Panduan Teknis Kpid Ntb Awards 2012

6
 Panduan egiatan Yang terbaik untuk NTB Untuk kedua kalinya, di medio tahun 2012, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Nusa Tenggara Barat akan menggelar Anugerah KPID NT B Award s 2012, ajang apresiasi dedikasi dan kreativitas karya terbaik insan penyi aran di Nusa Tenggar a Barat. Kegiat an ini diharapka n dapat mendorong lembaga penyiaran radio dan televisi lokal untuk bersaing, berkompetisi memproduksi program siaran yang sehat dan berkualitas. Kali ini mengangkat thema ” Yang Terbaik Untuk NTB”. Dalam menilai karya dan kreativitas insan penyiaran tersebut, KPID NTB mengacu dan berpedoman pada Undang-Undang Nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran serta Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran tahun 2009.  Ada 5 (kategori) yang akan dinilai tim juri, yakni: a. Kate go ri Radio 1. Pro gr am acara Ber ita 2. Program Acar a Dialog Inter akt if 3. Pro gr am Acara Hibura n ( Variety Music ) 4. Pemandu Acara Dialog Interakti f  5. Pen yi ar Radi o Hi bur an ( Variety Music) b. Kateg or i Tel evisi 1. Pr ogram acar a Beri ta 2. Pr ogram Acara Dial og I nterakti f  3. Prog ram Acara Hi bura n untuk Anak dan Remaj a 4. Pemandu Ac ar a Di al og Int er akti f  5. Pres ent er TV/Pembaca Berita c. Pen gh argaan Kh usu s 1. TV Jak arta yang punya pr ogr am ten tang N TB 2. Program lembag a peny iaran t erkait pembang unan NT B Bersai ng. 3. Lifetime Achievement Award  (Penghargaan seumur hidup)

Transcript of Panduan Teknis Kpid Ntb Awards 2012

5/13/2018 Panduan Teknis Kpid Ntb Awards 2012 - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/panduan-teknis-kpid-ntb-awards-2012 1/5

 

Panduan Kegiatan

Yang terbaik untuk NTB

Untuk kedua kalinya, di medio tahun 2012, Komisi Penyiaran IndonesiaDaerah (KPID) Nusa Tenggara Barat akan menggelar Anugerah KPIDNTB Awards 2012, ajang apresiasi dedikasi dan kreativitas karya terbaik

insan penyiaran di Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini diharapkan dapatmendorong lembaga penyiaran radio dan televisi lokal untuk bersaing,berkompetisi memproduksi program siaran yang sehat dan berkualitas.Kali ini mengangkat thema ”Yang Terbaik Untuk NTB ”.

Dalam menilai karya dan kreativitas insan penyiaran tersebut, KPID NTBmengacu dan berpedoman pada Undang-Undang Nomor 32 tahun 2002tentang penyiaran serta Pedoman Perilaku Penyiaran dan StandarProgram Siaran tahun 2009.

Ada 5 (kategori) yang akan dinilai tim juri, yakni:

a. Kategori Radio

1. Program acara Berita

2. Program Acara Dialog Interaktif

3. Program Acara Hiburan (Variety Music )

4. Pemandu Acara Dialog Interaktif

5. Penyiar Radio Hiburan (Variety Music)

b. Kategori Televisi

1. Program acara Berita

2. Program Acara Dialog Interaktif

3. Program Acara Hiburan untuk Anak dan Remaja

4. Pemandu Acara Dialog Interaktif

5. Presenter TV/Pembaca Berita

c. Penghargaan Khusus

1. TV Jakarta yang punya program tentang NTB

2. Program lembaga penyiaran terkait pembangunan NTB Bersaing.

3. Lifetime Achievement Award (Penghargaan seumur hidup)

5/13/2018 Panduan Teknis Kpid Ntb Awards 2012 - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/panduan-teknis-kpid-ntb-awards-2012 2/5

 

Untuk semua kategori, , masing-masing lembaga penyiaran radio danTV mengirimkan 2 (dua) karya/peserta.

Peserta Anugerah KPID NTB Awards 2012 adalah lembaga penyiaranradio dan TV yang minimal mengantongi rekomendasi kelayakan dariKPI/KPID NTB, atau sudah memiliki ISR (Izin Stasiun Radio) dan IPP(Izin Penyelenggaraan Penyiaran).

Setiap peserta agar mengirimkan program terbaik sesuai kategori yangditetapkan, dan sudah disiarkan/ditayangkan pada periode 1 Februari2011 hingga 10 April 2012. Materi tersebut direkam dalam kepinganDVD, VCD atau MP3, masing-masing 5 (lima) salinan untuk setiapkategori. Di setiap keping rekaman, mencantumkan:

a. Nama Stasiun Radio/TV

b. Kategori Program yang Diikuti

c. Judul/Episode

d. Tanggal/bulan/tahun penyiaran/penayangan

e. Sinopsis, Tujuan dan Deskripsi Program

Seluruh materi tersebut beserta logo radio dan TV (format jpg )dikirimkan ke Panitia Anugerah KPID NTB 2012, Jalan Udayana No.

14 Mataram diterima paling lambat tanggal 16 April 2012 Pkl. 14.00WITA.

Program-program tersebut akan dinilai oleh dewan juri yangindependen, bisa dipercaya dan ahli di bidangnya. Malam puncakacara rencananya akan diselenggarakan pada 25 Mei 2012 dandisiarkan seluruh stasiun radio dan TV lokal se-NTB.

Kriteria Penilaiana. Program acara yang dinilai tidak melanggar Undang-Undang

Penyiaran serta Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan StandarProgram Siaran (SPS).

b. Merupakan karya orisinil, bukan karya adaptasi terlebih lagi jiplakan.

c. Mengangkat kekhasan budaya lokal dan mengutamakannarasumber/pengisi acara lokal.

d. Program acara sejalan dengan visi misi KPID NTB.e. Aspek Jurnalistikf. Aspek Teknis

g. Aspek Estetika

5/13/2018 Panduan Teknis Kpid Ntb Awards 2012 - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/panduan-teknis-kpid-ntb-awards-2012 3/5

 

Berikut ini adalah definisi dan kriteria penilaian untuk masing-masingkategori program:

1. Program Berita Radio/TV

Program dalam bentuk bulletin berita dan atau berita mendalam(indepth news ) dengan durasi minimal 10 menit yang melaporkanperistiwa atau kejadian untuk pendengar atau pemirsa dengansenantiasa memegang teguh prinsip-prinsip jurnalistik sebagaimanadiatur dalam peraturan perundang-undangan dan kode etik jurnalistikyang ditetapkan Dewan Pers.

Kriteria penilaian program berita radio/TV:Isi Berita (40%) Meliputi: magnitude  berita, kelengkapan data, akurasi data, jumlahnarasumber, kompetensi narasumber, keberimbangan (cover both 

sides), tingkat kesulitan peliputan.

Estetika (30%) Kualitas audio (kejelasan, lafal), komposisi obyek, kualitas gambar,intonasi, penggunaan grafis/animasi, penggunaan sound effect,backsound, background.

Etika (30%) Azas praduga tak bersalah, kerahasiaan jatidiri anak-anak, bebas daripelecehan, tayangan/siaran yang ,merangsang pelanggarankesusilaan, tayangan/siaran yang menjijikkan, tayangan yang sadis,plagiat/pelanggaran hak cipta.

2. Program Dialog Interaktif

Program radio/TV bukan fiktif dalam bentuk percakapan yang dipanduseorang atau lebih pemandu/host, yang isinya memberikanpengetahuan, inspirasi, pencerahan dan pendidikan.

Kriteria penilaian program dialog interaktif:

Penyiar/host (40%) 

Meliputi: Ketepatan pertanyaan dan angle yang dipilih, relevansipertanyaan dengan topik, teknik menggali jawaban dari narasumber,gaya atau cara mengejar narasumber, fairness  (jika narasumber lebihdari satu), posisi sebagai pewawancara (interviewer) bukaninterogator, interaksi dengan pendengar/pemirsa (jika ada),Kesesuaian antara gaya dan tuntutan acara, body language  (bahasatubuh), intonasi dan vocal, tata rias wajah dan rambut, ketepatanpemilihan pakaian dan tatarias dengan paket acara keseluruhan.

Pengemasan/ Packaging (30%) Meliputi seting, latar panggung (back drop), teknik kamera, sound,lighting, ketersediaan visualisasi, audience  (jika ada), bumper in,bumper out, run down program, ilustrasi, credit title (informasi tentangtim produksi di akhir acara)

Isi/ Content (30%) Meliputi momentum/aktualitas, magnitude, kekuatan pesan (sangkutandengan kepentingan publik, memberi nilai pendidikan, inspirasi,motivasi, pencerahan dan menghibur), ketepatan pemilihannarasumber, kredibilitas dari narasumber sesuai dengan topic yangdisajikan, cover all sides , eksklusifitas.

5/13/2018 Panduan Teknis Kpid Ntb Awards 2012 - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/panduan-teknis-kpid-ntb-awards-2012 4/5

 

3. Program Hiburan (Variety Music )

Merupakan program non faktual, program siaran yang berisi ekspresi,pengalaman situasi dan atau kondisi individual dan atau kelompok

yang bersifat rekayasa atau imajinatif yang bersifat menghibur. Khususuntuk Radio dibatasi pada jenis progam musik pilihan pendengar,tangga lagu dan sejenisnya. Sedangkan Televisi adalah programhiburan untuk anak dan remaja.

Isi/Content (50%) Meliputi: Kreativitas ide acara, kekuatan muatan lokal, interaksi denganpendengar/pemirsa (jika ada), nilai human interest , kepatuhanterhadap P3 dan SPS.

Penyiar/host (25%) 

Meliputi: Air personality , kualitas bicara (voice skill   /quality, cepat-lambat, tempo,speed,beat, tinggi-rendah nada/pitch/intonasi, keras-lemah/volume, tekanan/aksentuasi, artikulasi/spelling pronunciation,kejelasan isi (singkat, padat dan jelas), Kualitas penyampaian(Kekayaan informasi, kedekatan, copy reading, adlibbing, Sense ofmusic (pengetahuan musik, komposisi urutan lagu.

Pengemasan/ Packaging (25%) Meliputi seting, latar panggung (back drop), teknik kamera, sound,lighting, ketersediaan visualisasi, audience  (jika ada), pemanfaatanteknik produksi studio (bumper in, bumper out, run down  program),ilustrasi, credit title (informasi tentang tim produksi di akhir acara) danpemanfaatan teknik pendukung lainnya.

4. Penyiar Radio/Pemandu Acara Hiburan

Aspek yang dinilai meliputiKualitas bicara (35%)voice skill  /quality, cepat-lambat, tempo, speed, beat, tinggi-rendahnada/pitch/intonasi, keras-lemah/volume, tekanan/aksentuasi,artikulasi/spelling pronunciation, kejelasan isi (singkat, padat dan jelas),

Air personality/Kualitas penyampaian (35%)Kekayaan informasi, kedekatan, copy reading, adlibbing , interaksidengan pendengar/pemirsa (jika ada), Kesesuaian antara gaya dantuntutan acara,

Sense of music (30%)Pengetahuan musik, komposisi urutan lagu, penguasaan run down acara dan clock program .

5. Penghargaan Khusus

Diberikan pada radio dan TV yang sangat produktif dan signifikanmembuat program berkaitan dengan dinamika pembangunan di NusaTenggara Barat. Sedangkan untuk Lifetime Achievement Award (penghargaan seumur hidup) diberikan kepada seseorang yang telahmengabdikan hidupnya, menjalani profesinya untuk kemajuan duniapenyiaran di Nusa Tenggara Barat.

Para pemenang berhak mendapatkan piagam, tropi Anugerah KPID NTB Awards 2012 dan dana pembinaan dari panitia.

5/13/2018 Panduan Teknis Kpid Ntb Awards 2012 - slidepdf.com

http://slidepdf.com/reader/full/panduan-teknis-kpid-ntb-awards-2012 5/5

 

PenutupDemikian panduan kegiatan ini dibuat untuk dapat digunakansebagaimana mestinya.

Untuk memperoleh informasi lebih lengkap mengenai pelaksanaan

Anugerah KPID NTB Awards 2012, silakan menghubungi:Panitia Anugerah KPID NTB Awards 2012Jln. Udayana No. 14 Mataram Telp/Fax (0370) 644264Mobile 081 854 4386, 0813 5359 8051e-mail: [email protected]; [email protected];

dan atau melalui [email protected]

Mataram, 22 Februari 2012