Peraturan Futsal

download Peraturan Futsal

of 39

  • date post

    27-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    30
  • download

    7

Embed Size (px)

description

Peraturan futsal

Transcript of Peraturan Futsal

  • FUTSAL CUP

    utsal eraturan Permai

    FP nan 2004

    Penerbit : sponsor :

  • CATATAN MENGENAI PERATURAN PERMAINAN FUTSAL

    Modifikasi

    Dengan menghormati kesepakatan dari asosiasi-asosiasi terkait dan yang telah menyiapkan prinsip-prinsip dari peraturan-peraturan ini, Peraturan Permainan Futsa ini dapat diubah penerapannya untuk disesuaikan dengan perintah-perintah pemula khususnya yang berusia di bawah 16 tahun, wanita, untuk pemain yang sudah cukup berumur (melebihi 35 tahun) dan pemain yang memiliki kekurangan-kekurangan tertentu.

    Hal-hal yang diperbolehkan untuk diadakan perubahan-perubahan adalah :

    - Ukuran lapangan;

    - Ukuran, berat dan bahan dari bola;

    - Lebar dan tinggi mistar gawang;

    - Durasi babak/periode permainan;

    - Penggantian/pemain cadangan;

    Pria dan wanita

    Berkenan dengan jenis kelamin, peraturan-peraturan tentang Wasit, Pemain, dan Para Petugas lainnya adalah berlaku sama baik bagi jenis kelamin pria maupun wanita.

  • PERATURAN 1 LAPANGAN

    Ukuran

    Lapangan harus persegi panjang. Panjang garis batas kanan dan kiri lapangan (touch line) harus lebih panjang dari garis gawang.

    Ukuran :

    Panjang : Minimum 25 m

    Maksimum 42 m

    Lebar : Minimum 15 m

    Maksimum 25 m

    Standart internasional

    Panjang : Minimum 38 m

    Maksimum 42 m

    Lebar : Minimum 18 m

    Maksimum 25 m

    Tanda/Batas Lapangan

    Lapamgan ditandai dengan garis-garis yang melekat pada lapangan dan garis-garis tersebut berfungsi sebagai pembatas. Dua garis terluar yang lebih panjang disebut sebagai garis pembatas lapangan.Dua garis yang lebih pendek disebut garis gawang.

    Semua garis memiliki lebar 8 cm.

    Lapangan dibagi menjadi dua yang dibelah oleh garis tengah lapangan.Tanda/titik tengah ditandai dengan sebuah titik ditengah-tengah garis tengah lapangan. Titik tengah dikelilingi oleh sebuah lingkaran dengan radius 3 meter.

    Lapangan dan perangkatnya adalah seperti diperlihatkan dalam gambar dibawah ini :

  • Wilayah penalti

    Wilayah (daerah) pinalti ditentukan pada setiap sisi akhir dari lapangan sebagai berikut:

    Seperempat lingkaran dengan radius 6 meter digambarkan berada ditengah-tengah pada garis gawang. Seperempat lingkaran digambarkan dari garis gawang sampai bertemu dengan garis bayangan yang digambarkan berada ditengah pada sudut kanan padagaris gawang dari sisi luar posisi tiang gawang. Bagian atas dari masing-masing seperempat lingkaran dihubungkan oleh garis sepanjang 3.16 meter yang membentang sejajar dengan garis gawang.

    Garis kurva yang terbentuk merupakan garis terluar dari daerah pinalti yang dikenal sebagai Garis Wilayah Pinalti.

    Titik pinalti

    Titik pinalti berjarak 6 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang vertikal dan jaraknya sama diantara kedua tiang tersebut.

    Titik pinalti kedua

  • Titik pinalti kedua berjarak 10 meter dari titik tengan antara posisi tiang gawang vertical dan jaraknya sama diantara kedua tiang tersebut.

    Bujur sudut (titik tendangan pojok)

    Seperempat lingkaran dengan radius 25 cm di setiap sudut lapangan.

    Zona pengganti pemain

    Zona pengganti pemain ditempatkan persis didepan bangku tim dimana cadangan dari tim official berada. Zona ini adalah tempat dimana pemain masuk dan keluar lapangan apabila terdapat pergantian pemain.

    Zona penggantian pemain ditempatkan secara langsung didepan dari bangku pemain cadangan dan memiliki panjang 5 meter. Zona ini ditandai pada setiap sisinya denagn sebuah garis yang memotong garis pembatas lapangan, lebar garis 8 cm dan panjang 80 cm, dimana 40 cm berada didalam lapangan dan 40 cm diluar dari lapangan.

    Jarak antara masing-masing zona pergantian dengan titik perpotongan garis tengah lapangan dengan garis pembatas lapangan adalah 5 meter. Ruamng yang bebas ini, secara langsung berada didepan meja penjaga waktu,. Harus tetap terjaga kebebasan pandangannya.

  • Gawang

    Gawang harus ditempatkan pada tengah-tengah dari garis gawang. Gawang terdiri dari dua buah tiang sejajar vertical dengan jarak yang sama dari setaip sudut dan pada sisi atasnya dihubungkan dengan batang horizontal.

    Jarak kedua tiang vertical adalah 3 meter dan jarak dari sisi bawah batangan atas ke dasar permukaan lapangan adalah 2 meter.

    Tiang vertical maupun tiang horinzontal memiliki lebar dan kedalaman 8 cm. net (jaring), terbuat dari tali rami, goni, atau nilon, dipautkan pada kedua tiang vertical dan tiang horizontal pada sisi belakang gawang. Bagian yang bawah didukung oleh batangan melengkung ataupun bentik lainnya untuk memberikan tahanan yang cukup.

    Kedalaman gawang adalah jarak dari ujung bagian dalam dari posisi gawang langsung kearah sisi luar lapangan, minimal 80 cm p-ada bagian atas dan 100 cm pada bagian bawah (permukaan lapangan)

    Keamanan

    Gawang dapat dipindah-pindah tetapi harus dapat tetap kokoh berdiam aman di permukaan lapangan selama pertandinagan berlangsung.

    Permukaan lapangan

  • Permukaan lapangan haruslah mulus dan rata serta tidak kasar atau kesat. Penggunaan bahan dari kayu atau bahan buatan lainnya adalah sangat dianjurkan. Beton ataupun bata harus dihindarkan.

    Keputusan dan penegasan

    1. jika ukuran garis gawang adalah antara 15 meter dan 16 meter, radius ukuran seperempatnya lingkaran hanya sebesar 4 meter. Dalam hal ini, titik pinalti tidaklah lagi ditempatkan pada garis wilayah pinalti,tetapi berada tetap pada jarak 6 meter dari titk tengah antara posisi tiang gawang.

    2. penggunaan (lempengan) tanah rumput, ataupun tanah rumput buatan atau tanah lembut diperbolehkan untuk pertandingan yang dimainkan kedalam kompetisi domestic, tetapi tidak diperbolehkan untuk pertandingan internasional.

    3. sebuah tanda boleh digambarkan diluar lapangan, 5 meter dari busur pojok dan pada sudut kanan pada garis gawang untuk memastikan bahwa jarak ini adalah diperhatikan ketika sebuah tendangan sudut dilakukan. Lebar dari tanda ini adalah 8 cm.

    4. tempat duduk para pemain cadangan dan official adalah dibelakang garis pembatas lapangan tepat disamping zona bebas yang berada didepan meja penjaga waktu.

    PERATURAN 2 BOLA

    Sifat dan ukuran

    Bola adalah :

    berbentuk bulatan sempurna; terbuat dari kulit atau bahan lainnya yang layak untuk itu; keliling bola tidak kurang dari 62 cm dan tidak lebih dari 64 cm; pada saat pertandingan dimulai, berat bola minimum 400 gram

    dan maksimum 440 gram;

    memiliki tekanan sama dengan 0,4-0,6 atmosfir (400-600/cm2) pada permukaan laut.

  • Pengantian bola cacat

    Jika pecah atau menjadi cacat dalam sebuah pertandingan:

    Pertandingan dihentikan Pertandingan dilanjutkan kembali denagn menjatuhkan bola

    pengganti pada tempat dimana bola pertama cacat.

    Jika bola pecah menjadi cacat sementara tidsak dalam permainan (pada saat permainan dimulai, tendangan gawang, tendangan sudut, tendangan penalty atau tendangan kedalam):

    Pertandingan akan dilanjutkan kembali sesuai peraturan pertandingan sebagaimana biasanya.

    Bola tidak dapat diganti selama pertandingan tanpa izin wasit.

    Keputusan dan penegasan

    1. bola dari bahan yang berbulu tidak diperbolehkan dalam pertandingan internasional.

    2. bola tidak boleh melambung dari permukaan lapangan kurang dari 50 cm dan tidak boleh lebih dari 65 cm ketika dijatuhkan dari ketinggian dari 2 meter.

    Didalam kejuaraan, hanya bola yang memenuhi persyaratan teknis minimum sebagaimana ditentukan dalam peraturan 2 yang boleh yg dipakai.

    Didalam pertandingan kompetisi FIFA dan kompetisi organisasi dibawah naungan dari konfederasi, pengguna bola futsal untuk dipakai adalah tergantung kepada salah satu persyaratan ketentuan pemakaian bola futsal dari ketiga ketetapan yang ditandai dengan pencantuman logo/tanda,sebagai berikut:

    Lambang Resmi dari FIFA APROAVED atau lambang : FIFA INSPECTED atau Referensi : INTERNASIONL STANDAR MATCBALL

    Sebuah ketetapan seperti didalam sepak bola/futsal menunjukan bahwa bola tersebut telah secara resmi diuji dan telah sesuai dengan persyaratan teknis yang telah ditentukan sebelumnya, berbeda untuk setiap kategori dan

  • tambahan kepada spesifikasi minimum seperti yang telah ditentukan di dalam peraturan no.2 dari daftar ketentuan persyaratan tambahan kepada setiap dari kategori masing-masing akan dikeluarkan oleh FIFA. Institusi yang akan mengadakan pengujian ditunjuk oleh FIFA.

    Kompetisi Asosiasi dapat mempersyaratkan penggunaan ketentuan bola setiap satu dari ketiga ketetapan . dalam semua pertandingan , bola yang digunakan harus memenuhi persyaratan No.2.

    Apabila asosiasi memberlakukan ketentuan bola dengan lambing FIFA APPRROVED

    Atau FIFA INSPECTED untuk kompetisinya sendiri,asosiasi harus juga mengijinkan penggunaan dari ketentuan bola dengan ketentuan bola fengan referensi International Matchball standar bebas royalty.

    Didalam pertadinagn kompetisi FIFA dan didalam pertandingan kompetisidi bawah naungan-naungan konfederasi asosiasi-asosiasi,tidak diizinkan adanya iklan komersil semacam apapun pada bola, kecuali untuk tanda kompetisi, pelaku/penyedia kompetisi resmi dari pemiliknya/pembuatnya.Peraturan kompetisi dapat membatasi ukuran dan jumlah dari logo-logo/tanda-tanda tersebut.

    PERATURAN 3 JUMLAH PEMAIN Pemain

    Setiap pertandingan dimainkan oleh dua tim, setiap tim terdiri dari tidak lebih dari lima pemain, salah satu diantaranya adalah penjaga gawang.

    Prosedur Pergantian Pemain

    Pergantian pemain dapat digunakan di dalam setiap pertandingan yang dimainkan di bawah peraturan dari Kompetisi Resmi pada tingkat FIFA, konfederasi atau