Pendidikan Kewarganegaraan 3-EDI

download Pendidikan Kewarganegaraan 3-EDI

of 126

  • date post

    25-Nov-2015
  • Category

    Documents

  • view

    297
  • download

    3

Embed Size (px)

description

ebook pelajaran kewarganegaraab kelas 3 sd

Transcript of Pendidikan Kewarganegaraan 3-EDI

  • Edi HernawanEndang Hendayani

    PendidikanKewarganegaraanuntuk SD dan MI Kelas 3

  • Pendidikan Kewarganegaraanuntuk SD dan MI Kelas 3

    Penulis : Edi HernawanEndang Hendayani

    Editor : Sri NurasiawatiTata Letak : Dede Gunawan

    HendiTiting Supartini

    Perancang Kulit : Ahmad DevitrahIlustrator : Muhammad Iskandar

    Legi B. Mutaqin

    Ukuran Buku : 17,6 x 25 cm

    372.8 EDI EDI Hermawan p Pendidikan Kewarganegaraan 3 : Untuk SD dan MI kelas 3 / penulis, Edi

    Hermawan, Endang Hendayani ; editor, Sri Nurasiawati ; illustrator,Muhammad Iskandar, Legi B. Mutaqin . Jakarta : Pusat Perbukuan,Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

    vi, 116 hlm. : ilus. ; 25 cm.

    Bibliografi : hlm. 116IndeksISBN 978-979-068-625-0 (no. jilid lengkap)ISBN 978-979-068-635-9

    1. Pendidikan Moral Pancasila-Studi dan Pengajaran2. Pendidikan Moral Pancasila-Pendidikan DasarI. Judul II. Endang Hendayani III. Sri NurasiawatiIV. Muhammad Iskandar V. Legi B.Mutaqin

    Hak Cipta pada Departemen Pendidikan NasionalDilindungi Undang-Undang

    Diterbitkan oleh Pusat PerbukuanDepartemen Pendidikan NasionalTahun 2009

    Diperbanyak oleh ....

    Hak Cipta Buku ini dibeli oleh Departemen Pendidikan Nasionaldari CV Thursina

  • Kata Pengantar

    Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, berkat rahmatdan karunia-Nya, Pemerintah, dalam hal ini, Departemen PendidikanNasional, pada tahun 2009, telah membeli hak cipta buku teks pelajaranini dari penulis/penerbit untuk disebarluaskan kepada masyarakat melaluisitus internet (website) Jaringan Pendidikan Nasional.

    Buku teks pelajaran ini telah dinilai oleh Badan Standar NasionalPendidikan dan telah ditetapkan sebagai buku teks pelajaran yangmemenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam prosespembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor9 Tahun 2009.

    Kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginyakepada para penulis/penerbit yang telah berkenan mengalihkan hak ciptakaryanya kepada Departemen Pendidikan Nasional untuk digunakansecara luas oleh para siswa dan guru di seluruh Indonesia.

    Buku-buku teks pelajaran yang telah dialihkan hak ciptanya kepadaDepartemen Pendidikan Nasional ini, dapat diunduh (down load),digandakan, dicetak, dialihmediakan, atau difotokopi oleh masyarakat.Namun, untuk penggandaan yang bersifat komersial harga penjualannyaharus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah.Diharapkan bahwa buku teks pelajaran ini akan lebih mudah diaksessehingga siswa dan guru di seluruh Indonesia maupun sekolah Indone-sia yang berada di luar negeri dapat memanfaatkan sumber belajar ini.

    Kami berharap, semua pihak dapat mendukung kebijakan ini.Kepada para siswa kami ucapkan selamat belajar dan manfaatkanlahbuku ini sebaik-baiknya. Kami menyadari bahwa buku ini masih perluditingkatkan mutunya. Oleh karena itu, saran dan kritik sangat kamiharapkan.

    Jakarta, Juni 2009Kepala Pusat Perbukuan

    iii

  • iv

    Kata Pengantar

    Salam Sejahtera.

    Saat ini kamu telah duduk di kelas tiga. Berarti kamusudah semakin besar. Perilakumu pun harus lebih baik lagi.

    Seperti apa yang akan di bahas pada buku PendidikanKewarganegaraan ini. Di kelas tiga ini kamu akan belajarmengenai harga diri yang baik.

    Harga diri yang baik tercermin dari perilaku. Terutamaperilaku sehari-hari. Oleh karena itu, pelajari buku ini denganbaik. Dengan demikian, kamu akan mengetahui cara menjadiwarga negara yang baik.

    Penulis

  • Daftar Isi

    Kata Sambutan.............................................................. iiiKata Pengantar .............................................................. ivDaftar Isi .......................................................................... v

    Pelajaran 1 Sumpah Pemuda ..................................... 1A. Makna Sumpah Pemuda ............................................ 3B. Pentingnya Persatuan ................................................ 10C. Peristiwa Sumpah Pemuda ........................................ 14D. Mengamalkan Nilai Sumpah Pemuda ........................ 18Pelatihan 1 ...................................................................... 23

    Pelajaran 2 Aturan dalam Masyarakat ...................... 27A. Aturan di Lingkungan Masyarakat .............................. 29B. Pentingnya Aturan Bagi Masyarakat .......................... 33C. Contoh Aturan dalam Masyarakat .............................. 36Pelatihan 2 ...................................................................... 41

    Pelajaran 3 Melaksanakan Aturan ............................. 46A.. Melaksanakan Aturan .................................................. 47B. Sangsi Melanggar Aturan ........................................... 53Pelatihan 3 ...................................................................... 55

    Pelatihan Akhir Semester 1 ......................................... 59Pelajaran 4 Harga Diri ................................................... 63A. Pengertian Harga Diri ................................................. 65B. Pentingnya Memiliki Harga Diri .................................... 69Pelatihan 4 ...................................................................... 73

    v

  • vi

    Pelajaran 5 Contoh Harga Diri ................................... 77A. Contoh Bentuk Harga Diri yang Baik ......................... 79B. Contoh Harga Diri yang Buruk .................................... 86C. Berperilaku Baik .......................................................... 88Pelatihan 5 ...................................................................... 91

    Pelajaran 6 Bangga Berbangsa Indonesia .............. 95A. Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia .................... 97B. Bangga Sebagai Anak Indonesia .............................. 102Pelatihan 6 ...................................................................... 106

    Pelatihan Akhir Semester 2 ......................................... 110Glosarium ....................................................................... 115Daftar Pustaka ................................................................ 116

  • Pelajaran 1 - Sumpah Pemuda 1

    SUMPAH PEMUDAPelajaran

    1

    Sumpah pemuda adalah tonggakterciptanya persatuan kesatuan

    bangsa.

    Tahukah kamu nilai-nilai terkandungdi dalamnya?

    Untuk mengetahuinya, pelajarilahpelajaran satu ini dengan baik!

    (Sumber: 30 Tahun Indonesia Merdeka)

  • Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD dan MI Kelas 32

    Peta Konsep

    Makna Sumpah Pemuda

    Pengamalan SumpahPemuda

    1

    2

    Hal yang haruskamu tahu mengenaiSumpah Pemuda

    ini antara lain:

  • Pelajaran 1 - Sumpah Pemuda 3

    A Makna Sumpah Pemuda

    Budi, Hendra, dan Wati adalah teman satu kelas. Merekaberbeda daerah asal. Budi berasal dari Jawa Tengah, Hendradari Sumatera Barat, dan Wati berasal dari Jawa Barat. Walaupundemikian, mereka hidup rukun dan bersahabat.

    Pada suatu hari, Budi, Hendra, dan wati sedang belajarbersama. Mereka tengah belajar menyanyikan lagu Satu NusaSatu Bangsa. mereka tampak menghayati sekali lagu tersebut.

    Gambar 1.1 Budi, Hendra, dan wati

    Gambar 1.2 Wati, Budi, dan Hendra sedang belajar menyanyikanlagu Satu Nusa Satu Bangsa.

    ... Satu Nusa... Satu

    bangsa ....

    ... Satu Bahasakita ....

  • Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD dan MI Kelas 34

    Pernahkah kamu mendengar lagu Satu Nusa Satu Bangsa?Tahukah kamu apa isi dari lagu tersebut?

    Lagu tersebut menceritakan unsur-unsur kesatuan bangsa.Unsur-unsur tersebut antara lain nusa, bangsa, dan bahasa.Ketiganya merupakan semboyan persatuan. Tahukah kamuberawal dari apa semboyan tersebut?

    Semboyan persatuan tadi merupakan satu ungkapan.Ungkapan yang merupakan tekad bangsa Indonesia. Semboyanpersatuan tersebut berawal dari sebuah peristiwa penting.Peristiwa tersebut adalah peristiwa Sumpah Pemuda.

    Pada tahun 1928, Indonesia masih dijajah Belanda. Belandasengaja memecah belah bangsa Indonesia. Dengan demikian,bangsa Indonesia menjadi lemah.

    Melihat hal tersebut, para pemuda akhirnya sadar. Merekalalu menyatukan pendapat dan pemikiran. Para pemuda lalumengadakan Kongres Pemuda. Kongres tersebut dihadiri pelajar,mahasiswa, dan perwakilan pemuda daerah.

    Gambar 1.3 Peserta Kongres Pemuda tahun 1928(Sumber: Ensiklopedia populer anak, 2003)

  • Pelajaran 1 - Sumpah Pemuda 5

    Para peserta kongres bersepakat untuk bersatu.Kesepakatan tersebut diwujudkan dalam bentuk sumpah. PadaKongres Pemuda Kedua, lahirlah Sumpah Pemuda.

    Sumpah Pemuda dicetuskan tanggal 28 Oktober 1928.Sumpah Pemuda merupakan tekad pemuda Indonesia. Tekaduntuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia. Denganbersatu, maka Indonesia bisa kuat dan merdeka. Isi SumpahPemuda antara lain:

    1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpahdarah yang satu, tanah air Indonesia

    2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsayang satu, bangsa Indonesia.

    3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasapersatuan, bahasa Indonesia.

    Sumpah Pemuda berdampak besar bagi perjuanganbangsa. Sumpah Pemuda melandasi persatuan Indonesia.Akhirnya bangsa Indonesia pun dapat merdeka. Indonesiamenyatakan kemerdekaannya tanggal 17 Agustus 1945.

    Satu nusa, bangsa, dan bahasa sangatlah bermakna. Berikutini makna dari masing-masing kata.

    1 Satu Nusa

    Satu nusa berarti satu tanah air. Maknanya yaitu kita mengakuiadanya satu tanah air. Tanah air tersebut adalah wilayah negaraIndonesia.

    Wilayah Indonesia disebut pula Nusantara. Nusantaramerupakan tanah air bersama. Nusantara berasal dari kata nusa

  • Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD dan MI Kelas 36

    dan antara. Nusa berarti pulau atau kepulauan, sedang