PERANCANGAN SISTEM APLIKASI KOPERASI SIMPAN PINJAM · PDF fileKoperasi simpan pinjam merupakan...

Click here to load reader

  • date post

    03-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    232
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of PERANCANGAN SISTEM APLIKASI KOPERASI SIMPAN PINJAM · PDF fileKoperasi simpan pinjam merupakan...

PERANCANGAN SISTEM APLIKASI KOPERASI SIMPAN PINJAM PADA

"KOPERASI SARANA ANEKA JASA", BATUR TEGALREJO, CEPER, KLATEN

Naskah Publikasi

diajukan oleh :

Nova Dani Indrianti

09.11.3075

kepada

SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

AMIKOM

YOGYAKARTA

2012

Application system design savings and credit cooperatives at Koperasi Sarana Aneka Jasa, Batur Tegalrejo, Ceper , Klaten

Perancangan sistem aplikasi koperasi simpan pinjam pada Koperasi Sarana Aneka Jasa, Batur Tegalrejo, Ceper , Klaten

Nova Dani Indrianti

Jurusan Teknik Informatika

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA

The system has been developed in the field of information technology that provides a great opportunity for the development of Information Systems technology.

In this case the cooperative is a business that many administrative transactions, therefore computerization in administration is essential for the smooth running of all transactions carried out cooperative so as to provide prompt, precise and true.

In problem savings and loan data processing system and data processing installment on the cooperative was not found inefficiency and lack of effective reporting and calculating.for solve this problem, data processing savings and loans are still manual needs to be developed into a computerized system

Keyword : SQL, Microsoft Visual Basic

1. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah Sistem informasi telah berkembang dalam bidang teknologi yang menyediakan kesempatan

besar untuk berkembangnya teknologi Sistem Informasi. Berkembangnya teknologi informasi membuat pengaksesan terhadap informasi dituntut untuk cepat dan akurat agar terhindar dari resiko manipulasi data.

Koperasi simpan pinjam saat ini mendapatkan perhatian dari pemerintah dan masyarakat. Koperasi simpan pinjam merupakan salah satu sektor pembangunan yang sangat potensial untuk dapat dikembangkan dengan teknologi informasi. Sistem informasi terkomputerisasi saat ini banyak diterapkan dan dituntut tingkat keamanan yang lebih tinggi untuk mengatasi kecurangan dalam suatu sistem informasi.

Pada dasarnya sistem manual dalam mengolah data memiliki kemampuan untuk melaksanakan pengolahan data perhitungan tapi tidak dapat diandalkan untuk mengolah data yang banyak karena dibutuhkan ketelitian yang cukup besar agar data tersebut akurat.

Dengan adanya sistem informasi maka mengolah data dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat serta tidak memerlukan waktu lama dan tidak menyulitkan bagi pengurus koperasi dalam pengolahan data simpan pinjam karena sistem kerja lebih cepat dari sistem kerja manusia.

Berdasarkan masalah-masalah diatas maka penulis mengangkat judul Perancangan sistem aplikasi koperasi simpan pinjam pada Koperasi Sarana Aneka Jasa, Batur Tegalrejo, Ceper , Klaten.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka dapat diambila suatu rumusan masalah yang menjadi pokok pembahasan yaitu:

Bagaimana membuat suatu sistem informasi yang dapat membantu kegiatan operasional pada koperasi yang tidak menyita waktu anggota serta memberikan pelayanan yang baik bagi anggota?

1.3 Batasan Masalah Adapun batasn masalah dalam Perancangan sistem aplikasi koperasi simpan pinjam pada Koperasi Sarana Aneka Jasa,Batur Tegalrejo,Ceper,Klaten sebagai berikut:

a. Sistem dapat digunakan oleh petugas koperasi dan pimpinan koperasi. b. Proses pengolahan data anggota. c. Program dibuat menggunakan Visual Basic 6.0. d. Database yang digunakan SQL Server 2000.

1.4 Tujuan Penelitian

Tujuan dari skripsi ini adalah menghasilkan suatu sistem informasi yang diharapkan dapat: a. Meningkatkan kinerja koperasi agar proses transaksi simpan pinjam dapat berjalan

dengan efektif dan efisien. b. Meningkatkan kenyamanan anggota koperasi dengan sistem yang baru. c. Sebagai syarat untuk menyelesaikan pendidikan program Sarjana S1 jurusan Teknik

Informatika di STMIK Amikom Yogyakarta.

1.5 Manfaat Penelitian Manfaat yang dapat diperoleh dari pembuatan sistem ini adalah:

a. Bagi Penulis Dapat menambah suatu pengalaman serta pengetahuan dalam mengelola suatu sistem informasi.

a. Bagi Perusahaan - Mempermudah pengolahan data simpan pinjam pada Koperasi Sarana Aneka

Jasa,Batur Tegalrejo,Ceper,Klaten - Mengurangi resiko dari manipulasi data dan memiliki nilai keakuratan yang tinggi. - Memudahkan dalam pengaksesan informasi.

1.6 Metode Penelitian

Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode: 1.6.1 Metode Pengumpulan Data

Dalam tahapan ini penelitian dengan melakukan wawancara pada tempat yang digunakan untuk objek penelitian terhadap kebutuhan data yang diperlukan dalam penulisan skripsi.

1.6.2 Metode Pustaka

Dalam tahap ini penulis mencari dan mengumpulkan referensi serta dasar teori yang diperlukan untuk merancang dan menyelesaikan pembuatan sistem dengan mengambil dari berbagai sumber yang berhubungan dengan penelitian.

1.6.3 Metode Pengarsipan

Metode yang dilakukan dengan cara mempelajari arsip yang berhubungan dengan data-data dari koperasi yang dibutuhkan dan digunakan sebagai databse dalam membangun sistem .

1.6.4 Metode Perancangan Sistem

Metode yang dilakukan dengan menganalisa kebutuhan dari sistem dan perancangan desain sistem serta proses yang siap diimplementasikan.

2. LANDASAN TEORI

2.1 Konsep Dasar Sistem

2.1.1 Pengertian Sistem Berikut adalah pengertian sistem dari beberapa para ahli:

Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat sifat tertentu, karakteristik sistem menurut Jogiyanto. Dalam bukunya yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Ter struktur Teori dan Praktek Apikasi Bisnis, yaitu : komponen sistem (Component) , batasan sistem (boundary) , lingkungan luar sistem ( environment) , penghubung sistem (interface ) , masukkan sistem (input) , keluaran sistem ( output ) , pengolahan sistem (process) , sasaran atau tujuan sistem ( goal )

2.2 Konsep Dasar Informasi Informasi terdiri atas data yang telah didapatkan, diolah/diproses, atau

sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan/penerangan, uraian, atau sebagai sebuah dasar untuk pembuatan ramalan atau pembuatan keputusan (ROBERT G. MURDICK). Pengertian yang lain informasi adalah data yang telah diproses atau data yang memiliki arti (MC LEOD).

2.2.3 Karakteristik Informasi

Informasi yang berkualitas harus memiliki 3 kriteria, yaitu: 1. Akurat

Informasi harus menggambarkan kondisi objek yang sesungguhnya. 2. Tepat Waktu

Informasi harus tersedia sebelum keputusan dibuat, karena sering kali informasi diperlukan lagi setelah keputusan dibuat.

3. Relevan Informasi harus berhubungan dengan keputusan yang telah diambil.

2.3 Konsep Dasar Sistem Infromasi Sistem informasi adalah sekumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang

drancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna (Bodnar dan Hopwood 1993).

2.4 Sistem Informasi Komputerisasi Koperasi

Sistem informasi komputerisasi koperasi bisa dikatakan suatu sistem informasi buatan manusia yang secara umum terdiri atas sekumpulan komponen yang berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun, menyimpan dan mengelola data-data koperasi serta menyediakan informasi keluaran (output) kepada para anggota koperasi.

2.5 Perancangan Basis Data (Database) Basis data (database) adalah adalah kumpulan data (elementer) yang secara

logik berkaitan dalam merepresentasikan fenomena/fakta secara terstruktur dalam domain tertentu untuk mendukung aplikasi pada sistem tertentu (Bambang Hariyanto 2004).

2.6. Microsoft Visual Basic 6.0

Visual basic adalah suatu program yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis Microsoft Windows secara cepat dan mudah. Visual basic menyediakan tool untuk membuat aplikasi yang sederhana sampai aplikasi kompleks atau rumit baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan perusahaan/instansi dengan sistem yang lebih besar. Visual basic berorientasi bada Objek (Object Oriented Programming)

2.6.1 Cara Kerja Visual Basic Visual Basic berbasiskan prinsip Object Oriented Programming (OOP) dan dikembangkan dengan basis visual yang berarti menggunakan sarana grafis untuk mengembangkannya. Visual Basic berorientasi pada objek-objek yang dipisah-pisah, sehingga disebut pemrograman Object Oriented Programming. Visual Basic juga bersifat modular programming karena kode-kode program letaknya tersebar di dalam modul-modul (objek-objek) yang terpisah-pisah.

2.7. Microsoft SQL Server 2000

SQL Server adalah sistem manajemen database relasional yang dirancang untuk aplikasi dengan arsitektur client/server. Client adalah setiap komponen dari sebuah sistem yang meminta layanan atau sumber daya dari komponen sistem lainnya. Sedangkan server adalah setiap komponen sistem yang menyediakan layanan atau sumber daya ke komponen sistem lainnya.

2.7.1 Fasilitas SQL Server 2000 Beberapa jenis fitur yang disediakan oleh SQL Server adalah:

a. Enterprise Manager b. SQL Query Analyzer c.

2.7.2 Objek Dalam SQL Server 2000

a. Diagrams Merupakan sebuah diagram yang digunakan untuk mendesain sebuah relasi/hubungan antar tabel-tabel dalam sebuah database.

b. Tables Menyimpan baris-baris atau record-record data. Tabel adalah inti dari sebuah database yang dikelompokkan dalam bentuk baris dan kolom.

c. Views

View adalah sebuah tabel virtual yang