Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

64

description

IT Lifestyle FREE Magazine

Transcript of Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

Page 1: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012
Page 2: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012
Page 3: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

Apa yang Anda peroleh saat menginvestasikan 27 juta untuk sebuah Sony VAIO Z series?

Page 4: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

BAYANGKAN DIRI ANDA ADALAH SEORANG PEBISNIS YANG SANGAT SIBUK DAN SEDANG MENGHADAPI SALAH

SATU HARI TERSIBUK ANDA. Anda baru saja meeting seharian di beberapa tempat yang berbeda dan masih harus melintasi kemacetan panjang sebelum bisa tiba di kantor.

Setelah tiba kembali di kantor, Anda pun meletakkan Sony VAIO Z Series Anda, yang belum sempat dimatikan, di atas meja kerja Anda, lalu menancapkan satu kabel. Ajaib! Ruang kerja Anda menjadi hidup.Tiga layar eksternal menampilkan semua data, informasi, dan grafik yang Anda butuhkan. Lebih ajaib lagi, saat Anda mengamati indikator baterai, ternyata masih ada sisa 40%. Padahal Anda sudah mengoperasikan laptop Anda dengan baterai sejak pukul 8 pagi dan terus menggunakannya di sepanjang perjalanan melintasi kemacetan. Sekalipun menyadari bahwa laptop Anda sangat ringan dan tidak melelahkan saat dibawa ke mana-mana, Anda tetap memutuskan untuk beristirahat sejenak.

Anda meraih earphone dan mendengarkan lagu. Anda merasa puas karena bisa menikmati merdunya suara sang penyanyi tanpa perlu menyetel volumenya keras-keras. Lalu,

dengan beberapa klik saja Anda pun menikmati film kegemaran Anda yang tersaji dengan tajam dan detail berkualitas Full HD 1920 x 1080 Blu-Ray.

Tidak terasa matahari sudah semakin rendah dan langit bertambah gelap. Anda benar-benar tenggelam dalam film itu dan tidak menyadarinya hingga huruf-huruf di tuts keyboard VAIO Z series Anda memendarkan cahaya kuning lembut di tengah temaramnya ruangan. Perhatian mata Anda teralihkan. Anda pun tiba-tiba menyadari bahwa Anda lupa menyambungkan laptop Anda ke listrik. Kembali Anda terkejut; daya baterai laptop Anda masih tersisa lebih dari 20%!

Dalam hati Anda mengakui bahwa aktivitas Anda sepanjang hari itu benar-benar dimudahkan oleh Sony VAIO Z Series.

RAHASIA DI BALIK KEUNGGULAN LAPTOP INI adalah hexagonal style design dan carbon fiber

serta aluminium premium untuk cover atas, yang membuat laptop ini beratnya hanya kurang dari 1,2 kg. Selain itu, juga ada dukungan layar Sony Quad yang bisa menggabungkan hingga 3 layar eksternal sekaligus melalui port HDMI dan/atau output VGA. Jika Anda berprofesi

PRODUCT REVIEW : SONY VAIO Z SERIES

sebagai desainer atau arsitek yang membutuhkan laptop dengan prosesor berkinerja tinggi serta tampilan gambar di layar yang luas, atau adalah investor serta broker saham yang harus mengamati berbagai grafik yang berbeda pada saat yang bersamaan, solusi dari SONY VAIO Z series ini akan memudahkan pekerjaan Anda.

Memori internal sebesar 8GB melengkapi keandalan prosesor Intel Core i7-2640M. Keduanya semakin sempurna dengan Solid State Drive berkapasitas 256GB. SSD ini dijalankan dalam Raid 0 mode yang mempercepat proses booting Windows 7 sehingga laptop bisa siap digunakan hanya dalam waktu 15 detik dari keadaan mati.

QUAD DISPLAY

4 Edisi 2 / I / 2012

Page 5: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

Center yang dapat dikendalikan dengan gerakan tangan.

Sentuhan pada tombol kedua, WEB Touch Button, akan langsung membuka default web browser yaitu Windows Internet Explorer 9. Sedangkan tombol ketiga, ASSIST Touch Button, jika disentuh akan membuka VAIO Care yang adalah pusat bantuan laptop VAIO dan menyediakan berbagai informasi, termasuk cara-cara untuk melakukan troubleshoot.

Jika Anda selama ini menantikan laptop yang menyediakan kenyamanan mobilitas tanpa mengurangi kinerja, jawabannya kini sudah hadir untuk Anda: Sony VAIO Z Series.

Sony pun mempersenjatai Vaio Z series dengan Power Media Dock terpisah. Di dalam Power Media Dock ini, Anda akan menemukan Dedicated Graphic AMD Radeon 6650HD 1GB (dedicated memory) dan Blu-Ray Drive.

Selain itu, adanya sheet battery - yang dijual terpisah - bisa membuat daya baterai laptop Anda bertahan hingga 12 jam. Sheet battery dapat diisi ulang secara terpisah.

Rangkaian VAIO Z series pun menawarkan sebuah pengalaman komunikasi yang lebih kaya. Anda dapat menikmati lagu, musik, atau audio apa pun tanpa perlu mengeraskan volumenya secara berlebihan berkat earphone digital noise-cancelling.

Satu hal lagi yang juga menjadi keunggulan dari laptop VAIO Z series adalah inorganic EL. Teknologi ini membuat huruf-huruf pada tuts keyboard laptop Anda bisa berpendar dalam gelap. Selain itu, ada sensor cahaya yang bisa mendeteksi kondisi ruangan yang menjadi lebih gelap dan secara otomatis mengatur kecerahan dan tingkat pencahayaan dari belakang keyboard.

Keistimewaan lainnya adalah kehadiran 3 tombol khusus: VAIO Touch Button, WEB Touch Button, dan ASSIST Touch Button.

VAIO Touch Button adalah tombol pintasan (shortcut) yang akan langsung membawa Anda ke program Sony VAIO Media Gallery, sebuah program yang berfungsi sebagai Multimedia

DIGITAL NOISE CANCELLING EARPHONE MDR-NC033L2

3 TOMBOL KHUSUS

SHEET BATTERY

KEYBOARD VAIO

5Edisi 2 / I / 2012

Page 6: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

YOUR

“Majalahnya keren, kertasnya bagus, gratis pula. Isinya rinci.”DIAN SISKA, Banjarmasin

Untuk pemasaran dan iklan, hubungi:PT. Pazia Pillar Mercycom (u.p. Wisman Odhin)Rukan Mangga Dua Square Blok. G No. 32 - 33.Jln. Gunung Sahari RayaJakarta Utara 14430

Atau melalui e-mail ke:[email protected]

“Awalnya saya datang ke PAZIA SHOP hanya untuk melihat-lihat tanpa ada niatan membeli. Lalu saya diberi majalah Pazia IT News. Saya baca, deh, di rumah. Saya jadi tertarik dengan produk Galaxy Tab karena artikelnya sangat informatif dan menarik. Akhirnya saya pinang sebuah Galaxy Tab. Saya pun sangat puas dengan pelayanan PAZIA SHOP. Keunggulan Galaxy Tab memang sesuai dengan apa yang ditulis di majalah Pazia IT News. Semoga tetap up to date dan informatif, ya!”ANGKY, Jakarta

Waktu itu saya sedang berjalan-jalan bersama istri saya di Gandaria City. Saya melihat ada toko laptop yang konsepnya unik dengan desain arsitektur bergaya Yunani. Penjaganya pun langsung menyapa ketika saya masuk. Toko ini ternyata menjual Samsung Galaxy Tab. Saya

sudah lama tertarik dengan tablet ini, namun masih belum menemukan kelebihannya jika dibandingkan dengan tablet merek lainnya. Tampaknya penjaga toko ini bisa menebak apa yang ada dalam pikiran saya dan menjelaskan semua keunggulan Samsung Galaxy Tab, lalu menunjukkan semua aplikasi yang saya butuhkan untuk bekerja. Ia pun menambahkan bahwa saat itu sedang ada promo. Penjelasan dari penjaga itu membuat saya akhirnya yakin memilih tablet ini. Ada satu hal yang menurut saya agak lucu. Ketika membayar, saya bertanya pada kasirnya, “Toko Pazio ini ada di mana saja?” Kasir itu segera membetulkan kekeliruan saya, “Pazia, Pak,” dan menjelaskan di Mall mana saja Pazia Shop hadir di Jakarta. Ternyata cukup banyak. Saya benar-benar puas atas pelayanan dan penjelasan yang diberikan pada saya. Terima kasih, Pazia!YANUAR SAIBI, Jakarta

Page 7: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

On Device Portal atau ODP adalah teknologi aplikasi Mobile,yang digunakan untuk mendistribusikan konten-konten

melalui suatu aplikasi portal khususyang diinstalasikan dalam perangkat ponsel.

Aplikasi ODP dapat diunduh atau pada alamat situs yang telah ditentukan dan ODP bisa digunakan secara online maupun offline.

1. Download aplikasinya di http://m.suarasurabaya.net/BBscript

2. Cara buka aplikasi ODP, masuk folder download & cari icon seperti (gambar no 1) dan klik

3. Tampilan halaman depan (gambar no 2) Menu aplikasi: News, Traffic, Photo,

Talkshow, Streaming, Channel

4. Detail Menu Photo : List artikel (gambar no 3) dan detail artikel (gambar no 4)

5. Menu Channel (gambar no 5) Beberapa konten di dalam menu channel:

Culture Tourism, Kuliner, SheRadioFM, map.suarasurabaya.net, suarasurabaya.net,

Titik Nol

6. Untuk pengambilan data artikel baru silahkan klik Refresh di menu Blackberry.

7. Link Twitter SSFM100 http://twitter.com/#!/SSFM100

8. Link Facebook E100 http://www.facebook.com/pages/E100/227268729878

Wed, 08 Jun 2011 12:48

ODP EtalaseSuara Surabaya Media

On Device Portal (ODP) Suara Surabaya (SS) Media dilaunching pada 11 Juni 2011 bersamaan dengan ulang tahun SS ke-28.

ODP yang dihadirkan ini jadi etalase SS Media. Kar-ena kontennya tidak hanya dari Radio SS, tapi juga berasal dari situs suarasurabaya.net, She Radio, dan majalah Surabaya City Guide.

Aplikasinya tidak seperti browser, tapi terinstal di perangkat BlackBerry (BB). Keuntungannya ODP dapat diakses dengan mudah baik online maupun offl ine melalui perangkat BB.

ODP EtalaseSuara Surabaya Media

Wed, 08 Jun 2011 12:45

1 2

3

4

5

for blackberryTM

Page 8: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

ANDROIDadalah sistem operasi dengan arsitektur ARM (desain prosesor yang ekonomis) berbasis Linux yang biasa dipakai pada perangkat mobile khususnya tablet & smartphone.

PRESIDENT DIRECTORYULIASIANE SULISTIYAWATI

EDITOR-IN-CHIEFHERMANUS SUSILO

NEWS EDITORWISMAN ODHINESTHER TANUADJISARI RACHMATIKASELVIYA HANNA

GRAPHIC & LAYOUT EDITORSTELLA PONG

GRAPHIC CONTRIBUTORNICKO YOYANDALIUS ARCIANTO

NEWS CONTRIBUTORYETI WIHARYANTI

ANGGARA BARATAMICHAEL KUNAEFI

RETAIL MANAGERVEMMY LESTARI

Page 9: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

WHAT'S NEXTAndroid Stories

Sneak Peek:Ice Cream Sandwich onGalaxy Nexus

Android Market

30 Aplikasi Androidyang Harus Dicoba

Modifikasi Android

16

20

22

23

30

Page 10: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

6

39

42

44

52

53

53

53

54

55

62

YOUR LETTERS

VOX POPAndroid

SAMSUNG GALAXY S2VS SAMSUNG GALAXY NOTE

IT CREW OPINIONSamsung Galaxy Note Memang Mendukung Karierku

REPORTASEMarketingAwards 2011Indocomtech2011Mobile GamesCompetitionPembukaan Pazia ShopSummarecon Mall Serpong 2

QUIZ

4 ALASAN MEMBELIGAME ORI

PICK UP POINTS

PRODUCT

REVIEWSony Vaio Z SeriesAcer Aspire S3It's Galaxy Note!Samsung GalaxyTab 7.0 Plus

WHAT

WORKSBaterai AndroidSetting SendiriSmartphone Anda

PAZIA

EXPERIENCEPazia TP IVPazia CafeGaming in a GamingHouse

GAMESCall of Duty ModernWarfare 3 vsBattlefield 3Deus Ex HumanRevolutionAssassin's CreedRevelations

31245

48

21

50

3251

61

56

58

59

Page 11: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

11Edisi 2 / I / 2012

EDITORIAL

Hak cipta dilindungi Undang-Undang. PT. Pazia Pillar Mercycom memiliki hak atas isi majalah. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi majalah Pazia IT News dalam segala bentuk tanpa seizin penerbit. Semua merek dagang lainnya adalah merek terdaftar perusahaan dan organisasi yang bersangkutan. PT. Pazia Pillar Mercycom tidak bertanggung jawab atas penggunaan tulisan, artikel dan informasi lainnya dalam publikasi ini.

All rights reserved to PT. Pazia Pillar Mercycom. No part of this magazine may be reproduced in any form or by any means without written permission from PT. Pazia Pillar Mercycom. Company and product names mentioned herein are trademarks or registered trademarks of their respective owners. PT. Pazia Pillar Mercycom assumes no responsibilty in the event any of the information in this magazine is used.

Android sudah berhasil menjadi sistem operasi dengan pertumbuhan pengguna tertinggi di dunia – dan ini mereka lakukan hanya dalam waktu beberapa tahun. Hal yang membuat saya paling kagum bukan kecepatannya. Kita semua tahu bahwa Android memang bergerak dengan cepat dan membuat kehidupan kita lebih mudah. Hal yang membuat saya

kagum justru semangat, energi, dan antusiasme yang menyala-nyala dari para pengembang sistem operasi ini, yang akhirnya berhasil ditularkan kepada semua pengguna Android. Berbagai macam usaha dilakukan untuk menyempurnakan sistem operasi ini hingga akhirnya kita bisa menikmati versi terkininya.

Semangat ini jugalah yang ingin kami bagikan dengan

Anda sekalian, dalam edisi kedua majalah Pazia IT News ini – dan juga dalam setiap smartphone Android yang Anda gunakan.

Explore your IT lifestyle!

Yuliasiane Sulistiyawati- President Director Pazia -

Selamat datang di PaziaIT News Free Magazine.

Majalah ini hadir sebagai persembahan dari Pazia IT Crew untuk membantu memaksimalkan pengalamanIT Anda.

Page 12: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

12 Edisi 2 / I / 2012

Meet The Ultrabook:Acer Aspire S3

Ultra ThinPertama kali melihat Aspire

S3-951, Anda pasti teringat akan Apple MacBook Air. Warna abu-abu aluminium dan engsel hitam yang menjadi ciri khas laptop Apple tergambar sempurna di notebook ini. Untuk melengkapinya, Acer menggunakan material metal premium, magnesium alloy, yang kokoh namun ringan dan membuat notebook terlihat mewah.

Anda akan semakin terpesona ketika menyadari betapa mungilnya notebook ini. Dimensinya hanya 31 cm x 21 cm dan ketebalannya hanya 12 -17 mm. Notebook yang sangat tipis ini begitu nyaman dibawa-bawa bepergian, terlebih karena beratnya hanya 1,35 kg.

PRODUCT REVIEW : ACER ASPIRE S3

Produk unggulan terbaru dari ACER – Aspire S3-951 – disebut-sebut diciptakan sesuai kriteria yang dimiliki sebuah ultrabook. Notebook ini memiliki ketebalan hanya 13 mm dan dilengkapi dengan Solid State Drive

(SSD).

Selain itu, sebenarnya apa lagi yang membuat Acer Aspire S3 begitu istimewa?

Menyadari kebutuhan Anda yang berbeda-beda, Acer menghadirkan seri ini dalam 3 jenis. Jenis pertama menggunakan chipset high power low voltage Intel Core i5-2467M dengan kapasitas sebesar 320GB, yang dibanderol seharga Rp 7,999 juta.

Jenis kedua memiliki prosesor yang sama dengan jenis sebelumnya, namun kapasitas yang diberikan lebih besar, yaitu 500GB. Laptop ini bisa Anda beli hanya dengan Rp. 8.199 Juta.

Di lini terakhir, ACER menanamkan chipset Intel Core i7-2637M dengan kapasitas harddisk 500GB dan dijual seharga Rp. 9,999 juta.

Page 13: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

13Edisi 2 / I / 2012

Namun di balik penampilan luar notebook yang super tipis ini, Anda akan menemukan perangkat super canggih yang menjadikan kinerjanya sangat cepat.

Ultra FastKeberadaan 20GB SSD

semakin menambah keunggulan prosesor 1,6GHz Core i5-2467M atau Core i7-2637M yang ditunjang oleh 4GB RAM. Kehadiran SSD ini membuat akses pada Windows dari keadaan sleep/deep sleep (hibernasi) menjadi lebih cepat. Prosesor INTEL menjadi solusi andal untuk membuka beberapa program sekaligus. Terlebih dengan hadirnya hard disk SATA sebesar 320GB atau 500GB berteknologi baru untuk mempercepat akses data. Notebook ini pun sangat responsif. Paduan kehebatan perangkat inilah yang membuat kinerja Aspire S3 sangat cepat.

Pekerjaan Anda akan lebih cepat dengan fitur Green Instant On yang membuat notebook siap dipakai dalam hitungan kurang dari 2 detik. Selain fitur

itu, Anda juga bisa menemukan Instant Connect yang membuat Anda bisa terhubung dengan

jaringan wi-fi hanya dalam 2,5 detik. Anda pun seolah-olah mengakses tablet, bukan notebook.

Ultra DesireableNotebook ini dilengkapi

dengan program mini games, Microsoft Office 2010 Starter, juga beberapa fitur menarik seperti Acer BackUp Manager, Acer eRecovery Management, MyWinLocker, dan antivirus McAfee. Selain itu, ada juga fitur Acer Clear.fi untuk berbagi atau bersama-sama melihat file multimedia di antara sesama pengguna Acer.

Untuk mendukung pengalaman multimedia Anda, Acer juga melengkapi Aspire S3

dengan Dolby Home Theater v4 seperti yang dipakai di notebook-notebook seri Timeline X dan

INTEL HD Graphics 3000 dengan memori hingga 1760MB.

Selain sangat andal untuk menjalankan banyak program sekaligus, alur pendinginan yang

revolusioner pada notebook ini menjadikannya bebas dipakai di atas kasur atau semacamnya. Panas dialirkan melalui celah-celah keyboard dengan bantuan kipas di bagian bawah. Alur pendingin yang canggih ini juga membuat area untuk meletakkan tangan selalu dingin, sehingga Anda pun tak perlu khawatir telapak tangan Anda akan teriritasi.

Semua fitur dan fasilitas yang ada, membuat notebook ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan perangkat se-instant tablet, se-powerful notebook, dan dengan mobilitas tinggi. Jelaslah sudah bahwa Acer Aspire S3 adalah Tab-Book yang paling direkomendasikan tahun ini.

Acer Green Instant On

Page 14: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012
Page 15: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

INSIDE :Android StoriesSamsung Galaxy Nexus(Ice Cream Sandwich)Android MarketAplikasi AndroidModifikasi Android

Page 16: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

16 Edisi 2 / I / 2012

HARUS DIAKUI BAHWA SENIMAN DI BALIK SEMUA KESUKSESAN ANDROID SAAT INI ADALAH GOOGLE, namun Android

sendiri sesungguhnya diawali dari keinginan seorang pemilik perusahaan kecil untuk membuat jenis ponsel yang baru: sebuah ponsel yang dioperasikan dengan komputer dan bisa menemukan/menentukan lokasi, serta bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan penggunanya.

Perusahaan kecil itu bernama Android Inc.

Android Inc. tidak membuat robot yang menyerupai manusia – seperti apa yang mungkin bisa ditafsirkan orang dari namanya. Android Inc. bahkan tidak membuat ponsel,

ponsel adalah para pendirinya yang bekerja di Danger Inc. – perusahan yang memproduksi ponsel dengan sistem operasi bernama Sidekick, dan saat itu ditujukan untuk remaja.

Ketika itu tahun 2005 dan Google membeli perusahaan ini. Namun peralihan kepemilikan ini pun masih belum membuat

nama Android dikenal banyak orang. Google tidak terlihat melakukan sesuatu. Sejumlah pertanyaan mungkin timbul: apakah Google merasa salah mengambil keputusan sehingga mereka tidak melakukan apa pun? Atau apakah Google justru merasa terancam dengan keberadaan Android Inc. sehingga mereka cepat-cepat membelinya

sebelum perusahaan ini sempat berkembang – lalu mendiamkannya sehingga perusahaan ini mati dengan sendirinya? Atau apakah Google justru sedang membangun

apalagi smartphone. Tidak banyak orang tahu mengenai perusahaan ini.

Satu-satunya tautan antara Android Inc. dengan dunia

BANGKIT DAN MELEJITNYA ANDROID DALAM DUNIA TEKNOLOGI SESUNGGUHNYA ADALAH KISAH MENGENAI KECEPATAN, SAJIAN YANG UNIK – DAN PILIHAN YANG TEPAT. ANDROID SELALU MENJADI ALTERNATIF YANG LAYAK

DIPERTIMBANGKAN, KHUSUSNYA BAGI MEREKA YANG TIDAK MAU SEKADAR MENCOBA-COBA MELAKUKAN SESUATU YANG BERBEDA DENGAN TAMPILAN YANG SEDIKIT DIPERMANIS.

WHAT'SNEXTANDROID STORIES

Page 17: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

17Edisi 2 / I / 2012

Android, HTC Dream G1, tersedia di pasar pada tanggal 22 Oktober 2008. Smartphone ini diproduksi oleh HTC, pembuat perangkat bergerak yang berdiri paling lama dan hingga saat ini masih termasuk salah satu perusahaan yang dihormati.

Saat itu juga orang-orang bisa melihat bahwa Google tidak hanya sekadar bermain-main. Sistem operasi yang mereka kembangkan ini memiliki banyak keunggulan.

Menu yang ditampilkan di layar (user interface) benar-benar jelas dan rapi, ini membuat para pengguna bisa melakukan navigasi dengan cepat dan langsung. Sistem operasi ini pun menyediakan program yang membuat para pengguna bisa terhubung dengan internet, serta program lain yang membuat mereka bisa memperoleh informasi lokasi menggunakan GPS. Sepertinya kerja keras Google mendatangkan hasil. Kini para pengguna smartphone Android tidak hanya sekadar menyimpan ponsel di sakunya. Mereka ditemani oleh sumber informasi dan penunjuk arah.

Namun Google tidak berhenti di sini.

Dalam waktu kurang dari satu tahun, Google meluncurkan dua generasi baru smartphone Android. Di sinilah perkembangan Android

yang telah banyak dikenal masyarakat diawali. Berbeda dengan dua seri pertama Android, Astro dan Bender, serta untuk mempermanis kokohnya keyakinan mereka akan sistem operasi ini, Google memberi nama yang tidak mencerminkan kesan Android (robot) sama sekali untuk setiap versi baru yang mereka kembangkan.

VERSI KETIGA ANDROID, SEKALIGUS VERSI PERTAMA ANDROID YANG BANYAK DIKENAL PUBLIK, DINAMAI CUPCAKE. Versi ini mampu merekam video

dan langsung mengunggahnya ke YouTube. Bluetooth A2DP membuat para penggunanya bisa memutar musik yang disimpan di smartphone Android mereka pada pengeras suara nirkabel Bluetooth atau mendengarkannya langsung dengan earphone. Peramban situs internet (internet browser) telah berkembang dengan dukungan “cut and paste” – cara yang sangat praktis untuk berbagi konten dan tautan di situs-situs jejaring sosial seperti Twitter.

VERSI SELANJUTNYA DINAMAI DONUT. Versi ini mengedepankan fungsi penelusuran dan memperkenalkan

sesuatu yang baru dengan perusahaan ini dan tidak ingin banyak orang tahu sebelum produk mereka siap menggebrak pasar? Akhirnya tiga tahun pun berlalu.

Tahun 2008 Google

mengumumkan ponsel Android pertama mereka dan saat itu juga orang-orang tahu bahwa smartphone yang mereka luncurkan ini akan menjadi smartphone jenis baru.

Misi sesungguhnya dari Google bukanlah menyaingi Android Inc. – mereka memiliki impian yang lebih besar dari itu.

Sementara tidak seorang pun bisa melihat apa yang sedang terjadi, Google ternyata sudah mengambil beberapa langkah lebih jauh. Secara diam-diam mereka telah bekerja sama dengan Open Handset Alliance, sebuah konsorsium yang terdiri dari 47 perusahaan perangkat lunak, perangkat keras, dan telekomunikasi, yang semuanya berbasiskan Linux.

Google Android diluncurkan untuk umum pada tahun 2007. Perangkat pertama yang dioperasikan menggunakan

WHAT'SNEXTANDROID STORIES

Sasaran mereka adalah iPhone.

Cupcake (Android 1.5)

Donut (Android 1.6)

Page 18: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

18 Edisi 2 / I / 2012

GINGERBREAD (ANDROID 2.3) TIDAK MENUNJUKKAN banyak perubahan jika dibandingkan dengan Froyo,

sehingga kadang kala ada perangkat yang langsung melompat dari versi 2.1 (Éclair) ke versi 2.3 (Gingerbread), seperti misalnya Samsung Galaxy S.

Salah satunya adalah informasi lokasi yang ditemukan menggunakan Google Map. Gingerbread juga menawarkan sebuah fitur baru yang patut diperhatikan – NFC (Near Field Communications). Fitur ini membuat 2 perangkat yang terletak cukup dekat bisa saling terhubung tanpa kabel dan saling bertukar data.

PARA PEMILIK SMARTPHONE dengan sistem operasi Éclair akan segera menyadari bahwa pasar kini tidak

lagi mendukung perangkat generasi Éclair. Mereka harus mempertimbangkan perangkat yang dioperasikan oleh Android 2.2, Froyo.

Android 2.2 mungkin adalah versi yang paling digemari. Menu yang ditampilkan di layar smartphone yang dioperasikan oleh versi ini berbeda. Fitur-fiturnya pun lebih canggih. Salah satu di antaranya adalah fungsi penelusuran, yang juga bisa menelusuri Android Market. Selain itu, pada versi ini sudah ada program pengunci layar. Fungsi kamera yang disertakan sudah mendukung sport flash, digital zoom, dan kamera untuk ponsel.

Lompatan kecepatan CPU, dari sekitar 400MHz menjadi 800MHz dan 1GHz, di mana Froyo dioperasikan, menunjukkan bahwa pengguna sekarang bisa membuka beberapa program sekaligus dengan nyaman. Layar yang tidak mau bergerak dan masalah navigasi secara umum sekarang jauh berkurang. Selain itu, adanya menu Setting sekarang membuat pengguna bisa mengelola program, melihat berapa memori yang tersisa pada hard-disk, dan menon-aktifkan layanan WiFi dan 3G. Kini masalahnya tinggal baterai yang cepat habis.

penelusuran menggunakan suara. Selain itu, sejak versi ini, Android memadukan pengembangan galeri foto dan video sehingga pengguna bisa dengan santai membuka-buka gambar, apa pun extention file-nya, tanpa mengganggu hard-disk internal. Herannya, hingga saat ini, smartphone yang dioperasikan oleh Android versi 1.6 masih tetap beredar di pasar.

MELANJUTKAN PENAMAAN BERDASARKAN ALFABET, ANDROID VERSI 2.0 DISEBUT ÉCLAIR. Éclair

diluncurkan pada akhir tahun 2009. Perangkat yang awalnya direncanakan untuk menggebrak pasar dengan Android Éclair adalah Samsung Galaxy Nexus, namun para konsumen ternyata menyadari bahwa mereka bisa memperoleh perangkat keras yang jauh lebih murah. Akhirnya, Samsung Galaxy S pun memimpin pasar dengan Android 2.1.

Éclair (Android 2.0)

Froyo/Frozen Yoghurt(Android 2.2)

Gingerbread (Android 2.3)

Gingerbread membuat pengguna bisa lebih cepat dan lebih nyaman saat mencari informasi di internet.

WHAT'SNEXTANDROID STORIES

Page 19: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

19

BAGAIMANAPUN JUGA, VERSI YANG BENAR-BENAR DIKEMBANGKAN OLEH GOOGLE di akhir tahun 2010 hingga awal

2011 adalah Android 3.0, Honeycomb. Ini adalah sistem operasi pertama untuk tablet. Menyadari bahwa Éclair dan Froyo tidak bisa digunakan dengan baik di layar seluas 5 hingga 10 inci, Google memastikan bahwa kualitas perangkat keras yang dioperasikan oleh Honeycomb ditingkatkan hingga benar-benar bisa menyaingi Apple iPad. Motorola Xoom adalah pendukung pertama Honeycomb, dengan prosesor dual-core 1GHz dan RAM 1GB. Sistem operasi ini cepat dan navigasinya mudah. Salah satu tablet Honeycomb yang bersaing di pasar adalah Acer Iconia dan Samsung Galaxy Tab.

ALASAN MENGAPA ANDROID MENGELUARKAN VERSI SELANJUTNYA JELAS: memastikan bahwa Android

bisa dioperasikan di berbagai perangkat yang berbeda. Selain di smartphone, kita bisa mengoperasikan Ice Cream Sandwich di tablet dan komputer. Pada dasarnya, Ice Cream Sandwich menghadirkan fungsi terkini dari Honeycomb, sistem operasi yang ditujukan untuk tablet, pada ponsel, termasuk multitasking yang lebih baik, menu yang bisa digulirkan, serta widget yang bisa diatur ukurannya dan lebih beragam. Ice Cream Sandwich juga membuat program-program bisa dioperasikan pada perangkat-perangkat dengan ukuran layar dan kemampuan yang berbeda. Sistem operasi ini pada dasarnya cukup cerdas dan

Honeycomb (Android 3.0)bisa menemukan sendiri pada perangkat apa ia dijalankan, lalu menyesuaikan sendiri parameternya. Ice Cream Sandwich akan menutup celah antara sistem operasi yang dikhususkan untuk tablet dan ponsel.

Meskipun semua keunikan Android mungkin terlihat sebagai perwujudan dari apa yang Google inginkan, sesungguhnya mereka adalah jawaban atas kebutuhan Anda. Selain itu, sekalipun Google saat ini mungkin juga terlihat berhasil mengakhiri perkembangan versi Android yang berbeda-beda, ini sesungguhnya adalah titik awal mereka untuk hal-hal yang belum Anda bayangkan. Perkembangan Android akan segera menyentuh lebih banyak lagi perangkat lainnya dan mengubah kehidupan Anda.

Ice Cream Sandwich(Android 4.0)

Namun semua perkembangan ini sesungguhnya adalah jawaban atas kebutuhan Anda.

WHAT'SNEXTANDROID STORIES

Page 20: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

20 Edisi 2 / I / 2012

membagikan semua hasil foto langsung ke jejaring sosial, seperti Google+.

Google Beam menjadi fitur pamungkas yang disiapkan Ice Cream Sandwich. Dengan dukungan Near Field Communication (NFC) yang tertanam pada Galaxy Nexus, layanan transaksi pembayaran, bertukar kontak atau data, bermain game bersama, juga berbagi alamat situs internet antar smartphone bisa dilakukan hanya dengan sentuhan. Sangat mudah, cepat, dan sederhana.

Melengkapi semua keunggulan ini, Galaxy Nexus akan memberi Anda pengalaman unik dengan pengamanan berbasis pengenalan wajah, integrasi buku telepon dengan jejaring sosial secara menyeluruh, sampai tampilan pemberitahuan (notifications) yang kaya dan cerdas. Kehadiran smartphone pertama berbasis Android 4.0 ini tak boleh Anda lewatkan.

Jelaslah sudah bahwa Samsung Galaxy Nexus memiliki kelebihan khusus yang membuat para pengembang Android memilihnya kembali untuk menggebrak pasar dengan versi terbaru sistem operasi ini. Kali ini, Samsung Galaxy Nexus ditunjuk sebagai smartphone pertama yang akan dioperasikan oleh Ice Cream Sandwich – serta ia berhasil. Semua keistimewaan sistem operasi itu terkemas dengan sempurna.

Jika tampilan Roboto (jenis huruf terbaru Android 4.0), atau kemudahan mengatur dan mengelompokkan ikon dan widget tak berhasil memikat Anda, Anda pasti tergoda dengan semua fitur fotografi yang ada.

Instant filter dan zero shutter lag untuk mengambil gambar secara kilat didukung dengan mode panorama swipe yang bisa Anda gunakan untuk membidik objek hanya dengan menggulirkan layar. Seolah terobsesi mengalahkan Instagram dari Apple, Ice Cream Sandwich membuat Anda bisa

Roboto

AndroidBeam

ZeroShutterLag

Ice Cream

Sandwich

on Galaxy

Nexus

Sneak Peek:HANDBOOK BATERAI ANDROID

Page 21: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

21Edisi 2 / I / 2012

Berhati-Hatilah Dengan Wi-FiMatikan fungsi Wi-Fi smartphone Anda saat fungsi ini tidak digunakan. Setiap kali Wi-Fi dinyalakan, smartphone Anda akan terus mencari jaringan nirkabel yang ada – dan ini akan segera menghabiskan baterai.

Lupakan Sejenak BluetoothCara lain yang juga mudah untuk membuat baterai Android tidak cepat habis adalah dengan mematikan Bluetooth saat Anda tidak menggunakannya. Anda bisa menyetel fungsi ini di bagian “Wireless&Network”.

Matikan GPS OtomatisAnda mungkin menginginkan akurasi letak lokasi yang Anda cari, namun mematikan fungsi GPS otomatis juga bisa sangat menghemat baterai Anda. Tugas-tugas yang berorientasi lokasi memang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk diselesaikan, namun beban pada baterai Anda pun akan jauh lebih berkurang.

BATERAI ANDROID

Untuk apa pun Anda menggunakan smartphone Android Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan dayanya. Teruslah membaca.

HANDBOOK BATERAI ANDROID

meninggalkannya dalam keadaan menyala.

Matikan Paket DataJika Anda lebih banyak menggunakan smartphone Anda untuk menelepon, mengirim SMS, dan mengecek e-mail sesekali saja, tidak ada salahnya mematikan paket data Anda, karena mempertahankan koneksi 3G di Android Anda membutuhkan daya yang sangat besar.

Ingat, penggunaan baterai Android bisa dikelola. Sedikit usaha sederhana bisa memberikan pengaruh besar.

Redupkan Sedikit Layar AndaMelihat gambar atau membaca informasi pada layar yang lebar dan cerah pasti sangat menyenangkan – namun Anda harus membayarnya dengan konsumsi baterai.Salah satu solusi yang bisa diterapkan adalah menggunakan “Automatic brightness"; fungsi ini akan membuat smartphone Anda menyesuaikan tingkat kecerahan layarnya berdasarkan pencahayaan sekitar di mana pun Anda berada. Jika perubahan kualitas cahaya di layar Anda terlalu berfluktuasi, sesuaikan saja setelannya secara manual. Semakin rendah Anda bisa menyetelnya, semakin banyak daya baterai yang bisa Anda hemat.

Tutup Program yang Tidak DigunakanSesudah Anda selesai menggunakan sebuah program (aplikasi), pastikan Anda menutupnya dengan menekan tanda "X". Jangan

Page 22: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

22 Edisi 2 / I / 2012

Ini benar. Banyaknya program itu membuat Android Market menguasai 67% pasar program gratis; dua kali lebih banyak daripada AppStore yang

hanya menguasai 37%-nya. Mudahnya pengembang

mengunggah program ke Android Market membuat jumlah program yang ada meningkat sangat pesat. Apalagi, saat mereka tahu bahwa program yang dibuat bisa dijual dengan keuntungan senilai 70% dari harga jual.

Lalu bagaimana cara memilih program yang cocok untuk Anda? Tidak perlu bingung. Android Market telah mengelompokkan semua

program dalam dua kategori utama: Games dan Applications.

Permainan yang ada dalam kategori Games terbagi lagi dalam sub-kategori seperti Arcade & Action, Brain & Puzzle, Cards & Casino, Racing,

Sport Games, dan beberapa kategori lainnya. Sedangkan dalam kategori Applications terdapat sub-kategori Books & Reference, Business, Comics, Communication, Education, Entertainment, dan seterusnya.

Jika Anda masih kebingungan menentukan permainan atau program yang

Jika informasi bahwa ada 370.000 program di Android Market belum membuat Anda tertarik untuk berkelana di sana, tambahan keterangan bahwa hampir semua program itu bisa Anda unduh GRATIS seharusnya cukup menggoda Anda untuk melihat tempat ini, setidaknya sekilas.

ingin Anda unduh, daftar yang ada pada Top Charts bisa membantu Anda. Pada kategori Top Paid, Anda bisa memilih program berbayar yang paling digemari. Jika Anda termasuk pemburu program gratisan, dapatkan rekomendasi program sesuai peringkat Top Free. Selain kedua pengelompokan itu, Anda bisa memilih daftar Top Grossing, Top New Paid, dan Top New Free.

Android Market juga menambahkan fitur Editor’s Choice yang berisi rekomendasi beberapa program Android. Daftar program yang ada bisamenjadi bahan pertimbangan tambahan Anda.

Namun berhati-hatilah selalu sebelum mengunduh! Pastikan Anda memperhatikan semua nilai dan komentar pengguna sebelumnya. Dengan demikian, program virus perusak (malware) tidak akan ikut terunduh.

Android Market on Honeycomb

Page 23: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

23Edisi 2 / I / 2012

SEBAGAI PEMILIK SMARTPHONE ANDROID, JANGAN SAMPAI ANDA TIDAK MEMAKSIMALKANNYA.Salah satu cara untuk memaksimalkan smartphone Anda adalah dengan memasang aplikasi yang bisa

meningkatkan kinerja Anda. Pada dasarnya, aplikasi adalah program komputer atau perangkatlunak yang didesain untuk mengerjakan tugas tertentu. Sifat open source yang dimiliki Android

membuat para pengembang berlomba-lomba menciptakan berbagai macam aplikasi,mulai dari aplikasi hiburan, sampai aplikasi yang bisa meningkatkan produktivitas Anda.

Inilah 30 aplikasi mengagumkan yang harus Anda coba!

30 APLIKASI

yang Harus Dicoba

Page 24: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

Mobo Player

** GRATIS **Mobo Player adalah pemutar video terbaik di Android. Saksikan segala macam video dalam smartphone Anda tanpa konversi apa pun, kapan saja dan di mana saja.

SubtitleDroid

** GRATIS ** Anda tak perlu kebingungan melihat film berbahasa asing karena tak mengerti artinya. Gunakan aplikasi ini untuk mencari, dan mengunduh subtitle berbagai film dalam berbagai jenis bahasa. Aplikasi ini terintegrasi dengan opensubtitles.org dan kompatibel untuk RockPlayer, VLC Media Player, atau MoboPlayer.

MEDIA & VIDEO

Wikitude

** GRATIS **Anda akan selalu tahu apa saja yang terjadi di sekitar Anda, di mana pun Anda berada. Gunakan saja kamera smartphone Anda untuk memindai objek di sekitar Anda dan Wikitude akan langsung menambahkan informasinya. Ada jutaan tempat yang bisa ditemukan dalam Wikitude. Benar-benar aplikasi yang keren!

Komutta

** GRATIS **Komutta adalah panduan rute perjalanan bagi orang-orang yang tinggal di Jakarta. Dengan aplikasi ini Anda bisa:

melihat koridor, rute, •dan lokasi halte Transjakarta/Busway,melihat jadwal KRL,•menyimpan rute •favorit Anda,menelusuri sebuah •rute dari halte pertama hingga halte terakhir,membagikan hasil •penelusuran Anda dengan teman-teman Anda menggunakan e-mail.

Selain itu, Komutta pun hadir dalam bahasa Indonesia. Dengan adanya Komutta, Anda tidak perlu takut tersesat mengarungi luasnya Jakarta.

Travel & Local

WHAT'SNEXT33 APLIKASI ANDROID YANG HARUS DICOBA

** GRATIS ** Kini, Anda tidak perlu lagi terjebak dalam kemacetan di ibukota hanya karena salah memilih jalan. LewatMana akan membantu Anda “memantau” keadaan lalu lintas yang ada di sekitar Anda. Gambar dan video pantauan langsung yang terekam kamera CCTV pun semakin mempersingkat waktu Anda untuk menentukan jalur alternatif dan menghindari jalur-jalur “padat”.

24 Edisi 2 / I / 2012

LewatMana

Page 25: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

WHAT'SNEXT33 APLIKASI ANDROID YANG HARUS DICOBA

FINANCE

Bloomberg

** GRATIS **Jika Anda ingin memperoleh berita bisnis/keuangan dan data pasar serta kemudahan untuk menelusuri portofolio investasi, Bloomberg sudah menyediakan semuanya itu. Aplikasi Android yang praktis dan lengkap ini diandalkan oleh profesional keuangan di seluruh dunia. Anda pun dapat mengakses berita utama dalam bisnis serta tabel dan grafik yang menggambarkan pengaruh dari tren terhadap pasar.

E-trading Mobile Trading

** GRATIS **Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan jual beli saham secara mobile dengan smartphone, tanpa ada selisih waktu. E-trading Mobile Trading juga menawarkan layanan push data tanpa selisih waktu, grafik, peringatan akan hasil jual beli Anda, pesanan otomatis, dan akses Quick Button.

BUSINESS

Splashtop Remote Desktop

** BERBAYAR: $4.99 **Aplikasi ini membuat Anda bisa mengontrol PC atau MAC Anda dari perangkat Android Anda. Anda bisa pergi dan beraktivitas di mana pun tanpa harus menggotong komputer Anda ke mana-mana.Splashtop Remote Desktop ini juga tersedia dalam versi HD untuk Honeycomb dengan harga $9.99.

Documents To Go

** GRATIS **Dengan Documents To Go, Anda bisa menampilkan file Microsoft Word, Excel, dan Power Point di saat yang bersamaan. Aplikasi ini pasti memudahkan kinerja dan meningkatkan produktivitas Anda.

Tablet yang paling

dinantikan kuartal

pertama 2012, dengan

prosesor quad core

NVIDIA Tegra 3.

ASUS Eee Pad

Transformer Prime - TF 201

Edisi 2 / I / 2012 25

Upcoming

HITS...QUAD CORE

Page 26: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

WHAT'SNEXT33 APLIKASI ANDROID YANG HARUS DICOBA

Sajian Sedap

** GRATIS **Aplikasi Android ini pasti berguna bagi Anda yang suka memasak di rumah. Dengan Sajian Sedap, Anda tidak lagi membutuhkan buku resep dan membolak-balik halaman. Ketikkan saja nama resep yang Anda inginkan dan aplikasi ini pun akan menampilkannya di layar smartphone Anda.

Camera Illusion**

GRATIS **Camera Illusion dapat mengolah foto secara real-time, melihat dan mengambil gambar berbagai objek mengagumkan dengan paduan efek dan filter “keren”. Jika Anda menginginkan jenis efek atau filter yang lebih beragam – seperti Lomo, Emboss, Glow, atau Waves, Anda bisa membeli aplikasi versi berbayarnya – Camera Illusion Pro – hanya dengan $2,60.

LIFESTYLE

Learn Animal Sounds Game

** GRATIS **Ingin mengajari balita Anda untuk mengenali binatang dari suara dan foto mereka? Aplikasi Android ini wajib Anda miliki. Anda pun bisa mengunggah foto binatang peliharaan Anda. Yang lebih hebat lagi, aplikasi ini dioperasikan dengan pengunci tombol. Anda tidak perlu khawatir aplikasi lain akan terbuka saat anak-anak memainkan smartphone Anda.

** GRATIS ** Berkat WhatsApp, kini Anda tidak perlu lagi berkomunikasi menggunakan SMS. Aplikasi yang dijuluki messenger masa kini ini membuat Anda bisa saling berkirim gambar, pesan suara, pesan video dan lokasi GPS. Selain itu, karena terintegrasi dengan sistem, Anda tidak perlu login dan loading kontak sehingga transaksi data makin irit. Aplikasi ini pun bisa dimatikan dan hanya diaktifkan jika ada pesan masuk. Dengan demikian baterai pun ikut dihemat.

COMMUNICATION

WhatsApp

Baby Monitor

** GRATIS **Tidak perlu khawatir untuk meninggalkan bayi Anda sendirian di kamar saat harus memasak di dapur. Dengan aplikasi ini, Anda cukup meletakkan smartphone Anda 2 hingga 3 meter jauhnya dari bayi Anda dan semua gerak-gerik bayi Anda pun akan termonitor. Baby Monitor pun bisa mendeteksi saat bayi Anda menangis dan menghubungi Anda secara otomatis.

26 Edisi 2 / I / 2012

Page 27: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

27Edisi 2 / I / 2012

WHAT'SNEXT33 APLIKASI ANDROID YANG HARUS DICOBA

news & MAGs

** GRATIS ** Anda seorang Facebook mania? Dengan aplikasi ini, Anda bisa saling berkirim pesan dengan rekan-rekan Anda tanpa perlu mengakses akun Facebook Anda. Benar-benar hemat waktu dan energi.

Facebook Messenger

Smart Ruler

** GRATIS **Kini Anda pun bisa mengukur panjang sebuah benda menggunakan smartphone Android Anda.Jika benda yang akan diukur panjangnya cukup kecil, letakkan saja benda itu tepat di atas layar smartphone Anda. Selain bisa mengukur panjang benda dengan akurat, Smart Ruler pun bisa berfungsi sebagai busur derajat dengan kemiringan 0-180o.

Pocket Tools

** GRATIS **Pocket Tools bisa diibaratkan seperti pisau lipat yang bisa dengan mudah Anda simpan dalam kantong. Namun dengan aplikasi ini, bukan pisau yang Anda kantongi. Anda akan mengantongi beberapa peralatan lain: kode morse (meneruskan informasi menggunakan kode morse), massager (mengubah smartphone Anda menjadi mesin pijat), torch (memfungsikan smartphone Anda sebagai senter), bubble level (mengukur apakah sebuah permukaan

TOOLS

benar-benar datar atau tidak). Semua fungsi praktis ini bisa diperoleh hanya dengan memasang satu aplikasi saja.

A Battery Level

** GRATIS **Aplikasi Android ini akan menampilkan berapa persen daya baterai yang tersisa – tepat di status Anda. Dengan demikian, tidak akan ada lagi insiden low-bat atau kehabisan daya di tengah momen-momen penting Anda.

Indonesian News

** GRATIS **Aplikasi ini membuat Anda tak ketinggalan berita-berita aktual yang sedang berlangsung di tanah air. Dengan memasang aplikasi ini di handset Android Anda, Anda bisa mengakses berita terbaru dari berbagai media di Indonesia, seperti Detikcom, KOMPAS, TEMPO Interaktif, Republika, VIVAnews, BolaNews, Okezone, dan masih banyak lagi.

Page 28: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

SoundHound

** GRATIS **Kesusahan menebak-nebak judul lagu yang sedang Anda dengarkan? Letakkan saja smartphone yang telah dipasangi SoundHound pada pengeras suara, dan dalam sekejap semua informasi lagu bisa Anda ketahui. Hebatnya lagi, SoundHound juga mampu mengenali lagu yang Anda senandungkan, atau sekadar Anda gumamkan.

TubeMate

** GRATIS **Wow! Anda tak perlu membuka situs Youtube berkali-kali hanya untuk melihat video favorit Anda. Dengan TubeMate, Anda bisa mengunduh video-video tersebut dan menyimpannya dalam perangkat mobile Anda. Anda pun bisa menonton video klip favorit itu, kapan pun dan di mana pun.

atau penggemar musik, aplikasi Android yang satu ini wajib Anda miliki. Dengan Solo, Anda bisa bermain gitar kapan pun dan di mana pun juga, tanpa perlu membawa-bawa gitar. Anda bisa memainkan chord gitar dengan set chord lengkap dan memperoleh kualitas suara yang sama seperti suara gitar yang sesungguhnya.

IMDB

** GRATIS **Anda penggemar film? IMDB adalah aplikasi utama yang harus ada dalam smartphone Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat menelusuri database film terbesar di dunia, menemukan ulasan film, daftar pemain, filmographies, jadwal penayangan, dan trailer. Selain itu, Anda juga bisa menemukan informasi tentang acara-acara televisi di sini.

Photospeak

** BERBAYAR: $4.50 **Foto Anda pun kini bisa berbicara. Photospeak mengambil foto dari handset Android Anda dan mengubahnya menjadi avatar 3D yang atraktif dan mampu mengulangi kata-kata Anda. Ingat foto-foto yang tergantung di dinding Hogwarts School dan bisa bicara dalam kisah Harry Potter?

Solo

** BERBAYAR: $3.90 **Jika Anda adalah pemusik, pencipta lagu,

Entertainment Music & Audio

WHAT'SNEXT33 APLIKASI ANDROID YANG HARUS DICOBA

29Edisi 2 / I / 201228 Edisi 2 / I / 2012

Page 29: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

Dropbox

** GRATIS **Dengan Dropbox, Anda bisa membawa semua data, gambar, video, foto, dan bentuk data lainnya ke mana-mana. Semua file yang Anda simpan di Dropbox juga akan tersimpan di komputer Anda, smartphone Android Anda, serta di server Dropbox. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot-repot memindahkan dan melengkapi data dari komputer ke smartphone atau sebaliknya.

Handrite

** GRATIS **Dengan Handrite, Anda bisa langsung menulis

Androzip File Manager

** GRATIS **Dengan AndroZip, Anda bisa menyatukan berbagai file dalam bentuk Zip dan juga membuka lampiran e-mail dalam bentuk Zip.

PrinterShare

** GRATIS **Sambungkan printer Anda dengan PC yang terkoneksi dengan

internet. Dan PrinterShare akan membantu Anda mencetak segala bentuk dokumen, e-mail, foto, kontak, SMS/MMS langsung dari perangkat mobile Anda yang terhubung dengan jaringan baik lokal maupun lewat internet!

Cam Scanner

** GRATIS **Dengan Cam Scanner, Anda bisa mengubah smartphone Anda menjadi alat pemindai dokumen.Semua dokumen cetakan dalam bentuk apa pun kini bisa Anda ubah menjadi dokumen digital hanya dengan mengambil fotonya, sama persis seakan-akan Anda memindai dokumen itu.

WHAT'SNEXT33 APLIKASI ANDROID YANG HARUS DICOBA

PRODUCTIVITY

dengan jari Anda di layar smartphone. Setiap kali Anda menggeser ujung jari, karakter atau simbol yang Anda tulis akan muncul sama persis di layar. Anda bahkan bisa menyimpan, mengirim, atau memposting tulisan tangan Anda.

Speak To It Assistant

** GRATIS **Aplikasi ini bisa menjadi teman virtual Anda. “Bicaralah” pada “asisten” Anda ini dan ia bisa menjawab semua pertanyaan Anda, mencari informasi dari mesin telusur Google, membuka aplikasi lain, sampai menghubungkan Anda dengan berbagai macam jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, atau Foursquare.

29Edisi 2 / I / 201228 Edisi 2 / I / 2012

Page 30: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

30 Edisi 2 / I / 2012

membantu pengguna menelusuri seluruh isi smartphone.

HTC Sense juga memperkaya informasi kontak yang dimiliki pengguna. Informasi itu tidak hanya diambil dari buku alamat yang ada di smartphone saja tetapi juga dari data rekan-rekan yang tergabung dalam berbagai jejaring sosial. Kemampuan lain yang ditambahkan oleh HTC Sense pada Android adalah input multi sentuh. Layar smartphone menjadi bisa dinavigasikan hanya dengan guliran. Selain itu, HTC Sense pun dilengkapi dengan pengunci layar. Satu hal yang perlu diingat, HTC Sense

HTC SENSE

HTC mengembangkan tampilan yang berfokus untuk menyajikan informasi dari berbagai jejaring sosial dalam satu layar sekaligus. Oleh karena itu, mereka menambahkan widget yang disebut “Friend Stream”. Widget ini bisa memadukan informasi dan pembaruan dari Twitter, Facebook, Flickr, dan You Tube. HTC Sense juga dilengkapi dengan widget yang dinamai “Leap”. Widget ini membuat beberapa layar utama bisa diakses sekaligus. Selain widget, HTC Sense menyajikan fitur penelusuran terdedikasi. Selain bisa digunakan untuk menelusuri semua sumber informasi yang ada di internet, fitur ini juga

adalah modifikasi Andoid yang mempelopori flip sound call. Pengguna cukup membalikkan smartphone-nya hingga bagian punggung smartphone terletak di atas, untuk mengaktifkan mode silent.

MOTOBLUR

MOTOBLUR dikembangkan oleh Motorola sebagai tampilan Android yang mengedepankan layanan push yang terfokus pada jejaring sosial. Tampilan ini menyediakan fitur yang hampir sama seperti Remote Wipe yang ada di iPhone. Motoblur menampilkan berbagai macam widget yang memadukan berbagai macam portal jejaring sosial – seperti Facebook,

Android terlihat tak terkalahkan, namun tetap saja ada

beberapa vendor yang memberikan sentuhan tambahan sehingga sistem operasi ini terlihat lebih manis, efisien, dan canggih. Beberapa di antaranya adalah HTC dengan HTC Sense-nya, Motorola dengan MOTOBLUR-nya, Samsung dengan TouchWiz-nya, Sony dengan Timescape-nya, dan Lenovo dengan oPhone-nya.

WHAT'SNEXTMODIFIKASI ANDROID

Page 31: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

31Edisi 2 / I / 2012

TIMESCAPE

Timescape adalah tampilan yang dikembangkan oleh Sony untuk membuat sajian Android lebih efisien. Timescape memadukan fitur komunikasi serta multimedia sehingga semua aktivitas pengguna dan teman-temannya bisa disatukan.

Timescape membuat aktivitas berbagi konten menjadi mengasyikkan. Pengguna bisa melihat sekaligus berbagai pembaruan status Facebook, siapa yang menelepon atau mengirimkan pesan singkat, melihat e-mail yang belum dibaca, dan mengetahui lagu, video atau foto apa saja yang baru saja ditambahkan.

Selain itu, dengan Timescape, berpindah dari satu program ke program lainnya hanya membutuhkan waktu 2 detik.

OPHONE

oPhone adalah Android yang telah dimodifikasi untuk pasar lokal China. oPhone bertujuan untuk menyediakan akses smartphone yang murah dan tanpa detail yang mengganggu bagi mereka yang baru saja belajar menggunakan smartphone. Kelebihan tampilan oPhone ada pada bahasa yang digunakan. Semua menu sudah disesuaikan dan ditampilkan dalam bahasa Mandarin.

MySpace, dan Twitter – serta layanan lainnya (berita atau prakiraan cuaca) menjadi satu. Feed dan data ditarik secara berkala oleh widget ini.

Awalnya, ketika pertama kalinya diaktifkan, smartphone yang dioperasikan dengan MOTOBLUR meminta pengguna membuat akun MOTOBLUR dan layar utama tidak bisa diakses sebelum akun itu ada. Informasi akun pengguna disimpan di server Motorola. Pada smartphone yang lebih baru, pengguna bisa menunda pendaftaran dan memiliki opsi filter yang lebih banyak, seperti mengelompokkan kontak, menolak informasi yang tidak diinginkan. Baterainya pun lebih tahan lama.

TOUCHWIZ

Berbeda dengan para vendor lainnya, Samsung menghadirkan sintesa yang mengagumkan antara Android dan layar sentuh. Mereka menamainya TouchWiz. Banyak orang menyalahartikan TouchWiz sebagai sebuah sistem operasi. Bukan. TouchWiz adalah tampilan yang disajikan Samsung pada smartphone high-end mereka dan tidak tersedia dengan bebas. TouchWiz menambahkan kemampuan panning (geser) dan tilt (miringkan) pada Android sehingga smartphone bisa mendeteksi gerakan dan bisa dioperasikan hanya dengan sentuhan.

TouchWiz juga hadir dengan lebih banyak dukungan untuk para pengguna dari dunia bisnis, beberapa di antaranya adalah fitur pengaman Cisco VPN dan Exchange ActiveSync untuk menyinkronisasikan e-mail, kontak, kalender, informasi-informasi dari server, serta pengiriman pesan ke perangkat bergerak. Saat ini, modifikasi dari TouchWiz-lah yang membuat tablet yang diberdayakan oleh Honeycomb, seperti misalnya Samsung Galaxy Tab 7+, bisa digunakan untuk menelepon - sekalipun Honeycomb sendiri adalah sistem operasi yang murni hanya bisa digunakan pada tablet.

Pada Samsung Galaxy Tab II, TouchWiz juga memudahkan pengguna untuk mengatur kecerahan layar. Tekan saja ujung tengah atas layar, lalu geser jari ke kanan untuk membuat layar bertambah cerah, atau ke kiri untuk meredupkan layar.

WHAT'SNEXTMODIFIKASI ANDROID

Page 32: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

“Ini adalah salah satu store paling unik yang pernah saya lihat,”

Page 33: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012
Page 34: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

semua kebutuhan dan solusi IT Anda dengan nyaman. Sekali lagi, Anda akan dikejutkan oleh kepiawaian mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda – hingga pada detail terkecil.

Pengetahuan yang mendalam itu jugalah yang membuat para konsumen akhirnya menjadi langganan. Para IT Crew dituntut untuk

Rizza Prasetyaningtias, salah satu IT Crew yang menjadi rekanan Dwi

pun menambahkan bahwa banyak ekspatriat yang datang untuk berfoto di store itu, bahkan ada yang mengetuk-ngetuk dinding dan bertanya apakah interior shop menggunakan batu bata asli atau bukan. Menurut Dwi, keunikan itulah yang

SurabayaIT Shop TP IVPazia

“Ini adalah salah satu store paling unik yang pernah saya lihat,”kata Dwi S.M. Manuppo, IT Crew senior di Pazia Shop TP IV.

IT Crew inilah yang akan menemani Anda mendiskusikan semua kebutuhan dan solusi IT Anda dengan nyaman

membuatnya betah bekerja di sana.

Pazia Shop TP IV memang hadir tidak hanya sekadar untuk memuaskan pengalaman belanja IT yang nyaman dan berbeda. Produk-produk IT yang dijual masih tetap menjadi pusat perhatian dan kesan ini makin kuat karena kontrasnya tempat yang digunakan untuk

mendisplai produk-produk mutakhir itu.

Setelah menemui guratan-guratan klasik di pintu masuk yang berupa dinding berwarna putih kekuningan, dua buah meja bulat dengan penopang penuh ukiran siap menyambut para pengunjung. Anda juga akan disambut dengan kalimat “Selamat datang, kami siap

membantu Anda” dari para IT Crew dalam seragam mereka yang berwarna hitam – kontras dengan desain keseluruhan ruangan yang didominasi warna putih kekuningan dan diterangi oleh lampu yang memancarkan cahaya terang yang juga berwarna putih kekuningan. IT Crew inilah yang akan menemani Anda mendiskusikan

Meja bulat & guratan-guratan klasik

Yudi Wijaja - Supervisor (tengah) bersama IT Crew TP IV

Page 35: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

menguasai beberapa keahlian tertentu, seperti: setting program dan troubleshooting, sehingga mereka bisa memenuhi semua kebutuhan konsumen.

Salah satu cara unik mereka untuk memancing obrolan yang bisa membuat mereka lebih memahami konsumen adalah dengan cara tidak memasang harga. Ini membuat pengunjung harus bertanya pada IT Crew. Pertanyaan itu pun sebenarnya adalah kesempatan bagi para IT Crew untuk memberikan kesan yang baik dan menunjukkan kepiawaian mereka. Jika konsumen tertarik, kemungkinan besar mereka akan berkunjung kembali – dan membeli.

Tidak bisa dipungkiri bahwa hal lain yang bisa membuat konsumen kembali membeli adalah karena mereka merasa nyaman. “Kuncinya adalah ramah dan sabar,” jawab Dwi, “kita harus pintar-pintar menempatkan diri.

Kita pun harus menjaga baik-baik kepercayaan yang sudah mereka berikan. Konsumen percaya bahwa barang yang kita jual bagus. Hal ini juga didukung oleh jaminan orisinalitas dari shop. Konsumen pun percaya bahwa kami selalu siap membantu mereka saat ada trouble. Bahkan ada konsumen yang bersedia menitipkan tabletnya di sini untuk di-setting, diservis, atau diganti suku

“Kuncinya adalah ramah dan sabar.”

cadangnya. Tentu saja mereka pun menikmati kelebihan layanan kami, yang diberikan oleh seluruh tim, bukan seorang IT Crew saja.”

Benar bahwa tim memang menjadi urat nadi pelayanan mereka terhadap konsumen. Setiap konsumen yang datang ke shop ditangani oleh tim. Konsumen itu tidak tergantung pada satu orang IT Crew saja. Dengan demikian, konsumen itu bisa kembali kapan saja. Jika IT Crew yang dahulu melayani mereka sedang tidak bertugas, selalu ada anggota lain dalam tim yang siap melayani dengan baik.

Kembali ke meja tempat mendiskusikan kebutuhan IT, dari sini bisa diamati bahwa seluruh dinding bata berwarna putih yang membalut shop ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendisplai produk. Sebuah lemari kaca bening menjadi highlight di sepanjang permukaan kokoh tersebut. Tampak jelas bahwa lemari tersebut digunakan untuk memamerkan berbagai macam aksesoris komputer, serta gadget terbaru.

Seluruh dinding bata berwarna putih yang membalut shop ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendisplai produk

Selain lemari kaca, hadir pula meja panjang dengan penopang penuh ukiran. Di atas meja ini diletakkan laptop dan notebook serta komputer tablet dari Acer dan Samsung. Sementara itu, tepat di sisi dinding kaca yang duduk di atas kokohnya dinding batu putih bergurat, diletakkan monitor Samsung berbagai ukuran. Hitamnya layar dan bingkai semua monitor itu sekali lagi benar-benar kontras dengan putihnya dinding penopangnya

Lemari kaca bening sebagai displai produk.

Page 36: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

Memadukan kemewahan dengan kenyamanan

– membuat perhatian kita justru makin terarah pada produk yang ditampilkan.

Jelaslah sudah bahwa desain klasik Pazia Shop TP IV ini tidak memberikan referensi apa pun pada masa lalu. Segala hal yang terlihat diambil dari masa lalu dihadirkan di masa kini untuk mempertegas kemutakhiran teknologi yang disajikan pada Anda. Memadukan kemewahan dengan kenyamanan, serta kelampauan, kekinian, dan kemutakhiran, Pazia Shop TP IV Surabaya menyajikan sebuah pengalaman teknologi yang benar-benar harus dipertimbangkan.

Displai produk Samsung.

Page 37: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012
Page 38: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012
Page 39: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

39Edisi 2 / I / 2012

Mulai dari Menemani Menuntut Ilmu Hingga ke China, Membantu Pekerjaan,Hingga Menemani Bersenang-senang

Dengan perkiraan pertumbuhan jumlah pengguna lebih dari 50% dalam 5 tahun, Android

juga diperkirakan akan menguasai pangsa pasar di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang. Keenam puluh ribu pengguna Android di Indonesia pun memiliki cara unik mereka masing-masing untuk menikmati kecanggihan yang ditawarkan sistem operasi smartphone ini. Selain untuk bermain game dan menonton film, Android ternyata sangat mendukung efektivitas mereka dalam bekerja dan juga bisa dibawa-bawa ke luar negeri.

Page 40: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

Victor Archie Winardy,

NINGBAO,

Samsung Galaxy S2

Kalau pepatah mengatakan “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China”, Victor

Archie Winardy melengkapinya dengan menambahkan Samsung Galaxy S2 dalam usaha kerasnya menuntut ilmu di jenjang pascasarjana di Ningbao, China.

Victor membeli Samsung Galaxy S2 di Indonesia lalu membawa smartphone ini untuk menemaninya di China. Ia memilih Samsung Galaxy S2 karena smartphone ini memiliki spesifikasi yang tertinggi di kelasnya, terutama layarnya yang menurut Victor memiliki kualitas luar biasa.

Di China, Victor menggunakan smartphone-nya untuk membuka dokumen-dokumen tugas dari kampusnya. “Memindahkan file dari smartphone ke komputer benar-benar lebih mudah jika dilakukan dengan Android. Saya tidak perlu melakukan sinkronisasi lagi.”

Satu hal lagi yang membuat Victor tertarik pada smartphone ini adalah kemampuan

multimedianya. Victor cukup sering menggunakan Samsung Galaxy S2 untuk mendengarkan musik dan melakukan aktivitas santai kegemarannya: menonton film. Baginya, memiliki sebuah smartphone yang bisa digunakan untuk memutar film berkualitas HD 1080p tanpa terhenti sedikitpun benar-benar mengagumkan.

Mansyur Tahir, BSc.,

Makassar,

Samsung Galaxy Note

Mansyur Tahir yang berasal dari Makassar mengatakan bahwa Samsung Galaxy

Note miliknya lebih banyak ia gunakan untuk mendukung pekerjaannya.

“Samsung Galaxy Note jauh lebih cocok bagi saya jika dibandingkan dengan perangkat-perangkat lainnya. Segala hal bisa dilakukan lebih cepat. Saya bisa mengakses e-mail lebih cepat. Pekerjaan saya dipermudah, dan saya juga bisa menggunakannya untuk mengolah dokumen.”

Mansyur yakin bahwa hal yang mendukung akselerasi kinerja itu adalah prosesor dari perangkat

40 Edisi 2 / I / 2012

Page 41: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

kerasnya dan juga sistem operasi Android terbaru. Sebagai pemula, Mansyur menemukan bahwa Android benar-benar mudah dioperasikan. Ia berencana untuk mempelajarinya pelan-pelan. Selain itu, Android dan Samsung Galaxy Note-nya pun tidak pernah bermasalah, sekalipun harus dioperasikan dengan koneksi internet dari warnet.

“Saya tidak pernah mengalami masalah dengan aplikasi atau sistem yang Samsung gunakan. Satu-satunya masalah saya terjadi karena kesalahan saya dan di perangkat Galaxy lainnya. Waktu itu saya pernah mencoba menggunakan pola tertentu untuk key saya. Namun saya lupa. Saya mencoba hingga 400 kombinasi, namun tetap tidak berhasil membukanya. Sepertinya saya harus ke service center untuk meresetnya.”

Esther Irawati Setiawan, S. Kom, M. Kom, salah satu dosen Teknik Informatika Institut Sains

Terapan dan Teknologi Surabaya, juga mendukung pendapat mereka semua. Menurutnya, Android memang memiliki banyak nilai lebih. Pertama, Android mudah diintegrasikan dengan Google, khususnya fungsi-fungsi seperti e-mail, agenda, chat. Ini memudahkan pengelolaan kegiatan sehari-hari. Selain itu, smartphone Android tersedia dalam berbagai macam varian harga. “Ini membuat smartphone Android jauh lebih terjangkau pasar,” katanya. Selain itu, bagi para pengembang, Android memang benar-benar memudahkan pekerjaan mereka. Mereka bisa dengan mudah

meng-upload progam-program yang mereka buat ke Android Market.

Kelebihan lain dari sistem operasi ini, menurut Esther, adalah keamanannya. Ia belum pernah menemukan Android yang terserang virus. Selain itu, program-program yang bisa diunduh dari Android Market pun termasuk aman. Kebanyakan dari program-program itu sudah bisa dipastikan bebas virus. “Tentu saja para pengguna juga harus berhati-hati,” tambahnya, “jangan lupa memeriksa rating dan komentar saat akan mengunduh sebuah program. Saya pribadi biasanya hanya mengunduh aplikasi yang rating-nya tinggi. Selain itu, jika ada satu komentar saja yang mengatakan bahwa program itu bervirus, jangan mengunduhnya.”

Satu hal yang masih menjadi kendala penggunaan smartphone Android di Indonesia menurutnya adalah ketersediaan layanan internet yang cepat dan berkualitas. Layanan internet berkecepatan tinggi biasanya hanya bisa diperoleh dengan harga yang cukup mahal, apalagi untuk ponsel GSM.

Dari sini bisa disimpulkan bahwa paket data adalah hal yang sangat penting bagi para pengguna smartphone Android. Harus diakui bahwa paket data yang disediakan oleh pihak operator membuat para pengguna tidak lagi perlu bermatematika ria saat mengakses internet.

Menurut Aris Sampurno, manajer MDS East - salah satu internet provider yang bekerja sama dengan Samsung, selain terus mengembangkan koneksi jaringan 3G yang meliputi kota-kota besar di Indonesia, mereka juga menyediakan paket layanan data yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan juga sesuai dengan segmentasi pasar.

“Kami ingin memfasilitasi pengguna Android yang terus bertambah jumlahnya di Indonesia. Kami melihat bahwa angka ini meningkat cukup tinggi. Oleh karena itu kami menyediakan berbagai layanan, salah satunya adalah kerja sama dengan pihak Samsung, dan juga menyediakan layanan yang mendukung beragamnya kebutuhan para pengguna smartphone Android, dengan tarif yang kompetitif.”

Untuk menjawab kebutuhan para pengguna Android, di Indonesia sudah diimplementasikan teknologi yang lebih maju, yaitu jaringan 3.75G. Teknologi jaringan data berbasis IP ini akan membuat kapasitas jaringan naik 2,5 kali lebih besar dari jaringan yang sudah ada. Teknologi ini diyakini akan menjadi solusi terbaik bagi pengguna Android - yang membutuhkan kestabilan dalam akses layanan data.

41Edisi 2 / I / 2012

Page 42: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

42 Edisi 2 / I / 2012

Samsung terus mengeluarkan rangkaian smartphone Galaxy-nya. Dua di antaranya adalah Samsung Galaxy S2 dan Samsung Galaxy Note.

Page 43: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

43Edisi 2 / I / 2012

Di samping perbedaan utama tersebut, terdapat kesamaan di antara keduanya, yaitu adanya Samsung Apps sebagai tempat untuk mengunduh berbagai aplikasi mobile yang dioptimalkan untuk Samsung Mobile Devices. Selain itu beberapa fitur pada kedua smartphone ini memang bisa diakses dengan cara yang sama, seperti yang bisa kita lihat pada tabel di bawah ini.

Stylus S-PenGame Hub

Kedua smartphone

ini memiliki banyak kesamaan sehingga ada yang mengatakan bahwa Samsung Galaxy Note adalah versi besar dari Samsung Galaxy S II. Benarkah demikian?

Pada Samsung Galaxy S2, fitur Game Hub memberi Anda berbagai macam games berkualitas tinggi dari berbagai developer game ternama, seperti Gameloft, EA Games, GLU, dan masih banyak lagi. Game Hub juga menyediakan lebih dari 20 games jejaring sosial. Sebuah accelerometer dan sensor gyroscope dinamis merespon gerak jari dan tangan Anda dengan akurat. Sedikit saja kesalahan menggerakkan atau memiringkan layar, permainan Anda berakhir!

Jika Galaxy S2 mengunggulkan fitur Game Hub, fitur yang diunggulkan oleh Galaxy Note adalah stylus S-Pen. Stylus ini bisa mempercepat pekerjaan Anda dan menjadi pengganti tombol “Back”. Anda cukup menekan tombol “Shift” lalu menggeser stylus ke arah kiri di permukaan layar. Untuk menggantikan tombol Menu, Anda hanya perlu menekan tombol “Shift” dan menggeser stylus di permukaan layar, dari bawah ke atas.

Page 44: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

44 Edisi 2 / I / 2012

Sejak kemunculannya di Indonesia pada bulan November 2011, Samsung

Galaxy Note menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta gadget karena format dan tampilannya yang unik. Secara teknis, Samsung Galaxy Note adalah smartphone, tapi layar super-besar 5.3 incinya yang indah memasukkannya ke dalam teritori tablet. Bahkan, smartphone ini dilengkapi stylus yang bisa digunakan untuk membuat sketsa dan catatan. Selain itu, smartphone raksasa ini pun didukung prosesor Dual Core (1.4 Ghz), OS Gingerbread 2.3, memori internal berkapasitas 16GB, RAM 1GB, dan memori eksternal yang bisa ditingkatkan kemampuannya hingga 32GB.

Ternyata, bentuknya yang unik dan spesifikasi lengkap yang dimilikinya membuat Lydia Juanita, 25 tahun, memilih untuk menggunakan Samsung Galaxy Note. “Saya tidak perlu lagi membawa

dua atau tiga telepon seluler untuk bekerja atau sekadar jalan-jalan,” ungkap Lydia yang sehari-hari bekerja sebagai IT Crew Pazia Shop Grand Indonesia. Memang, dengan pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tinggi, fitur yang ada dalam Samsung Galaxy Note sangat berguna baginya. Selain memanfaatkan fitur multimedia yang ada, Lydia juga terbantu oleh Office standar yang tertanam dalam smartphone tipis dan ringan ini.

“Laptop membuat saya harus membawa banyak barang. Dengan produk ini, saya bisa lebih praktis mengerjakan pekerjaan office saya, bahkan saya

bisa langsung presentasi apabila dibutuhkan.”

Ditambah lagi, menurut Lydia, hingga saat ini Samsung Galaxy Note-nya belum pernah mengalami kerusakan. “Tapi mudah-mudahan jangan sampai terjadi, ya. Karena saya sangat memerlukan produk multi-fungsi ini,” harapnya. “Akan tetapi,” sambungnya, “seandainya Samsung Galaxy Note saya rusak, pasti akan langsung saya bawa ke PAZIA SHOP atau gerai Samsung Center terdekat.”

Lydia mengakui, selama ia menggunakan Samsung Galaxy Note, hari-harinya terasa lebih praktis dan nyaman.

Lydia Juanita,IT Crew

Samsung Galaxy NoteMemang Mendukung Karierku …

Page 45: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

45Edisi 2 / I / 2012

Smartphone? Tablet?

It’s Galaxy Note !Do-in-one Phone

Di kuartal

akhir 2011,

Samsung bisa dibil

ang

"gencar" mengelua

rkan

deretan seri gadget

terbarunya,

seperti Galaxy serie

s. Diawali dari

permintaan pasar a

kan sebuah

gadget yang menja

wab kebutuhan

Anda akan smartph

one, tablet,

dan notes, Samsun

g melahirkan

Galaxy Note yang

melengkapi

daftar panjang ser

i Galaxy.

Perpaduan fungsi tabletdan smartphone yang terkemas dalam gadget ini menjadi nilai jual utama, di samping keunikan Galaxy Note yang bisa dijadikan sebagai pengganti bukucatatan sehari-hari.

PRODUCT REVIEW : SAMSUNG GALAXY NOTE

Page 46: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

46 Edisi 2 / I / 2012

membaca e-mail dan membuat pengalaman browsing Anda menjadi lega, tanpa perlu sering-sering menggulirkan layar. Selain dilengkapi TouchWiz UI v4.0 yang mempercantik tampilan program-program di layar, Galaxy Note juga dilengkapi dengan virtual keyboard QWERTY - sangat nyaman dan pas dengan tangan Anda.

Di samping itu, yang juga menjadi salah satu nilai tambah untuk Galaxy Note adalah kualitas kecerahan maksimal layarnya; apa yang ditampilkan di layar bisa tetap terlihat di bawah pancaran sinar matahari langsung.

Galaxy Note yang ringan, dengan berat 178 gram, dilengkapi dengan layar yang dikembangkan oleh Samsung, HD Super Amoled 5.3”, membuatnya mudah dibawa dan bisa dijadikan sebagai gadget utama tanpa perlu khawatir kehilangan detail dari gambar ataupun film-film High-Quality (HQ) yang sedang Anda saksikan.

HD Super Amoled ini merupakan perkembangan dari Super Amoled yang ada di Galaxy S, namun tetap menggunakan PenTile Matrix (berbeda dengan Super Amoled Plus pada Galaxy S2). Dengan resolusi HD 1280x800 ditambah layar berukuran 5,3 inci, efek adanya PenTile Matrix tersebut bisa tersamarkan. Resolusi tinggi ini juga memudahkan aktivitas Anda

PRODUCT REVIEW : SAMSUNG GALAXY NOTE

Your digital notebook.

HD SuperAmoled 5.3"

VirtualKeyboardQWERTY

Page 47: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

47Edisi 2 / I / 2012

Di balik menawannya layar Galaxy Note, tersembunyi prosesor Dual Core 1.4GHz dan memori 1GB RAM yang menjamin kelancaran jalannya semua program yang sedang Anda gunakan. Prosesor ini sangat kuat dan bisa memutar hampir semua format video Full HD. Sistem operasi

Android Gingerbread 2.3.5 yang dibenamkan di dalamnya pun turut menambah kecepatan kinerja Galaxy Note; banyak detail-detail kecil yang ditambahkan dalam sistem operasi ini sehingga para pengguna bisa lebih mudah mengoperasikan smartphone-nya.

Baterai Li-Ion 2500mAh membuat Galaxy Note memiliki daya tahan sekitar 5-6 jam untuk pemakaian normal secara terus. menerus sehingga Anda pun bisa menggunakan smartphone ini untuk mengerjakan semua tugas Anda ketika bepergian.

KinerjaHebat

Gebrakan Galaxy Note di pasar didukung oleh fitur-fitur andal untuk meningkatkan produktivitas Anda, seperti S-Pen, S-Planner, dan S-Memo. Anda harus berkenalan dengan mereka!

S-Pen adalah stylus Samsung yang dibuat khusus untuk Galaxy Note. Stylus ini bisa digunakan untuk menggantikan kendali tangan di layar. Stylus ini juga disertai dengan tombol "shift" untuk mengambil gambar, apa pun formatnya, di Galaxy Note dan mengaktifkan S-Memo dan beberapa fungsi menarik lainnya dengan singkat.

Fitur istimewa lainnya, S-Planner, adalah program yang dirancang khusus untuk smartphone Samsung ini. Fungsinya menggantikan program standar yang menampilkan kalender biasa. Jika Anda terbiasa dengan pengaturan waktu yang efisien, jadikan S-Planner sebagai agenda canggih Anda.

Yang terakhir, S-Memo, adalah program yang menggantikan fungsi memo/notes (catatan). Di pengaturan awal, S-Memo terletak di tengah bawah. Dengan S-Memo, Anda bisa membuat catatan berupa tulisan tangan, pesan, gambar, atau merekam suara/musik. Untuk mengakses S-Memo Lite secara instan, Anda bisa menggunakan S-Pen dengan cara menahan "shift" lalu menyentuh layar dua kali. Sayangnya S-Memo versi Lite ini tidak dapat memasukkan gambar atau rekaman suara.

Selain semua keunggulan itu, fitur lain yang juga menarik untuk dilirik adalah Video Maker. Dengan program ini, Anda bisa membuat video klip sesuai dengan kreasi Anda sendiri. Anda bisa memotong atau menggabungkan video, menambahkan

tulisan atau coretan, serta mengganti lagu atau suara sesuai keinginan Anda.

Sebagai sebuah gadget hibrid, Galaxy Note berhasil membuktikan bahwa ia adalah gadget yang berguna, baik untuk pelaku bisnis, seorang profesional seperti dokter atau arsitek, maupun siswa sekolah. Jika Anda mencari sebuah Phoneblet yang berdaya guna dan menakjubkan, pertimbangkan Galaxy Note.

Page 48: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

48 Edisi 2 / I / 2012

PRODUCT REVIEW : SAMSUNG GALAXY TAB 7.0 PLUS

HELLO

Page 49: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

49Edisi 2 / I / 2012

Desain super tipis Galaxy Tab 7.0 Plus yang menawan

bisa dipastikan membuat Anda jatuh cinta dengan tablet ini. Galaxy Tab 7.0 Plus begitu mudah digenggam dan dibawa ke mana saja dengan satu tangan, terlebih karena tablet 7” keluaran Samsung ini hanya memiliki berat 345 gram.

Spesifikasi MengesankanKinerja Galaxy Tab

7.0 Plus super cepat karena didukung oleh sebuah prosesor 1.2 GHz dual-core yang dilengkapi dengan memori 1GB dan sistem operasi Android Honeycomb 3.2. Selain itu, tablet ini juga berkapasitas cukup besar, yaitu16 GB.

Bagian "dalam" yang istimewa itu dilengkapi dengan penampilan luar yang menawan hati. Tablet berukuran 7” ini dikemas dalam layar WSVGA 1024 x 600 pixel, sebuah kamera belakang 3 MP dengan LED flash dan sebuah kamera depan 2 MP.

Fitur CanggihDi balik ramping dan

tipisnya Samsung Galaxy

Tab 7.0 Plus, Anda bisa menggunakannya untuk merekam video 720p HD dengan dukungan DivX & Multi Codec yang membuatnya mampu membaca hampir semua jenis file video dan gambar.

Tablet ini juga memiliki fitur yang menyederhanakan kebutuhan mobile Anda dengan Social Hub dan Reader Hub. Fitur Social Hub sendiri mengintegrasikan kontak, kalender, e-mail, pesan instan, dan menghubungkan semua jejaring sosial dalam satu menu

yang ditampilkan di layar. Fitur lainnya, Reader Hub, membuat Anda bisa membaca konten e-reading, buku, koran, dan majalah digital. Web browsing dilengkapi Adobe Flash dan konektivitas super cepat HSPA+ 21Mbps membuat Anda melakukan penelusuran dunia maya tiga kali lebih cepat dibanding koneksi HSPA konvensional.

Voice-Video CallsDi bagian kiri, Anda

akan menemukan slot microSD dan SIM card. Yang menarik dari tablet ini, SIM card yang biasanya digunakan untuk koneksi data juga bisa digunakan untuk menelepon. Berbeda dengan Samsung Galaxy Tab 7.0 yang membutuhkan speaker atau bluetooth handsfree untuk menelepon, pada

Samsung Galaxy Tab 7.0 terdapat internal speakerphone. Dengan demikian tablet inipun bisa digunakan untuk bertelepon sama persis seperti sebuah smartphone. Samsung Galaxy Tab 7.0 plus pun menjadi tablet pertama berbasis Honeycomb yang mendukung fitur GSM Voice Call.

Tablet yang dibanderol sekitar Rp 5,49 juta ini sangat sesuai bagi Anda yang membutuhkan gadget mungil dan ringan untuk menemani aktivitas mobile Anda.

Page 50: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

50 Edisi 2 / I / 2012

Saat pertama kalinya membeli smartphone, seringkali Anda bingung. Anda sudah memasang kartu perdana, namun smartphone Anda tetap tidak mau mengakses internet. Salah satu penyebabnya bisa jadi adalah pengaturan (setting) internet yang belum benar. Masing-masing operator memiliki kode pengaturan yang berbeda.

HANDBOOK SETTING SMARTPHONE

SETTING SENDIRI SMARTPHONE ANDA

Page 51: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

Suara mesin pembuat minuman kopi terdengar lembut. Di sudut ruangan yang berbentuk menyerupai huruf L,

terlihat para barista sedang sibuk menyiapkan minuman. Ruangan Pazia Café yang terletak di Mall of Indonesia ini terlihat sangat hangat di tengah temaramnya cahaya berwarna kuning pucat yang memancar dari lampu-lampu bulat yang tergantung di langit-langit ruangan. Setiap lampu itu terlindung aman di balik longgarnya kisi-kisi sangkar bambu tak berdasar.

Beberapa orang pengunjung melangkah masuk dan duduk di atas sofa. Seorang barista pun bergegas menyambut mereka dan membawakan Samsung Galaxy Tab 10”. Berbeda dengan café pada umumnya, yang menyediakan kartu dan monopoli sebagai hiburan bagi para pengunjungnya, Pazia Café menyediakan komputer tablet. Komputer tablet ini pun berfungsi sebagai daftar menu. Para pengunjung bisa melihat menu di dalamnya dan memesan minuman.

mendukung para barista untuk berkreasi. Setiap barista bebas menawarkan ide unik mereka, dan kreasi yang dirasa akan digemari para pengunjung café akhirnya dijadikan menu dan dijual.

Ada 7 jenis kopi yang dijual di Pazia Café, semuanya kopi lokal Indonesia: Aceh Gayo, Mandheling, Jawa, Sulawesi, Toraja, Papua Wamena, dan Flores Bajawa.

Memadukan ketujuh jenis kopi ini ternyata tidak mudah. Ada paduan yang justru menghasilkan rasa asam, ada pula paduan yang terasa kurang pas. Setelah dicoba-coba, kopi dari Jawa, Sulawesi, dan Sumatra ternyata memberikan citarasa yang paling pas dan lebih umum. Segera Pazia Café pun memilih paduan ini sebagai House Blend. Pilihan ini terbukti tidak salah, karena memang banyak penggemar kopi yang juga menggemari sajian dari Pazia Café.

Rasa kopi Pazia Café mungkin harus berakhir di dasar gelas, namun kenikmatan yang diberikan akan tetap melekat di hati para pengunjungnya.

Salah satu minuman yang menjadi andalan Pazia Café adalah Sugeng Dalu. Minuman ini sesungguhnya adalah paduan antara kopi, jahe, dan gula merah. Nama “Sugeng Dalu” sendiri berarti “Selamat Malam”. Sesuai dengan namanya, kopi yang kaya dengan rasa rempah-rempah ini akan membuat Anda merasa hangat dan juga menghangatkan kehadiran Anda di sana.

Salah satu hal yang menjamin kualitas rasa dari Sugeng Dalu, dan juga semua minuman kopi lainnya di Pazia Café, adalah biji kopi yang berkualitas. Semua biji kopi mereka diperoleh langsung dari supplier dan langsung dicoba (brew) begitu sampai di tangan. Biji kopi yang tidak memenuhi syarat tidak akan memperoleh tempat di Pazia Café. Biji kopi yang sudah lama pun akan segera dibuang; ini memastikan semua biji kopi yang disimpan di Pazia Café tetap segar.

Gagasan di balik pembuatan menu utama ini sebenarnya sangat sederhana: memberi kesempatan dan

51Edisi 2 / I / 2012

Paduan kekayaan kopi nusantaradengan teknologi mutakhir

HANDBOOK SETTING SMARTPHONE

Page 52: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

52 Edisi 2 / I / 2012

Tahun ini, Ibu Yuliasiane Sulistiyawati, Founder sekaligus President Director PT. Pazia Pillar Mercycom, menerima penghargaan dalam 4 kategori Marketing Award. Kategori yang dimenangkan itu adalah: The Best Market Driving Company, The Best Innovation in Marketing, The Best in Experiential Marketing, dan The Best in Marketing Campaign.

Dewan juri Marketing Award menilai Pazia memiliki keahlian untuk membuat pasar memperhatikan merek dagang mereka. Pazia Shop berhasil menyajikan tampilan yang berbeda dari toko-toko IT pada umumnya.

Selain itu, Pazia juga dinilai berhasil memberikan pengalaman unik pada para konsumen mereka. Fokus utama Pazia Shop, yaitu kenyamanan dan kemudahan bagi pengunjung pusat perbelanjaan kelas atas di seluruh Indonesia, sekaligus menjadi faktor yang membuat mereka bisa menyajikan pengalaman yang berbeda.

Satu lagi yang membuat Pazia memiliki nilai lebih: perusahaan ini dinilai pandai menciptakan para konsumen loyal, yang akan terus membeli produk mereka. Strategi yang dilakukan pun dinilai tergolong nekat karena sering mengadakan acara di luar konteks produk yang dijual.

MARKETING

AWARD 2011

Page 53: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

53Edisi 2 / I / 2012

Sepertinya usaha Pazia untuk menghadirkan konsep baru dalam gaya hidup IT kita

semua memperoleh sambutan hangat di Indocomtech 2011 yang diadakan pada tanggal 2-6 November 2011. Pengunjung terlihat memadati stan Pazia yang didesain khusus dalam balutan warna kuning, lengkap dengan etalasenya.

Di sudut lain area pamer Pazia, terlihat tim administrasi terlihat kewalahan menghadapi

para pengunjung yang berdesakan, seakan tidak mau mengantre, untuk membayar produk yang akan mereka beli. Sebagian besar di antara mereka membeli tablet.

Beberapa di antara pengunjung itu sudah pernah mengunjungi stan Pazia beberapa hari sebelumnya, namun ketika pertama kalinya berkunjung, mereka hanya sekadar melihat-lihat dan mengumpulkan informasi.

Setelah beberapa hari barulah mereka membeli. Beberapa orang lainnya baru pertama kali mengunjungi stan itu dan langsung tertarik untuk membeli produk di sana.

Salah satu hal yang mendukung antusiasme pengunjung untuk membeli adalah program cicilan 0%, kerja sama antara Pazia dengan 5 bank di Indonesia: BCA, Bank Mega, Bank Permata, BII, dan Bank Mandiri.

Sekilas terlihat kru promosi yang mewakili Pazia berkeliling di tengah keramaian. Mereka mempromosikan produk-produk Pazia, khususnya produk-produk berhadiah. Mereka juga tidak lupa mengadakan game dan memberi pertanyaan. Para pengunjung yang bisa menjawab dengan benar pun memperoleh hadiah.

INDOCOMTECH 2011

Tanggal 10 Desember 2011, Pazia Store Surabaya Town Square (Sutos) terlihat ramai.

Beberapa orang yang duduk mengelilingi meja-meja persegi panjang tampak serius menatap smartphone mereka masing-masing.

Mereka adalah para peserta Mobile Games Competition, sebuah kompetisi hasil kerja sama Pazia dengan Telkomsel. Game yang dilombakan adalah Tetris Revolution yang harus diunduh terlebih dahulu dari Dunia Games Telkomsel dengan menghubungi *900*80#.

Setelah melalui kompetisi yang ketat hingga babak terakhir, terpilihlah tiga orang pemenang. Ashari berhasil menjadi juara

MOBILE GAMES

COMPETITION:

TETRIS REVOLUTION

MOBILE GAMES

COMPETITION:

TETRIS REVOLUTIONpertama dan membawa pulang hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta serta voucher Pazia Anniversary senilai Rp 200.000. Juara kedua direbut oleh Mario yang mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 750.000, sedangkan posisi terakhir diduduki Hendry yang berhak atas uang tunai sebesar Rp 500.000. Selain itu, semua pemenang juga mendapatkan souvenir dan majalah IT News.

PEMBUKAANPAZIA SHOP

SUMMARECON MALL SERPONG 2

Acara pembukaan Pazia shop Summarecon Mall Serpong 2 pada tanggal

9 Desember 2011.

Page 54: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

54 Edisi 2 / I / 2012

QUIZ WIN IT!

QUIZ!

Kirimkan jawaban Quiz ke:

PT. Pazia Pillar Mercycom

Rukan Mangga Dua Square

Blok. G No. 32 - 33.

Jln. Gunung Sahari Raya

Jakarta Utara 14430

Atau melalui e-mail ke:

[email protected]

Tuliskan “Quiz Pazia IT News Magazine” di sebelah

•kiri atas amplop, atau sebagai subjek e-mail.

Semua jawaban bisa Anda temukan di Pazia IT

•News Edisi 2/I/2012.

Jawaban ditunggu hingga Maret 2012.•

Selain menambah pengetahuan Anda,

juga memberikan bonus menarik. Menangkan 3

buah Mouse Microsoft M3500 yang dibagikan

untuk 3 orang pemenang yang menjawab 3

pertanyaan di bawah ini dengan benar.

Apakah lagu tema yang dipakai dalam 1.

Deus EX Human Revolution?

Sebutkan beberapa keunggulan 2.

yang dimiliki Android 4.0 (Ice Cream

Sandwich).

Sebutkan 3 tombol istimewa yang 3.

terdapat pada Sony VAIO Z Series (VPCZ

217 GG).

Mouse

Microsoft M3500

Page 55: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

55Edisi 2 / I / 2012

Tentu saja, game ori bisa dikoleksi, dipamerkan, bahkan ditukar-pinjamkan dengan sesama game mania lainnya.

Game ori tidak membutuhkan crack, yang Anda tahu sendiri berisiko menyebarkan virus. Bisa dibayangkan betapa terganggunya aktivitas Anda jika perangkat PC Anda terserang virus.

Dengan game ori kita bisa bermain multiplayer secara online. Selain menambah teman sesama gamer, Anda bisa menjajal dan meningkatkan keterampilan Anda bermain game.

Jika membeli game ori, kita bisa memperoleh versi yang lebih baru secara gratis. Biasanya dalam versi yang lebih baru ini, kecacatan yang ada (bug) sudah diperbaiki, sehingga Anda bisa bermain dengan lebih nyaman.

Jadi, mana yang Anda pilih? Selamat mempertimbangkan dan jadilah konsumen yang bijak.

Tak bisa dipungkiri, pembeli game bajakan dapat memainkan hampir semua jenis game yang ada – karena semua game itu bisa diperoleh dengan harga murah. Namun, pembeli game orisinal tetap merasakan kepuasan lebih karena ada banyak fasilitas atau fitur istimewa yang hanya bisa didapatkan di game orisinal. Inilah empat di antaranya:

Page 56: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

56 Edisi 2 / I / 2012

Sebagai penggemar game tembak-menembak, Anda pun akan dipuaskan dengan berbagai macam pilihan senjata laras panjang (riffle) sebagai senjata utama dalam game ini, dan juga berbagai jenis pistol serta belati sebagai senjata tambahan. Pada mode multiplayer setiap senjata yang digunakan akan mengalami progression, yang bisa juga disebut sebagai penambahan keahlian. Ini artinya, semakin sering senjata itu digunakan, semakin tinggi pula keahlian Anda.

Game berkelas film Hollywood ini hadir dalam bentuk grafis yang membuat karakter dan latar belakangnya terlihat sangat menyatu.

games MODERN WARFARE 3 VS BATTLEFIELD 3

Sayang mereka tidak tahu di mana Makarov meletakkan senjata itu. Lebih parah lagi, mereka berdua pun terluka saat menghadapi General Shepard.

Rumitnya nuansa perang modern ini hadir dengan kecanggihan sinematik sehingga Anda akan merasa seakan-akan sedang menyaksikan sebuah film laga yang Anda perankan sendiri. Inilah yang membuat Modern Warfare 3 sangat fenomenal.

Sebagai game first person shooter, keahlian individu sangat menentukan keberhasilan dalam Modern Warfare 3. Kebutuhan akan keahlian individual ini pun makin nyata saat Anda memilih untuk memainkan survival mode sendirian.

PROStory mode• memuaskan dan menegangkan.Spec ops ranking• membuat ingin terus bermain.Mode • multiplayer menyenangkan untuk dimainkan dan sangat kompetitif.

KONTRAMultiplayer• tidak berubah banyak dari MW2.Pointstreaks• terkadang terlalu overpowered.Tekstur gambar sedikit •pecah jika dilihat dari jarak sangat dekat.

Soap dan Price harus menghadapi nuklir yang sudah dirancang untuk

menghadirkan kiamat di bumi.

Sementara itu, Sersan Blackburn memimpin pasukan kecil menembus

perbatasan daerah musuh untuk menyelidiki tempat penyimpanan senjata biokimia di sana.

Game ini sebaiknyadimainkan dengan:

LOGITECH Gaming Keyboard G105 Call of Duty™ official

Keyboard & LOGITECH Laser Mouse G9X Call of Duty™ official Mouse

AVAILABLE

SHOP

at

Page 57: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

PROGrafis dan suara •menakjubkan.Mode • multiplayer solid dan menantang.Battlelog• memudahkan melihat statistik pemain.Kendaraan dan •bangunan dapat dihancurkan, membuat permainan menarik.

KONTRACampaign• pendek dan cerita terlalu umum.Misi Co-Op sangat •sedikit.Tidak dapat berlatih •jet selain di mode multiplayer.

Petualangan yang menantang akan dihadapi Sersan Blackburn dalam mode campaign/single player. Jika mode single player kurang menantang bagi Anda, Anda harus bermain dalam mode multiplayer di antara 2 tim - yang masing-masing beranggotakan 16 orang. Inilah yang dimaksud dengan "Massively Modern Warfare".

Dengan demikian, jelaslah sudah bahwa kerja sama tim sangat dibutuhkan untuk memenangkan game ini dan keahlian individu yang digunakan seorang diri saja seakan menjadi tak berarti lagi.

Kelebihan lain dari Battlefield 3 adalah senjata

yang digunakan. Selain bisa digunakan untuk beberapa sesi, senjata itu pun bisa ditingkatkan spesifikasinya.

Ada banyak cara untuk menempuh seluruh lokasi kisah perjalanan Battlefield 3. Cara yang paling mudah adalah dengan berjalan kaki. Namun jangan lupa bahwa game ini sudah menyediakan banyak kendaraan canggih, seperti: tank, humvee, boat, helikopter, dan pesawat jet.

Semua kecanggihan itu pun ikut didukung oleh gambar yang sangat hidup dan nyata hasil grafis Frostbite 2.0TM Engine dengan setting layar “Ultra” dan resolusi Full HD.

Tampilan grafis ini sangat mendukung dramatisnya perang yang terjadi dalam Battlefield 3. Semua bangunan di game ini bisa dihancurkan secara permanen dan dahsyatnya kehancuran ini bisa dilihat dengan cara membandingkan peta permainan awal dan akhir.

Satu lagi, jangan lupa memasang speaker berkualitas tinggi sehingga gemuruh pekik peperangan serta suara senjata dan kendaraan bisa terdengar nyata.

Game ini sebaiknya dimainkan dengan:

Microsoft IntelliMouse Explorer 3.0

P

Km .

Battlefield 3 Modern Warfare 3

enekanan keahlian

Lebih mengarah pada kerja sama tim, tidak bisa sekadar mengandalkan keahlian individu.

Menekankan keahlian individu.

SenjataSenjata yang sama bisa digunakan untuk beberapa sesi. Spesifikasi senjata bisa ditingkatkan.

Sangat variatif. Keahlian pengguna senjata akan bertambah.

endaraanPemain bisa menjelajahi medan perang menggunakan berbagai

acam kendaraan

Pemain menjelajahi medan perang dengan berjalankaki.

AVAILABLE

SHOP

at

Page 58: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

58 Edisi 2 / I / 2012

Game ini menceritakan kehidupan di Bumi pada tahun 2027 ketika terjadi kontroversi penggunaan “mesin” dalam tubuh manusia (augmentation) yang akan membawa Anda ke era human cyborg.

Petualangan dimulai ketika Adam Jensen, seorang Security Expert dari Sarif Industries – salah satu perusahaan pendukung augmentation –tiba-tiba diserang oleh sekelompok tentara human cyborg bersenjata. Kondisi Jensen begitu parah dan Sarif Industries merehabilitasinya dengan teknologi augmentation. Jensen yang menjadi manusia berkekuatan “lebih” lalu berusaha mencari tahu dalang di balik penyerangan itu serta apa yang mereka cari.

Desain kota didominasi warna emas dan hitam, yang menguatkan suasana cyberpunk futuristic. Selain itu desain karakter dalam Deus

EX HR bisa dibilang “keren”. Gameplay hybrid (FPS, Stealth, dan Action RPG) dalam Deus EX HR cukup variatif karena biasanya terdapat lebih dari satu jalan untuk mencapai area tertentu dan aksesnya disertai dengan augmentations skill yang terus meningkat. Kualitas suara bernuansa techno dan nada yang terkesan futuristik begitu melekat dengan permainan, terutama lagu temanya yang berjudul “Icarus”.

Jika Anda seorang mainstream gamer Metal Gear SolidTM, Anda harus mencoba berlaga daam Deus EX: Human Revolution.

Animasi wajah terlihat •kuno.Musuh kurang pandai.•Boss fight • kurang variatif dan menantang.

PRO

KONTRA

Nuansa Futuristik •benar-benar “terasa”.Alur cerita menarik •untuk diikuti, sesuai dengan tema.Pengalaman bermain •lama dan memiliki replay value tinggi.

Game ini sebaiknya dimainkan dengan: Microsoft Sidewinder •

X4 Keyboard. Sidewinder X3 Mouse.•

Sekuel Deus EX – Deus EX Human Revolution – menjadi salah satu game yang peluncurannya ditunggu-tunggu banyak orang. Game ini mengambil setting sebelum Deus

EX dan Deux EX: Invisible War.

games DEUS EX & ASASSIN'S CREED

AVAILABLE

SHOP

at

Page 59: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

penjelajahan kota begitu menyenangkan. Hadirnya senjata baru, Hookblade, menambahkan eksplorasi gerak meluncur di tali, atau memanjat dinding yang tidak terjangkau. Di ACR, Ezio juga memiliki kemampuan tambahan meracik bermacam-macam jenis bom, mulai dari bom asap, bom berbau menyengat, bom racun, sampai bom berdaya ledak besar.

Jika berperan sebagai Ezio tak lagi menantang, peran Desmond – seorang assassin modern yang selama ini lebih banyak berada di balik layar, atau Altair – tokoh utama dalam Assassin's Creed seri pertama – dapat Anda mainkan. Musik latar bernuansa orkestra yang sangat kental, ditambah pengisi suara berdialek daerah tersebut menjadi daya tarik tersendiri dari game ini.

Edisi 2 / I / 2012

games DEUS EX & ASASSIN'S CREED

Ezio Auditore da Firenze berkelana melewati lintasan penuh bahaya yang akan membawanya

ke Konstantinopel. Master assassin zaman Renaissance yang 3 tahun lalu berhasil menggulingkan kekuasaan templar di Roma itu kemudian melanjutkan perjalanan ke Masyaf – kota tempat seorang assassin hebat, Altair Ibn La’Ahad. Dalam seri terbaru Assassin's Creed – Assassin’s Creed Revelations (ACR), Ezio akan mengajak Anda berpetualang menguak misteri dengan mencari 5 kunci untuk membuka perpustakaan Altair.

Peningkatan kualitas grafis sangat terasa pada detail kota Konstantinopel yang lebih hidup dan jubah Ezio yang terlihat lebih nyata. Peningkatan efek dan tekstur grafis juga terlihat pada bangunan-bangunan menarik, seperti Hagia Sophia, Menara Galata, dan lain-lainnya.

Beberapa penambahan variasi gerak membuat

Setelah menamatkan

Assassin's Creed Revolutions, jangan lupa menyaksikan

serunya final chapter Ezio Saga

yang dikemas dalam sebuah film pendek: Assassin's

Creed Embers.

Gerakan baru •membuat jelajah kota menyenangkan.Sistem perekrutan •brotherhood baru.Grafik bernilai •artistik tinggi serasa menghidupkan kembali kota Konstantinopel abad pertengahan.Musik latar yang •berkesan.Akhir cerita yang •menggugah hati.

Ide cerita yang kurang •berkembang dan terkesan "cepat".

KONTRA

PRO

59

AVAILABLE

SHOP

at

Page 60: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

60 Edisi 2 / I / 2012

Page 61: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

61Edisi 2 / I / 2012

Para penggemar game sekarang memiliki kesempatan untuk tenggelam dalam dunia

ajaib game sekelas Battlefield 3, dan bisa merasa seakan-akan merekalah yang menjadi tokoh utama dalam sebuah film laga, di Pazia Gaming House FX Plaza.

Pazia Gaming House dibuka pada bulan Desember 2011 di FX Plaza Jakarta. Pazia menjanjikan bahwa setiap pengunjung yang mencoba game di sini akan merasakan pengalaman yang spektakuler, sama seperti yang dijanjikan oleh game itu sendiri.

Sebelum dijadikan tempat untuk memperagakan game, Pazia Experience FX Plaza saat ini sudah menjadi tempat di mana Pazia memajang tiga layar LCD touch screen seukuran meja yang dinamakan PZ Touch. Sekalipun sudah canggih, pengalaman yang dinikmati pengunjung saat bermain game di layar ini hanya terbatas untuk game berkualitas visual "ringan".

Pada Gaming House yang mengambil tempat di ruang Multi Media, selain merasakan kecanggihan visual dari 3 layar Vikuiti yang digabungkan menjadi satu, pengalaman pengunjung juga akan diperkaya dengan kecanggihan audio.

Layar Vikuiti itu sendiri terbuat dari kaca film yang didesain khusus untuk menangkap cahaya proyektor dan didatangkan langsung dari

Singapura. Layar ini memiliki resolusi 3820 x 1024. Selain dukungan layar, para gamer bisa menikmati kecanggihan visual ini berkat adanya teknologi eyefinity dari AMD Radeon dan VGA berkualitas premium.

Kecanggihan audio yang ditawarkan pada Pazia Gaming House ini hadir berkat dukungan speaker berkualitas tinggi dan akustik ruangan yang didesain untuk menangkap suara. Dengan dinding yang

Gamingin a GamingHouse

sepenuhnya terbuat dari kaca tebal, semua suara yang dihasilkan dalam ruangan akan terperangkap dan tidak terdengar sama sekali dari luar. Prinsip kotak kaca ini akan membuat suara di dalam ruangan terdengar makin mantap.

Suasana di dalam Pazia Gaming House ini menjadi makin kaya dengan kecanggihan cahaya yang

terpancar dari lampu acak di langit-langit ruangan. Lampu ini menyala bergantian mengikuti pola yang ada, memancarkan cahaya yang senantiasa berganti warna sehingga ruangan tidak pernah terasa monoton.

Pazia Gaming House ini direncanakan untuk menjadi tempat di mana para pengunjung bisa mencoba sendiri semua game yang dijual di Pazia Shop.

... akan merasakan pengalaman yang spektakuler...

3 layar Vikuiti yang digabungkan menjadi satu

Page 62: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012

62 Edisi 2 / I / 2012

JAKARTAMall Citraland

Pazia Shop •Lau's Kopitiam •J.Co Donuts •Kopi Luwak •American Grill •Burger King •Dunkin Donuts •Bengawan Solo •Kawula Muda •Yopie Salon •Jhoni Andrean •

Mall Taman AnggrekPazia Shop •Sour Sally•Starbucks Coffee•J.Co•Donner Kebab•Mc Donald•Pepper Lunch•Hoka-Hoka Bento•Fish & Co.•Saint Cinnamon•

La PiazzaPazia Shop•Starbucks•

Plaza IndonesiaPazia Shop•

Grand IndonesiaPazia Shop•

Emporium PluitPazia Shop•

Gandaria CityPazia Shop•Concierge•

TANGERANGSummarecon Mall Serpong 2

Pazia Shop•

Supermal KarawaciPazia Shop•Cuppa Coffee•The Coffee Bean•

SURABAYATunjungan Plaza

Pazia Shop•Dante•Dome Café•The Coffee Bean•Java Mocha•Starbucks•Excelso•

Surabaya TownsquarePazia Shop•

SEMARANGParagon Mall

Pazia Shop•

MAKASSARTrans Studio Mall

Pazia Shop•ZView•

BANJARMASINDuta Mall

Pazia Shop•X.O Suki & Grill•Mr. Pancake•Excelso•Dunkin Donuts•

YOGYAKARTAPlaza Ambarrukmo

Pazia Shop•Boshe VVIP Club•Nanamia Pizzaria•Grisse Café & Lounge•Semesta Café•House of Balcony•

Kelapa GadingPazia Shop•Sushi Groove•Tenant MKG•Pizza Hut•J.Co•

Mall of IndonesiaPazia Shop•Starbucks•Excelso•J.Co•Ohlala Café•

Orion Mangga DuaPazia Shop•

FX PlazaPazia Shop•Harris Hotel•Segafredo•Café Cartel•Mata Uang•Kaffein•Tawan•Sale Senayan•The Coffee Bean•Delifrance•Dome•Little Penang•Celebrity Fitness•Yopie Salon•Bianco•Chirofira•Exenta•Pedro•Mazze•XX1•Mangkuk Putih•Quic•Global Art•

Page 63: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012
Page 64: Pazia IT News | Edisi 2/ I /2012