Pendidikan dan Budaya Anti Korupsi,Video, ppt.pptx

download Pendidikan dan Budaya Anti Korupsi,Video, ppt.pptx

of 30

  • date post

    29-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    128
  • download

    12

Embed Size (px)

Transcript of Pendidikan dan Budaya Anti Korupsi,Video, ppt.pptx

Pendidikan dan Budaya Anti Korupsi

Pendidikan dan Budaya Anti KorupsiOM SWASTYASTU

Created by :Kelompok 5Putu Yeni Yunitasari(P07120214004)Dewa Sastra Ananta Wijaya(P07120214005)Ni Putu Erna Libya(P07120214014)Ni Kadek Dian Inlam Sari(PO7120214018)Made Wahyu Riantini(P07120214024)

CONTOH KORUPSI YANG PERNAH TERJADI/ TERJADI SAAT INI PADA BANGSA IDONESIA, YANG DISEBABKAN OLEH FAKTOR KEBUTUHAN HIDUP YANG MENDESAK

Pokok Bahasan Pengertian KorupsiVideo kebutuhan hidup yang mendesakContoh Kebutuhan hidup yang mendesakDampak KorupsiFaktor Penyebab KorupsiPengertian Kebutuhan Mendesak

Pengertian korupsi

KORUPSICorruptio = Corrumpere, yang berarti busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalikkanberasal dari bahasa LatinMenurut Transparency International, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus/politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.

Dampak Korupsi

1. Bagi Demokrasi2. Bagi Perekonomian3. Bagi Kesejahteraan Umum Negara

1. Demokrasi

Korupsi menunjukan tantangan serius terhadap pembangunan. Di dalam dunia politik, korupsi mempersulitdemokrasidan tata pemerintahan yang baik (good governance) dengan cara menghancurkan proses formal. Korupsi di pemilihan umum dan di badan legislatif mengurangi akuntabilitas dan perwakilan di pembentukan kebijaksanaan; korupsi di sistem pengadilan menghentikan ketertiban hukum; dan korupsi di pemerintahan publik menghasilkan ketidak-seimbangan dalam pelayanan masyarakat. Secara umum, korupsi mengkikis kemampuan institusi dari pemerintah, karena pengabaian prosedur, penyedotan sumber daya, dan pejabat diangkat atau dinaikan jabatan bukan karena prestasi. Pada saat yang bersamaan, korupsi mempersulit legitimasi pemerintahan dan nilai demokrasi seperti kepercayaan dan toleransi.

2. EkonomiKorupsi juga mempersulit pembangunanekonomidengan membuat distorsi dan ketidak efisienan yang tinggi. Dalam sektor private, korupsi meningkatkan ongkos niaga karena kerugian dari pembayaranilegal, ongkos manajemen dalam negosiasi dengan pejabat korup, dan risiko pembatalan perjanjian atau karena penyelidikan. Walaupun ada yang menyatakan bahwa korupsi mengurangi ongkos (niaga) dengan mempermudah birokrasi, konsensus yang baru muncul berkesimpulan bahwa ketersediaan sogokan menyebabkan pejabat untuk membuat aturan-aturan baru dan hambatan baru. Dimana korupsi menyebabkan inflasi ongkos niaga, korupsi juga mengacaukan "lapangan perniagaan". Perusahaan yang memiliki koneksi dilindungi dari persaingan dan sebagai hasilnya mempertahankan perusahaan-perusahaan yang tidak efisien.

3. Kesejahteraan Umum Negara

Korupsi politis ada di banyak negara, dan memberikan ancaman besar bagi warga negaranya. Korupsi politis berarti kebijaksanaanpemerintahsering menguntungkan pemberi sogok, bukannya rakyat luas. Satu contoh lagi adalah bagaimanapolitikusmembuat peraturan yang melindungi perusahaan besar, namun merugikan perusahaan-perusahaan kecil (SME). Politikus-politikus "pro-bisnis" ini hanya mengembalikan pertolongan kepada perusahaan besar yang memberikan sumbangan besar kepada kampanye pemilu mereka.

Faktor Penyebab korupsiMalas Atau Tidak Mau Bekerja KerasSifat TamakGaya Hidup KonsumtifPenghasilan Yang Tidak MemadaiAjaran Agama Yang Tidak TepatLemahnya Penegakan HukumSanksi Yang Tidak SetimpalNilai-Nilai NegatifMoral Yang LemahKebutuhan Hidup Yang Mendesak

KEBUTUHAN HIDUP YANG MENDESAK

PENGERTIANKebutuhan hidup yang mendesak merupakan kebutuhan yang sangat kritis (tiba-tiba) dan sifatnya insidentil. Misalnya, bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah atau bencana alam, kebutuhan konsultasi kesehatan atau pengacara.

CONTOH KEBUTUHAN YANG MENDESAKBerobat karena sakitMakan karena laparMinum karena hausMembuat tugas disekolah karena lupaMembantu korban bencanaBiaya kuliah yang tidak terduga-dugaDan lain sebagainyaApa yang menyebabkan?

1. Kebutuhan Keluarga

2. Hutang

3. Pengobatan

4. Kebutuhan Sekolah

5. Kebutuhan Dimasa Pensiun

CONTOH KEBUTUHAN YANG MENDESAK MENYANGKUT TINDAKAN KORUPSI YANG TERJADI/TERJADI PADA BANGSA INDONESIA

KORUPSIKorupsi transaktifKorupsi ekstortifKorupsi investifKorupsi nepotistikKorupsi otogenikKorupsi suportifKesepakatan dua pihak yang memberikan keuntunganKarena adanya pemaksaan oleh pihak lainKarena adanya iming-iming di masa mendatangKarena adanya perlakuan khusus dari keluarganyaMembongkar rahasia orang lain dengan maksud mendapatkan keuntunganDilakukan secara berkelompok untuk menutupi kejahatan kelompok mereka1. parsel

2. UANG

Contoh gambar korupsi karena kebutuhan yang mendesak

Contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari

SUKSMA..OM SHANTI,SHANTI,SHANTI,OM