Pelayanan publik & e-government

of 17 /17
PELAYANAN PUBLIK & E-GOVERNMENT Ajeng Paramuditha Ansar Ilmu Administrasi Negara Universitas Indonesia

Embed Size (px)

Transcript of Pelayanan publik & e-government

PowerPoint Presentation

Pelayanan Publik & e-governmentAjeng Paramuditha AnsarIlmu Administrasi NegaraUniversitas Indonesia

Pelayanan Publik?Pelayanan publik merupakan salah satu tanggung jawab dari instansi pemerintah, baik itu di pusat, di daerah, maupun di desa. Pelaksanaan pelayanan publik ini merupakan salah satu fungsi pemerintah dalam melakukan kemudahan pada masyrakat dalam menggunakan hak dan kewajibannya.

Dalam penyelenggaraan pelayanan oleh pemerintah, rasa puas masyarakat terpenuhi bila apa yang diberikan oleh pemerintah kepada mereka sesuai dengan apa yang mereka harapkan, dengan memperhatikan kualitas dan pelayanan itu diberikan relatif terjangkau dan mutu pelayanan yang baik. Jadi, dalam pelayanan itu sendiri harus transparansi, partisipasi, dan akuntabilitasi.

Pada era reformasi ini, masyarakat terbuka dalam memberikan kritikan pada pemerintah dalam pelayanan publik. Maka dari pada itu pemerintah sangat berperan dalam mengatur dan mengarahkan seluruh kegiatan dalam mencapai tujuan meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat.

Pelayanan yang berkualitas seringkali mengalami kesulitan untuk dapat di capai karna aparat seringkali belum mengetahui dam memahami bagaimana cara memberikan pelayanaan yang baik, hal ini disebabkan oleh masi rendahnya kemampuan professional aparat daerah.

Contoh KasusMerdeka.com -Komisi PemberantasanKorupsi(KPK) pernah mengeluarkan hasil survei tentang kepuasan pelayanan publik di Kota Bekasi. Hasilnya, pelayanan publik di Kota Bekasi dikategorikan paling buruk di antara kota-kota lainnya.

Nilai yang diperoleh di bawah 6 atau di bawah standar. Wakil Ketua KPKBusyro Muqoddas saat itu mengatakan, survei ini sebagai upaya untuk menelusuri akar permasalahankorupsidi sektor pelayanan publik. "Yang nilainya di bawah 6, itu rentan terjadi praktik korupsi," kata Busyro.

Hal yang disampaikan oleh KPK rupanya tak membuat pemerintah Kota Bekasi berbenah. Masih banyak ditemukan terjadinya pungutan liar di sejumlah tempat di Kota Bekasi. Tidak hanya lingkup besar, korupsi sudah merambah sampai tingkat kelurahan. Padahal kelurahan adalah tingkat pelayanan paling bawah. Di kelurahan Kota Bekasi banyak ditemukan pungutan liar.

Seperti yang terjadi di Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur. Di kelurahan itu banyak terjadi pungutan liar. Seperti yang dikeluhkan seorang warga Bekasi, Khair yang tengah mengurus surat pengantar di Kelurahan Margahayu. Menurutnya, saat itu ia tengah meminta surat pengantar dari kelurahan untuk membuat paspor buat anaknya. "Setelah surat jadi, petugas kelurahan meminta uang Rp 25 ribu. Alasannya untuk administrasi," katanya beberapa waktu lalu.

Tidak hanya mengurus surat pengantar membuat paspor, Khair juga punya pengalaman diminta uang saat mengurus surat-surat lain di kelurahan tersebut. "Dulu pernah buat surat usaha, diminta Rp 100 ribu, surat buat SKCK diminta Rp 30 ribu," ujarnya.

Pantauanmerdeka.comdi lapangan, modus yang dilakukan oleh para petugas kelurahan adalah menyuruh pegawai honorer di kelurahan tersebut meminta uang pada warga. "Saya hanya disuruh saja oleh atasan," kata pegawai honorer di Kelurahan Margahayu yang enggan disebutkan namanya.

Tarif pungutan pun beragam. Tergantung suratnya. Bahkan ada warga yang meminta surat keterangan tidak mampu dimintai uang. Untuk proses pembuatan surat membutuhkan sekitar waktu 1-2 jam. Warga yang mengurus surat biasanya langsung didatangi pegawai honorer di kelurahan Margahayu dengan ramah. Setelah surat jadi, baru para pegawai tersebut meminta uang sebagai imbalan.

Ini jawaban Lurah Margahayu terkait maraknya pungli

Merdeka.com -Lurah Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi membantah ada pungutan yang dilakukan di kelurahannya. Menurutnya, pelayanan di Kelurahan Margahayu semuanya gratis."Tidak ada (pungli). Semuanya gratis," tegas Lurah saat dikonfirmasimerdeka.com.

Bahkan Lurah meminta agar orang yang merasa dipungut biaya ketika mengurus sesuatu untuk menghadap dirinya, dan menunjukkan orang yang meminta biaya tersebut. "Suruh datang ke saya, tunjukkan mana orangnya,.Pada saatmerdeka.commendatangi Kelurahan Margahayu, perihal surat pengantar pembuatan paspor apabila ada perbedaan nama di KTP dan akta lahir, seorang staf di Kelurahan tersebut memang tak meminta biaya kepengurusan suatu keperluan.

Tapi, ketika ditanya biayanya tentang surat pengantar, staf perempuan tersebut meminta seikhlasnya. "Dikasih diterima, enggak (Tidak dikasih) juga enggak apa-apa," kata seorang staf perempuan di loket pelayanan padamerdeka.com.Pernyataan Lurah dan staf kelurahan ini berbeda dengan di lapangan. Pantauanmerdeka.com, banyak pegawai kelurahan yang terang-terangan meminta uang setelah membuatkan surat. Tarifnya pun berbeda-beda tergantung suratnya.

VIDEO AMATIR: Dugaan Pungli Perpanjang KTP & Pembuatan KK di Kelurahan Marga Mulya, Bekasi Utara

Berdasarkan PERATURAN DAERAH KOTA BEKASI NOMOR 08 TAHUN 2013 TENTANG RETRIBUSI PENGGANTIAN BIAYA CETAK KARTU TANDA PENDUDUK DAN AKTA CATATAN SIPIL, tarif retribusi untuk WNI dalam pelayanan KTP adalah Rp 0 (gratis). Tapi kenyataannya saya diminta Rp 120.000 untuk perpanjang KTP dan Rp 50.000 untuk Kartu Keluarga. Saya tidak tahu harus pengaduan kemana? apakah ini masuk kategori pungutan liar? karena saat diminta tanda terima untuk pungutan tersebut, petugas menolaknya. mudah-mudahan Lurah Marga Mulya Bekasi Utara bisa sosialisasi ke pegawainya soal Perda tsb- Prisca Kohan Sejak saya unggah video ini, keluarga saya dipersulit dalam mengurus surat kependudukan, bahkan saya diminta menghapus video ini. ironisnya, saat ibu saya meninggal, kami dipersulit mengurus akta kematian. Saya pikir Kelurahan ini akan berbenah diri dan menghilangkan praktek pungli, tapi mereka lebih memilih mempersulit keluarga saya. Gimana ya caranya supaya kelurahan ini melakukan reformasi birokrasi? kemana saya harus adukan perlakuan mereka? #wargateraniaya #reformasibirokrasi - Prisca Kohan

SOLUSI?Lalu apa yang bisa dilakukan pemerintah untuk memperbaiki sektor pelayanan publik ?Pemerintah seharusnya berorientasi pelanggan: memenuhi kebutuhan pelanggan, bukan boirokrasi. Artinya, pemerintah harus belajar dari sektor bisnis di mana jika tidak fokus dan perhatian pada pelanggan (customer), maka warga negara tidak akan puas dengan pelayanan yang ada atau tidak bahagia. Oleh karena itu, pemerintah harus menempatkan rakyat sebagai pelanggan yang harus diperhatikan kebutuhannya. Pemerintah harus mulai mendengarkan secara cermat para pelanggannya, melaui survei pelanggan, kelompok fokus dan berbagai metode yang lain.Memberikan Sanksi yang Tegas. Dalam proses pelayanan sering kali petugas tidak melakukan apa yang sudah diatur dalam aturan, sehingga masyarakat tidak mendapatkan kepuasan. Petugas yang sering melanggar harus diberikan sangsi yang tegas, kalau perlu dipecat. Dengan adanya sangsi yang tegas ini diharapkan para aparatur pemerintahan tidak berani melakukan tindakan yang melanggar aturan.Di jaman internet ini, bagusnya ada sebuah situs resmi dari pemerintah yang memuat semua peraturan mengenai segala bentuk pelayanan publik. Jadi masyarakat bisa mencari informasi dengan lebih mudah. Kemudian, sebagai langkah nyata, gencarkan sosialisasi peraturan ke masyarakat, baik dalam bentuk sosialisasi langsung, maupun menggunakan perantara media cetak. Dan yang paling ampuh untuk mengantisipasi ada orang dalam yang iseng mempermainkan aturan demi keuntungan pribadi, tempelkan saja banner kutipan peraturan itu besar-besar di lokasi pelayanan.

Struktur Organisasi Kelurahan Marga MulyaStruktur Organisasi Kelurahan Marga MulyaLurah Marga Mulya: DADANG SUDRAJAT, SE., M.Si.Sekretaris Kelurahan Marga Mulya:AGUNG ADI PUTERA, S. STPKepala Seksi Pemerintahan,Ketentraman dan Ketertiban: IDA SIMATUPANGKepala Seksi Pembangunan: RAHARJO, S.E.Kepala Seksi Kesos: SULASTINI

Analisa struktur organisasi

Menurut buku UUD 1945 + Perubahannya + Struktur Ketatanegaraan yang disusun oleh Redaksi Indonesia Tera, Struktur Organisasi Kelurahan adalah sebagai berikut.

Yang mana jika dilihat dari Struktur Organisasi Kelurahan Marga Mulya, telah sesuai dengan literature di atas

(Menurut buku UUD 1945 + Perubahannya + Struktur Ketatanegaraan, penyusun Redaksi Indonesia Tera.)

Peran setiap aktor1. LURAHKelurahan dipimpin oleh seorang Lurah yang mempunyai tugas pokok membantu Camat menyelenggarakan kewenangan bidang pemerintahan, ketentraman dan ketertiban, pembangunan masyarakat, perekonomian, kesejahteraan rakyat, pemberdayaan masyarakat serta pelayanan masyarakat sesuai dengan kewenangannya berdasarkan prinsip otonomi dan tugas pembantuan sesuai dengan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan/ atau berdasarkan ketentuan yang berlaku;

Dalam menyelenggarakan tugas pokok Lurah mempunyai fungsi membantu mengkoordinir, mengarahkan, membimbing, membina dan memberdayakan unsur manajemen satuan kerja perangkat daerah bidang pemerintahan, ketentraman dan ketertiban, pembangunan masyarakat, perekonomian, kesejahteraan rakyat, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan masyarakat sesuai dengan kewenangannya, meliputi :

a. Pembinaan, pengkoordinasian dan penyelenggaraan program dan kegiatan di bidang pemerintahan ketentraman dan ketertiban;b. Pembinaan, pengkoordinasian dan penyelenggaraan program dan kegiatan di bidang pemberdayaan masyarakat;c. Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya;d. Pembinaan dan pengarahan aparat Kelurahan dalam melaksanakan tugasnya serta melaksanakan waskat;e. Pembinaan dan pengendalian atas pengelolaan rumah tangga, administrasi kepegawaian, perlengkapan dan peralatan (aset), dan keuangan Kelurahan;f. Pembinaan terhadap kedisiplinan dan peningkatan kualitas aparat Kelurahan;g. Penyelenggaraan koordinasi dengan instansi atau unit kerja terkait;h. Pelaksanaan monitoring, evaluasi hasil pelaksanaan tugas;i. Penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;j. Pelaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Peran setiap aktorSEKRETARIS LURAHTugas pokok mempunyai tugas pokok membantu lurah melakukan koordinasi dan/ atau memfasilitasi pelaksanaan kewenangan pemerintahan, ketentraman dan ketertiban, pembangunan masyarakat, perekonomian, kesejahteraan rakyat, pemberdayaan masyarakat serta pelayanan masyarakat sesuai dengan kewenangannya yang berhubungan dengan urusan dalam organisasi meliputi perencanaan, evaluasi, pelaporan, pelayanan administrasi, kepegawaian dan pengelolaan keuangan;

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, sekretaris kelurahan mempunyai fungsi membantu mengkoordinir dan/ atau memfasilitasi kegiatan di bidang pemerintahan, ketentraman dan ketertiban, pembangunan masyarakat, perekonomian, kesejahteraan rakyat, pemberdayaan masyarakat dan pelayanan masyarakat sesuai dengan kewenangannya, meliputi :

a. Penyusunan rencana kerja, pengendalian, evaluasi, monitoring dan pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan;b. Pemberian layanan administratif di lingkungan Pemerintah Kelurahan;c. Penyusunan dan pelaksanaan administrasi keuangan;d. Penyusunan dan pelaksanaan urusan tata usaha, administrasi kepegawaian, perlengkapan dan rumah tangga;e. Pelaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

Peran setiap aktorSEKSI PEMERINTAHAN,KETENTRAMAN dan KETERTIBAN

Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas pokok membantu lurah dalam menyiapkan, menghimpun dan mengolah serta melaksanakan kegiatan di bidang pemerintahan, ketentraman dan ketertiban;

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Kepala Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban mempunyai fungsi membantu melaksanakan kegiatan di bidang pemerintahan, ketentraman dan ketertiban, meliputi :

a. Penyelenggaraan kerjasama antar Kelurahan;b. Penyusunan program dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan umum;c. Pelaksanaan kegiatan administrasi kependudukan;d. Pemberian fasilitas penyelesaian sengketa tanah milik pemerintah daerah;e. Penyelenggaraan koordinasi dengan instansi atau unit kerja terkait;f. Penyelenggaraan pembinaan ketentraman dan ketertiban, ideologi, bina kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat, serta pembinaan kelembagaan lainnya;g. Penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kelurahan;h. Pemberian fasilitas kerukunan hidup antar umat beragama;i. Pemberian fasilitas penyelesaian sengketa tanah milik perseorangan dan/atau kelompok;j. Penyelenggaraan koordinasi dengan instansi atau unit kerja terkait;k. Pemantauan, pengawasan dan pengevaluasian pelaksanaan tugas dan kegiatan bawahan untuk mengetahui tugas-tugas yang telah dan belum dilaksanakan;l. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi program dan kegiatan;m. Pembuatan laporan hasil pelaksanaan tugas dan pemberian saran pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya;n. Pelaksanakan tugas lain yang di berikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya.

SEKSI PEMBANGUNANSeksi pembangunan dipimpin oleh seorang kepala seksi pembangunan, dan mempunyai tugas melakukan pembinaan pembangunan di bidang ekonomi, produksi, sarana dan prasarana serta lingkungan hidup.Seksi pembangunan mempunya fungsi sbb:Penyusunan program dan pembinaan perekonomian masyarakatPenyusunan program dan penyelenggaraan pembinaan sarana dan prasarana pelayanan umumPenyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat di bidang ekonomi dan pembangunanFasilitasi peningkatan partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakatFasilitasi peningkatan pelestarian lingkungan hidupFasilitasi penyelenggaraan musyawarah pembangunan di tingkat kelurahanFasilitasi program pembangunan pengentasan kemiskinan

SEKSI KESEJAHTERAAN SOSIALSeksi kesejahteraan sosial dipimpin oleh seorang kepala seksi kesos. Seksi kesos bertugas untuk menyiapkan bahan penyusunan program pembinaan kesehatan, pendidikan, keluarga berencana, keagamaan, sosbud, kesenian, generasi muda dan pemberdayaan perempuan.Seksi kesos mempunyai fungsi sbb:Penyusunan program dan pembinaan di bidang sosialPelayanan kepada masyarakat di bidang sosialFasilitasi pembinaan sosial budaya masyarakatFasilitasi program penyaluran bantuan korban bencana alam dan bencana lainnyaFasilitasi pembinaan kepemudaan, kesenian, olahraga, dan pemberdayaan perempuanFasilitasi pembinaan masyarakat rentan sosialPeran setiap aktor

Thank you