New Microsoft Office Word Document

Click here to load reader

  • date post

    16-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    118
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of New Microsoft Office Word Document

RINGKASAN BUKU

BAHASA INDONESIA UNTUK SMA Kelas 2 ( semester 2 )DISUSUN OLEH : Roni juwansyah daeng siama ( nis : / no.urut : 5 / kelas XI.IPA3 )

PENERBIT ERLANGGA JL. H. Baping Raya No. 100 Ciracas, Jakarta 13740 e-mail: [email protected] ( Anggota IKAP )

BAB 11 ILMU PENGETAHUAN.Ilmu pengetahuan berkembang melalui penelitian ilmiah yang di lakukan terusmenerus. Salah satu hasil penelitian ialah teknologi. Hasil akhir dari teknologi ialah meningkatkan mutu hidup manusia dan membuat hidup manusia lebih aman dan nyaman.

A. Membaca dan memahami informasi temuan teknologi. OLPC (Laptop untuk Anak)

One Laptop Per Child (satu laptop untuk setiap anak) (disingkat OLPC) atau The Childrens Machine atau XO-1 atau Laptop $100 adalah sebuah program penyediaan laptop dengan harga terjangkau untuk anak-anak di seluruh dunia, khususnya anakanak di negara berkembang, dengan harapan bahwa mereka dapat mengakses pengetahuan dan pendidikan modern. Laptopnya sendiri akan berupa komputer mini yang membutuhkan tenaga sangat minim, menggunakan flash memory menggantikan hardisk, serta menggunakan linux sebagai sistem operasinya. Laptop ini telah dirilis pada tahun 2006.

B. Menulis laporan hasil pengamatan dan percobaan.untuk menulis laporan kamu, kamu harus memprgunakan bahasa indonesia dengan benar dan baik. Kamu harus memperhatikan pilihan kata, penyusun kalimat, dan pengembangan paragraf. Pilihan kata untuk menulis laporan harus kata-kata yang sederhana dan kata-kata khusus. Kalimat pun tidak boleh panjang-panjang; cukup induk kalimat dan satu anak kalimat. Untuk menulis laporan hasil pengamatan, kamu mempergunakan gaya jurnalistik denganbertanya siapa, di mana, kapan, apa, mengapa, dan bagai mana. Misalnya, kamu mengamati seseorang penjual buah-buahan di pasar. Runtun laporan hasil pengamatan kamu adalah sebagai berikut:

Siapa: laki-laki atau perempuan, berapa umurnya, warna kulitnya, potongan rambutnya, dan sebagainya. (kamu harus mendeskripsikan orangnya). Di mana: kamu harus mendeskripsikan tentang keadaan tempat jualan buahbuahan: luasnya, keadaan sekelilinya, apa saja yang terdapat di sana, dan seterusnya. Kapan: kamu haru menceritakan waktu di mana terjadi pengamatan itu: pagi, siang, sore keadaan cuaca. Apa: kamu harus menceritakan apa yang kamu amati dari penjual buah tersebut: gerak-geriknya, tingkah lakunya, dan bahasa apa yang dia gunakan. Mengapa: kamu harus menjelaskan mengapa kamu tertarik untuk mengamati orang itu. Bagai mana: bagai mana reaksi orang lain terhadap penjual buah: menawar, langsung membeli, meninggalkan penjual buah itu, dan seterusnya. Kamu tidak boleh memberikan kesimpulan. Kamu hanya melaporkan apa adanya.

C. Memahami dan menggunakan prefiks (awalan) yang bermakna ambigu: pe- dan per-.Contoh prefiks (awalan) : a) Meyetakan orang yang mempunyai kebiasaan: Pe: pemabuk > orang yang mempunyai kebiassan mabuk. Perokok > orang yang mempunyai kebiasaan merokok.

b) Menyatakan orang yang mempunyai sifat. Periang > orang yang mempunyai sifat riang Pemberani > orang yang mempunyai sifat pemberani.

c) Menyatakan orang yang bekerja di suatu tempat. Pelaut > orang yang bekerja di laut.

(agak berbeda dengan orang berprofesi...)

D. Membaca cuplikan novel dan mendiskusikan pesan dan informasi budaya di dalamnya. E. Membaca dan membahas surat Niaga: surat perkenalan, surat permintaan penawaran, dan penawaran.Dalamdunia perniaga, transaksi umumnya terjadi setelah pembeli dan penjual menempuh suatu prosedur bisnis. Proses yang paling awal dari prosedur bisnis tersebut adalah terjadinya perkenalan antara penjual dan calon penmbeli. Surat perkenalan merupakan surat dari penjual kepada calon pembeli. Surat tersebut berisi informasi tentang perusahaan penjual agar diketahui oleh calon pembeli. Penjual berharap agar

CONTOH SURAT PERKENALAN USAHACV AGUNG JAYA DISTRIBUTOR BUKU DAN ALAT - ALAT TULIS JL. Panorama no. 34, Jakarta - telp. 53574065 ____________________________________________________________ 10 Februari 2010 No. : 23/A.1/II/2010 Lamp. : Hal : Perkenalan Usaha Kepada Yth. Kepala SMK Widya Bakti J l. Suryo Pranoto no. 54 Jakarta Pusat Dengan hormat, Dalam rangka menunjang kelancaran penyediaan kebutuhan buku pelajaran dan alat tulis kantor di lingkungan lembaga pendidikan formal maupun non formal. Dengan ini kami memperkenalkan diri bahwa kami adalah perusahaan yang bergerak dibidang penyaluran buku - buku pelajaran dari berbagai penerbit serta alat tulis kebutuhan sekolah. Hingga saat ini telah melayani 200 sekolah di berbagai kota di P. Jawa baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Dalam kesempatan ini kami mencoba kemungkinan di masa yang akan datang dapat membantu menyediakan pasokan buku buku pelajaran, buku tulis, dan alat - alat tulis kebutuhan sekolah yang Bapak pimpin. Adapun untuk harga dan layanan penjualan dan purna jual akan tetap kami jamin dengan memuaskan. Demikian perkenalan kami dan untuk di masa yang akan datang kami berharap dapat membantu penyediaan kebutuhan buku pelajaran dan alat tulis. Atas perhatian Bapak kami ucapka terima kasih. Hormat kami, Direktur

Bejo Suprayogi

Contoh Surat Permintaan PenawaranYogyakarta, 14 Juni 2011 No. : 345/ADM-PB/VI/2011 Hal : Permintaan Penawaran Kepada Yth. : Pimpinan PT. Surya Abadi Jl. Turangga 18A-B Jakarta Selatan Dengan Hormat, Brdasarkan informasi yang kami terima dari rekanan kami, PT. Berdikari Sentosa (CIP: Bapak Arifin) bahwa PT. Surya Abadi menyediakan berbagai macam cat untuk luar ruangan beserta bahan pendukungnya. Kami dari PT. Anugrah Semesta yang bergerak di bidang produsen pagar aluminium dan besi dengan target pasar ekspor ke Eropa dan Australia adalah pemakai tetap produk cat luar ruangan dengan pemakaian rata-rata 700 liter cat sebulan. Oleh karena itu, dengan surat ini kami mengajukan permohonan penawaran produk dari PT. Surya Abadi berupa :1. 2. 3. 4. Cat luar ruangan jenis PU Dempul grey dengan daya koreksi rata dan tahan terhadap suhu diatas 100 decel Epoxy yang bisa diaplikasikan dengan cat PU Clear coat yang tahan gores dan bisa tahan di suhu diatas 100 decel

Demikian Surat Permohonan Penawaran ini kami buat, atas tanggapan serta kerjasama yang baik kami ucapkan banyak terima kasih. Hormat kami, PT. Anugrah Semesta

Ir. Aidil Setiawan (Purchase Dept.)

BAB 12 DUNIA MUSIK.A. Membaca karangan argumentasi.

ArgumentasiKarangan ini bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat/kesimpulan dengan data/fakta sebagai alasan/bukti. Dalam argumentasi pengarang mengharapkan

pembenaran pendapatnya dari pembaca. Adanya unsur opini dan data, juga fakta atau alasan sebagai penyokong opini tersebut. Langkah menyusun argumentasi: 1. 2. 3. 4. 5. Menentukan topik/tema Menetapkan tujuan Mengumpulkan data dari berbagai sumber Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih Mengembangkan kerangka menjadi karangan argumentasi

Contoh tema/topik yang tepat untuk argumentasi:

Disiplin kunci sukses berwirausaha, Teknologi komunikasi harus segera dikuasai, Sekolah Menengah Kejuruan sebagai aset bangsa yang potensial.

Contoh karangan argumentasi pada umumnya: Jiwa kepahlawanan harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan karena dengan jiwa kepahlawanan. Pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur, berjiwa besar, bertanggung jawab, berdedikasi, loyal, tangguh, dan cinta terhadap sesama. Semua sifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.

B. Menyampaikan gagasan, pandangan, atay pengalaman ke dalam karangan argumentasi.Gagasan adalah hasil pemikiran seseorang tentang suatu hal. Jika orang lain menanggapi gagasan tersebut, maka timbullah pendapat: sedangkan pengalaman adalah sesuatu yang sungguh-sungguh dialami seseorang.

C. Menyampaikan gagasan, pendapat, atau pengalaman tentang suatu hal dengan menggunakan pola pengambangan kompleksitas (sederhana ke rumit).Setiap karangan disusun dengan menggunakan pola pengembangan tertentu. Ada yang dimulai dengan hal-hal yang sederhana (simpel), lalu ke hal yang sulit(kompleks). Ada juga yang di kembangkan sebaliknya: dari yang kompleks ke sederhana.

D. Memerankan drama dan membahas kesesuaian pemeranan.Drama merupakan salah satu bentuk karya sastra. Dalam drama, penulis ingin menyampaikan pesan melalui akting dan dialog. Biasanya drama menampilkan sesuatu hal yang biasa terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Sehingga para penonton diajak untuk seolah-olah ikut menyaksikan dan merasakan kehidupan dan kejadian dalam masyarakat.

Kamu bisa-bahkan mungkin sudah pernah-mengngubah sebuah novel atau cerpen menjadi sebuah naskah drama. Sekarag ini banyak film, baik dalam bentuk sinetron maupun dalam bentuk film lepas, yang di angkat dari novel. Sebut saja, misalnya, sinetron Mahligai di atas pasir yang di angkat dari karya Mira W.

E. Membaca dan membahas surat niaga: surat perjanjian beli untuk berbagai keperluan.Dalam aturan niaga, transaksi bisnis antara para pihak kadang-kadang perlu di jamin agar hal-hal yang dapat merugikan salah satu pihak tidak akan terjadi. Untuk menjamin hal itu orang saling mengadakan perjanjian. Perjanjian dapat di buat secara lisan dan tertulis. Perjanjian tertulis biasanya dibuat dalam bentuk surat perjanjian, yaitu surat persepakatan mengenai hak dan kewajiban tiap-tiap pihak yang saling mengikatkan diri untuk berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu. Selain mencantumkan persetujuan mengenai batas-batas hak dan kewajiban tiap-tiap pihak.

Contoh: Surat Perjanjian Jual BeliYang bertanda tangan di bawah ini: 1. Nama: dr.Karyanto Pekerjaan: Dokter Alamat: Jalan jen.Urip Sumoharjo no.16 Gintung kidul, selanjutnya disebut pihak pertama, sebagai penjual. 2. Nama: Dydo, S.Pd Pekerjaan: Guru Alamat: Jalan Merdeka no.