Perancangan Desain Grafis

download Perancangan Desain Grafis

of 10

  • date post

    07-Dec-2014
  • Category

    Design

  • view

    4.553
  • download

    0

Embed Size (px)

description

Proses dasar perancangan desain grafis dari mulai pra-produksi hingga produksi

Transcript of Perancangan Desain Grafis

  • 1. PerancanganDesainGrafis
    Disusunoleh : Taufanrahardyanto, A. Md
    Mata Diklat : DesainGrafis
    SMK BPS&K 2 Jakarta
    Teknik Multimedia & Broadcasting

2. SumberMateri
Hendratman, Hendi, Computer Graphic Design edisirevisi, (Bandung: Informatika, 2008)
3. Proses PerancanganGrafis
Sebuahkaryadesaingrafis yang baiksebetulnyaharusbertujuanmengkomunikasikanpesansecaratepatkepada audience yang tepatsertapadawaktu yang tepat. Tentusajahasil yang baiktersebuttidaklahsecaraajaibterjadibegitusaja. Secaraumum proses perancangangrafismulaidarikonsepadalahsebagaiberikut :
Konsep
Media
Ide
data
Tujuanumum & khusus segment yang dituju
Pemilihan Media danmengenalcirikhusus media
Menentukan ide apa yang cocokakandipertimbangkanuntukmencapaitujuan
Pengumpulan data secara manual atau digital. Data dapatberupagambar, teks, suara, dll
Visualisasi
Produksi
Denganteknik manual dan digital menggunakan software pengolah image sepertiphotoshop, Corel Draw, dll
Untukpenerapansebenarnyapada media yang ditentukansebelumnya. Bisajugauntukdipublikasikansecaramassal
4. Konsep
Adalahhasilkerjaberupapemikiran yang menentukantujuan-tujuan, kelayakandan segment/audience yang dituju. Konsepbisadidapatkandaripihak non-grafis, antara lain : Ekonomi, Politik, Hukum, Budaya, dll. Yang inginmenterjemahkankedalambentuk visual. Olehkarenaitudesaingrafismenjadidesainkomunikasi visual karenadapatbekerjauntukmembantupihak yang membutuhkansolusisecara visual.
5. Media
Untukmencapaikriteriakesasaran / segment yang dituju, diperlukanstudikelayakan media yang cocokdanefektifuntukmencapaitujuannya. Media dapatberupa media cetak, elektronik, luarruang, dll.
6. Ide / Gagasan
Untukmencari ide yang kreatifdiperlukanstudi banding, literature, wawasan yang luas, diskusi, wawancaradll agar desainbisaefektifditerima audience danmembangkitkankesantertentu yang sulitdilupakan. Kadanguntukmendapatkan ide, diperlukansuatukegilaan, membuathal yang tidakmungkinmenjadimungkin, bahkanmembenturkan / membuatsuatuhal yang konflik / paradoks .
7. PersiapanData
Data berupateksataugambarterlebihdahuluharuskitapilahdanseleksi. Apakah data itusangatpentingsehinggaharustampilataukurangpentingsehinggabisaditampilkanlebihkecil, samarataudibuangsamasekali. Data bisaberupa data informatifatau data Estetis. Data informatifbisaberupafotoatauteksdanjudul. Data estetisbisaberupabingkai, background, efekgrafisgarisataubidang. Untukdesaindenganmenggunakan computer, data harusdalam format digital / file, olehkarenaituperalatan yang diperlukanumtukmerubah data analog ke digital seperti Scanner, Camera digital akansangatmembantu.
Tugasdesaineradalahmenggabungkan data informatifdan data estetismenjadisuatukesatuan yang utuh. Tujuandesaingrafisadalahuntukmengkomunikasikankaryasecara visual, olehkarenaitujangansampaiestetikamengorbankanpesan / informasi .
8. Visualisasi
Setelah data kitasortirdenganskalaprioritas, kiniandadapatmenentukanunsur-unsurgrafisyang cocokuntukkaryaanda. Pemilihanunsurgrafisdapatditentukandarikonsepanalisadanstrategi yang telahditentukansebelumnya. Jikakonsepunsurgrafissudahandadapatkandari proses analisadanstrategi, tentupekerjaanandaakanlebihmudahdanterarah
9. Layout
Layout adalahusahauntukmenyusun, menataunsur unsurgrafis (teksdangambar) menjadi media komunikasi yang efektif.
Jika data / unsurgrafisdanwarna yang akandipakaitelahdipastikansebelumnya, makaselanjutnyakitadapatmelakukan proses tataletak / layout.
Namunpekerjaaninimemerlukankaidah kaidah yang perludiketahuiseperti : Proporsi, Keseimbangan, Irama, Kesatuan, FokusdanKontras.Kadang kadangkitasulituntukmemenuhisemuakaidahtersebutkedalamdesain. Lebihmudahjikakitafokuspadasalahsatukaidahtersebutdankompromidengankaidahlainnya.
10. Produksi
Setelahdesainselesai, makadesainsebaiknyalebihdahulu di proofing (print preview sebelumcetakmesin). Jikawarnadankomponengrafis lain tidakadakesalahan, makadesainandasiapdiperbanyak.
Proses inibukanukuranbaku, kadangada yang mendesainmulaidari Layout, data diaturbelakangan. Tetapibiasanyakonsepselaludipikirkanpertama kali. Jikaandamemikirkankonsep di urutanterakhir, bisajadidesainandamenjadi pembenaran darihal yang salah.