Palembang Ekspres Selasa, 22 Januari 2013

16
TERBIT 16 HALAMAN SELASA, 22 JANUARI 2013 Eceran Rp. 1000,- [email protected] Palembang Ekspres www.issuu.com/palpres Bersambung ke Hal 5 Anda Punya Cerita Undercover, Ingin berbagi cerita menarik tentang pengalaman pribadi anda mulai dari kisah asmara, perselingkuhan, pekerjaan atau cerita lainnya. Kirimkan permintaan wawancara khusus anda ke email : [email protected] Semua cerita menarik tentang anda akan kami muat dengan penuturan bahasa Aku. Sehingga siapa pun anda identitasnya akan kami rahasiakan. Pahitnya Cinta Manisnya Dosa (Tamat) D ITENGAHkegalauanku, aku bertemu dengan le- laki dari seberang pulau, aku bertemu dengannya ketika aku memutuskan untuk mencari ilmu di kota lain, dengan harapan masa laluku bisa kukubur dalam-dalam. Nyatanya aku se- makin berkubang dalam dosa, tidak lama aku mengenal lelaki yang resmi menjadi pacarku ini aku kem- bali melakukan hubungan layaknya suami istri, aku sa- dar berdosa namun aku terus melaku- kannya. Padahal aku baru berkenal- annya satu bulan namun aku sudah tidak segan-segan laki melayaninya seperti suamiku sendiri, bahkan tidak jarang aku yang memintanya. Aku melakukannya karena aku sudah merasa aku sudah tidak ada lagi masa depan, jadi aku pu- tuskan untuk terus melakukannya, Bersambung ke Hal 5 Drs Ratu Dewa Msi Jaga Komunikasi dengan Keluarga Tercinta MENJALANKAN tugas sebagai Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang menyita banyak waktu untuk dapat kumpul bersa- ma keluarga tercinta. Bersambung ke Hal 5 Masih Disidang Sertu Risdan Bebas Masa Tahanan Oditur Habis Penimbun 356 Solar PALEMBANG. PE - Terdakwa ka- sus penimbunan 356 ton Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar, Sertu Ris- dan, Senin (21/1) resmi menerima surat dari Pengadilan Militer (Dilmil) I-04 Palembang mengenai pembebasannya dari tahanan Pomdam II Sriwijaya terhitung Selasa (22/1) sekitar pukul 24.00 WIB, lantaran masa penahanannya selama 90 hari sudah habis. Hanya saja proses persidangan atas kasus yang men- jeratnya masih berjalan di Dilmil. Berdasarkan, data yang dihimpun di lapangan pembebasan terdakwa yang anggota Intel Korem O44 Gapo ini berdasarkan surat pen- etapan dari Dilmil I-04 Palembang Bersambung ke Hal 5 Hari Ini, Final Gebyar Lomba Mewarnai di atas Koran PALEMBANG. PE – Setelah melewati road- show di 16 kecamatan se-Kota Palembang, akhirnya Gebyar Lomba Mewarnai di Atas Koran dii- kuti 16000 peserta anak-anak Pen- didikan Anak Usia Dini (PAUD) se- Kota Palembang tiba di babak grand final. Pa- mungkas acara kerja bareng Pemerin- tah Kota (Pemkot) Palembang, Bersambung ke Hal 5 PALEMBANG PEDULI BANJIR JAKARTA Puluhan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Palembang berjibaku mengedarkan kotak amal di sejumlah titik lampu merah metropolis menghimpun dana sukarela untuk membantu saudara-saudara kita di Jakarta yang beberapa hari belakangan tertimpa musibah banjir hingga menimbulkan korban jiwa dan kerugian material. FOTO NOVA WAHYUDI PALPRES FOTO NOVA WAHYUDI PALPRES Bunda Eva Santana

description

Palembang Ekspres Selasa, 22 Jan 2013

Transcript of Palembang Ekspres Selasa, 22 Januari 2013

TerbiT 16 Halamanselasa, 22 januari 2013

EceranRp. 1000,-

[email protected]

Palembang Ekspres

www.issuu.com/palpres

bersambung ke Hal 5

Anda Punya Cerita Undercover, Ingin berbagi cerita menarik tentang pengalaman pribadi anda mulai dari kisah asmara, perselingkuhan, pekerjaan atau cerita lainnya. Kirimkan permintaan wawancara khusus anda ke email : [email protected] Semua cerita menarik tentang anda akan kami muat dengan penuturan bahasa Aku.

Sehingga siapa pun anda identitasnya akan kami rahasiakan.

PahitnyaCinta

ManisnyaDosa (Tamat)

DI TENGAH kegalauanku, aku bertemu dengan le-laki dari seberang pulau, aku bertemu dengannya

ketika aku memutuskan untuk mencari ilmu di kota lain, dengan harapan masa laluku bisa kukubur dalam-dalam. Nyatanya aku se-makin berkubang dalam dosa, tidak lama aku mengenal lelaki yang

resmi menjadi pacarku ini aku kem-bali melakukan hubungan layaknya suami istri, aku sa-dar berdosa namun aku terus melaku-kannya.

Padahal aku baru berkenal-annya satu bulan namun aku sudah tidak segan-segan laki

melayaninya seperti suamiku sendiri, bahkan tidak jarang aku

yang memintanya. Aku melakukannya karena aku sudah merasa aku sudah tidak ada lagi masa depan, jadi aku pu-

tuskan untuk terus melakukannya, bersambung ke Hal 5

Drs Ratu Dewa Msi

Jaga Komunikasi denganKeluarga Tercinta

MENJALANKAN tugas sebagai Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang menyita banyak waktu untuk dapat kumpul bersa-ma keluarga tercinta.

bersambung ke Hal 5

Masih Disidang Sertu Risdan Bebas Masa Tahanan Oditur Habis

Penimbun 356 SolarPALEMBANG. PE - Terdakwa ka-

sus penimbunan 356 ton Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar, Sertu Ris-dan, Senin (21/1) resmi menerima surat dari Pengadilan Militer (Dilmil) I-04 Palembang mengenai pembebasannya dari tahanan Pomdam II Sriwijaya terhitung Selasa (22/1) sekitar pukul 24.00 WIB, lantaran masa penahanannya selama 90 hari sudah habis. Hanya saja proses persidangan atas kasus yang men-

jeratnya masih berjalan di Dilmil.Berdasarkan, data yang dihimpun di

lapangan pembebasan terdakwa yang anggota Intel Korem O44 Gapo ini

berdasarkan surat pen-etapan dari Dilmil

I-04 Palembang bersambung

ke Hal 5

Hari Ini, Final Gebyar LombaMewarnai

di atas KoranPALEMBANG. PE –

Setelah melewati road-show di 16 kecamatan se-Kota Palembang, akhirnya Gebyar Lomba Mewarnai di Atas Koran dii-kuti 16000 peserta anak-anak Pen-didikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kota Palembang tiba di babak grand final. Pa-mungkas acara kerja bareng Pemerin-tah Kota (Pemkot)Palembang,

bersambungke Hal 5

PALEMBANG PEDULI BANJIR JAKARTAPuluhan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Palembang berjibaku mengedarkan kotak amal di sejumlah titik lampu merah metropolis menghimpun dana sukarela untuk membantu saudara-saudara kita di Jakarta yang beberapa hari belakangan tertimpa

musibah banjir hingga menimbulkan korban jiwa dan kerugian material.

foto nova wahyudi PalPrEs

foto nova wahyudi PalPrEs

Bunda Eva Santana

Terkadang masyarakat yang berada didekat per-lintasan kereta api, meng-gunakan jalur kereta api itu

sebagai tempat beraktifitas. Malah anak-anak menjadikannya sebagai tempat berkumpul dan bermain. Pa-dahal sudah ada larangan dari pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk tidak berada di jalur kereta api.

Namun, tampaknya himbauan dari pihak PT KAI tidak terlalu di-pedulikan oleh warga. Karena warga menganggapnya biasa, apalagi mer-eka sudah puluhan tahun bermukim didekat rel kereta api. Jika ada kereta mereka akan segera menyingkir su-paya tidak tertabrak.

Setiap kereta yang akan melin-tas pastilah selalu memberikan tanda seperti membunyikan klakson. Tapi, karena sudah dianggap biasa, maka masyarakat tetap berada di dekat jalur perlintasan kereta api itu. Nah, dengan kondisi seperti itulah, maka jalur kereta masih terbilang rawan kecelakaan.

Harus diakui pihak PT KAI sudah maksimal dalam mengamankan jalur perlintasan kereta api itu. Tapi yang menjadi permasalahannya kesadaran masyarakat akan bahaya berada di jalur perlintasan kereta itu masih kurang. Karenanya selalu ada peristiwa ke-celakaan, ditabrak kereta api.

Bila sudah menjadi korban terta-brak kereta api, maka yang disalah-kan pihak PT KAI. Dengan dalih pihak PT KAI tidak memberikan rambu-rambu atau himbaun. Seha-rusnya masyarakat menyadari, jika kereta api itu menggunakan jalur sendiri, sehingga tidak mengganggu aktivitas warga. Pada kenyataannya jalur perlintasan kereta api malah di-jadikan sebagai tempat beraktifitas.

Untuk menutup seluruh akses dis-epanjang jalur perlintasan kereta api, tentunya tidak mungkin dilakukan. Karena untuk menutup semuanya membutuhkan biaya yang sangat besar. Oleh karenanya diperlukannya kesadaran masyarakat di dekat per-lintasan kereta diminta selalu berhati-hati. Masyarakat jangan sembarang menggunakan perlintasan kereta untuk beraktifitas.

Memang kasus kecelakaan di jalur rel kereta api terus terjadi tanpa ada jalan keluarnya. Selain fasilitas yang terlihat masih belum memadai, serta masih rendahnya kesadaran masyara-kat di sekitar jalur kereta api ini.

Baru baru ini, tepatnya pada Rabu lalu (16/1) sekitar pukul 14.00 WIB, di jalur IV, Stasiun Tanjung Enim Baru, Dusun IV, Desa Tanjung Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten

Muara Enim, seorang bocah bernama Ninda Safitri (5), warga Dusun IV, Desa Tanjung Raja, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim, tewas terlindas kereta api pengangkut ba-tubara atau Babaranjang.

Ironisnya, saat kejadian bocah malang itu sedang asyik duduk di rel kereta api khusus pengangkutan batubara sembari menonton teman-temannya bermain layang-layang.

Ketika itu, korban tidak menyadari j ika dalam keadaan berbahaya karena KA Babaranjang bernomor I BBR 11 bermuatan penuh batubara ini melintas dan langsung melindas korban hingga tewas.

Nah, dengan contoh kejadian diatas dapat dikatakan, jika masyarakat di dekat rel kereta api, sering menggu-nakan perlintasan kereta untuk tempat bermain. Dan memang areal berbahay itu cukup luas, dan kecil kemungkinan akan tertabrak. Tapi, laju kereta api yang cepat, tidak bisa dihentikan secara mendadak, karena memang jalur itu khusus untuk kereta api.

Menangapi hal tersebut, Kepala Ba-gian Humas Kereta Api Regional III, Zakat Zarkasih, melalui Staf Humas PT KAI, Sanjaya menyatakan, bahwa sampai saat ini langkah yang dilakukan oleh PT KAI untuk mengatasi masalah ini sudah cukup maksimal.

Patok lintasan, lambang peringatan serta rambu-rambu atau atribut khusus sudah dipasang di beberapa daerah khusus yang dianggap memerlukan peringatan jalur kereta api.

“Tapi PT KAI juga tidak bisa berbuat banyak dan memerlukan kesadaran bagi masyarakat sendiri untuk menjaga keselamatan untuk menekan angka kecelakaan ini,” terang Sanjaya.

Tidak hanya disepanjang per-lintasan kereta api, di areal khusus seperti di stasiun pun seharusnya mejadi kawasan steril dari kegiatan masyarakat sekitar. Namun, kesada-ran masyarakat yang sangat rendah.

Belum lagi minimnya ketegasan petugas dalam pengaman lokasi ini menjadi penyebab masih tingginya kasus kecelakaan di areal kereta api baik sepanjang perlintasan maupun areal stasiun.

Ditanya masalah kewajiban PT KAI di sepanjang perlintasan kereta api, Sanjaya mengatakan, bahwa sampai saat ini, kewajiban PT KAI sudah dipenuhi, hanya ada beberapa fasilitas yang bukan merupakan kewajiban PT KAI seperti jembatan penyeberangan padahal itu sangat vital.

“Untuk jembatan penyebrangan, itu merupakan kewajiban pemerintah dalam hal ini dinas perhubungan” tukasnya. BaY

Pimpinan Umum: Rosmiyati. Pemimpin Perusahaan: Ahmad Rosidi. General Manager: Tri Nurwanto. Pemimpin Redaksi: Muhammad Iqbal, Redaktur Pelakasana : Berry Sandi. Koordinator Liputan: Trisno Rusli Redaktur : Berry Sandi, Trisno Rusli, Ella Sulistiana, Dian Cahyani Fitri. Staf Redaksi: Bala Putra, Janta, M. Joviter, M Wijdan (Ogan Ilir), Yuni Hartati (Muba), Hendra (OKU),

Rifat Achmad (Lubuklinggau), Heru Fachrozi (Muara Enim), Heri Afrizon (OKU Selatan), Firdaus (Empat Lawang/Lahat), Mujianto (OKI), Arman Jaya (OKU Timur), Andre (Prabumulih), Budi Alamsyah (Banyuasin), Eko Wahyudi (Pagaralam), Al Imron (Musi Rawas) Redaktur Foto: Nova Wahyudi, Alhadi Farid. Bagian Pracetak: M Firman,Firyansyah, Abdul Kholid, Kgs Yahya, Bagian Iklan: David Arianto(Manager),

Acounting Executive/AE : Noris Taslim, Yusri. Bagian Pemasaran: Abdul Kadir (Manager), Lukman, Alwi Riyanto Bagian Keuangan : Dimas Murdani Muharam. Bagian Umum: Silvi Winda Pratiwi, Penerbit: PT Citra Media Palembang Ekspres Komisaris Utama: H Suparno Wonokromo. Komisaris: Muwarni, H Didi Wahyudi. Direktur Utama: H. Subki Sarnawi. Direktur: H Mahmud,Yunita Ayu

Tarif Iklan: Iklan Baris per baris Halaman 1 Display Full Colour/Warna Rp.60.000/mm kolom, Halaman 1 BW Rp.30.000,/mm kolom,Halaman Dalam Full Colour/Warna Rp.25.000/mm Kolom Harga Berlangganan Koran : Rp.25.000/bulan No. Rek Mandiri Pasar 16 PT Citra Media Palembang Ekspres 113002062008.8 [email protected]

Alamat Redaksi/ Sirkulasi/ Iklan: Gedung GRAHA PENA Palembang, Jl Kol H Barlian No 773, Palembang. Telepon (0711) 8304424, 411768, 415263, 415264, 419503. ext 136,139 Fax (0711) 420066.

Harian Umum

PALEMBANG EKSPRES SELASA, 22 JANUARI 2013 Halaman 2

Fandri, warga Nilakandi Kertapati

Pernah Ditabrak Kereta Api MaraknYa kecelakaan hingga

menimbulkan korban jiwa akibat di tabrak Kereta Api (KA)saat melintasi jalur kereta api, juga dise-babkan, kelalaian orang itu sendiri. Hal itu dikarenakan, melintas di rel kereta api dianggap sudah biasa, apalagi rumahnya berada didekat rel kereta api.

Untuk d i Kota Palembang, perlintasan rel kereta api san-gat banyak dijumpai di kawasan Kertapati. Malah tidak sedikit pemukiman warga, hanya berjarak beberapa meter dari kawasan per-lintasan rel kereta api itu. Tentunya ini sangat membahayakan.

Menurut, Fandri tokoh masyara-kat warga Nilakandi, RT 4 RW 2, Kecamatan Kertapati Palembang mengaku jika tempat tinggalnya tidak jauh dari perlintasan rel kereta api dan hanya berjarak puluhan me-ter dari rel kereta api.

“Memang benar sering kejadian orang ditabrak kereta api. Tapi itu sedikit banyak karena kelalain orang itu sendiri. Oleh karenanya jangan hanya menyalahkan orang yang tertabrak sendiri. Tapi juga harus ada himbauan dari pihak PT KAI. Seperti memasang pintu perlintasan rel kereta api atau pos penjagaan, se-hingga warga yang melintasi rel tahu jika ada kereta yang akan melintas,” ucap Fandri.

Diceritakannya, dirinya pernah mengalami ditabrak kereta api. Kejadiannya sekitar bulan Agustus 2012 lalu. Dimana ketika itu dir-inya hendak melintasi rel didekat rumahnya dengan menggunakan mobil Kijang Innova miliknya. Namun, tanpa disadatinya tiba-tiba ada kereta babaranjang yang melintas dan langsung menabrak mobilnya.

“Mobil aku sempat terseret se-jauh 10 meter. Tapi untungnya aku tidak apa-apa, hanya mobil saja yang hancur. Mungkin Allah masih melindungi aku. Kalau kalau tidak percaya boleh dilihat catatan di Laka Polresta Palembang atau pos Polisi Musi 2, padahal saat melintas aku sudah menoleh kanan dan kiri,” cerita bapak enam anak ini.

Untuk itulah, Fandri menghim-bau, supaya pihak terkait bisa me-masang rambu-rambu diperlintasan rel kereta api, agar jangan sampai menelan korban jiwa.

”Memang benar kereta api mem-punyai jalan sendiri, tapi bila di-kawasan tersebut sering dilewati penduduk dan jalan satu-satunya mau bilang apa. Jadi intinya jangan warga saja yang disalahkan, tapi juga pihak PT KAI harus juga me-masang fasilitas dan memberikan himbauan kepada warga,” pungkas-nya. Jan

Berbahaya, Tapi Tidak DitakutiSepanjang jalur perlintasan kereta api rawan akan kecelakaan. Apalagi banyak terdapat rumah warga. Parahnya, warga yang tinggal didekat perlintasan kereta api, menganggapnya biasa, sehingga tidak terlalu mempedulikan keselamatannya. Padahal hal tersebut sangat membahayakan.

FOTO: NET

PaLeMBang. Pe – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang memang cepat tanggap. Menjawab keresahan warga metropolis terkait maraknya keberadaan kumpulan anak-anak remaja bergaya punk, Pemkot pun bergegas membentuk Tim Terpadu yang terdiri dari Dinas Sosial, Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP), Polresta dan Kodim Palembang.

“Tim terpadu penjangkauan, pembinaan dan pemberdayaan anak punk, anak jala-nan, gelandangan pengemis, orang gila dan

wanita tuna susila (WTS) ini diben-tuk berdasarkan Keputusan Wa -likota Palembang nomor 29 tahun 2013,” ungkap Ke-pala Dinas Sosial Kota Palembang, Hj Herty Mochtar saat dibincangi usai rapat Tim Terpadu dimaksud di ruang kerjanya, Senin (21/1).

Jadi kata Herty, dengan adanya tim ini, Bapak Walikota

Ir H Eddy Santana Putra berkeinginan menin-gkatkan citra kota Palembang sebagai kota modern, internasional yang tertib dan nyaman. “Masyarakat kita sering mengeluhkan betapa tidak nyamannya saat berada di perempatan lampu merah, tiba-tiba dihampiri segerom-bolan anak-anak punk dengan tampang dan penampilan yang kurang berkenan. Belum lagi adanya anak jalanan dan gelandangan pengemis yang berkeliaran. Lantas masih marak pula WTS yang mangkal di sejumlah titik kota. Ini tentunya tidak mencerminkan kepribadian kota Palembang,” beber isteri H Said Albar ini bersemangat.

Tim terpadu ini sendiri ungkap Herty sudah bergerak di lapangan. Hanya saja selama ini baru antara petugas Dinas Sosial dan anggota Sat Pol PP. “Nah kali ini, setelah keluar keputusan Walikota Palembang nomor 29 tahun 2013, tim yang diketuai Sekretaris Dinas Sosial ini dibantu petugas Polresta dan Kodim 0418 Palembang,” ulasnya.

Wanita berkaca mata dan jilbab ini me-nambahkan, sebagai upaya pembinaan teru-tama terhadap anak-anak punk yang terjaring dalam razia tim terpadu, bakal dilakukan beberapa tahapan. “Nanti anak-anak punk itu kita gunduli dan pakaiannya kita tanggalkan biar menimbulkan efek jera. Lebih lanjut kita masih merumuskan bagaimana bentuk pembinaan yang tepat bagi mereka agar tidak lagi kembali kepada aktifitas yang lama dan meresahkan masyarakat,” sambungnya.

Dia menambahkan, diharapkan pula dukungan masyarakat Palembang pada um-umnya dalam mencari solusi menanggulangi keresahan yang ditimbulkan oleh penyandang masalah kesejahteraan sosial itu. “Kerja Tim Terpadu kami yakini tak kan berhasil sepenuhnya tanpa dukungan masyarakat. Bagi anak-anak punk yang masih punya orang tua, kita minta dapat dibina di keluarga mas-ing-masing,” tukasnya. QPL

PALEMBANG. PE - Puluhan ribu buruh yang tergabung dalam Kelompok Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Senin (21/1) berang pasalnya, buruh tersebut tidak terima terkait ketetapan Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin beberapa waktu lalu atas keputusan Upah Minimum Provinsi (UMP) ditetapkan Rp 1,4 juta yang sebelumnya Rp 1.350 juta.

Namun, upaya buruh ini tidak sia-sia. Atas kebijaksanaan Gubernur memutuskan UMP dari Rp 1.350.000 menjadi Rp 1.630.000. Setelah dia-log buruh dan Gubernur mendengarkan usulan kaum buruh di ruang rapat kantornya, dengan perwakilan kaum buruh akhirnya menyetujui kenaikan tersebut.

Usai melakukan dialog kepada para wartawan menyampaikan kesepakatan me-

naikan upah menjadi Rp. 1.630.000 tersebut sudah melalui pertimbangan yang panjang, dan telah mengantisipasi kemungkinan kes-anggupan para pengusaha.

“Ini telah melalui proses dan kesepakatan antara pemerintah dan buruh, dan mempertim-bangkan kesanggupan bagi pengusaha untuk memenuhi tuntutan buruh,” katanya.

Untuk itu, karenanya dalam waktu dekat pihaknya akan segera mengesahkan kesepaka-tan itu dan akan segera mencabut SK nomor 745/KPTS/Dinakertrans/2012 yang menetap-kan upah buruh Rp 1.350.00.

Seperti diketahui sebelumnya memang secara langsung Gubernur belum manan-datangani SK perubahan tersebut atas dasar pertimbangan masih menunggu perkemban-gan lebih lanjut.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat KASBI, Nining Elitos mengatakan, aksi unjukrasa di depan kantor Gubernur Sumsel dilakukan karena keputusan Guber-nur menolak SK nomor 745 mengenai UMP 2013 Rp 1.350.00.

Aksi kedua ke kantor Gubernur sumsel, sebelumnya aksi serupa perna dilakukan pada 6 Desember 2012 lalu dan pada waktu itu Gubernur selaku kepala daerah berjanji akan merevisi kesepakatan tersebut.

“Hari ini kami kembali mendesak pemerin-tah dalam menetapkan UMP tetap memenuhi aspek mendasar kemanusiaan yaitu kebutuhan hidup layak yaitu sandang, pangan, papan, sosial, pendidikan dan kesehatan. Nah kita liat SK yang ditetapkan gubernur tidak memenuhi unsur itu,” katanya.

Dia menuturkan, berdasarkan survei yang dilakukan pemerintah, kebutuhan hidup di Sumsel berkisar Rp 1,8 juta sampai 1,9 juta. Namun dalam dialog dengan gubernur tadi tentu harus berada ditenga-tengah.

“Kita pada prinsipnya memang minta UMP naik menjadi Rp 1.800.000 pada 2013 ini, setelah pada 2012 lalu UMP Sumsel hanya Rp 1.195.220.” katanya.

Akan tetapi setelah dikaji maka disepakti Rp 1.630.000, dan pihaknya menyambut baik kebi-jakan Gubernur untuk menyetujui semua itu.

“Namun kedepan buruh tetap mengawal kebijakan pemerintah dalam menentukan upah melalui dewan pengupahan hendaknya menden-garkan seluruh suara asosiasi perburuhan yang ada. Dan selanjutnya peran Pemprov Sumsel adalah memastikan upah yang diberikan layak untuk kehidupan para buruh. Sehingga mereka bisa bertahan hidup,” terangnya.

“Dengan dikabulkannya UMP menjadi Rp 1.630.000, oleh Gubernur tersebut tentunnya saya sangat mengapresiasi kebijakan itu, wa-lau sebenarnya masih ada kekurangan dengan apa yang kami ajukan,” ucapnya.

Sementara itu, Rizal Fatoni, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumsel men-gungkapkan penetapan UMP tidak bersumber pada satu Kabupaten, tetapi 15 Kabupaten/Kota dan hasil KHL terendah, maka itu yang ditetapkan. Kebijakan Gubernur terkait kenai-kan Rp 1,4 juta.

“Kita hanya mematuhi keputusan Gu-bernur dan akan mengajak para perusahaan untuk sosialisasikan dan pengertiannya,” tukasnya. dYn

Cor Jalan Dari Dana Swadaya MasyarakatPALEMBANG. PE- Apresiasi

masyarakat dalam membangun kota Palembang sangat penting. Hal ini terlihat dari pengecoran jalan di di RT 11 RT 15 Dempo Dalam. Dimana, hasil swadaya masyarakat mencapai 80 persen dari dana yang didapatkan.

Ketua Panitia, Farhan mengatakan pengaspalan dan pengecoran jalan RT

11 dan RT 15 Dempo Dalam ini meru-pakan kerjasama Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Kota dan donatur warga sekitar pe-mukiman.

“Dari hasil kesepakatan bersama, pengecoran dan pengaspalan dilaks-anakan dua tahap. Tahap pertama Febuari 2012 lalu sepanjang sekitar

270 meter dengan total biaya Rp 145 juta. Sementara yang kedua dengan panjang 35 meter dengan biaya yang terkumpul Rp 143 juta. Adapun hasil dari swadaya menyumbang 80 persen,” kata Farhan.

Sementara Wakil Wali Kota Pa-lembang, H Romi Herton yang hadir dalam acara tersebut mengatakan,

sangat mengapresiasi swadaya dan par-tisipasi masyarakat dalam membangun Kota Palembang. “Hal tersebut juga akan kita dorong kedepannya,” ujar Romi.

Dengan bersatu, lanjut Romi, masy-arakat dapat meningkatkan pembangu-nan di Palembang. Misalnya pelayanan PDAM yang sudah mencapai 95

persen. Prestasi ini harus lebih baik kedepannya.

Dalam kesempatan itu, Romi juga memberikan support kepada masyara-kat Tionghoa, sehingga tidak merasa dimarjinalkan.

“Warga disini bisa menjadi contoh karena sudah berpartisipasi untuk membangun Kota Palembang. Saya

mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasinya,” katanya.

Romi menambahkan, saat ini Pa-lembang sudah kondusif. Ini harus dipertahankan kedepannya. Karena dengan suasana yang aman, maka iklim investasi akan lebih baik dan akselerasi pembangunan juga terus berjalan. dYn

Subuh Zhuhur Ashar Maghrib Isya

04:39 12:11 15:36 18:20 19:34

PALEMBANG EKSPRES SELASA, 22 JANUARI 2013 Halaman 3

SuArA : 569PerSentASe : 8,64 %

SuArA : 5654PerSentASe : 85,80 %

SuArA : 57 PerSentASe : 0,87 %

SuArA : 284PerSentASe : 4,31 %

SuArA : 9PerSentASe : 0,14 %

SuArA : 16PerSentASe : 0,24 %

Ketuk Palu, UMP Sumsel Rp 1.630.000

Gubernur Kabulkan Permintaan Buruh

Ajak Polisi dan TNI Atasi Anak Punk

Hj Herty Mochtar

TUNTUT UMP YANG LAYAKRibuan massa KASBI menyemuti jalan kota Palembang menemui Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menuntut penetapan besaran UMP yang layak dan manusiawi menyesuaikan kesanggupan para pengusaha.

FOTO: NOvA WAHYUDI / PALPRES

PendidikanPALEMBANG EKSPRES SELASA, 22 JANUARI 2013 Halaman 4

Dana Operasional RSBI Terancam DikembalikanPAGARALAM. PE - Sebanyak

ratusan juta dana operasional Rinti-san Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang telanjur disahkan DPRD Kota Pagaralam untuk kegiatan 2013 ini terancam dikembalikan ke kas negara. Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pagaralam, Drs Syafrani me-lalui Kasi Kurikulum, Jemiyo menu-turkan, hal ini menyusul keputusan Mahkamah Konstitusional (MK) terkait penghapusan program yang mengadopsi kurikulum negara lain.

“Selain kucuran dari pusat, juga telah dianggarkan operasional keg-

iatan SD RSBI senilai Rp178 juta, namun operasional SMP RSBI tidak disetujui DPRD dan dicoret dari APBD,” ujar Jemiyo saat dibincangi, kemarin.

Dari informasi yang diperoleh pihaknya, penghapusan program RSBI dari MK dilakukan Januari 2013 lalu sedangkan operasional di-setujui Desember 2012 lalu. Dengan demikian, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan akan dikembalikan ke kas Negara. Namun, pihaknya sampai saat ini masih menunggu petunjuk dari Kemenrterian Pendi-dikan terkait penghapusan program

RSBI ini. Operasional yang telah dianggar-

kan ini awalnya dimaksudkan untuk membiayai serangkaian kegiatan sekolah, di antaranya operasional peningkatan mutu sekolah serta ke-giatan kesiswaan dan guru. Jemiyo juga menyinggung nasib dua orang guru sekolah yang diberangkatkan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mengikuti program S2. “Keduanya guru RSBI dari SMP 1 yang disekolahkan ke Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Bengkulu (Unib),” katanya.

Kepala Sekolah SMPN 1 RSBI, Beni Aswan mengakui sejauh ini pihak sekolah masih melanjutkan program RSBI hingga tahun ajaran 2012-2013 rampung, walaupun pro-gram RSBI telah dihapus. Demikian juga nasib dua guru sekolahnya yang berangkat melanjutkan S2 tetap akan dicarikan solusinya. Apalagi keduanya baru memasuki dua semes-ter perkuliahan. “Telah kita usulkan ke Pemkot melalui BKD, namun jika memang tidak ada solusinya, guru yang bersangkutan bakal menyele-saikan pendidikannya dengan biaya sendiri,” tukasnya. kOe

Pemprov Dukung Stisipol Cetak SDM

PaLeMBang. Pe – D i tengah persaingan global, mem-buat dunia pendidikan menjadi sorotan. Terlebih Sekolah Tinggi Ilmu Politik (Stisipol) Candra-dimuka yang spesifikasi bidang terbatas , namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) tetap mendu-kung Stisipol mencetak Sumber Daya Manusia (SDM).

Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin melalui Wakil Guber-nur Sumsel, H Eddy Yusuf, di sela-sela Wisuda Sarjana Strata 1 Angkatan XXVIII dan Strata 2 Magister Administrasi Publik Angkatan X, Sekolah Tinggi Ilmu

Sosial dan Ilmu Politik Candra-dimuka di Ballroom Hotel Ary-aduta Palembang, Senin (21/1). “Stisipol menunjukkan eksisten-sinya. Melalui pendidikan ber-mutu yang mampu bersaing dalam meningkatkan jumlah SDM,” ujar Eddy kepada Palembang Ekspres Senin (21/1).

Turut hadir bersama Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan I lmu Poli t ik Candradimuka, Dr Hj Lishapsari Prihatin MSi, Koordinator Kopertis II Wilayah Palembang, Prof Dr HJ Diahna-talisa Mba. Mantan Bupati Ogan Komering Ulu (OKU ini men-gatakan, apapun itu yang pent-

ing pendidikannya berkualitas. “Sehingga mampu memenangkan persaingan di dunia kerja maupun dalam hal meraih kesempatan un-tuk pendidikan yang lebih tinggi,” kata dia.

Pemprov Sumsel lanjut Eddy, sangat berterimakasih dan peng-hargaan yang setingi-tingginya kepada Stisipol Candradimuka yang telah mencetak sumber-daya manusia di Sumsel. “Kepada wisudawan dan wisudawati dapat membuka jalan untuk meraih kesuksesan dalam menatapi lang-kah nyata guna pengabdian bagi pemerintah Sumsel,” harapnya.

Sementara, Pembantu Ketua

Bidang Akademik Stisipol Can-dradimuka, Hj Umiyati Idris SE mengatakan, sebanyak 318 Wisudawan dan wisudawat i Program pascasarjana magister Administrasi publik STISIPOL Candradimuka melangsungkan prosesi pengukuhan gelar Kes-arjanaan.

Dalam kesempatan ini diisi orasi ilmiah, Ir M Hatta Rad-jasa. Ketua Umum DPP PAN ini mengungkapkan, persoalan kebangsaan menjadi tanggung jawab bersama, termasuk tang-gung jawab untuk mewujudkan cita-cita proklamasi yang tidak ringan. dYn

Mahasiswa STKIPLinggau KKN di Muba

SekaYU. Pe - Sebanyak 406 mahasiswa Sekolah Tinggi Kegu-ruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Lubuklinggau melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Penyerahan mahasiswa KKN STKIP angkatan 26 tahun 2013 kepada Pemkab Muba di Auditorium Pemkab Muba, ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima mahasiswa KKN.

I r H Sula iman Zakar ia MT, Asisten II Pemkab Muba menyam-but baik atas kepercayaan STKIP Lubuklinggau memilih Kabupaten Muba sebagai lokasi KKN. Dengan kegiatan KKN mahasiswa dapat menambah dan meningkatkan ke-mampuan baik berkaitan dengan pengaplikasian ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah serta merasakan langsung kehidupan masyarakat.

“KKN dapat mendorong maha-siswa untuk belajar dari lingkungan masyarakat tempat mereka berada, dan mencari alternatif penyelesaian terhadap permasalahan yang diha-dapi masyarakat dan lingkungannya. Diharapkan keberadaan mahasiswa KKN ini dapat berkontribusi nyata dan memberikan manfaat nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyara-

kat Muba khususnya di Kecamatan lokasi KKN dan Kota Lubuklinggau sendiri. Kepada pemerintah setempat dalam hal ini aparatur kecamatan untuk membantu kelancaran kegiatan KKN mahasiswa,” ujarnya.

Pembantu Ketua Bidang Akademik STKIP Lubuklinggau, Drs J Albert Barus berpesan agar para peserta KKN dapat menjaga diri pribadi, men-jaga nama baik almamater serta selalu melakukan berbagai kegiatan positif. Di samping itu diharapkan Pemkab Muba khususnya pemerintah keca-matan dapat mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan KKN sehingga dapat menjadi media pembelajaran praktis bagi mahasiswa,” tukasnya.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh Kabag Humas Pemkab Muba, Dicky Meiriando SSTP MH, kegiatan KKN STKIP angkatan 26 tahun 2013 ini dilaksanakan mulai dari 21 Januari hingga 21 Februari 2013 yang diikuti 406 mahasiswa dari 5 program studi, masing-masing program studi pendidikan Bahasa Indonesia, Ba-hasa Inggris, Matematika, Sejarah dan Fisika. Mereka tersebar di 3 kecamatan meliputi kecamatan Lawang Wetan, Babat Toman dan Sanga Desa, didam-pingi oleh puluhan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). YUn

Universitas PGRI

Adakan Pelatihan Persiapan Skripsi

PALEMBANG. PE – Untuk mem-bantu persiapan mahasiswa tingkat akhir yang akan menggarap tugas akhir di ujung perkuliahannya, Uni-versitas PGRI mengadakan pelatihan penulisan skripsi yang diadakan selama 2 hari, mulai Senin (21/1) dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Materi pelatihan ini terdiri dari etika penulisan, pendahuluan, landasan teori dan refer-ensi, prosedur penelitian, hasil peneli-tian dan pembahasan, kesimpulan dan saran (pembuatan draf proposal).

Para peserta sebanyak 2.823 mahasiswa yang terbagi 71 kelas rombongan belajar akan dibekali materi-materi yang berkaitan dengan penggarapan skripsi sebanyak 107 dosen. Sedangkan mata kuliahnya itu terdiri dari Pendidikan Bahasa Ing-gris, Bahasa dan Sastra Indonesia, Matematika, Fisika, Sejarah, Akun-tansi, Geografi, Konseling, Olahraga dan Sendratastik.

Menurut salah seorang pemateri, Supriyono MPd, tujuan diadakan pelatihan ini adalah agar mahasiswa tingkat akhir yang akan menulis skripsi bisa lebih lancar dalam pembuatan skripsi nanti. Pesertanya juga dari beberapa jurusan, sedangkan khusus olahraga di ruangan tersendiri. “Materi yang saya sampaikan tentang isi skrip-si yang terdiri dari pendahuluan, latar

belakang, cara menemukan masalah, apa yang di maksud dengan masalah, menentukan masalah, rumusan judul, rumusan masalah, jenis-jenis perma-salahan, pembatasan masalah, peru-musan masalah, manfaat penelitian dan terakhir itu tujuan penelitian, di tambah juga dengan hipotesis,” jelas dosen olahraga di Universitas PGRI.

Sedangkan untuk pendidikan, Supri-yono ini khusus pengisi materi pendidi-kan olahraga, karena memang beliau sebagai dosen olahraga di universitas PGRI ini. Untuk syarat ikut pelatihan ini menurut beliau, mahasiswa sudah harus menyelesaikan seluruh mata kuliah. Dia berharap, mahasiswa bisa menerima dengan jelas bisa menjabar-kan ke dalam bentuk skripsi. “Sehingga akhirnya mereka bisa membuat skripsi, jika mereka bisa membuat skripsi mer-eka tidak akan meminta bantuan orang lain,” jelasnya.

Sedangkan untuk ujian skripsi menurut dia, mahasiswa yang tidak lulus seperti yang pernah terjadi sebel-umnya, antara lain disebabkan karena mahasiswa itu sendiri tidak teliti dalam persyaratan mengikuti skripsi. “Per-syaratan mengikuti pelatihan ini ma-hasiswa harus sudah menyelesaikan 20 SKS yang harus ditempuh kalau kurang dari itu tidak bisa mengikuti,” tandasnya. WIT

WISUDA STISIPOLWakil Gubernur Sumsel, H Eddy Yusuf (tiga dari kiri) bersama jajaran Rektorat dan guru besar STISIPOL Candradimuka dalam rangkaian wisuda Sarjana Strata 1 Angkatan XXVIII dan Strata 2 Magister Administrasi Publik Angkatan X di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang, Senin (21/1).

FOTO: HUMAS PEMPROv SUMSEL

PALEMBANG. PE - Se-bagai pelayan masyarakat, Ke-camatan Kemuning berkomit-ment terus meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Demikian diungkapkan Camat Kemuning, Althur Pebriansyah SH, Senin (21/1). “Karena kita pelayan masyarakat, makanya kita terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk meningkatkan pelayan-an,” ujarnya saat dibincangi Palembang Ekspres di sela-sela perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Kemuning ke-12 di Graha Tiara Puspa, Senin (21/1).

Selain itu kata bapak tiga anak ini, pihaknya juga terus mening-katkan kedisiplinan di tingkat para pegawai serta perbaikan fasili-tas. Di tahun ke 12, Kecamatan

Kemuning akan terus berusaha memperbaiki berbagai fasilitas guna menunjang berbagai kegia-tan dan kesejahteraan masyarakat. Diakuinya, selama ini baik SDM, kinerja para pegawai sudah sangat baik, tapi tentunya harus dapat dipertahankan, kalau bisa kat-egori baik ini akan terus melekat pada setiap pegawai. “Untuk terus melangkah dan berbuat banyak lagi,” bebernya.

Untuk mewujudkan hal terse-but kata Althur, pihaknya sangat membutuhkan dukungan dari semua lapisan masyarakat Ke-muning, yang dapat memberikan semangat untuk bekerja lebih baik lagi. Salah satunya masalah kebersihan agar banjir tidak terjadi lagi di wilayahnya. ”Un-tuk itu, kesadaran masyarakat sangat kami harapkan, sehingga

Palembang yang Bersih, Aman Rapi dan Indah dapat terus dile-starikan,” sambungnya.

Sementara Wakil Walikota Palembang H Romi Herton me-nyambut baik, program yang terus dilakukan Kecamatan Ke-muning untuk memperbaiki ber-bagai kegiatan yang ada. Dengan tak lupa dukungan penuh dari semua masyarakat.

Tampak pula menyedot per-hatian warga Kemuning dengan kehadiran sosok Ketua Yayasan Bunda Eva, Hj Eva Santana yang hadir di puncak acara. Isteri Walikota Palembang, Ir H Eddy Santana ini menyambut bahagia atas terlaksananya acara peringatan HUT Kecamatan Kemuning yang dinilainya da-pat memotivasi kinerja aparatur pemerintahan. DYN

sambungan

Masih Disidang ....................................................dari Halaman 1

nomor: TAP/01/PM/I-04/AD/I/2013 tentang pembebasan dari tahanan demi keadilan ber-dasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Di mana isi suratnya mem-bebaskan terdakwa Sertu Risdan sebagai tahanan sejak tanggal 22/1/2013 dan memerintahkan kepada Oditur militer untuk melaksanakan isi penetapan ini.

“Memang masa penahanan dia (Sertu Risdan) sudah habis. Jadi dia akan keluar dari tahanan sekitar pukul 00.00 WIB nanti. Namun proses sidang kasus ini tetap jalan walau terdakwa tidak lagi ditahan di Pomdam II,” ungkap Kapendam II Sriwijaya, Kolonel Arm Jauhari Agus Sur-adji, Senin (21/1) sore.

Sementara oditur kasus ini, Mayor Laut KH Hendri J Bolang tidak mau berkomentar terkait ke-bebasan terdakwa Sertu Risdan. “Jangan tanya sama kami, tanya sama hakim Dilmil dan Kapen-dam,” ujarnya singkat.

Kebebasan terdakwa Sertu Risdan dari tahanan disambut baik pengacara sipil, terdakwa Samoe-dra SH. Menurut dia, sudah sehar-usnya kliennya dilepas deni hukum karena masih penahanannya sudah habis. “Kalau masih tetap ditahan melanggar HAM. Dia (Sertu Ris-dan) sudah 200 hari ditahan mulai saat proses penyidikan dan 90 hari berdasarkan penahanan pengadi-lan,” tegas Samoedra di Dilmil I-04 Palembang.

Dikatakannya, inilah bukti bahwa oditur tidak fokus dalam kasus ini dan terlalu banyak melebar sehingga tidak selesai-selesai sampai sekarang. Padahal dari awal pihaknya sudah me-nyarankan diselesaikan dalam sidang konesitas bukan peradilan

militer seperti ini. “Itu karena banyak barang bukti yang dia-mankan milik sipil bukan milik terdakwa. Akibat dipaksakan seperti ini, tidak selesai-selesai sampai sekarang,” tukasnya.

Untuk diketahui, Senin (21/1) pagi sekitar pukul 10.00 WIB, sidang lanjutan kasus dugaan pen-imbunan 356 ton BBM jenis solar ini, oditur militer menghadirkan saksi Devi Yulianti dalam kondisi sakit dan terbaring di atas brankar atau tempat tidur rumah sakit serta dengan posisi tangan kanan harus dipasang selang impus.

Oleh karenanya saksi Devi mesti dikawal seorang perawat rumah sakit tempat saksi dirawat. Parahnya, saat menjawab pertan-yaan para hakim dan oditur, saksi harus dibantu anggota Provos Dilmil untuk menyampaikan jawabannya.

Pimpinan sidang Letkol Sus Reki Irene Lumme bersama kedua hakim anggotanya lain dalam per-sidangan terus menghujani saksi dengan pertanyaan seputar kasus yang menjerat terdakwa Sertu Risdan yang ternyata masih suami terdakwa sendiri. “Saksi apakah saksi tahu terdakwa memiliki pe-rusahaan PT MSE dan PT APS,” tanya hakim kepada saksi.

Dengan dibantu anggota Pro-vos Dilmil, saksi menjawab tidak tahu. Termasuk saksi juga tidak tahu mengenai suaminya pernah memiliki KTP dengan status pekerjaan swasta. “Saya tidak tahu,” jelas saksi.

Sedangkan Oditur sidang hanya mempertanyakan apakah saksi tahu terdakwa pinjam uang di Bank Mega, saksi menjawab tidak tahu. “Saya tidak tahu itu,” pungkas saksi.

Untuk diketahui saksi Devi Yulianti telah dirawat inap di Rumah Sakit Charitas Palembang sejak tanggal 17 Januari 2013 lantaran terkena penyakit maag kronis. Usai mendengarkan keterangan saksi Devi, majelis hakim didampingi oditur dan penasehat militer terdakwa dan terdakwa Sertu Risdan dengan pengawalan ketat anggota Pom-dam II Sriwijaya menuju lokasi pengerebekan 356 ton BBM di gudang Komplek Perumahan Ra-flesia Blok A II, Kelurahan Karya Baru, Kecamatan Alang Alang Lebar (AAL) Palembang.

Dalam pengecekan barang bukti tersebut, terlihat hakim dan odmil mempertanyakan kem-bali barang bukti yang telah disita tersebut. “Barang bukti mobil dan tempat ini punya siapa ter-dakwa,” ungkap hakim bertanya sama terdakwa saat melakukan pengecekan tersebut.

Terdakwa langsung menjawab kepada hakim dan oditur bahwa ba-rang bukti itu semua bukan miliknya melainkan milik adiknya Syahril Nasution alias Dedek. “Saya tidak tahu menahu tentang operasional di gudang ini. Karena yang menjalank-anya sehari-hari Dedek, bukan saya,” tukas Sertu Risdan.

Usai mengecek barang bukti di lokasi penggerebekan, rom-bongan kembali menuju Dilmil 1-04 Palembang, guna melan-jutkan sidang kembali dengan agenda pemeriksaan saksi dan pengecekan barang bukti di lokasi penggerebekan. “Agenda hari ini sudah kita lakukan semua, jadi sidang ditunda Rabu (23/1) mendatang, dengan agenda men-dengarkan tuntutan oditur,” tutup ketua majelis. JOE

Pahitnya Cina Manisnya .....................................................................dari Halaman 1

Jaga Komunikasi Dengan ...............................................................dari Halaman 1

Hari Ini, Final Gebyar ..............................................................................dari Halaman 1

urusan dosa nomor sekian dalam hatiku waktu itu.

Bahkan pikirku pernah terbesit untuk menjadi wanita yang melayani nafsu laki-laki layaknya Pekerja Seks Kom-ersil (PSK) dengan begitu aku mendapatkan lembaran rupiah yang tidak sedikit dan membi-ayai gaya hidupku yang memang sekarang lebih high class.

Lepas dari pelukan lelaki yang aku pacari hanya enam bulan ini aku kembali ber-

hubungan dengan lelaki lain yang usianya jauh sekitar 15 tahun, sehingga lebih tepat jika aku menyapanya Om. Dia duda dengan dua anak yang umurnya sebaya denganku, meskipun demikian aku merasa nyaman dengannya, dan dia memberi-kanku limpahan materi yang tidak sedikit. Namun itu tidak gratis karena aku harus melaya-ninya di atas ranjang.

Tak mengapa asal materi aku dapatkan, aku mengenalnya dari

teman di dunia gemerlap yang tidak sengaja di waktu yang sama juga berada di tempat itu untuk sekedar menghilangkan penat.

Petualang cintaku masih terus berlanjut jatuh ke pelukan dari satu lelaki ke lelaki lain. Namun aku tidak sembarangan dalam memilih lelaki untuk aku layani, dia juga harus bersih dan tajir itu sudah peraturan yang aku buat. Hanya saja aku lebih suka melayani pria yang mapan dan usianya jauh

diatasku lantaran aku merasa nyaman dan terlebih mereka memang memiliki banyak uang yang bisa aku nikmati. Jika ditanya sampai kapan aku juga tidak tahu sampai dimana aku harus berhenti di garis finish.

Saat ini yang aku tahu me-nikmati duniaku tanpa harus memperdulikan masa depan yang harus aku hadapi, namun dalam hati kecilku, kesalahan sama yang aku lakukan ini pasti memiliki kisah berujung. (*)

Meskipun begitu, Drs Ratu Dewa Msi mampu mengemban tugas berat sebagai seorang sekretaris selama satu tahun setengah berkat dukungan anak dan istrinya.

“Kuncinya adalah harus saling jaga komunikasi yang baik dengan anak maupun istri,” ucap pria yang akrab disapa Dewa ini ramah saat mengawali perbincangan dengan Palembang Ekspres di ruang ker-janya, Senin (21/1).

Apalagi seperti saat-saat men-jelang pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah (pemilu-kada), kesibukannya semakin meningkat. Sehingga waktu untuk dapat berkumpul ber-

sama keluarga tak seintens dulu. “Sibuk melayani seluruh admin-istrasi dan keperluan pemilukada termasuk sarana dan prasarana sehingga pulang hingga larut malam bahkan hari Minggu pun tetap kerja,” ujar lulusan Magister Unsri dengan predikat cumlaude.

Sesibuk apa pun kerjanya, jika sudah berada di rumah, pria berkumis tipis ini enggan mem-bawa pekerjaannya ke rumah. Karena menurut dia memanfaat-kan moment berharga bersama keluarga adalah lebih dari se-galanya. “Meskipun jarang ber-kumpul bersama anak-anak tapi tetap saya didik mereka untuk

berdisiplin tinggi agar mereka menjadi pribadi yang madiri,” jelasnya.

Sebelum menjabat sebagai Sekretaris KPU Kota Palem-bang, Dewa pernah menjabat sebagai Kepala Bagian Humas Setda Sumsel dan pernah juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pos dan Telekomunikasi Dinas Komunikasi dan Informasi.

Meskipun sekarang dia kerap berhubungan dengan para pelaku dan tokoh-tokoh politik, namun hal tersebut tak membuatnya tertarik untuk terjun ke ranah politik. “Untuk saat ini saya masih ingin menikmati sebagai seorang pegawai negeri sipil

(PNS) saja,” ucap suami Dra Dewi Sastrani.

Bernaung di sebuah lembaga independent merupakan tantan-gan terberat bagi pria kelahiran 7 juli 1969 silam. Karena diperlu-kan ketelitian dan profesionalitas demi menjaga kenetralan sebuah lembaga independent agar ter-hindar dari bisikan-bisikan ber-nuansa politik.

Sebagai sekretaris KPU, Dewa menghimbau semua masyarakat dan tokoh politik untuk sama-sama mensukseskan pemilukada dengan mematuhi peraturan serta menjaga situasi sebelum dan sesudah agar tetap kondusif. PTR

Yayasan Bunda Eva dan Har-ian Palembang Ekspres dihelat hari ini di ball room Hotel Ary-aduta Palembang.

Saat dibincangi usai meng-hadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kecamatan Ke-muning ke-12 Senin (21/1), Ketua Yayasan Bunda Eva, Hj Eva Santana Putra menuturkan, pelaksanaan lomba mewarnai tersebut untuk merealisasikan cita-cita luhurnya mencerdaskan dan menumbuhkembangkan bakat seni bagi anak-anak PAUD kota Palembang.

“Saya memang cinta dengan anak-anak dan dunia anak. Nah, saya sangat bersyukur bisa kerja bareng dengan harian Palembang Ekspres yang ternyata memang

konsen pada segmentasi pen-didikan anak-anak. Saya tahu, sebelumnya Palembang Ekspres pernah menjalin kerjasama den-gan Pemkot Palembang hingga memecahkan rekor MURI untuk kegiatan serupa. Semoga keg-iatan lomba kali ini tidak kalah dahsyatnya,” ucap Bunda Eva sumringah.

Ibu dua anak ini juga bersyu-kur atas telah suksesnya rangka-ian roadshow lomba mewarnai di atas Koran di 16 kecamatan se-Kota Palembang. “Saya ber-terimakasih kepada seluruh Camat, ketua HIMPAUDI, ketua IGTKI dan jajarannya yang telah bersusah payah mensukseskan kegiatan ini. Saya berdoa se-moga acara ini dapat berlang-

sung rutin hingga di tahun-tahun mendatang,” tukasnya.

Sementara General Manager Palembang Ekspres, Tri Nurwan-to menambahkan, untuk grand final hari ini bakal diikuti 1600 anak PAUD yang merupakan utusan dari 16 kecamatan. Mas-ing-masing kecamatan mengutus 100 anak hasil seleksi lomba yang sempat diadakan di tingkat kecamatan. “Di final ini kita akan mencari 48 pemenang, antara lain tiga juara utama yang mem-perebutkan tiket darmawisata ke Bali, tropi Bapak Walikota, Kepala Dinas Pendidikan Pe-muda dan Olahraga, serta Ketua Yayasan Bunda Eva, lalu enam juara harapan memperebutkan tropi dan uang tabungan. Kemu-

dian 20 juara favorit dan 14 juara hiburan, juga memperebutkan tropi. Para pemenang juga bakal dihadiahi bingkisan menarik dari para sponsor pendukung,” jelas Tri.

Alumnus Universitas Mu-hammadiyah Yogyakarta (UMY) ini menambahkan, acara grand final juga bakal dimeriahkan stand para sponsor. “Para pe-serta juga bakal dihibur bintang tamu Keisha Alvaro, artis dan penyanyi cilik putra Pasha, vokalis band Ungu, dan fashion show dari tim Savero. Selain itu kita juga bakal mengundi kupon doorprize memperebutkan satu unit motor dan puluhan alat elektronik dari Yayasan Bunda Eva,” tandasnya. QPL

selasa, 22 JanuarI 2013 Halaman 5

GubernurTolak Sopir

Truk BatubaraPALEMBANG. PE - Kepu-

tusan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Ir H Alex Noerdin melarang keras truk batubara sudah bulat. Bahkan, Gubernur marah terhadap aksi demo para awak truk yang hampir sepekan dan dia tetap pada keputusannya menolak sopir truk batubara un-tuk kepentingan rakyat banyak.

Dia menegaskan , t e tap melarang truk batu bara lewat di jalan umum selama tiga bulan ke depan. Namun, dia akan mem-fasilitasi serta menjamin selama tiga bulan dealer tidak akan me-nagih angsuran truk batubara. Demikian komitmen yang diung-kapkannya usai menghadiri rapat bersama Komisi IV dan Pimpinan DPRD Sumsel, Kapolda beserta PT Servo Lintas Jaya di DPRD Sumsel, Senin (21/1).

Dia mengatakan, untuk ke-luhan para sopir yang khawatir truknya disita oleh perusahaan pembiayaan, dipastikannya hal itu tidak akan terjadi. Karena dia akan memfasilitasi perundingan dengan pihak leasing agar tidak ada penyitaan, seperti yang dike-luhkan para sopir. “Mengenai kredit mobil nanti saya akan sampaikan kepada dealer agar diringankan. Kalau masih tidak bisa bayar setengah,” ujar Alex kepada Palembang Ekspres.

Suami Hj Eliza Alex, jika memang pihak leasing tidak akan memberikan keringanan dan masih saja tetap akan nagih maka nanti Pemprov akan memanggil pihak lesing dan akan membicar-akan lebih lanjut tentang keluhan para sopir. “Kalau perlu saya yang akan bicara langsung kepada leas-ing untuk tidak menagih. Kalau memang minta dibayar separuh saya minta perusahaan truk batu-bara yang bayar separuh,” tegas Alex dengan nada tinggi.

Meyikapi tentang keputusan-nya ini, tetap pada komitmennya yakni melarang menggunakan jalan umum selama jalur khusus sedang diperbaiki selama tiga bu-lan kedepan. Jika jalan PT Servo air sudah surut akan diperbaiki. Karena Alex mengkhawatirkan mereka (para sopir) akan diamuk massa di lima kabupaten yang menolak keberadaan angkutan

batubara tersebut. “Menurut masyarakat di lima kabupat-en yakni Lahat, Muara Enim, Prabumulih, Ogan Komering Ilir OKI dan OI, mereka tetap menolak. Saya khawatir ada aksi pembakaran truk oleh beberapa masyarakat. Dan itu harus dihin-dari dengan melarang melintas,” ungkap Alex.

Masih kata Alex, terkait den-gan keluhan lainnya dari para sopir adalah biaya hidup semen-tara selama jalan khusus belum diperbaiki. Terkait hal ini, Alex mendesak perusahaan juga men-gatasi hal itu. “Kalian buat kaya perusahaan tambang, tapi cuma dapat berapa. Untung saja untuk cicilan. Kalau saya pengusaha truk sudah sebagian kujual un-tuk membiayai hidup para sopir. Para tauke tolong talangin dulu. Bantu sopir, kan tak seberapa,” imbuh Alex.

Dia menambahkan, agar pen-gusaha batu bara membiayai para sopir yang ada, karena selama ini sudah untung. Selain itu juga para pengusaha batu bara bantu penye-lesaian jalan PT Servo, selama tiga bulan kedepan kalau masih tidak selesai juga dalam tiga bulan kedepan dan pihak perusahaan tidak membantu para sopir maka akan di tinjau ulang izinnya.

“Kalau tidak bisa juga saya akan tinjau izinnya. Dan jalan alternatif yang sudah saya per-mudahkan bagi pengusaha batu-bara juga segera diperbaiki kalau tidak saya tidak akan bantu lagi,” ancam Alex.

Terpisah, Soni dari perwaki-lan Asosiasi Angkutan Batubara asal Lahat, mengatakan, setelah mendengar kejelasan dari Gu-bernur Sumsel, Alex Noerdin tadi maka pihaknya akan meng-gelar rapat koordinasi untuk menentukan langkah selanjutnya.“Kami rapat internal dulu jam 2 siang ini. Baru diketahui setelah-nya mau bagaimana,” kata dia.

Pengamat transportasi dari Unsri, Erika Buchari dalam rapat tersebut menegaskan kebijakan yang dikeluarkan Gubernur Sum-sel dengan melarang angkutan batubara melintas di jalan umum sudah tepat.

Menurut dia, sesuai dengan

Undang-Undang (UU) Nomor 22 tahun 2009, Pasal 19 butir d diterangkan yang bisa melintas di jalan umum selain kendaraan umum seperti bis dan mobil adalah kendaraan yang men-gangkut pasir dan hewan ternak. Artinya, angkutan berat seperti truk kayu dan batubara harus me-lintas di jalan khusus. “Harusnya ini, sudah disadari semua pihak berkepentingan dan bersiap-siap membangun jalan khusus untuk batubara,” jelas Erika.

Selama ini kata Erika, ang-kutan batubara telah melakukan melanggar UU Nomor 22 tahun 2009 itu dan peraturan pemerin-tah lainnya, dengan melintas di jalan-jalan umum. “Dalam UU nomor 34 tahun 2004 bagian ke 2 Pasal 6, menyebutkan bahwa pembagian jalan ada tiga yakni jalan umum, jalan tol dan jalan khusus. Jalan khusus sebagaima-na dimaksudkan dalam ayat 1 bukan diperuntukkan bagi lalu lintasi angkutan umum dalam rangka distribusi bahan dan jasa yang dibutuhkan. Jadi aturan-nya sudah jelas di UU No 34 tahun 2004, kenapa kita harus menyudutkan gubernur untuk hal seperti ini?. Masih banyak pekerjaan, yang harus diselesai-kan gubernur dan wakil rakyat,” kata Erika.

Menurut Erika, dengan melin-tasnya angkutan batubara melalui jalan umum ini banyak kerugian yang diterima masyarakat mu-lai dari bidang sosial, ekonomi hingga lingkungan.”Di Sumsel, emisinya 2,3 juta ton pertahun yang terbesar yakni kawasan Palembang-Betung dan Palem-bang-Inderalaya. Hitungan ini adalah hitungan pesimis belum hitungan optimis. Jika truk-truk itu mengalami kecelakaan dan mengakibatkan kemacetan, akan banyak kerugian lain yang ditim-bulkan,” jelasnya kembali.

Sehingga tegasnya, dari aspek apapun memang angkutan batu-bara tidak bisa diizinkan untuk melintas di jalan umum. “Kami mendukung dan meminta guber-nur, harus tetap pada pendirian beliau yang melarang angkutan batubara melintasi jalan umum,” ujarnya. DYN

Tetap Tegas Larang Lintasi Jalan Umum Deadline Servo 3 Bulan Perbaiki Jalan

Altur: Tingkatkan Pelayanankepada Masyarakat

MERIAHribuan warga Kecamatan Kemuning memenuhi ruangan Graha Tiara Puspa antusias merayakan peringatan HUT Kemuning ke-12, Senin (21/1).

althur Pebriansyah SH

Foto suMeKs/JPnn

PALEMBANG EKSPRES selasa, 22 januari 2013 Halaman 6

klasemen sementara isl

1. MiTra KuKar 3 3 0 0 6-3 92. areMa 3 2 0 1 8-3 63. GresiK uniTeD 2 2 0 0 3-1 64. PersiB 2 1 1 0 5-3 45. sriWijaYa FC 3 1 1 1 4-3 46. PersiTa 2 1 1 0 3-2 47. BariTO PuTera 3 1 1 1 4-4 48. Persela 1 1 0 0 4-0 39. PersisaM 2 0 2 0 2-2 210. PersiPura 2 0 2 0 2-2 211. PersiBa 2 0 2 0 1-1 212. PeliTa B r 3 0 2 1 3-4 213. Persija 2 0 1 1 2-3 114. PsPs 2 0 1 1 1-2 115.PersiWa 2 0 0 2 3-6 016. PersiDaFOn 2 0 0 2 3-7 017. PersiraM 2 0 0 2 0-4 018. PersePaM Mu 1 0 0 1 0-4 0

klasemen liga inggris

1 Manchester united 23 18 2 3 57-30 562 Manchester City 23 15 6 2 45-19 513 Chelsea 23 13 6 4 47-22 454 Tottenham Hotspur 23 12 5 6 40-28 415 everton 22 9 10 3 35-26 376 arsenal 22 9 7 6 41-26 347 liverpool 23 9 7 7 40-28 348 West Bromwich albion 23 10 4 9 33-32 349 swansea City 23 8 9 6 34-27 3310 stoke City 23 6 11 6 22-27 2911 sunderland 23 7 7 9 27-31 2812 West Ham united 22 7 6 9 25-28 2713 norwich City 23 6 8 9 24-39 2614 Fulham 23 6 7 10 33-40 2515 southampton 22 5 7 10 30-40 2216 newcastle united 23 5 6 12 28-41 2117 aston Villa 23 4 8 11 19-44 2018 reading 23 4 7 12 28-43 1919 Wigan athletic 23 5 4 14 25-43 1920 Queens Park rangers 23 2 9 12 18-37 15

klasemen liga spanyol

1 Barcelona 20 18 1 1 66-23 552 atlético Madrid 20 15 2 3 42-18 473 real Madrid 20 12 4 4 50-20 404 real Betis 19 11 1 7 30-29 345 Málaga 20 9 5 6 30-17 326 rayo Vallecano 20 10 1 9 27-36 317 Valencia 20 9 3 8 27-32 308 levante 20 9 3 8 24-29 309 real sociedad 20 8 5 7 31-27 2910 real Valladolid 20 8 4 8 29-25 2811 Getafe 20 7 5 8 25-31 2612 sevilla 20 6 5 9 24-29 2313 real Zaragoza 20 7 1 12 21-30 2214 espanyol 20 5 6 9 23-32 2115 athletic Club 19 6 3 10 23-39 2116 Granada 20 5 5 10 18-29 2017 Celta de Vigo 20 5 4 11 20-25 1918 Osasuna 20 4 6 10 16-21 1819 Mallorca 20 4 5 11 20-36 1720 Deportivo la Coruña 20 3 7 10 24-42 16

klasemen liga italia

1 juventus 21 15 3 3 45-14 482 napoli 21 13 4 4 41-19 433 lazio 21 13 4 4 32-21 434 internazionale 21 12 3 6 33-23 395 Fiorentina 21 10 6 5 38-25 366 Milan 21 10 4 7 38-28 347 roma 21 10 3 8 44-35 338 Catania 21 9 5 7 29-27 329 Parma 21 8 7 6 29-27 3110 udinese 21 7 9 5 32-31 3011 Torino 21 6 9 6 25-24 2612 Chievo 21 7 4 10 22-34 2513 atalanta 21 7 4 10 19-31 2314 Bologna 21 6 3 12 26-28 2115 sampdoria 21 6 4 11 22-29 2116 Pescara 21 6 2 13 17-39 2017 Cagliari 21 5 5 11 20-37 2018 Genoa 21 4 5 12 21-34 1719 Palermo 21 3 7 11 18-34 1620 siena 21 5 5 11 20-31 14

Hasil pertandingan inggris

liverpool 5 - 0 norwich C. Manchester C. 2 - 0 Fulhamnewcastle u. 1 - 2 readingWest Ham u. 1 - 1 Queens Park r.Wigan athletic 2 - 3 sunderlandWest Bromwich a. 2 - 2 aston VillaChelsea 2 - 1 arsenalTottenham H. 1 - 1 Manchester u.

Hasil pertandingan spanyol

real sociedad 3 - 2 BarcelonaGetafe 1 - 1 sevillaMalaga 1 - 1 Celta de VigoOsasuna 2 - 1 Deportivo la CorunaValladolid 2 - 0 Zaragozaatletico Madrid 2 - 0 levanteValencia 0 - 5 real Madrid

Hasil pertandingan italia

juventus 4 - 0 udineseFiorentina 1 - 1 napoliaC Milan 2 - 1 BolognaChievo 1 - 1 ParmaGenoa 0 - 2 CataniaPescara 0 - 2 Torinosiena 1 - 0 sampdoriaatalanta 1 - 1 Cagliarias roma 1 - 1 inter Milan

PE - Real Madrid menciptakan neraka untuk Valencia saat kedua tim berduel di Stadion Mestalla, Senin (21/1/2013) dinihari WIB. Los Blancos membantai tim tuan rumah dengan skor mencolok 5-0. Semua gol Madrid pada pertandingan ini tercipta pada paruh pertama. Angel Di Maria dan Cristiano Ronaldo masing-masing mengemas dua gol, sementara satu gol lainnya diciptakan oleh Gonzalo Higuain.

Di babak kedua, kedua tim sama-sama punya kans untuk mengubah skor. Namun, hingga peluit panjang berbunyi, Madrid tetap unggul 5-0. Dengan hasil ini, Madrid masih bertengger di urutan ketiga klasemen semen-tara dengan 40 poin dari 20 pertandingan, terpaut 15 poin dari Barcelona yang ada di puncak dan tujuh poin dari Atletico Madrid yang ada di posisi kedua. Valencia duduk di peringkat ketujuh dengan 30 poin.

Madrid mendapatkan peluang emas pada menit kedelapan. Umpan silang mendatar Al-varo Arbeloa disambut Higuain, tapi tembakan Higuain dari dalam kotak penalti melenceng.

Tapi, Higuain tak mengulang kesalahan pada menit berikutnya. Berawal dari tusukan Di Ma-ria di sisi kiri, Higuain menyambar bola yang diumpankan kepadanya. Kiper Diego Alves cuma bisa terpana melihat gawangnya jebol.

Tim tamu nyaris menggandakan keung-gulannya di menit ke-28. Di Maria mengirim umpan terobosan yang membuat Sami Khedira tinggal berhadapan dengan Alves. Tapi, penye-lesaian Khedira bisa dimentahkan oleh si kiper.

Kedudukan berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Madrid pada menit ke-34. Ronaldo mengecoh dua bek lawan sebelum mengirim-kan umpan matang ke tiang jauh. Di sana ada Di Maria yang tanpa kesulitan mendorong bola

kedalamgawang.

Dua menit kemudian, gol ketiga Madrid tercipta. Ronaldo yang berlari dari tengah lapangan berhasil memperdaya Victor Ruiz saat sampai di kotak penalti. Penyerang asal Portugal itu mengakhiri aksinya dengan tembakan kaki kiri ke tiang dekat yang tak bisa dihentikan oleh Alves.

Valencia makin menderita setelah mereka kebobolan untuk keempat kalinya pada menit ke-41. Umpan silang Di Maria dari sisi kiri di-belokkan Mesut Oezil ke arah Ronaldo. Tanpa pikir panjang, nama terakhir langsung menem-bak ke dalam gawang dan gol.

Valencia berpeluang memperkecil keterting-galan lewat tembakan menyilang Andres Guar-dado dari luar kotak penalti. Namun, arah bola masih sedikit melenceng. Madrid mencetak gol kelimanya beberapa saat menjelang babak pertama berakhir. Di Maria memenangi sprint melawan bek-bek Valencia saat mengejar um-pan terobosan dari Oezil. Tinggal menghadapi Alves, Di Maria dengan mudah menaklukkan-nya lewat tendangan mendatar.

Pablo Piatti nyaris mencetak gol untuk Valencia di menit ke-50. Tapi, tendangan Piatti dari luar kotak penalti cuma menghantam mistar. Usaha Tino Costa pada menit ke-59 juga tak menghasilkan gol untuk tim tuan rumah. Sepakannya masih bisa diamankan oleh Iker Casillas. Ronaldo hampir saja menjebol gawang Valencia lagi pada menit ke-86. Tapi, sontekannya meneruskan umpan Luka Modric masih melenceng. NET

MadridBantaiValencia di Mestalla

BerakHir SeriPE - Tak ada pemenang saat

AS Roma menjamu Inter Milan di pekan 21 Liga Italia. Satu gol yang dibuat masing-masing tim di babak pertama membuat pertand-ingan berkesudahan imbang 1-1. Berlaga di Stadion Olimpico, Roma, Senin (21/1/2013) dinihari WIB, Roma lebih dulu unggul setelah Francesco Totti dengan sempurna mengeksekusi penalti di menit 20. Namun tepat sebelum turun minum Nerazzurri berhasil menyamakan kedudukan melalui sontekan Rodrigo Palacio.

Meski sama-sama mencipta-kan peluang di babak kedua, tak satu pun gol berhasil diciptakan kedua kubu. Skor 1-1 pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang. Tambahan satu poin tak mengubah posisi Inter di posisi empat klasemen sementara dengan poin 39, terpaut empat poin dari Lazio yang tepat berada di atasnya. Sementara Roma bertengger di posisi tujuh klasemen dengan 33 poin didapat.

Pablo Daniel Osvaldo nyaris membawa Roma unggul saat pertandingan baru berjalan tiga menit, upayanya menanduk bola yang disodorkan Erik Lamela ga-gal. Tak lama berselang Michael Bradley juga gagal menyambut

umpan diagonal yang dilepaskan Totti.

Di menit 10 Osvaldo berhasil merobek jala gawang Inter, namun gol itu dianulir wasit karena dia dinyatakan berada dalam posisi offside. Sepuluh menit berselang Roma kembali mencetak gol, yang kali ini dinyatakan sah, melalui titik penalti.

Wasit menunjuk titik penalti menyusul pelanggaran yang di-lakukan Andrea Ranocchia terh-adap Bradley, yang tengah beru-paya mengejar umpan dari Totti. Maju sebagai eksekutor, tendangan penalti yang dilepaskan Totti merobek gawang Inter tanpa bisa dihalau kiper Samir Handanovic.

Lamela nyaris menambah ke-unggulan Roma di menit 33 saat tendangan lengkung yang dia lepaskan dari dalam kotak penalti gagal menemui sasaran. Semenut berselang gantian Inter menebar ancaman, tendangan keras Guarin dari jarak sekitar 38 meter me-layang di atas gawang Roma.

Roma lagi-lagi membuang pe-luang menambah gol di menit 37. Mendapat ruang tembak di dalam kotak penalti, sepakan Osvaldo masih terlalu melebar. Ketidak-mampuan Roma menambah gol akhirnya harus dibayar mahal

karena gawang mereka justru kebobolan di menit akhir babak pertama.

Gol penyama La Beneamata lahir dari kerja keras Walter Gar-gano yang menusuk masuk ke dalam kotak penalti dari sisi kanan. Umpan mendatar yang dia lepas-kan dibelokkan ke dalam gawang oleh Palacio.

Enam menit paruh kedua ber-jalan Osvaldo punya peluang emas membuat Roma kembali unggul. Dapat umpan terobosan terukur dari Totti, sentuhan per-tama Osvaldo tak sempurna dalam posisi satu lawan satu dengan Handanovic, alhasil kesempatan tersebut terbuang percuma.

Lamela! Oh tendangannya dari sudut sempit di sisi kanan pertahanan Inter hanya mengenai sisi luar jala gawang di menit 70. Empat menit kemudian gantian Inter punya kans membalikkan keadaan saat tendangan Palacio masih terhalang Leandro Castan.

Tuan rumah setidaknya punya tiga peluang lain untuk mencetak gol. Namun kesempatan yang dipunya Lamela dan Ivan Piris gagal dituntaskan menjadi gol. Termasuk saat Lamela tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Hadanovic di menit 83. NET

Diperkirakan Menepi Hingga 3 Pekan

PE - Kemenangan Atletico Madrid atas

Levante dalam lanjutan Liga Spanyol harus

dibayar dengan mahal. Radamel Falcao mendap-

atkan cedera dan diprediksi harus menepi hingga tiga

pekan. Falcao mendapatkan cedera saat Los Colchoneros

menjamu Granotes, Senin (21/1) dinihari. Striker timnas

Kolombia itu harus mengakhiri laga lebih awal sebab menga-

lami gangguan hamstring.Saat laga berjalan 57 menit,

Falcao harus ditarik keluar, lalu digantikan oleh Diego Da Silva Costa. Sementara pertandingan

yang berlangsung di Vicente Calderon

itu berakhir untuk kemenangan tuan rumah dengan skor akhir 2-0 berkat gol

sumbangan Koke dan Adrian.Terkait cedera yang dialami oleh Fal-

cao itu, pelatih Atletico, Diego Simeone, sudah memberikan keterangan resmi. “Kami tidak mengetahui dengan tepat apa yang terjadi padanya (Falcao), tapi dia merasa sakit. Dia akan beristirahat dan kami akan menanganinya dengan

baik,” jelas Simeone seperti dilansir salah satu media online olahraga internasional.

“Falcao akan membuat kami menjadi lebih kuat saat dia kem-

bali bermain,” tambah pelatih asal Argentina itu. Falcao memberikan banyak kontribusi bagi Atletico di Liga Spanyol musim ini. Ia sudah

menyumbangkan 18 gol saat bermain dalam 18 pertandingan. NET

Telah Raih Kesepakatan dengan Galatasaray

Wesley Sneijder

Pe - Galatasaray telah mengkonfrimasi bahwa pihaknya telah meraih kesepakatan dengan inter Milan mengenai proses transfer Wesley sneijder ke Turk Telekom arena. Pemain asal Belanda ini telah dipinggirkan dari susunan skuad andrea stramaccioni sejak september silam. Karirnya mengenakan seragam Nerazzurri-pun telah mencapai tahap akhir.

Galatasaray dan liverpool merupakan klub yang disebut-sebut telah menjadi peminat utama pemain yang berposisikan gelandang ini. Kini ketimbang bermain di inggris bersama liverpool, sneijderakan segera bermain di Turki bersama Galatasaray. Kedua pihak dari kubu inter dan Galatasaray sudah mencapai kesepakatan dan hanya tinggal menunggu sang pemain menjalani tes medis.

“Klub telah meraih kesepakatan dengan inter maupun Wesley sneijder mengenai proses transfer. Kondisi mengenai kesepakatan akan segera diumumkan setelah sang pemain melewati tes medis,” bunyi pernyataan di situs resmi Galatasaray.

Masih belum diketahui berapa nominal transfer yang dikeluarkan Galatasaray untuk mendatang- kan sneijder ke Turki. namun menurut kabar yang beredar, nilai transfer dikatakan sebesar 7.5 juta euro. Menanggapi proses transfernya den- gan Galatasaray yang hampir tuntas sneijder berkata demikian. net

bantaironaldo dan di maria merayakan gol

saat real madrid menghadapi Valencia di mestalla, skor berakhir 0-5 untuk

kemenangan real madrid

imbangnagatomo ( membawa

bola) dijaga ketat pemain roma

Fransesco totti saat inter menghadapi

roma semalam, pertandingan tersebut

berakhir imbang 1-1

Radamel Falcao

PALEMBANG EKSPRES SELASA, 22 JANUARI 2013 Halaman 7

PALEMBANG.PE- Setelah gagal mencuri poin dikandang Per-sisam Samarinda tentu membuat luka tersendiri bagi Kas Hartadi pelatih Sriwijaya FC. Terlebih sebelumnya Kas sangat yakin jika anak asuhnya bisa mendapatkan tiga poin walaupun bermain diha-dapan public tuan rumah.

Tapi sayangnya target tersebut meleset dan jauh dari harapan, karena tim yang berjuluk Laskar Wong Kito itu dipaksa menyerah dengan skor telak 4-2.

Kekalahan tersebut merupakan kekalahan pertama yang dialami SFC di kompeti musim ini. Namun hasil tersebut menyisahkan peker-jaan rumah (PR) yang belum selesai.

Hal itu tidak ada yang lain kecuali dengan lini pertahanan. Ya, benteng pertahanan pasu-kan sriwijaya ini dianggap sangat keropos karena harus menelan 4 gol di pertandingan sebelumnya.

Terlebih ada nama-nama besar yang meng-huni barisan pertahanan tim Laskar Wong Kito seperti Diogo Santos, Abdulrahman, Taufik Kasrun dan Mahyadi Panggabean sudah tidak diragu-kan lagi kualitasnya.

Bahkan peran penjaga gawang Ferry Rotinsullu pun terlihat tidak maksimal ketika harus memungut bola dari gawang sendiri.

”Di pertandingan kemarin me-mang pertahanan tim sangat keropos bahkan kita harus menelan kekala-han sampai kebobolan empat gol dalam satu pertandingan. Tentunya ini bukan hasil yang diinginkan,” ujar Kas Hartadi kepada Palembang Ekspers via ponsel.

Kas menambahkan, buruknya komunikasi antar lini yang menjadi penyebab mudahnya barisan pertah-anan tim ditembus lawan sampai harus mengalami 4 kali kebobolan.

”Komunikasi antar lini yang menyebabkan keroposnya pertah-anan tim, disamping itu pemain belakang kerap melakukan blunder yang memudahkan pemain lawan untuk menembus barisan belakang tim,” ungkap Kas.

Disamping itu faktor emosi yang tak terkendali menjadi musuh

dalam selimut yang akan dihadapi di pertandingan berikutnya.

Dari pengamatan Kas di pertandingan sebelum-nya, tampak jelas anak asuhnya selalu terpanc-ing emosi tim lawan.

Hal ini terbukti dengan dihadiakannya kartu kuning kepada Ahmad Jufiyanto dan Mahyadi Panggabean. Bahkan SFC pun harus bermain 10 orang karena penjaga gawang Rivky Mo-kodompit terkena kartu merah akibat melang-gar striker Persisam Ferdinan Sinaga.

Kas menjelaskan, setelah men-gevaluasi dan menjalankan ske-ma latihan terlebih pemain belakang, selama menjalani persiapan menuju ke kandang Mitra Kukar, dirinya telah mengin-

gatkan langsung pada pemain belakangnya untuk lebih berkonsentrasi dan menjaga agar tidak mudah terpancing emosi.

”Kita akan segera evaluasi menyeluruh se-belum menghadapi Mitra Kukar, Sabtu ini namun yang menjadi perhatian khu-sus saya adalah emosi pemain dilapangan,” tandasnya Mantan asisten Ivan Venkov Kolev ini.

Dari tiga pertandingan yang dijalani musim ini, sedikitnya SFC sudah mengalami 7 kali kebobolan dari tim lawan. Ini merupakan per-mulaan yang buruk bagi tim besutan Pelatih Kas Hartadi mengingat di-laga awal poin penuh gagal diraih. ‘

”Ini memang permulaan yang buruk tapi hal ini belum berakhir karena kompetisi masih panjang, meskipun demikian kita akan tetap fokus di laga selanjut-nya,” pungkasnya mantan pemain Krama Yudah Tiga Berlian ini. Jan

Komunikasi antar lini yang menyebabkan keroposnya pertahanan tim, disamping itu pemain belakang kerap melakukan blunder yang memudahkan pemain lawan untuk menembus barisan belakang tim,”

KAS HARTADI

PALEMBANG.PE- Federasi Olahraga Karate Indonesia (Forki) melalui kejuaraan karate Pra Piala Kasad 2013 yang akan berlangsung di Aula Polresta Palembang pada 2-3 Februari Sumsel mengharap-kan adanya peningkatan prestasi di masa yang akan datang dengan melakukan aturan batasan umur kepada setiap peserta kejuaraan.

Kejuaraan yang terselenggara sebagai ajang untuk seleksi menuju Piala Kasad ke XI 2013 yang direncanakan berlangsung 28 Februari-2 Maret 2013 di Batam Kepulaun Riau. Adapun peserta pada kejuaraan ini diikuti oleh Pengcab Forki se-Sumsel dan Pengprov Perguruan di Sumsel.

Kejuaran yang bertujuan untuk menjaring para karateka yang berkualitas serta sebagai pembibitan atlet khususnya cabor karate, untuk kejuaraan tahun ini ada perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya.

Dimana para peserta yang mengikuti kejuaraan ini diperuntuhkan bagi karateka muda. Di kategori kumite (pertarungan) baik putra maupun putri mulai dari usia 18 tahun hingga 25 tahun.

Sedangkan kategori kata (seni beladiri karate) mulai usia 16 tahun hingga 30 tahun, Hal ini di-katakan ketua panitia pelaksana Aliyuddin Asral Spd Msi sekaligus wakil sekeretaris umum Forki Sumsel belum lama ini.

Dirinya beranggapan, batasan umur bagi atlet yang mengikuti seleksi ini hanya dilakukan di Sumsel, mengingat dari beberapa kali kejuaraan Piala Kasad yang pernah diikuti sebelumnya prestasi atlet Sumsel sangat minim sekali.

Oleh karena itu, pada tahun ini sengaja Forki Sumsel membatasi usia peserta, selain untuk mencari bibit-bibit baru, disamping itu juga sebagai kesempatan bagi atlet muda menambah jam terbang.

“Memang kalau untuk Piala Kasad tidak ada batasan usia, tapi kalau melihat pengalaman atlet Sumsel selama ini, atlet yang kita turunkan

selalu gagal mendulang prestasi, hanya beberapa atlet senior saja yang membawa medali. Oleh karena itu, untuk tahun ini kita mencoba mencari bibit baru yang berusia muda namun secara kualitas tidak kalah dengan seniornya,” kata Aliyuddin.

Dia menambahkan, meskipun untuk tahun ini mayoritas Sumsel bakal menurunkan atlet-atlet muda, tapi ada beberapa atlet baik di kategori kumite ataupun kata secara kemampuan sudah dapat bersaing di tingkat nasional seperti Ira Maya Sofa (kata putri), Riza Pradipta (kumite), M Zacky Zen (kata putra).

Seperti diketahui, untuk di Sumsel hingga saat ini tidak ada yang bisa mengalahkan Ira Maya Sofa, begitu juga halnya Riza Pradipta dan Zacky. “Un-tuk ditingkat nasional, ketiga atlet ini sudah sangat kompetitif dengan daerah-daerah lain.

Walaupun ini pertama kalinya Sumsel akan menurunkan atlet-atlet muda pada Piala Kasad, tapi dari ketiga atlet ini kita punya harapan mereka bisa menyumbangkan medali.

Seperti Ira, pada PON Riau lalu dia mampu me-nyumbangkan medali perunggu,” imbuh karateka penyandang DAN V ini.

Dari beberapa perguruan karate di Sumsel, salah satu perguruan yang akan berpartisipasi pada kejua-raan ini adalah perguruan Wadokai.

Sebagai salah satu perguruan besar yang ada di Sumsel, Iskandar Sabani SH SE MH selaku ketua umum Pengprov Wadokai Sumsel mengharapkan kepada para atlet yang diturunkan pada kejuaraan ini agar bertanding semaksimal mungkin dengan se-mangat yang tinggu untuk menjadi yang terbaik dan pada gilirannya nanti diharapkan dapat menjadi aset atlet Forki Sumsel.

“Kita tidak muluk-muluk bicara masalah target berapa atlet yang diprediksi bakal lolos pada seleksi ini, yang jelas kita mengirimkan atlet yang sudah memiliki prestasi dalam setiap kejuaraan sebelumnya. Berhubung olahraga ini adalah cabang olahraga tak terukur, jadi kita tidak bisa memastikan berapa atlet yang bakal lolos. Namun kita tetap ber-harap diantara banyaknya peserta ini muncul salah satu atlet dari Wadokai bisa mewakili Sumsel pada piala Kasad nanti,” pungkasnya. Jan

INDRALAYA. PE- Sedikit-nya 190 peteakwondo mengikuti invitasi taekwondo karigamas sport club ke 6, Senin (21/1) kemarin di Sekretariat Pencab Dojang Segonang jaya Tae-kwondo Indonesia Ogan Ilir (OI) Kecamatan Indralaya Utara Kabupaten OI.

Ketua Pelaksana Samsu-din didampingi Plt Ketua Pen-cab Taekwondo Ardha munir mengatakan, invitasi takwondo karigamas tersebut diselengga-rakan selama 3 hari (21-23 Janu-ari), dengan mempertandingkan kelompok prayunior dibawah 14 tahun, yunior 14-17 tahun, senior diatas 17 th, lomba pomse jurus ganda prayunior, yunior dan senior.

“Tahun ini kita baru kali ini mengadakan kelengkapan lom-ba, antuasismenya sangat tinggi. Bahkan ini memperebutkan piala dan medali dari Wakil Ketua Koni OI H Endang PU Ishak, Ketua DPRD Iklim Cahya dan dari panitia,” ujar Ardha.

Disinggung soal sederhana-nya pertandingan yang disel-enggarakan, ia mengatakan hal

tersebut tetap harus dilakukan untuk memberikan prestasi bagi daerah dan memberikan peluang kepada atlet untuk meningkatkan prestasi.

“Ya tetap kita upayakan me-ski dengan fasilitas terbatas,” imbuhnya saraya mengaku Pe-serta yang ikut selain dari Ogan Ilir sendiri juga ada dari Lahat, Prabumulih, Palembang, Muara Enim, Musirawas dan Lam-pung,” katanya.

Lebih jauh katanya, hal ter-sebut untuk memotivasi para pencab yang bernaung dibawah koni untuk melakukan kegiatan seperti persiapan mengikuti por-prov, porrwil, dan sebagainya.

“Seharusnya dibenahi fasi-litasnya untuk memasyarakat olahraga agar anak muda ak-tif, kreatif dan berkarakter,” katanya.

Terpisah Wakil Ketua Koni, H Endang PU Ishak mengata-kan akan terus memajukan dan menaungi insan olahraga di OI. “Nanti kalau perkantoran sudah jadi disitu ada sport center yang bisa digunakan dengan baik,” singkanya. VIV

190 PeteakwondoUji Kemampuan

PALEMBANG.PE- Pemain anyar SFC Ramdhani Lestaluhu secara pribadi meminta maaf kepada masyarakat Sumatera Selatan terlebih yang menaruh harapan besar kepada tim Laskar Wong Kito untuk bisa membawa kemenangan dari Persisam Putra Samarinda kemarin.

“Sampaikan kepada pendu-kung SFC di Palembang, saya meminta maaf karena belum bermain bagus apalagi mencetak gol,” ujar pemain kelahiran 5 November 1991 kepada Palem-bang Ekspers via ponsel (21/1).

Seperti kita ketahui Dhani baru dikontrak dan bergabung bersama SFC pada 15 Januari lalu. Ia mengungkapkan, ia masih butuh penyesuaian atau adaptasi dengan teman seperju-

angannya di SFC mengingat ia baru bergabung dan malam ini tanding perdanannya bersama Tim Laskar Wong Kito.

“Semoga pertandingan sela-njutnya saya sudah bisa meny-esuaikan diri dan bermain bagus untuk masyarakat Palembang,” ujar pasangan Abdul Latif Lestaluhu dan Sehat Ohorella.

Bahkan dengan bijak dia mengatakan harus mengakui kekalahan dalam pertandingan kemarin. ”Jangan karena kalah kita menyalahkan apapun yang menurut kita patut disalahkan. Hari ini kita kalah, pasti ada waktu kita untuk menang,” bebernya. Mengenai wasit ia percaya akan keputusan hakim lapangan, apapun keputusannya pasti baik. Jan

Kalah, Ramdhani Minta Maaf

Forki Sumsel BatasiUsia Cari Bibit Muda

Gelar Seleksi Untuk Piala Kasad

KALAhKAN LAWANTanpa dua Peteakwondo saat mengikuti uji kemampuan mengalahkan lawan diatas ring

FOTO WIDJAN/PALPRES

FOTO NOvA WAHYUDI/PALPRES

selasa, 22 januari 2013 Halaman 8

PALEMBANG EKSPRES SELASA, 22 JANUARI 2013 Halaman 9

OTO BiZPALEMBANG EKSPRES SELASA, 22 JANUARI 2013 Halaman 10

HOTLINE IKLAN 0711 77 57 249

Penjualan MaticHonda Turun

All New KIA Rio, Irit dan Stylishll New KIA Rio diatur untuk benar-benar mendefini-sikan kem-

bali posisi pasarnya,

tidak heran jika kehadiran roda empat ini ingin mendapatkan market share yang lebih besar ditengah segmen yang terus berkemban.

All New KIA dipro-duksi untuk pertama kalinya dengan pilihan 5-pintu dan 3-pintu bodystylish. Untuk menurunkan konsumsi bahan bakar dan membantu men-capai class-leading emisi KIA Rio, insinyur KIA telah melakukan program eksten-sif untuk meratakan berat berbagai komponen. “Irit dan stylish menjaadi andalan All New KIA Rio,” ungkap Harvian, Sales Supervisor PT Global Mobilindo.

Hasilnya, meski KIA Rio terbaru ini secara signifikan lebih besar dibandingkan dengan model generasi ketiga dengan peralatan tambahan, namun beratnya bisa ditekan ke level minimum.

KIA Rio terbaru bukan evolusi dari pendahulunya, tetapi ini adalah sebuah revolusi. “Kepribadian be-

rani dan khas dari Rio 2012 merupakan perubahan dari pendahulunya,” katanya.

Tampilan depan, KIA Rio memiliki desain yang unik dari grill yang terintegrasi dengan lampu depan untuk membuat twist baru pada tampilan keluarga KIA. KIA New Rio menunjukkan hubungannya dengan All New KIA Sportage, bagian belakang yang kuat dan sta-bil, pilar-C yang tinggi dan dominan.

Coupe-look dan roof-line kontras dramatis dengan bumper belakang dan mem-berikan kekuatan dan soli-ditas ke tampilan belakang. Konsep KIA mengikuti filosofi perusahaan inte-rior panel instrumen dengan karakteristik horisontal, menonjolkan perasaan lebar dan lapang.

Fitur opsional yang tersedia pada mobil-mo-bil baru Rio

untuk pasar Indonesia akan mencakup smart-key entry system (kunci pintar), radio RDS CD player dengan MP3 kompatibilitas ditam-bah AUX, iPod dan koneksi USB, Bluetooth, handsfree, kontrol AC. “Kursi depan dilengkapi dengan pemanas dan lampu LED daytime run-ning,” katanya.

Harvian menambahkan, kabin Rio baru yang lebih luas dari Picanto. Kaca de-pan dimajukan sekitar 156 mm dan dinaikan sekitar 18 mm, sementara bodyshell 70 mm dan wheelbase lebih panjang 25 mm yang lebih luas membawa manfaat ruang untuk semua penum-pang dan kapasitas bagasi. Ruang untuk kaki depan meningkat 45 mm, ruang k e p a l a depan dengan 8 mm.

Memilik 6-speed manual transmis-sion. “Dengan gear ratio yang rapat mem-buat setiap perpin-dahan gigi persneling lebih halus dan lebih gesit,” tandasnya. PTr

Irit dan stylishmenjaadi andalan All

new KIA rio,”--------------HarVIan

Sales Supervisor

PT Global Mobilindo

PALEMBANG. PE – Menurunnya harga komoditi seperti sawit, karet serta batubara berimbas terhadap penjualan sepeda motor secara global termasuk pen-

jualan sepeda motor Honda di Sumatera Selatan.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Wilayah Honda

Palembang, Yohanes Kur-niawan ketika dijumpai Palembang Ekpres kemarin. Yohanes mengaku, penuru-

nan penjualan sepeda mo-tor tidak hanya di alami

oleh Honda saja tapi juga dialami oleh

pabrikan lainnya namun penjualan Honda masih lebih stabil dibanding kom-petitor.

Meski pen-jualan menu-

run, namun Honda mendapat-

kan pangsa pasar baru yang berasal

dari konsumen kompe-titor. “Ada dampak positif karena konsumen banyak beralih ke produk-produk Honda,” katanya.

Menurutnya konsumen saat ini lebih jeli dalam memilih kendaraan yang dapat menopang kebutuhan harian. Honda selaku produsen motor yang telah lama dikenal dengan keefisiensian dalam konsumsi bahan-bakar karena telah eruji dengan ser-tifikat euro 3.

“Dengan desain model terkini yang lebih futuristic dan penggunaan teknologi injeksi sehingga menjadi nilai lebih bagi konsumen sepeda motor Honda,” jelas Yohanes.

Ditahun 2012 lalu, motor matik masih meberikan kontribusi terbesar sebanyak 50 persen dengan total penjualan di Sumatera Selatan dan Bengkulu mencapai 142.079 unit. “Salah satu dampak akibat turunnya harga komoditi terhadap penjualan motor matic yang mengalami penurunan sekitar 10 persen,” jelasnya.

Meski penjualan motor matic mengalami penurunan di tahun 2012, tahun ini sepeda motor matik Honda masih diunggulkan dengan menaikan target dari tahun lalu 50 persen menjadi 55 persen atau sekitar 170.000 unit.

“Tentunya setiap tahun kita akan menaikkan target penjualan motor Honda,” katanya.

Tahun lalu penjualan motor kategori bebek yang dihuni oleh Honda Supra X, Blade, dan Revo menempati urutan kedua dengan total penjualan sekitar 40 persen dan motor sport sebesar 10 persen. “Di kelas bebek, Honda Revo sedikit lebih dominan dibanding tipe lainnya,” katanya.

Sementara itu di tahun ini Honda akan segera meluncurkan produk terbarunya untuk kategori sport low entry yang masih dirahasiakan bentuk dan spesifikasinya. “Rencananya akan segera kita pasarkan di Palembang pada pertengahan Februari nanti,” pungkasnya. PTr

MATIC JADI ANDALANpenjualan motor matic mengalami penurunan di tahun 2012,

tahun ini sepeda motor matik Honda masih diunggulkan dengan menaikan target dari tahun lalu 50 persen menjadi 55 persen atau

sekitar 170.000 unit.

LEBIh GAYAIrit dan stylish menjaadi andalan All New KIA Rio.

FOTO : ELLA / PALPRES

FOTO ALHADI FARID / PALPRES

Salah satu dampak akibat turunnya harga komoditi

terhadap penjualan motor matic yang mengalami pen-urunan sekitar 10 persen,”

PALEMBANG. PE- Kan-tor Perwakilan Bank Indonesia wilayah VII merilis keyakinan konsumen di kota Palembang pada Desember 2012 men-galami peningkatan, terlihat dari nilai Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang naik 0,7 poin dari 132 menjadi 132,7 dibandingkan bulan sebelumnya.

Peningkatan keyakinan konsumen disebabkan me-ningkatnya Indeks Kondisi Ekonomi Saat ini (IKE) yang merupakan komponen pem-bentuk IKK bersama Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK), Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) di Desember 2012 naik 4,1 poin dari 119,8 men-jadi 123,9.

“Peningkatan ini disebab-kan meningkatnya indeks ketersediaan lapangan kerja sebesar 8 poin dari 89,7 men-jadi 97,7 sedangkan indeks konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama naik 3,9 poin menjadi 130,6,” ujar Sa-lendra, Deputi Direktur Kantor Perwakilan BI wilayah VII.

Meningkatnya konsumsi barang kebutuhan tahan lama, sejalan dengan kenaikan pengeluaran konsumen saat ini dibandingkan tiga bulan yang

lalu terlihat dari nilai indeks naik 6,7 poin menjadi 172,4

Sementara itu, komponen lain pembentuk IKK yaitu Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) turun 2,8 poin dari 144,2 menjadi 141,4.

Penurunan ini disebabkan menurunnya persepsi kon-sumen terhadap penghasilan

konsumen dan kegiatan usaha untuk enam bulan mendatang dibandingkan saat ini.

Sedangkan ekspektasi yang positif ke depan, terlihat pada kenaikan indeks ketersediaan lapangan kerja sebesar 1,7 poin menjadi 116.

”Optimisme konsumen ter-hadap ketersediaan lapangan

kerja ke depan, antara lain disebabkan kegiatan proyek pemerintah dan swasta akan meningkat dan meningkat-nya minat berwiraswasta,” tambahnya.

Penilaian konsumen ter-hadap kenaikan harga barang dan jasa secara umum pada 3 bulan ke depan (bulan Maret 2013), meningkat dibanding-kan bulan sebelumnya. Kon-disi tersebut tercermin dari peningkatan indeks ekspek-tasi harga 3 bulan mendatang sebesar 11,3 poin, sehingga indeks menjadi 185,6 pada Desember 2012.

Peningkatan indeks tersebut dipengaruhi peningkatan kelompok sandang, Kelom-pok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau serta kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga. LA

Hubungi: 7944589

SEDANG DIBANGUN

DIJUAL CEPAT

MiniMalis 2,5 lantailokasi strategis

Padat Penduduk CoCok Buat usaha

RUko

BURUAN hanya 2 unit

ALAmATkomplek talang kelapa

Foto ella /palpres

INDEKS KEYAKINANkantor Perwakilan Bank indonesia wilayah Vii merilis keyakinan konsumen di kota Palembang pada desember 2012 mengalami peningkatan, terlihat dari nilai indekskeyakinan konsumen (ikk)

Ekonomi & sElularPALEMBANG EKSPRES selasa, 22 januari 2013 Halaman 11

PALEMBANG. PE- Tar-get omset sebesar Rp 48 miliar yang harus diperoleh dalam sebulan menjadi salah satu alasan Tiki lebih menggenjot layanan paket Sameday Ser-vice yang akan lebih dimaksi-malkan.

Tidak heran jika paket kelas premium ini menjadi tum-puan Tiki meng-ingat tarif yang diberlakukanjuga berbeda dengan layanan lain seperti ONS yang paling banyak diminati oleh konsumen Palembang.

”Layananpaket Sameday service akan ditingkatkan karena satu hari sampai ke tu-juan jadi tarifnya premium dan ini lebih diminati kalangan tertentu,” ujar Haris Jumadi SE MM, Direktur CV Tiki Palembang kemarin.

Jika Sameday service tarifnya lebih mahal namun yang menggunakannya hanya tertentu berbeda dengan laya-nan ONS yang sering dipilih konsumen, kondisi ini berbeda dengan di kota lain yang lebih condong reguler.

Hal ini terasa wajar mengingat layanan reguler untuk tarifnya ekonomis dan lebih rendah dari ONS, namun ini baru berlaku di Jakarta saja yang masih tahap percobaan.

”Konsumen yang memilih Sameday service memang masih kecil hanya lima persen

saja tapi kita targetkan dita-hun ini bisa lebih besar lagi sehingga target bisa tercapai,” tambahnya.

Di posisi pertama ada layanan paket ONS yang

memberikankontribusi men-capai 65 persen disusul dengan paket reguler dan Sameday service. Selu-ruh paket yang dikirimkan Tiki melalui jalur udara.

Haris me-nambahkanpihaknya tidak hanya mengejar target saja yang diutamakan me-lainkan juga pe-meriksaan paket

barang yang akan dikirimkan juga ikut menjadi perhatian.

”Untuk pemeriksaan pa-ket barang yang dikirim kita menggunakan pemindai X-ray untuk mengantsipasi benda yang tidak boleh dikirim, dan ini dilakukan di bandara pada saat pemeriksaan terakhir,” bebernya.

Alhasil dengan adanya pemeriksaan dengan menggu-nakan teknologi ini pihaknya pernah mendapatkan hewan reptil dan senjata api yang akan dikirimkan namun berha-sil digagalkan.

Menurut Haris barang yang mencurigakan akan langsung dibuka oleh petugas tanpa har-us memberitahukan terlebih dahulu dengan pemilik paket barang, mengingat dalam ke-tentuan Undang-undang juga diperbolehkan. LA

Sameday Service Paket Premium Tiki

BPR Sumsel Pinjam Kredit Tanpa Jaminan

POTONG KUEdirektur utama BPr sumsel, nazirwan delamat didamping alibasya aboebakar dan disaksikan abdul shobur, dewan komisaris BPr sumsel memotong kue sebagai tanda perayaan hut BPr sumsel yang ke-5.

PALEMBANG. PE-Usaha Kecil Mikro Menen-gah (UKMK) atau usaha skala kecil masih menjadi nasabah yang dibidik oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sumsel dengan men-gandalkan pinjaman kredit tanpa jaminan yang menjadi daya tariknya.

Maksimal pinjaman yang bisa diperoleh nasabah sebesar Rp 5 juta dengan bunga yang dibersikan hanya empat persen setahun. Tidak heran sedikitnya ada 3.000 debitur yang meminjam dana di BPR Sumsel yang sudah beroperasi sejak lima tahun terakhir ini.

”Tahun ini BPR Sumsel

berulang tahun ke-5, banyak kemajuan yang sudah dicapai dengan modal yang sangat minim saat itu sebesar Rp 5 miliar dan jumlah kary-awan yang masih terbatas,” beber Drs H Abdul Shobur SH MM, Dewan Komisaris BPR Sumsel yang ditemui kemarin (21/1) disela-sela perayaan HUT BPR Sumsel.

Dalam lima tahun yang tergolong singkat ini kinerja lebih baik dicatatkan oleh BPR Sumsel, meskipun begitu pihaknya tidak cepat puas dengan kinerja saat ini.

Pelayanan kepada pelaku ekonomi kerakayatan, Kop-erasi dan UKM (pengusaha

keci) menjadi sektor yang dibantu BPR Sumsel.

”Kalau ada pengusaha yang meminta pinjaman dana dalam jumlah besar itu bukan bagian BPR Sumsel tapi lebih ke per-bankan umum,” tukasnya.

BPR Sumsel memiliki produk layanan unggulan dalam membantu pengusaha kecil karena tidak mema-tok agunan atau pinjaman. Menurut Shobur pihaknya hanya bermodalkan percaya kepada pengusaha kecil den-gan begitu aset meningkat namun juga untuk pelunasan kredit tetap bagus.

Di tempat yang sama, Ali-basya Aboebakar, Direktur

Bank BPR Sumsel menga-takan untuk aset di 2012 jumlahnya mencapai Rp 285 miliar dengan modal saat ini sebesar Rp 69,975 miliar.

”Untuk modal dasar ada penyertaan modal dari Pemprov sebesar Rp 200 miliar dan akan disetor setiap tahun, tapi besarannya berapa ini juga disesuaikan dengan kemampuan APBD Pemprov,” jelasnya.

Jika di 2012 penyertaan modal dari Pemrov sebesar Rp 25 miliar maka di 2013 besarannya turun hanya Rp 8 miliar, hal ini juga melihat dari kemampuan keuangan.

Bertambahnya modal yang

dimiliki BPR Sumsel ini juga dibarengi dengan dibukanya dua cabang baru yakni di OKI dan kemungkinan di Ogan Ilir, saat ini di daerah sudah ada di Muba dan Lahat.

”Tapi kalau ada pemerin-tah daerah yang mengajukan pendirian BPR Sumsel dan mereka siap maka tidak menutup kemungkinan akan buka di daerah itu,” jelasnya.

UKMK menurut Ali tetap difokuskan BPR Sumsel sep-erti pedagang kecil dengan modal maksimal Rp 5 juta tanpa agunan, dan selama ini sekitar 60 sampai 75 persen pelunasan cicilan tergolong lancar. LA

Fokus Layani Usaha Kecil Mikro Koperasi

Marak Proyek Banyak Lapangan Kerja

haris JuMadi

Foto ella /palpres

Foto dok

KIRIM PAKETloket tiki dipadati oleh antrian customer yang akan mengirimkan paket, layanan ons masih yang diminat dan sameday servicemenjadi paket premium dari tiki.

MUaradUa. Pe - Proyek perpipaan Way Imus lagi-lagi jebol menjadi perkerjaan rumah (PR) bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Saka Selabung. Pasal-nya, sejak selesai dibangun 2011 lalu hingga diserahterimakan tahun 2012, proyek yang disuport dana percepatan infrastruktur daerah (DPID) sebesar Rp 9,8 miliar itu tak kunjung juga bisa beroperasi normal.

Sampai saat ini proyek yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi ribuan pelanggan di tiga kecamatan itu, belum juga mampu menyuplai air baku ke PDAM. Keberadaan ban-gunan yang dianggap banyak ka-langan salah perencanaan dan tanpa melibatkan PDAM itu, berdampak hanya membebani PDAM saja.

Terbukti sampai saat ini proyek saluran pipa air minum yang meng-gunakan sistem grafitasi sungai imus itu belum juga bisa dinikmati

masyarakat. Bukan hanya sekali per-baikan dilakukan PDAM Tirta Saka Selabung, karena setiap kali diuji cobakan saluran pipa induk selalu mengalami kebocoran pada jaringan pipa induknya akibat sejumlah sam-buangan pipa mengalami jebol.

Hal ini diakui langsung Direk-tur PDAM Jhon Kaltarasa melalui Kepala Bagian Teknis, Hendara Gunawan ST. Sejak diserahterimakan kata Hendra, saluran pipa air minum Sungai Imus belum bisa dioperasion-alkan secara maksimal. Penyebabnya karena setiap kali diujicobakan, pipa induk pada saluran mengalami masalah. “Saat ini saja, ada lima titik lokasi saluran pipa induk sungai imus yang mengalami kebocoran akibat karet yang sudah usang pada sambungan pipa menyebabkan pipa jebol,” kata Hendra.

Kelima titik kerusakan pada sal-uran pipa induk itu yakni di desa kareta Jaya satu titik, di Desa Sri-

menanti satu titik dan tiga titik di desa pelangki. Kelima titik ini kata Hendra tengah dilakukan perbaikan oleh PDAM agar saluran pipa air minum sungai imus bisa mensuplai kebutu-han air PDAM secara normal.

Dikatakanya, kerusakan ini bu-kan hanya kali ini saja, sebelumnya kerusakan yang sama sudah terjadi di sejumlah titik. Persoalannya sama karena karet sambuangan tak kuat menahan tekanan air. Sehingga banyak pipa yang jebol dan pecah. “Sudah kita ujicobakan belum lama ini, air memang normla ngalirnya besar tetapi warga ribut karena air yang menjebol pipa hampir menenggelamkan rumah warga,” ungkap Hendra.

Untuk itu saat ini, katanya PDAM terfokus untuk melakukan perbaikan terlebih dahulu pada sambungan pipa yang mengalami kebocoran khusus-nya di lima titik yang saat ini tengah dilakukan perbaikan. “Jika perbaikan selesai, air kembali akan dialirkan,”

ujar Hendra.Kendati terjadi kerusakan pa-

da SPAM Sungai Imus, Hendra me-mastikan distribusi air ke pelanggan tidak mengalami gangguan karena kerusakan tidak mengganggu sistem

distribusi air bersih dari pengolahan sungai gelumai. “Untuk distribusi tidak ada kendala dan tetap lancar, karena kerusakan bukan pada saluran pipa distribusi, air masih bisa disuplai dari sungai gelumai,” tandasnya. ZOn

sumselPALEMBANG EKSPRES SELASA, 22 JANUARI 2013 Halaman 12

Banyuasin Bangun 56 Jembatan

5 PNS Dipecat, 20 Peringatan KeraskaYUagUng. Pe – Displin

Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jaja-ran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ilir (OKI) kian hari semakin menurun. Lantaran ulahnya itu pula, lima pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tempat mas-ing-masing PNS tersebut bekerja telah mengusulkan agar pegawainya tersebut dipecat. Sementara 20 orang lainnya akan diberi peringatan keras karena telah melakukan pelanggaran.

Menurut Kepala Badan Kepega-waian dan Diklat Daerah (BKD) OKI, Maulan Aklil SIp MSi, kelima

PNS yang bakal segera dipecat atau diberhentikan dengan tidak hormat itu lantaran telah berkali-kali melanggar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Displin PNS.

“Yang jelas 5 orang PNS itu bekerja di SKPD, salah satunya di Dinas Pendi-dikan. Mereka dalam waktu dekat akan kita pecat, karena tidak masuk kerja selama 60 hari lebih secara terus menerus dan surat teguran serta peringatan yang sudah kita berikan tidak pernah digubris. Sementara 20 PNS lainnya akan kita berikan peringatan keras,” ujarnya ke-pada Palembang Ekspres, Senin (21/1).

Dikatakannya, saat ini berkas pem-ecatan yang diajukan oleh lima kepala SKPD ke BKD OKI tersebut masih dalam proses pengajuan ke Sekretaris Daerah (Sekda) dan selanjutnya di-rekomendasikan oleh Sekda ke Bupati OKI, H Ishak Mekki untuk dipecat. “Jadi setelah ada rekomendasi dari BKD ke Sekda dan diteruskan ke Bupati, maka bupati yang akan mem-ecatnya,” tegasnya.

Untuk ke-20 PNS lainnya yang juga masuk dalam pengajuan kepala SKPD, kata dia, pihak BKD OKI akan mem-pelajari dahulu permasalahan apa yang

mereka langgar. “Kita akan berikan dulu peringatan keras, jika tidak ada perubahan kedepannya, maka kami tidak segan-segan merekomendasikan-nya untuk juga dipecat,” tukasnya.

Maulan juga menegaskan, saat ini pihaknya bersama kepala SKDP dan instansi terkait tengah fokus melaku-kan pengawasan terhadap kinerja dan kedisplinan PNS di jajaran Pemkab OKI. Sebab selama ini, pihaknya ban-yak menerima laporan terkait renda-hnya kedisplinan PNS di wilayah Bumi Bende Seguguk. “Termasuk banyaknya laporan PNS yang keluyuran di waktu

jam kerja dan pulang kerja sebelum waktunya. Ini juga menjadi sorotan kita, jika memang tidak sanggup lagi menjadi PNS yang sebaiknya mengun-durkan diri,” tandasnya.

Kabar bakal segera dipecatnya lima PNS di jajaran Pemkab OKI ini se-benarnya cukup mengejutkan berbagai kalangan, apalagi hal tersebut disam-paikan Kepala BKD OKI, Maulan Aklil SIp MSi di hadapan para PNS Pemkab OKI saat digelarnya apel pagi rutin setiap Senin di halaman Kantor Bupati OKI dan pemecatan PNS OKI ini baru terjadi di tahun 2013 ini, karena tahun-tahun

sebelumnya belum pernah terjadi.Menanggapi bakal adanya PNS

yang dipecat tersebut, anggota DPRD OKI, Amirsyah SH mengatakan, sudah semestinya dinas instansi terkait benar-benar menerapkan PP Nomor 53 tahun 2010 tersebut. “Bukan hanya lima orang itu saja, masih banyak PNS OKI lainnya yang disiplinnya rendah dan melakukan pelanggaran. Kedepan diharapkan tidak ada lagi PNS yang jarang masuk dan keluyuran di saat jam kerja, sebab PNS itu pelayan masyarakat. Jika hal tersebut dilakukan itu menimbulkan cerminan yang tidak baik,” ujarnya. Ian

Kembangkan Green HouseMUaradUa. Pe – Untuk me-

ningkatkan kualitas tanaman supaya lebihbaik lagi. Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan mem-bangun green house di mana akan difungsikan tempat budidaya tana-man. Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten OKU Selatan, Ir Asep Sudarno, Senin (21/1) menyebutkan, untuk pembuatan green house yang terletak di area kantor Di-nas Tanaman Pangan dan Holtikultura tersebut saat ini pengerjaan sedang dilakukan.

Di mana dengan adanya green house tersebut, ungkap Asep di-harapkan hal itu dapat menjadi contoh guna menghasilkan produk pertanian yang berkualitas dengan penggunaan pupuk organik tanpa terkontaminasi zat kimia. “Untuk sementara ini Green House yang kita bangun digunakan sebagai percon-tohan tanaman melon. Kedepannya direncanakan secara keseluruhan akan ada 3 green house yang kita bangun,” tuturnya.

Mengenai kelebihan dari green house itu sendiri, sambung Asep se-

lain mudah dipantau pengolahannya, green house juga dapat melindungi tanaman dari cuaca ekstrim seperti panas dan dingin yang berlebihan, melindungi tanaman dari badai debu dan menolong mencegah hama. “Kita berharap nantinya para petani dapat meniru penerapan konsep dari green house ini sehingga tingkat produktivitas tanaman yang dihasil-kan dapat maksimal,” tuturnya sera-ya mengatakan untuk pembangunan green house itu sendiri dana yang digunakan sepenuhnya merupakan bantuan dari pihak ketiga. ZOn

1 Median Jalandi Terminal

Tak Berfungsi Akibat Jalan Yang Berlobang

INDRALAYA. PE - Dua jalan yang dipisahkan median di Termi-nal Timbangan KM 32 Kabupaten Ogan Ilir (OI) berfungsi untuk arus lalulintas kendaraan satu arah baik menuju Palembang ataupun Prabumulih. Kini, beberapa hari belakangan, hanya satu jalan yang bisa dilewati kendaraan yang hen-dak ke arah tersebut.

Pasalnya banyak lobang men-ganga dan kerusakan aspal di sepanjang jalur itu menjadi pe-nyebab tidak lagi dilaluinya jalan tersebut. Akibatnya, kendaraan besar maupun kecil melalui satu jalan yang masih bisa dilewati. Namun, jalan tersebut kondis-inya juga tidak jauh berbeda dengan jalan yang satunya.

Kondisi tersebut, sangat dikha-watirkan para pengendara teru-tama kendaraan besar bermuatan yang hendak melintas di terminal tersebut. Sebab, lobang besar yang menganga, dapat dengan mudah menggulingkan kendaraan besar. Selain itu, jalan tersebut terkadang dijadikan dua arah lalulintas.

“Retribusi ditarik terus. Tapi jalan di terminal gak bisa dilewa-ti. Kalau memaksakan diri lewat jalan yang rusak, bisa terguling truknya,” kata Yadi, sopir truk dari Lampung kepada Pelam-bang Ekspres, Senin (21/1).

Dia berharap, pemerintah atau pihak terkait segera membenahi kerusakan di terminal terutama jalannya. Sebab, selain meng-gangu kelancaran arus lalulintas,

pengendara banyak yang meng-kuatirkan kondisi tersebut. Bila dipaksa, kecelakaan misal truk terbalik bisa saja terjadi.

Senada diungkapkan Rizal, pengendara motor ini juga pernah terjerembab di jalan yang berlobang. Beruntung kecelakaan tersebut tidak parah. Dengan pengalaman yang ia dapat, sangat mengharapkan pemerintah cepat tanggap dengan kondisi terminal saat ini. Apalagi, menurut dia, terminal itu belum diserahterimakan kepada Dishub OI. “Belum diserahterimakan tapi sudah banyak yang rusak. Harusnya kan cepat dibenahi kerusakan-kerusakan ini,” katanya.

Pantauan Palembang Ekspres, kemarin, banyak titik-titik jalan di Terminal yang rusak. Bahkan, jalan berlobang yang menganga sangat besar sehingga kendaraan tak bisa melintasi. Terminal Indralaya tersebut merupakan tipe B yang belum dis-erahterimakan dari Pemrov Sumsel. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) OI, Mustarsyah ketika dikonfrimasi mengatakan, untuk kerusakan yang ada di terminal tersebut pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dishub Provinsi Sumsel.

Menurut dia, banyaknya keru-sakan yang terjadi, akan segera diperbaiki. Ia mengatakan, keru-sakan yang ada di terimnal tersebut masih tanggung jawab dari pihak pemborong. “Ini akan dikoordina-sikan dan segera diperbaiki. Keru-sakan ini masih tanggung jawab pemborong,” katanya. VIV

Kades Sunat Dana RRTLH Senilai Rp 208 JutakaYUagUng. Pe – Oknum

Kepala Desa (Kades) Kijang Ulu, Kecamatan Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Misro Daud (45), diduga telah memotong dana program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RRTLH) bagi masyara-kat tidak mampu dari Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) RI yang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI.

Tidak tanggung-tanggung, dari 104 rumah di Desa Kijang Ulu yang mendapat bantuan dana RRTLH tersebut, satu rumah dipotong Rp1,5 juta. Sementara satu rumah mendapat bantuan sebesar Rp6 juta yang cairkan dalam dua tahap. Tahap pertama dicairkan Rp3 juta dan tahap kedua akan dicairkan kembali sebesar Rp3 juta.

Informasi yang dihimpun Palem-bang Ekspres di lapangan, dana RRTLH untuk tahap pertama sudah dicairkan. Dari pencairan tahap per-tama itulah Kades memotong Rp1,5 juta. Walaupun bantaun tersebut langsung masuk ke rekening mas-ing-masing penerima bantuan, tetapi untuk pembelian material dikoordinir oleh Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) dan Kades.

Salah seorang warga penerima RRTLH di Desa Kijang Ulu men-gatakan, penerima program hanya menarik tunai saja dari Bank, se-mentara uang itu langsung diserah-kan ke Kades dan OMS, karena sesuai aturannya seperti itu. “Tetapi oleh Kades, uang itu dipotong Rp1,5 juta/kk, alasannya untuk biaya administrasi,” kata sumber

ini sembari meminta namanya tidak dituliskan karena takut diancam oleh Kades.

Dikatakannya, sisa Rp1,5 juta lagi itu dibelikan material untuk membangun rumah, tetapi langsung dikoordinir oleh OMS dan Kades setempat. ”OMS-nya juga anak kan-dung Kades Kijang Ulu pak, malahan menurut mereka, dana Rp1,5 juta itu tidak cukup untuk membeli material seperti seng dan kayu, masing-masing penerima bantuan katanya terhutang Rp500 ribu,” jelasnya.

Menurutnya, terhutang Rp500 ribu itu, nanti akan dipotong lagi saat pencairan tahap kedua nanti. ”Kalau dikalkulasikan, Kades tersebut mendapat Rp208 juta dari pemotongan data RRTLH, belum lagi jumlah material kami yang

dikurangi, yang seharusnya satu kk dapat 10 lembar seng, tetapi hanya dapat 7 lebar,” tambahnya.

Untuk wilayah Desa Kijang Ulu sendiri, kata dia, dari 104 rumah yang mendapat bantuan RRTLH itu tersebar di 4 dusun, yakni Dusun 1, 2, 3 dan dusun 4. ”Setelah itu, pemotongan ini berkembang di ma-syarakat, kades tersebut cepat-cepat mengumpulkan kami para penerima dana tersebut, kami dikumpulkan pada hari Kamis-Jumat (17-18/1) malam,” terangnya.

Saat dikumpulkan itulah, ma-syarakat penerima bantuan RRTLH dipaksa untuk menyetujui semua pemotongan dan jumlah pembe-lian material. ”Kami dipaksa pak dengan tanda tangan lewat daftar hadir, kami disuruh untuk meny-

etujui tindakan pemotongan dan pembelian material itu, jika kami menolak maka diancam tidak akan dapat pencairan pada tahap kedua nanti,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten OKI, Ir Man Winardi melalui Sekretarisnya, Makrub mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti hal ini. Jika me-mang benar hal itu terjadi, maka pihaknya akan menunda pencairan untuk tahap kedua. “Kami sangat menyayangkan tindakan kades tersebut jika memang benar memo-tong dana RRTLH itu, karena dana tersebut utuh untuk masyarakat, tidak boleh ada potongan sepersen pun, baik kades maupun ketua OMS sudah honor sendiri terkait hal itu,” tukasnya. Ian

PANGKALAN BALAI. PE - Pembangunan jembatan di Kabupaten Banyuasin telah mengalami peningkatan hampir 100 persen dibandingkan tahun 2012 lalu yang berjumlah 30 jembatan dan bertambah menjadi 56 jembatan pada tahun 2013. Dalam kurun waktu 2 tahun ini sudah 86 jembatan dibangun.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (PUBM) Banyuasin, Ir Syahrial MM melalui Sek-retaris, Drs H Umar Usman MSi mengatakan, pihaknya terus berupaya memprioritaskan pembangunan jembatan karena di tahun 2012, PUBM hanya membangun 26 jembatan kontruksi penyebrangan orang dan 4 jembatan kontruksi penyebrangan di atas air. Totalnya berjumlah 30 jembatan tersebar di 19 kecamatan.

“Masuk tahun 2013 mengalami peningkatan yang cukup signifikan karena pembangunan jembatan tersebut seiring dengan program Bupati Banyuasin Ir H Amiruddin Inoed bertujuan mempermudah ak-ses masyarakat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi pedesan sebagai aktifitas jalur umum dan angkutan hasil bumi mereka,” terang Usman saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (21/1).

Masih kata Umar, peningkatan ini sesuai APBD tahun 2013 dibandingkan sebelumnya karena untuk jembatan dialokasikan anggaran sebesar Rp 39 milyar. Di antaranya pembangunan jembatan kontruksi penyeberangan di atas air berjumlah 49 jembatan dan kontruksi penyebrangan orang ber-jumlah 7 jambatan. Sehingga totalnya 56 jembatan yang akan diprioritaskan pada tahun 2013.

“Sebanyak 56 jembatan tersebut akan terse-bar di desa-desa dalam 19 kecamatan dianggarkan melalui APBD Banyuasin sesuai azaz manfaatnya karena prinsifnya mana yang harus didahulukan sebagai prioritas, apalagi kabupaten banyuasin mayoritas wilayah perairan,” ungkap Umar.

“Selain itu, ada pembangunan jembatan berskala besar seperti jembatan pengumbuk kecamatan Rantau Bayur sudah direncanakan diperkirakan mengahabis waktu sekitar 5 tahun yang dianggarkan melalui DAK APBN dan APBD Banyuasin secara bertahap,” sambung Umar.

Bukan itu saja, dia menambahkan PUBM Banyuasin juga prioritaskan pembangunan jalan mendapatkan anggaran di tahun 2013 sebesar 49 Milyar tersebar di 19 Kecamatan yang juga mengalami peningkatan ditahun sebelumnya. Pembangunan tahun ini red, tentu upaya dari program pemkab dan DPRD Banyuasin serta adanya dukungan unsur lapisan masyarakat yang menginginkan percepatan pembangunan dalam mengejar ketertinggalan. Tambahnya

Sementara itu, Bupati Banyuasin, Amiruddin Inoed mengatakan, Pemkab Banyuasin pada tahun ini telah mengoperasionalkan jembatan Tri Tunggal yang berada di kawasan Tungkal Ilir maka kegiatan perekonomian masyarakat setempat berkembang pesat. ”Sangat pesat perkembangannya, maka dari itu kita kedepannya akan membangun lagi jembatan di wilayah Banyuasin yang belum ada jembatan,” ujarnya.

Terpisah, Arif (37), warga Banyuasin berharap jembatan yang akan dibangun oleh Pemkab Banyuasin dapat berguna untuk masyarakat Banyuasin, dan ekonomi masyarakat Banyuasin khususnya dapat berkembang pesat. ”Selama ini kan kesulitan mengapai suatu daerah jika tidak ada jembatan, kalau pun ingin pergi ke naik perahu maka perlu biaya besar, diharapkan den-gan adanya pembangunan jembatan semuanya dapat teratasi,” pungkasnya. BUD

Pupuk Bersubsidi Dikurangi Pemerintah

MARTAPURA. PE - Kebijakan pemerintah mengurangi pupuk bersubsidi membuat jatah pu-puk bersubsidi berkurang sehingga berpengaruh pada ketersedian pupuk di daerah tidak terkecuali di Ogan Komering Ulu (OKU) Timur. Kondisi ini tentu membuat petani menjadi khawatir karena jika pupuk kurang akan berdampak pada pertumbuhan padi yang sudah ditanam.

Kepala Pemasaran PT Pusri OKU Timur, Sobirin saat dikonfirmasi kemarin mengatakan pengurangan kuota pupuk bersubsidi sesuai dengan kebijakan pemerintah. Karena itu sudah menjadi kebijakan pemerintah pihaknya tidak bisa berbuat banyak dan harus menjalankan kebijakan tersebut.

Selama ini kuota pupuk bersubsidi OKU Timur 41 ribu ton lebih pertahun sekarang setelah pen-gurangan kuota pupuk untuk kabupaten ini hanya 30 ribu ton lebih. Tentunya dapak dari pengu-rangan ini berpengaruh pada kebutuhan pupuk bagi petani. Namun demikian kebijakan yang ada dijalankan dulu dan melihat perkembangan.

Jika ada kekurangan bupati maupun Kepala Dinas Pertanian bisa mengajukan penambahan melalui prosedur yang sudah ada. “Tentu pengu-rangan ini ada pengaruhnya tapi harus bagaimana lagi ini kebijakan pemerintah kita hanya melak-sanakan kebijakan tersebut,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (Kadin TPH) OKU Timur, Tubagus Sunarseno mengatakan, setiap tahun kebutuhan pupuk bersubsidi memang kurang sehingga meski-pun belum ada kebijakan pengurangan kebutuhan pupuk bersubsidi di daerah ini sudah kurang. Dalam setahun kebutuhan pupuk baik itu pupuk urea maupun pupuk jenis lain 60 ribu ton. MAN

Pipa Imus Lagi-Lagi Jebol

KONTAMINASI ZAT KIMIAGreen House, budidaya tanaman tanpa terkontaminasi zat kimia tengah dibangun di belakang Kantor TPH OKU Selatan. Foto diambil Senin (21/1).

PERBAIKI PIPATampak karyawan PDAM Tirta Saka Selabung tengah memperbaiki pipa yang jebol dalam uji coba PDAM Imus, kemarin (21/1).

FOTO; HERRY / PALPRES

FOTO; HERRY / PALPRES

sumselPALEMBANG EKSPRES SELASA, 22 JANUARI 2013 Halaman 13

Sebar Alat Temperatur Udara

Puluhan Massa DemoTolak Truk Batubara PraBUMULIH. Pe - Pulu-

han massa yang yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Peduli Reformasi (Gempur) kota Prabumulih, menggelar aksi demo di kantor Dewan Per-wakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Prabumulih. Aksi yang di-lakukan menuntut dan menolak truk batubara yang masih dibiar-kan melintasi kota Prabumulih.

Massa yang datang meng-gunakan mobil dan puluhan sepeda motor dengan berb-agai atribut tuntutannya. “Kami menuntut agar truk batubara jangan dibiarkan melintas, kami mendukung keputusan Gubernur yang melarang truk melintas,” ujar Penanggungjawab Aksi, Drs M Amin Nur, dalam orasinya Senin (21/1).

Sekitar pukul 10.00 pagi di depan kantor DPRD. Setelah me-nyampaikan aksi tuntutan di de-pan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Prabumulih, akhirnya puluhan

massa dari Gerakan Masyarakat Peduli Reformasi (Gempur) kota Prabumulih, ditemui komisi III DPRD.

Dalam pertemuan itu, anggota dewan yang hadir untuk mene-mui massa yang demo yakni, Adi Susanto, Aden Thamrin, Eko, M Hoesen dan Iskandar.

“Kami juga akan menolak batubara melintas disebabkan banyak sekali negatifnya, usu-lan akan kita teruskan kepada bapak gubernur dan ke komisi IV DPRD Provinsi. Kami akan terus kawal permasalahan ini, kami akan terus berjuang untuk rakyat,” ujar anggota DPRD kota Prabumulih, Aden Thamrin ke-tika menanggapi tuntutan massa Gempur.

Menurut Aden, pihaknya akan terus mendampingi masyarakat untuk menolak batubara melintasi kota Prabumulih. “Kita tentu akan berpihak kepada masyarakat, se-hingga truk batubara jangan lagi melintas,” tegasnya. and

Masyarakat Pali Masih Terlena EuforiaMUara enIM. Pe - Nuansa

euforia masyarakat Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Sejak ketuk palu DPR RI 14 Desember 2012 lalu, hingga berdiri DOB baru ini masih terasa.

Untuk itu, beberapa pihak terkait mulai mengajak elemen, meren-canakan sesuatu kemajuan terhadap DOB ini pasca ketuk palu DPR RI. Seperti diungkapkan tokoh ma-syarakat PALI, Mairil Aprianto, saat dibincangi hotel milik pemerintah daerah Muara Enim, Senin (21/1) mengungkapkan, nuansa yang ada sekarang ini di PALI masyarakat sebagian besar masih terlarut dalam nuansa sukacita kesenangan berdir-inya Kabupaten PALI.

“Hingga sedikit lupa untuk berbuat terhadap kabupaten baru ini pasca ketuk palu DPR RI atas pengesahan DOB Kabupaten PALI sehingga resmi pisah dari Kabupaten Induk,” ujarnya kepada Palembang Ekspres.

Saat ini, kata Wakil Ketua Suara Rakyat Bersatu (SRB) ini, Kabu-paten PALI membutuhkan pondasi yang kuat untuk bersaing dan seja-jar dengan kabupaten lain. Sampai sekarang, belum ada kecenderun-gan dari masyarakat PALI untuk melakukan kegiatan yang sifatnya

edukasi kepada masyarakat terkait pengelolaan pemerintahan pasca berdiri PALI.

“Dikhawatirkan bila tidak dilaku-kan sejak sekarang, beberapa posisi penting untuk pondasi pembangunan PALI akan dipegang oleh pihak yang tidak berkompeten,” katanya.

Maka, dalam waktu dekat lan-jutnya, di PALI akan dilakukan kegiatan yang sifatnya membuka wawasan masyarakat. Sehingga bisa bergerak melakukan yang ter-baik untuk kemajuan PALI. Karena menurutnya, bila tidak serius dalam pengelolaan bakal lama Kabupaten PALI bisa bersaing dengan Kabu-paten lain bahkan bisa hingga lima belas tahun lagi baru bisa bersaing.

Dibeberapa kesempatan dan tempat dirinya dan rekan-rekan selalu bertanya, mengajak dan berpikir kepada masyarakat untuk melakukan tindakan yang bisa dilakukan masyarakat pasca ter-bentuknya PALI.

“Kami menghimbau kepada LSM,ormas,OKP untuk bersama - sama mengedukasi masyarakat dengan berbagai kegiatan sehingga masyarakat dapat terbuka wa-wasan sehingga dapat berbuat ter-baik untuk PALI, seperti kegiatan seminar maupun diskusi dengan

menyajikan pemateri yang mum-puni dibidangnya,pastinya ouputnya positif sehingga wawasan masyara-kat terbuka dan bisa berbuat untuk PALI,” himbaunya.

Hal serupa diungkapkan Taufik, warga Talang Subur Kecamatan Ta-lang Ubi. Dia mengharapkan, pen-gelolaan DOB PALI bisa dilakukan dengan pondasi yang tepat.Dalam artian terang dia, beberapa jabatan penting yang bisa membangun Kabupaten PALI kedepan bisa dipe-gang oleh orang yang kompeten.

Karena, yang berprofesi sebagai petani ini bila Kabupaten PALI dalam pengelolaan pemerintahan tidak dipegang oleh orang yang kompeten, tidak akan optimal. Ke-mudian, potensi sumber daya alam yang ada akan menjadi mubazir.

“Pastinya termasuk juga dalam penunjukan caretaker nantin-ya, hendaknya sosok yang men-getahui psikologis masyarakat PALI,geografis wilayah,dan juga kemampuan potensi lainnya,” pintanya.

Sementara itu, Dani, warga kota Muara Enim juga mengharapkan hal yang sama agar Kabupaten PALi bisa tumbuh kembang sep-erti Kabupaten Muara Enim atau kabupaten lainnya. HFB

Pertamina EngganPijamkan Lahan Kepada PALIMUara enIM.Pe - Kendala

percepatan pembangunan di Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) bakal terhambat. Pasalnya, PT Per-tamina masih enggan meminjam-kan lahan dan asetnya sebagaimana yang diusahakan Pemerintah Kabu-paten (Pemkab) Muara Enim.

Bupati Muara Enim Ir H Muzakir Sai Sohar, melalui asisten I Pemkab Muara Enim bidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat (kesra) didampingi kepala bagian (kabag) pemerintahan Emran Tabrani men-gungkapkan, setelah PALI dipisah dari Kabupaten Induk (Muara Enim), maka Kabupaten PALI membutuhkan dukungan sarana dan prasarana untuk menunjang pemerintahan.

“Mengingat secara yuridis dan

geografis lahan serta aset berada di Kecamatan Talang Ubi yang dikua-sai atau termasuk aset dalam aset Pertamina, maka Pemkab Muara Enim telah berupaya mengirimkan surat peminjaman aset kepada pertamina ini,” ujar Bulgani Senin (21/1).

Melalui surat tanggal 9 Juni 2007 dengan No 593/0890/I/2007 kepada PT Pertamina yang ditu-jukan kepada Vice Presiden PT Pertamina Region Sumatera. Peri-hal bahwa Pemkab Muara Enim mengharapkan, partisipasi PT Pertamina Field Pendopo Talang Ubi untuk mencadangkan lahan seluas sekitar 60 hektar yang akan digunakan untuk perkantoran Ka-bupaten PALI.

“Tetapi hingga saat ini perminta-an belum disetujui pihak Pertamina

atau Satuan Kerja Minyak dan Gas (SK Migas),” terang Bulgani di Muara Enim,kemarin (21/1).

Diketahui, adanya keengga-nan Pertamina meminjamkan la-han, sesuai dengan jawaban pihak Pertamina melalui surat tanggal 26 Juni 2007 dengan No 290/EP1100/2007/-SO. Adapun intinya Pertamina belum bisa memenuhi permintaan itu. Sebab, kata dia, di lahan yang diminta masih terdapat sumur produktif serta sarana dan prasarana kegiatan Migas untuk menunjang operasional Pertamina EP Region Sumatera.

Dia mengatakan, sejak belum adanya jawaban dari Pertamina, Pemkab Muara Enim kembali mengirimkan suratnya kepada Pertamina pada tanggal 20 Juli 2007 No 593/1141/I/2007. Intinya,

meminta arahan kepada Pertamina terkait lokasi mana yang dapat diserahkan kepada Pemkab Muara Enim untuk dijadikan pusat perkan-toran Kabupaten PALI.

Pemkab melalui Bupati sudah mengirimkan surat kepada Gu-bernur Sumatera Selatan tanggal 16 November 2007 No 100/1822/I/2007, tentang permintaan dukun-gan rekomendasi pemakaian infra-struktur untuk Kabupaten PALI.

Karena menurut hukum, jelasnya sesuai dengan Peraturan Pemerin-tah (PP) No 41 tahun 2007 tentang organisasi perangkat daerah, maka untuk Kabupaten PALI akan diben-tuk 35 urusan wajib dan sembilan urusan pilihan yang terdiri atas 7 badan, 15 dinas,8 kantor,1 inspe-ktorat,1 sekretariat daerah (sekda) dan 1 sekretariat dewan perwakilan

rakyat daerah (DPRD).“Pemkab Muara Enim meski

belum ada jawaban dari Pertamina, masih tetap melakukan upaya pem-bebesan atau meminta bebas lahan milik Pertamina ini,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Operasi Layanan Pertamina Field Pendopo Muara Enim, Haryono mengakui, Pertamina Fiel Pendopo belum bisa memenuhi permintaan Pemkab Muara Enim. Menurutnya, sebagai anak perusahaan Pertamina, maka pihak Pertamina field Pendopo Ta-lang Ubi belum bisa memutuskan kebijakan terkait pemberian aset tidak terkecuali aset lahan.

“Sehingga, kita harus meminta izin Pertamina pusat dan SK Migas, untuk pinjam pakai atau lepas lahan seperti yang diminta,” tukasnya. HFB

Lampu Hias dari Tembaga HilangMUSI raWaS. Pe - Dinas

Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya (CK) Mura mengaku, terus mengalami kerugian akibat ban-yaknya lampu hias jalan yang hilang. Pencurian dilakukan orang yang tidak bertanggung jawab di kawasan alun-alun Agropolitan Center, perkantoran Pemkab Mura, Muara Beliti.

Diungkapkan Kepala Dinas PU CK Mura, Karyasid Senin (21/1) kerugian ditaksir capai Rp 20 juta pertahun. Dari ratusan lampu jalan yang dipasang, ban-yak bola lampu dan tutup lampu dicuri. Bahkan satu dari puluhan lampu hias yang terbuat dari bahan tembaga hilang diangkut

pencuri diduga menggunakan mobil.

“Biaya perawatan kita setahun dianggarkan Rp 200 juta. Terma-suk dengan menggaji petugas patr-oli kita. Sebab kita juga melakukan pengawasan dalam waktu semalam dua kali,” ungkapnya.

Karyasid menjelaskan, hilang-nya lampu hias berbahan tembaga yang dipasang dikawasan alun-alun Agropolitan Center sudah dilaporkan ke Polres Musi Rawas. “Sudah kita laporkan kejadian itu ke Polisi dan tengah ditindaklan-juti,” ujarnya.

Terpisah, Kasi Program PU CK Mura, Redi Wijaya membenarkan satu dari puluhan lampu hias yang

berbahan tembaga hilang dicuri diduga diangkut menggunakan mobil. Padahal, lampu hias ini nilainya cukup mahal apalagi ba-hannya terbuat dari tembaga.

“Kalau nilai harganya saya kurang tahu. Tapi yang pasti harg-anya mahal, karena itu orang yang mencurinya mati-matian hingga diangkut pakai mobil. Kejadian ini sudah kita laporkan ke pihak berwajib,” tegasnya.

Redi menambahkan, pihaknya sudah mengintensifkan pengawasan dengan melakukan patroli dimalam hari. “Jadi kita lakukan patroli malam harinya yakni pukul 01.00 WIB dan pukul 03.30 WIB setiap malamnya,” tukas dia. IMr

Bunga Karang Jadi Kawasan Budidaya Ikan

B a n Y U a S I n . P e - Wilayah perairan sangat tepat jika dijadikan kawasan budi-daya ikan, guna memanfaatkan sungai sebagai sumber kehidu-pan harus disadari masyarakat untuk menimalisir penangka-pan ikan dengan terlarang.

Menindak lanjuti hal ini, Pemerintah Kabupaten (Pemk-ab) Banyuasin melalui Dinas Perikanan dan Kelautan, tahun ini akan membuat kawasan bu-didaya ikan di wilayah Bunga Karang, Kecamatan Tanjung Lago, Banyuasin.

“Kita akan jadikan kawasan budidaya ikan, dengan luas seki-tar 300 hektare. Tentunya dengan luas 300 hektar, semua ikan akan ada disana untuk dipanen,” ujar Kabid Budidaya perikanan M. A Isgoro SPi MM ketika ditemui Senin (21/1)

Program ini, terus dilan-jutkan untuk menjadi kawasan budidaya ikan, dikarenakan wilayah Kabupaten Banyuasin memiliki banyak sekali po-tensi ikan, seperti ikan nilai, patin, mas, kakap dan lain sebagainya.

”Semua ikan dapat bertahan di wilayah Banyuasin, karena kadar airnya sangat bagus dan cocok dan untuk wilayah perairan sungai kita terapkan kerambah apung ” terangnya.

Solusinya mengalakan ma-syarakat dalam membudiday-akan ikan, walaupun potensi Banyuasin ada untuk menjadi lumbung ikan terbesar. Tetapi ada hambatan yaitu bahan makanan ikan yang sangat ma-hal, benihnya masih didapatkan

di luar Kabupaten Banyuasin. ”Kita ini potensinya sangat besar,” bebernya.

Isgoro mengungkapkan, pihaknya akan menargetkan panen bibit ikan pada tahun ini. Namun, hanya untuk ikan nila dan patin terlebih dahulu.

”Ikan patin hanya 150 ribu, sedangkan untuk ikan nila tar-get kita sebanyak 50 ribu ikan,” bebernya seraya menjelaskan semua ikan tersebut akan dipas-arkan di luar Banyuasin seperti Palembang, Lubuk Linggau dan juga luar Provinsi yaitu Jambi.

Selain menargetkan panen ikan patin dan nila pada 2013, pihaknya juga akan mulai memperbanyak bibit ikan di wilayah Banyuasin, agar para pembudidaya ikan tidak algi mengambil ikan dari luar Banyuasin.

”Selama ini mereka ambil bibit ikan dari luar, diharapkan kedepannya tidak akan lagi ambil dari luar,”tandasnya.

Kepada kelompok tani atau masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan bibit ikan dari Pemerintah Kabupat-en, terlebih dahulu mengajukan kepada pemkab dengan me-miliki kelompok tani bidang pembudidayaan ikan, beserta proposal.

”Dengan persyaratan leng-kap akan kita bagikan, tetapi kita juga akan menyurvei lokasi yang akan dijadikan tambak ikan oleh kelompok tersebut, apakah cocok airnya dengan ikan yang kita bantu,” tukas-nya. BUd

MUSI RAWAS. PE - Badan Meteorologi Klima-tologi dan Geofisika (BMKG) Kenten Palembang, berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya men-empatkan puluhan unit alat pengukur temperatur udara dibeberapa daerah wilayah Sumatera Se-latan (Sumsel). Di Kabupaten Mura diantaranya tersebar diarea pertanian Kecamatan Sumber Harta, Megang Sakti dan STL Ulu Terawas.

Kepala BMKG Kenten Palembang, M Irdham menjelaskan, terdapat tujuh induk alat pengukur temperatur udara dibeberapa daerah terutama di Kabubaten Mura. Alat ini berfungsi untuk mengu-kur kelembaban, tekanan dan temperatur udara. Dimana, alat ini nantinya menyampaikan kondisi temperatur cuaca di daerah ini melalui induknya atau Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD).

“Yang sudah berjalan itu di Kayu Agung, Palembang, Lahat, Pagaralam, Banyuasin, Muara Enim, Mura dan Belitang. Jadi dari alat ini nantinya dapat diketahui kondisi temapratur udara dimasing-masing wilayah berdasarkan laporan dari induknya (UPTD),” ungkapnya kepada Palembang Ekspres Senin (21/1).

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Mura, Zaini Amin melalui Kepala Bidang (Kabid) Produksi Tanaman Pangan, Tohirin mengungkapkan, penempatan alat pengukur tem-peratur udara diwilayah Kabupaten Mura memiliki sentral (induk) yang berada di Desa D Tegalrejo, Kecamatan Tugumulyo. Sejauh ini, alat sangat menguntungkan petani, sehingga mereka dapat mengetahui kapan proses pelaksanaan masa tanam yang dilaksanakannya.

“Alat ini memiliki keuntungan bagi petani, apala-gi Kabupaten Mura hampir sebagian besar geograf-isnya lahan pertanian. Sehingga, dengan kondisi seperti ini, petani dapat mengetahui kapan mereka mulai melakukan proses tanam yang baik sesuai dengan informasi alat pengukur,” jelasnya.

Dia mengharapkan, agar kebaradaan alat ini dijaga dan dipelihara dengan baik. “Masyarakat sekitar harus menjaganya, sebab alat itu bukan barang murah dan harganya cukup mahal. Untuk itu perlu dipelihara dengan baik,” pesannya. IMR

Tingkatkan Pembangunan Irigasi

EMPAT LAWANG. PE - Upaya Pemerintah Ka-bupaten (Pemkab) Empat Lawang meningkatkan hasil pertanian terus dilakukan. Tahun ini, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Pengairan lebih memfokuskan pembangunan dan perbaikan irigasi. Hal ini diungkapkan, Plt Dinas PU Cipta Karya dan Pengairan H Anwar Yakub didampingi Sekretarisnya, Zainul Arifin, Senin (21/1).

Menurutnya, fokus pada irigasi sudah dilakukan Pemkab beberapa tahun lalu, namun masih banyak Pekerjaan Rumah (PR) yang belum terselesaikan khususnya dalam bidang irigasi. Sehingga, pi-haknya berkomitmen untuk membangun beberapa irigasi lagi untuk memudahkan bercocok tanam para petani ketika kekeringan.

“Targetnya irigasi bisa mengalir ke sekitar 3.000 hektar persawahan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati,” ujarnya kepada Palembang Ekspres.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengamati potensi irigasi baru terutama sungai seguring Kecamatan Tebing Tinggi untuk dikaji lagi agar bisa membangun bendungan. “Harapan kita irigasi bisa mengalirkan sedikitnya air ke lahan seluas 3.000 hektar,” harapnya.

Masih kata Zainul, dalam waktu dekat ini irigasi Air saling tengah diamati sebagai irigasi yang baru karena Detailed Engineering Design (DED) sudah ada. “DED air saling sudah ada, tinggal prosesnya lagi,” tutur zainul.

Disisi lain kata dia, pihaknya ingin mengangkat serta membuat site plan untuk dua kawasan ked-uanya adalah Desa Tradisional dan Desa Wisata karena kedua kawasan tersebut sudah disediakan anggarannya oleh pemerintah pusat.

“Kawasan itu nanti akan diangkat menjadi kawasan wisata dan untuk infrastruktur, dimana didalamnya akan dibangun pemerintah pusat, kebetulan ada programnya,” tukasnya. FIR

Retribusi Parkir Tembus Target

PRABUMULIH. PE - Meski target Rp 500 juta berhasil dilampui mencapai Rp 537,562 juta atau naik sekitar 7,51 persen dari tahun lalu, tetapi Pemkot Prabu-mulih melalui Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) belum mau menaikan retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum.

“Tahun lalu memang kita over target mencapai 537,51 juta atau 107,51 persen, akan tetapi target retri-busi pelayanan parkir di pinggir jalan untuk sementara. Tahun ini tetap Rp 500 juta, tidak mengalami kenaikan,” terang Kepala DPPKAD kota Prabumulih, Drs H Ujang Sukarman AK MM melalui Kabid Pendapatan, Anwar Sofi SE didampingi Kasi Penagihan, M Rusli, kepada Palembang Ekspres Senin (21/1).

Menurutnya, alasan tidak dinaik target retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum, karena pada 2012 lalu baru mengalami kenaikan.

“Karena tahun lalu target sudah naik, makanya tahun ini belum ada rencana menaikan target,” jelasnya.

Sofi menambahkan, hal ini bisa berubah pada APBD Perubahan atau ABT mendatang, melihat pencapai dari retribusi pelayanan jasa parkir di tempat umum nantinya. “Jika sebelum ABT kita sudah melam-pui target, bisa jaga nantinya oleh Pemkot Prabumulih target tersebut dinaikan. Sedangkan sementara ini, target belum mengalami perubahan,” katanya.

Sementara itu, ditanya terkait masih besarnya po-tensi dari retribusi pelayanan parkiran di jalan umum. Dirinya tidak menampik hal tersebut, karena pihaknya akan berupaya mengoptimalkan penerimaan retribusi ke depannya. “Karena potensinya masih cukup besar, seiring dengan laju perkembangan kota ini. Kita akan berupaya memaksimalkan potensi tersebut, dibuktikan dengan overtargetnya retribusi tersebut tahun ini,” ungkapnya.

Dia menambahkan, besarnya retribusi dari pelayanan parkiran di jalan umum, pada akhir tahun sudah tentunya sedikit membantu dalam meningkat PAD kota Prabumulih.

“Jika retribusi dari parkiran di jalan umum besar, sudah tentunya yang disumbangkan ke PAD akan besar pula tentunya,” tukasnya. AND

LAMPU JALANLampu jalan di kawasan alun-alun Agropolitan Center, perkantoran Pemkab Mura, Muara Beliti kerap hilang karena pencurian olek oknum.

FOTO: IMRON / PALPRES

MUSI RAWAS.PE - Hanya dalam seminggu, di wilayah Hukum Polsek Tugumulyo, Kabupaten Musi Rawas (Mura), terjadi dua kali. Aksi perampokan pertama terjadi pada Ka-mis (17/1) lalu. Namun, sayangnya Kapolsek Tugumulyo, AKP Bambang Suwono terbilang pelit memberikan informasi kepada wartawan soal perampokan itu. Bambang hanya membenarkan bila memang telah terjadi perampokan.

Nah, dua hari kemudian, tepatnya pada Sabtu (19/1) sekitar pukul 01.00 WIB, kembali terjadi perampokan diwilayah kukum Polsek Tugumulyo. Korbannya, Wan Yunus (41), warga Jalan Depati Said, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Lubuklinggai Barat II, Kota Lubuklinggau.

Kejadiannya bermula dari korban yang tengah bekerja sebagai penjaga

sarang burung walet di Desa F Trikoyo, Kecamatan Tugumulyo, Kabupaten Mura. Saat itu korban sedang menon-ton televisi didalam rumah tersebut, lalu terdengar suara seperti orang mendobrak pintu.

Sewaktu korban hendak keluar dari rumah, tiba-tiba tiga o r a n g y a n g m e n g -gunakan S e n -jata Api (Senpi) mendekat dan langsung mendodongkan ke arah kepala korban. Tak hanya men-odongkan senpi, empat orang pelaku lainnya yang membawa golok dan pisau langsung mengikat korban menggunakan kawat.

Selain korban, para perampok pelaku juga mengikat tiga orang penjaga rumah lainnya. Setelah itu para perampok masuk kedalam gudang sarang burung walet den-gan menggunakan mesin las dan mengambil sarang walet yang ada

didalam-nya.

M e -l i h a t korban-nya yang

tak berkuit tersebut, empat orang perampok mengobrak-abrik rumah dan leluasa membawa kabur TV 32 inci, cincin emas seberat lima gram, dua unit Handphone (HP) merk Nokia N73, uang tunai sebesar Rp1 juta dan dua unit sepeda motor Yamaha Mio dan Honda Revo.

Usai mengambil barang-ba-rang tersebut, kawanan perampok melarikan diri dan meningalkan korban yang masih dalam posisi terikat.

“Untungnya dari keluarga aku tidak ada yang melawan pada saat para per-ampok tersebut menodongkan senjata api. Kalau tidak aku yakin diantara kami akan ada yang mati. Hal inilah yang sangat aku takutkan,” ucap kor-ban Wan Yunus.

Kapolres Mura, AKBP M Barly Ramadhani SIk melalui Kapolsek Tugumulyo, AKP Bambang Suwono membenarkan adanya kejadian terse-but. “Laporan dari Wan Yunus telah kami terima, untuk menindak lanjut laporan tersebut, kami sudah melaku-kan pengecekan di lokasi kejadian dan memeriksa sejumlah saksi,” pungkasnya. IMR

PALEMBANG EKSPRES SENIN, 21 jaNuarI 2013 Halaman 14

Polda Sumsel : (0711) 360404/ (0711) 310264

Poltabes : (0711) 513334, (SPK) (0711) 510455

Polsek IB I : (0711) 353014 Polsek IB II : (0711) 352973 Polsek IT I : (0711) 351607Polsek IT II : (0711) 713344

Polsek Su I : (0711) 510128Polsek Su II : (0711) 510096Polsek S Gerong : (0711) 596333/

(0711) 598144/ (0711) 598145

Polsek Sako : (0711) 820062Polsek Gandus : (0711) 7365855Polsek Sukarami : (0711) 411585Polsek Kemuning : (0711) 7300930KPPP Boombaru : (0711) 712386Pos Laka Pakjo : (0711) 7920902Kodim 0418 : (0711) 351637

Denpom 2/4 : (0711) 351843/ (0711) 374836

LBH Palembang : 0711 356153 E-mail : [email protected] Ikadin Palembang :

0811711830/ (0711) 7081830/ 08197830830

Pemadam Kebakaran : (0711) 312011PDaM : (0711) 350079PLN : (0711) 356911-

(0711) 358355

rSMH Palembang (Sentral) : (0711) 354088

rS Charitas : (0711) 350827rSI Siti Khadijah : (0711) 311884rS aK Gani : (0711) 354691rS Muhammadiyah : (0711) 513144rS Myria : (0711) 411610rS Ernaldi Bahar : (0711) 410354Informasi Telepon : 108Layanan Telegram : 165SLI : 100Pengakuran jam : 103

Gangguan Telepon : 117ambulance : 118Bandara SMB II : (0711) 411778Informasi SMB II : (0711) 413695Vip room SMB II : (0711) 410159Lanud : (0711) 410376STa Kertapati : (0711) 515555/

(0711) 510201 uLPK BBPOM Palembang :

(0711) 371463Perusahaan Gas Negara :

(0711) 717950

TELEPON PENTING

Rano Karno Edarkan Sabu

Seminggu Dua KaliPerampokan di Tugumulyo Bandar Togel Dicokok

MUARADUA.PE - Maraknya aksi judi jenis Toto Gelap (Togel) di Kabupaten OKU Selatan, mem-buat aparat Polres OKU Selatan menjadi gerah. Akhirnya, Sabtu (19/1) sekitar pukul 14.00 WIB, seorang bandar togel yang sudah menjadi Target Operasi (TO) berha-sil dibekuk aparat Satuan Reskrim Polres OKU Selatan.

Tersangkanya, Erwin (33) yang dibekuk saat sedang merekap pas-angan togel dirumahnya di Desa Bungin Campang, Kecamatan Sim-pang, Kabupaten OKU Selatan. Dari tangannya petugas berhasil menyita barang bukti buku rekap togel, uang pasangan togel sebesar Rp222 ribu, satu unit kalkulator dan satu unit Handphone Nokia.

Kapolres OKU Selatan, AKBP Wira Satya Triputra SIk MH melalui Kasat Reskrim Hasbullah Hamid

SH, didampingi KBO Reskrim, Iptu Ujang Aziz mengatakan, penang-kapan tersangka bermula dari SMS online yang diterima pihaknya.

“Setelah dilakukan pendalaman selama satu minggu dan pengem-bangan, akhirnya kita berhasil menangkap tersangka dirumahnya saat sedang merekap nomor pasan-gan togel,” terang Hasbullah.

Dikatakannya, tersangka memang sudah lama menjadi TO pihaknya dalam kasus togel. Namun, selama ini tersangka terbilang licin sehingga selalu berhasil melarikan diri.

“Kita sudah sering melaku-kan penggerebakan tapi tersangka terbilang licin dan mengetahui gerak gerik anggota kita. Saat ini tersangka sudah kita amankan, dan kita akan melakukan pengembangan guna mengungkap togel melalui via ponsel,” tegasnya. ZON

PALEMBANG.PE – Akibat mengkonsumsi Minuman Keras (Miras) berlebihan membuat, Tau-fik Zakaria alias David Jobol (30), nekat menusuk pedagang kacamata bernama Meli (30), warga Kelura-han 4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I Palembang, di kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palem-bang, pada September 2012.

Setelah dilakukan penyelidikan akhirnya warga Jalan Depaten Lama, RT 11 RW 8, Kelurahan 27 Ilir, Ke-camatan Ilir Barat (IB) II Palembang ini, kemarin (20/1) sekitar pukul 13.00 WIB, berhasil dibekuk aparat Unit Pidum Satuan Reskrim Polresta Palembang, saat berada di kawasan Pasar Sekanak Palembang.

Aksi penusukan tersebut bermula dari korban yang baru saja pulang dari berjualan kaca mata keliling di kawasan BKB. Namun, saat hendak pulang den-gan mengendarai sepeda motor Yamaha Vega, tiba-tiba tersangka David Jobol datang dan memaksa meminjam motor milik korban.

Lantaran korban tidak mengenal tersangka, maka korban berusaha mempertahankan motornya. Me-lihat korban berusaha melawan, lalu tersangka David Jobol men-geluarkan Senjata Tajam (Sajam) jenis pisau dan menusuk dada ko-rban. Usai menusuk dada korban, tersangka David Jovbol langsung melarikan diri, sementara korban dilarikan ke rumah sakit.

“Dia (tersangka, red) maksa mau pinjam motor, tapi tidak bisa karena aku berontak. Dia lalu menusuk

dada aku. Tapi sebelumnya dia sempat mencekik leher aku,” terang korban Meli yang datang melihat tersangka David Jobol di Mapol-resta Palembang, kemarin (20/1).

Diungkapkannya, saat melaku-kan aksinya tersebut, tersangka bersama temannya. Namun, dirinya tidak mengenali teman tersangka. “Aku lupa muka kawannya itu, tapi kalau yang menusuk dada aku memang inilah orangnya,” ungkap korban Meli sembari menunjuk tersangka David Jobol.

Sementara tersangka David Jobol mengaku, saat meminjam motor ko-rban dirinya dalam keadaan mabuk berat. Karena tidak dipinjamkan, maka dirinya marah dan menusuk korban sebanyak satu kali.

“Aku memang tidak mengenal dia (korban, red), tapi memang benar malam itu aku mabuk berat setelah minum tuak di warung Pasar 16. Jadi aku tidak ingat kalau sudah menusuk korban,” kelit tersangka David Jobol.

Usai kejadian tersebut, ungkap-nya, dirinya melarikan diri ke Dusun Perambatan selama tiga bulan. Lalu kembali lagi ke Palambang bekerja di Pasar Sekanak. “Malam itu aku mudah emosi karena bawaan mabuk itu,” ungkap bapak satu anak ini.

Kapolresta Palembang, Kombes Pol Sabaruddin Ginting MSi me-lalui Kasat Reskrim, Kompol Djoko Julianto SIk MH membenarkan jika pihaknya telah menangkap seorang tersangka penusukan. “Saat ini ter-sangka masih dalam pemeriksaan lebih lanjut,” tukas Djoko. BAY

PALEMBANG.PE - Mungkin jika mendengar nama Rano Karno orang pasti mengira seorang artis terkenal. Namun, Rano Karno (28), kali ini malah menjadi seorang pengedar narkoba jenis sabu-sabu, di kawasan eks lokalisasi Kampung Baru, Palembang.

Tapi aksi terrsebut berhasil di-hentikan aparat Reskrim Polsekta Sukarami Palembang, setelah Sabtu (19/1) sekitar pukul 23.00 WIB, dibekuk saat sedang berada di Jalan Suka Karya, Lorong Kayu, belakang eks lokalisasi Teratai Putih, Kampung Baru, Kelurahan Sukarami, Keca-matan Sukarami Palembang.

Awalnya petugas berhasil men-gamankan dua paket sabu-sabu yang perpaketnya seharga Rp200 ribu. Namun, setelah dilakukan pengem-bangan dirumahnya di Jalan Maju Bersama II, Kelurahan Talang Ke-lapa, Kecamatan Alang Alang Lebar (AAL) Palembang petugas kembali menemukan barang bukti tambahan.

Disita puluhan plastik klip pem-

bungkus sabu-sabu, sejumlah alat hisap sabu-sabu, uang hasil penjualan sabu-sabu, serta satu unit Handphone (HP), yang berisikan SMS penjualan dan hutang pembelian sabu-sabu.

Keberhasilan penangkapan itu, setelah warga yang resah dengan ulah tersangka Rano Karno men-girimkan SMS online ke Ka-polda Sumsel, Irjend Pol Is-kandar Hasan. Lalu SMS itu ditindak lanjuti aparat Reskrim Polsekta Sukarami Palem-bang.

“Begitu kita lakukan penyeli-dikan, ternyata memang tersangka merupakan pengedar sabu-sabu di kawasan Eks lokalisasi Teratai Putih Kampung Baru. Terrsangka membeli satu paket sedang sabu-sabu lalu di-pecah-pecah lagi dirumahnya menjadi paket-paket kecil,” terang Kapolsekta Sukarami, Kompol Imam Tarmudi SIk MH didampingi Kanit Reskrim, AKP Hanys Pamungkas Subadrio,

kemarin (20/1).Dikatakan Imam, saat hendak di-

tangkap tersangka sempat membuang barang bukti sabu-sabu. Tapi akhirnya tersangka mengakuinya. “Tersangka ini terkenal licin, tapi setelah kita periksa dan rumahnya kita geledah kita menemukan barang bukti tam-

bahan,” kata Imam.

S e m e n -tara tersangka Rano mengaku

jika sabu-sabu tersebut dibelinya dari seorang bandar yang berinisial R di kawasan Talang Buruk Palembang. Dirinya membeli satu paket sedang sabu-sabu seharga Rp300 ribu, lalu dipecah-pecahnya lagi menjadi paket-paket kecil.

“Satu paketnya aku jual lagi Rp100 ribu, jadi dalam satu paket sedan itu aku dapat untung Rp100 ribu. Sudah empat bulan ini aku menjadi pengedar sabu-sabu, karena untuk biaya kelu-arga aku,” ucap bapak satu anak yang merupakan residivis kasus penganiay-

aan pada 2010 lalu ini.JOESelain mengamankan tersangka

rano Karno, aparat Unit Reskrim Pol-sekta Sukarami juga mengamankan dua orang yang kedaparan membawa Senjata Tajam (Sajam) jenis Pisau.

Tersangka pertama Suparman alias Angkut (32), warga Jalan KH Azhari, Lorong Salmajid, Kelurahan 3-4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu (SU) I Palembang, yang diamankan bersamaan dengan tersangka Rano Karno, dilokasi yang sama.

“Pisau itu untuk aku bekerja mem-buka jam tangan. Waktu itu aku mau pulang dan tidak sengaja membawa pisau itu,” ucap Angkut.

Sebelumnya, petugas juga berhasil mengamankan tersangka Edy Efendi (300, warga Jalan SMA 13, Kelurahan Sukodadi, Kecamatan Sukarami Palem-bang, yang diamankan karena diping-gangnya terselip pisau jenis badik.

“Kalau aku pisau itu untuk jaga-jaga saja, karena aku bekerja sebagai penjaga parkir di Perumnas Talang Kelapa,” tukasnya. JOE

Mabuk Tuak, Pedagang Kacamata Ditusuk

Spesialis PenodongPenumpang Angkot Diciduk

PALEMBANG.PE - Setelah sempat menjadi buronan selama satu minggu, akhirnya salah seorang anggota spesialis penodong pen-umpang Angkutan Kota (Angkot), berhasil diciduk aparat Unit Pidum, Satuan Reskrim Polresta Palem-bang, pimpinan AKP Nanang Supri-atna SH dan Iptu Robert PS.

Tersangkanya, Candra Agus Setiawan (23), yang ditangkap pada Sabtu (19/1) sekitar pukul 01.00 WIB, saat sedang tidur dirumahnya di Jalan Dr M Isa, Lorong Bintara, Kelurahan 9 Ilir, Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang.

Dengan tertangkapnya tersangka Candra, kini petugas masih mengejar seorang temannya yang berinisial Pt. Sedangkan seorang temannya lagi bernama Rizki (21), warga Jalan Ki Gade Ing Suro, Kelurahan 32 Ilir, Ke-camatan Ilir Barat (IB) II Palembang, telah tertangkap terlebih dahulu.

Tersangka Rizki ditangkap seminggu lalu tepatnya, pada Sabtu (12/1) sekitar pukul 17.00 WIB, di Jalan Merdeka, dekat tugu Belido, usai melakukan penodongan terha-dap korban Hasan Basri (21).

Tersangka Candra mengaku, jika saat melakukan penodongan dirinya hanya mengawasi keadaan. Sedangkan yang menodong korban temannya Rizki dan Pt. Sebab, yang mengajak menodong temannya Pt.

“Memang waktu menodong itu aku juga membawa pisau yang aku selipkan di pinggang. Tapi aku hanya mengawasi keadaan, sedangkan yang menodong dan melukai korban Rizki dan Pt,” ucap pria yang sudah empat kali masuk pen-jara dalam kasus penodongan ini.

Kapolresta Palembang, Kombes Pol Sabaruddin Ginting MSI melalui Kasat Reskrim, Kompol Djoko Ju-lianto SIk MH mengatakan, pihaknya berhasil menangkap tersangka Candra setelah melakukan pengembangan dari tersangka Rizki yang telah ter-tangkap terlebih daulu.

“Se te l ah k i t a me lakukan pengembangan, akhirnya kita berhasil menangkap tersangka Candra. Komplotan tersangka ini, dalam beraksi tidak segan-segan melukai korbannya. Kita akan segera tangkap teman tersangka yang identitasnya sudah kita keta-hui,” tukas Djoko. BAY/JOE

KAWALKapolsekta Sukarami, Kompol Imam Tarmudi SIk MH (paling kanan) bersama dengan Kanit Reskrim, AKP Hanys Pamungkas Subadrio (Dua dari kiri) sedang mengawal tersangka Rano Karno (duduk kiri), tersngka Edy Efendi dan tersangka Suparman alias Angkut di Mapolsekta Sukarami Palembang.

fOTO IST

infOTainmenT SELASA, 22 JANUARI 2013 Halaman 15

08575884XXXXKEPADA Yth Bupati OKI selama gaji TKS tidak dibayar sulit bagi anda untuk duduk di kursi Sumsel 1 kadi wakil be 08527333XXXXMENANGGAPI isi sms dari nomor 087796120XXX pada hari Kamis tanggal 10/01/2013 setelah diseli-diki ternyata dikirim oleh mantan sekwan kab Empat Lawang MA yang terlibat korupsi dana di sekwan sebesar Rp 6,1 M sebaiknya saudara M berhentilah menjelek-jelekkan pak Burhansyah sekwan hancur gara-gara saudara M anda sudah tersangka tapi be-lum ditahan karena menyetor sejumlah uang kepada pihak penyidik tipikor polda Sumsel 08127426XXXXBUPATI dan Kadiknas OI Yth’ mohon dievaluasi lagi kep SMPN 1 Rt Alai, Atia Binti Amir penipu tidak mau bayar hutang pembohong penjudi togel kami jadi korbannya pinjam uang 18 juta katanya untuk bea kuliah anak di akbid Aisyiyah Palembang melunasi bank ngecat pagar SMPN 1 RA nyatanya bohong belaka uang kami untuk togel sudah banyak korban-nya jangan sampai bertambah lagi 08520818XXXXYTH Bapak Kadis PUBM/PSDA kota Palembang kami dari warga masyarakat minta tolong bapak cek dan sidak ke lapangan karena kami selama ini sudah lama mengeluhkan merasa resah dan geram sekali melihat pengusaha ruko yang membuat genangan air di bibir aspal yang mengakibatkan jalan menjadi rusak gara-gara yang punya ruko mengecori drainase contohnya ruko varia Medica di jalan Parameswara Simp Musi 2 Bukit Besar dan masih banyak di tem-pat-tempat lainnya 08779624XXXXYTH Bapak/ibu Pimpinan RS Pelabuhan kota Palem-bang tolong ajari tata krama dan sopan santun kepada karyawan yang bernama Sari yang bertugas di ruangan UGD bagian registrasi kelakuannya sangat buruk dan jahat tidak mencerminkan petugas yang mengayomi masyarakat kalau tidak pecat saja orang seperti itu.

08520818XXXXKEPADA Yth Bapak-bapak yang ingin mencalonkan diri sebagai gubernur Sumsel kami dari warga ma-syarakat memberikan ultimatum kepada calon-calon yang lain tentang PSG terutama di kota Palembang minim sekali dana sharingnya dan ini jangan dijadikan sentimen politik wajib didukung dan disukseskan karena ini menyangkut untuk kepentingan orang banyak bukan untuk program pribadi (kampanye) melainkan untuk kebersamaan membantu mencer-daskan kehidupan bangsa dan bernegara. 08520818XXXXKAMI dari warga masyarakat kota Palembang merasa kecewa besar dengan kepemimpinan bapak wako lima tahun terakhir ini atau periode ke 2 karena banyak sekali tempat yang banjir dan jalan raya yang rusak akibat terendam kalau hari hujan yang disebabkan oleh pembangunan ruko di lahan resapan air tidak memberikan solusi di lingkungan sekitarnya bagaimanakah kalau bapak terpilih nanti jadi gubernur? Mau dibawa kemanakah Sumatera

TEMAN CEWEKMC 10.720CARI temen cewek yang baik hubungi 081320730383 nama Dimas

TEMAN CURHATMC 10.721MERY 20 tahun mau cari temen/sahabat buat diajak curhat dan jalan-jalan cewek cowok yang umurnya 26 ke bawah call-sms ya di 089697149375

GAK BOLEH MISSCALLMC 10.722HERA aku mau cari temen cowok yang setia dan gak pelit hubungi 085764654103 gak boleh misscall

APA ADANYAMC 10.723HENDRA 25 tahun mau cari pacar yang bisa menerima aku apa adanya 085266036704

TEMAN KHUSUSMC 10.724BAMBANG Surya Wirawan 36 tahun mencar i sahabat dalam pertemanan khusus janda gadis produktif (wiras-wasta carrier) add 082179007756 bb 24b459d3

PENDAMPING GADISMC 10.725

COWOK mau cari pendamping hidup gadis usia 36-40 tahun hubungi aku 07119158996

DIAJAK NGOBROLMC 10.726DUDA 31 tahun tinggi 173 ingin cari te-man gadis janda tante usia gak masalah yang penting enak diajak ngobrol hubungi 081367244073

BERTANGGUNG JAWABMC 10.727RANI 23 tahun ingin mencari cowok yang serius bertanggung jawab setia dan terima apa adanya 081996480032

DIAJAK SERIUSMC 10.728ADHY mau cari temen yang mau diajak serius sms aku 089647993747

CARI TEMAN

MC 10.729NURUL umur 28 tahun mau cari teman hubungi aku di sini 081958264887

CARI JANDAMC 10.730CARI seorang janda yang serius hubungi 081996656999

TEMAN CEWEKMC 10.731RUDY 21 tahun di Sekojo mau cari temen cewek bagi yang berminat bisa telpon ke 085369962306

BAIK HATIMC 10.732JAYA Saputra mau cari cewek yang baik hati dan jujur untuk cewek yang baik hati dan cantik hubungin 089685247825

SIAP DIAJAK KENCAN

MC 10.733SANTO mau cari cewek umur 25 ta-hun ke atas yang siap diajak kencan 081929291214

TEMAN CURHATMC 10.734MAU cari temen curhat siapa berminat hubungi aku nama Rizki umur 17 tahun yang baca hubungi 089687961150

WANITA SHOLEHAMC 10.735AKU laki-laki dewasa mencari wanita sholeha setia jelita siap nikah yang serius hubungi 081927796325

CEWEK 25 TAHUN KE ATASMC 10.736ANDI bujangan umur 35 tahun aku ingin cari kenalan cewek berumur 25 tahun ke atas hubungi di nomor 081271737179

PALEMBANG. PE- Youth Band Competion 2012, kerjasama antara Pa-lembang Ekspres bersama Yayasan Bunda Eva menjadi event yang diikuti Bakabond, band Palembang yang berdiri pada De-sember 2011.

Dan semua personelnya berasal dari teman seperjuangan sekolah yang dulunya memiliki jumlah personil 5 orang.

Yayat sebagai (Vocal) sempat menjadi anggota paduan suara SEA Games 2011. Bebe (Gitaris) memiliki pengalaman yang lumayan banyak dan menjadi sesepuh di band. Tidy

(Basis), termasuk orang baru di Bakabond, bergabung Desember 2012 lalu. Hardy (key-boardist) juga temen seperjuangan sewaktu SMP dan Ican (Drummer) bisa di bilang orang yang paling lama juga di Bakabond.

”Bakabond band beraliran pop alterna-tive yang sempat dan sering mengganti personel dan mengganti nama. Dulu Baka-bond sempat bernama Raffa band nama dadakan karena deadline waktu festival yang mepet waktu itu,” jelas Yayat.

Akhirnya berganti lagi menjadi Matri-oska band. Bakabond itu awalnya nama

yang tidak sengaja tercipta. ”Karena dari candaan kami berlima dan ternyata lang-sung di beri tanggapan baik ya walaupun artinya tidak terlalu dimengerti tapi kami yakin Bakabond bisa mmbuat kami lebih solid dalam bermusik,” jelasnya.

Bakabond juga aktif mengikuti festi-val dan pernah mendapat juara dan tidak jarang pula harus merasakan kalah dalam berkompetisi.

“ Yaa kita anggap hal itu sebagai pen-galaman saja , supaya bisa menjadi pem-belajaran untuk kedepan biar bisa lebih

baik,” ujar sang vokalist.Dalam rangka mengikuti festival Youth

Band Competion 2012, dirinya sadar hanya ingin mencari pengalaman yang bisa mengangkat moral agar bisa belajar dari band yang sudah berhasil.

“Bersama ESP kita bisa” judul jingle yang akan dibawakan pada festival kali ini, jingle tersebut sedikit beraliran POP Rock n Roll.

”Soal latihan, berhubung kami band baru, kami cuma latihan dengan menyewa studio band yang sudah menjadi seperti best camp kami sendiri,” katanya. Jan

Ganti Nama Berharap Solid

PALEMBANG.PE- Ajang mencari bakat musik, Youth Band Competition 2012 yang digelar Palembang Ekspres bersama Yayasan Bunda Eva Santana (YBES) Palembang sangat diminati para pemusik muda metropolis termasuk Espresso yang tidak ingin ketinggalan dalam event spektakuler ini.

Band yang terbentuk sekitar Septem-ber 2010, yang mempunyai formasi awal Pranata Dika (vocal/bass) Rachmadi (drum) Aldo Diandi (guitar) Berharap, Espresso band mampu menyaj ikan komposisi musik yang terbaik dan tidak membuat pendengarnya menjadi jenuh atau mengantuk sesuai dengan Filosofi dari nama Espresso ini.

”Dan Seiring dengan berjalannya waktu, Espresso band melakukan penambahan per-

sonil untuk memberikan suguhan yg lebih menyegarkan pada posisi lead vocal (Fenda) dan posisi terompet (Berland) dan pada posisi keyboard menggunakan Additional Player,” ujar Aldo Diandi.

Espresso band ini juga telah sering mera-maikan festival-festival musik di Palem-bang, dan juga berbagai macam prestasi dari berbagai kompetisi musik seperti.

Juara I SWC Unsri band competition 2011, juara I pentas seni SMA negeri 18 tahun 2011, juara I Prodip 3 FE Unsri tahun 2012, juara II Adira got talent ta-hun 2012, serta berbagai macam prestasi bermusik lainnya.

”Dalam ajang Youth Band Competition ini kita sudah menyiapkan jingle ESP ”Pe-mimpin Kami” telah kami garap bersama d basecamp studio kami. Dan semoga kami

Espresso, Band Anti Ngantuk

bisa memberikan yg terbaik dalam kom-petisi ini dan bisa menyuguhkan suatu kolaborasi yg menarik dgn ditambahkan unsur beatbox,” jelasnya.

Buat yang kepingin lebih kenal sama per-sonil-personil Espresso band atau mau tau lebih lengkap tentang aktivitas band ini bisa Follow twitter @EspressoMusic. Jan

PALEMBANG EKSPRES SELASA, 22 JANUARI 2013

Calon Independen Dipatok 13.828 DukunganeMPaT LaWang. Pe - Pendaftaran bakal pa-

sangan calon perseorangan pemilihan umum Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Empat Lawang periode 2013-2018 dibuka. Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Empat Lawang menetapkan calon perseorangan alias independen wa-jib mengantongi minimal 13.828 pemilih. “Jumlah ini sesuai ketentuan 5 persen dari jumlah pemilih yang ada di Kabupaten Empat Lawang sebesar 276.544,” kata ketua KPU Empat Lawang Muroimin Zahri BA, kemarin.

Menurut Muroimin, jumlah ini sesuai ketentuan Undang-undang nomor 15 tahun 2011 tentang penyelenggara pe-milu dengan rincian dukungan tersebar di lima kecamatan dan diibuktikan dengan melampirkan foto kopi identitas seperti KTP, paspor atau surat keterangan identi-tas kependudukan yang sah yang dikeluarkan kepala desa atau lurah atau instansi yang membidangi urusan kependudukan. “Yang ada bukti dukungan sesuai ketentuan akan kami terima,” jelasnya.

Selanjutnya Muroimin menjelaskan pendaftaran

calon independent akan dibuka selama lima hari, mulai hari ini (22/1) hingga Minggu (27/1) di kantor KPUD Kabupaten Empat Lawang pada jam kerja. “Yang tidak kalah penting setiap kandidat calon independen yang berminat dapat pula mendatangi

langsung kantor KPUD di jalan poros untuk mengambil berkas dan melihat per-syaratan lainnya,” pungkas Muroimin.

Diketahui sebelumnya bahwa minat calon independen di Empat Lawang minim, sejak calon inpedenden mun-cul dan menjadi perbincangan hanya satu nama yang mencuat yakni H M Eduar Kohar yang juga Ketua Ormas Nasdem Empat Lawang. “Saya siap, insya Allah akan mencalonkan diri melalui jalur independen,” kata Eduar, belum lama ini.

Selanjutnya Eduar menyampaikan saat itu pihaknya sudah mengantongi dukungan sesuai persyaratan, tinggal menunggu pembukaan pendaftaran. “Insya Allah saya akan maju, karena semua rakyat memiliki hak yang sama mengikuti pesta demokrasi ini,” pungkas Eduar. FIr

Dempo Green Community Bagi-Bagi BungaPa g a r a L a M . P e

– Aksi damai membagi-bagikan bunga dilakukan Dempo Green Community (DGC) jelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pe-milukada) Kota Pagaralam 23 Januari 2013. Seperti kata bijak, jika kamu tak mampu mengungkapkannya dengan kata-kata, maka ucapkanlah dengan bunga (Say Love With Flower).

Aksi damai inilah yang dilakukan dalam kegiatan bertemakan “Damai Itu Indah”, ini, setiap posko 9 pasangan Calon Wa-likota dan Wakil Walikota diberikan bunga, termasuk juga komponen dalam penyelenggaraan Pemilukada, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pan-

waslukada, Polres, serta di titik-titik keramaian lainnya.

Ketua Dempo Green Community M Kolbin Sa-lim didampingi Koordina-tor Lapangan (Korlap) Udi mengatakan, aksi damai yang dilakukan mewakili seluruh masyarakat Kota Pagaralam yang meng-inginkan jalannya pesta demokrasi Pemilukada Kota Pagaralam 23 Januari 2013 ini berjalan dengan

damai dan indah. “Bunga itu lambang cinta dan kedamaian. Lewat bunga ini-lah tujuan utama dan wujud keinginan seluruh masyarakat Kota Pagaralam agar pelaksanaan Pemilukada yang sudah di depan mata berjalan dengan jujur, damai

dan indah,”katanya. Menurut dia dalam aksi damai ini,

murni prakarsa DGC sendiri, tanpa ad-anya keterlibatan dari pihak manapun. Selain itu untuk mengenalkan kepada masyarakat akan keberadaan Dempo Green Community yang terus menso-sialisasikan tetap menjaga kelestarian ekosistem dan lingkungan.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Paga-ralam, Ubaidillah Zukhri SSos didam-pingi Divisi Tekhnis, Yenli Elmanoferi SE MSi menyambut baik aksi damai yang dilakukan DGC sebagai perwuju-dan keinginan seluruh masyarakat Kota Pagaralam demi terciptanya Pemilukada yang indah dan damai. “Mari kita ber-sama-sama bekerjasama demi terciptanya Pemilukada Kota Pagaralam 23 Januari 2013 ini dengan dengan jujur, damai dan indah,” katanya. kOe

Jelang Pemilukada Dana Bansos Naik Rp 300 JutaPraBUMULIH. Pe – Pemerintah Kota (Pemkot)

Prabumulih melalui Dinas Sosial tahun ini menganggar-kan dana Bantuan Sosial (Bansos) dan dana operasional dinas sebesar Rp 3,1 Miliar. Kenaikan ini disinyalir jelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) kota Prabumulih, 5 Maret mendatang.

Kepala Dinsos Kota Prabumulih, Haidir Wady SE MSi didampingi Kabid Banjamsos, Muhtar Edi SSos MSi saat ditemui diruangannya mengatakan, tahun ini dana yang dimiliki Dinsos senilai Rp 3,1 Miliar. Dana bansos, kata Haidir, naik sekitar Rp 300 juta dari tahun lalu yang sebelumnya hanya Rp 2,5 Miliar.

Dana sebesar itu, telah dianggarkan yang dirinci-kan dalam APBD 2013. “Sudah kita susun dan ajukan dalam RKA APBD 2013, dana bansos tersebut,” ujarnya kepada Palembang Ekspres, Senin (21/1).

Masih kata Haidir, kenaikan dana tersebut disebabkan adanya kenaikan jumlah penerima bansos tersebut. “Bukan tunjangannya yang naik, akan tetapi jumlahnya yang naik maka dananya naik. Akibat ada penambahan jumlah seperti penambahan guru gaji, pemandi dan pengkafan jenazah dan lain-lain,” terangnya.

Dia menambahkan, penyaluran dana bansos terse-but akan dilakukan selama empat kali pertriwulan hingga akhir Desember. “Untuk triwulan pertama, akan disalurkan pada April mendatang. Biasanya diserahkan oleh Pak Wali langsung,” jelasnya.

Informasi yang beredar dimasyarakat, dana ban-sos diduga nantinya digunakan untuk kepentingan beberapa calon walikota. Akan tetapi, isu yang beredar belum dapat dibuktikan. and

Nasdem Optimis 50 Persen Rebut KursiPaLeMBang. Pe – Mendapat uru-

tan nomor 1, partai Nasional Demokrat (Nasdem) bersyukur, bahkan Nasdem op-timis merebut 50 persen kursi pada ajang Pemilihan Umum (Pemilu) mendatang.

Demikian diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sumsel Febuar Rah-man SH, Minggu (20/1).

Menurut dia, angka nomor satu menjadi langkah tepat untuk menang. “Karena angka satu sangat cantik dan biasanya selalu masuk pada urutan yang pertama,” ujar Febuar kepada Palembang Ekspres disela-sela acara syukuran dan konsolidasi di secretariat nasdem di Basuki Rahmat.

Dia mengatakan, ke depan kita butuh perubahan besar, apalagi saat ini kesem-patan menjadi No urut 1 dalam pemilu

sangat sulit, dan selalu mejadi dambaan setiap partai, untuk itu selain rasa syukur yang dilakukan kami juga akan melakukan konsolidasi menuju pemenangan pemilu 2014.

“Ya sebetulnya semua partai Nasdem yang ada di propinsi harus jadi pemenang, apalagi pihaknya sudah membangun struktur partai sampai ke Rayon,” kata-nya.

Ditanya terkait sosialisasi, dirinya me-nyebutkan sudah masuk ke Rayon. Saat ini ke desa-desa sudah 100 persen dilakukan. Disamping itu juga, pihaknya akan menga-dakan caleg-caleg yang mempuni bersih populer dan dipilih masyarakat.

”Asal memenuhi persyaratan dapat mengisi formulir, terus kami buka,” ka-tanya.

Disinggung mengenai pergantian Ketua Umum Partai Nasdem Pusat akan mengusung Surya Paloh, pihaknya terus mendukung dan menjadikan Surya Paloh sebagai pemimpin pemenang mengenai keterwakilan perempuan yang akan men-jadi caleg, pihaknyanya menambahkan sangat mendukung sekali, mengingat se-suai ART partai Nasdem semua pengurus hampir 30 persen itu perempuan.

”Jadi memang perempuan mendapat dukungan penuh untuk mencalonkan diri,” terangnya.

Kedepan ia berharap, dengan mendu-duki No urut 1ini, parati Nasdem dapat menajdi pemenang pada pemilu 2014 mendatang, sehingga perubahan yang betul-betul diinginkan dapat diwujudkan dari Nasdem. dYn

Tunggu DP4, KPUD Rekrut PPDPMarTaPUra. Pe – Sambil menung-

gu Data Penduduk Pemilih Pemilu Po-tensial (DP4). Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Ogan Komering Ulu (OKU) Timur saat ini sedang melakukan perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). “Nanti PPDP inilah yang akan turun langsung melakukan pendataan terhadap masyarakat,” ujar Ketua KPUD OKU Timur, Leo Budi Rachmadi melalui Realdi, bagian Logistik dan Daftar Pemilih Tetap, kemarin.

Sebagai bahan pembanding DP4 lanjut Realdi, tetap mengacu pada data Pemili-han Umum Kepala Daerah (Pemilukada)

Bupati beberapa waktu lalu. Nanti tugas PPDP ini akan mendata pemilih lama, apakah masih ada atau sudah meninggal, mungkin bisa juga sudah pindah kedae-rah lain. Serta mencatat adanya pemilih pemula.

“Dari data itulah nanti akan menjadi rujukan jika sudah final untuk pemilukada gubernur pada Juni 2013. Mereka bertugas untuk mengkrocek DP4 ke daftar pemilih sementara sampai menjadi daftar pemilih tetap,” terangnya.

Sementara, serangkaian yang dilakukan KPUD OKU Timur mulai dari perekrutan PPS dan PPK, serta melakukan verifikasi

faktual terhadap sejumlah partai sudah dilaksanakan. ”Saat ini menunggu DP4 saja dan proses perekrutan PPDP,” ungkap Realdi.

Masih kata dia, untuk jumlah PPDP disesuaikan dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS). KPUD OKU Timur sendiri mengusulkan 1452 TPS. Namun itu seba-tas usulan awal, bisa saja TPS yang diu-sulkan berkurang. “Jika pada pemilukada bupati lalu jumlah TPS di OKU Timur ada 1363. Tapi karena faktor geografis dan kemungkinan bertambahnya jumlah pemilik, maka pada pengusulan TPS kita tambah,” pungkasnya. Man

AJAK PEMILUKADA DAMAITampak seorang Polwan menerima bunga yang dibagikan Dempo Green Community sebagai bentuk aksi damai masyarakat Pagaralam menginginkan jalannya pesta demokrasi Pemilukada Kota Pagaralam 23 Januari 2013 ini berjalan dengan damai dan indah.

Muroimin Zahri

Ubaidillah Zukhri

FOTO : NET