Pemicu 1 SH Vicky

download Pemicu 1 SH Vicky

of 76

  • date post

    01-Feb-2016
  • Category

    Documents

  • view

    239
  • download

    0

Embed Size (px)

description

siklus hidup

Transcript of Pemicu 1 SH Vicky

Pemicu 1

Pemicu 1Blok Siklus HidupLOMenjelaskan embriogenesisMenjelasakan faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang bayiMenjelaskan gizi bayiMenjelaskan imunisasiMenjelaskan fisiologis pertumbuhan dan perkembangan bayi normalLO 1embriogenesisEmbriogenesisMenurut Dorland :Produksi dari embrioPerkembangan dari individu yang baru yang terjadi secara seksual yaitu dari zigot Secara Umum :Proses pembelahan sel dan diferensiasi sel dari embrio manusia yang terjadi pada saat tahap-tahap awal dari perkembangan manusia Tepatnya : terjadi saat spermatozoa bertemu dan menyatu dengan ovum (fertilisasi) sampai akhir minggu ke-8 dari perkembangan manusia ( Langman, 1994)Tahap-tahap embriogenesisFertilisasi :Proses penyatuan gamet pria & wanita yang terjadi di daerah ampulla tuba fallopiiSpermatozoa dari vagina rahim saluran telurDalam perjalanan itu, kebanyakan sperma dihancurkan oleh mukus (lendir) di dalam uterus dan saluran Fallopii.Di antara beberapa sel sperma yang bertahan hidup, hanya satu yang masuk menembus membran ovumPergerakan disebabkan oleh kontraksi otot uterus dan tubaSebelum spermatozoa bisa membuahi oosit, harus mengalami proses kapasitasi

Kapasitasi :masa penyesuaian didalam saluran reproduksi wanita (+/- 7 jam); hanya sperma yang menjalani kapasitasi yang dapat lewat sel korona dan mengalami reaksi akrosomReaksi akrosom terjadi setelah penempelan ke zona pelusida & diinduksi oleh protein zonaReaksi ini berpuncak pada pelepasan enzim yang diperlukan untuk menembus zona pelusida : akrosin dan zat serupa tripsin Fase fertilisasi mencakup 3 fase :Penembusan korona radiataSpermatozoa yang mengalami kapasitasi tidak akan sulit untuk menembusnyaPenembusan zona pelusidaZona pelusida : perisai glikoprotein yg mempertahankan pengikatan sperma dan induksi reaksi kromosom; hanya 1 dari 200-300 juta spermatozoa yg menembus zona pelusida; saat spermatozoa masuk dalam membrane oosit, yang lain tidak bisa masuk karena aktifasi enzim oositFusi oosit & membran plasmaSpermatozoa membran oositinti oosit; masing spermatozoa dan oosit mempunyai 23 kromosom (haploid); selama masa penyatuan masing kromosom melakukan sintesis DNAkromosom tersusun dalam gelendong untuk pembelahan mitosis normal

Proses Awal Fertilisasi

Oositk-2 meiosis k-2(polar body juga)spermatozoa mskfusi oosit dan membran spermatozoa zona pelucida mengeras(Cortical n Rx Zona)oosit n polar body selesai meiosis k2 male n female pronucleikr diatur di spindelmulai pembelahanPembelahan+/- 24jam sesudah fertilisasi, oosit yang telah dibuahi mulai pembelahan pertamanyaStlh zigot mencapai tingkat 2 sel pembelahan mitosis bertambahnya sel dengan cepat; sel ini dikenal sbg blastomer berbentuk gumpalan padat3 hari stlh pembuahan sel embrio yang termampatkan tsb membelah lagi membentuk morula ( kumpulan dari 16-30 sel blastomer )Sel bagian dari morula : sel masa dalam ( membentuk jar.embrio yg sebenarnya)Sel disekitar : sel masa luar ( membentuk trofoblas, ikut membentuk plasenta )

Zigot2 sel embrio4 sel embrio8 sel embrioMorulaHari ke-4 :Sel terluar morula yang diselubungi oleh zona pelusida membentuk pemadatan.Saat memasuki rahim, rongga terbentuk pada pada interior blastokistaSaat morula masuk ke rongga rahim, cairan mulai menembus zona pelusida masuk ke dlm ruang antar sel di embrioblastTrofoblastmenipis mmbtk dinding epitel utk blastokistaZona pelusida menghilang implantasi bisa dimulaiPada hari ke-5Embrio melepas diri dari zona pelusida melalui siklus pengembangan-kontraksi embrio menembus selimut pelusida.Didukung enzim yg dpt melarutkan zona pelusida pada kutub embrionikPelepasam dari pelusida : hatchingPada hari-8 :Sebagian blastokista terbenam dalam endometriumtrofoblast diferensiasi sitotrofoblast(luar embrio) & sinsitiotrofoblast ( dalam embrio)Trofoblast pny kemampuan utk menghancurkan & mencairkan jar.permukaan endometrium : sel desiduaEmbrioblast diferensiasi epiblast & hipoblast Sel dari msg lapisan mudigah bentuk sebuah cakram datar & ke2ny dikenal : cakram mudigah bilaminerSaat bersamaan muncul rongga kecil di epiblast : rongga amnion

16

Pada hari ke-9 :Blastokista semakin terbenam dalam endometriumProses lakunaris : vakuola pada sinsitium trofoblast menyatu mmbtk lakuna besarPada kutub anembrional : sel gepeng dgn hipoblast mmbtk lap.eksoselom (kantong kuning telur primitif)

Hari9banyak lakuna pada sintiositotrofoblas

Utk menutupi cacat}Cakram MudigahbilaminerPada hari 11-12 :Blastokista tertanam seluruhnya di dalam stroma endometriumTrofoblast yg ditandai dgn lakuna & sinsitium mmbtk jalinan yg saling berhubSel sinsitiotrofoblast tembus lbh dlm ke stroma & merusak lap.endotel pembuluh kapiler ibuPembuluh rambut tersumbat, melebar : sinusoidLakuna sinsitium berhub dgn sinusoiddrh ibu mnglr lwt stm trofoblastterjadi sirkulasi utero-plasenta

Hari12Lakuna-sinusoid ibuMesoderm extraembrionalisi ruang eksoselom dan sisi dalam trofoblas

22antara permukaan dalam sitotrofoblast dan permukaan luar rongga eksoselom muncul sel baru yg berasal dari kantong kuning telurAkan membentuk suatu jar.penyambung : mesoderm ekstraembrional; pada akhirnya mengisi semua ruang antar trofoblast sblh luar dan amnion beserta eksoselom dsblh dalamStlh trbntk rongga besar dalam mesoderm ekstraembrionalrongga menyatutbt rongga khorionCakram mudigah bilaminer diferensiasi embrio trilaminerDimulainya proses gastrulasi yang bermula dari pembentukan primitive streak ( grs primitif) pada permukaan epiblastSel epiblast berpindah mengikuti primitive streak membentuk mesoderm & entoderm intraembrional Setelah tiba di grs tersebutmenjadi btk botolmembentuk mesodermEpibast (mglmi gastrulasi) : sumber dr semua lap.germinal pd embrio ( ekto,endo,meso)Masa Embrionik/organogenesisMinggu ke-3 sampai 8Masing lap. dari ke3 lap. Mudigah membentuk byk jar. & organ yang spesifik Menjelang masa akhir : sistem organ telah terbentukLap. Ektoderm membentuk organ & struktur yg memelihara hub dgn dunia luar :susunan saraf pusatsistem saraf tepiepitel sensorik telinga, hidung dan matakulit, termasuk rambut dan kukukelenjar hipofisis, kelenjar mammae, dan kelenjar keringat serta email gigi.Lap.Mesoderm :Mesoderm paraaksial membentuk somitomer : mesenkim di kepala dan tersusun sebagai somit-somit di segmen oksipital dan kaudal Somit mmbtk miotom (otot), sklerotom(tulang rawan & sejati), dermatom(jar.subkutan kulit)Sist. Pembuluh darah : pembuluh jantung, nadi,getah bening, semua sel darah & getah beningSist.kemih-kelamin: ginjal, gonad, dan saluran-salurannya(tdk trmsk kantung kemih) Limpa & korteks adrenal Lap.endoderm :lapisan epitel saluran pencernaan, saluran pernafasan, dan kandung kemihparenkim tiroid, paratiroid, hati dan kelenjar pankreasTuba eustachius & kavum timpaniLO 2Faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anakSecara umum terdapat dua faktor utama yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, yaitu:1. Faktor genetikFaktor genetik ini yang menentukan sifat bawaan anak tersebut. Kemampuan anak merupakan ciri-ciri yang khas yang diturunkan dari orang tuanya.2. Faktor lingkunganYang dimaksud lingkungan yaitu suasana di mana anak itu berada. Dalam hal ini lingkungan berfungsi sebagai penyedia kebutuhan dasar anak untuk tumbuh kembang sejak dalam kandungan sampai dewasa. Lingkungan yang baik akan menunjang tumbuh kembang anak, sebaliknya lingkungan yang kurang baik akan menghambat tumbuh kembangnya.a. Faktor Genetic Pada sebagian besar, gen ibu menekan pertumbuhan, gen ayah mendukung pertumbuhan.

b. Faktor Plasenta Kemampuan plasenta dalam mentransfer nutrisi dari ibu ke janin menentukan pertumbuhan janin yang normal. Fungsi plasenta Alat untuk memberi makanan pada janinAlat yang mengeluarkan bekas metabolisme ( ekskresi) Alat yang mengeluarkan zat asam dan mengeluarkan CO2 (respirasi)Alat yang membentuk hormonPenyalur berbagai antibodi ke janin.

c. Nutrisi Kekurangan gizi yang ekstrim dapat menyebabkan BBLR.

d. Faktor IbuBerat badan saat hamil, kesehatan umumnya, genotip. *Ex: Pada ibu yang memiliki kelebihan berat badan perlu diperhatikan adanya kemungkinan kehamilan dengan kencing manis ( diabetes millitus) dan perlu untuk mengurangi kepekaan dari hormon insullin. Kondisi rahim ibu yang sehat berpengaruh terhadap proses implantasi dan tumbuh kembang janin yang normal.

e. Pengaruh Obat-obatan, narkoba, dan rokokObat-obatan yang bisa berpengaruh negatif tersebut antara lain aspirin dan obat-obat malaria.

Penggunaan obat-obatan narkotika, misalnya : heroin, kokain, atau morfin juga berpengaruh tidak baik terhadap pertumbuhan janin dan pengaruh ini terbawa sampai lahir. Pengaruh Narkotika seperti yang dialami oleh ibunya tertular pada bayinya.

Ibu hamil yang perokok pengaruhnya tampak pada kurangnya berat bayi yang dilahirkan.

f. Kondisi EmosionalIbu hamil harus menjaga kondisi fisik maupun psikisnya agar bayinya dapat tumbuh sehat.Ex : Kondisi emosional ibu hamil yang tidak stabil misalnya sering marah-marah atau selalu sedih, bisa berakibat tidak baik terhadap perkembangan kejiwaan bayi yang akan dilahirkan. Dalam perkembangnnya, bayi bisa menjadi cengeng atau terlalu perasa.

g. Aktifitas FisikIbu hamil yang terlalu sering mengalami kelelahan fisik, besarnya janin akan menyusut atau berkembangnnya tidak baik.

Faktor Internal :Perbedaan ras/etnik atau bangsaBila seseorang dilahirkan ras Eropa maka tidak mungkin dia memiliki faktor herediter ras Indonesia/sebaliknyaKeluargaKecenderungan yang tinggi & ada yg gemukUmurkec.prtmbhn yg pesat : pada masa prenatal, thn1 kehidupan & masa remajaJns kelaminWanita lbh cpt dewasa drpd laki; pada masa pubertas wanita tmbh lbh cepat, stlh lwr pubertas laki akan lbh cptKelainan genetikSLh 1 cth : Achondroplasia menyebabkan dwarfisme; sindroma Marfan prtmbhn tngg badan >>Kelainan kromosomUmumnya disertai dengan kegagalan pertumbuhan spr