Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Barang ... Toko ini merupakan toko besi dan...

download Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Barang ... Toko ini merupakan toko besi dan bangunan

of 19

  • date post

    12-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    226
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Barang ... Toko ini merupakan toko besi dan...

Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Barang

(Studi Kasus: Toko Besi dan Bangunan Lancar Salatiga)

Artikel Ilmiah

Diajukan kepadaFakultas Teknologi Informasi

untuk memperoleh Gelar Sarjana Sistem Informasi

Peneliti:Kokoh Harlen Herdiyanto (682016703)

Adi Nugroho, ST., MMSI.Yani Rahardja, S.E., MM.

Program Studi Sistem InformasiFakultas Teknologi Informasi

Universitas Kristen Satya WacanaSalatiga

September 2016

1

2

3

4

5

Perancangan Sistem Informasi Manajemen Pemesanan Barang

(Studi Kasus: Toko Besi dan Bangunan Lancar Salatiga)

1) Kokoh Harlen Herdiyanto, 2) Adi Nugroho, 3) Yani RahardjaFakultas Teknologi Informasi

Universitas Kristen Satya WacanaJl. Diponegoro 52-60, Salatiga 50771, Indonesia

Email: 1) kokoh.harlen.11@gmail.com, 2)adi.nugroho@staff.uksw.edu, 3)

cahbaong@yahoo.com

AbstractThis store is a shop of iron and glass which is located in salatiga .This store provide a variety of the need to buildings in of a cement , stone , a nail , equipment the craftsmen and forth .This store had not taken the the information system in the business .If there are goods and stocks goods who came , then transaction noted in a notebook .The shop also experienced difficulty in knowing what kind of stuff all its stock taken and eaten because there has been no information showing a list of stocks goods in this store so much .The process of recording the transaction by the buyer is also done by the memorandum and are recorded in the who later applied to the process of the report , so if a shopkeeper wants to find out how shop income require a long time because they would be recapitulated beforehand of memorandum book .To research is made information systems web-based to address the problem . Based on the testing indicates that the system of information made can help the store in knowing goods came to be booked and can report income with more quickly .Keywords: Information System

AbstrakToko ini merupakan toko besi dan bangunan yang berada di Salatiga. Toko ini menyediakan berbagai kebutuhan untuk bangunan mulai dari semen, batu, paku, peralatan tukang dan sebagainya. Toko ini belum memanfaatkan Sistem Informasi dalam kegiatan bisnisnya. Jika ada barang/stok barang yang datang, maka transaksi dicatat dalam buku catatan. Pihak toko juga merasa kesulitan dalam mengetahui barang apa saja yang stoknya habis karena belum ada informasi yang menampilkan daftar stok barang di toko ini. Proses pencatatan transaksi pembelian oleh pembeli juga dilakukan dengan nota dan dicatat dalam buku yang nanti digunakan untuk proses laporan, sehingga jika pemilik toko ingin mengetahui pendapatan toko memerlukan waktu yang lama karena harus direkap terlebih dahulu dari buku nota. Pada penelitian ini dibuat Sistem Informasi berbasis web untuk mengatasi masalah tersebut. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa Sistem Informasi yang dibuat dapat membantu pihak toko dalam mengetahui barang dagang yang harus dipesan dan dapat menyediakan laporan pendapatan dengan lebih cepat. Kata Kunci: Sistem Informasi

1) Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi Jurusan Teknik Informatika, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.2) Staff Pengajar Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.3) Staff Pengajar Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.

6

1. PendahuluanPersaingan di dalam dunia bisnis saat ini menuntut para pelaku bisnis harus jeli

dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dalam menunjang kegiatan bisnis. Perusahaan bisa memanfaatkan TI untuk proses manajemen persediaan. Manajemen persediaan pada hakekatnya adalah suatu cabang dari usaha manajemen perusahaan yang disertai dengan kebijakan untuk menentukan persediaan perusahaan disesuaikan dengan tujuan (Magge & Boddman, 1982).

Perusahaan juga membutuhkan sistem informasi yang dapat menyediakan informasi untuk membantu mengambil keputusan kedepan. Sistem ini dikenal dengan Sistem Informasi Manajemen (SIM). Di dalam SIM terdapat berbagai sistem informasi, di mana semuanya digunakan untuk menunjang kegiatan perusahaan. SIM dapat digunakan untuk melakukan pengelolaan data perusahaan, misalnya data pembelian dan penjualan.

Toko Lancar merupakan toko besi dan bangunan yang berada di Salatiga. Toko ini menyediakan berbagai kebutuhan untuk bangunan mulai dari semen, batu, paku, peralatan tukang dan sebagainya. Toko ini setiap harinya melayani pembelian baik pembelian yang dilakukan secara langsung di toko maupun melalui pemesanan via telepon dari pembeli.

Saat ini Toko Lancar belum memiliki sistem informasi untuk mendukung kegiatan bisnisnya. Proses pencatatan barang masih dilakukan dengan buku catatan. Jika ada barang/stok barang yang datang, maka transaksi dicatat dalam buku catatan. Pihak toko juga merasa kesulitan dalam mengetahui barang apa saja yang stoknya habis karena belum ada informasi yang menampilkan daftar stok barang di toko ini. Proses pencatatan transaksi pembelian oleh pembeli juga dilakukan dengan nota dan dicatat dalam buku yang nanti digunakan untuk proses laporan, sehingga jika pemilik toko ingin mengetahui pendapatan toko memerlukan waktu yang lama karena harus direkap terlebih dahulu dari buku nota.

Berdasarkan masalah yang dijelaskan, rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana merancang Sistem Informasi Manajemen berbasis web untuk mengetahui barang dagang apa saja yang harus dipesan pihak toko. Penelitian ini memiliki batasan masalah, yaitu: tidak membahas e-commerce (penjualan online), selain dapat mengetahui barang datang apa saja yang harus dipesan, SIM yang dibuat ini juga mendukung proses pembelian dan penjualan di toko Lancar. Pihak toko dapat melakukan pencatatan stok barang yang masuk dalam aplikasi ini, sehingga dapat dipantau jumlah stok barangnya. Untuk proses transaksi pembelian yang dilakukan pembeli juga dapat disimpan dalam aplikasi ini untuk mempermudah dalam pelaporan. SIM dikembangkan dalam bentuk web, yaitu menggunakan bahasa pemrograman PHP 5 yang sudah mendukung Pemrograman Berorientasi Obyek dan basis data MySQL sebagai media penyimpanan data. PHP dan MySQL bersifat opensource, sehingga dapat digunakan dengan bebas.

7

2. Kajian Pustaka

Penelitian yang akan dilakukan ini mengacu pada 2 (dua) penelitian terdahulu. Penelitian yang berjudul Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Barang pada CV. Pada penelitian ini menyatakan bahwa pembahasan di penelitian ini membatasi ruang lingkup penyajian informasi mengenai data barang masuk, keluar untuk perhitungan stok barang atau disebut informasi internal stock. Aplikasi ini dibangun dengan bahasa pemrograman Borland Delphi 7.0 [1].

Pada penelitian dengan judul Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN) Terhadap Pengelolaan Aset di Lingkungan Lembaga Sandi Negara dibahas tentang analisis terhadap Sistem Informasi Manajemen yang digunakan oleh Lembaga Sandi Negara. Hasil dari penelitian ini adalah SIMAK BMN yang digunakan dapat memberikan manfaat yang positif bagi organisasi, hal ini dapat terlihat dari hasil penelitian penerapan SIMAK BMN secara teknis, operasional, dan ekonomis mampu memberikan manfaat yang cukup besar bagi organisasi, yaitu dapat dihasilkan keseragaman pelaporan BMN, kemudahan dalam penggunaan aplikasi dan sangat efisien dalam penggunaannya [2].

Manajemen dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang menyatukan berbagai sumber daya organisasi (men, materials, machines) menjadi sistem total untuk mencapai tujuan atau sasaran (goal) organisasi. Untuk mencapai sasaran sebuah organisasi, diperlukan sebuah sistem manajemen yang efektif. Manajemen merupakan alat bantu manusia dalam mencapai tujuan yang diinginkan dengan efisien dan efektif. Sistem Informasi Manajemen adalah sistem yang menyediakan informasi untuk mendukung operasi, manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dari suatu organisasi. Dalam organisasi bisnis, ada bermacam-macam manajemen, seperti manajemen pengangkutan, pembelian, penjualan, keuangan, perencanaan, dan lain-lain [3].

FIFO adalah akronim untuk First In First Out (Pertama Masuk, Pertama Keluar), sebuah abstraksi yang berhubungan dengan cara mengatur dan memanipulasi data relatif terhadap waktu dan prioritas. Ungkapan ini menggambarkan prinsip teknik pengolahan antrian atau melayani permintaan yang saling bertentangan dengan proses pemesanan berdasarkan perilaku first-come, first-served (FCFS): di mana orang-orang meninggalkan antrian dalam urutan mereka tiba, atau menunggu giliran satu di sebuah sinyal kontrol lalu lintas. Didalam sistem yang dibangun, metode FIFO diterapkan untuk menghindari penumpukan masa kadaluarsa suatu barang dan penimbunan barang terlalu lama [4].

3. Teori Pemesanan Barang

Pemesanan adalah suatu aktifitas yang dilakukan oleh konsumen sebelum membeli. Untuk mewujudkan kepuasan konsumen maka perusahaan harus mempunyai sebuah sistem pemesanan yang baik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dimaksud pemesanan adalah proses, perbuatan, cara memesan (tempat,barang,dsb) kepada orang lain.

Pemesanan dalam arti umum adalah perjanjian pemesanan tempat antara 2 (dua) pihak atau lebih, perjanjian pemesanan tempat tersebut dapat berupa perjanjian

8

atas pemesanan suatu ruangan, kamar, tempat duduk dan lainnya, pada waktu tertentu dan disertai dengan produk jasanya. Produk jasa yang dimaksud adalah jasa yang ditawarkan pada perjanjian pemesanan tempat tersebut, seperti pada perusahaan penerbangan atau perusahaan pelayaran adalah perpindahan manusia atau benda dari satu titik (kota) ketitik (kota) lainnya (Edwin & Chris