Pendidikan Pancasila - Aktualisasi pancasila sebagai paradigma kehidupan pancasila dilingkungan...

download Pendidikan Pancasila - Aktualisasi pancasila sebagai paradigma kehidupan pancasila dilingkungan kampus

of 17

  • date post

    20-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    155
  • download

    21

Embed Size (px)

Transcript of Pendidikan Pancasila - Aktualisasi pancasila sebagai paradigma kehidupan pancasila dilingkungan...

  • Logo here

  • Aktualisasi adalah sesuatu mengaktualkan. Dalam masalah ini adalah bagaimana nilai-nilai Pancasila itu benar-benar dapat tercermin dalam sikap dan perilaku dari seluruh warga Negara,mulai dari aparatur dan pimpinan nasional sampai kepada rakyat biasa.

  • Cara cara merealisasikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara :

    *Aktualisasi Pancasila secara objektif, yaitu melaksanakan Pancasila dalam setiap aspek penyelenggaraan Negara meliputi eksekutif, legislative dan yudikatif dan dalam bidang kehidupan kenegaraan lainnya.

  • *b)Aktualisasi Pancasila secara subjektif, yaitu pelaksanaan Pancasila dalam setiap pribadi,perseorangan, warga Negara, dan penduduk. Pelaksanaan Pancasila secara subjektif sangat ditentukan oleh kesadaran, ketaatan, serta kesiapan individu untuk mengamalkan Pancasila.

  • *Pendidikan, merupakan kegiatan dalam upaya menghasilkan manusia terdidik yang memiliki kemampuan akademik dan atau profesional yang menerapkan, mengembangkan dan atau menciptakan IPTEK dan seni.Penelitian, merupakan kegiatan dalam upaya menghasilkan pengetahuan empirik, teori dan konsep metodologi, model atau informasi baru guna memperkaya IPTEK dan seni.Pengabdian Masyarakat

    Tri Dharma Perguruan Tinggi

  • Penumbuhan Moral Etika Pancasila

    *Masyarakat Indonesia adalah masyarakat plural dengan berbagai potensi konflik yang tinggi.Perlunya kesadaran dan semangat Bhinneka Tunggal Ika, disosialisasikan suatu etika pluralisme.Etika Pluralisme adalah etika yang mengajarkan sopan santun dalam sikap, dan mau menerima beda pendapat jika terjadi musyawarah.

  • Karakteristik Mahasiswa*Merupakan pribadi yang baru terlibat dalam proses untuk menjadi ilmuwanMerupakan pribadi yang baru belajar dalam proses untuk menjadi ilmuwanMerupakan pribadi yang baru terlihat dalam proses untuk menjadi ilmuwan.

  • AKTUALISASI BUTIR-BUTIR PANCASILA DALAM KEHIDUPAN DI KAMPUS

    Di dalam kampus fase jamjam untuk kuliah sudah diatur sedemikian rupa sehingga, jam kuliah tidak mengganggu jam untuk beribadah.Mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti pelatihan ESQ ( emotianal spiritual quetion )Selain itu di universitas juga terdapat UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa) yang menjadi wadah berkumpulnya mahasiswa yang berbeda agama. Misalnya saja perkumpulan mahasiswa Budha, Kristen, Katolik, Protestan, Islam dan HindhuMengikuti kuliah ahad pagi dan mentoring

    *Ketuhanan yang Maha Esa

  • Dalam suatu organisasi mengagendakan progja bakti sosial untuk membantu saudara yang tertimpa musibah.Saling mengasihi dan mencintai sesama teman, dosen dan warga kampus liannyaTidak mencela dan menghina semena-mena hasil karya teman justru kita harus memberi apresiasi untuk dia.Bersatu untuk membela keadilan.*Kemanusiaan yang adil dan beradabetuhanan yang Maha Esa

  • Dalam kampus tidak dibedakan dalam pembelajaran dan fasilitas yang dibeikan antara mahasiswa yang UKT rendah dengan mahasiswa yang UKTnya tinggiTidak ada deskriminasi dalam suatu organisasi dan pergaulan. Yang pintar bersatu dengan yang kurang pintar, yang kaya bersatu dengan yang kurang mampu dan lainnya sehingga tercipta kerukunan dan kekeluargaan di kampus.

    *Kemanusiaan yang adil dan beradabetuhanan yang Maha Esa

  • Mahasiswa Universitas Negeri Semarang berasal dari berbagai macam suku, ras, budaya, etnis, agama tetapi tidak ada perbedaan diantara mereka. Mereka saling menghormati dan menolong sehingga tercipta kekeluargaan dan kedamaian di lingkungan kampus.Makna persatuan hakikatnya adalah satu, yang artinya bulat tidak terpecah. Jika persatuan Indonesia dikaitkan dengan pengertian modern sekarang ini, maka disebut nasionalisme. Nasionalisme adalah perasaan satu sebagai suatu bangsa, satu dengan seluruh warga yang ada dalam masyarakat.

    *Persatuan Indonesia

  • Untuk mempererat persatuan mahasiswa dari suatu daerah di kampus UNNES juga terdapat organisasi seperti KMK (Keluarga Mahasiswa Klaten), PMC (Perkumpulan Mahasiswa Cilacap), IMPP (Ikatan Mahasiswa Pemalang Pantura) dan lain-lain. Organisasi atau perkumpulan ini didirikan agar mereka dapat saling berkomunikasi dan menjadi wadah untuk menyalurkan pendapat dan berapresiasi. Dalam organisasi ini pula mereka saling tolong menolong layaknya sebuah keluarga yang harmonis.Wujud persatuan Indonesia juga dapat diwujudkan mahasiswa dengan mengadakan berbagai acara yang dapat menumbuhkan semangat kebangsaan untuk saling bergenggam tangan untuk mencapai lingkungan kampus yang tidak ada pertikaian. Acara tersebut dapat bertemakan tanah air dengan seminar ataupun lomba-lomba.

    *Persatuan Indonesia

  • Dalam kampus terdapat BEM (Bandan Eksekutif Mahasiswa) yang bertugas sebagai badan eksekutif bersama menteri dalam kabinetnya. Layaknya suatu negara badan eksekuitif ini memiliki peran untuk menjalankan suatu negara dalam lingkup kecilnya adalah kampus. Selain itu juga terdapat DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) layaknya DPR disuatu negara yang bertugas sebagai penampung dan penyalur aspirasi baik saran, kritik serta pendapat lainnya. Dengan dibentuknya badan-badan seperti ini diharapkan mampu mewakili mahasiswa lainnya agar tujuan bersama dalam suatu kampus tercapai*Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijakanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan

  • Dalam pemilihan ketua rombel dengan voting Dalam mengambil suatu keputusan dengan musyawarah agar mencapai mufakatMenghargai pemimpin dan menjalankan peraturan yang telah dibuatTidak memaksakan pendapat kepada orang lainMementingkan kepentingan bersama daripada golongan

    *Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijakanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan

  • Tidak membedakan teman. Tidak meliat teman dari segi harta, kepintaran atau yang lainnya.Saling toleransi dan tolong menolong antar temanMenghormati hak-hak orang lain dan melakukan seluruh kewajibanMenghargai dan mengapresiasi karya orang lainTidak ada stratifikasi dalam bergaul dan bersosialisasiTidak ada nepotisme dalam perekrutan mengikuti suatu organisasiSetiap mahasiswa yang telah memenuhi syarat berhak untuk mengikuti ujian akhir semester dan berhak memperoleh nilai sesuai dengan kemampuannya

    *Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

  • *Peran mahasiswa dalam masyarakatMahasiswa menjadi pribadi yang sedang belajar berproses untuk menjadi ilmuwan.Mahasiswa dapat berperan sebagai perantara pembaharuan, yang dapat membantu masyarakat.Mahasiswa perlu belajar agar dapat mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian, laporan kajian ilmiah, dll.

  • Thank YouKingsoft Officepublished by www.Kingsoftstore.com @Kingsoft_Office

    kingsoftstore