perakitan komputer

download perakitan komputer

of 15

  • date post

    19-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    220
  • download

    3

Embed Size (px)

description

komputer

Transcript of perakitan komputer

-Siapkan semua komponen-komponen untuk merakit komputer.

Komponen Komputer

Merakit komputer merupakan sesuatu yang menyenangkan bagi yang sukadengan perakitan komputer. Sebelum mulai merakit komputer, makapersiapkan dulu komponen-komponennya, seperti Casing,Motherboard, Processor, Heatsink dan kipasnya, Memory / RAM, VGA Card / Kartu Grafis (PCI/AGP),Harddisk, CDROM/DVDROM, Monitor, Speaker, Keyboard danMouse. Selain komponen di atas, persiapkan juga CD driver yang dibutuhkan dan CD Sistem Operasiserta Software yang diperlukan. Persiapkan pula berbagai alat tangan seperti obeng,tang dan alat pendukung lainnya.

- Pasangkan Processor,CPU Coolerdan Memory/RAMke Motherboard.

Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh Motherboard, dan dapat diganti dengan Processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada Motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas Processor.

Cara memasang Processor adalah sebagai berikut:

Buka pengunci Socket Processor pada Motherboard.

Memasang Processor

Pasangkan Processor ke Motherboard. (PENTING...!Perhatikan bahwa Processor mempunyai tanda pada salah satu sudutnya,dalam hal ini biasanya ditandai dengan lekukan, lubang atau anak panah). Cocokan tanda tersebut dengan tanda yang ada pada Socket Processor (Jika Anda melakukan hal tersebut di atas dengan tepat, maka Processor akan dapat dimasukkan ke socketnya dengan baik dan benar). Kemudian kunci kembali socket tersebut, dengan cara menekan tuas kebawah dan mengaitkan pada pengunci yang ada.Cara Memasang CPU Cooler (Pendingin CPU) Siapkan CPU Coolerdan Pasta Processor.

Memasang CPU Cooler

Lapisi Processor yang sudah terpasang dan permukaan CPU Cooler dengan pasta yang sudah dipersiapkan tadi. Kemudian pasangkan CPU Cooler tepat diatas Processor yang sudah terpasang, lalu kencangkan pengunci pada CPU Cooler. Hubungkan daya yang terdapat pada CPU Cooler dengan Motherboard.Cara Memasang Memory/RAM

Memasang Memory/RAM

Perhatikan slot memory Anda, apakah sudah sesuai dengan jenis memory yang Anda gunakan. Jika sudah sesuai, maka pasangkan memory komputer Anda pada slot yang sudah disediakan. Kemudian klik pengait pada masing-masing ujung memory agar memory tidak bergerak-gerak.- Memasang Hardisk dan CD/DVD Drive.

Hardisk ATA dan SATA

Sebelum memasang Hardisk ke casing langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengenal jenis Hardisk yang akan Anda gunakan. Untuk Hardisk yang sering digunakan saat ini yaitu Hardisk ATA dan SATA. Jika Anda Menggunakan Hardisk ATA maka kabel penghubung dari Hardisk ke Motherboard yang harus Anda gunakan adalah Kabel IDE, dan jika Anda menggunakan Hardisk SATA maka silahkan gunakan kabel SATA. Perbedaan kabel IDE dan SATA terletak pada fisik kabel, kabel ATA lebih lebar dari pada kabel SATA. Biasanya kabel ATA digunakan untuk beberapa perangkat lain selain daripada Hardisk seperti CD/DVD-ROM.

Cara memasangHardisk dan CD/DVD Driveadalah sebagai berikut:

Memasang Jumper Hardisk

Pertama, aturlah jumper pada hard disk. Jumper ini ada di bagian belakang hardisk dan memiliki tiga sampai lima pasang pin. Bila hardisk yang akan Anda pasang cuma satu, maka setlah jumper ke posisi "MASTER". Jika ada dua hardisk, maka cabut jumper hard disk ke dua dan posisikan sebagai "SLAVE". Petunjunk pemasangan jumper biasanya ada pada sisi atas hardisk. Pasang kabel data SATA pada port data di belakang hardisk. Pemasangannya tidak sulit. Cocokkan saja ujung kabel dengan port data di hardisk, jadi tidak mungkin terbalik. Lalu, pasang ujung satunya dari kabel data tersebut pada port SATA 1 atau primary SATA pada Motherboard. Cara pemasangannya sama dengan pemasangan ke hardisk. Kemudian letakkan hardisk pada tempat yang sudah disediakan di casing, biasanya ada beberapa slot, kemudian kencangkan dengan skrup yang tersedia. Setelah itu pasanglah kabel power dari Power Supply ke Hardisk. Jika Power Supply Anda model lama yang tidak mempunyai kabel power untuk SATA, Anda bisa menggunakan kabel power Konverter (lihat gambar).

Cara Memasang Hardisk

Untuk pemasangan CD/DVD drive kurang lebih sama dengan pemasangan Hardisk. Hanya penempatannya saja yang sedikit berbeda, biasanya CD/DVD Drive ditempatkan pada bagian teratas pada casing. Sebelum menempatkan CD/DVD Drive, buka dulu penutupnya yang terbuat dari plastik, Kemudian tekan penutupnya dari bagian dalam.

Cara Menginstall Windows 7

Artikel tutorial kali ini berisi tentang bagaimana cara menginstall (ulang) windows 7 pada komputer maupun laptop. Seperti yang kita ketahui bahwa windows 7 merupakan salah satu sistem operasi windows yang sangat populer saat ini. Windows 7 sendiri dirilis untuk umum pada tahun 22 Oktober 2009. Meskipun terdapat versi yang lebih baru yaitu windows 8 dan windows 10 (technical preview), windows 7 tetap banyak di gemari oleh banyak orang.Bagi anda yang pertama kalinya melakukan instalasi windows 7 atau yang ingin menginstall ulang windows 7, pastikan anda telah mempersiapkan hal-hal berikut ini: Siapkan DVD Windows terlebih dahulu, karena kita akan belajar menginstall windows 7 dari DVDROM. Jadikan DVDROM/ CDROM sebagai first boot pada pengaturan BIOS.

Baiklah, jika hal-hal di atas telah dipersiapkan. Sekarang waktunya instalasi windows 7. Menginstall windows 7 tidaklah sulit, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini dengan seksama .1. Langkah pertama, tekan sembarang tombol untuk memulai booting dari CD/ DVD.

2. Silakan pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format. Untuk Language to install dan Keyboard or input method biarkan default. Kemudian pilih Next.

3. Untuk memulai instalasi windows 7. Pilih Install now.

4. Centang I accepted the license terms, kemudian pilih Next.

5. Pilih Upgrade, jika ingin meng-upgrade versi windows lama anda ke windows 7. Saya asumsikan anda sedang belajar menginstall sistem operasi untuk pertama kalinya. Silakan pilih Custom (advanced).

6. Langkah selanjutnya yaitu mempartisi ruang harddisk. Pilih Drive options (advanced) > New. Lalu tentukan ukuran partisi/ drive tersebut. Kemudian pilih Apply jika sudah selesai.

7. Pilih OK untuk pembuatan system files windows atau yang biasa disebut system reserved partition.

8. Silakan buat 2 partisi dengan cara yang sama seperti langkah nomor 6. Sebenarnya, berapa banyak partisi tergantung selera masing-masing. Pada tutorial kali ini, saya hanya membuat 2 partisi.

9. Silakan pilih Disk 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasi windows. Kemudian pilih Next. Sebenarnya, anda bisa memilih lokasi instalasi dimana saja, tapi umumnya diletakkan diDisk 0 Partition 2.

10. Proses instalasi windows 7 berlangsung. Proses ini memakan waktu kira-kira 20 menit. Selama proses berlangsung, komputer akan reboot/ restart dengan sendirinya beberapa kali.

11. Jangan tekan tombol apapun pada keyboard! Hal tersebut akan menyebabkan anda mengulangi proses instalasi dari awal.

12. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan nama pengguna dan nama komputer. Kemudian pilih Next.

13. Langkah berikutnya yaitu membuat password untuk akun Windows. Saran saya, buatlah password yang kuat dengan kombinasi angka dan simbol. Sedangkan untuk password hint, isikan kata atau kalimat yang membantu anda mengingat password akun anda. Kemudian pilih Next.

14. Silakan masukkan product key windows 7, kemudian pilih Next. Jika tidak mempunyai product key, anda bisa lewati langkah berikut ini tanpa memasukkan product key. Tetapi, tanpa aktivasi product key, anda hanya dapat menggunakan Windows 7 selama masa trial (30 hari).Selanjutnya pilihNext.

15. Untuk Windows Update, silakan pilih Ask me later. Baca juga mengenai cara menonaktifkan windows update

16. Untuk Time zone/ zona waktu. Pilih (UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta.

17. Langkah berikutnya yaitu menentukan lokasi jaringan. Silakan pilih Public Network.

18. Untuk memasuki layar dekstop, anda harus login terlebih dahulu. Kemudian pilih Next.

19. Well ! Proses instalasi windows 7 selesai. :)