Pemrograman Berorientasi Objek Pada VB

download Pemrograman Berorientasi Objek Pada VB

of 50

  • date post

    03-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    784
  • download

    2

Embed Size (px)

Transcript of Pemrograman Berorientasi Objek Pada VB

Pemrograman Berorientasi Objek pada VB.NET

Hendra, S.T.

Pemrograman Berorientasi Objek pada VB.NetOleh : Hendra, ST.

Buku ini membahas tentang konsep dasar pemrograman berorientasi objek (OOP) dan bagaimana melakukannya pada VB.NET, serta memberikan contoh-contoh keunggulan OOP dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Penguasaan terhadap teknik pengembangan berorientasi objek merupakan suatu nilai tambah bagi programmer dewasa ini, karena trend bahasa pemrograman menuju kearah pendekatan OOP, terutama sejak kemunculan Java yang 100% menerapkan OOP. Penulis yakin bagian ini merupakan hal yang tersulit bagi programmer yang ingin melakukan migrasi dari VB6 ke VB.NET, karena OOP merupakan hal yang benar-benar baru. Untuk mempelajari buku ini anda tidak perlu menginstalasi Visual Studio .NET, tetapi anda cukup menginstalasi .Net Framework yang dapat didownload secara gratis dari website Microsoft. Semua contoh dan latihan dibuku ini dapat dikompilasi langsung dari Dos prompt dengan menggunakan kompiler Visual Basic yang langsung tersedia setelah anda menginstalasi .Net Framework.

INDOPROG

1

Pemrograman Berorientasi Objek pada VB.NET

Hendra, S.T.

Dasar OOPVisual Basic merupakan bahasa yang Object-Based (komponen-komponen program dibuat dalam bentuk objek), sedangkan VB.NET adalah Object Oriented, hal ini berarti bahwa VB.NET merupakan bahasa yang benar-benar berorientasi object dengan mendukung empat pilar utama dari OOP yaitu Polymorphism, Inheritance, Abstraction dan Encapsulation. Kalau anda adalah programmer yang terbiasa dengan pendekatan procedural terstruktur, maka anda akan baru dengan beberapa istilah OOP yang kita sebutkan diatas, dan memang hal tersebut senantiasa menjadi masalah bagi programmer yang berasal dari VB dan ingin beralih ke VB.NET. Lalu timbul pertanyaan, apakah pada kita harus menguasai dan memahami semua istilah diatas baru dapat membuat program aplikasi dengan VB.NET ? Tentu saja jawabannya tidak, tetapi sebagai programmer VB.NET yang baik, maka konsep dari OOP tidak dapat diabaikan.

Mengapa harus pendekatan OOP?Tujuan utama dari pengembangan pendekatan berorientasi objek (OOP) adalah untuk menghilangkan beberapa kelemahan yang terdapat pada pendekatan procedural. Pada OOP data diperlakukan sebagai elemen yang penting dan tidak boleh mengalir secara bebas dalam program. Data yang terikat kepada function dan harus dilindungi terhadap kemungkinan perubahan dari luar function. Catatan : Anda dapat melihat konsep OOP seperti suatu objek Televisi, dimana sebagai pemakai kita tidak perlu terlalu pusing dengan komponen apa saja yang bekerja didalam televise tersebut, tetapi sebagai pemakai kita cukup mengerti bagaimana menghidupkan, memilih channel, mengubah volume suara, dan beberapa setting dasar. OOP memungkinkan untuk pemecahan masalah kedalam sejumlah entitas yang disebut sebagai objek dan kemudian mengembangkan data dan fungsi disekitar objek tersebut. Salah satu manfaat yang terpenting dari OOP adalah pemanfaatan kembali. Beberapa kemampuan utama dari OOP adalah sebagai berikut :

Menekankan pada data dari pada procedure Program terbagi kedalam objek-objek Data disembunyikan dari akses oleh function-function eksternal Objek dapat berkomunikasi satu dengan yang lain melalui function Data baru dan function dapat dengan mudah ditambahkan pada saat dibutuhkan. Mengikuti pendekatan buttom up.

INDOPROG

2

Pemrograman Berorientasi Objek pada VB.NET

Hendra, S.T.

Konsep dari OOP:

Objects Classes Data Abstraction dan Encapsulation Inheritance Polymorphism

ObjekObjek merupakan dasar dari entitas run-time dalam suatu sistem berorientasi objek. Masalah pada pemrograman adalah menganalisa dalam arti objek dan komunikasi alamiah diantara mereka. Ketika suatu program dijalankan, objek berinteraksi satu dengan yang lain dengan saling mengirim message. Objek-objek yang berbeda berinteraksi satu dengan yang lain tanpa mengetahui detail data dari masing-masing data ataupun koding.

ClassSuatu class adalah suatu koleksi dari objek-objek yang bertipe sama. Setelah suatu class telah didefinisikan, sejumlah dari objek-objek dapat dibuat berdasarkan class tersebut.

Catatan : Istilah Class dan Objek sering dicampuradukan, pada objek merupakan instance dari suatu class pada saat runtime, jadi pada saat design, class merupakan cetak biru bagi objek-objek yang akan dibuat pada saat runtime. Anda dapat mengasosiasikan class dengan gambar denah dari rancangan rumah, dan selanjutnya berdasarkan denah ini akan dibangun rumah-rumah (objek) sebenarnya.

Data Abstraction dan EncapsulationAbstraction mengacu pada usaha untuk menampilkan hal-hal yang penting tanpa mengikutsertakan detail latarbelakang ataupun penjelasan. Class-class menggunakan konsep dari abstraksi dan mendefinsikannya sebagai suatu daftar dari atribut-atribut abstrak.

INDOPROG

3

Pemrograman Berorientasi Objek pada VB.NET

Hendra, S.T.

Catatan : Sebagaimana contoh sebelumnya bahwa TV merupakan gambaran dari Abstraksi, dimana yang perlu ditonjolkan pada pemakai adalah hal-hal penting bagaimana menghidupkan dan mematikan serta berbagai setting dasar, sedangkan permasalahan teknis yang berada didalam kotak TV seperti rangkaian elektronik disembunyikan dari pemakai. Jadi dalam hal ini TV dianggap suatu black box. Menyimpan data dan fungsi-fungsi ke dalam suatu unit tunggal (class) adalah encapsulation. Data tidak dapat diakses oleh dunia luar dan hanya fungsi-fungsi yang mana berada dalam class tersebut dapat mengaksesnya.

InheritanceInheritance adalah proses yang mana objek-objek dapat mengusahakan member dari objek class lain. Pada OOP inheritance menyediakan pemakaian kembali, seperti, menambah kemampuan baru pada class yang telah ada dengan tanpa melakukan modifikasi langsung terhadap class tersebut. Hal ini dilakukan dengan menurunkan suatu class baru dari yang class telah ada. Class baru tersebut memiliki kombinasi dari keduanya. Catatan : Pendekatan inheritance dapat dipahami sebagai pengembangan produk, dimana engineer tidak perlu merancang produk dari awal, tetapi dengan melakukan modifikasi terhadap produk yang telah ada untuk menghasilkan suatu produk baru.

PolymorphismPolymorphism adalah kemampuan untuk memiliki lebih dari satu bentuk. Suatu operasi dapat menunjukan prilaku yang berbeda pada instance yang berbeda. Prilaku tersebut tergantung kepada tipe data yang digunakan dalam operasi. Polymorphism secara ekstensif digunakan dalam implementasi Inheritance. Dengan polymorphism kita dapat membuat beberapa fungsi dengan nama yang sama tetapi memiliki daftar argument yang berbeda baik dari segi jumlah maupun tipe datanya (Overloading), sehingga dalam implementasinya fungsi akan dioperasikan berdasarkan argumen yang diberikan, sehingga program dapat bereaksi secara tepat sesuai dengan jenis tipe data dan jumlah argument. Kemudian polymorphism juga memiliki fungsi dimana pemanfaatan variable dengan tipe base class untuk menampung instance dari class turunannya dan menjalankan metoda class turunannya.

Keunggulan dari OOP

INDOPROG

4

Pemrograman Berorientasi Objek pada VB.NET

Hendra, S.T.

OOP memiliki keunggulan berikut diatas pendekatan konvensional:

OOP menyediakan struktur modular yang jelas untuk program, yang mana cocok untuk mendefinisikan tipe data abstrak yang merupakan detail dari implementasi disembunyikan serta unit memiliki interface yang telah didefinisikan dengan jelas. OOP memudahkan maintenance dan modifikasi terhadap kode yang telah sebagai objek baru yang dapat dibuat dengan perubahan yang minimal OOP menyediakan suatu kerangka kerja yang baik untuk kode library yang mana menyediakan komponen software yang secara mudah dapat disesuaikan dan dimodifikasi oleh programmer. Hal ini khususnya sangat berguna untuk pengembangan user interface secara grafik.

Catatan : Setelah anda membaca uraian tersebut diatas, awalnya anda akan merasa kesulitan untuk memahami dan menerapkan beberapa konsep-konsep diatas pada program anda, dan hal tersebut adalah wajar. Untuk mentransformasi gaya pemrograman anda dari pendekatan procedural terstruktur menjadi OOP membutuhkan waktu dan usaha. Sebab pada pendekatan procedural terstruktur focus programmer langsung kepada logika dan koding untuk pencapaian hasil, sedangkan pada OOP kita harus melakukan abstraksi terhadap data dan fungsi yang berkaitan menjadi class, dan selanjutnya class-class tersebut berinteraksi dengan message untuk mencapai tujuan akhir. Untuk membantu pengertian dan menunjukan keunggulan konsep OOP, penulis akan memberikan beberapa contoh keunggulan pemanfaatan OOP pada bagian-bagian selanjutnya.

INDOPROG

5

Pemrograman Berorientasi Objek pada VB.NET

Hendra, S.T.

OOP pada Visual BasicMembuat ClassPemrograman OOP pada Visual Basic dapat dilakukan dengan merancang class dari objek dengan menggunakan struktur class sebagai berikut : Class nama 'member [variable, property, method and event declarations] End Class Contoh : Misalnya kita ingin membuat program animasi bola pantul yang memanfaatkan GDI+ dengan pendekatan berorientasi objek, maka sebagai langkah awal adalah merancang Class untuk bola pantul. Pada tahap rancangan, kita harus dapat mendefinisikan aksi apa saja yang harus dapat dilakukan oleh objek bola pantul yaitu bergerak (move) yang tentu saja memiliki koordinat awal (x,y) yang bergerak kearah tertentu (dx, dy). Dalam pergerakan dilayar, tentu saja dibatasi oleh area tertentu (sx,sy). Kemudian sebagai wujud dari animasi gerakan bola dilayar, kita perlu menyediakan aksi draw dan clear. Adapun rancangan class tersebut diatas dalam bentuk terprogram adalah sebagai berikut :Class Pantul Protected x As Single Protected y As Single Private sx As Single Private sy As Si