OTO.SM01.006.01 BI

download OTO.SM01.006.01 BI

of 54

  • date post

    06-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    275
  • download

    12

Embed Size (px)

description

buku sepeda motor

Transcript of OTO.SM01.006.01 BI

Modul Pelatihan Berbasis KompetensiSektor Otomotif Sub Sektor Sepeda Motor Kode ModulOTO.SM01.006.01Judul Modul: Menggunakan & Memelihara Alat UkurBuku InformasiVersi: 2010Halaman: 49 dari 48

MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSISEKTOR OTOMOTIFSUB SEKTOR SEPEDA MOTOR

MENGGUNAKAN DAN MEMELIHARA ALAT UKUROTO.SM01.006.01

BUKU INFORMASI

KEMENTERIAN TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI R.I.DIREKTORAT JENDERAL PEMBINAAN PELATIHAN DAN PRODUKTIVITASJl. Jend. Gatot Subroto Kav. 51 Lt. 6.A Jakarta Selatan

Modul Pelatihan Berbasis KompetensiSektor Otomotif Sub Sektor Sepeda MotorKode ModulOTO.SM01.006.01Judul Modul: Menggunakan dan Memelihara Alat UkurBuku InformasiVersi: 2010Halaman: 2 dari 48

KATA PENGANTAR

Dalam rangka mewujudkan pelatihan kerja yang efektif dan efesien dalam rangka meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja diperlukan suatu sistem pelatihan yang sama. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 31 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional yang mengamanatkan bahwa pelatihan kerja berbasis kompetensi.Dalam rangka menerapkan pelatihan berbasis kompetensi tersebut diperlukan adanya standar kompetensi kerja sebagai acuan yang diuraikan lebih rinci ke dalam program, kurikulum dan silabus serta modul pelatihan.Untuk memenuhi salah satu komponen dalam proses pelatihan tersebut maka disusunlah modul pelatihan berbasis kompetensi Menggunakan dan Memelihara Alat Ukur yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Sektor Otomotif Sub Sektor Sepeda Motor yang telah ditetapkan dengan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi R.I. Nomor KEP.95/MEN/IV/2005. Modul pelatihan berbasis kompetensi ini, terdiri dari 3 buku yaitu Buku Informasi, Buku Kerja dan Buku Penilaian. Ketiga buku tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh, dimana buku yang satu dengan yang lainnya saling mengisi dan melengkapi, sehingga dapat digunakan untuk membantu pelatih dan peserta pelatihan untuk saling berinteraksi.Demikian modul pelatihan berbasis kompetensi ini kami susun, semoga bermanfaat untuk menunjang proses pelaksanaan pelatihan di lembaga pelatihan kerja.

Jakarta, September 2010

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR 1

DAFTAR ISI 2

BAB I STANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL (SKKNI) DAN SILABUS PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI (PBK) 3

A. Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) 3B. Unit Kompetensi Prasyarat 5C. Silabus Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) 6

BAB II URAIAN SINGKAT MATERI PELATIHAN 11

A. Latar Belakang 11B. Tujuan 11C. Ruang Lingkup 11D. Pengertian-Pengertian 12

BAB III MATERI PELATIHAN MENGGUNAKAN & MEMELIHARA ALAT UKUR 13

A. Diagram Alir Unit Kompetensi 13

B. Penjelasan Modul Menggunakan & Memelihara Alat Ukur 13

1. Pengetahuan 132. Ketrampilan 273. SOP 364. Sikap Kerja 36

BAB IV SUMBER-SUMBER YANG DIPERLUKAN UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI 37

A. Sumber-sumber Perpustakaan 37

1. Daftar Pustaka 372. Buku Referensi 37

B. Daftar Peralatan/Mesin dan Bahan 37

TIM PENYUSUN 38

BAB ISTANDAR KOMPETENSI KERJA NASIONAL (SKKNI) DAN SILABUS PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI (PBK)

A. Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI)

KODE UNIT:OTO.SM01.006.01

JUDUL UNIT:Menggunakan Dan Memelihara Alat Ukur

DESKRIPSI UNIT:Unit ini mengidentifikasi kompetensi yang dibutuhkan untuk mengukur suatu perlengkapan, komponen atau bagian-bagian dengan menggunakan perlengkapan umum/tidak khusus, dan memelihara alat ukur untuk sepeda motor 2 langkah dan 4 langkah hingga ukuran 250 cc.

ELEMEN KOMPETENSIKRITERIA UNJUK KERJA

01Mengukur dimensi dan variabel dengan meng gunakan perlengkapan yang sesuai1.1 Pengukuran dimensi dan variabel dilakukan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap perlengkapan atau komponen lainnya.1.2 Alat ukur dipilih yang sesuai. 1.3 Penggunaan teknik pengukuran yang sesuai dan hasilnya dicatat dengan benar.1.4 Seluruh kegiatan pengukuran dilakukan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), peraturan K3L (Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan), dan prosedur/kebijakan perusahaan.

02Memelihara alat ukur 2.1 Pemeliharaan alat ukur dilakukan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap perlengkapan atau komponen lainnya.2.2 Pemeliharaan rutin dan penyimpanan alat ukur dilakukan sesuai dengan spesifikasi pabrik.2.3 Pemeriksaan dan penyetelan secara rutin pada alat ukur termasuk kalibrasi alat ukur dilakukan sebelum digunakan.2.4 Seluruh kegiatan pemeliharaan dilakukan berdasarkan SOP (Standard Operation Procedures), peraturan K3L (Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan), dan prosedur/kebijakan perusahaan.

BATASAN VARIABEL

1.Batasan konteks:Standar kompetensi ini dipergunakan untuk jasa pelayanan pemeliharan dan perbaikan bidang perbengkelan sepeda motor.

2.Sumber informasi/dokumen dapat termasuk:2.1 Spesifikasi pabrik untuk kendaraan2.2 SOP (Standard Operation Procedures) perusahaan.2.3 Kebutuhan pelanggan. 2.4 Kode area tempat kerja.3.Pelaksanaan K3L harus memenuhi:3.1. Undang-undang tentang K3L (Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan).3.2. Penghargaan di bidang industri.

4.Peralatan-peralatan dapat termasuk: Peralatan tangan/hand tools, alat ukur termasuk: mikrometer dalam/luar, jangka sorong/ vernier calipers, dial gauges, alat pengukur kedalaman, penggaris baja, penggaris penyiku (T-squares), mistar baja/straight edges, busur/divider dan protractor.

5.Kegiatan: Kegiatan harus dilakukan pada kondisi kerja normal dan harus termasuk:5.1Pengukuran panjang, luas, kedataran, sudut, kedalaman, celah atau pengukuran yang dapat diukur baik analog maupun digital.5.2Penyetelan rutin dari alat ukur.

6.Persyaratan Khusus: Pengukuran inci dan metrik.

PANDUAN PENILAIAN

1. Pengetahuan dan keterampilan dasar dapat dinilai melalui pekerjaan dan tidak melalui pekerjaan.

2. Penilaian keterampilan dapat dilakukan setelah periode pelatihan yang diawasi dan pengalaman melakukan sendiri pada tipe yang sama. Jika kondisi tempat kerja tidak memungkinkan, maka penilaian dapat dilakukan melalui simulasi.

3. Hasil yang telah ditentukan harus dapat tercapai tanpa pengawasan langsung.

4.Aspek-aspek penting:Kompetensi penting diamati secara menyeluruh agar mampu menerapkan kompetensi pada keadaan yang berubah-ubah dan merespon situasi yang berbeda pada beberapa aspek-aspek berikut :Pengukuran komponen atau bagian-bagian dan pemeliharaan alat ukur.

5.Pengetahuan dasar:5.1 Persyaratan keamanan perlengkapan kerja.5.2 Tipe alat-alat ukur dan penerapannya.5.3 Prosedur pengukuran. 5.4 Skala alat ukur. 5.5 Prosedur pemeliharaan alat ukur.

6.Penilaian praktek:6.1 Mengakses, memahami, dan menerapkan informasi teknik.6.2 Menggunakan peralatan dan perlengkapan secara benar.6.3 Memelihara alat ukur. 6.4 Menggunakan alat ukur tertentu untuk mengukur komponen atau bagian-bagiannya.

KOMPETENSI KUNCI :

NOKOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INITINGKAT

1.Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi1

2.Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi1

3.Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas1

4.Bekerja dengan orang lain dan kelompok1

5Menggunakan Ide dan Teknik Matimatika1

6.Memecahkan masalah1

7Menggunakan teknologi1

B. Unit Kompetensi Prasyarat

Dalam mengikuti pelatihan unit kompetensi Melakukan Prosedur Diagnosis ini peserta tidak dipersyarat dengan unit kompetensi lainnya

C. Silabus Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK)

Judul Unit Kompetensi:Menggunakan dan Memelihara Alat UkurKode Unit Kompetensi:OTO.SM01.006.01Deskripsi Unit Kompetensi: Unit ini mengidentifikasi kompetensi yang dibutuhkan untuk mengukur suatu perlengkapan, komponen atau bagian-bagian dengan menggunakan perlengkapan umum/tidak khusus, dan memelihara alat ukur untuk sepeda motor 2 langkah dan 4 langkah hingga ukuran 250 cc.Perkiraan Waktu Pelatihan: 16 Jp @ 45 MenitTabel Silabus Unit Kompetensi:

Elemen KompetensiKriteria Unjuk KerjaIndikator Unjuk KerjaMateri PelatihanPerkiraan Waktu Pelatihan

PengetahuanKeterampilanSikapPenge-tahuanKeteram-pilan

1. Mengukur dimensi dan variabel dengan meng gunakan perlengkapan yang sesuai1.1 Pengukuran dimensi dan variabel dilakukan tanpa menyebabkan kerusakan terhadap perlengkapan atau komponen lainnya.

Mampu menempatkan alat ukur yang akan dikerjakan pada tempat kerja yang aman

Dapat Menjelaskan Prinsip Kerja alat ukur yang digunakan untuk perbaikan sepeda motor Dapat menjelaskan komponen alat ukur Prinsip kerja alat ukur

Fungsi kerja alat ukur

Menempatkan kendaraan pada area kerja

Menentukan peralatan pemeriksaan sesuai masalah

48

1.2 Alat ukur dipilih yang sesuai Mampu memilih alat ukur sesuai dengan jenis kendaraan yang dikerjakan Dapat menjelaskan spesifikasi alat ukur sesuai buku pedoman pemeliharaan Harus melaksanakan pekerjaan pengukuran dengan mengikuti buku petunjuk pemeliharaan (manual book) Informasi Spesifikasi peralatan ukur sesuai buku petunjuk perbaikan kendaraan yang dikerjakan Memilih alat ukur sesuai buku petunjuk permeliharaan (Manual book) sesuai dengan kendaraan yang dikerjakan Melaksana kan pekerjaan pengukuran sesuai pekerjaa-nnya

1.3 Penggunaan teknik pengukuran yang sesuai dan hasilnya dicatat dengan benar. Mampu melakukan pengukuran sesuai buku petunjuk perbaikan kendaraan Mampu menjelaskan prosedur pengukuran dengan benar Harus melaksanakan pencatatan hasil pengukuran pada report Sheet

Prosedur penggunaan alat ukur Menggunakan alat ukur sesuai buku petunjuk permeliharaan (Manual book) sesuai dengan kendaraan yang dikerjakan Melaksana kan pekerj