Pengertian Polusi

download Pengertian Polusi

of 25

  • date post

    14-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    34
  • download

    6

Embed Size (px)

description

pengertian polusi untuk pembelajaran ipa terpadu

Transcript of Pengertian Polusi

PAPER IPA TERPADUDAMPAK POLUSI BAGI KESEHATAN MANUSIADisusun untuk memenuhi tugas IPA Terpadu yang diampu oleh Prof. Dr. H. Widha Sunarno

DIKERJAKAN OLEHDINDA AMEILIA GK2310026PENDIDIKAN FISIKA 2010 A

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANUNIVERSITAS SEBELAS MARETSURAKARTA2013

Pengertian PolusiPolusi atau pencemaran menurut UU Republik Indonesia nomor 23 tahun 1997 adalah masuk atau di masukkannya zat, energi, makhluk hidup dan atau komponen lain kedalam suatu lingkungan yang dilakukan oleh manusia sehingga kualitas dari lingkungan tersebut turun sampai pada tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan tidak bisa digunakan untuk yang seharusnya. Selain diartikan demikian polusi atau pencemaran juga bisa diartikan sebagai perubahan komposisi dari zat (air, udara, tanah dan lingkungan) sehingga kualitas dari zat tersebut menjadi berkurang atau tidak bisa lagi diperuntukan sesuai fungsinya.

Polusi sendiri bila terus dibiarkan berlarut-larut dan tanpa ada penanganan akan sangat bisa membahayakan kehidupan manusia. Berbagai cara telah dilakukan manusia untuk mencegah atau setidaknya menghambat terjadinya polusi mulai dari membuat tempat khusus untuk membuang limbah, menetralisir bahan polutan dalam limbah dan lain sebagainya. Supaya pencegahan terhadap polusi bisa membawa hasil yang maksimal maka diperlukan pengendalian lingkungan yang berdasarkan pada baku mutu lingkungan.

Berbicara mengenai polusi tentunya tidak akan lengkap bila tidak dilengkapi dengan Polutan. Polusi sendiri bisa terjadi karena adanya polutan. Jadi disini yang dimaksud dengan polutan adalah zat atau benda pencemar yang bisa menimbulkan pencemaran baik langsung maupun tidak langsung, contohnya: Sampah.Polutan sendiri dibagi menjadi beberapa bagian yakni ada 4:

1. Polutan KimiawiPolutan kimiawi adalah polutan yang bentuknya senyawa kimia yang kosentrasinya sangat (cukup) tinggi sehingga dapat menimbulkan terjadinya pencemaran. Contohnya Gas karbon dioksida (CO2)

2. Polutan BiologisMerupakan polutan yang berbentuk makhluk hidup yang bisa menimbulkan terjadinya pencemaran. Contohnya saja tumbuhan gulma.

3. Polutan fisikPolutan fisik adalah polutan yang fisiknya (bodinya) dapat menimbulkan pencemaran. Contohnya adalah : Besi tua yang sudah tidak digunakan dan di buang.

4. Polutan sosial budayaMerupakan polutan yang bentuknya berupa perilaku dan budaya yang tidak sesuai dengan peraturan dan norma yang berlaku di msyarakat setempat sehiingga bisa menimbulkan terganggunya kehidupan sosial masyarakat. Contohnya adalah tawuran.

http://www.miung.com/2013/04/pengertian-polusi-pencemaran-air-udara.html

MACAM-MACAM POLUSIPolusi sering disebut juga pencemaran.pencemaranadalah masuknya atau dimasukannya makhluk hidup, zat, energi atau komponen lain ke dalam lingkungan oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.A.MACAM-MACAM POLUSI1. Polusi UdaraPolusi udara dapat ditimbulkan oleh polutan dari sumber-sumber alami atau kegiatan manusia. Salah satu pencemaran udara akibat ulah manusia adalah kendaraan motor , asap pabrik dan masih banyak lagi.a. Polutan di udara- Materi Partikulat- Nitrogen Oksida- Sulfur Oksida- Karbon Oksida- Hidrokarbon- Ozon- Suarab. Sumber -sumber Polusi udaraPolusi dapat terjadi diluar ruangan (outdoor pollution)dan dalam ruangan (indoorpoluttion).Contoh sumber-sumber polusi udara yang ada di luar ruangan adalahletusan gunung berapi, kebakaran hutan, pembakaran bahan bakar fosil terutama oleh industri, serta pembakaran bahan bakar kendaraan bermotor.Contoh sumber-sumber polusi udara yang ada didalam ruangan adalahbahan-bahan baku bangunan, senyawa senyawa pembersih, asap rokok, perapian, kompor gas, dan kompor minyak tanah, serta produk-produk perawatan tubuh dan pakaian.

2. Polusi AirAir dikatakan tercemar jika terjadi perubahan pada kualitas air, baik secara kimia, biologi, atau fisika, yang dapat membahayakan makhluk hidup.Terjadinya pencemaran air sebagian besar disebabkan oleh kegiatan manusia, berupa limbah dari rumah tangga, kegiatan industri, maupun kegiatan lainnya.a. Polutan di airBeberapa kelompok polutan/ pencemar utama di air adalah sebagai berikut :Agen penyebab penyakitAgen penyebab penyakit adalah organisme-organisme yang dapat menginfeksi dan menyebabkan penyakit. contoh agen penyebab penyakit yang dapat menjadi polutan air adalah bakteri, virus, protozoa, dan cacing parasit.Limbah yang memerlukan oksigenLimbah yang memerlukan oksigen terdiri atas berbagai limbah organik yang dapat diurai oleh bakteri aerob. contoh jenis limbah ini adalah kotoran manusia dan hewan, sisa-sisa tumbuhan, dan limbah industri.Bahan kimia organikBahan kimia organik merupakan senyawa kimia yang mengandung atom karbon. contoh bahan kimia organik tersebut adalah pestisida, minyak, gasolin, plastik, pelarut pada produk-produk pembersih, dan detergen.Bahan kimia anorganikPolutan berupa bahan kimia anorganik adalah polutan yang mengandung unsur kimia selain karbon, misalnya yang mengandung unsur kimia selain karbon,contohnya berbagai senyawa asam, senyawa garam-garaman, dan logam berat.Nutrien tumbuhannutrien tumbuhan merupakan senyawa-senyawa kimia yang dapat menstimulasi pertumbuhan tumbuhan dan ganggang (algae).SedimenSedimen adalah endapan berbagai partikel padat seperti partikel pasir, lempung, lumpur, dan batuan di dasar perairan.Bahan radioaktifBahan radioaktif mengandung atom-atom dari senyawa isotop yang tidak stabil sehingga memancarkan radiasi secara spontan.PanasPolusi yang disebabkan panas disebut sebagai polusi termal. panas dapat menjadi polutan di air apabila berlebihan sehingga suhu perairan meningkat terlalu tinggi.b. Sumber-sumber polusi airSumber polusi dapat dibedakan menjadi sumber langsung dan sumber tidak langsung.Sumber langsung adalahsumber polusi yang membuang polutan di lokasi spesifik melalui pipa, selokan, atau saluran pembuangan langsung menuju badan atau permukaan air. contoh : pabrik, tempat pengolahan limbah, pertambangan, dan tangki minyak.Sumber tidak langsung adalahsumber polusi yang asalnya dari area lahan luas atau dari partikel-partikel yang terbawa udara, yang mencemari air melalui aliran air atau pengendapan senyawa dari atmosfer. contoh : aliran atau rembesan senyawa kimia dari lahan pertanian, peternakan, perkotaan, jalan raya, area pabrik, area parkir, dan tempat penebangan hutan.

3. Polusi TanahPolusi tanah mencakup berbagai perubahan fisik dan kimia pada tanah yang memberi dampak negatif bagi kehidupan tumbuhan dan makhluk hidup lain yang hidup di tanah. selain berdampak negatif secara langsung, polusi tanah juga dapat menyebabkan polusi pada air dan udara karena polutan-polutan yang mencemari tanah dapat terbawa melalui aliran air ke air permukaan, merembes menuju air tanah, atau menguap ke udara.a. Polutan di tanahbeberapa polutan/ pencemar utama di tanah adalahsebagai berikut :Limbah PadatLimbah padat meliputi bahan-bahan padatan buangan seperti kertas, kayu, plastik, metal, kaca, sisa makanan, karet dan lainnya.Logam beratContoh logam berat yang dapat menjadi polutan di tanah adalah kadmium, timbal, tembaga, besi, dan nikel.pestisidaPestisida adalah senyawa yang digunakan untuk membunuh makhluk hidup yang dianggap mengganggu oleh manusia.Nitrogen, Fosfat, dan garam mineralNitrogen, Fosfat, dan garam mineral merupakan unsur-unsur yang sangat diperlukan tumbuhan untuk pertumbuhan. namun, jika keberadaannya di tanah berlebih, unsur-unsur tersebut dapat bersifat racun bagi tumbuhan.b. Sumber-sumber polusi tanahSumber polutan utama di tanah adalah kegiatan pertanian. Pupuk mengandung Nitrogen dan Fosfat, Festisida mengandung senyawa berbahaya, sedangkan air irigasi umumnya mengandung garam-garaman. semua zat tersebut dapat menjadi polutan di tanah. selain pertanian, rumah tangga dan industri juga merupakan sumber polutan ditanah karena menghasilkan berbagai sampah padat. selain sampah padat, beberapa industri juga menghasilkan logam berathttp://ismaya-bintara.blogspot.com/2012/06/macam-macam-polusi.html

Dampak Polusi Udara bagi Kesehatan Manusia dan Lingkungan

Kualitas udara yang layak harus tersedia untuk mendukung terciptanya kesehatan masyarakat. Standar tentang batas-batas pencemar udara secara kuantitatif diatur dalam baku mutu udara ambient dan baku mutu emisi.Berbagai polutan udara dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi manusia dan makhluk hidup lain antara lain:

a. Karbon monoksidaGas CO yang terhirup dapat bereaksi dengan hemoglobin pada sel darah merah seningga menghalangi pengangkutan oksigen yang sangat dibutuhkan tubuh. Efek yang ditimbulkan diantaranya adalah pusing, sakit kepala, rasa mual, ketidaksadaran (pingsan), kerusakan otak, dan kematian. Gas CO yang terhirup dapat pula berdampak pada kulit dan menyebabkan masalah jangka panjang pada penglihatan.

Konsentrasi CO di udara (ppm)Konsentrasi COHb dalam darah (%)Gangguan pada tubuh

30,98Tidak ada

51,30Belum begitu terasa

102,10Gangguan sistem saraf sentral

203,70Gangguan panca indra

406,90Gangguan fungsi jantung

6010,10Sakit kepala

8013,30Sulit bernafas

10016,50Pingsan - kematian

b. Sulfur oksida, nitrogen oksida dan ozonGas sulfur oksida, nitrogen oksida, dan ozon pada konsentrasi rendah dapat menyebabkan iritasi mata dan saluran pernapasan.Menghirup ketiga gas tersebut dalam waktu cukup lama dapat menyebabkan gangguan pernapasan kronis seperti bronkitis, amfisema, dan asma. Penyakit-penyakit ini umumnya ditandai dengan kesulitan bernapas (sesak) akibat kerusakan organ pernapasan.Gas-gas ini juga dapat memperparah gagguan pernapasan yang sedang diderita seseorang.Sulfur oksida dan ozon dapat membahayakan kehidupan tumbuhan karena beersifat racun bagi tumbuhan.Polutan SOx mempunyai pengaruh terhadap manusia dan hewan pada