PENGONTROLAN HEMATOPOIESIS - selesai

download PENGONTROLAN HEMATOPOIESIS - selesai

of 9

  • date post

    28-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    77
  • download

    7

Embed Size (px)

Transcript of PENGONTROLAN HEMATOPOIESIS - selesai

PENGONTROLAN HEMATOPOIESIS

PENGONTROLAN HEMATOPOIESIS DINA ALYANIPengaturan produksi SDM-peran eritroprotein

Oksigenasi jaringan adalah pengatur utama produksi SDMPengaturan produksi ditujukan agar sdm tidak berlimpah ruah sehingga aliran darah terhambat.Oksigenisasi jaringan, merupakan pengatur utama produksi sel darah merah.Setiap keadaan yang menyebabkan penurunan transportasi sejumlah oksigen ke jaringan biasanya akan meningkatkan kecepatan produksi SDM.

Bila terjadi kerusakan sumsum tulang akibat paparan sinar-x, akan mengakibatkan hyperplasia sumsum tulang yang tersisa, dlm usahanya utk memenuhi kebutuhan SDM tubuh.Pada kasus seseorang yg tinggal di dataran tinggi, bukan konsentrasi SDM dalam darah yang mengatur produksi sel, melainkan jumlah oksigen yang diangkut ke jaringan.

Eritroprotein merangsang produksi sel darah merah, dan pembentukannya meningkat sebagai respon thd hipoksiaEritroprotein yaitu hormone, suatu glikoprotein.90% terbentuk dalam ginjal, sisanya terbentuk di hati.Bila seseorang ginjalnya diangkatBerfungsi sebagai perangsang produksi SDM dalam keadaan hipoksia.Berfungsi sampai hipoksia mereda.

SistematikaPengontrolan Produksi EritrositDilakukan oleh eritropoeitin. Merupakan suatu hormone yang secara langsung mempengaruhiaktivitas sumsum tulang. Sangat peka terhadap perubahan kadar oksigen dalam jaringan.Kadar oksigenasi di jaringan menurun.Ginjal akan mensekresi suatu enzim yaitu eritrogenin yang merupakan factor eritropoetik.Eritrogenin akan bereaksi dengan protein dalam sirkulasi yang disebut eritropoetinogen membentuk eritropoetin yang aktif.Eritropoetin akan mempercepat pembentukan eritrosit pada semua stadia. Ini akan meningkatkan jumlah eritrosit muda yang masuk dalam sirkulasi.Jika oksigenasi jaringan sudah kembali normal, maka produksi eritropoetin akan ditekan kembali.Pengontrolan produksi leukosit Produksi limfosit bergantung pada jumlah pathogen yang masuk ke dalam tubuh. Semakin banyak pathogen yang masuk, maka makin banyak pula leukosit yang diproduksi dan sebaliknya

TERIMA KASIH