Panduan Karya Tulis IES 2015

15
PEDOMAN INNOVATION ENGINEERING FOR SOCIETY (IES) Writing Competition 2015 Deskripsi Indonesia merupakan salah satu Negara dengan jumlah sungai yang banyak. Sungai merupakan salah satu sumber daya alam utama yang dibutuhkan oleh manusia sejak zaman purba, Sebuah peradaban dibangun dan berkembang di bantaran sungai. Manusia memanfaatkan tepian sungai sebagi pemukiman dan sumber mata pencaharian Jumlah penduduk Indonesia yang meningkat pesat setiap tahunnya, mmenyebabkan lahan untuk tempat tinggal semakin sempit, sehingga harus membangun rumah sampai tepian sungai. Namun dalam hal ini, permukiman di daerah bantaran sungai tersebut adalah daerah diluar garis sempadan sungai. Permasalahan yang dihadapi di daerah permukiman tersebut sangat beragam. Antara lain tentang lingkungan, rawan banjir, tata permukiman yang tidak teratur dan cenderung padat kumuh, ekonomi masyarakat yang masih rendah, dan masih banyak lagi. Dengan adanya permasalahan tersebut, kami mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah ini dengan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di permukiman daerah bantaran sungai tersebut. Harapan dengan adanya lomba ini akan tercipta inovasi-inovasi dalam bidang teknologi lingkungan, tata ruang permukiman, dan teknologi yang dapat meningkatkan taraf ekonomi yang bermanfaat untuk masyarakat setempat. A. Tema Tema : Pengembangan Kawasan Permukiman Padat Kumuh di Daerah Bantaran SungaiSub tema IES Writing Competition antara lain : 1. Inovasi teknologi lingkungan untuk mewujudkan lingkungan yang ideal 2. Inovasi tata permukiman dalam upaya mewujudkan kenyamanan ruang dan lingkungan 3. Inovasi teknologi untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat

description

Panduan ini berisi tentang ketentuan lomba dan sejenisnya, untuk mengikuti lomba IES

Transcript of Panduan Karya Tulis IES 2015

  • PEDOMAN INNOVATION ENGINEERINGFOR SOCIETY (IES) Writing Competition

    2015

    Deskripsi

    Indonesia merupakan salah satu Negara dengan jumlah sungai yang banyak. Sungaimerupakan salah satu sumber daya alam utama yang dibutuhkan oleh manusia sejak zamanpurba, Sebuah peradaban dibangun dan berkembang di bantaran sungai. Manusiamemanfaatkan tepian sungai sebagi pemukiman dan sumber mata pencaharian Jumlahpenduduk Indonesia yang meningkat pesat setiap tahunnya, mmenyebabkan lahan untuktempat tinggal semakin sempit, sehingga harus membangun rumah sampai tepian sungai.Namun dalam hal ini, permukiman di daerah bantaran sungai tersebut adalah daerah diluargaris sempadan sungai.

    Permasalahan yang dihadapi di daerah permukiman tersebut sangat beragam. Antaralain tentang lingkungan, rawan banjir, tata permukiman yang tidak teratur dan cenderungpadat kumuh, ekonomi masyarakat yang masih rendah, dan masih banyak lagi.

    Dengan adanya permasalahan tersebut, kami mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiahini dengan tujuan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di permukiman daerahbantaran sungai tersebut. Harapan dengan adanya lomba ini akan tercipta inovasi-inovasidalam bidang teknologi lingkungan, tata ruang permukiman, dan teknologi yang dapatmeningkatkan taraf ekonomi yang bermanfaat untuk masyarakat setempat.

    A. TemaTema : Pengembangan Kawasan Permukiman Padat Kumuh di Daerah Bantaran

    SungaiSub tema IES Writing Competition antara lain :

    1. Inovasi teknologi lingkungan untuk mewujudkan lingkungan yang ideal2. Inovasi tata permukiman dalam upaya mewujudkan kenyamanan ruang dan

    lingkungan3. Inovasi teknologi untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat

  • B. Sub Tema1. Inovasi teknologi lingkungan untuk mewujudkan lingkungan yang ideal.

    Menciptakan inovasi-inovasi teknologi yang berguna dalam pelestarian lingkunganuntuk menciptakan sebuah kondisi lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman.Teknologi lingkungan yang berguna dalam daur ulang dan menghasilkan sumberenergi terbarukan.

    2. Inovasi tata permukiman dalam upaya mewujudkan kenyamanan ruang danlingkungan. Invosi dalam tata ruang pada pemukiman di bantaran sungai untukmenciptakan kondisi pemukiman yang nyaman bagi masyarakat denganpemanfaatan lahan secara maksimal dengan tetap memperhatikan peraturan garissempadan sungai.

    3. Inovasi teknologi untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.Menginovasikan teknologi-teknologi yang memiliki nilai manfaat yang besar bagipeningkatan taraf ekonomi masyarakat menengah ke bawah di pemukiman daerahbantaran sungai.

    C. Sifat Tulisan1. Karya tulis dapat merepresentasikan gagasan yang kreatif, inovatif dan solutif

    mengenai Pengembangan Kawasan Permukiman Padat Kumuh di Daerah BantaranSungai

    2. Karya tulis mengandung tiga aspek penilaian.3. Karya tulis bersifat orisinil dan belum pernah menjadi juara di ajang kompetisi yang

    serupa.4. Karya tulis bersifat objektif, tidak mengandung SARA dan di dukung oleh fakta yang

    aktual.5. Karya tulis dapat berupa hasil telaah pustaka maupun penelitian.6. Penulisan dilakukan secara sistematis dan logis dengan penggunaan Bahasa Indonesia

    yang baik dan benar, sesuai EYD.

    D. Ketentuan Peserta1. Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah adalah mahasiswa aktif jenjang S1 atau Diploma

    perguruan tinggi seluruh Indonesia.2. Peserta dapat berupa perorangan atau kelompok dengan anggota maksimal 3 orang dari

    perguruan tinggi yang sama.3. Peserta dalam satu tim diperbolehkan berasal dari disiplin ilmu yang berbeda namun

  • masih dalam satu perguruan tinggi.4. Setiap mahasiswa diperbolehkan mengirimkan maksimal 3 karya dalam tim yang

    berbeda.5. Setiap mahasiswa hanya diperbolehkan menjadi ketua pada satu karya tulis.6. Gagasan awal yang dikirimkan harus karya orisinil penulis

    E. Ketentuan kompetisi1. Tahap pendaftaran dan pengumpulan abstrak akan dibuka dari tanggal 10 Januari

    hingga 20 Februari 2015 pukul 23.59 WIB.2. Setiap tim yang dinyatakan lolos seleksi abstrak diwajibkan membayar uang registrasi

    sebesar Rp 90.000 ke nomor rekening 0263079572 (BNI) atas nama Annisa NurRamadhani. Pembayaran paling lambat 1 Maret 2015.

    3. Setiap peserta setelah melakukan pembayaran wajib melakukan konfirmasi via smsdengan format (Nama Ketua Kelompok)_(Nama Pergurun Tinggi)_(Judul KaryaTulis)_(Waktu pembayaran) ke nomor 085790535486 atas nama Amelia Fadhila danmengirimkan scan/foto slip pembayaran ke email [email protected] dengansubjek Nama Ketua_Judul.

    4. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi abstrak, diwajibkan mengirimkan karya tulisnyadalam bentuk softcopy.

    a. Softcopy dikirimkan dengan format PDF melalui [email protected] dengan format subject IES2015_Nama KetuaKelompok_Nama Perguruan Tinggi_ Judul Karya Tulis.

    b. Peserta yang sudah mengirimkan karya tulisnya harus konfirmasi via smsdengan format IES2015_(Nama Ketua Kelompok)_(Nama Perguruan Tinggi)_(Judul Karya Tulis) ke nomor 085747400203 atas nama Intan Rahmawati.

    5. Karya tulis yang dikirim dalam bentuk softcopy juga melampirkan dokumen-dokumen, antara lain:a. Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) masing-masing anggota (.jpg atau jpeg).

    6. Karya tulis merupakan karya orisinil dari mahasiswa yang bersangkutan, belumpernah dipublikasaikan di media manapun sebelumnya. Disertai dengan pernyataantertulis dan disertai materai Rp. 6000,00 dan dikirimkan dengan lampiransoftcopy.

    7. Semua kecurangan pada perlombaan ini akan berakibat pada pengurangan nilai dandiskualifikasi.

  • 8. Juara-juara yang terpilih pada saat grand final merupakan peserta yang memperolehnilai tertinggi hasil akumulatif dari semua aspek penilaian yang dikategorikan dalampenilaian karya tulis.

    9. Dewan juri terdiri dari kalangan dengan basic sesuai dengan tema IES2015.10. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.11. Ketentuan yang belum tercantum di atas akan diatur di kemudian hari.

    F. Tahap Seleksi IES Writing Competition 2015

    Seleksi IES Writing Competition 2015 dilaksanakan oleh tim juri dengan tahap seleksisebagai berikut :

    1. Seleksi AbstrakAbsrtak Karya tulis ilmiah yang diajukan oleh peserta dalam bentuk softcopydiseleksi oleh tim juri yang telah ditentukan pada tanggal 21 23 Februari 2015.Untuk menjaga independensi, maka dalam penjurian tidak akan dilampirkan identitasnama peserta.

    2. Seleksi Karya Tulis IlmiahHasil karya tulis ilmiah yang diajukan dalam bentuk softcopy diseleksi oleh tim juriyang telah ditentukan pada tanggal 16 Maret sampai 19 Maret 2015. Untuk menjagaindependensi, maka dalam penjurian tidak akan dilampirkan halaman judul danidentitas nama peserta. Dalam tahapan ini akan dipilih 5 besar karya tulis terbaikuntuk mengikuti grand final.

    3. Grand Finala. Peserta yang lolos pada tahapan seleksi Karya Tulis Ilmiah akan diinformasikan

    melalui website resmi IES Writing Competition 2015: ies-2015.blogspot.com padatanggal 20 Maret 2015.

    b. Tahap presentasi akan dilaksanakan di kampus Institut Teknologi Sepuluh NopemberSurabaya pada tanggal 29 Maret 2015

    c. Peserta yang lolos menuju tahap presentasi wajib melakukan daftar ulang denganmenunjukkan bukti slip pembayaran asli, kartu mahasiswa, dan mengumpulkan slidepresentasi pada saat Technical Meeting pada tangga 28 Maret 2015.

    d. Peserta berpakaian rapi, sopan, bersepatu, dan memakai jas almamater Perguruan

  • Tinggi masing-masing pada saat acara berlangsung.e. Pada saat grand final, peserta akan tampil dan mempresentasikan karya tulisnya

    dihadapan tiga dewan juri. Alokasi waktu presentasi masing-masing peserta adalahmaksimal 15 menit. Tanya-jawab dengan masing-masing dewan juri maksimal 10menit.

    f. Peserta diperbolehkan menggunakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan isi daripresentasi. Sarana dan prasarana tersebut dipersiapkan dan dibawa sendiri oleh peserta

    i. Setiap peserta diwajibkan membuat poster untuk ditampilkan saat presentasi.j. Peserta yang tidak hadir pada saat presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis dan

    keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

    F. Hadiah

    Juara 1 : Rp 3.000.000 + Trophy + SertifikatJuara 2 : Rp 1.500.000 + Trophy + SertifikatJuara 3 : Rp 1.000.000 + Trophy + Sertifikat

    G. Jadwal Pelaksanaan

    Kegiatan PelaksanaanPendaftaran dan Pengumpulan Abstrak 10 Januari s.d 20 Februari 2015

    Seleksi Abstrak 21 Februari s.d 23 Februari 2015

    Pengumuman Abstrak 24 Februari 2015

    Pengumpulan Karya Tulis Ilmiah 25 Februari s.d 15 Maret 2015

    Seleksi Karya Tulis Ilmiah 16 Maret s.d 19 Maret 2015

    Pengumuman Finalis 20 Maret 2015

    Technical Meeting 28 Maret 2015

    Grand Final IES Writing Competition 2015 29 Maret 2015

  • KETENTUAN PENULISAN

    A. Sistematika Penulisan Karya TulisSistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut:

    1. Bagian awala. Halaman judul*

    1) Penulisan judul berdasarkan EYD dan format penulisan yang benar, hendaknyaekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membukapeluang untuk penafsiran ganda.

    2) Nama penulis ditulis lengkap tidak boleh disingkat, NIM dan tahun angkatanditulis dengan jelas.

    3) Logo dan nama perguruan tinggi peserta ditulis dengan jelas.4) Tahun penulisan.

    b. Halaman pengesahan*1) Lembar pengesahan memuat judul, nama penulis, dan nomor induk mahasiswa.2) Lembar pengesahan ditandatangani oleh ketua kelompo, dosen pembimbing,

    dan kepala jurusan dilengkapi dengan stempel jurusan.3) Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.4) Lembar pengesahan yang dikirimkan pada panitia adalah hasil scanning (bukan

    difoto atau crop).c. Kata pengantar dari penulisd. Daftar isi dan daftar lainya yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan

    daftar lampirane. Abstrak, merupakan uraian singkat karya tulis ilmiah yang mencerminkan isi

    keseluruhan karya tulis ilmiah tersebut.*Lebih jelasnya dapat dilihat pada lampiran

    2. Bagian intia. Pendahuluan

    Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:1) Latar belakang masalah2) Perumusan masalah3) Tujuan penulisan4) Manfaat penulisan

    b. Tinjauan pustakaTinjauan pustaka berisi:

  • 1) Tinjauan pustaka terkini2) Landasan teori

    c. Metode penulisanPenulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secaracermat cara/ prosedur pengumpulan data dan/atau informasi, analisis-sistematis,serta pengambilan simpulan.

    d. Bagian isi atau pembahasanAnalisis permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi serta telaahpustaka untuk menghasilkan inovasi model pemecahan masalah atau gagasankreatif yang sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan.

    e. Bagian penutupBagian penutup berisi simpulan dan saran.1) Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan.2) Saran yang disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan

    dan adopsi ide yang diusulkan.3. Bagian akhir

    a. Daftar pustakaDaftar pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapatdengan mudah menemukan sumber yang disebutkan dan menggunakan SistemHavard.

    b. Lampiran (terdiri dari biodata anggota*, lembar pernyataan*, dan lampiranlain yang dibutuhkan)

    *Lebih jelasnya dapat dilihat pada lampiran

    B. Persyaratan Penulisan1. Bahasa indonesia yang digunakan hendaknya baku dengan tata bahasa dan ejaan yang

    disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudahdimengerti, dan tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll

    2. Naskah diketik pada kertas ukuran A4, jenis huruf Times New Roman ukuran 12, ratakanan-kiri, dan spasi 1,5 dengan batas pengetikan samping kiri, kanan, atas, dan bawahmasing-masing 4 cm, 3 cm, 3 cm, dan 3 cm.

    3. Untuk abstrak diketik dengan spasi single, maksimal 1 halaman dilengkapi dengankata kunci.

  • 4. Penulisan nomor halaman di pojok kanan atas menggunakan angka 1,2,3.... dst, kecualihalaman judul, lembar pengesahan, kata pengantar, daftar isi, dan abstrak diberi no.Halaman di pojok kanan bawah menggunakan angka romawi i,ii,iii ... dst.

    5. Judul bab diketik ditengah-tengah dengan huruf kapital semua dan bold, judul sub-babditulis mulai dari sebelah kiri huruf pertama dengan huruf kapital dan bold.

  • KRITERIA DAN FORMAT PENILAIAN

    A. KRITERIA PENILAIANKriteria penilaian nama kegiatan yaitu sebagai berikut :

    a. Penilaian terdiri dari tiga tahap :1. Penilaian pertama : Abstrak.2. Penilaian kedua : Naskah Karya Tulis Ilmiah.3. Penilaian ketiga : Presentasi dan Poster.

    b. Penilaian ini dilakukan oleh Tim Juri yang dipilih oleh panitia IES Writing Competition2015.

    c. Abstrak yang diterima sesuai batas waktu yang ditetapkan oleh panitia IES WritingCompetition 2015 akan diseleksi dan ditetapkan maksimal 50% abstrak dengan nilaiakumulasi tertinggi yang akan mengikuti tahap seleksi naskah karya tulis.

    d. Naskah yang diterima sesuai batas waktu yang ditetapkan oleh panitia IES WritingCompetition 2015 akan diseleksi dan ditetapkan 5 karya tulis dengan nilai akumulasitertinggi untuk dipresentasikan pada saat tahap grand final.

    e. Tim juri akan menetapkan 3 pemenang berdasarkan hasil akumulusi penilaian.

  • ALUR IES Writing Competition 2015

    Final Presentasi-Grand final(29 Maret 2015)

    Technical Meeting(28 Maret 2015)

    Pengumuman Naskah Yang Lolos(20 Maret 2015)

    Seleksi Naskah Karya Tulis(16 Maret 19 Maret 2015)

    Pengumpulan Naskah Karya Tulis(25 Februari 15 Maret 2015)

    Pengumuman Abstrak Yang Lolos(24 Februari 2015)

    Seleksi Abstrak(21 Februari 23 Februari 2015)

    Pendaftaran dan Pengumpulan Abstrak(10 Januari 20 Februari 2015)

  • LAMPIRAN

    LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

    INNOVATION ENGINEERING FOR SOCIETY

    JUDUL KARYA TULIS:

    ...........................................................................

    Disusun Oleh:

    (Nama Ketua Kelompok)

    (Nama Anggota 1)

    (Nama Anggota 2)

    (Penulisan Nama Ketua maupun anggota harus menyertakan NIM dan tahun angkatan)

    NAMA PERGURUAN TINGGI

    KOTA

    TAHUN

    LogoPerguruanTinggi

  • PENGESAHAN

    1. Judul Karya :2. Ketua Pelaksana

    a. Nama Lengkap :b. NIM :c. Jurusan :d. Perguruan Tinggi :e. Alamat Rumah/Telp/HP :f. Alamat email :

    4. Anggota Pelaksana Kegiatan :5. Dosen Pendamping

    a. Nama Lengkap dan Gelar :b. NIDN :c. Alamat Rumah dan HP :

    Menyetujui,Kota Asal, ....................2015

    Ketua Jurusan

    (.)NIP.

    Ketua Pelaksana Kegiatan

    (..)NIM.

    Dosen Pendamping

    (.)NIDN.

  • LEMBAR PERNYATAAN

    Yang bertanda tangan dibawah ini;Nama Ketua :Tempat, Tanggal Lahir :Jurusan/ Fakultas :Universitas :Nama Anggota 1 :Tempat, Tanggal Lahir :Jurusan/ Fakultas :Universitas :Nama Anggota 2 :Tempat, Tanggal Lahir :Jurusan/ Fakultas :Universitas :Dengan ini menyatakan bahwa karya tulis dengan judul,adalah benar-benar hasil karya sendiri dan bukan merupakan plagiat atau saduran darikarya tulis orang lain serta belum pernah menjuarai di kompetisi serupa. Apabiladikemudian hari pernyataan ini tidak benar maka saya bersedia menerima sanksi yangditetapkan oleh panitia IES Writing Competition 2015 berupa diskualifikasi darikompetisi.Demikian surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya, untuk dapat dipergunakansebagaimana mestinya.

    Nama Ketua :NIM:

    Materai6000

  • BIODATA TIM

    KETUANama Lengkap :Tempat, Tanggal Lahir :Jenis Kelamin : L/PAlamat :NIM :Program Studi :Fakultas :Perguruan Tinggi :Alamat E-mail :No Telepon/HP :

    ANGGOTA 1 (jika ada)Nama Lengkap :Tempat, Tanggal Lahir :Jenis Kelamin : L/PAlamat :NIM :Program Studi :Fakultas :Perguruan Tinggi :Alamat E-mail :No Telepon/HP :

    ANGGOTA 2 (jika ada)Nama Lengkap :Tempat, Tanggal Lahir :Jenis Kelamin : L/PAlamat :NIM :Program Studi :Fakultas :Perguruan Tinggi :Alamat E-mail :No Telepon/HP :

    Foto3x4

    Foto3x4

    Foto3x4