Penilaian Hasil Belajar

Click here to load reader

  • date post

    29-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    100
  • download

    3

Embed Size (px)

description

Penilaian Hasil Belajar. Lanjar Pramudi Widyaiswara LPMP Bengkulu. UU NO 20 TH 2003 TTG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (DALAM KONTEKS KURIKULUM). Standar Nasional Pendidikan Pengembangan kurikulum mengacu pada standar nasional pendidikan - PowerPoint PPT Presentation

Transcript of Penilaian Hasil Belajar

Slide 1

Penilaian Hasil BelajarLanjar PramudiWidyaiswara LPMP Bengkulu 1www.themegallery.comUU NO 20 TH 2003 TTG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (DALAM KONTEKS KURIKULUM)Standar Nasional PendidikanPengembangan kurikulum mengacu pada standar nasional pendidikanMengembangkan dan melaksanakan kurikulum berbasis kompetensiKurikulum dikembangkan oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan2www.themegallery.comCompany NameSTANDAR NASIONAL PENDIDIKAN(PP 19 TAHUN 2005)Standar isiStandar proses Standar kompetensi lulusanStandar tenaga kependidikanStandar sarana dan prasaranaStandar pengelolaan Standar pembiayaanStandar penilaian pendidikan3www.themegallery.comCompany NamePermen Diknas Nomor 20 tahun 2007 tanggal 11 Juni 2007STANDAR PENILAIAN PENDIDIKANStandar penilaian pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik.Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.Ulangan adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran utk memantau kemajuan, melakukan perbaikan, dan menentukan keberhasilan peserta didik. 4STANDAR PENILAIAN PENDIDIKANPenilaian hasil belajar oleh pendidikPenilaian hasil belajar oleh satuan pendidikanPenilaian hasil belajar oleh pemerintah5PENILAIAN K 13Penilaian berbasis kompetensiPergeseran dari penilain melalui tes [mengukur kompetensi pengetahuan berdasarkan hasil saja], menuju penilaian otentik [mengukur semua kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan berdasarkan proses dan hasil]Memperkuat PAP (Penilaian Acuan Patokan) yaitu pencapaian hasil belajar didasarkan pada posisi skor yang diperolehnya terhadap skor ideal (maksimal) Penilaian tidak hanya pada level KD, tetapi juga kompetensi inti dan SKL Mendorong pemanfaatan portofolio yang dibuat siswa sebagai instrumen utama penilaian

PengertianPenilaian :Proses pengambilan keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik dan buruk.

Pengukuran :Proses membandingkan sesuatu dengan satu ukuran

Evaluasi :Proses melakukan penilaian dan pengukuran.

Teknik Evaluasi1. Teknik Non-Tes: yaitu teknik evaluasi yang tidak menggunakan perangkat soal yang harus dikerjakan oleh siswa

2. Teknik Tes: yaitu teknik evaluasi yang menngunakan perangkat soal yang harus dikerjakan oleh siswa dalam batas waktu tertentu.

Sistem PenilaianSistem Penilaian mencakup jenis ujian, bentuk soal, dan pelaksanaannya, pengelolaan & pelaporan hasil ujian.Jenis Ujian adalah berbagai tagihan, seperti ulangan atau tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik.

Sistem Penilaian BerkelanjutanMenilai semua KD Ujian dapat dilakukan pada satu atau lebih KD Hasil ujian dianalisis dan ditindaklanjuti melalui program remedial atau program pengayaan.Ujian mencakup aspek kognitif, psikomotor, dan afektif.Aspek afektif diukur melalui pengamatan dan kuesioner

Penilaian BerkelanjutanNilai Remedial tidak melebihi nilai minimum batas ketuntasan yg ditetapkan guru.Ujian dapat dilakukan beberapa kali sampai siswa mencapai tingkat ketuntasan yg ditetapkan.Materi ujian dapat terdiri dari satu atau sejumlah KD.Nilai akhir semester merupakan nilai kumulatif dari keseluruhan nilai perolehan, selama satu semester yg terkait.

Pemberian TugasPembelajaran Ulang Belajar Mandiri Belajar Kelompok dg Bimbingan Alumniatau tutor sebaya dll.Program pengayaan Penguatan pd KD tertentu dg memberi tugas membaca, tutor sebaya, diskusi, mengerjakan soal yg hasilnya dinilai & analisis (tdk mempengaruhi nilai raport tetapi diungkapkan dlm keterangan profil hasil belajar siswa).

Program Remedial

Semuanya diakhiri dg ujian.Fungsi PenilaianSeleksiDiagnostikPenempatanPengukur Keberhasilan

Penilaian berfungsi sebagai SeleksiMemilih siswa yang dapat diterima di suatu sekolah tertentu.Memilih siswa yang dapat naik tingkat berikutnya.Memilih siswa yg seharusnya mendapat beasiswa.Memilih siswa yang berhak meninggalkan sekolah.

Penilaian berfungsi sebagai DiagnostikPenilaian dapat menduga kelemahan dan kelebihan siswa dan sebab musabab kelemahan dan kelebihan itu, untuk dicari jalan atau cara dalam mengatasinya.

Penilaian berfungsi sebagai PenempatanMenyesuaikan antara minat, bakat / pembawaan anak dalam proses pendidikan dan pengajaran

Penilaian berfungsi sebagai Pengukur keberhasilanBerhasil atau tidaknya suatu pendidikan & pengajaran dapat diketahui melalui evaluasi.

Fungsi lain Penilaian ad untuk mengetahui :Taraf kesipan siswa dlm menempuh suatu pdd tertentu.Seberapa jauh hasil yg telah dicapai dlm proses pdd yg tlh dilaksanakan.Apakah suatu MP yg diajarkan dpt dilanjutkan dg bahan yg baru atau perlu diulang.Informasi dlm proses pemberian bimbingan ttg jenis pendidikan atau jurusanyg cocok untuk anak/siswaInformasi dlm menentukan naik/tidaknya seorang ke tingkat yg lebih tinggi.Untuk pembanding apakah prestasi yg dicapai siswa tlh sesuai dg kapasitasnya atau belum jika belum perlukah remedial teaching ?Untuk menafsirkan apakah siswa telah cukup matang untuk kita lepaskan ke dalam lingk masyarakat atau untuk melanjutkan ke lembaga pendidikan yg lebih tinggi.Untuk mengetahui taraf efesiensi metode yg digunakan.

Tujuan Penilaian :Menilai kemampuan individual melalui tugas tertentuMenentukan kebutuhan pembelajaranMembantu dan mendorong siswaMembantu dan mendorong guru untuk mengajar yang lebih baikMenentukan strategi pembelajaranAkuntabilitas lembagaMeningkatkan kualitas pendidikan

Kegunaan Untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam menerima pelajaran mk digunakan berbagai jenis alat evaluasi, yg di konkritkan dg berbagai jenis tes. Tes dijadikan bahan pertimbangan dlm memperbaiki lesson plan. & Hasil tes dijadikan sbg dlm rangka meningkatkan mutu pengajaran.

Patokan nilai yg diperoleh rata-rata siswa 75 & tidak ada nilai didasarkan kriteria yg mengacu pd kompetensi

Penilaian Pembelajaran KBK = Penilaian Kelas

PENILAIAN KELAS: proses pengumpulan & penggunaan informasi oleh guru melalui sejumlah bukti untuk buat keputusan ttg pencapaian hasil belajar.

Ciri:Menggunakan acuan patokan/kriteriaPenilaian otentik: proses penilaian bagian integral dari proses pembelajaran,mencerminkan masalah dunia nyata bukan dunia sekolah,menggunakan berbagai cara dan kriteria,holistik (kognitif, afektif, psikomotor)

Konversi Nilai dengan Pendekatan PAN

Norma relatif / Penilaian acuan norma / norma aktual / norma empirisKonversi Nilai dengan Pendekatan PAP

Norma absolut / Norma aktual / Norma das solen / Penilaian acuan patokan

KRITERIA PENILAIAN KELASVALIDITAS:hasil penilaian dapat ditafsirkan sebagai apa yang akan dinilai. RELIABILITAS: hasil penilaian ajeg, menggambarkan kemampuan yang sesungguhnya. FOKUS KOMPETENSI: pencapaian kompetensi yang sesuai kur, materi terkait langsung dengan indikator pencapaian. KOMPREHENSIF: informasi yang diperoleh cukup untuk buat keputusan. OBJEKTIV: adil, terencana, berkesinambungan MENDIDIK : penilaian untuk perbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kualitas belajar

CARANYA .???

CARANYALihat kompetensi pada kurikulum.Alat penilaian sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.Ketika penilaian berlangsung pertimbangkan kondisi anak.Petunjuk pelaksanaan jelas, gunakan bahasa yang mudah dipahami Kriteria penyekoran jelasGunakan berbagai cara dan alat untuk nilai beragam kompetensiLakukan rangkaian aktivitas penilaian melalui: pemberian tugas, PR, ulangan, pengamatan, dsb.

Teknik/Cara PenilaianUnjuk Kerja (Performance)Penugasan (Proyek/Project)Hasil kerja (Produk/Product)Tes Tertulis (Paper & Pen)Portofolio (Portfolio)Penilaian Sikap

Unjuk Kerja (Performance):Pengamatan terhadap aktivitas siswa sebagaimana terjadi (unjuk kerja, tingkah laku, interaksi)

Apa itu penilaian kinerja (performance assessment) ?Sebagian Indikator Kompetensi dalam kurikulum menuntut agar siswa berunjuk kerja, misal: memainkan alat musik, menari, menggunakan alat-alat sains, mengoperasikan peralatan, melakukan permainan, menyelesaikan masalah secara kelompok, berpartisipasi dalam diskusi. Semua itu memerlukan observasi.

Penilaian kinerja dimaksudkan sebagai penilaian pada saat peserta didik terlibat dalam aktivitas pembelajaran.Unjuk Kerja (Performance) :pengamatan terhadapa aktivitas siswa sebagaimana terjadi (unjuk kerja, tingkah laku, interaksi)Cocok untuk :Penyajian lisan: keterampilan berbicara, berpidato, baca puisi, berdiskusi.Pemecahan masalah dalam kelompokPartisipasi dalam diskusiMenariMemainkan alat musikOlah RagaMenggunakan peralatan laboratoriumMengoperasikan suatu alat

34LangkahLangkah (Performance)Mengidentifikasi semua aspek yang pentingTuliskan semua kemampuan khusus yang diperlukanUsahakan kemampuan yang akan diukur tidak terlalu banyakUrutkan kemampuan yang akan diukur berdasarkan urutan yang akan diamatiBila menggunakan rating scale perlu menyediakan kriteria untuk setiap pilihan (misal: baik bila, cukup bila, kurang bila)

Pencatatan ObservasiSistem pencatatan seyogyanya:terorganisasi dgn baikmudah digunakanefisienmudah diakses informasinyamencerminkan pertumbuhan/kemajuan pencapaian kemampuan siswa dari waktu ke waktuPencatatan dapat mengguanakansistem kartu sistem komputerlis catatan singkat kelasFormat observasi Kelas:_____ Aktivitas NamaMerencanakan penelitianMengelola penelitianMenerapkan teori/tekBerperilaku btanggung jwbAhmadMengg konsep, peta, dlm pcnaanMggnkan alat dg benarMmbantu tmn dlm ksultan, memadamkan api Usman

dst

Contoh rentang kompetensiLevel 5Siswa dapat mengukur sesuatu dengan air dengan