masyarakat.

Bendungan air Victoria menerima sebagian besar air dari serangkaian waduk.

Luar Negeri Majalah Percik

Foto

: Wik

iped

ia

Page 35: Percik 1 2014

35

Otonomi daerah memberi kewenangan besar kepada kepala daerah

Semangat mereka diharapkan berkontribusi pada

akses air minum dan sanitasi

di masa mendatang

Foto

: Is

timew

a

Page 36: Percik 1 2014

36

Nana MulyanaWakil Ketua Umum Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI)

Wawancara II

Mencegah Lebih Penting dari MengobatiJumlah orang yang menderita sakit jauh lebih kecil dibanding orang sehat. Menurut data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2010, 70% masyarakat dalam keadaan sehat, sedangkan sisanya 30% sedang atau pernah mengalami sakit. Di sinilah pentingnya edukasi dan promosi kesehatan agar masyarakat yang sehat terhindar dari penyakit.

36

Foto

: do

k. P

ribad

i

Page 37: Percik 1 2014

37 Wawancara IIMajalah Percik

Promosi kesehatan merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui

pembelajaran agar mereka dapat menolong dirinya sendiri, serta mampu berperan serta secara aktif dalam berbagai upaya kesehatan di masyarakat, sesuai kondisi sosial budaya setempat dan didukung kebijakan publik yang berwawasan kesehatan.

Nana Mulyana, Wakil Ketua Umum Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) mengatakan, pembangunan kesehatan ke depan akan semakin mengarah pada tindakan preventif. Di sinilah promosi mempunyai peranan besar untuk mengedukasi masyarakat. Promosi kesehatan juga berlaku pada semua resiko penyakit, termasuk penyakit yang disebabkan masalah sanitasi dan air minum.

Menurutnya, ada empat model pelayanan kesehatan yaitu promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut wawancara lengkap reporter Majalah Percik dengan Nana Mulyana :

Penyakit apa yang biasa menyerang masyarakat yang tidak peduli sanitasi dan akses air minum sehat?

Penyakit yang terkait dengan ketersediaan air bersih terutama adalah diare. Berdasarkan data hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kemenkes tahun 2013, period prevalen diare sebesar 3,5%. Angka ini lebih kecil dibanding Riskesdas 2007 yang sebesar

9,0%. Penurunan period prevalen yang tinggi ini dimungkinkan karena waktu pengambilan sampel yang tidak sama antara 2007 dan 2013.

Diare merupakan gangguan buang air besar (BAB) yang ditandai dengan BAB lebih dari tiga kali sehari dengan konsistensi tinja cair, dapat disertai dengan darah dan atau lendir.

Siapa saja yang rentang dengan penyakit diare ?

Kelompok umur balita adalah kelompok yang paling tinggi menderita diare. Insiden diare balita di Indonesia adalah 6,7%.

Sementara itu berdasarkan kuintil indek, kepemilikan jamban masih rendah. Kepemilikan jamban yang rendah menyebabkan tingginya proporsi diare pada penduduk. Dilihat dari sisi profesi, yang mempunyai proporsi diare tertinggi adalah petani, nelayan dan buruh (7,1%).

Selama ini apa saja kendala yang dihadapi masyarakat dalam mengakses air minum dan sanitasi ?

Kelangkaan sumber air minum, seperti diakibatkan oleh kemarau, atau kondisi alamnya yang kering seperti NTT termasuk daerah yang paling sering mengalami kesulitan air. Dari 20 kabupaten atau kota yang ada di NTT, hanya 5 kabupaten saja yang terpenuhi kebutuhan air bersihnya. Sisanya tidak punya akses ke sumber air bersih.

Karakteristik tanah/ lingkungan yang menyebabkan air yang dikandungnya tidak memenuhi kualitas sumber air minum yang memenuhi syarat kesehatan, antara lain tingkat keasamaan yang tinggi, keruh, dan lainnya. Berdasarkan Riskesdas proporsi rumah tangga tertinggi dengan air minum keruh adalah di Papua (15,7%), berwarna juga di Papua (6,6%), berasa adalah di Kalimantan Selatan (9,1%), berbusa dan berbau adalah di Aceh (1,2%, dan 3,8%).

Masalah ketidakmampuan ekonomi dalam hal ini tidak memiliki sumber air karena tidak memiliki dana untuk membangun sumber air minum, maupun penyediaan air

ARAH PEMBANGUNAN KESEHATAN

RPJMN I2005 -2009

KURATIF-REHABILITATIF

RPJMN II2010-2014

RPJMN III2015 -2019

RPJMN IV2020 -2025

Bangkes diarahkan untuk meningkatkan akses dan mutu yankes

Akses masyarakat thp yankes yang berkualitas telah lebih berkembang dan meningkat

Akses masyarakat terhadap yankes yang berkualitas telah mulai mantap

Kes masyarakat thp yankes yang berkualitas telah menjangkau dan merata di seluruh wilayah Indonesia

PROMOTIF - PREVENTIF

VISI:MASYARAKAT

SEHAT YANG MANDIRI

DANBERKEADILAN

Arah pengembangan upaya kesehatan, dari kuratif bergerak ke arah promotif, preventif sesuai kondisi dan kebutuhanSumber : PPPKMI

Page 38: Percik 1 2014

38

minum melalui perpipaan atau membeli air minum. Masalah ketidaktahuan, dalam hal ini masyarakat tidak memiliki pengetahuan yang baik untuk mengolah air yang ada agar menjadi air minum yang memenuhi syarat kesehatan

Apa peran PPPKMI yang bisa dilakukan untuk mendukung program peningkatan akses air minum dan peningkatan sanitasi ?

Kami melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya air bersih dan upaya meningkatkan sanitasi, terutama jamban keluarga dan pengelolaan sampah rumah tangga. PPPKMI juga melakukan kemitraan dengan berbagai pihak, antara lain dengan institusi kesehatan yang memiliki jurusan promosi kesehatan untuk melakukan edukasi kepada masyarakat tentang kesehatan lingkungan (air minum dan sanitasi) melalui kegiatan bakti lapangan. Perlu diketahui pengurus PPPKMI di daerah pada umumnya dosen dan juga praktisi kesehatan, jadi kegiatan lebih mudah dilaksanakan.

PPPKMI juga melakukan upaya pemberdayaan masyarakat seperti pemanfaatan sampah dan kegiatan advokasi kepada pihak-pihak terkait dalam mendukung program peningkatan akses air bersih dan peningkatan sanitasi.

Apa saja kendala yang dihadapi PPPKMI ketika melaksanakan edukasi kepada masyarakat sektor air minum dan sanitasi ?

Edukasi kepada masyarakat bisa dilakukan melalui media

komunikasi langsung seperti penyuluhan, konsultasi/ konseling maupun komunikasi melalui media massa. Masih ada daerah tertentu yang sulit untuk dijangkau media komunikasi tersebut, terutama di daerah pedesaan yang terpencil. Sementara yang di perkotaan terkendala dengan ketersediaan waktu untuk kontak dengan sasaran edukasi, karena sasaran pada saat siang bahkan sore sibuk dengan aktivitas pekerjaan.

Dalam melakukan edukasi kepada masyarakat kendala yang utama adalah setelah masyarakat memiliki pengetahuan yang baik tentang sanitasi, misalnya BAB di jamban, membuang sampah

pada tempatnya, dan limbah dibuang juga pada tempatnya, namun untuk melakukan perilaku tersebut terkendala dengan kemampuan dana untuk menyediakan sarana-sarana tersebut (terutama bagi masyarakat yang kurang mampu).

Selain itu bagi masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan atau padat penduduk, ada kesulitan lahan atau tempat yang terbatas untuk menyediakan fasilitas tersebut.

Apakah masih banyak masyarakat yang belum menyadari pentingnya menjaga lingkungan dan peningkatan sanitasi ?

Masalah lingkungan yang saat ini menjadi permasalahan utama adalah terkait dengan sampah, baik sampah rumah tangga maupun sampah industri. Berdasarkan Riskesdas 2013, sebagian besar rumah tangga mengelola sampah dengan cara dibakar (50,1%), ditimbun dalam tanah (3,9%), dibuat kompos (0,9%), dibuang ke kali, parit, dan laut (10,4%), dan dibuang sembarangan (9,7%).

Di daerah perkotaan sampah merupakan suatu pemandangan yang biasa menumpuk dan berceceran. Selain itu kesadaran “go green” pada masyarakat masih rendah.

Wawancara II Majalah Percik

Berdasarkan Riskesdas tahun 2013 proporsi rumah tangga tertinggi dengan air minum keruh adalah di Papua (15,7%), berwarna

juga di Papua (6,6%), berasa adalah di Kalimantan Selatan (9,1%), berbusa dan berbau adalah di Aceh (1,2%, dan 3,8%).

Foto

: do

k. P

ribad

i

Nana Mulyana Wakil Ketua Umum PPPKMI

Page 39: Percik 1 2014

39 Wawancara IIMajalah Percik

Plastik selalu digunakan pada transaksi penjualan baik di pasar tradisional maupun modern. Masalah lain terkait dengan lingkungan adalah asap kendaraan bermotor dan juga perusahaan yang mencemari lingkungan, dan juga limbah yang dihasilkan oleh perusahaan, termasuk limbah medis yang dihasilkan oleh rumah sakit.

Menurut Anda upaya apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut ?

Pemerintah membuat regulasi yang pro perlindungan lingkungan. Pertama, setiap tempat-tempat umum harus menyediakan fasilitas seperti jamban, air bersih, tempat sampah, dan lainnya. Kedua, pengurangan penggunaan plastik untuk sarana belanja,

dalam hal ini pembungkus belanja atau alat menggunakan bahan yang bisa diserap atau diolah menjadi kompos. Ketiga, mendorong industri kecil atau rumah tangga yang memanfaatkan bahan dasarnya dari barang yang sudah tidak dipakai (sampah). Keempat, menerapkan sistem reward dan punishment terhadap orang atau kelompok dan yang terkait dengan air minum dan sanitasi lingkungan.

Hal lain yang harus dilakukan yaitu melakukan gerakan bersama untuk menjaga lingkungan. Seperti gerakan menanam pohon, gerakan membersihkan lingkungan di beberapa dearah ada kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan, gerakan membangun SAMIJAGA (Sarana Air Minum dan Jamban Keluarga).

Bagaimana dukungan instansi terkait guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membudayakan hidup bersih dan sehat ?

Air minum, sanitasi dan budaya hidup bersih dan sehat adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tanggung jawab pemerintah, atau khususnya Kementerian Kesehatan.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan sebagai lembaga yang berwenang mewujudkan masyarakat sehat, menurut pengamatan kami sudah banyak melakukan berbagai upaya melalui ; regulasi dan program-program yang dilakukan. Terkait dengan air minum dan sanitasi, telah dikembangkan PAMSIMAS, STBM, SAMIJAGA dan program lainnya

Peningkatan akses air minum dan sanitasi juga dilakukan oleh beberapa kementerian lainnya seperti Kementerian Pekerjaan Umum yang mengembangkan sarana prasarana sanitasi, pengelolaan sampah/ limbah, juga Kementerian Lingkungan Hidup yang mendorong semua daerah untuk membangun program air minum dan sanitasi.y Alzim S

Di daerah perkotaan sampah merupakan suatu

pemandangan yang biasa

menumpuk dan berceceran.

Foto

-foto

: is

timew

a

Page 40: Percik 1 2014

40 Inspirasi

HM. Nurdin Abdullah(Bupati Bantaeng)

40

Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah memberikan bukti bahwa dia mampu menghilangkan menyelesaikan sejumlah masalah air minum dan sanitasi di

wilayahnya. Nurdin berhasil membangun sejumlah fasilitas untuk kebutuhan air minum dan sanitasi. Mulai dari pembangunan cekdam (waduk), reboisasi hutan, peningkatan kinerja PDAM, pembangunan kolam renang, hingga

Foto

: Pe

mka

b Ba

ntae

ng

Page 41: Percik 1 2014

41

menjadikan pantai sebagai tempat wisata yang menarik.

Keberhasilan Nurdin menjadi Bupati pada periode 2008-2013 membuatnya terpilih kembali menjadi Bupati untuk periode kedua pada 2013 lalu. Masyarakat Bantaeng tidak ragu mendaulat Nurdin sebagai pemimpin mereka. Pria kelahiran Pare-Pare, 07 Februari 1963 ini pun sering menjadi teladan bagi pemerintah daerah lainnya.

Mulanya tidak banyak orang Indonesia yang mengenal Bantaeng yang terletak di ujung selatan Sulawesi Selatan tersebut. Tapi berkat kemajuan di sejumlah sektor yang diperlihatkan Nurdin, daerah ini menjadi fenomenal. Nurdin tidak hanya berhasil membangun ekonomi Bantaeng, namun juga pembangunan lingkungan.

Nama Nurdin kini sudah dikenal seantero Nusantara. Hampir semua media massa nasional pernah mengangkat sosok pria kelahiran Pare – Pare, 07 Februari 1963 tersebut. Salah satu pencapaian yang sukses diwujudkan dalam kepemimpinan Nurdin ialah mengelola air sehingga tidak kebanjiran saat hujan dan tidak mengalami kekeringan ketika kemarau datang. Bantaeng juga telah mempunyai obyek wisata air.

Nurdin dilantik menjadi Bupati Bantaeng periode pertama pada 6 Agustus 2008. Ketika berkunjung ke Jakarta pada Maret lalu, Nurdin bercerita tentang kondisi Bantaeng sebelum dia menjadi Bupati. Kala itu Bantaeng kerap dilanda banjir saat musim hujan, air sungai selalu meluap. Pada

tahun 2008 pernah terjadi banjir bandang yang menyapu kecamatan Bissapu dan kecamatan Mattoanging yang jaraknya sekitar lima kilometer dari kota Bantaeng dan menewaskan satu orang warga Bissapu. Pada tahun pertama kepemimpinan Nurdin, banjir

mencapai ketinggian hampir 1 meter dan menggenangi Rujab (rumah jabatan) Bupati Bantaeng yang berada di pusat kota.

Menurut Guru Besar Fakultas Kehutanan Universitas Hasanudin Makassar tersebut, saat itu banjir melanda

Bantaeng hulu dan daerah aliran sungai dipadati dengan bangunan. Akibatnya, aliran air tidak lancar dan ketika hujan mudah terjadi banjir. Saat itu Nurdin langsung berusaha agar masalah banjir bisa teratasi.

Langkah pertama yang dia lakukan kala itu adalah mengajak bawahannya untuk menyusuri delapan jalur

InspirasiMajalah Percik

Pada tahun 2008 pernah terjadi banjir bandang yang menyapu Kecamatan Bissapu dan

kecamatan Mattoanging yang jaraknya sekitar 5 kilometer dari kota Bantaeng dan menewaskan

satu orang warga Bissapu.

Atas Masyarakat Bantaeng akrab dengan banjir hingga tahun 2008.Bawah Banjir yang melanda Bantaeng pada 2008 merendam beberapa rumah penduduk.

41

Foto

: Is

timew

aFo

to :

Istim

ewa

Page 42: Percik 1 2014

42

anak sungai di kaki Gunung Lompobattang. Jalur anak sungai ini mempunyai peranan besar dalam menyumbang terjadinya banjir saat hujan deras tiba. Bupati rela basah terkena air hujan untuk mengetahui sebab terjadinya banjir. Dia tidak naik gunung menyusuri jalur air yang menjadi penyebab banjir. Perjalanan menyusuri anak sungai ditempuh sekitar enam jam, dari siang sampai malam.

Setelah mengetahui penyebab banjir, Nurdin merancang sejumlah program. Dia menata bangunan yang ada di aliran sungai. Namun rupanya langkah ini tidak mudah dilakukan, sebab dia merasa ada hambatan yang datang dari anggota legislatif. Maklum, dia menjadi Bupati karena diusung oleh partai-partai kecil yang tidak mempunyai suara banyak di DPRD.

“Saat itu tidak mudah menyelesaikan masalah banjir di Bantaeng. Dewan kurang mendukung, karena saya diusung oleh partai-partai kecil. Belum lagi adanya kampanye yang menyebut saya tidak akan bisa menyelesaikan masalah Bantaeng,” ujar Nurdin.

Beruntung Nurdin tidak

ini berhasil terwujud pada Desember 2009. Nurdin tidak hanya membuat Cekdam, dia juga melakukan pembenahan sepanjang aliran sungai agar air bisa mudah mengalir saat hujan deras. Hasilnya, Bantaeng

terbebas dari banjir tahunan. Cekdam yang berjarak tiga

kilometer di atas kota Bantaeng ini juga dimanfaatkan untuk air baku bagi Perusahaan Daerah Air Minum Bantaeng dan untuk irigasi teknis yang dimanfaatkan petani Bantaeng. Nurdin tidak hanya memfungsikan Cekdam sebagai tempat penampungan air, dia juga menjadikannya sebagai tempat wisata. Masyarakat

Inspirasi Majalah Percik

Sarana dan prasarana yang layak seperti

pembangunan infrastruktur dalam

sektor air minum dan sanitasi di kalangan masyarakat pedesaan sangat penting untuk

menunjang kesehatan. Hal ini dalam rangka

memenuhi standar pelayanan minimum di dalam penyediaan infrastruktur serta untuk pemenuhan

target MDG’s sanitasi.

Atas Anak-anak Bantaeng pernah memanfaatkan banjir untuk bermain air.Bawah Pantai Seruni tampak indah dengan nuansa pantai berpadu dengan taman rekreasi dan taman bermain.Kanan Seorang anak sedang bermain otoped di Pantai Bantaeng.

42

pernah putus asa. Kegigihannya membangun Bantaeng membuatnya secara perlahan bisa merealisasikan program. Untuk banjir, dia membuat Cekdam di Balang Sikuyu dengan dana mencapai Rp14 miliar. Proyek prestisius

Foto

: Is

timew

a

Foto

: Is

timew

a

Page 43: Percik 1 2014

43

sering memanfaatkan Cekdam untuk memancing. Pemerintah setempat juga sering mengadakan lomba mancing.

Nurdin juga menyadari bahwa banjir datang juga diakibatkan pengundulan hutan. Dia kemudian menginisiasi proyek penghijauan di empat kecamatan di daerah ketinggian, yakni kecamatan Eremerasa, kecamatan Uluere, kecamatan Bantaeng, dan kecamatan Tompobul. Nurdin membuat puluhan tempat pembibitan

berinvestasi triliunan Rupiah untuk mendukung program yang dilakukan Pemerintah Daerah Bantaeng. Sebelum menjadi Bupati, Nurdin memang dikenal sebagai pemimpin sejumlah perusahaan, sehingga mudah baginya menarik dunia usaha agar terlibat dalam pembangunan Bantaeng.

Di sektor lain, kepemimpinan pria yang pernah menjabat sebagai presiden direktur di empat perusahaan Jepang itu berhasil

baru mampu melayani 78% wilayah kota, sedang di desa disiapkan air bersih pedesaan. Jadi, antara proyek Cekdam dan IPA merupakan antisipasi gejala terjadinya kekurangan air pada musim kemarau dan banjir pada musim hujan.

IPA berjalan dengan memanfaatkan 31 titik sumber air dengan delapan sungai yang mengarah ke kota. Besarnya debit air, terutama pada musim hujan tersebut harus dapat dikendalikan agar tidak menjadi penyebab banjir di dalam kota. Untuk itu, pada Cekdam Balang Sikuyu dibuat saluran akses untuk membuang air ke Sungai Calendu sepanjang 600 meter. “Cekdam untuk penanggulangan banjir kota yang sekaligus berfungsi sebagai penyedia stok air pada musim kemarau dan juga berfungsi menjadi fasilitas rekreasi baru di daerah ini,” urai Nurdin.

Di sektor sanitasi, Bantaeng juga aktif menyuarakan pentingnya Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM). Dalam pandangan Nurdin, perkembangan sanitasi yang mencakup pada air bersih dan persampahan sangat berperan aktif dalam kehidupan masyarakat karena memiliki hubungan erat dengan kesehatan. Sarana dan prasarana yang layak seperti pembangunan infrastruktur air minum dan sanitasi di kalangan masyarakat pedesaan sangat penting untuk menunjang kesehatan. Hal ini dalam rangka memenuhi standar pelayanan minimum di dalam penyediaan infrastruktur serta untuk pemenuhan target MDG’s sanitasi.

pohon, seperti pohon trembesi, angsana, dan tanjung yang cocok untuk program reboisasi. Pemerintah Bantaeng juga melibatkan warga untuk melakukan program penanaman pohon di sekitar hutan yang gundul.

Program penanaman pohon yang dilakukan Nurdin mampu mengubah ribuan hektar lahan nganggur di wilayah Pajjukukang, menjadi kawasan industri, yang akan didirikan beberapa pabrik smelter yang didanai investor Cina, India dan Jepang. Para investor tidak ragu untuk

membangun proyek Instalasi Pengolahan Air (IPA) Campaga di desa Barua, kecamatan Ere Merasa. IPA dibangun dengan dana lebih dari Rp12 miliar, dan menjadi milik PDAM. IPA mengalirkan air bersih ke kecamatan Pa’jukukang hingga ke perbatasan Bulukumba.

Selama ini IPA memanfaatkan sumber air Campaga berkapasitas 40 liter/detik, namun PDAM baru menangkap sekitar 20 liter/detik. Sumber air Campaga terletak sekitar empat kilometer dari lokasi pembangunannya. Sebelumnya pada 2008, PDAM Bantaeng

InspirasiMajalah Percik 43

Foto

: Is

timew

a

Page 44: Percik 1 2014

44 Inspirasi Majalah Percik

Taman Rekreasi untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Saat Bantaeng sering dilanda banjir, anak-anak sering berenang di genangan air hujan. Perilaku ini sangat beresiko bagi kesehatan. Air hujan yang sudah kotor bisa mengakibatkan berbagai penyakit kulit dan diare. Anak-anak kerap tidak mempedulikan ancaman penyakit tersebut, sehingga mereka pun sering mengalami gangguan kesehatan.

Agar anak-anak tetap bisa berenang, Bupati Bantaeng ini kemudian menyediakan fasilitas kolam renang bagi masyarakat Bantaeng. Kualitas kolam renang yang dibangun Nurdin bertaraf internasional. Fasilitas kolam renang ini juga dibangun untuk mendukung atlit-atlit renang daerah agar bisa berprestasi di tingkat nasional maupun

internasional. Kolam renang ini juga bebas dipakai masyarakat umum.

“Kini anak-anak tidak perlu menunggu banjir untuk berenang. Sudah tersedia fasilitas kolam renang yang menjamin kualitas air bersih dan sehat. Anak-anak semakin gembira berenang di kolam renang yang bersih,” tambah Nurdin.

Pengalaman Nurdin sebagai akademisi sekaligus bergelut di sejumlah perusahaan multinasional berkontribusi pada kinerjanya sebagai bupati. Jaringan internasional yang dimilikinya dimanfaatkan untuk pembangunan Bantaeng. Pengalamannya sebagai pucuk pimpinan perusahaan membuat Nurdin lihai mengambil keputusan dan mengeksekusinya dengan baik.

Tidak heran pada Pilkada Bantaeng 2013 silam Nurdin menang mutlak dengan suara lebih dari 90% jumlah pemilih. Masyarakat bisa menilai kinerja bupati mereka, hanya yang terbaiklah yang akan terpilih.

“Saya sempat menolak untuk dicalonkan kembali. Namun masyarakat secara bersama-sama mengumpulkan KTP agar saya maju dari jalur independen. Langkah masyarakat mengumpulkan dukungan ini tidak bisa saya tolak,” kata Nurdin yang juga mengaku pada 2008 juga didesak masyarakat untuk mengikuti Pilkada dan akhirnya menang. y Islahuddin

Atas Masyarakat memanfaatkan cekdam sebagai sarana memancing. Cocok bagi mereka yang ingin bersantai ria.Kanan Atas Ramainya suasana kolam renang, menunjukkan pantai Seruni tak pernah sepi pengunjung.

44

Pembangunan kolam renang membuat anak-anak tidak perlu “menunggu”

banjir untuk berenang.

Foto

-foto

: Is

timew

a

Foto

-foto

: Is

timew

a

Page 45: Percik 1 2014

45

Cara mudah menabung air dan memupuk tanah

serta mengurangi bahaya banjir

Mulai dari halaman rumah ,

taman kota dan lingkungan

hijau sekitar kita!

Page 46: Percik 1 2014

46Fo

to: I

stim

ewa

Jatim Pilot Project Sanitasi nasional

Soekarwo dan nina Soekarwo

Isu kesehatan dan kebersihan menjadi prioritas utama Pemerintah Daerah Jawa Timur (Jatim). Di bawah kendali Gubernur Jatim Soekarwo, propinsi yang

berpenduduk lebih dari 39 juta jiwa ini berhasil keluar dari ancaman akibat kerusakan sanitasi.

Tokoh46

Page 47: Percik 1 2014

47

Jatim terus menorehkan prestasi dan penghargaan di sektor sanitasi dan kesehatan. Pada ajang MDGs Award 2013 yang

diumumkan 15 Maret 2014 lalu, Jatim mendapatkan penghargaan kategori Penghargaan Khusus Provinsi Terbaik. Penghargaan ini semakin mengukuhkan Jatim sebagai provinsi yang memberikan perhatian besar pada program yang terkait dengan target pembangunan milenium yang di antaranya adalah sektor air minum dan sanitasi.

Sebelumnya pada 2012 Jatim juga didaulat oleh Kementerian Pekerjaan Umum (Kementerian PU) sebagai proyek percontohan (pilot project) pada sektor sanitasi untuk pembuatan roadmap (peta jalan pengembangan yang bersifat strategis, berskala besar dan berdurasi panjang) sanitasi nasional. Jatim membuat roadmap yang kemudian dibahas dalam lokakarya di tingkat pusat. Jatim menjadi proyek percontohan sanitasi pertama disusul Provinsi Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan.

Penyusunan roadmap sanitasi yang dilakukan Jatim cukup lancar karena adanya komunikasi dan kerjasama Pokja (kelompok kerja) dan Satker (satuan kerja) sanitasi. Komunikasi yang berjalan baik ini membuat Pemprov Jatim tinggal memperbaharui data dan disusun kembali untuk menjadi laporan yang terbaru. Data yang menjadi acuan utama pembuatan roadmap adalah data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim ditambah dengan data dari Satker seperti Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, Dinas Kesehatan, dan Badan Lingkungan Hidup.

Penyusan roadmap ini didukung oleh pemerintah

kabupaten/kota melalui Strategi Sanitasi Kabupaten/Kota (SSK). Di antara pemerintah kabupaten/kota yang sudah mempunyai SSK adalah Pacitan, Lumajang, Pamekasan, Banyuwangi, Lamongan, Malang, Trenggalek, Tulungagung, Nganjuk, dan lainnya. Mereka telah membuat buku putih terkait kondisi terkini sanitasi. Hampir semua kabupaten/kota di Jatim telah menguikuti Program Percepatan Sanitasi Permukiman (PPSP).

Pilot project sanitasi merupakan salah satu contoh keberhasilan di bidang sanitasi. Selain itu, Jatim juga telah melakukan sejumlah program sanitasi yang kini sudah terasa hasilnya. Jatim dinilai berhasil melakukan konservasi waduk dan mengembalikan kualitas air di desa Bozem Morokrembangan, Surabaya.

Padahal, mulanya daerah tersebut merupakan kawasan padat penduduk, kumuh, dan air waduknya menyebarkan bau busuk. Berkat kesadaran masyarakat setempat dan dorongan dari Pemerintah Kota Surabaya, area ini menjadi normal kembali. Bahkan tak lagi ditemukan warga yang buang air besar sembarangan (BABS) di sekitar waduk.

Selain berhasil mengeluarkan Morokrembangan dari ancaman sanitasi buruk, Soekarwo juga berupaya keras mendorong seluruh kepala desa di Jatim supaya “menghijaukan” desa-desa dengan tanaman dan pepohonan. Tak ayal, jika terdapat deretan pot bunga di sepanjang gang-gang desa. Di Surabaya misalnya, realitas itu tampak seperti di sejumlah desa di kecamatan Wonocolo, Wonokromo, Jagir, dan lainnya.

Soekarwo dan nina Soekarwo Peranan Ibu PKKDalam mewujudkan

infrastruktur sanitasi yang baik, Pemprov Jatim juga kerap melakukan kerja sama dengan pihak swasta. Bahkan Dinas PU Cipta Karya Jatim juga menggandeng ibu-ibu PKK Jatim yang diketuai langsung oleh Nina Soekarwo. Menurut Nina, perempuan merupakan target kampanye di sektor sanitasi karena peran ibu sangat penting, terkait langsung dengan penanganan sanitasi di keluarga maupun lingkungan sekitar.

“Keterlibatan ibu-ibu PKK dinilai penting dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya sanitasi yang bersih di lingkungan keluarga,” urai perempuan yang kerap disapa Bude Karwo ini, di laman resmi Pemprov Jatim.

Nina menambahkan, partisipasi kaum hawa dalam kampanye sanitasi sangat dibutuhkan karena dianggap lebih telaten dan mudah diajak bekerjasama. Di lingkungan keluarga, mereka bisa menjadi ibu sekaligus mentor untuk memahamkan anak-anaknya akan sanitasi lingkungan.

Teladan yang paling sederhana ialah dengan mengajarkan anak-anak mereka untuk membersihkan rumah, membuang sampah yang benar, hingga menjaga lingkungan rumah tetap sehat. “Perempuan dianggap kompeten untuk bisa mengajak hidup sehat bagi keluarganya,” tambah Nina.

Demi peningkatan sanitasi, Bude Karwo kerap menyuarakan pentingnya sanitasi lewat berbagai seminar, workshop, dan pelatihan, demi terwujudnya lingkungan Jatim yang sehat dan bersih. y Alzim S

Tokoh DaerahMajalah Percik 47

Page 48: Percik 1 2014

48

Masalah kebersihan, ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH), sampah dan

tata kota menjadi perhatian pertama Bima pada awal masa jabatannya. Sejak masa kampanye dia memang menyuarakan pentingnya memperhatikan lingkungan. “Kebun Raya ini merupakan etalase Kota Bogor yang harus kita jaga dan perhatikan kondisi kebersihannya dan kelayakannya,” ujar Bima kala singgah di Kebun Raya (8/4).

yang semrawut dan begitu juga di Jalan Oto Iskandar Dinata. Bima meminta Kepala DLLAJ untuk melakukan evaluasi terhadap manajemen kemacetan dan trayek di titik tersebut untuk mengurai persoalan kesemrawutan di wilayah itu.

Ketika berkampanye pada Pilkada 2013 lalu, Bima mengakui banyak masalah yang akan menantinya ketika akan menjabat Walikota. Saat kampanye dia mempunyai lima program prioritas. Tiga prioritas utama adalah menata transportasi dan angkutan umum serta pedagang kaki lima (PKL), menata pelayanan persampahan dan kebersihan. Selain itu memberikan perhatian pada ruang publik, pedestrian, taman dan RTH. Terakhir

Merancang bogor ramah Lingkungan

bima arya Sugiarto

Bima : Bogor is not for sale

Sejak 7 April 2014 lalu Bima Arya Sugiarto resmi dilantik sebagai Walikota Bogor. Satu hari berselang, Bima dan wakilnya Usmar Hariman berkeliling bersama seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk meninjau langsung kondisi kota hujan tersebut.

Dengan menggunakan satu bus pariwisata, Bima mengajak seluruh Kepala SKPD melihat kondisi nyata di

Kota Bogor. Berbagai kritikan dan masukkan disampaikan selama dalam perjalanan yang berlangsung mulai dari Plaza Balai Kota bergerak menuju Jalan Surya Kencana. Bima mengatakan, kondisi di sekeliling Kebun Raya Bogor sangat memprihatinkan, banyak pendestrian (trotoar)yang bolong-bolong, begitu juga sampah dan tali rapia bergantungan di pohon-pohon.

Bima juga mengomentari persoalan arus lalu lintas di depan Bogor Trade Mall (BTM)

Tokoh48Fo

to :

Pem

kot B

ogor

Page 49: Percik 1 2014

49

adalah reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

Agar Bogor mudah ditata, dia akan membatasi pembangunan pusat perbelanjaan, mal, dan hotel. Bahkan pembangunan mal dan hotel di tengah kota sudah dilarang. Proyek-proyek itu hanya menguntungkan kalangan pemodal, padahal di sisi lain lahan resapan air semakin berkurang. Menurutnya, Bogor is not for sale. Karena itu perizinan pembangunan mal atau hotel mulai dipersulit.

Bima mengakui, selama satu dekade terakhir pendirian gedung-gedung mewah tidak terkendali sehingga mengakibatkan genangan air di berbagai lokasi strategis. Menurutnya, masyarakat akan malu jika Bogor yang selama ini dikenal sebagai kota hijau, dengan Kebun Raya yang luas, tapi di masa yang akan datang akan punah akibat ulah pemodal yang kian rakus.

Pada masa awal memerintah, Bima mendapatkan 50% dari 235 minimarket di Bogor yang tidak memiliki izin, serta 60% dari 230 tower (menara BTS) yang juga bodong. “Kita tidak ingin menjadi kota metropolitan. Kita ingin jadi kota yang berada di dalam sebuah kebun besar. Sementara kota metropolitan akan difokuskan ke kawasan-kawasan yang masih perlu

pembangunan,” kata Bima Arya, kepada Percik di sebuah diskusi di Jakarta beberapa waktu lalu.

Membatasi pembangunan gedung mewah,

menjadi satu langkah mengatasi banjir. Bima Arya ingin mengembalikan identitas Bogor sebagai kota hijau yang sejuk, bebas macet, dan ramah terhadap wisatawan. “Saya berkeinginan supaya Bogor menjadi kawasan konservasi sejuta bunga, surga bagi pejalan kaki, dan bukan lagi sejuta angkot. Pada prinsipnya kita ingin Bogor menjadi city in the garden dalam waktu dekat,” ungkap dia.

Untuk mewujudkan cita-cita yang agung itu, dia mulai menggarap dengan serius konsep taman kota di berbagai sudut di Kota Bogor. Bahkan demi kepentingan ini salah satu walikota yang masih berusia muda ini telah belajar ke Tri Rismaharini (Walikota Surabaya) dan Ridwan Kamil (Walikota Bandung). Pemerintah setempat akan banyak mengkonversi area tertentu menjadi lahan hijau atau proyek kebun.

“Saat ini kita sudah mulai

Merancang bogor ramah Lingkungan

Bima : Bogor is not for sale

melakukan penelitian dan membuat daftar titik mana saja yang bisa dijadikan kawasan hijau terbuka. Demi merealisasikannya, saya sudah datang ke Surabaya untuk belajar dari Kota Pahlawan tersebut,” jelas Bima.

Program unggulan lain yang dimiliki Bima adalah pengelolaan sampah melalui Bank Sampah. Dalam rangka mengurangi tumpukan sampah Kota Bogor yang kian meningkat, Bima membentuk Bank Sampah di tingkat RW. Guna Mengundang keterlibatan masyarakat, Pemkot Bogor juga melakukan sosialisasi, workshop penguatan kapasitas kelompok dalam pengelolaan sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle), dan pembentukan Bank Sampah.

Kampanye dan ajakan agar warga terlibat dalam membersihkan kota akan dilakukan dalam berbagai hal. Kampanye ini akan dimulai dari menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap kota Bogor dan sifat saling menghormati antar warga kota. Rasa cinta terhadap kota akan menggerakkan warga untuk aktif tidak hanya membersihkan sampah di pekarangan akan tetapi juga di lingkungan mereka. y Nafi’ Muthohirin

Tokoh DaerahMajalah Percik 49

Page 50: Percik 1 2014

50

Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal air siap minum adalah air yang sudah dimasak dan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). AMDK dinilai sudah memenuhi syarat konsumsi. Proses disinfeksi yang digunakan pada AMDK menggunakan ozonisasi karena ozon merupakan oksidator kuat dengan nilai potensial standar sebesar +2,07 volt.

Teknologi50

OZULTRA:Solusi Mengolah Air Minum Sehat

Page 51: Percik 1 2014

51

Terinspirasi dari kesuksesan AMDK tersebut, Stela Candra Kumula dan

Wahyudin, lulusan jurusan Kimia Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, menggagas alat pengolahan air minum berstandar nasional yang ia beri nama OZULTRA. Ozultra memadukan proses ozonisasi dengan iradiasi ultraviolet. “Ozultra merupakan inovasi teknologi ozon dan iradiasi ultraviolet untuk pengolahan air minum berstandar nasional. Dengan model pengolahan ini kita berharap akan bisa memenuhi kebutuhan air minum bagi masyarakat Indonesia,” kata Wahyudin.

Disinfeksi dengan alat kombinasi ozon dan iradiasi ultraviolet merupakan inovasi yang cukup baik dalam menginaktivasi mikroorganisme, mengoksidasi besi (II) menjadi

besi (III), mengoksidasi mangan (II) menjadi mangan (IV), menginaktivasi mikroorganisme dengan merusak Deoxyribonuclead Acid (DNA) dari sel bakteri, serta merusak inti asam nukleat pelapis protein yang menghambat pertumbuhan sel baru sehingga menyebabkan kematian pada bakteri. Namun, jika ditambah dengan adsopsi zeolit maka ini akan meningkatkan efektivitas penurunan kelebihan besi dan mangan dalam air.

Proses sintesis ozon melalui penyerapan sinar ultraviolet sampel ujinya dapat dilakukan seperti hal ini. Pertama, gas oksigen dialirkan dengan debit 1666,67 mL/menit ke dalam tabung quartz sehingga menyerap radiasi ultraviolet pada panjang gelombang 240 nm. Kedua, proses pembentukan dan penguraian ozon.

Selanjutnya, ozon hasil sintesis akan dikontakkan

dengan sampel uji yang mengalir pada tabung venturi sehingga mengoksidasi besi (II) yang terlarut menjadi besi (III) yang mengendap, mengoksidasi mangan (II) yang terlarut menjadi mangan (IV) yang mengendap.

“Proses disinfeksi dengan iradiasi ultraviolet juga terjadi dalam reaktor air, semakin lama waktu penyinaran maka disinfeksi untuk menurunkan nilai pH, konsentrasi besi, mangan, TDS, dan Bakteri E. coli dalam air tanah akan semakin meningkat,” kata Wahyudin.

Konsentrasi ozon yang terbentuk hasil sintesis dengan laju alir oksigen sebesar 833.34 mL/menit dengan waktu sintesis 0, 20, 40, dan 60 menit berturut-turut adalah 0,00; 38,37; 41,49; dan 50,65 mL/kL. Dengan ini, maka pengolahan air minum berstandar nasional akan bisa direalisasikan dengan baik. y Alzim S

Inspirasi Majalah Percik 51

Power Supply 110 V

Tutup Tandon

PemantikBlue Gas Tandon I

Vol. 25 L

Lampu UV15 Watt

Tandon IIVol. 15 L

Pipa Air 1/2 “

Kran Air 1/2 “

Pompa Udara220-240V / 60W

Selang Silikon ID.12x8 mm

Reaktor Ozon

Sum

ber:

Ozu

ltra

Page 52: Percik 1 2014

52

Presiden Pertama Indonesia Soekarno pernah berujar “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.

Pemuda sebagai Motor

Pelestarian Lingkungan

Lifestyle52

Pemuda mempunyai kekuatan besar untuk memberikan perubahan di negeri ini. Banyak yang bisa

mereka lakukan, termasuk melakukan perubahan di sektor lingkungan.

Saat ini semakin banyak anak muda yang sadar bahwa mereka bisa memberikan kontribusi besar di sektor lingkungan. Sejumlah komunitas lahir, mulai dari komunitas yang memperlihatkan kepedulian pada sampah, sungai, hingga penghijauan. Salah satu kelompok atau komunitas anak muda kreatif adalah Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (Kophi).

Gerakan ini awalnya diprakarsai oleh tiga orang mahasiswa dari perguruan tinggi yang berbeda, yaitu

Page 53: Percik 1 2014

53

Yudithia (Universitas Indonesia), Lidwina Marcella (London School of Public Relation), dan Agusman Pranata (President University). Kophi berdiri pada 28 Oktober 2010 dan diresmikan pada tanggal 30 Oktober 2010 melalui sebuah deklarasi di Museum Bank Mandiri, Jakarta, ketika terbentuk anggotanya sekitar 50 orang.

Kophi menjadi sarana edukasi sehari-hari bagi pelatihan pembuatan lubang biopori di sekolah-sekolah, kegiatan pemberdayaan masyarakat desa yang disebut sebagai kegiatan Gerakan Aksi Sosial dan Lingkungan (Gelas Kophi), kampanye Aksi Wisata Bersih bersama komunitas, edukasi air minum dan sanitasi untuk anak jalanan, pelatihan dan pembibitan jamur, penghidupan kembali kegiatan

fasilitator dalam pengembangan kapasitas mereka melalui workshop, training, dan seminar yang bekerjasama dengan NGO-NGO dan komunitas-komunitas hijau. Kini Kophi tidak hanya ada di Jabodetabek saja, namun juga “menular” ke sejumlah kota lain di Indonesia. Kophi kini juga ada di Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Papua, Yogyakarta, Jawa tengan, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Selatan.

LifestyleMajalah Percik 53

Sejumlah kota lokasi Kophi berada selalu dilakukan kegiatan yang bertujuan memberikan

solusi pada lingkungan. Di Yogyakarta misalnya, pada 22 – 25 Maret 2014 menggelar

acara #PaperCollectionDays.

taman kota di Bandung, serta edukasi lingkungan bagi anak-anak. Semua kegiatan itu dikemas dalam sebuah program bernama KOPHI Insomnia.

Kophi juga hadir sebagai

Sejumlah kota lokasi Kophi berada selalu dilakukan kegiatan yang bertujuan memberikan solusi pada lingkungan. Di Yogyakarta misalnya, pada 22 – 25 Maret 2014 menggelar acara

Atas Pemuda KOPHI Sumut di Jl Imam Bonjol, selepas acara pungut sampah di jalanan.Bawah KOPHI Sulsel menggalakkan aksi cabut paku dan pungut sampah.

Foto

: Ko

phi

Foto

: Ko

phi

Page 54: Percik 1 2014

54

adalah konsep Da’an Dadin yang berarti kepedulian pada lingkungan hidup. Kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan dari lingkungan dan alam yang ada di sekitar mereka. Masyarakat harus dididik mencintai alam sejak dini.

“Kepedulian siswa pada alam akan menyadarkan mereka akan pentingnya keseimbangan lingkungan,”kata Leopindus.

Dalam konsep ini siswa dan masyarakat setempat diminta menjaga lingkungan. Mereka tidak boleh menebang pohon sembarang dan menjaga keseimbangan lingkungan. Konsep ini ditanamkan agar bumi yang sehat bisa tetap diwariskan secara turun temurun. y Islahudin

Lifestyle Majalah Percik

#PaperCollectionDays.“Koalisi Pemuda Hijau

Indonesia atau KOPHI berdiri untuk menjadi suatu wadah bagi anak muda yang ingin menjadi bagian dari solusi masalah perubahan iklim sehingga mereka dapat bergerak untuk melakukan sebuah tindakan secara kolektif dan berkelanjutan demi terciptanya lingkungan Indonesia yang lestari.” Tulis Kophi Yogyakarta dalam situs resmi mereka.

Kearifan Lokal pada Lingkungan

Kepedulian atas lingkungan dan sumber daya alam tidak hanya disadari oleh pemuda-pemuda kota. Kepedulian yang sama juga telah disadari oleh masyarakat desa. Walaupun saat ini masalah lingkungan di desa tidak separah kota, namun lambat laun masyarakat mulai melihat adanya kerusakan dalam lingkungan mereka.

Kesadaran ini misalnya diakui oleh masyarakat desa Kloangpopot, kecamatan Doreng, kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur. Sejumlah pendidik dan tokoh masyarakat setempat kemudian membuat konsep pendidikan Mior Dadin. Kata Mior berarti baik, hebat atau unggul. Sedangkan, dadin berarti berkesinambungan.

Menurut salah satu pencetus Mior Dadin, Leopindus Maring (60 tahun), pendidikan ini diterapkan setelah melihat para siswa dan penduduk kurang hormat kepada guru, hidup boros, dan tidak memperhatikan lingkungan. Salah satu yang ditekankan dalam Mior Dadin

Kepedulian atas lingkungan dan

sumber daya alam tidak hanya disadari oleh pemuda-pemuda

kota. Kepedulian yang sama juga

telah disadari oleh masyarakat desa.

Foto

: Is

timew

a

Bawah Anak-anak Sikka NTT ditanamkan kepedulian melalui seni

Page 55: Percik 1 2014

55 Kilas

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum menggelar Kick-off Meeting Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat (SPBM) Anggaran 2014 pada 22 Januari 2014. Dalam acara yang berlangsung di Gedung SDA, Kementerian Pekerjaan Umum itu, Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Ditjen Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Mursito menyampaikan, komitmen pemerintah daerah terhadap program SPBM tidak cukup hanya terkait dengan penganggaran.

Komitmen pemerintah daerah harus sampai pada hasil yang sudah diamanahkan program SPBM-USRI, yakni dengan memanfaatkan dan memelihara sarana yang sudah dibangun. SPBM-USRI merupakan program pemberdayaan yang bertujuan mengembangkan kapasitas masyarakat.

Melalui SPBM-USRI masyarakat menyusun programnya sendiri sesuai dengan kebutuhan mereka. Dan kunci keberhasilan pemberdayaan masyarakat adalah ketika mereka merasa memiliki atas hasil yang sudah dibangun serta memeliharanya. y Kelly Ramadhanti

Kick-off Meeting SPBM-USRI

JANUARI

SEJUMLAH stakeholder Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) melakukan pembasahan Naskah Akademis (NA) Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) pada pertengahan Februari 2014 di Hotel Grand Cemara Jakarta. NA-RPAM disiapkan oleh Pemerintah bersama Waspola (Water Supply and Sanitation Policy Formulation and Action Planning) Facility.

Hadir dalam acara itu perwakilan dari Bappenas, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Kota Banjarmasin, Pemerintah Kota Bandung, Akademisi, Waspola Facility, Pokja AMPL dan pelaku lainnya. Pengarusutamaan RPAM diharapkan akan membantu para pelaku AMPL, terutama dalam kepastian layanan air minum, dengan prinsip 4K (Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas dan Keterjangkauan).

Risyana Sukarna, tim RPAM dari Waspola Facility menjelaskan bahwa pemenuhan aspek kecukupan dan keberlanjutan atas air merupakan mandat dari UU No.7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air. “Tahun 2012 merupakan tahun pematangan konsep RPAM berdasarkan konsep WHO. Sedangkan tahun 2013 ujicoba di tingkat operator dan masyarakat yaitu di Banjarmasin, Bandung, dan Bangka. Tahun 2014 merupakaan saat yang tepat untuk mendesakkan ini dalam pengarus utamaan dalam rancangan teknokratis RPJMN” kata Risyana. y Cheerli

Pelaku AMPL Bahas NA-RPAM

FEBRUARI

Foto

: Ke

men

PU

Foto

: D

ok. P

okja

AM

PL

Page 56: Percik 1 2014

56 Kilas Majalah Percik

PARA pemenang MDGs Award 2013 diumumkan pada 15 Maret 2014. Pengumuman para pemenang dilakukan setelah para juri mengidentifikasi 63 program unggulan dan melakukan verifikasi langsung di lokasi.

SEJUMLAH daerah telah menorehkan prestasi dalam pelaksanaan program Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman (PPSP). Sementara itu daerah lain terus berbenah. Setiap daerah bisa saling berbagi atas kisah sukses yang telah mereka lakukan.

Setiap daerah kembali mengukuhkan komitmen mereka untuk menyukseskan PPSP dalam acara Kick-Off Nasional Program PPSP 2014 yang dilaksanakan pada 4-6 Maret 2014 di Hotel Mercure Ancol Jakarta. Hingga 2013 sudah 346 kota/kabupaten memiliki Strategi Sanitasi Kota/Kabupaten, yakni dokumen perencanaan yang komprehensif untuk pembangunan sanitasi di daerahnya.

Salah satu provinsi yang sukses merangsang kota/kabupaten untuk menyusun Strategi Sanitasi Kota (SSK) adalah Bangka Belitung. Menurut Rusli Khaidir, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Lingkungan, Bappeda Babel, setiap daerah antusias menyambut program PPSP.

Penganugerahan Indonesia MDGs Awards 2013

Mengukuhkan Kembali Komitmen PPSP

MARET

Penerima penghargaan berasal dari empat kelompok yang berbeda yaitu kabupaten/kota, organisasi masyarakat, organisasi pemuda dan akedemisi, serta swasta. Masing-masing kelompok fokus pada empat bidang berbeda, yaitu akses terhadap air minum dan sanitasi dasar; kesehatan ibu dan anak; nutrisi, pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS dan penyakit menular; serta pendidikan.

Utusan khusus presiden RI untuk MDGs, Nila Moeloek mengungkapkan, penghargaan ini merupakan penghargaan ketiga kalinya yang telah dilaksanakan. “Kami terus menemukan berbagai program pembangunan yang inovatif dan kreatif di tingkat akar rumput. Semua terobosan yang mereka lakukan memberikan perbaikan nyata bagi kesejahteraan masyarakat setempat,” ujar Nila dalam malam penganugerahan penghargaan IMA 2013 di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta. y Cheerli

“Babel mempunyai program SATAM EMAS (Satu Miliar Satu Kecamatan) yang salah satu misinya adalah pembangunan sanitasi dan air minum yang akan dilakukan oleh Kota/Kabupaten,” kata Rusli.

Berbeda dengan Kalimantan Utara (Kaltara) yang membutuhkan banyak perhatian. Kaltara merupakan provinsi baru yang infastrukturnya masih minim, termasuk secara organisasi, Pokja AMPL mereka masih menginduk ke Kalimantan Timur. “Untuk Kaltara, kami mohon adanya pendampingan dari pusat, berupa knowledge sharing, bantuan SDM terlatih, dukungan dokumen, dan lain-lain”, ujar Tri Wahyu Wibowo, Bappeda Kaltara ketika ditemui dalam acara tersebut. y Kelly Ramadhanti

Foto

: Is

timew

a

Foto

: aw

ards

.indo

nesi

amdg

s.org

Page 57: Percik 1 2014

57 KilasMajalah Percik

High Five Indonesia menggelar acara penutupan kegiatan yang dilaksanakan pada 3 April 2014. Acara yang dilaksanakan di The Thamrin Nine Ballroom, UOB Plaza Jakarta Pusat ini mengangkat tema “STBM to Prosperity, from Us to Everyone”.

High Five merupakan program yang mendorong perubahan perilaku higien dan sanitasi, khususnya di daerah

perkotaan. Implementasi program ini telah dilaksanakan selama 3 tahun di tiga kota yaitu Medan, Surabaya, dan Makassar. Mission Director USAID, Derrick Brown menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang turut mendukung suksesnya program High Five. Dia

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum (Kemen PU) menggelar “Stakeholder’s Forum Indonesia International Water Week Stakeholder Forum (IIWW)” pada 21 – 23 Mei 2014 lalu. Pameran yang dilangsungkan di Grand City Convex, Surabaya ini diharapkan mampu mendorong perbaikan kondisi air minum dan sanitasi di Indonesia. “Selain itu, acara ini merupakan salah satu upaya bersama dalam meningkatkan kondisi air dan sanitasi kepada masyarakat guna meningkatkan permukiman layak huni,” kata Menteri PU Djoko Kirmanto ketika membukan acara tersebut(21/5).

Forum ini tidak hanya bermanfaat bagi

Malam Puncak High Five Indonesia

APRIL

MEI

Indonesia saja, namun juga bagi negara lain khususnya yang berada di wilayah Asia Pasifik. Seperti diketahui, sejak beberapa tahun terakhir ini sejumlah negara dunia terus berupaya dalam meningkatkan kondisi air dan sanitasi di negaranya. Sementara itu, Direktur Jenderal Cipta Karya, Kemen PU, Imam S Ernawi mengungkapkan, acara yang diikuti oleh semua pemangku kepentingan ini merupakan langkah awal untuk mempersiapkan pelaksanaan IIWW yang akan dilaksanakan pada 2015. Acara ini juga diadakan untuk menghimpun isu-isu dan berbagai solusi kreatif dalam menghadapi target post MDGs 2019. y Cheerli

Kemen PU Gelar Stakeholder’s Forum IIWW 2014

berharap program STBM bisa berkembang dan semakin melibatkan banyak pihak.

Hal senada disampaikan Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas, Nugroho Tri Utomo. Dia menegaskan, STBM tidak dapat dilakukan oleh satu pihak saja. Dukungan dari berbagai pihak, terutama donor, para mitra dan private sector mutlak diperlukan dalam pencapaian target univesal access pada tahun 2019. y Cheerli

Foto-foto: High Five

Foto

: Ke

men

PU

Page 58: Percik 1 2014

58 Resensi

Judul Buku : Air Hujan dan Kita: Panduan Praktis Pemanfaatan Air Hujan Penulis : Kelompok Raindrops Penerbit : Kompas, 2009 Halaman : 224

KEKURANGAN air di musim panas dan banjir di musim hujan telah menjadi fenomena tersendiri di sejumlah daerah di Indonesia. Kondisi ini seharusnya tidak terjadi jika ada manajemen pengelolaan air yang benar, termasuk mengelola air hujan yang selalu melimpah di musim hujan.

Air hujan adalah anugerah. Air hujan bisa didapatkan secara gratis. Air hujan dapat dimanfaatkan secara efektif saat darurat, untuk air minum atau non minum, seperti memadamkan api, menyiram toilet, mencuci, membersihkan barang, atau menyirami tananam, dan lainnya.

Buku ini memberi petunjuk bagaimana memperoleh dan menggunakan air hujan bagi kebutuhan sendiri atau kelompok. Buku dilengkapi gambar dan desain yang sangat mudah dan murah dalam membuat tangkapan air hujan. Bagi yang yang tinggal di kompleks perumahan atau rumah yang berdiri sendiri, serta pemilik gedung bertingkat; air hujan dapat dikumpulkan dan disaring dengan alat sederhana lalu disimpan di tangki penyimpan atau membuat sumur resapan. y Eka Subijanti

Judul Buku : Gerakan Kota HijauPenulis : Nirwono JogaPenerbit : Gramedia Pustaka Utama, April 2013Halaman : 314

PENATAAN kota saat ini berpacu dengan pertumbuhan moderninasi dan fenomena pemanasan global. Para arsitek dan pemerhati tata kota dituntut menghadirkan kota yang ramah di masa mendatang.

Penulis buku yang merupakan arsitek lulusan Universitas Trisakti dan Royal Melbourne Institute of Technology Australia ini menyebutkan ada delapan atribut untuk mewujudkan kota hijau. Di antaranya green planning and design (peruntukan lahan), green open space (ruang terbuka hijau), green transportation (transportasi ramah lingkungan), green building (bangunan hijau), green community (peran serta masyarakat), green energy (energi terbarukan), green waste (pengelolaan sampah), dan green water (pengelolaan air).

Buku ini layak dibaca untuk mencari model kota di masa mendatang. Para arsitek tidak bisa mengenyampingkan ide green city, untuk itu perlu melakukan geran kota hijau secara bersama. y Eka Subijanti

Bersahabat dengan Air Hujan

Mendambakan Kota Ramah Lingkungan

Buku ini memberi petunjuk bagaimana

memperoleh dan menggunakan air

hujan bagi kebutuhan sendiri atau kelompok.

Para arsitek dan pemerhati tata kota dituntut

menghadirkan kota yang ramah di masa mendatang.

Page 59: Percik 1 2014

59 ResensiMajalah Percik

Judul Buku : Menjaga Lingkungan Hidup dengan Kearifan Lokal Penulis : Aminudin Penerbit : Titian Ilmu, Agustus 2013 Halaman : 60

MASYARAKAT Indonesia di setiap daerah pada dasarnya mempunyai nilai luhur untuk menjaga lingkungan mereka sendiri. Kearifan lokal mengandung arti gagasan-gagasan setempat yang bersifat bijaksana, penuh kearifan, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh anggota masyarakat. Daerah-daerah di Indonesia sebenarnya sudah banyak tercipta kearifan lokal setempat yang merupakan warisan nenek moyang kita.

Kearifan lokal ini seringkali menuntun masyarakat dalam menjaga lingkungannya. Buku ini berisi tentang arti penting kearifan lokal di dalam lingkungan masyarakat. Buku ini menjelaskan secara rinci dari mulai arti penting kearifan lokal sampai pada penerapannya di lingkungan masyarakat. Buku ini penting dimiliki oleh para pemangku kepentingan agar paham tentang arti penting suatu kearifan lokal dalam kehidupan bermasyarakat. y Eka Subijanti

Judul Buku : Ayo Mengenal Lingkungan Aku dan Keluargaku Penulis : Contessa Dewi dan Meity H. Idris Penerbit : Luxima, Desember 2013 Halaman : 48

ANAK – ANAK adalah bibit masa depan. Merekalah yang akan mewarisi bumi ini. Sejak kecil mereka perlu diajari untuk peduli, agar selalu ingat akan pentingnya lingkungan. Seri ini ditulis secara khusus untuk membantu pembelajaran anak dengan menunjang pembelajaran anak-anak di bidang lingkungan.

Buku disesuaikan dengan kriteria-kriteria kemampuan dasar, yang sangat perlu diberikan dan diajarkan kepada putra-putri mulai usia 4+. Demi mengikuti perkembangan pembelajaran di PAUD, yang semakin fleksibel dan dinamis, seri ini hadir dalam edisi buku belajar yang menarik.

Kegiatan-kegiatan aktifitas dan pembelajaran yang disusun dalam buku ini, dapat digunakan sebagai proses belajar anak, baik di rumah maupun di sekolah. Selamat belajar dan bermain adik-adik semua, dapatkan buku belajar yang menarik dan tepat, agar kamu semua dapat belajar dengan baik. y Eka Subijanti

Masyarakat Bisa Menjaga Alam Sekitar Mereka

Mengajari Anak Peduli Sejak Dini

Kearifan lokal ini seringkali menuntun

masyarakat dalam menjaga lingkungannya.

Buku disesuaikan dengan kriteria-kriteria kemampuan

dasar, yang sangat perlu diberikan dan diajarkan

kepada putra-putri mulai usia 4+.

Page 60: Percik 1 2014

60

KEBERSIHANLINGKUNGANTANGGUNG JAWAB

BERSAMA

Foto-foto : Dok. Pokja AMPL