PARADIGMA BARU.docx

download PARADIGMA BARU.docx

of 64

  • date post

    02-Mar-2018
  • Category

    Documents

  • view

    222
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of PARADIGMA BARU.docx

  • 7/26/2019 PARADIGMA BARU.docx

    1/64

    PARADIGMA BARUPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

    Dwi Winarno, S.Pd, M. Si

    OLEH :

    RIMA MISLINA11041401041

    I A

    DOSEN : H. IKHSAN !USDA, SH, LLM, MM

    PROGRAM S"UD! S1 KEPERAWA"AN

    S"IK#$ !ARSI SUMBAR BUKI""INGGI

    "AHUN AKADEMIK 011%011

  • 7/26/2019 PARADIGMA BARU.docx

    2/64

    BAB I

    PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARADAN IDEOLOGI NASIONAL

    A.PANCASILA DALAM PENDEKATAN FILSAFAT

    Filsafat pancasila didefenisikan sebagai reeksi kritis dan rasional tentangpancasila dalam bangunan bangsa dan negara Indonesia.

    1. Nilai Nilai yang Terkandng !ada Pan"a#ilaSecar etimilogi nalai berasal dari kata value( Inggris ) yang berassal dari

    kata valere( Latin )yang berarti kuat , baik , berharga.Jadi nilai merupakansesuatu yang berharga , baik , dan berguna bagi manusia.ilai adalah suatupenetapan atau suatu kualitas yang menyangkut !enis atau minat.ilai adalahsuatu penghargaan atau suatu kualitas terhadap suatu hal yang dapat men!adidasar penentu tingkah laku manusia , karena suatu itu "

    #erguna ( useful) $ayakinan ( belief )

    %emuaskan ( satisfying)

    %enarik ( interesting)

    %enguntungkan (protable)

    %enyenangkan (pleasant)

    ilai & nilai yang merupakan perasaan dari lima pancasila adalah "') ilai $etuhanan) ilai $emanusiaan) ilai *ersatuan

    +) ilai $erakyatan) ilai $eadilan.

    -iri & ciri nilai " Suatu realitas abstrak.

    Seperti sebuah ide , yang berarti tidak dapat ditangkap melalui indera ,yang dapat ditangkap oleh ob!ek yang memiliki nilai.%isal gandum akanbernilai kemakmuran bila dibagikan dan diterima secara adil.

    #ersifat normatif.

    %erupakan suatu keharusan ( das sollen) yang menuntut diu!udkan dalamtingkah laku.%engandung harapan akan sesuatu yang diinginkan.%isalkeadilan.

    Sebagai moti/ator ( daya dorong ) manusia dalam bertindak.0indakan manusia digerakkan oleh nilai.%isalnya kepandaian.Setiap sisaberharap men!adi pandai atau pintar.$arena mengharapkan nilai.

    %enurut *rof. otonegoro , nilai ada macam,yaitu "') ilai materiil

    Sesuatu yang berguna bagi !asmani manusia.) ilai /ital

    Sesuatu yang berguna bagi manusia untuk melaksanakan kegiatan.

  • 7/26/2019 PARADIGMA BARU.docx

    3/64

    ) ilai kerohanian , dibedakan men!adi + macam, yaitu "a) ilai kebenaran bersumber pada akal piker menusia ( rasio , budi , cipta ).b) ilai estetika ( keindahan ) bersumber pada rasa manusia.c) ilai kebaikan atau nilai moral bersumber pada kehendak keras , karsa hati

    , nurani manusia.d) ilai religious ( ketuhanan ) bersifat mutlak bersumbe pada keyakinan

    manusia.

    1alter 2. 3/eret membagi nilai & nilai manusiai men!adi 4, yaitu "') ilai & nilai ekonomis ( ditun!ukkan oleh harga pasar dan meliputi semua benda

    yang dapat dibeli).) iali & nilai ke!asmanian ( membantu pada kesehatan , e5siensi , dan

    keindahan dari kehidupan badan ).) ilai permainan dan aktu senggang yang dapat menyeimbangkan pada

    pengayaan kehidupan ).+) ilai &nilai social ( berasal mula dari keutuhan pribadi dan sosial yang

    diinginkan ).

    ) ilai & nilai atak ( keseluruhan dari keutuhan kepribadian dan sosial yangdiinginkan ).

    6) ilai & nilai estetis ( nilai & nilai keindahan dalam alam dan karya seni ).7) ilai & nilai intelektual ( nilai & nilai pengetahuan dan penga!aran kebenaran ).4) ilai & nilai keagamaan.

    Ilmu 5lsafat , nilai dibagi men!adi yaitu "') ilai logika , yaitu nilai tentang benar salah.) ilai etika , yaitu nilai tentang baik buruk.) ilai estetika , yaitu nilai nilai tentang indah !elek.

    %enurut tinggi rendahnya , nilai dibagi men!adi "

    ') ilai & nilai kenikmatan0erdapat deretan nilai &nilai yang mengenakkan dan tidak mengenakkan, yangmenyababkan orang senang atau tidak senang.

    ) ilai & nilai kehidupan0edapat nilai & nilai yang penting dalam kehidupan , sperti kese!ahtaraan ,keadilan , kesegaran.

    ) ilai & nilai ke!iaan0erdapat nilai ke!iaan yang sama sekali tidak bergantung pada keadaan!asmani atau lingkungan.-ontoh " keindahan , kebenaran , kebaikan danpengetahuan murni.

    +) ilai & nilai kerohanian0erdapat modalitas nilai suci dan tidak suci.ilai seperti ini terutama terdiri darinilai & nilai pribadi.

    8alam 5lsafat *ancasila , ada tingkatan nilai "') ilai 8asar

    ilai yang mendasari nilai instrumental.ilai dasar yaitu asas & asas yang kitaterima sebagau dalil yang bersifat sedikit banyak mutlak.$ita menerima nilaidasar itu sebagai sesuatu yang benar , tidak perlu dipertanyakan lagi.

    ) ilai Instrumental

  • 7/26/2019 PARADIGMA BARU.docx

    4/64

    ilai sebagai pelaksanaan umum dari nilai dasar.9mumnya berbentuk normasosial dan norma hokum yang terkristalisasi dalam peraturan dan mekanismelembaga & lembaga egara.

    ) ilai *raktisilai yang kita laksanakan dalam kenyataan.%en!adi batu u!ian , apakah nilaidasar dan nilai instrumental itu benar & benar hidup dalam masyarakat

    Indonesia.

    ilai & nilai pancasila "') ilai $etuhana :ang %aha 3sa artinya adanya pengakuan dan keyakinan

    bangsa terhadap adanya 0uhan sebagai pencipta alam semesta.;danyakebebasan untuk memeluk agama , menghormati kemerdekaan beragama ,tidak ada paksaan serta tidak berlaku diskriminatif antarumat beragama.

    ) ilai kemanusiaan yang adil dan beradab artinya kesadaran sikap dan perilakuyang sesuai dengan nilai & nilai moral dalam hidup bersama atau dasasrtuntunan hati nurani dengan memperlakukan sesuatu hal sebagaimanamestinya.*engakuan terhadap hak asasi manusia.

    ) ilai persatuan Indonesia artinya usah kea rah bersatu dalam kebulatan rakyat

    untuk membina rasa nasionalisme dalam $perakilan artinya suatu pemerintahan demokrasi dengancara musyaarah mufakat melalui lembaga & lembaga perakilan.

    ) ilai keadilan sosial bagi selu!ruh rakyat Indonesia artinya sebagai dasar dantu!uan tercapainya masyarakat Indonesia yanf adil dan makmur secara lahirsan batin.

    $. Me%&dkan Nilai Pan"a#ila #e'agai N(r)a Bernegara

    orma adalah aturan pedoman bagi manusia dalam berperilaku sebagaiperu!udan dari nilai.ilai diu!udkan dalam bentuk norma.Sebuah nilai tidak bisamen!adi acuan bila tidak ada norma yang merupakan peru!udan dari nilai.-ontoh= buanglah sampah pada tempatnya? , norma ini meu!udkan nilaikebrsihan.$alau norma tersebut diikuti maka akan teru!ud nilai kebersihan.

    orma dalam kehidupan sehari & hari "') orma ;gama

    8itu!ukan kepada kea!iban manusia kepada 0uhan dan diri sendiri.Sumbernorma ini adalah a!aran & a!aran kepercayaan>agama yang dianggap sebagaiperintah 0uhan, dan 0uhanlah yang mengancam pelangaran & pelanggarannorma ini dengan sanksi.

    ) orma 3tik ( %oral )%erupakan norma yang paling besar, berhubungan dengan manusia danmenentukan bagaimana kita menilai seseorang.Sumber norma ini adalah dirimanusia sendiri yang bersifat otonom dan tidak ditun!ukkan kepada sikaplahir , tetapi sikap batin manusia.Sanksi pelanggarannya berasal dari dirisendiri.

    ) orma $esopanan ( orma ;dat , Sopan Santun , 0ata $rama , orma Fatsoen)

  • 7/26/2019 PARADIGMA BARU.docx

    5/64

    8idasarkan atas kebiasaan , kepatuhan , atau kepantasan yang berlaku dalammasyarakat.8aerah berlakunya sempit,terbatas secara lokal ataupribadi.Sanksi pelanggarannya berasal dari masyarakat setempat.

    +) orma @ukum#erasal dari luar diri manusia, yaitu yang memaksakan kepada kita,biasanyadalam kehidupan bernegar.a8apat pula berasal dari norma agama, norma

    kesopanan dan morma moral.Sanksi diberikan oleh egara.

    $etetapan %*< o. AI>%*BB' tentang 3tika $ehidupan #erbangsa ,#ernegara dan #ermasyarakat.8inyatakan merupakan pen!abaran nilai & nilaipancasila sebagai pedoman dalam berpikir , bersikap , dan bertingkah laku yangmerupakan cerminan dari nilai & nilai keagamaan dan keudayaan yang sudahmengakar dalam kehidupan masyarakat.#ertu!uan "a) %emberikan landasan etik moral bagi seluruh komponen bangsa dalam

    men!alankan kehidupan kebangsaan dalam berbagai aspek.b) %enentukan pokok & pokok etika kehidupan berbangsa , bernegara , dan

    bermsyarakat.c) %en!adi kerangka acuan dalam menge/aluasi pelaksanaan nilai & nilai etika

    dan moral dalam kehidupan berbangsa , bernegara dan bermasyarakat.

    3tika kehidupan berbangsa yaitu "

    ') 3tika Sosial dan #udaya8imaksudkan untuk menumbuhkan dan mengembangkan kembali kehidupanberbangsa yang berbudaya tinggi dengan menggugah , menghargai , danmengembangkan budaya local dan nasional serta menyiapkan budayatersebut untuk mampu melakukan adaptasi dan tidakan proaksi se!alandengan tuntutan globalisasi.

    ) 3tika *emerintahan dan *olitik8imaksudkan untuk meu!udkan pemerintahan yang bersih , e5sien , dan

    efektif serta menumbuhkan suasana politik yang demokratis yang bercirikanketerbukaan , rasa tanggung !aab , tanggap akan aspirasi rakyat ,mengharagai perbedaan , !u!ur dalam persaingan , kesediaan untuk menerimapendapat yang lebih benar alau datang dari orang per orang atau kelompokserta men!un!ung tinggi hak asasi manusia.

    ) 3tika 3konomi dan #isnis8imaksudkan agar prinsip dan perikalu ekonomi , baik pribadi , institusimaupun pengambilan keputusan dalm bidang ekomoni , dapat melahirkankondisi dan realitas ekonomi yang bercirikan persaingan yang !u!ur ,berkeadilan , mendorong berkembangnnya etos ker!a ekomoni , daya tahanekonomi , kemampuan saing , dan terciptannya suasana kondusif untukpemberdayaan ekonomi rakyat melalui usaha & usaha bersama secaraberkesinambungan.menghindarkan ter!adinya monopoli , oligopoli , kebi!akanekonomi bernuanssa $$ dan rasial.

    +) 3tika *enengakan @ukum yang #erkeadilan8imaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran baha tertib sosial ,ketenangan