Penginderaan Jauh 2.0

download Penginderaan Jauh 2.0

of 26

  • date post

    05-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    287
  • download

    1

Embed Size (px)

description

geografi sma

Transcript of Penginderaan Jauh 2.0

PowerPoint Presentation

Kelompok 5 :1. Alexander parlaungan dolok saribu2. aisyah nooravieta Setiawan3. brandon novan fernando4.muhammad ikhwannussofa5. qatrunnada daysa fitriGEOGRAFIPENGINDERAAN JAUH

Pertanyaan1. Jelaskan 4 definisi penginderaan jauh menurut para ahli, setelah itu simpulkanlah!2. Sebutkan unsur unsur dan komponen penginderaan jauh, kemudian buatlah bagannya!PENGINDERAAN JAUH MENURUT PARA AHLIPengindraan Jauh Menurut Para AhliLillesand dan Kiefer Menurut Lillesand dan Kiefer (1979), Penginderaan Jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang obyek, daerah, atau gejala dengan jalan menganalisis data yang diperoleh dengan menggunakan alat tanpa kontak langsung terhadap obyek, daerah, atau gejala yang dikaji.

2. Colwell Menurut Colwell (1984) Penginderaaan Jauh yaitu suatu pengukuran atau perolehan data pada objek di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain di atas atau jauh dari objek yang diindera.

3. David T.Lindgren Penginderaan jauh adalah berbagai tehnik yang dikembangkan untuk memperoleh dan menganalisis tentang bumi.

4. Curran Menurut Curran, (1985) Penginderaan Jauh yaitu penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat diinterpretasikan sehingga menghasilkan informasi yang berguna.

5. Willson dan Buffon Penginderaan jauh adalah suatu ilmu, seni dan tehnik untuk memperoleh informasi tentang objek, area, dan gejala dengan menggunakan alat dan tanpa kontak langsung dengan objek, area, maupun gejala tersebut.Kesimpulan dari pendapat para ahliMenurut kami : Penginderaan jauh merupakan ilmu dan tehnik untuk mengetahui suatu objek dengan area pandang dari jarak jauh dan mencangkup wilayah secara luas dengan menggunakan alat tertentu.UNSUR UNSUR DAN KOMPONEN PENGINDERAAN JAUHUnsur-Unsur dan Komponen Penginderaan JauhSumber tenagaAtmosfer (lapisan udarah)Interaksi antara tenaga dan objekSensor dan wahanaPerolehan dataPenggunaan dataWaktu penyinaran matahariKeadaan cuacaFotografi elektronikData manualData numerikBentuk relif muka bumi

Bagan komponen suber tenaga pada penginderaan jauhMain Menu