Panduan Lkti Ppipm Fair 2015

of 18/18
  • date post

    09-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    33
  • download

    4

Embed Size (px)

description

tata cara pendaftaran lkti

Transcript of Panduan Lkti Ppipm Fair 2015

  • Panduan Lomba Karya Tulis IlmiahPPIPM FAIR 2015

    A. Nama Lomba : Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Siswa dan Mahasiswa

    B. Tema : Strategi Inovasi Membangun Negeri Melalui IPTEKS (Ilmu Pengetahuan,Teknologi dan Seni) Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

    C. Sub Tema1. Pendidikan2. Teknologi

    3. Sosial dan Ekonomi4. Seni dan Budaya5. Energi dan Lingkungan6. Pariwisata

    D. Waktu Pelaksanaan

    No KEGIATAN WAKTU

    1 Sosialisasi dan Pemberitahuan Program Juni - Oktober 2015

    2 Pendaftaran LKTI Juni - 3 Oktober 2015

    3 Batas Pengiriman Karya/Dateline 3 Oktober 2015

    4 Tahap Seleksi Administratif 3 - 4 Oktober 2015

    5 Tahap Penilaian 5 - 12 Oktober 2015

    6 Pengumuman Finalis 14 September 20157 Presentasi Finalis 29 Oktober 2015

    8 Jalan-jalan wisata Sumatera Barat/Fieldtrip 30 Oktober 20159 Seminar Nasional 31 Oktober 2015

    10 Malam Inagurasi dan Pengumuman Nasional 31 Oktober 2015

    E. Mekanisme Pendaftaran

    1. Mengisi formulir pendaftaran yang telah terlampir pada panduan, kemudian formuliryang telah diisi dikirimkan ke email : [email protected] palinglambat tanggal 3 Oktober 2015 23:59 WIB

    2. Membayar uang pendaftaran sebesar: (uang pendaftaran sudah termasukpengeprinan karya sebanyak 3 rangkap oleh panitia)a. Rp 65.000/karya tulis bagi Siswa SMA sederajatb. Rp 95.000/karya tulis bagi Mahasiswa,

  • yang dapat dibayarkan melalui transfer ke rekening :BRI a.n SRI RAHMAYUNI, Bank BRI Cabang/unit 1269 KK UniversitasNegeri Padang dengan nomor rekening 1269-01-010471-53-7.

    Pembayaran maksimal 3 Oktober 2015, Pukul 23.00 WIB

    3. Setelah peserta membayar biaya pendaftaran, peserta wajib mengirimShort Messaging Service (SMS) konfirmasi kepada panitia dalam waktu 1 x24 jam, dengan format:

    PPIPM FAIR_SMA_LKTI_Nama Lengkap Ketua_3 kata pertama judulLKTI_ Asal Sekolah (bagi Siswa SMA sederajat)Contoh: PPIPM FAIR_SMA_LKTI_Diana Yuspita _Media InteraktifPembelajaran_SMAN 1 Padang.

    PPIPM FAIR_MHS_LKTI_Nama Lengkap Ketua_3 kata pertama judulLKTI_ Asal Universitas (bagi Mahasiswa)Contoh: PPIPM FAIR_MHS_LKTI_Nofri Sastriawan_ Asean EconomicSystem_Universitas Negeri Padang.

    Kirim ke : a.Elina (081993402472)b.Halima (087891520001)

    4. Batas akhir pengiriman karya adalah : 3 Oktober 2015 pukul 23.59 WIB5. Scan bukti pembayaran dan KTM atau Kartu Pelajar dilampirkan dalam berkas

    karya tulis.

    F. Pengiriman Berkas1. Karya tulis dikirimkan hanya dalam bentuk softcopy dalam format PDF dan Word

    97-2007 Document.

    2. Softcopy dalam bentuk PDF dan Word 97-2007 Document (cover hingga lampirandijadikan dalam satu file) dengan format nama file: SMA_LKTI_Nama lengkapketua_3 kata awal dari judul karya_Asal Sekolah (Untuk SMA sederajat).Serta MHS_LKTI_Nama lengkap ketua_ 3 kata awal dari judul karya_AsalUniversitas (Untuk Mahasiswa). yang dikirimkan ke alamat [email protected] Penerimaan Karya paling lama oleh panitia adalahtanggal 3 Oktober 2015 pukul 23.59 WIB

  • G. Penghargaan1. LKTI Siswa SMA Sederajat:

    a. Juara 1 : Rp 2.000.000,00+ Tropi + Sertifikat

    b.

    c.

    Juara 2

    Juara 3

    : Rp 1.500.000,00 + Tropi + Sertifikat

    : Rp 1.000.000,00 + Tropi + Sertifika

    d. Juara Harapan 1 : Tropi + Sertifikat

    e. Juara Harapan 2 : Tropi + Sertifikat

    2. LKTI Mahasiswa Nasional:a. Juara 1 : Rp 2.500.000,00+ Tropi + Sertifikat b.b. Juara 2 : Rp 2.000.000,00 + Tropi + Sertifikat c.c. Juara 3 : Rp 1.500.000,00 + Tropi + Sertifikat d.d. Juara Harapan 1 : Tropi + Sertifikat

    e. Juara Harapan 2 : Tropi + Sertifikat*Semua finalis mendapatkan sertifikat*Semua peserta mendapatkan sertifikat digital

    Semua finalis WAJIB ikut dalam acara fieldtrip dan Seminar Nasional padatanggal 30 - 31 Oktober 2015. Tiap anggota kelompok finalis LKTI Siswa (sepuluhbesar) dan mahasiswa (lima belas besar) akan dikenai biaya akomodasi tambahan.

  • PERSYARATAN DAN KETENTUAN PENULISAN

    A. Persyaratan Administratif1. Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah terdaftar sebagai siswa di salah satu

    SMA/Sederajat di Indonesia yang dibuktikan dengan melampirkan fotocopy Kartupelajar.

    2. Peserta tingkat mahasiswa nasional merupakan mahasiswa aktif dan terdaftarmengikuti program pendidikan S1 atau Diploma yang dibuktikan denganmelampirkan fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa.

    3. Tim peserta terdiri dari minimal 2 orang dan maksimal 3 orang dengan 1 orangsebagai ketua dan yang lain sebagai anggota kelompok, dan untuk mahasiswa dapatberasal dari program studi yang berbeda tetapi masih dalam perguruan tinggi yangsama.

    4. Satu orang dapat bergabung dalam 3 tim yang berbeda/sama tetapi hanya bolehmenjadi ketua pada satu karya.

    5. Karya yang dikirimkan adalah karya asli yang belum pernah dipublikasikan danbelum pernah menjadi juara pada event sebelumnya.

    6. Seorang dosen pembimbing (untuk mahasiswa) dan guru pembimbing (untuksiswa) diperkenankan membimbing lebih dari satu kelompok pengusul LKTI,maksimum 5 (lima) kelompok.

    B. Sifat dan Isi TulisanSifat dan isi tulisan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:1. Kreatif dan Inovatif2. Orisinalitas karya3. Kelayakan implementasi

    4. Logis dan Sistematis

    C. Persyaratan Penulisan1. Naskah ditulis maksimal 20-25 halaman. Jumlah halaman tidak termasuk

    cover, halaman pengesahan, lembar orisinalitas, ringkasan, daftar isi/gambar/tabelserta lampiran-lampiran). Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuanjumlah halaman akan mempengaruhi penilaian.

  • 2. Karya tulis merupakan gagasan orisinil buatan peserta dan belum pernah atau tidaksedang diikutsertakan dalam lomba sejenis.

    3. Bahasa Indonesia yang digunakan harus baku dan ejaan sesuai dengan PedomanUmum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD).

    4. Naskah diketik pada kertas HVS warna putih ukuran A4 dengan 1,5spasi dan menggunakan jenis dan ukuran huruf Times New Roman 12.

    5. Batas pengetikan: Sampingkiri 4 cm Sampingkanan 3 cm Batasatas 3 cm

    Batas bawah 3 cm6. Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-bab 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di bawahnya

    1,5 spasi.7. Bab dan Judul Bab diketik di tengah-tengah menggunakan huruf besar, dicetak

    tebal, dan tanpa digaris-bawahi. Judul Sub-bab ditulis dari samping kiri, hurufpertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-katatugas, seperti kata di, ke, dari, yang, antara, pada, untuk, tentang,dengan, dan kata sambung seperti dan, atau, sejak, setelah, karena,dicetak tebal, dan tanpa digaris-bawahi. Judul anak Sub-bab ditulis dari sampingkiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital),kecuali kata-kata tugas, seperti k ata di, ke, dari, yang, antara, pada,untuk, tentang, dengan, dan kata sambung seperti dan, atau, sejak,setelah, karena.

    8. Awal alinea diketik menjorok 5 point atau 1,25 cm. Pengetikan kutipan langsungyang lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semuanya tanpadiberi tanda petik.

    9. Nomor pada bagian awal mulai dari lembar pengesahan hingga ringkasandigunakan Angka Romawi Kecil (i, ii, iii, iv dan seterusnya). Nomor halamanditulis pada bagian kanan bawah.

    10. Bagian inti karya tulis mulai dari Pendahuluan sampai dengan BagianPenutup memakai angka Arab (1, 2, 3 dan seterusnya). Nomor halaman ditulis padabagian kanan atas.

    11. Ringkasan dan Daftar Pustaka diketik 1 spasi.12. Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya

  • dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakanangka arab.

    13. Gambar baik dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomorangambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis dibawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka arab.

    D. SISTEMATIKA PENULISAN1. Bagian Awal

    a. Halaman judul (Cover) Logo perguruan tinggi.

    Judul diketik dengan huruf besar (kapital), hendaknya ekspresif, sesuai,dan tepat dengan masalah yang ditulis, serta tidak membukapeluang untuk penafsiran ganda.

    Nama dan NIM (untuk mahasiswa) dan nomor pelajar (untuk siswa) sertatahun angkatan ditulis dengan jelas.

    Perguruan tinggi, kota asal dan tahun penulisan ditulis dengan jelas.

    b. Lembar Pengesahan

    Lembar pengesahan memuat Judul, nama lengkap ketua pelaksana, nomor

    induk mahasiswa, jurusan/fakultas, asal perguruan tinggi, alamat, no.telp/HP, email, jumlah anggota, serta nama dosen/guru pembimbing, NIP,dan no.telp/HP, (contoh terlampir).

    Lembar pengesahan ditandatangan oleh Ketua Kelompok, DosenPembimbing dan Rektor / Wakil Rektor/ Dekan/ Wakil Dekan BidangKemahasiswaan.

    Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.

    c. Lembar OrisinalitasLembar pern yataan keaslian dan belum pernah dikompetisikan dan ataudipublikasikan dengan materai yang ditanda tangani Ketua Kelompok dan DosenPembimbing. (contoh terlampir).

    d. Kata Pengantare. Daftar isif. Daftar Gambar/Tabel/Daftar Lampiran jika diperlukan

  • g. RingkasanRingkasan kar ya tulis disusun maksimal 1 halaman (1 spasi) yang merupakaninti sari seluruh tulisan meliputi: latar belakang, tujuan, landasan teori yangmendukung, metode penulisan, pembahasan, dan kesimpulan.

    2. Bagian IntiJudul bab dari bagian inti adalah sebagai berikut :

    BAB I. Pendahuluan

    Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:

    1) Latar belakang berisi gambaran umum mengenai topik yang diangkat sertaalasan memilih pokok permasalahan menjadi karya tulis.

    2) Perumusan masalah berisi uraian tentang inti permasalahan yang akan ditelaah.

    3) Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.

    BAB II. Tinjauan Pustaka

    Tinjauan Pustaka berisi:

    1) Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan denganmasalah yang dikaji dengan data-data yang dapat dipertanggungjawabkan;

    2) Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.

    3) Kutipan akan lebih baik bila diambil dari sumber pustaka primer sepertijurnal penelitian, buletin, buku, prosiding seminar, maupun internet.Namun tidak diperbolehkan mengutip dari blog milik pribadi.

    BAB III. Metode PenulisanMetode penulisan menyajikan langkah-langkah/prosedur pengumpulan data atauinformasi.

    BAB IV. PembahasanPembahasan menguraikan Uraian hasil kajian, temuan, ide pengembangan yang sesuaidengan rumusan masalah dan tujuan didasarkan pada data atau informasi serta tinjauanpustaka.

  • BAB V. PenutupJudul bab dari bagian penutup adalah sebagai berikut :

    a. Simpulan Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab tujuan.

    b. Saran Saran disampaikan secara spesifik sejalan dengan implikasi kebijakan.

    Daftar PustakaDitulis untuk memberi informasi sehingga dapat dengan mudah menemukan

    yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai denganmenulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan namapenerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis,tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftarpustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya dan waktupengambilan.

    Daftar Riwayat HidupDaftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal

    mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah yangpernah dibuat, dan penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.

    LampiranLampiran minimal memuat:

    a. Scan bukti pembayaranb. Scan KTM (bagi mahasiswa) dan Kartu Pelajar (bagi siswa)c. Lampiran lainnya yang diperlukan dan jika ada.

  • FORMAT DAN STRUKTUR PENULISANa. Format Kulit Muka

    Logo

    Universitas/Sekolah

    Lomba Karya Tulis Ilmiah PPIPM FAIR 2015JUDUL LKTI

    .

    Diusulkan oleh :

    (Nama Ketua Kelompok)(Nama nama Anggota Kelompok)

    (Penulisan Nama Ketua maupun Anggota harusmenyertakan NIM atau Nomor Pelajar dan tahun angkatan

    NAMA PERGURUAN TINGGI/SMA/SMK/MAKOTA

    TAHUN

  • FORMAT LEMBAR PENGESAHAN LKTI

    LEMBAR PENGESAHAN LKTI PPIPM FAIR 2015

    1. Judul Karya Tulis :2. Sub Tema :3. Ketua Pelaksana

    a. Nama Lengkap :b. NIM :c. Jurusan :d. Universitas/Institut/Politeknik :e. Alamat Rumah dan No Tel./HP :f. Alamat email :

    4. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis : orang5. Dosen/Guru Pembimbing

    a. Nama Lengkap dan Gelar :b. NIP :c. Alamat Rumah dan No Tel./HP :

    Kota, Tanggal dan Bulan serta Tahun

    Mengetahui,

    Dosen/Guru Pembimbing Ketua Pelaksana

    ( ) ( )NIP. NIM.

    Menyetujui,Pembantu atau Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan/Direktur Politeknik/ Kepala Sekolah

    ( )NIP.

  • FORMAT LEMBAR ORISINALITAS

    LEMBAR ORISINALITAS KARYA TULIS

    Yang bertanda tangan di bawah ini :Nama Ketua Tim :Asal Universitas/Sekolah :NIM :Alamat :

    dengan ini menyatakan bahwa karya tulis dengan judul, yang diikutsertakan dalam Lomba Karya TulisIlmiah (LKTI) PPIM FAIR 2015 adalah benar merupakan kar ya kami dan karya tulistersebut belum pernah menjadi finalis atau memenangkan perlombaan sejenis di tempat yanglain.Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya. Jika kemudian menyalahiaturan, karya saya berhak didiskualifikasi dari perlombaan tersebut.

    Kota, tanggal-bulan-2015

    Diketahui, Yang Membuat PernyataanPembimbing Ketua TIM

    MateraiRp. 6.000

    ( ) ( )NIP. NIM

  • FORMULIR PENDAFTARAN PESERTA LKTI

    Nama Ketua Tim :

    Nama Anggota 1 :

    Nama Anggota 2 :

    Telepon/HP Ketua :

    Telepon/HP Anggota 1 : .....

    Telepon/HP Anggota 2 :

    Email Ketua :

    Asal Perguruan Tinggi :

    Fakultas/Jurusan Ketua :

    Fakultas/Jurusan Anggota 1 :

    Fakultas/Jurusan Anggota 2 :

    Judul Paper :..

    .., 2015

    PAS FOTO3 x 4

    PAS FOTO3 x 4

    PAS FOTO3 x 4

    Keterangan : Foto Formal BackgroundMerah atau Biru ()

  • PENILAIAN LKTI

    LKTI2015

    ID LAPORAN LKTI:

    Penilai1.2.

    Judul LKTIKetuaAnggota 1Anggota 2Perguruan Tinggi

    NO KRITERIA

    Bobot Skor1-6

    Nilai(Bobot x Skor)

    1 JUDULKesesuaian isi dan judul artikel

    5

    2 RINGKASANLatar belakang, Tujuan, Kesimpulan, 10

    3 PENDAHULUANPersoalan yang mendasari pelaksanaan Uraiandasar2 keilmuan yang mendukung Kemutakhiransubstansi

    25

    4 TUJUANMenemukan teknik/konsep/metode sebagai jawab atasPersoalan

    5

    5 METODEKesesuaian dengan persoalan yang akandiselesaikan, Pengembangan metode baru,Penggunaan metodeyang sudah ada

    10

    6 HASIL DAN PEMBAHASAN Kumpulan dankejelasan penampilan data Proses/teknikpengolahan data, Ketajaman analisis dan sintesisdata,Perbandingan hasil dengan hipotesis atauhasil sejenis sebelumnya

    30

    7 KESIMPULANTingkat ketercapaian hasil dengan tujuan 10

    8 DAFTAR PUSTAKADitulis sesuai dengan peraturan model Harvard atauVancouver, Sesuai dengan uraiansitasi, Kemutakhiran pustaka

    5

    Format Penilaian Karya LKTI

  • TOTAL 100

    Nilai Karya 60 %

    Padang , 2015

    Komentar : Penilai,

  • Penilaian Presentasi Karya Tulis

    No Kriteria Penilaian BobotSkor1-4

    Nilai (Bobot xSkor)

    1. Format Makalahsistematika penyajian dan isi kemutlakan alat bantu,Penggunaan bahasa yang baku, cara, dan sikap presentasi,kekompakan tim dan ketetapan waktu

    20

    2. GagasanKreatifitas gagasan (keunikan, manfaat, dan dampak),Kelayakan implementasi

    50

    3. Sumber InformasiTingkat pemahaman gagasan, Strategi mempertahankangagasan

    30

    Total 100

    Nilai Presentasi 40 %

  • Untuk informasi lebih lanjut tentang LKTI ini dapat menghubungi panitia:Contact Person :

    1. Ketua PPIPM UNP : 085766452843 (Ikhwan)2. Ketua Pelaksana : 085362857776 (Edi)3. Departemen Keilmiahan : 081267031968 (Arif)4. Sekretaris : 081993402472 (Elina)5. Humas : 081372589207 (Ibrahim)

    1. Fb : ppipm fair2. Twitter : @ppipmfair3. Email : [email protected] Web : fair.ppipm-unp.com