Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

of 11 /11
PENGHAKIMAN PRA ADVENT Pelajaran 9 untuk 30 November, 2013 www.gmahktanjungpinan g.org Daniel 7:27 Maka pemerintahan, kekuasaan dan kebesaran dari kerajaan-kerajaan di bawah semesta langit akan diberikan kepada orang- orang kudus, umat Yang Mahatinggi: pemerintahan mereka adalah pemerintahan yang kekal, dan segala kekuasaan akan mengabdi dan patuh kepada mereka.

description

Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

Transcript of Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

Page 1: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

PENGHAKIMAN PRA ADVENT

Pelajaran 9 untuk 30 November, 2013www.gmahktanjungpinang.org

Daniel 7:27 Maka pemerintahan, kekuasaan dan kebesaran dari kerajaan-kerajaan di bawah semesta langit akan diberikan kepada orang-orang kudus, umat Yang Mahatinggi: pemerintahan mereka

adalah pemerintahan yang kekal, dan segala kekuasaan akan mengabdi dan patuh kepada mereka.

Page 2: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

Alkitab dengan jelas mengajarkan bahwa semua akan dihakimi. Pekan ini kita akan mempelajari berbagai aspek Penghakiman.

1. Bagaimanakah Penghakiman itu?2. Kapan Penghakiman terjadi?3. Mengapa harus membuat

keputusan?4. Kapan Penghakiman Terakhir?5. Apa Hasil Penghakiman?

2 Korintus 5:10 Sebab kita semua harus menghadap takhta pengadilan

Kristus, supaya setiap orang memperoleh apa yang patut diterimanya, sesuai dengan yang dilakukannya

dalam hidupnya ini, baik ataupun jahat.

Page 3: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

CARA MELAKUKAN PENGHAKIMANDalam meninjau berbagai penilaian yang dibuat oleh Allah dalam sejarah, kita dapat melihat bahwa metode yang digunakan adalah menyelidiki, memutuskan dan menerapkan. Oleh karena itu, tahap pertama penghakiman disebut PENGHAKIMAN PEMERIKSAAN.

Adam dan HawaKejadian 3:9-24.• Penelitian: Adam dan

Hawa bertanya (ayat 9-13)

• Keputusan: Kami mengumumkan putusan (ayat 14-19)

• Eksekusi: Mereka diusir dari Eden (ayat 23-24)

Kain:Kejadian 4:9-16.• Penelitian: Dia

bertanya kepada Kain (V. 9-10)

• Keputusan: Kami mengumumkan putusan (ayat 11-12)

• Eksekusi: Dia diusir dari tanah mereka (ayat 16)

Babel:Kejadian 11:4-9.• Penelitian: Diturunkan

untuk melihat apa yang mereka lakukan (ayat 5-6)

• Keputusan: Memutuskan untuk menghukum membingungkan bahasa mereka (ayat 7)

• Eksekusi: tersebar di seluruh bumi (ayat 8)

Sodom:Kejadian 18:16-19:28.• Penelitian: Dua malaikat

yang dikirim untuk menyelidiki (18:20-22)

• Keputusan: Dia melaporkan vonis Lot dan keluarganya (19:15)

• Eksekusi: Sodom, Gomora, Adma dan Zeboyim hancur (19:24-25)

Page 4: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

Daniel 7:9 Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya;

pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar;

7:10 suatu sungai api timbul dan mengalir dari hadapan-Nya; seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan-

Nya. Lalu duduklah Majelis Pengadilan dan dibukalah Kitab-kitab.

CARA MELAKUKAN PENGHAKIMAN

Page 5: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

Keputusan yang diambil dalam penilaian ini didasarkan pada isi dari kitab“yang dibuka." Ini, antara lain:

1. Kitab kehidupan, yang berisi nama semua orang yang telah menerima Kristus (Keluaran 32:31-33, Mazmur 69:28, Phil. 4:3, Wahyu 3:05)

2. Kitab Peringatan , yang berisi catatan segala sesuatu yang kita lakukan (Wahyu 20:12) di mana acara khusus dicatat secara individual maupun kolektif yang dilakukan oleh orang-orang kudus (Mazmur 56:8, Maleakhi 3:16)

3. Kitab Catatan DosaKemenangan Akhir Pasal 28

CARA MELAKUKAN PENGHAKIMAN

Page 6: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

KAPANKAH PENGADILAN ITU DIMULAI?Ketika menganalisis Penglihatan dari Daniel 7 kita dapat menentukan kapan memulai Penghakiman Penyelidikan di Surga.

Penyelidikan dimulai sebelum Kedatangan Kedua (point 3), ketika berbagai peristiwa masih terjadi di Bumi (point 4)Ketika sidang berakhir, Yesus akan menerima Kerajaan-Nya(point 5) dan datang ke bumi untuk memberikan orang-orang kudus Kerajaan tersebut(Point 6, lihat Wahyu 20:4)

Page 7: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

KAPANKAH PENGADILAN ITU DIMULAI?

1. Daniel 7:1-7. Muncul empat binatang, mewakili empat kerajaan dunia dari Babel ke Roma.

2. Daniel 7:08, 21, 25. Sebuah tanduk kecil mewakili kelanjutan dari Kekaisaran Romawi, mengadakan perang melawan orang-orang kudus selama “satu masa, 2 masa dan setengah masa".

3. Daniel 7:9-10. Mulainya Penghakiman Penyelidikan.4. Daniel 7:11-12. Terjadi pada tahap adegan akhir .5. Daniel 7:13-14. Yesus Kerajaan dari Bapa.6. Daniel 7:22, 26. Orang-orang kudus menerima kerajaan.

Penyelidikan dimulai sebelum Kedatangan Kedua (point 3), ketika berbagai peristiwa masih terjadi di Bumi (point 4)Ketika sidang berakhir, Yesus akan menerima Kerajaan-Nya(point 5) dan datang ke bumi untuk memberikan orang-orang kudus Kerajaan tersebut(Point 6, lihat Wahyu 20:4)

Page 8: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

MENGAPA HARUS ADA PENGHAKIMAN?Jika TUHAN telah mengetahui keputusan Penghakiman sebelum diadakan Penghakiman, , mengapa perlu melaksanakan Penghakiman untuk memutuskan siapa yang diselamatkan dan siapa yang tidak?

Ketika Setan memberontak, ia mempertanyakan karakter Allah dan keabsahan hukum-Nya ia mempertanyakan TUHAN dan menabur benih keraguan di antara para malaikat dan dunia yang masih suci.

Tentu saja, Allah kita Maha Mengetahui, Ia tidak perlu sidang untuk memutuskan siapa yang akan diselamatkan. Sebaliknya, penghakiman pra-Advent menunjukkan bahwa Pengadilan ALLAH adil untuk menyelamatkan umat-Nya.Makhluk surgawi harus yakin bahwa itu benar untuk menyelamatkan orang-orang kudus. Dalam upaya untuk memahami arti penghakiman, kita perlu mengingat realitas skenario pertentangan besar, karena kita melihat Pemimpin malaikat (Lucifer) adalah saksi kiamat. Makhluk lain memiliki kepentingan dalam hasil dari rencana keselamatan.

Page 9: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

"Keputusan akhir adalah peristiwa paling serius dan mengerikan. Harus dilakukan di hadapan seluruh alam semesta. Bapa telah menyerahkan penghakiman kepada Yesus. Dia akan bertanggung jawab untuk menyatakan kepada mereka yang telah setia kepada hukum TUHAN. Allah akan dihormati dan pemerintahan-Nya akan dimuliakan, juga di hadapan penduduk dunia masih suci. Pemerintahan Tuhan akan dibenarkan dan dimuliakan setinggi mungkin. Ini bukan pengadilan seseorang atau suatu bangsa, tetapi di hadapan seluruh dunia. Oh, suatu perubahan yang luar biasa bagi pengertian seluruh makhluk di alam semesta! Di sana Anda akan melihat nilai hidup yang kekal "

E.G.W. (Setiap hari dengan Allah, 14 Oktober)

Page 10: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

Ketika Penghakiman Berakhir

Seperti yang kita lihat dalam Daniel 7, Yesus akan menerima kerajaan dan memberikannya kepada orang-orang kudus. Ini akan terjadi pada Kedatangan Kedua. Oleh karena itu, Penghakiman Penyelidikan akan berakhir sebelum Kedatangan Kedua.Keputusan telah diambil di pengadilan akan diketahui pada Kedatangan Kedua, ketika orang-orang kudus dibangkitkan dan diubah dan orang fasik hancur.Eksekusi penghakiman akan terjadi pada kebangkitan kedua, ketika mereka "dihakimi setiap orang menurut perbuatan mereka ... Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api" (Wahyu 20:13, 15)

Daniel 7:18 sesudah itu orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi akan menerima pemerintahan, dan mereka akan memegang pemerintahan itu sampai selama-lamanya, bahkan kekal selama-lamanya.

Page 11: Pelajaran sekolah sabat ke 9 triwulan 4 2014 penghakiman pra-advent

1 Yohanes 4:17 Dalam hal inilah kasih Allah sempurna di dalam kita, yaitu kalau kita mempunyai keberanian percaya pada hari penghakiman, karena sama seperti Dia, kita juga ada di dalam dunia ini.Paulus menyatakan bahwa hasil penilaian ini

menguntungkan bagi orang percaya: "Maka sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada dalam Kristus Yesus, yang tidak hidup menurut daging, tetapi menurut Roh" (Roma 8:1)Sementara orang benar dibenarkan dalam penghakiman dan dosa-dosa mereka dihapuskan selamanya, harapan Penghakiman mendorong mereka untuk hidup setia dan tanggung jawab.Jaminan keselamatan mempengaruhi perilaku kita dalam kehidupan. Sebagai rasa terima kasih untuk semua yang telah Allah lakukan bagi kita, kita mengasihi Dia dan mencoba untuk mengekspresikan cinta melalui kesetiaan dan ketaatan kepada semua yang Dia minta dari kita.

HASIL DARI PENGHAKIMAN