Pembuatan sablon

download Pembuatan sablon

of 9

  • date post

    06-Aug-2015
  • Category

    Documents

  • view

    77
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of Pembuatan sablon

  1. 1. Sablon Digital
  2. 2. Alat dan Bahan
  3. 3. Alat dan Bahan Komputer dengan program pengolah gambar seperti Inkscape, Corel Draw atau Photoshop. Printer dan tinta (jenis tinta sebaiknya tinta sublim tetapi tinta biasa pun bisa). Kaos polos atau kain (cari yang berbahan halus dan tidak bercorak). Jenis kain bisa kaos cotton, polyester, polycotton, silk, blacu, kanvas. Kertas karton. Kertas anti bakar seperti kertas minyak atau kertas roti.
  4. 4. Metode Transfer Paper
  5. 5. Untuk Transfer Paper (Dark) Buat desain di komputer. Cetak di atas kertas t-shirt transfer paper (Dark). Tunggu sampai hasil cetakan kering. Letakkan kaos atau bahan tekstil lainnya yang akan disablon. Masukkan kertas karton ke bagian dalam kaos. Letakkan t-shirt transfer yang telah berisi desain gambar di atas kaos. (menghadap ke bawah atau menempel pada permukaan kaos). Lapisi dengan kertas minyak atau kertas anti bakar lainnya untuk menghindari gambar bersentuhan langsung dengan seterika. Panaskan dengan seterika. Jangan terlalu panas. Gosok secara merata selama kurang lebih 30 detik. Buka kertas transfer paper secara perlahan.
  6. 6. Untuk Transfer Paper Dark Buat desain di komputer. Jika ada teks pastikan objek teks harus dibalik (mirror) terlebih dahulu (langkah membalik lihat di bawah). Cetak di atas kertas t-shirt transfer paper dark. Letakkan kertas t-shirt transfer yang telah berisi desain gambar di atas kaos (desain gambar menghadap ke atas). Lapisi dengan kertas minyak atau kertas anti bakar lainnya untuk menghindari gambar bersentuhan langsung dengan seterika. Panaskan dengan seterika. Jangan terlalu panas. Gosok secara merata selama kurang lebih 30 detik. Buka kertas transfer paper secara perlahan.
  7. 7. Sumber http://audneal.typepad.com/my_weblog/200 9/06/tutorial-ironon-transfers.html http://learning.enggar.net
  8. 8. By: Hindraswari Enggar http://enggar.net