Panduan Kerja Praktek 2015

40
LEMBAR PENGESAHAN “Panduan Kerja Praktek Mahasiswa Jurusan Analis Kimia Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2015” Menyetujui, Singaraja, 13 Januari 2015 Ketua Jurusan Analis Kimia, Ketua Panitia Kerja Praktek, Dr. I Made Gunamantha, ST., M.MT Dr. rer. nat. I G.N.A. Suryaputra, S.T., M.Sc. NIP.19680828 200212 1 001 NIP. 197712172003121002 Mengetahui, Dekan FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha,

description

fw

Transcript of Panduan Kerja Praktek 2015

Panduan Kerja Praktek

LEMBAR PENGESAHAN

Panduan Kerja Praktek Mahasiswa Jurusan Analis Kimia Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2015

Menyetujui, Singaraja, 13 Januari 2015Ketua Jurusan Analis Kimia, Ketua Panitia Kerja Praktek,

Dr. I Made Gunamantha, ST., M.MT Dr. rer. nat. I G.N.A. Suryaputra, S.T., M.Sc.NIP.19680828 200212 1 001 NIP. 197712172003121002

Mengetahui,Dekan FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha,

Prof. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si NIP. 19581231 198601 1 005

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Mahaesa, karena atas berkat-NYA perangkat dan petunjuk teknis kerja praktek mahasiswa ini dapat disusun sebagaimana adanya sebagai acuan pelaksanaan kerja praktek.Kerja praktek mahasiswa yang dilaksanakan oleh Jurusan Analis Kimia FMIPA Undiksha bertujuan untuk:1. Sarana implementasi dasar keilmuan kimia analisis dalam dunia kerja;2. Meningkatkan kompetensi mahasiswa sesuai dengan bidang keahliannya;3. Memperoleh pengalaman kerja sesuai dengan standar industri;4. Meningkatkan etos kerja sesuai dengan standar industri;5. Menumbuhkan dan melatih sikap, etika yang baik dalam berinteraksi social dengan.Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terkait dalam mewujudkan panduan kerja praktek ini, semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa selalu memberkati upaya baik yang telah dilakukan.

Singaraja, 13 Januari 2015Panitia Kerja Praktek.

DAFTAR ISI

LEMBAR PENGESAHAN1KATA PENGANTAR2VISI DAN MISI5TATA TERTIB6FORMAT LAPORAN KERJA PRAKTEK7

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1. Contoh Format Sampul DepanLampiran 2. Contoh Format Lembar PengesahanLampiran 3. Contoh Format Kata PengantarLampiran 4. Contoh Format Daftar IsiLampiran 5. Contoh Format Daftar GambarLampiran 6. Contoh Format Daftar TabelLampiran 7. Format Daftar PustakaLampiran 8. Format Laporan Pemantauan Kerja PraktekLampiran 9. Format Rencana Kerja PraktekLampiran 10. Format Penilaian Kerja Praktek Pembimbing LapanganLampiran 11. Format Daftar Hadir MahasiswaLampiran 12. Susunan Panitia Kerja Praktek MahasiswaLampiran 13. Jadwal Kegiatan KPLampiran 14. Susunan Pembimbing, Pemonitoring dan Penguji Kerja Praktek.

VISI DAN MISI

JURUSAN ANALIS KIMIA FMIPA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

VISITerwujudnya Jurusan Analis Kimia yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menghasilkan tenaga profesional dalam bidang analisis kimia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

MISIMenyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi dalam bidang analisis kimia.

TATA TERTIBPELAKSANAAN KERJA PRAKTEK

Hasil pelaksanaan Kerja Praktek (KP) dapat tercapai secara maksimal didukung disiplin mahasiswa yang menjalankannya. Setiap mahasiswa wajib mengetahui, mengikuti, memahami dan melaksanakan disiplin kerja yang dibebankan kepadanya serta selalu memperhatiakan keselamatan dan kesehatan kerja, sehingga perlu dituangkan suatu tata tertib sebagai berikut.A. UMUM1. Hadir minimal 15 menit sebelum KP dilaksanakan dan selalu menandatangani daftar hadir yang akan diperiksa saat monitoring dari pihak Jurusan Analis Kimia,2. Bersikap sopan, santun, jujur dan ramah serta bertanggungjawab terhadap pekerjaan yang diberikan,3. Mentaati peraturan yang ditetapkan oleh intansi tempat KP,4. Segera melaksanakan konsultasi apabila mengalami hambatan, gangguan, keraguan dan bahkan terjadi kerusakan alat,5. Memegang teguh rahasia instansi tempat KP,6. Menjunjung tinggi nama baik almamater dan instansi tempat KP,

B. SELAMA KERJA PRAKTEK1. Peserta KP yang ijin berencana agar melapor kepada pembimbing lapangan,2. Peserta KP yang sakit harus dibuktikan dengan surat keterangan sakit dari dokter dan disampaikan kepada pembimbing lapangan,3. Ketidakhadiran tanpa keterangan maksimal 3 (tiga) kali atau 3 (tiga) hari kerja,4. Peserta KP dilarang:a. Merokok di tempat KP,b. Menerima tamu pribadi tanpa ijin pembimbing lapangan,c. Melaksanakan pekerjaan di luar yang telah ditetapkan oleh instansi tempat KP, kecuali atas ijin pembimbing lapangan,d. Melakukan hal-hal di luar kewajaran dan/atau melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh instansi KP dan Universitas Pendidikan Ganesha.5. Hal-hal yang belum diatur dalam tata tertib ini akan di atur kemudian dan/atau disesuaikan dengan kondisi di lapangan melalui koordinasi yang wajar.

FORMAT LAPORAN KERJA PRAKTEK

Secara umum format laporan pelaksanaan kerja praktek mahasiswa Jurusan Analis Kimia Fakultas MIPA Universitas Pendidikan Ganesha terdiri dari:1. Sampul depan2. Lembar pengesahan 3. Kata pengantar4. Daftar isi5. Daftar gambar (bila ada)6. Daftar tabel (bila ada)7. Isi Laporan Kerja Praktek yang terdiri atasa. BAB I Pendahuluan yang terdiri atas: latar belakang, tujuan dan manfaatb. BAB II Profil Instansic. BAB III Rincian Pelaksanaan Kerja praktekd. BAB IV Hasil dan Pembahasane. BAB V Penutup yang terdiri atas kesimpulan dan saran.8. Daftar Pustaka9. Lampiran.

Penjelasan.1. Sampul depan.Sampul depan terdiri dari judul laporan kerja praktek, logo Undiksha (latar belakang putih), nama lengkap mahasiswa dan NIM serta identitas lengkap lembaga (nama jurusan, fakultas, universitas; semua tidak disingkat) serta tahun pelaksanaan kerja praktek. SAMPUL DEPAN BERWARNA HIJAU. Contoh format sampul depan disajikan pada Lampiran 1.2. Lembar pengesahanLembar pengesahan merupakan satu bagian yang menyatakan bahwa laporan telah sah diselesaikan dan diujikan. Pada lembar ini terdiri atas: pernyataan Dengan ini dinyatakan bahwa laporan kerja praktek telah sah diselesaikan, judul laporan, nama lengkap mahasiswa, NIM, nama dan tandatangan dosen pembimbing, pembimbing lapangan dan mengetahui Ketua Jurusan Analis Kimia FMIPA Undiksha (tandatangan menggunakan tinta biru). Contoh format lembar pengesahan seperti pada Lampiran 2.3. Daftar isiDaftar isi memuat tentang isi dari laporan secara keseluruhan yang dimulai dari lembar pengesahan sampai dengan lampiran-lampiran. Contoh format daftar isi seperti yang disajikan pada Lampiran 3.4. Daftar gambar (bila ada)Daftar gambar memuat semua gambar dalam isi laporan kecuali gambar dalam lampiran. Contoh format daftar gambar seperti yang disajikan pada Lampiran 4.5. Daftar tabel (bila ada)Daftar tabel memuat tentang sejumlah tabel dalam isi laporan kecuali tabel dalam lampiran. Contoh format daftar tabel seperti yang disajikan pada Lampiran 5.6. Isi laporan kerja praktekIsi dari laporan kerja praktek terdiri atas:BAB I. PENDAHULUANMenjelaskan mengenai hal yang melatarbelakangi pelaksanaan kegiatan kerja praktek; alasan pemilihan lokasi kerja praktek. Bagian ini juga berisi tujuan dan manfaat kegiatan.

BAB II. PROFIL INSTANSIMemuat sejarah, struktur organisasi instansi atau perusahaan dan juga unit tempat Kerja praktek dilaksanakan.

BAB III. RINCIAN PELAKSANAAN KERJA PRAKTEKMenjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan sistem kerja secara menyeluruh yang relevan dengan tugas selama Kerja praktek dan kegiatan yang rinci dalam unit tersebut. Rincian ini termasuk waktu, tempat dan jadwal pelaksanaan, rekan Kerja praktek (termasuk pula mahasiswa selain mahasiswa Jurusan Analis Kimia FMIPA Undiksha jika ada), notulen pertemuan/rapat (jika ada), hubungan atau interaksi dengan pembimbing lapangan (penyelia) dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pelaksanaan kerja praktek. Dalam bab ini, setiap kegiatan yang menggunakan metode analisis tertentu, baik metode internal maupun metode umum (seperti AOAC) dalam tulisan hanya merujuk metode tertentu dan rincian lengkap metode tersebut ditempatkan dalam lampiran.BAB IV HASIL DAN PEMBAHASANMenjelaskan mengenai 1 (satu) atau lebih jenis pekerjaan rutin yang dilakukan selama pelaksanaan kerja praktek, termasuk analisis hasil pekerjaan dan intepretasinya berdasarkan kajian teori yang terkait. Selain itu juga memuat mengenai masalah yang dihadapi dan pemecahannya yang berhubungan ataupun tidak dengan 1 (satu) atau pekerjaan rutin yang dilakukan. Urutan penulisan adalah hasil dari 1 (satu) kegiatan dilanjutkan dengan pembahasannya, kemudian dilanjutkan ke hasil dan pembahasan berikutnya dengan kegiatan yang berbeda. Sedangkan kendala yang ditemukan selama KP, dibahas pada subbab yang berbeda.

Bentuk format Tabel 1.1Tabel 1.1 Standar indeks massa tubuh, klasifikasi dan resiko komorbiditas (pustaka).KlasifikasiIMT (kg/m2)Risiko Komorbiditas

Kekurangan berat badan