obelisk Ichikawa Batas Waktu Liga Arab - ftp.unpad.ac.id Desember l bbc | history | Tim Riset MI...

download obelisk Ichikawa Batas Waktu Liga Arab - ftp.unpad.ac.id Desember l bbc | history | Tim Riset MI SELASA,

of 1

  • date post

    27-Mar-2019
  • Category

    Documents

  • view

    212
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of obelisk Ichikawa Batas Waktu Liga Arab - ftp.unpad.ac.id Desember l bbc | history | Tim Riset MI...

1884: Monumen Washington SelesaiMONUMEN Washington berbentuk obelisk dan berada di tengah kawasan National Mall di ibu kota Amerika Serikat, Washington DC. Monumen itu didirikan untuk mengenang Presiden pertama Amerika Serikat, George Washington, yang merebut kemerdekaan Amerika Serikat dari Inggris.

Monumen Washington terbuat dari marmer, granit, dan batu pasir, yang didesain oleh Robert Mills, salah satu arsitek terkenal Amerika Serikat. Pembangunan monumen itu dimulai pada 1848 dan baru selesai pada 1884,

hampir 30 tahun setelah Robert Mills meninggal dunia. Peletakan batu pertama dilakukan pada 4 Juli 1848 dan batu

terakhir pada 6 Desember 1884. Setelah pembangunan selesai, monumen dengan tinggi 169 meter itu memegang rekor dunia untuk bangunan tertinggi di dunia pada saat itu.

Sebagai presiden pertama, Washington membentuk lembaga presiden dan berhubungan dengan lembaga-lembaga pemerintahan lainnya. Yang dilakukannya itu menjadi preseden baik yang diikuti presiden-presiden berikutnya.

Perbuatannya menolak menjabat raja walaupun didesak pasukannya, menolak gaji, dan menolak menjabat presiden lebih dari dua kali masa jabatan, walaupun didesak politisi lain masa itu, telah memberi teladan yang dikagumi rakyat Amerika Serikat.

Kekaguman rakyat terhadap Washington itulah yang menjadi inspirasi untuk mendirikan sebuah monumen.

1917: Pelabuhan Halifax Meledak

PADA pukul 09.05 waktu setempat terjadi ledakan di Pelabuhan Halifax Nova Scotia, Kanada. Ledakan yang hampir bisa disamakan dengan ledakan atom ini terjadi ketika Mont Blanc, kapal amunisi Prancis, meledak 20 menit sesudah bertubrukan dengan armada lain.

Ketika Perang Dunia I berkecamuk di Eropa, Kota Pelabuhan Halifax dipenuhi dengan kapal yang membawa tentara, persediaan obat, dan amunisi.

Pada pagi hari itu, armada Norwegia, Imo, melepas penambatnya untuk berangkat menuju New York.

Pada saat yang bersamaan, Mont Blanc sedang melakukan pemuatan yang diisi dengan bahan peledak (2.300 ton asam picric, 200 ton TNT, 35 ton bensin beroktan tinggi, dan 10 ton kapas senapan). Tepat pukul 08.45, kedua kapal bertabrakan dan menyebabkan tersulutnya asam picric.

Mont Blanc terlempar ke tepi laut karena tabrakan tadi. Awak kapal segera menyelamatkan diri untuk memberi tahu bahaya yang akan terjadi, tetapi mereka gagal. Ledakan besar tersebut menewaskan lebih dari 1.800 orang dan melukai 9.000 lainnya, termasuk 200 orang yang buta karena kilauan ledakan.

Ledakan juga memusnahkan hampir seluruh bagian utara Kota Pelabuhan Halifax dengan jumlah rumah lebih dari 1.600. Gelombang ledakan menghancurkan kaca jendela sejauh 80,45 kilometer, dan suaranya bisa didengar ratusan kilometer dari Halifax.

6 Desember l bbc | history | Tim Riset MI

SELASA, 6 DESEMBER 2011 13JAGATON THIS DAY

SEBUAH tabrakan beruntun yang melibatkan 14 mobil sport supermewah di Jepang tam-paknya akan menjadi satu ke-celakaan termahal sepanjang sejarah.

Tak kurang, ada delapan Ferrari, dua Mercedes-Benz, sebuah Lamborghini Diablo, serta supercar Jepang Nissan GT-R Skyline dan Toyota Prius, yang ringsek akibat tabrakan beruntun itu.

Kepolisian mengatakan pe-ristiwa itu terjadi saat kon-voi 14 mobil tersebut melesat pada tikungan di Prefektur Osaka. Konvoi kendaraan itu rencananya melakukan perja-lanan dari Hiroshima menuju Kyushu.

Kecelakaan yang terjadi pada pukul 10.15 waktu setempat itu diduga disebabkan salah satu pengemudi konvoi mobil me-wah itu, yakni pengemudi Fer-

rari. Pengemudi hilang kendali saat mencoba menyalip karena kondisi jalan basah.

Pengemudi Ferrari itu pun menabrak pembatas jalan dan berputar. Tak pelak, mobil lain dalam rombongan itu terkena dampaknya dan bertabrak an ketika mencoba untuk meng-hindar. Kerugian akibat tabrak-an itu diperkirakan mencapai jutaan dolar Amerika.

Sebuah Ferrari 355 yang ber harga ratusan ribu dolar Amerika, misalnya, menga-

lami kerusakan cukup parah. Mobil Ferrari lain yang ikut hancur ialah F512, F355, F430, dan F360.

Video kecelakaan yang di-siarkan jaringan nasional NTV menunjukkan beberapa mobil hancur.

Namun, kepolisian Prefektur Yamaguchi mengungkapkan, dalam kecelakaan itu tidak ada korban meninggal ataupun luka serius. Hanya 10 orang yang dirawat akibat luka memar. (*/AP/The Telegraph/*/I-3)

14 Mobil Sport Bertabrakan

Tokyo, Jepang13.43 WIB

SURIAH mengabaikan an-caman Liga Arab untuk memenuhi tenggat yang diberikan untuk mengizinkan masuknya para pemantau dari Liga Arab, Minggu (4/12). Atas tindakan tersebut, Liga Arab masih terus merunding-kan sanksi lebih lanjut.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Suriah, Jihad Makdissi, mengisyaratkan pihaknya siap bersedia mematuhi rencana Liga Arab. Namun, Suriah ma sih memerlukan negosiasi dalam hal tertentu.

Suriah dan Liga Arab masih menjalin komunikasi untuk mencapai visi tertentu, yang

akan memfasilitasi misi peng-amat di Suriah, sambil menjaga kepentingan dan kedaulatan Suriah, kata Jihad, di Damas-kus, kemarin.

Saat ditanya penegasannya tentang ada atau tidaknya ke-putusan itu, dia mengaku baru bisa memastikan perincian res p ons, Senin (5/12) waktu se tempat. Jika ada niat baik, jalan menuju penandatanganan kesepakatan akan terbuka.

Seorang juru bicara Kemen-terian Luar Negeri Suriah meng ungkapkan beberapa ke majuan telah dibuat. Na-mun, pemerintah Suriah tidak mengumumkan secara resmi

apakah pihaknya akan menan-datangani kesepakatan tersebut atau tidak.

Batas waktu Minggu (4/12) sebenarnya merupakan peng-un duran, setelah tenggat 25 November lalu juga tidak dires-pons Presiden Suriah Bashar al-Assad. Sebelum tanggal ter sebut, Liga Arab meminta Su riah mengizinkan pengamat untuk melakukan pemantauan dan melaksanakan gencatan senjata.

Langkah tersebut termasuk sanksi pelarangan transaksi bank sentral Suriah dan pembe-kuan aset pemerintah Suriah.

Pada pertemuan Sabtu (3/12),

Liga Arab menyetujui usulan cekal terhadap 19 pejabat Su-riah, di antaranya terhadap adik Presiden Suriah, Maher Assad, yang diyakini berada di balik tindakan kekerasan, serta beberapa menteri kabinet, kepala intelijen, dan petugas keamanan. Daftar itu tidak ter-masuk sang presiden.

Sanksi internasional telah menjadikan rezim Assad sema-kin terisolasi.

Para menteri Liga Arab telah bertemu untuk bekerja di luar penegakan paket sanksi yang ada. Mereka juga mengeluar-kan ancaman mendorong keter-libatan PBB. (AP/Reuters/I-3)

Suriah Abaikan Batas Waktu Liga Arab

Beirut, Libanon00.43 WIB

MOBIL MEWAH: Petugas kepolisian tengah menginvestigasi sejumlah mobil mewah dalam kecelakaan lalu lintas di Chufoku Expressway, Shimonoseki, barat laut wilayah Jepang, Minggu (4/12).

PERDANA Menteri (PM) Je-pang Yoshihiko Noda tetap mem pertahankan Menteri Per-tahanan Yasuo Ichikawa.

Pa da hal, desakan mundur dan mosi tidak percaya parle-men terhadap Ichikawa sema-kin menguat akibat pernyataan-nya yang mendukung relokasi pang kalan militer Amerika Se-rikat (AS) di Okinawa, Jepang.

Tidak ada jalan untuk mem-bela (komentar resmi itu). Saya ingin menyampaikan permin-taan maaf dari lubuk hati yang paling dalam. Sedangkan, un-tuk Menteri Ichikawa, saya ingin dia meluruskan (masalah ini) dan menunaikan tugas-nya, ujar Noda kepada Parle-men Jepang, kemarin.

Pilihan mempertahankan menterinya itu, kata Noda, me-mang dilematis.

Dengan mempertahankan Ichikawa, pemerintahan Noda akan semakin dijauhi oposi si dalam upaya meloloskan ren-cana peningkatan pajak pen-jualan demi sistem jaminan so sial. (Reuters/*/I-3)

PM JepangPertahankan Ichikawa

Tokyo14.10 WIB

VIETNAM tengah mencari ban-tuan dana sebesar US$500 juta dari sumber-sumber domes-tik dan internasional. Hal itu di lakukan untuk membantu membersihkan ranjau bom da rat yang belum meledak, si sa era Perang Dingin di nega-ranya.

Wakil Menteri Perburuhan Vietnam Bui Hong Linh menga-takan negaranya saat ini baru memiliki dana sekitar US$200 juta untuk membersihkan ta-nahnya dari ranjau bom di wilayah seluas 500 ribu hektare di 14 provinsi hingga 2015 atau 7,6% dari keseluruhan wilayah yang terdapat ranjau bom.

Vietnam telah meluncurkan program aksi UXO (unexploded ordnance) pada 2010 untuk me-ningkatkan kesadaran akan bahaya ranjau.

Pasalnya, sebagian besar korban ranjau ialah anak-anak dan pekerja.

Vietnam pun menerap-kan teknologi terbaru dalam program tersebut demi me-ngurangi kecelakaan. Para ahli memperkirakan, untuk member sihkan bom dan ran-jau yang belum meledak di seperlima luas total Vietnam, dibutuhkan waktu ratusan ta-hun. (Reuters/*/I-3)

US$500 Juta untuk HapusRanjau Bom

Hanoi13.08 WIB

REUTERS/KYODO

AP/NATIONAL ARCHIVES OF CANADA VIA CANADIAN PRESS

AP/CHARLES DHARAPAK