Pengalaman Berkunjung Ke Candi V

PENGALAMAN BERKUNJUNG KE CANDI V SEMARANG Ketika itu saya dan tetanggaku berbincang bincang didepan rumah kemudian dia menceritakan tentang candi V itu, kemudian saya tertarik ingin melihatnya, setelah beberapa hari kemudian saya janjian dengan tetanggaku itu untuk pergi kesana. Tepat pada hari Minggu saat libur sekolah saya dan tetanggaku yang bernama Dewi itu pergi kesana dengan kendaraan roda 2, berangkat dari rumah jam 09.30 WIB. Kami melewati medan yang dilalui cukup berat dengan belokan cukup tajam dan jurang di sekitarnya dan kami sampai jam 11.30 WIB. Setelah itu saya menuju tiket kemudian kami membeli tiket, kemudian kami masuk ke wisata candi V. Sesampainya di pintu masuk candi, kami langsung disambut dengan atmosfer khas pegunungan yang dingin. Setelah memarkir kendaran, kami pun menuju loket penjualan tiket masuk. Tiket masuk candi Gedong Songo Rp 6000,00 (hari biasa) Rp 7500,00 (hari libur) Rp 50.000,00 (US $ 5). Candi Gedong Songo mempunyai arti Candi Bangunan Sembilan. Gedong berarti bangunan dan Songo berarti Sembilan. Lokasi Candi Gedong Songo berada di lereng Gunung Ungaran, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Untuk transportasi kendaraan umum, terdapat bus jurusan bandungan atau angkutan umum ambarawa-bandungan kemudian turun

description

wisata

Transcript of Pengalaman Berkunjung Ke Candi V

Page 1: Pengalaman Berkunjung Ke Candi V

PENGALAMAN BERKUNJUNG

KE CANDI V SEMARANG

Ketika itu saya dan tetanggaku berbincang bincang didepan rumah kemudian dia

hari kemudian saya janjian dengan tetanggaku itu untuk pergi kesana.

Tepat pada hari Minggu saat libur sekolah saya dan tetanggaku yang bernama Dewi

membeli tiket, kemudian kami masuk ke wisata candi V.

Sesampainya di pintu masuk candi, kami langsung disambut dengan atmosfer khas

50.000,00 (US $ 5).

Candi Gedong Songo mempunyai arti Candi Bangunan Sembilan. Gedong berarti

Ungaran, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa

Tengah, Indonesia.

Untuk transportasi kendaraan umum, terdapat bus jurusan bandungan atau angkutan

umum ambarawa-bandungan kemudian turun Candi yang paling dekat pintu masuk adalah

candi Gedong I, hanya terdapat satu candi dan puncaknya pun sudah tidak sempurna lagi.

Maka kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju candi-candi selanjutanya.

Saya kira candi-candi yang lain berada di sekitar kompleks candi I, eh ternyata kami harus

mendaki gunung yang lumayan membuat kaki saya berotot untuk mengeksplorasi candi yang

lain. Namun, pengunjung juga dapat menggunakan transportasi kuda dengan merogoh kocek

sebesar Rp 50.000,00 untuk mengitari seluruh kompleks candi. Kondisi jalan khusus pejalan

kaki sangat menanjak dan terjal, sehingga kami harus beberapa kali beristirahat untuk sampai

di candi Gedong II. Namun, rasa lelah kami terbayar ketika melihat indahnya pemandangan

sekitar yang kami lewati, terbentang hutan pinus yang asri dan udara segar yang setiap saat

Page 2: Pengalaman Berkunjung Ke Candi V

memberikan suntikan energi untuk kami. saat di pertigaan menuju candi gedong Songo dan

dari pertigaan tersebut dapat ditempuh menggunakan jasa ojek (sekitar 4 km).

Akhirnya kami tiba di kompleks candi Gedong II. Hanya terdapat 1 kompleks candi di

sini. Ternyata semua candi menggunakan material berupa batu andesit yang dibentuk

menyerupai batu bata dan disusun membentuk struktur candi. Kemudian kami menuju candi

Gedong III yang letaknya tidak begitu jauh dari Gedong II, inilah kompleks candi terbagus

dari yang lain. Di kompleks ini terdapat 3 bangunan candi, yang mayoritas masih utuh. Ukiran

patung dewa masih dapat diPerjalanan kami lanjutkan ke candi IV dan V melewati pemandian

air panas belerang. Aroma dan asap belerang yang khas manyambut kami. Benar-benar kuasa

Tuhan yang Agung, baru pertama kali ini saya melihat langsung asap belerang mengepul dari

balik lereng batu. Untuk menikmati berendam di kolam air panas belerang, pengunjung hanya

cukup mengeluarkan nominal 5000 rupiah.

Page 3: Pengalaman Berkunjung Ke Candi V

Kami senang sekali bisa berkunjung di Candi V ini kamipun tidak ketinggalan berfoto

ria bersama tetangga saya. Perjalanan menuju candi Gedong IV dan V cukup jauh dengan

menuruni dan menaiki lereng gunung. Woww tetapi perjalanan itu tidaklah seberapa ketika di

puncak candi V kami disuguhi pemandangan luar biasa. Ukiran tangan Tuhan benar-benar

mempesona. Hamparan hijaunya alam hutan pinus, hijaunya gunung yang malu-malu

bersembunyi di tengah kabut, dan pemandangan Rawa Pening dapat kita nikmati dari puncak

candi V. Alam yang begitu indah ini hanya sebagian kecil dari karya Tuhan. Ternyata dari

Sembilan candi tersebut hanya tersisa 5 bangunan candi, sisanya sudah menjadi puing-puing

candi.

Page 4: Pengalaman Berkunjung Ke Candi V

Puas menikmati nuansa tingkatan candi Gedong Songo, kami beranjak pulang dengan

melalui jalur menurun yang sangat curam. Kaki kami terasa tertarik gaya gravitasi yang cukup

besar sehingga gaya gesek kaki kami dan tanah sulit menghambat gaya ini.

Untuk membayar lelah kami, kami menikmati semangkuk mie ayam dan minuman

penghilang dahaga di kantin-kantin sekitar kompleks candi. Diiringi angina sepoi-sepoi kami

sangat menikmati santapan kami yang sangat nikmat dimakan kala lelah kami. Kami cukup

mengeluarkan Rp 10.000,00 – Rp 15.000,00 saja. Benar-benar petualangan yang ngirit.

Heehehe. Di kantin ini pun pengunjung dapat menikmati sate daging kelinci dengan harga Rp

15.000,00. Suvenir sebagai oleh-oleh kurang begitu bagus menyajikan kekhasan candi

GedongSongo. Hanya beberapa kaos bertuliskan candi gedong songo dan beberapa kerajinan

kayu (pigura, gantungan kunci, aksesoris, dll).