Organisasi & Arsitektur Komputer

of 20/20
NAMA KELOMPOK : 1. Ananda Putri Basuki (2) 2. Dewi Larasati (9) 3. Isna Maeswari (22) 4. Nur Aini Budiati (28) 5. Tania Sekar Ayu (33) 6. Zulfa Febriana Dewi Millenia (36)
  • date post

    16-Apr-2017
  • Category

    Technology

  • view

    357
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of Organisasi & Arsitektur Komputer

Slide 1

NAMA KELOMPOK :Ananda Putri Basuki(2)Dewi Larasati(9)Isna Maeswari(22)Nur Aini Budiati(28)Tania Sekar Ayu(33)Zulfa Febriana Dewi Millenia(36)

ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER

PengertianArsitektur komputermempelajari atribut atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi, aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.Organisasi komputermempelajari bagian yang terkait dengan unitunit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.

Perbedaan arsitektur & organisasi komputerArsitektur komputerTerkait perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O.

Organisasi komputerterkait erat dengan unit unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnyaContoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal sinyal kontrol.

Struktur dan fungsiStruktur Struktur adalah sistem yang berinteraksi dengan cara tertentu dengan dunia luar.Fungsi Fungsi adalah operasi dari masing-masing komponen yang merupakan bagian dari struktur.

Fungsi dari komputer :

1. Fungsi operasi pengolahan data2. Fungsi operasi penyimpanan data3. Fungsi operasi pemindahan data4. Fungsi operasi kontrol

Unit Fungsional Dasar Komputer

Ada 5 unit fungsional dasar dari komputer:InputMemoriArithmetic dan logic ControlOutput

Inputditerima dari informasi yang diberikan pengguna melalui alat-alat input, misalnya keyboard dan mouse. Informasi ini lalu disimpan dalammemorikomputer untuk penggunaan berikutnya atau proses selanjutnya yang dilakukan oleharithmetic dan logic (ALU)atau bagian dari prosesor, untuk mendapatkan pengolahan yang diinginkan. Lalu, hasil pengolahan ini dikirim balik ke pengguna dengan alatoutput, seperti monitor dan speaker. Semua proses di atas dikoordinasi olehunit kontrol.

STRUKTUR KOMPUTER-TOP LEVEL

- CPU, berfungsi sebagai pusat pemroses/ unit pengolah utama.- Main Memori : untuk menyimpan data, program-program yang sedang berjalan dan melaksanakan instruksi-instruksi.- Systems Interconnection : unit pengontrol antara perangkat yang saling berhubungan.- Input/ Output : untuk berinteraksi dengan lingkungan luar dan melakukan hubungan dengan peripheral (perangkat tambahan)

Struktur CPU

Struktur CPU dan masing-masing fungsi- Input/ Output : untuk berinteraksi dengan lingkungan luar dan melakukan hubungan dengan peripheral (perangkat tambahan.- System Bus, berfungsi menghubungkan komponen internal dan bus bus eksternal CPU.- CPU, berfungsi sebagai pusat pemroses/ unit pengolah utama.- Memori, sebagai media penyimpan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data.

Strutur kontrol unit

Skema Arsitektur Von Neumann

Konsep Dasar Operasi Komputer

Konsep Dasar Operasi Komputer

Arsitektur Mesin Von Neumann Arsitektur Von Neumann Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini. Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, bus.

SOALSiapa penemu arsitektur von Neumann ?a. Albert Einsteinb. John von Neumann c. Van Houttend. Von Koeningswalde. Alexander Geraham Bell

2. Sebutkan macam-macam struktur CPU !a. Hardisk dan Power Supplyb. RAM, Floppy Disk, SATAc. UTP , System bus , CPU d. Input/ Output, System Bus, CPU, Memorie. Harddisk , UTP , CD

3. Perhatikan data dibawah ini :1. keyboard2. mouse3. touchpad4. speaker5. lightpenDari data di atas yang termasuk alat input adalah:a. 1,2,3,4b. 2,3,4,5c. 1,2,3,5d. 1,3,4,5e. Semua benar

4. Salah satu fungsi dari komputer adalah... a.Fungsi Kuadrat b.Fungsi Penyimpan Data c.Fungsi Pengolah Surat d.Fungsi Control Panel e.Fungsi Pemindah Barang

5. Yang merupakan Fungsional Dasar Komputer dibawah ini adalah... a.Microsoft Word b.Harddisk c.Memori d.Sistem Operasi e.Control+A