Pembuatan Database Sistem Penjualan

of 46 /46
PEMBUATAN DATABASE SISTEM PENJUALAN DENGAN MICROSOFT ACCESS Pada bagian ini kita akan membuat sebuah aplikasi Sistem Penjualan dimana database yang digunakan menggunakan Microsoft Access 2003, sedangkan koneksi database yang akan digunakan adalah menggunakan Koneksi ODBC Driver Conenction String. Keuntungannya adalah mudah untuk aplikasi client-server dan kita hanya perlu , mengubah ODBC Driver jika database yang digunakan berpindah lokasi atau direktori tanpa perlu mengubah kode program. Sebab pada program itu sendiri menggunakan DSN dari ODBC Driver dan ODBC Driver tersebut bisa diubah- ubah. Syntax pemrograman yang dipakai mengggunalan bahasa SQL (Structure Query Language). 1. Pembuatan Database dengan Microsoft Access 1.1 Jalankan Microsoft Access 2003, maka akan muncul tampilan

Embed Size (px)

description

OKEEEEEEEE DEH ACCESSS DEALLL!!!

Transcript of Pembuatan Database Sistem Penjualan

PEMBUATAN DATABASE SISTEM PEMBELIAN

PEMBUATAN DATABASE SISTEM PENJUALANDENGAN

MICROSOFT ACCESS

Pada bagian ini kita akan membuat sebuah aplikasi Sistem Penjualan dimana database yang digunakan menggunakan Microsoft Access 2003, sedangkan koneksi database yang akan digunakan adalah menggunakan Koneksi ODBC Driver Conenction String. Keuntungannya adalah mudah untuk aplikasi client-server dan kita hanya perlu , mengubah ODBC Driver jika database yang digunakan berpindah lokasi atau direktori tanpa perlu mengubah kode program. Sebab pada program itu sendiri menggunakan DSN dari ODBC Driver dan ODBC Driver tersebut bisa diubah-ubah.Syntax pemrograman yang dipakai mengggunalan bahasa SQL (Structure Query Language).1.Pembuatan Database dengan Microsoft Access

1.1 Jalankan Microsoft Access 2003, maka akan muncul tampilan

1.2 Pada editor Microsoft Access bagian New, klik menu Blank Database

1.3Pada kotak dialog File New Database, pilih direktori tempat menyimpan database dan isi nama database pada bagian File Name.

1.4 Klik Create1.5 Kemudian muncul editor dari database dbPenjualan

1.6Sebuah database dbPenjualan berhasil dibuat, dari editor database inilah kita dapat mengembangkan database dari aplikasi yang akan dibuat.2.Pembuatan Tabel

1.Langkah selanjutnya adalah membuat tabel.

2.Klik kanan mouse, kemudian pilih Design View

3.Atau dengan mengklik icon New pada tollbar editor database

4.Selanjutnya pada kotak dialog New Table, pilih Design View. Lalu klik OK

5.Buatlah field-field table pada editor table

6.Isilah nama field beserta tipe data dari field pada editor tabel.7. Buatlah tabel-tabel untuk database dbPenjualan. Misalnya tabel tbBarang yang berfungsi untuk menampung data barang. Untuk field dan tipe data dari tabel tbBarang adalah sebagai berikut.

Field NameData TypeField Size

KdBarangText5

NmBarangText25

SatuanText10

HargaSatuanNumberDouble

JumlahStockNumberDouble

8.Tampilan field-field tbBarang terlihat seperti gambar berikut.

9.Buat Primary Key pada tbBarang dimana field primary key adalah KdBarang

10.Klik kanan pada field yang dipilih tersebut. Kemudian klik menu Primary Key.

11.Atau klik icon Primary Key pada toolbar editor database.

12.Tampilan dari field yang menjadi primary key adalah seperti gambar berikut.

13.Simpan tabel tersebut dengan nama tbBarang.

14.Klik OK

15.Maka akan terlihat tabel yang telah dibuat pada editor database.

16.Buatlah Juga tabel-tabel yang lain untuk database dbPenjualan dengan tahap-tahap seperti diatas. Tabel-tabel tersebut antara lain :

Tabel : tbPelangganField NameData TypeField Size

NoPelanggan (Primary Key)Text5

NmPelangganText25

AlamatText50

TeleponText12

Tabel : tbNotaField NameData TypeField Size

NoNota (Primary Key )Text6

TanggalDate8

NoPelangganText5

Tabel : tbNotaDetailField NameData TypeField Size

NoNota (Primary Key)Text6

KdBarang (Primary Key)Text5

HargaJualNumberDouble

QTYNumberDouble

KONEKSI ODBC DRIVER

Untuk membuat sebuah ODBC Driver untuk koneksi database, database tersebut harus sudah ada terlebih dahulu. Misalnya kita akan menghubungkan dengan database Microsoft Access dengan nama dbPenjualan. Langkah-langkahnya sebagai berikut :1.Aktifkan Control Panel, klik menu Administrative Tools.

2.Kemudian pada kotak Administrative Tools, klik menu Data Source (ODBC).

4.Pada kotak dialog ODBC Data Source Administrator, pilih System DSN, klik tombol Add.

5.Pada kotak dialog Create New Data Source, pilih Microsoft Access Driver kemudian klik Finish,

6.Kemudian muncul ODBC Microsoft Access Setup, isi nama Data Source Name atau DSN, misalnya Penjualan. Untuk menghubungkan ODBC Driver dengan database, klik Select pada bagian Database.

7.Pada kotak dialog Select Database, cari direktori tempat database diletakkan dan pilih database yang akan digunakan.

8.Klil OK.9.Pada kotak dialog ODBC Microsoft Access Setup, klik OK.10.Perhatikan pada kotak dialog ODBC Data Source Administrator telah terdapat ODBC Driver yang dibuat. Selanjutnya klik OK dan kita dapat menggunakan ODBC Driver Penjualan untuk menghubungkan dengan database dbPenjualan.

11.Untuk menghapus konfigurasi ODBC Driver, klik Remove kemudian pilih Yes. Sedangkan untuk mengubah konfigurasi klik Configure, kemudian ikuti langkah-langkah seperti pada pembuatan konfigurasi.Menggunakan ODBC Driver untuk mengakses database.

Setelah membuat ODBC Driver, kita dapat menggunakannya untuk mengakses database dari program aplikasi. Langkah-langkahnya sebagai berikut :1.Pada saat mendesain tampilan, terlebih dahulu tambahkan komponen Adodc, komponen ini bisa langsung dihapus setelah program dijalankan sekali.

2.Untuk kode programnnya sebagai berikut :

Deklarasi koneksi

Dim cnn As New ADODB.Connection

Private Sub From_Load()

Membuat sebuah koneksi

Set cnn = New ADODB.Connection

Membuka koneksi dengan ODBC Driver Aplikasi

Cnn.Open Penjualan

End Sub

Private Sub Form_Unload(Cancel As Integer)

Menutup Koneksi

Cnn.Close

Menghapus koneksi

Set cnn = Nothing

End Sub

Koneksi Connection String

Koneksi kedua adalah menggunakan connection string. Untuk mengakses database, kita harus mendeklarasikan sebuah koneksi terlebih dahulu. Langkah-langkah untuk mendeklarasikan koneksi adalah sebagai berikut :

Dim [nama koneksi] As New ADODB.Connection

Sebagai contoh :

Dim cnn AS New ADODB.ConnectionPada contoh dideklarasikan sebuah koneksi bernama cnn. Selanjutnya membuat isi koneksi tersebut. Contohnya sebagai berikut :

Dim Koneksi As String

Koneksi=Driver={Microsoft Access Driver (*.mdb)}; & _

Dbq=dbPenjualan.mdb: & _

DefaultDir=D:\Data Ngajar\Praktek03; & _

Uid=Admin;pwd=;Pada contoh diatas terdapat sebuah variabel bernama Koneksi bertipe data string untuk menampung isi koneksi dengan database.1.Driver={Microsoft Access Driver (*.mdb)}. Driver adalah jenis driver database yang digunakan. Dalam hal ini menggunakan driver Microsoft Access.2.Dbq=dbPenjualan.mdb. Dbq adalah nama dari database yang digunakan. Pada Contoh database yang digunakan adalah database dbPenjualan.mdb3.DefautlDir. DefaultDir adalah lokasi direktori dari database. Pada contoh diatas database yang digunakan terletak pada direktori D:\Data Ngajar\Praktek034.Uid. Uid adalah User id atau identitas dari user yang mengakses database.

5.Pwd. Pwd adalah password dari database, berfungsi untuk meningkatkan keamanan database.

Selanjutnya membuka koneksi ke database. Untuk membuka koneksi ke database adalah sebagai berikut :

cnn.Open Koneksi

Setelah selesai menggunakan koneksi, dapat ditutup dengan perintah :

cnn.Close

Set cnn=Nothing

Dim cnn As New ADODB.Connection

Dim Koneksi As String

Private Sub Form_Load()

Koneksi = App.Path & "\dbPenjualan.mdb;"

cnn.CursorLocation = adUseClient

cnn.Open "Provider=microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=" & Koneksi & ";persist security info=false"

End Sub

PENGGUNAAN MODULE

Setelah selesai membuat menu dengan MDI Form, sekarang kita akan mencoba membuat sebuah module. Module ini nantinya akan digunakan pada pengembangan aplikasi Sistem Penjualan, dimana di dalam module ini akan terdapat variabel yang bersifat global atau dapat diakses dari semua form pada program aplikasi dan beberapa procedure yang juga bisa diakses dari semua form.

Module yang kita buat, akan kita isi dengan procedure koneksi ke database dengan menggunakan ODBC driver. Fungsinya adalah kita tidak perlu selalu membuat koneksi ke database dalam hal ini dbPenjualan.mdb pada setiap form.1.Menambahkan Module

Pertama-tama kita akan menambahkan sebuah module ke dalam project Penjualan yang telah dibuat. Untuk menambahkan module langkah-langkahnya sebagai berikut :a.Klik kanan pada bagian project.b.Klik menu Add kemudian pilih Module

c.Atau pada menu Project klik Add Module

d.Setelah itu muncul kotak dialog Add Module tab New. Klik Open.

e.Setelah menambahkan sebuah module pada project Penjualan, selanjutnya membuat variable global dan procedure. Variabel global dan procedure pada module ini bisa diakses dari semua program pada project. Variabel global dan procedure yang dibuat akan digunakan untuk mengakses database pada program aplikasi Sistem Penjualan yang kita buat. Dalam hal ini databasenya adalah dbPenjualan.mdb. Contoh Kode program dari procedure yang terdapat pada module adalah sebagai berikut :

Public cnn As New ADODB.Connection

Public Koneksi As String

Sub Form_Load()

Koneksi = App.Path & "\dbPenjualan.mdb;"

cnn.CursorLocation = adUseClient

cnn.Open "Provider=microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=" & Koneksi & ";persist security info=false"

End Sub

MEMBUAT MENU UTAMA

SISTEM PENJUALAN

Menu utama yang akan dibuat, tidak menggunakan MDIForm, tetapi menggunakan form biasa. Langkah-langkahnya sebagai berikut :1. Jalankan Visual Basic 6.02. Pada Form, atur Propertinya sebagai berikut :ObjekPropertiSetting

Form1NameMDIMenu

CaptionSistem Penjualan

WindowState2-Maximize

BackColor&H8000000C&

3.Selanjutnya membuat menu menggunakan Menu Editor ( Ctrl+E ) untuk aplikasi Sistem Penjualan. Daftar menu dan submenu yang akan dibuat adalah sebagai berikut :

CaptionNameIndex

MASTER FILEmnuUtama1

....Entry Data BarangmnuMaster1

....Entry Data PelangganmnuMaster2

TRANSAKSImnuUtama2

....Entry Nota PenjualanmnuTrans1

....Cetak NotamnuTrans2

LAPORANmnuUtama3

....Cetak Laporan PenjualanmnuLaporan1

....Cetak Laporan BarangmnuLaporan2

....Cetak Laporan PelangganmnuLaporan3

KELUARmnuUtama4

.... YAmnuKeluar1

.TIDAKmnuKeluar2

4.Contoh pengisian menu editor :

5.Agar tampilan menu utama lebih bagus, bisa ditambahkan Frame dan beberapa Label. Sehingga bentuk design dari menu tersebut seperti gambar berikut :

6.Atur StartUp pada Project Properties menjadi MDIMenu.

MEMBUAT MODULEKetikan program berikut pada module :

MEMBUAT PROGRAM

ENTRY DATA PELANGGANDalam membuat program entry data Pelanggan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1.Tambahkan form baru pada project.

2.Buat tampilan/design seperti gambar berikut :

3.Atur properti objek-objek tersebut sebagai berikut :

ObjekPropertiSetting

Form1NamefrmPelanggan

CaptionForm Data Pelanggan

Frame1Caption(Kosong)

Frame2Caption(Kosong)

Frame3Caption(Kosong)

Label1CaptionENTRY DATA PELANGGAN

Label2CaptionNomor Pelanggan

Label3CaptionNama Pelanggan

Label4CaptionAlamat

Label5CaptionTelepon

Text1NametxtNoPelanggan

TabIndex1

Text(Kosong)

Text2NametxtNmPelanggan

TabIndex2

Text(Kosong)

Text3NametxtAlamat

TabIndex3

Text(Kosong)

MultiLineTrue

ScrollBars2-Vertical

Text4NametxtTelepon

TabIndex4

Text(Kosong)

Command1NamecmdSimpan

CaptionSimpan

Command2NamecmdEdit

CaptionEdit

Command3NamecmdHapus

CaptionHapus

Command4NamecmdBatal

CaptionBatal

Command5NamecmdKeluar

CaptionKeluar

4.Sedang untuk kode programnya adalah sebagai berikut :

5.Gabungkan form entry Pelanggan ke dalam Menu Utama.6.Buatlah program Entry Data Barang.

Private Sub mnuKeluar_Click(Index As Integer)

Select Case Index

Case 1

' Tutup form

Unload Me

' Keluar program

End

End Select

End Sub

Private Sub mnuMaster_Click(Index As Integer)

Select Case Index

Case 1

MsgBox "Program belum dibuat...........!!!", vbOKOnly

Case 2

' Matikan menu Utama

MDIMenu.Enabled = False

' Panggil form pelanggan

frmPelanggan.Show

End Select

End Sub

MEMBUAT FORM NOTA PENJUALAN

Sebelum membuat design pada form Nota Penjualan, terlebih dahulu tambahkan beberapa komponen pada Toolbar. Komponen-komponen tersebut antara lain : DTPicker, Masked Edit, dan ListViewLangkah-langkahnya :a. Tekan CTRL+T atau klik menu Project, pilih Component.b. Untuk menambahkan DTPicker, pada tampilan Components, tab Controls kemudian pilih Microsoft Windows Common Control-2 6.0 (SP4).

c.Untuk menambahkan Masked Edit, pada tampilan Components tab Controls pilih Microsoft Masked Edit Controls 6.0

c.Untuk menambahkan ListView, pada tampilan Components tab Controls pilih Microsoft Windows Common Controls 6.0 (SP6).

d.Jika ketiga komponen sudah ada, maka pada Toolbar akan muncul ikon-ikon dari DTPicker, Masked Edit, dan ListView.

4.Atur properti objek-objek tersebut sebagai berikut :

ObjekPropertiSetting

Form1NamefrmNota

CaptionForm Entry Nota

Label1CaptionENTRY NOTA PENJUALAN

Label2CaptionNo. Nota

Label3CaptionTanggal Nota

Label4CaptionNomor Pelanggan

Label5CaptionNama Pelanggan

Label6CaptionAlamat

Label7CaptionTelepon

Label8CaptionKode Barang

Label9CaptionNama Barang

Label10CaptionSatuan

Label11CaptionHarga Satuan

Label12CaptionQTY

Label13CaptionTotal AKhir

Text1NametxtNoNota

TabIndex1

Text(Kosong)

Text2NametxtNmPelanggan

TabIndex4

Text(Kosong)

Text3NametxtAlamat

TabIndex4

Text(Kosong)

MultiLineTrue

ScrollBars2-Vertical

Text4NametxtTelepon

TabIndex5

Text(Kosong)

Text5NametxtNmBarang

TabIndex8

Text(Kosong)

Text6NametxtSatuan

TabIndex9

Text(Kosong)

Masked Edit1NamemseHargasatuan

TabIndex10

Mask(Kosong)

Masked Edit2NamemseQTY

TabIndex11

Mask(Kosong)

Masked Edit3NamemseTotalAkhir

TabIndex12

Mask(Kosong)

DTPickerNamedpTanggal

TabIndex2

ComboBox1NamecboNoPelanggan

TabIndex3

Text(kosong)

ComboBox2NamecboKdBarang

TabIndex7

Text(kosong)

Frame1Caption(kosong)

Command1NamecmdAdd

CaptionAdd

Command2NamecmdSimpan

CaptionSimpan

Command3NamecmdBatal

CaptionBatal

Command4NamecmdKeluar

CaptionKeluar

ListViewNameListView1

Listing program Entry Nota Penjualan sebagai berikut :

Direktori tempat menyimpan database

Nama database

Membuat Tabel Baru

Icon New

Icon Primary Key

Tanda Primary Key

DTPickter

ListView

ComboBox

MaskedBox / MaskeEdit

DTPicker

ListView