Pembiasan pada kaca plan paralel dan prisma

download Pembiasan pada kaca plan paralel dan prisma

of 22

  • date post

    14-Jan-2017
  • Category

    Education

  • view

    247
  • download

    27

Embed Size (px)

Transcript of Pembiasan pada kaca plan paralel dan prisma

Pembiasan pada Kaca Plan Paralel dan Prisma

Pembiasan pada Kaca Plan Paralel dan PrismaDisusun oleh Kelompok 3:Cantika DentisaM. Isa TsaqifRachmat Al RidhaTamisha UlfahiraUmar Yohanes Billy

Konsep Dasar Pembiasan

Pengertian Pembiasan

Pembiasan adalah pembelokan arah cahaya yang melewati 2 medium yang berbeda

Sudut Datang, adalah sudut yang dibentuk oleh sinar datang dengan garis normalSudut Bias, adalah sudut yag dibentuk oleh sinar bias dan garis normal

4

Indeks BiasIndeks bias adalah suatu ukuran kemampuan suatu medium untuk membelokkan cahaya.

Indeks bias relatifBaca: indeks bias medium 2 relatif terhadap indeks bias medium1

Hukum SnelliusSinar datang, sinar bias, dan garis normal berada pada satu bidang;Cahaya yang melalui medium renggang ke medium yang lebih rapat akan dibiaskan mendekati garis normal, begitu pula sebalikanya.

Semakin dekat garis normal Semakin rapat medium Semakin besar indeks bias

Hubungan antara Cepat Rambat, Frekuensi, dan Panjang Gelombang Cahaya dengan Indeks BiasSaat cahaya melewati dua medium yang berbeda, maka cahaya akan dibiaskan dan cepat rambat cahaya juga akan berubah. Cahaya akan mencapai kecepatan maksimum saat di udara/vakum.

Indeks bias udara = 1

7

Hubungan antara Cepat Rambat, Frekuensi, dan Panjang Gelombang Cahaya dengan Indeks Bias

Ketika cahaya melewati beberapa medium yang berbeda, frekuensi cahaya tidak berubah

Pembiasan pada Dasar KolamLihat gambar di buku paket halaman 401

Sinar-sinar dari koin mengenai batas air-udara dibiaskan menjauhi garis normal. Maka koin seakan-akan ada di P bukan di A. Koin ini juga mewakiliki dasar kolam.

Berlaku untuk pengamat di udara dan benda di air

Berlaku untuk pengamat di air dan benda di udara

Sudut Kritis

Sudut Kritis

Kaca Plan Paralel

Pengertian Kaca Plan Paralel

Kaca plan paralel atau yang biasa disebut balok kaca merupakan keping kaca tiga dimensi yang kedua sisinya dibuat sejajar. Pada umumnya digunakan untuk kaca

Pergeseran Cahaya pada Kaca Plan Paralel

Cahaya lewat melalui kaca sinar yang keluar dari permukaan kaca lainnya adalah sejajar terhadap sinar datang, tetapi mengalami pergeseran.

Prisma

Pengertian Prisma

Dalam optik, Prisma adalah alat yang dipakai untuk merefleksikan cahaya berwarna putih atau untuk memisahkannya (dispersi) menjadi spektrum warna pelangi, yang secara tradisional dibuat dalam bentuk prisma dasar segitiga.

Proses Pembiasan Cahaya pada PrismaPrisma adalah zat bening yang dibatasi oleh dua bidang datar yang membentuk sudut,yakni bidang pembias I, bidang pembias II.

Pada bidang pembias I, sinar dibiaskan mendekati garis normal, sebab sinar datang dari zat optik kurang rapat ke zat optik lebih rapat yaitu dari udara ke kaca.

Sebaliknya pada bidang pembias II, sinar dibiaskan menjahui garis normal, sebab sinar datang dari zat optik rapat ke zat optik kurang rapat yaitu dari kaca ke udara. Sehingga seberkas sinar yang melewati sebuah prisma akan mengalami pembelokan arah dari arah semula.

Sudut Deviasi

Sudut Deviasi Minimum

Sudut Deviasi Minimum

Hukum Snellius

Dispersi Cahaya

Dispersi yaitu peristiwa terurainya cahaya putih menjadi cahaya yang berwarna-warni, seperti terjadinya pelangi. Pelangi merupakan peristiwa terurainya cahaya matahari oleh butiran-butiran air hujan.HOW???Peristiwa peruraian cahaya ini disebabkan oleh perbedaan indeks bias dari masing-masing cahaya, di mana indeks bias cahaya merah paling kecil, sedangkan cahaya ungu memiliki indeks bias paling besar.Cahaya putih yang dapat terurai menjadi cahaya yang berwarna-warni cahaya polikromatikcahaya tunggal yang tidak bisa diuraikan lagi cahaya monokromatik

Spektrum Warna

Spektrum

Lebar spektrum tergantung pada selisih sudut deviasi caaya ungu dan merah Sudut Dispersi

21