Penduan Singkat Moodle

of 46/46
PANDUAN SINGKAT MEMANFAATKAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNTUK GURU DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 1 CIANJUR Oleh : Syamsul Arifin, S.Kom SMA Negeri 1 Cianjur Jl. Pangeran Hidayatulloh No. 62 Cianjur 43212 2010
  • date post

    25-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    70
  • download

    5

Embed Size (px)

Transcript of Penduan Singkat Moodle

PANDUAN SINGKAT MEMANFAATKAN E-LEARNING BERBASIS MOODLEUNTUK GURU DI LINGKUNGAN SMA NEGERI 1 CIANJUR

Oleh : Syamsul Arifin, S.Kom

SMA Negeri 1 CianjurJl. Pangeran Hidayatulloh No. 62 Cianjur 43212 2010

A. Membuka situs E-learning. 1. Jalankan program web browser seperti Internet Explorer, Mozila Firefox atau Opera. Pada contoh dibawah, akan ditampilkan menggunakan Mozila Firefox. 2. Pada address bar, ketik alamat http://192.168.182.254/moodle

Gambar 1.1. Halaman Situs E-learning SMA Negeri 1 Cianjur 3. Pada menu login masukan username dan password. Lalu klik tombol Login. 4. Setelah berhasil login, maka nama Anda akan terlihat pada pojok kanan atas.

Gambar 1.2. Tampilan setelah login 2|Page

Hasil yang diharapkan Guru dapat membuka situs E-learning dan melakukan login. B. Merubah Password dan Mengedit Profil 1. Buka situs e-learning, kemudian login. Klik nama anda pada pojok kanan atas halaman sehingga ditampilkan halaman seperti dibawah.

Gambar 1.3. Halaman Profile 2. Untuk merubah password klik tombol change password!

Gambar 1.4. Merubah password Isilah Current password dengan pasword yang sekarang. Kemudian New password dengan password yang baru. Klik tombol save changes! (Password jangan pernah dilupakan). Untuk meyakinkan bahwa password sudah dirubah, Anda dapat melakukan logout kemudian login kembali dengan password yang baru. Catatan : username tidak bisa dirubah!

3|Page

3. Untuk mengedit profil, klik tombol Edit profile.

Gambar 1.5. Mengedit profil Isilah data-data sesuai dengan yang diminta apabila mau dirubah. Anda juga dapat mengupload poto pada bagian Picture of.

Gambar 1.6. Update Profil Setelah data dimasukan klik tombol Update profile!

4|Page

Gambar 1.7. Profil terupdate Untuk kembali ke halaman awal, klik tombol Home.

Gambar 1.8. Halaman Home Hasil yang diharapkan Dapat mengganti password dan melakukan update profile.

5|Page

C. Setting Kursus / Pelajaran Pada halaman utama situs E-learning, terdapat beberapa kategori kursus /pelajaran diantaranya Kelas X, Kelas XI dan Kelas XII. Klik salah satu kategori tersebut sesuai dengan kelas yang Anda ajar.

Gambar 1.9. Tampilan Mata Pelajaran pada kategori Kelas X MENAMBAHKAN TOPIK (SK DAN KD) Untuk mengisi topik dalam Moodle caranya sebagai berikut : 1. Masuk (login) dengan menggunakan username dan password. Apabila login sukses nama Anda akan tampil pada pojok kanan atas layar. 2. Pada kategori kursus / pelajaran, cari kelas yang Anda ajar kemudian cari kursus / mata pelajaran yang diajarkan lalu masuk / klik. (sebagai teacher)

6|Page

Gambar 2.1. Tampilan bagan topik (Topic Outline) 3. Sebagai teacher (guru) Anda dapat mengatur /menambah/mengurangi konten pembelajaran pada halaman kursus/pelajaran anda.

Gambar 2.2. Tampilan bagan topik 2 7|Page

Untuk menambahkan text pada topik, KLIK tombol Turn editing on pada pojok kanan layar sehingga tampilan seperti gambar dibawah :

Gambar 2.3. Tampilan topik pada mode ubah (editing)

Gambar 2.4. Letak ikon-ikon untuk editing 8|Page

Untuk menambahkan topik klik ikon

Isikan topiknya, misalnya SK dan KD pelajaran Anda kemudian klik tombol Save changes

Lanjutkan pengisian untuk topik-topik selanjutnya.

9|Page

Hasil yang diharapkan Dapat menambahkan dan mengatur SK dan KD dalam bagan topik sesuai dengan mata pelajarannya. MENGISI KONTEN / BAHAN AJAR Setelah mengisi SK dan KD pada bagan topik selanjutnya kita dapat mengisi materi pembelajaran yang sudah kita siapkan. Konten / materi pembelajaran yang dapat ditampilkan di Moodle dapat dalam bentuk text, file Word, Excel, Powerpoint, Flash, PDF, video, animasi, dan lain-lain. 1. MENAMBAHKAN MATERI TEKS Untuk menambahkan materi text, klik add a resource kemudian pilih Compose a text page.

Gambar 3.1. Menambah materi text Pada Name, isilah judul Materi, kemudian isikan deskripsi dari materi pada kolom Summary.

10 | P a g e

Isikan materi pada Full text. Materi dapat dimasukan dengan cara diketik langsung atau dengan cara mengcopy-paste dari file MS. Word yang sudah ada.

Selanjutnya >> klik tombol save and display dibagian bawah layar.

Gambar 3.2. Materi dalam bentuk text 11 | P a g e

Untuk kembali ke tampilan mata pelajaran, klik mata pelajaran yang terdapat disebelah kanan tombol home.

Perhatikan materi text sudah muncul pada bagan topik

2. Menambahkan materi dalam bentuk PDF dan dalam bentuk file (Word, Powerpoint, Flash). a. Siapkan file PDF atau file lain yang akan diupload. b. Login sebagai guru, klik kelas >> mata pelajaran >> klik turn editing on. c. Pada topik yang dituju, klik Add a resource >> kemudian pilih Link to a file or a web site

12 | P a g e

Isikan Nama materi dan deskripsinya. >> kemudian klik Choose or upload a file

Akan muncul jendela seperti dibawah. Klik pada tombol Upload a file,

13 | P a g e

Kemudian klik pada tombol browse .

Arahkan pada file yang sudah disiapkan lalu klik open.

Selanjutnya klik tombol Upload this file. Tunggu beberapa saat sampai file selesai di upload.

Pada jendela selanjutnya >> beri tanda ceklist pada file yang akan ditampilkan >> klik Choose. 14 | P a g e

File tersebut sudah masuk di box Location >> klik tombol Save and display.

Untuk kembali ke halaman pelajaran, klik nama mata pelajaran disebelah kanan tombol home.

15 | P a g e

Perhatikan sejauh ini kita sudah berhasil menambahkan dua buah materi pembelajaran

Untuk menambahkan materi berupa file MS.Word atau presentasi MS.Powerpoint atau file lainnya, prosesnya sama dengan diatas. Hasil yang diharapkan Dapat menambahkan materi pembelajaran dalam berbagai macam format. (text, PDF, Word, Powerpoint, Flash, dll)

16 | P a g e

Menambahkan materi web dan menyisipkan gambar a. Siapkan file text dan file gambar yang akan diupload. b. Login sebagai guru, klik kelas >> mata pelajaran >> klik turn editing on. c. Pada topik yang dituju, klik Add a resource >> kemudian pilih Combpose a web page

d. Isi judul materi dan deskripsinya

e. Pengisian materi untuk web page caranya sama seperti mengisi materi text, Anda dapat mengetik langsung pada bagian Full text, atau meng-copy dari file yang sudah disiapkan.

17 | P a g e

Untuk menyisipkan gambar, letakan kursor dimana akan disisipkan gambar lalu klik ikon Insert Image.

Klik browse kemudian cari file gambar yang akan ditampilkan

18 | P a g e

Arahkan pada file gambar yang akan disisipkan >> klik open.

Setelah file masuk >> klik upload.

19 | P a g e

Klik pada file gambar yang telah berhasil di upload, gambar akan ditampilkan pada jendela Preview. Selanjutnya isilah judul gambar pada kotak Alternate text >> lalu klik OK.

Maka gambar akan ditampilkan pada halaman web yang dibuat. Sisipkan gambar lainnya dengan cara yang sama. Setelah selesai klik Save and display.

20 | P a g e

Untuk kembali ke tampilan mata pelajaran, klik mata pelajaran yang terdapat disebelah kanan tombol home.

Selesai.

21 | P a g e

MEMBUAT KUIS Dalam Moodle untuk melakukan evaluasi terhadap penguasaan sebuah materi, salah satu fasilitas yang dapat digunakan adalah Quis (kuis/tes). Adapun langkah-langkah untuk membuat kuis adalah sebagai berikut: 1. Membuat Quis yaitu merencanakan : a. Waktu kuis, kapan dilaksanakannya kuis tersebut/dapat diakses dan kapan kuis tersebut ditutup/tidak dapat diakses lagi. b. Alokasi waktu maksimal untuk mengerjakan kuis c. Berapa kali kesempatan siswa dalam mengerjakan kuis ini. d. Apakah pertanyaan akan diacak (artinya setiap siswa mendapat nomor soal yang berbeda) 2. Membuat Question/ pertanyaan meliputi : a. Menentukan tipe dari pertanyaan apakah pilihan ganda, essay, pernyataan benar-salah atau menjodohkan. b. Membuat pertanyaan berdasarkan tipe. Lalu mengumpulkannya menjadi bank soal. Dapat dilakukan secara manual atau menggunakan cara impor. (penjelasannya didepan) c. Setelah bank soal terbentuk, kita bisa pilih pertanyaan mana saja yang akan ditampilkan pada Quis ini. d. Menentukan skor/nilai maksimal e. Menjalankan kuis. Selesai. 1. Pengaturan Kuis Langkah awal untuk membuat kuis adalah melakukan beberapa pengaturan berkaitan dengan kuis. Tahapannya sebagai berikut : a. Buka situs e-learning. b. Login sebagai guru, klik kelas >> mata pelajaran yang diajarkan >> klik turn editing on. c. Pada topik yang dituju, klik Add an activity >> Quiz

22 | P a g e

d. Isikan judul dari Quiz dan deskripsinya.

e. Aktifkan pengaturan waktu untuk kuis. Tetapkan kapan kuis dimulai dan kapan kuis ini ditutup. Tetapkan juga berapa waktu yang dialokasikan untuk mengerjakan quiz pada bagian Time limit (dalam menit).

Apabila tidak diaktifkan maka kuis bisa diakses kapan saja.

f.

Pada bagian Question per page, isilah dengan angka berapa soal yang akan ditampilkan dalam layar. Apabila menghendaki nomor soal diacak maka pada bagian Shuffle questions >> pilih Yes. Bagian Shuffle within questions akan mengacak opsi pada pertanyaan pilihan ganda apabila dipilih Yes.

23 | P a g e

g. Berapa kali siswa diberikan kesempatan untuk mengerjakan kuis ini dapat diatur pada bagian Attempts allowed. Jika siswa hanya diberikan satu kali kesempatan tanpa dapat mengulang maka pilih 1. Adaptive mode pilih No.

h. Pada bagian Review option kita dapat menentukan apakah yang akan ditampilkan kepada siswa selama dan setelah kuis dilakukan. Untuk menampilkan hanya skor/nilai saja secara langsung setelah kuis dilakukan, maka pilihlah hanya Scores.

i.

Untuk membuat password terhadap kuis, tuliskan pada bagian password.

Require

j.

Setelah pengaturan cukup, klik tombol Save and display.

k. Quiz sudah terbentuk, tinggal diisi dengan pertanyaan-pertanyaan.

24 | P a g e

2. Membuat pertanyaan a. Membuat pertanyaan pilihan ganda Membuat pertanyaan pilihan ganda secara manual 1. Pada bagian Create new question >> pilih Multiple Choice.

2. Berilah nama pertanyaan pada bagian pertanyaan pada bagian Question text.

Question name dan ketik

25 | P a g e

3. Anda dapat mengisi bagian General feedback untuk komentar kepada siswa setelah menjawab soal ini. Anda juga dapat membuat pertanyaan ini sebagai hanya satu pilihan jawaban atau banyak pilihan jawaban pada bagian One or multiple answers?

Anda juga dapat melewati bagian ini apabila dirasa tidak diperlukan. 4. Isikan jawaban pada opsi pertama pada bagian Choise 1. Isikan juga komentar pada bagian Feedback apabila diperlukan. Pada bagian Grade pilihlah None apabila opsi merupakan pengecoh / jawaban yang salah.

Isikan jawaban opsi lainnya pada bagian Choise 2, 3 dst. Pada bagian Grade pilihlah 100% apabila opsi merupakan jawaban yang benar.

26 | P a g e

5. Jika dikehendaki ada komentar/keterangan ketika siswa memilih jawaban baik benar maupun salah, maka keterangan itu dapat ditambahkan. Pada box For any correct response isikan keterangan untuk jawaban benar. Pada box For any incorrect response isikan keterangan untuk jawaban salah.

Setelah selesai >> Klik tombol Save changes.

Soal yang telah dibuat akan ditampilkan pada Question bank.

27 | P a g e

Untuk melihat hasilnya klik Preview

-

Membuat pertanyaan pilihan ganda secara otomatis.(IMPOR) 28 | P a g e

1. Siapkan data soal-soal dalam bentuk text. (MS.Word) 2. Buka program NOTEPAD, Start >> all program >> Accecories >> Notepad. 3. Isikan data soal pilihan ganda seperti format dibawah ini.

Secara umum, Format GIFT untuk pertanyaan pilihan ganda adalah sebagai berikut : ::nama_soal1::pertanyaan1 { =opsi_benar ~opsi_salah ~opsi_salah ~opsi_salah ~opsi_salah } ::nama_soal2::pertanyaan2 { ~opsi_salah ~opsi_salah =opsi_benar ~opsi_salah ~opsi_salah } Dst 29 | P a g e

Perhatikan antar pertanyaan harus dipisahkan oleh satu baris kosong. Setelah soal diketik pada program Notepad seperti diatas maka save File tersebut dengan nama misalnya SOAL_PG.txt dan proses IMPOR siap dilakukan. 4. Klik Import

5. Pada bagian File format pilih GIFT format.

6. Pada bagian Import from file upload >> klik browse >> lalu arahkan pada file yang sudah dibuat (SOAL_PG.txt).

30 | P a g e

Klik Open. Setelah file masuk >> klik Upload this file.

File berhasil di upload >> klik Continue.

Soal yang berhasil diimpor akan masuk ke Question bank.

31 | P a g e

Setelah masuk ke bank soal, maka soal-soal tersebut dapat ditampilkan pada Quiz. b. Memasukan pertanyaan/soal kedalam Quiz Langkah-langkah memasukan pertanyaan kedalam Quiz: 1. Setelah menambahkan atau Impor pertanyaan, klik Quiz.

2. Beri tanda ceklist untuk soal yang mau dimasukan. Kalau soal mau dimasukan semua >> klik Select all. >> klik Add to quiz.

32 | P a g e

3. Soal yang dipilih akan masuk ke Quiz. Tentukanlah nilai maksimal pada bagian Maximum grade. >> klik tombol Save changes.

Untuk melihat hasilnya klik Preview.

Apabila Quiz memiliki password akan ditampilkan jendela seperti dibawah : 33 | P a g e

Apabila password tidak di setting, maka tampilan Quiz akan langsung terlihat.

Pada bagian bawah, setelah selesai menjawab pertanyaan, siswa harus mengklik tombol Submit all and finish.

Akan muncul jendela peringatan

Klik OK. Dan skor akan muncul. Selesai. Untuk kembali, Klik mata pelajaran disebelah kanan tombol Home.

34 | P a g e

Quiz Latihan soal 1 sudah aktif.

c. Membuat pertanyaan benar salah Manual 1. Bukalah Quis yang sudah dibuat sebelumnya.

Klik tab Edit.

Kemudian klik tab Question.

35 | P a g e

Pada bagian Create new question pilihlah True/False.

Isilah Nama pertanyaan dan isi pertanyaannya.

Pilihlah True(benar) atau False(salah) untuk pernyataan ini.

Apabila menginginkan ada respon untuk pertanyaan ini maka isi pada bagian feedback response true/false. Setelah selesai klik Save chages.

Maka pertanyaan sudah masuk ke Question bank.

36 | P a g e

Untuk melihat hasilnya klik ikon Preview.

Tampilan pertanyaan benar/salah Impor pertanyaan benar/salah a. Siapkan data pertanyaan benar salah. Selanjutnya langkah-langkahnya sama dengan impor pertanyaan pilihan ganda. b. Buka program NOTEPAD, Start >> all program >> Accecories >> Notepad. c. Isikan data soal benar/salah seperti format dibawah ini.

Secara umum, Format GIFT untuk pertanyaan benar/salah adalah sebagai berikut : ::nama_soal1::pernyataan benar {T}

37 | P a g e

::nama_soal2::pernyataan salah {F} Dst Setelah soal diketik pada program Notepad seperti diatas maka save File tersebut dengan nama misalnya SOAL_BS.txt dan proses IMPOR siap dilakukan. d. Klik Import

e. Pada bagian File format pilih GIFT format.

f. Pada bagian Import from file upload >> klik browse >> lalu arahkan pada file yang sudah dibuat (SOAL_BS.txt).

38 | P a g e

Klik Open. Setelah file masuk >> klik Upload this file.

File berhasil di upload >> klik Continue.

Soal yang berhasil diimpor akan masuk ke Question bank.

39 | P a g e

Setelah masuk ke bank soal, maka soal-soal tersebut dapat ditampilkan pada Quiz. d. Membuat pertanyaan essay / jawaban singkat Untuk selanjutnya, saya hanya akan menunjukkan pembuatan soal secara impor menggunakan format GIFT dijelaskan di atas. Untuk membuat pertanyaan essay dengan cara import buatlah file text di program notepad dengan format seperti dibawah.1)

. Adapun langkah-langkah mengimpor sudah

Secara umum, Format GIFT untuk pertanyaan essay adalah sebagai berikut : ::nama_pertanyaan1::pertanyaan1{=jawaban benar} ::nama_pertanyaan2:: {=jawaban benar}pertanyaan2 ::nama_pertanyaan3::pertanyaan1{=jawaban benar =alternatif jawaban1 =alternatif jawaban2} Dst Perhatikan bahwa jawaban boleh ditempatkan diawal, ditengah ataupun di akhir pertanyaan. Jawaban juga dapat diisi lebih dari satu apabila terdapat alternatif jawaban yang lainnya.

1) Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi http://docs.moodle.org/en/GIFT 40 | P a g e

Setelah membuat pertanyaan dengan format seperti diatas, save file tersebut kemudian proses impor siap dilakukan. Langkah-langkah impor lihat pada bagian sebelumnya.

Tampilan setelah diimpor.

Tampilan pertanyaan essay / isian singkat e. Membuat pertanyaan menjodohkan Untuk membuat pertanyaan menjodohkan dengan cara import buatlah file text di program notepad dengan format seperti dibawah.

Secara umum, Format GIFT untuk pertanyaan menjodohkan adalah sebagai berikut : 41 | P a g e

::nama_pertanyaan1::pertanyaan1{ =pertanyaan1.1 -> jawaban1.1 =pertanyaan1.2 -> jawaban1.2 =pertanyaan1.n -> jawaban1.n} ::nama_pertanyaan2::pertanyaan2{ =pertanyaan2.1 -> jawaban2.1 =pertanyaan2.2 -> jawaban2.2 =pertanyaan2.n -> jawaban2.n}Dst Setelah membuat pertanyaan dengan format seperti diatas, save file tersebut kemudian proses impor siap dilakukan. Langkah-langkah impor lihat pada bagian sebelumnya.

Tampilan pertanyaan menjodohkan

42 | P a g e

Melihat hasil Quiz Setelah melaksanakan Quiz, secara otomatis Nilai akan disimpan oleh sistem. Untuk mengaksesnya kembali kita klik Quiz yang akan ditampilkan hasilnya.

Klik Result untuk melihat hasilnya.

Attempts menunjukkan berapa orang siswa yang telah melaksanakan Quiz. Apabila Attempts bernilai 0 menunjukkan belum ada siswa yang melaksanakan Quiz, dan nilai tidak akan muncul. Apabila sudah ada siswa yang telah melaksanakan Quiz, maka laporannya akan ditampilkan seperti dibawah :

Dalam

tampilan

Overview

ini

kita

dapat

melihat

nama

siswa

yang

melaksanakan Quiz, kapan dimulai(started on), kapan selesai (Completed), 43 | P a g e

berapa

lama

dia

mengerjakan(Time

taken),

berapa

nilai

yang

dihasilkan(Grade), nomor berapa dia menjawab benar dan nomor berapa dia menjawab salah (#1,#2,,#n) serta berapa nilai rata-rata siswa yang mengikuti quiz ini (Overal average). Kita dapat menampilkan nilai siswa dengan format file Excel. Caranya adalah dengan mengklik tombol Download in Excel Format di bagian bawah.

Pilih Open With Microsoft Office Excel

Maka akan ditampilkan nilai siswa dalam file Excel.

Sehingga kita dapat mengolah nilai siswa dengan mudah.

Apabila ingin melihat jawaban siswa klik pada nilai siswa.

Maka lembar jawab siswa akan ditampilkan

44 | P a g e

Disini kita dapat melihat nomor yang mana yang dijawab benar dan nomor yang dijawab salah. Untuk menganalisa Quiz ini, >> klik tombol Item Analyst

Akan ditampilkan tabel analisis butir soal seperti dibawah :

45 | P a g e

Untuk mendownloadnya dalam bentuk Excel >> klik tombol Download in Excel format

End Of File -o0(Selesai)0o-

46 | P a g e