Pembahasan dan Kunci Jawaban -...

download Pembahasan dan Kunci Jawaban - yrama-widya.co.idyrama-widya.co.id/file-bpm/pembahasan-bahasa-indonesia-smp-2019.pdf2

of 31

  • date post

    03-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    328
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of Pembahasan dan Kunci Jawaban -...

Pembahasan dan Kunci Jawaban

2 Pembahasan Bahasa Indonesia SMP/MTs

1. Gagasan utama berupa gagasan ataupun pendapat yang merangkum seluruh isi paragraf. Letak gagasan utama pada umumnya di awal paragraf. Gagasan utama paragraf itu adalah tidak perlu stres menghadapi pensiun. Gagasan itu dinyatakan pada kalimat pertama. Kemudian, dipertegas oleh kalimat terakhir, tentu orang tidak akan terkena stres. Gagasan tersebut merupakan gagasan utama karena merangkum atau menjadi fokus pembahasan di dalam paragraf itu.

Jawaban: C2. Kalimat utama umumnya terletak di awal atau akhir

paragraf. Kalimat utama biasanya dapat merangkum isi kalimat-kalimat lainnya. Perhatikan kalimat pertama paragraf tersebut. Di sanalah letak kalimat utamanya. Kalimat pertama tersebut kemudian diperjelas pada kalimat kedua dan ketiga.

Jawaban: A3. Beberapa berita mungkin memiliki persamaan dalam unsur-

unsurnya, seperti isi, waktu kejadian, proses kejadian, korban dan pelaku, dan unsur-unsur lainnya. Teks Berita I menginformasikan prakiraan musim kemarau di Indonesia. Teks Berita II menginformasikan krisis air di Aceh akibat musim kemarau. Persamaan kedua berita tersebut, yaitu menginformasikan musim kemarau yang melanda Indonesia.

Jawaban: C4. Selain persamaan, teks berita juga terkadang menyampai-

kan informasi yang sama, tetapi cara penyajiannya berbeda. Perbedaan tersebut dapat terlihat dari jumlah ataupun susunan unsur-unsurnya. Adapun susunan kedua berita itu diawali dengan unsur berikut.

Berita Uraian Awal Unsur

I Musim kemarau pada tahun ini mengalami ...

Apa (yang di-informasikan?)

II Kecamatan Tangan-tangan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) saat ini tengah mengalami

Di mana (peristiwa yang diinformasikan terjadi)

Jawaban: A5. Biografi adalah buku yang menceritakan kisah

seseorang. Kisah tersebut dibukukan karena ia memiliki keistimewaan-keistimewaan, misalnya dalam hal pemikiran, karya, kepemimpinan, dan sebagainya.Cuplikan biografi itu membahas karya-karya yangterkenal seperti roman Tak Putus Dirundung Malang dan Dian Tak Kunjung Padam. Karya-karya tersebut merupakan salah satu karya dari sekian banyak karya Sutan Takdir Alisjahbana. Jadi, tokoh yang dibicarakan

Bahasa Indonesia

Pembahasan dan Kunci JawabanSoal Pemahaman Paket 1

padateksbiografitersebutadalahSutanTakdirAlisjahbana.Jadi,tokohyangdibicarakanpadateksbiografitersebutadalah Sutan Takdir Alisjahbana.

Jawaban: D6. Dari biografi, kita dapat mengambil keteladanan dari

orang yang diceritakan tersebut. Keteladanan dari cuplikanbiografipada soal,yaitu tokohbanyakmenghasilkan karya yang bermanfaat untuk ilmu pengetahuan dan kesusastraan.

Jawaban: A7. Penjelasan teks iklan dapat diketahui dengan memahami

makna kalimat tersebut. Makna setiap kalimat dapat dilihat dengan melihat keterkaitan makna kalimat yang diminta dengan kalimat lainnya. Makna kalimat kelima pada teks iklan itu dikaitkan dengan kalimat sebelumnya yang menjelaskan pe-ngurusan KTP. Jadi, makna kalimat kelima adalah mengurus KTP bisa selesai dalam satu jam.

Jawaban: C8. Iklan banyak jenisnya, seperti iklan layanan masyarakat,

iklan niaga, iklan keluarga, dan iklan lowongan pekerjaan. Jenis iklan dapat dilihat dari maksud dan tujuan iklan tersebut dibuat.Iklan pada soal adalah iklan pengumuman lowongan pekerjaan. Dengan demikian, dapat disimpulkan maksud dari iklan tersebut adalah industri tambang Sulawesi Tenggara membutuhkan tenaga profesional.

Jawaban: B9. Kalimat fakta adalah kalimat yang menyatakan keadaan

apa adanya atau peristiwa yang benar-benar terjadi. Kalimat fakta bisa berwujud informasi tentang sebuah peristiwa ataupun angka-angka. Dalam iklan tersebut terdapat kalimat yang menyatakan keadaan sebenarnya. Misalnya, diproduksi PT Segar Alami (1) dan jus jambu biji merah (2). Dengan demikian, kalimat fakta dalam iklan tersebut ditandai dengan nomor (1) dan (2).

Jawaban: A10. Simpulan merupakan rumusan singkat dari dua atau

lebih pernyataan yang saling berhubungan. Langkah dalam membuat simpulan adalah sebagai berikut.a. Carilah kata-kata yang penting. Kata penting

biasanya diulang-ulang atau memiliki kesamaan.b. Rangkaikan kata-kata penting itu ke dalam kalimat.Kata-kata penting yang ada pada uraian tersebut adalah:a. strokepadaotaksumbatanpembuluhdarahb. strokepadamatasumbatansuplaidarahDengan demikian, berdasarkan kata-kata tersebut dapat disimpulkan bahwa uraian itu menjelaskan tentang gangguan darah menjadi penyebab stroke otak dan mata.

Jawaban: A

3Pembahasan Bahasa Indonesia SMP/MTs

11. Datayangditampilkandalamgrafikitudinyatakandalambentukgrafikbatang.Untukdapatmemahamigrafik,kitadapat melihat titik-titik pertemuan dari setiap garis horizontal dan vertikalnya. Dengan demikian, penjelasan yang sesuai denganisigrafiktersebutadalahjumlah penduduk hampir miskin dari tahun ke tahun selalu meningkat.

Jawaban: B12. Simpulan tabel dapat diperoleh dengan cara menghubung-

hubungkan data yang ada pada setiap baris/kolomnya. Simpulan harus bersifat menyeluruh. Dari hubungan antarbaris/kolomnya, tampak bahwa harga bahan pokok tahun 2014 relatif merata di setiap kota.

Jawaban: A13. Bagan merupakan gambar yang menyampaikan informasi

dalam hubungan atasan-bawahan. Isi bagan dapat dipahami dengan melihat hubungan antara kata-kata yang ada di atas dengan bagian yang ada di bawahnya atau di samping kiri dan kanannya.Dalam bagan tersebut tampak bahwa wakasek urusan kurikulum dan wakasek urusan kesiswaan berada di da lam hubungan yang sejajar. Berdasarkan garis yang meng-hubungkannya, keduanya harus saling berkoordinasi.

Jawaban: A14. Denah merupakan gambar yang menjelaskan letak dan

arah suatu lokasi. Denah memudahkan seseorang untuk menuju arah lokasi yang dikehendakinya.Seseorang ingin menuju Bondan Top in Fashion dari Mal Shinta.AdapunMalSintaberadadiJalanTeukuUmaryangmengarah ke Jalan Beringin Raya, sedangkan Bondan Top In Fashion berada di Jalan Cisadane 9. Dengan demikian, jalan yang paling dekat dari kedua lokasi itu adalah Jalan TeukuUmar-JalanBeringinRaya-JalanCisadane9.

Jawaban: D15. Simpulangrafikdapatdiperolehdenganmelihatgrafik

secara keseluruhan. Simpulan harus bersifat menyeluruh. Jadi,simpulanyangtepatuntukgrafikpadasoaladalahmasing-masing siswa IX-A menyukai mata pelajaran yang berbeda-beda, berarti minat mereka berbeda dalam mempelajari sesuatu.

Jawaban: D 16. Untukmengetahui isi tabel, hal yang dapat dilakukan

adalah melihat data pada kolom dan baris. Data pada kolom dan baris tersebut dihubungkan untuk mengetahui keterkaitannya. Pernyataan yang tepat sesuai dengan tabel pada soal adalah harga 20 kg ampas tahu yaitu Rp10.000.

Jawaban: C17. Tema puisi adalah dasar atau pokok pikiran/perasaan di

dalam penulisan suatu puisi. Tema puisi dapat diketahui melalui hubungan kata-kata yang semakna yang ada di dalamnya. Kata yang berulang/semakna adalah sebagai berikut.a. Kata engkau yang berarti Ibub. Kata-kata penunjuk kepada sikap perhatian ibu:

lahirkan aku, rawat, ajari aku, menghiburkuDengan demikian, berdasarkan kata-kata itu, puisi tersebut menunjukkan seorang ibu yang memberi perhatian dengan penuh kasih.

Jawaban: A

18. Latar merupakan tempat atau waktu berlangsungnya suatu cerita. Pada cerpen tersebut terdapat kata kunci yang menunjukkan latar yaitu .... matahari sudah di atas kepala .... warung .... Berdasarkan hal tersebut tampak jelas bahwa latar kutipan cerpen tersebut adalah siang hari di warung.

Jawaban: D19. Setiap tokoh memiliki watak. Watak pada tokoh itulah

yang membuat cerita semakin menarik. Watak tokoh yang tamak tersirat pada dialog bernomor 4 Saya dulu memberi Saudara Rp200, kok, sekarang Saudara hanya mengasih Rp100, tulisnya.

Jawaban: D20. Terdapat beberapa cara pengarang di dalam menggambar-

kan watak seorang tokoh, yaitu (1) pemberitahuan langsung oleh pengarang, (2) penceritaan melalui tokoh lain, (3) tingkah laku tokoh, (4) dialog tokoh itu sendiri, (5) jalan pikiran tokoh, dan (6) lingkungan tokoh. Watak tokoh dalam kutipan tersebut terlihat dari penceritaan oleh tokoh lain.

Jawaban: D21. Dalam cerita tersebut terlihat bahwa Sabrina tidak mau

masuk sekolah karena malu. Namun, Alisa berusaha membujuk Sabrina untuk tetap masuk sekolah. Dengan demikian,konflikceritatersebutadalahAlisa membujuk Sabrina agar tetap masuk sekolah.

Jawaban: C22. Perbedaan yang paling terlihat dari kedua novel tersebut

adalah penggunaan bahasa saat menyampaikan cerita. Novel pertama menggunakan bahasa yang berbelit-belit untuk menyampaikan perjuangan tokoh. Sementara itu, novel kedua menggunakan bahasa yang lebih mudah dipahami untuk menyampaikan watak seorang tokoh.

Jawaban: B23. Novel pertama menceritakan tentang perebutan

kekuasaan antara Sultan dengan Inderapura yang dibantu kompeni. Sementara itu, novel kedua menceritakan tokoh Aminudin yang ingin menghibur hati Mariamin sahabatnya. Jadi, perbedaan tema kedua novel itu yaitu mengenai kekuasaan pada novel I dan persahabatan pada novel II.

Jawaban: D24. Suasana berarti keadaan suatu lingkungan, hubungan

sosial, ataupun isi hati seseorang. Suasana sedih, haru, tegang, akrab, dan santai dapat diketahui dari perkataan ataupun perilaku tokohnya. Berdasarkan dialog yang dilakukan oleh Ibu dan Irma terlihat sangat jelas bahwa Ibu sangat gelisah menunggu anaknya yang belum pulang.

Jawaban: B25. Latar sebuah drama berkaitan dengan tempat ataupun

waktu. Latar dapat tertulis pada naskah dramanya secara langsung. Seperti pada kutipan naskah drama tersebut terdapat kata-kata yang menunjukkan latar waktu, yaitu mengintip rembulan. Dengan demikian, latar waktu