New edisi kedua 2014

16
Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan Edisi II Tahun 2014 Mahasiswa Victoria University Praktik Mengajar di Yogyakarta Sementara itu, TK dan SD Model Kabupaten Sleman menjadi laboratorium mengajar untuk Rachael Higgs, Jessica Ingram (Pendidikan Anak Usia Dini/Pendidikan Sekolah Dasar) dan Mia Carlton (pendidikan jasmani dan kesejahteraan). Di tingkat sekolah menengah atas, Ghalia Abdullatif (Sejarah dan Bahasa Inggris) dan Mariam Latif (sastra Inggris dan Kesehatan) mengajar bahasa Inggris di SMAN 9 Yogyakarta. Selain itu, Madeleine Connop yang memiliki spesialisasi kesehatan dan humaniora mengajar IPS di sekolah tersebut. Selama praktik mengajar, mahasiswa menyusun rencana pembelajaran dalam kurikulum 2013. Dengan menerapkan ilmu dari negara asal, mahasiswa juga menggunakan teknologi pendidikan dan metode pengajaran efektif selama di kelas. “Melalui kegiatan ini, kami berharap Indonesia dan Australia memahami satu sama lain tentang sosial budaya dan proses pendidikan dari kedua negara,” ungkap Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M. Ed., Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidikan (LPPMP) UNY. (febi) ua belas mahasiswa dari Victoria University mengajar selama 2 minggu di sekolah- Dsekolah sekitar DIY, dari TK hingga SMA. Mahasiswa program Pendidikan semester 4 hingga semester 8 dari berbagai spesialiasasi ini berparaktik mengajar selama dua minggu di Indonesia. Di minggu pertama (28-31/5/2014), mahasiswa berobservasi di kelas yang akan mereka ajar. Di minggu kedua (24- 28/5/2014), mereka melakukan praktik mengajar. “Mahasiswa kami sangat antusias mengajar di sini. Kami mengucapkan terima kasih kepada UNY yang telah menghubungkan Victoria University dan sekolah-sekolah di Yogyakarta,” Ungkap Dr. Mark Vicars, Dosen pembimbing dari Victoria University. Adalah Adam Devenish (Musik dan Bahasa Inggris), Sonia Wilson (Seni Kreatif dan Drama) dan Jessica Boucher (Pendidikan jasmani dan kesehatan) yang mengajar di SD N Percobaan 2 Depok. Adam dan Sonia mengajar musik dan tari sedangkan Jessica mengajar di mata pelajaran penjaskes. Tyran Dillon (Bahasa Inggris, Studi Masyarakat dan Lingkungan), Nicole McInerney dan Denay Rose Mitsios (Pendidikan Anak Usia Dini) mengajar penjaskes di SD N Giwangan. Siswa-siswa antusias menyambut kedatangan dua Mahasiswa Victoria yang praktik mengajar selama 2 minggu di TK-SD Model Kabupaten Sleman. Jessica Boucher, mahasiswa PPL Victoria University, memandu siswa mengerja- kan tugas saat pelajaran Bahasa Inggris di SD N Percobaan 2. Dok.KUIK Dok.KUIK UNY Jalin Kerjasama dengan 6 Universitas Amerika Serikat baca di hal. 15 Sosialisasi Rencana Strategis UNY tahun 2015-2019 baca di hal. 5

description

KUIK Newsletter Edisi Kedua 2014

Transcript of New edisi kedua 2014

Page 1: New edisi kedua 2014

Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan Edisi II Tahun 2014

Mahasiswa Victoria University Praktik Mengajar di Yogyakarta Sementara itu, TK dan SD Model Kabupaten Sleman menjadi laboratorium mengajar untuk Rachael Higgs, Jessica Ingram (Pendidikan Anak Usia Dini/Pendidikan Sekolah Dasar) dan Mia Carlton (pendidikan jasmani dan kesejahteraan). Di tingkat sekolah menengah atas, Ghalia Abdullatif (Sejarah dan Bahasa Inggris) dan Mariam Latif (sastra Inggris dan Kesehatan) mengajar bahasa Inggris di SMAN 9 Yogyakarta. Selain itu, Madeleine Connop yang memiliki spesialisasi kesehatan dan humaniora mengajar IPS di sekolah tersebut. Selama praktik mengajar, mahasiswa menyusun rencana pembelajaran dalam kurikulum 2013. Dengan menerapkan ilmu dari negara asal, mahasiswa juga menggunakan teknologi pendidikan dan metode pengajaran efektif selama di kelas. “Melalui kegiatan ini, kami berharap Indonesia dan Australia memahami satu sama lain tentang sosial budaya dan proses pendidikan dari kedua negara,” ungkap Prof. Dr. Wawan Sundawan S u h e r m a n , M . E d . , K e t u a L e m b a g a Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidikan

(LPPMP) UNY. (febi)

ua belas mahasiswa dari Victoria University mengajar selama 2 minggu di sekolah-Dsekolah sekitar DIY, dari TK hingga SMA.

Mahasiswa program Pendidikan semester 4 hingga semester 8 dari berbagai spesialiasasi ini berparaktik mengajar selama dua minggu di Indonesia. Di minggu pertama (28-31/5/2014), mahasiswa berobservasi di kelas yang akan mereka ajar. Di minggu kedua (24-28/5/2014), mereka melakukan praktik mengajar. “Mahasiswa kami sangat antusias mengajar di sini. Kami mengucapkan terima kasih kepada UNY yang telah menghubungkan Victoria University dan sekolah-sekolah di Yogyakarta,” Ungkap Dr. Mark Vicars, Dosen pembimbing dari Victoria University. Adalah Adam Devenish (Musik dan Bahasa Inggris), Sonia Wilson (Seni Kreatif dan Drama) dan Jessica Boucher (Pendidikan jasmani dan kesehatan) yang mengajar di SD N Percobaan 2 Depok. Adam dan Sonia mengajar musik dan tari sedangkan Jessica mengajar di mata pelajaran penjaskes.Tyran Dillon (Bahasa Inggris, Studi Masyarakat dan Lingkungan), Nicole McInerney dan Denay Rose Mitsios (Pendidikan Anak Usia Dini) mengajar penjaskes di SD N Giwangan.

Siswa-siswa antusias menyambut kedatangan dua Mahasiswa Victoria yang praktik mengajar selama 2 minggu di TK-SD Model Kabupaten Sleman.

Jessica Boucher, mahasiswa PPL Victoria University, memandu siswa mengerja-kan tugas saat pelajaran Bahasa Inggris di SD N Percobaan 2.

Do

k.K

UIK

Do

k.K

UIK

UNY Jalin Kerjasama dengan 6 Universitas Amerika Serikat

baca di hal. 15

Sosialisasi Rencana Strategis UNY tahun 2015-2019

baca di hal. 5

Page 2: New edisi kedua 2014

Urusan Internasional dan KemitraanKUIK UNY2

Monitoring Mahasiswa Kerjasama UNY-Provinsi Sumatera Selatan

berakhir, atau pemberian beasiswa diperpanjang sampai dengan semester 9,” terang Dr. Suyanta. M.Si. “Efektivitas bimbingan menjadi kunci menyelesaikan skripsi,” imbuh Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd., M.M. menjelaskan solusi tentang masa studi. Karena itulah ia meminta mahasiswa agar aktif dalam berkomunikasi dengan dosen pembimbing. Menurut Dr. Suyanta, M.Si., proses seleksi yang lebih ketat juga sangat diperlukan. Pasalnya, persaingan antarmahasiswa di jurusan-jurusan favorit sangat kompetitif. “Calon penerima beasiswa pun harus mempunyai dasar ilmu yang relevan dengan program studi yang dipilih, mengingat tingkat kesulitan materi perkuliahan yang akan dipelajari,” tambahnya. Di sisi lain, Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan bangga karena 3 dari 32 mahasiswa Kerjasama dapat lulus dalam waktu kurang dari empat tahun, bahkan di antaranya mendapatkan Indeks Prestasi Tertinggi pada wisuda periode 1 Maret 2014. Namun, 29 mahasiswa lain masih berjuang untuk menyelesaikan studinya dan menghadapi kendala-kendala penulisan tugas akhir. Hj. Meilia Rosani, S.H, M.H. terus menekankan pentingnya mahasiswa memperhatikan target masa studi, “Dengan batasan empat tahun menyelesaikan kuliah dan sebagai batas pemberian beasiswa, kami berharap hal itu dapat menjadi semangat bagi para mahasiswa lain untuk segera menyelesaikan studinya.” Ia berharap agar mahas i swa Ker jasama segera kembal i membangun daerahnya. Lulusan program kerjasama Sumatera Selatan ini akan mengabdi selama beberapa tahun di sekolah menengah kejuruan di provinsi pemilik ikon jembatan Ampera ini.(yla/febi)

Demi pencapaian target studi 4 tahun b a g i m a y o r i t a s m a h a s i s w a Kerjasama, proses seleksi yang lebih ketat dan efektivitas bimbingan tugas menjadi solusinya.

abu, 5 Maret 2014, Rombongan Seksi Pembinaan SMK Dinas Pendidikan RSumatera Selatan (Sumsel) melakukan

monitoring mahasiswa kerjasama di Ruang Rapat Senat Timur, Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta. Hj. Meilia Rosani, S.H., M.H., Kasi Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Sumsel, mengawali diskusi pada monitoring ini dengan menyampaikan permasalahan yang ditemui oleh mahasiswa selama studinya di UNY, yaitu penyelesaian studi, masa pemberian beasiswa, dan sistem perekrutan mahasiswa kerjasama dari Sumsel. Selain itu, topik diskusi adalahkesulitan-kesulitan yang ditemui mahasiswa terkait dengan penyelesaian tugas akhir, toleransi masa studi dari Dinas Pendidikan Sumsel, dan biaya pendidikan yang perlu ditambahkan dalam program beasiswa –selama ini belum mencakup biaya KKN-PPL, study tour, dan wisuda. Menanggapi hal tersebut, Dr. Suyanta, M.Si., Wakil Dekan I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, dan Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd., M.M., Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi, sepakat bahwa aturan yang mengharuskan mahasiswa harus kembali setelah empat tahun perlu dikaji ulang mengingat rata-rata mahasiwa UNY baru menyelesaikan studinya dalam waktu lebih dari empat tahun. “Sebaiknya, mahasiswa diperbolehkan menyelesaikan tugas akhirnya terlebih dahulu meskipun masa pemberian beasiswanya sudah

Prof. Dr. Moerdiyanto, M.Pd., M.M. menawarkan solusi tentang problematika mahasiswa kJrjasama di UNY.

Do

k.K

UIK

Page 3: New edisi kedua 2014

Students’ Sit-In dan Guest Lecturing Dosen Infrastructure University Kuala Lumpur di UNY

Sebanyak 2 dosen mendampingi 14 mahasiswa mengikuti rangkaian program sit-in yang berlangsung dari tanggal 18--22 Maret 2014.

Palaniandy juga memberikan kuliah mengenai penelitian di bidang pendidikan bertajuk Current Issues in Educational Research: Enhancing Classroom Dynamics di Program Pascasarjana UNY.

Dalam rangkaian program sit-in kali ini, para mahasiswa dari IUKL berkesempatan untuk mengunjungi obyek wisata candi Prambanan pada hari pertama kedatangan mereka di Yogyakarta. Setelah mengikuti kuliah di Fakultas Ekonomi, mahasiswa dan dosen pendamping dari IUKL mengunjungi Candi Borobudur dan Museum Merapi. Turut menghadiri acara ini, Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D., dan Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK), Dr.Ing-. Satoto E. Nayono, M.Eng., M.Sc. (yla)

niversitas Negeri Yogyakarta menyambut dosen dan mahasiswa dari Infrastructure UUniversity Kuala Lumpur dalam program Sit-

In di Fakultas Ekonomi kali ini. Pembukaan program ini berlangsung pada hari Rabu (9/03/2014) di Ruang Teater Museum Pendidikan Indonesia. Peserta program ini disambut oleh Dr. Sugiharsono, M. Si., Dekan Fakultas Ekonomi. Beliau mengucapkan selamat datang kepada peserta program sit-in serta memberikan sedikit gambaran mengenai rangkaian kegiatan sit-in di fakultas termuda di UNY ini. Pada hari Kamis, 20 Maret 2014, para mahasiswa mengikuti kuliah dalam bahasa Etika Bisnis, Pemasaran Internasional, Ekonomi Indonesia, Audit Manajemen, Komunikasi Bisnis, dan Strategi Belajar. Di samping itu, Associate Professor Dr. Seloamoney

Urusan Internasional dan Kemitraan KUIK UNY 3

Perhatian Bupati Malinau dalam Monitoring Mahasiswa Kerjasama

emerintah Malinau berkunjung ke Yogyakarta hari Senin, 24 Maret 2014 dalam rangka Pmonitoring mahasiswa Kerjasama dari

Kabupaten Malinau. Pemerintah Malinau yang datang adalah Bupati Malinau, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malinau beserta jajaran. Pihak UNY memberikan laporan keuangan dan laporan kemajuan belajar mahasiswa kerjasama asal Malinau selama di UNY. Salah satu hasil laporan menyebutkan bahwa 31 mahasiswa asal Malinau yang kuliah di UNY rata-rata memiliki IPK yang sangat memuaskan.

Selain itu, 5 mahasiswa asal Malinau yang berprestasi diberikan tambahan beasiswa untuk mendorong motivasi mereka dalam belajar. Dalam kesempatan ini Dr. Yansen. TP., M.Si., Bupati Malinau menyampaikan bahwa fokus beasiswa yang diberikan oleh Pihak Kabupaten Malinau adalah bidang pendidikan dan kesehatan yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat di Malinau.

Ia mengharapkan Beasiswa kerjasama pendidikan S1 ini dapat mendukung lulusan yang berilmu dan terampil di bidangnya. Dengan mempert imbangkan aspek-aspek tersebut mahasiswa Malinau diharapkan dapat menjadi mahasiswa yang berilmu, terampil serta dapat menyelesaikan studi tepat waktu atau bahkan lebih cepat dari waktu normal. Adapun pejabat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang hadir dalam acara tersebut adalah Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV, Wakil Dekan FIP, FMIPA, FIS, Kepala Biro Akademik, tiga Staf Ahli Wakil Rektor I, Kabid dan Sekbid Kemitraan Dalam Negeri serta jajaran pejabat UNY. Selain dihadiri pejabat dan mahasiswa UNY, mahasiswa POLTEKES Yogyakarta dan beberapa mahasiswa lainnya asal Malinau yang kuliah di Yogyakarta pun turut hadir. (aji)

Mahasiswa IUKL sempat mengikuti diskusi dengan ormawa se-FIS UNY selama sit in di FIS UNY.

Do

k.K

UIK

Mahasiswa Kerjasama Malinau bersama Bupati Malinau (tengah) dan Jajaran UNY

Do

k.K

UIK

Page 4: New edisi kedua 2014

Pembahasan Draf MoU antara UNY dan University of Auckland

Urusan Internasional dan KemitraanKUIK UNY4

degree dan sandwich, “Untuk program double degree, mahasiswa akan menghabiskan lebih banyak waktu di Selandia Baru.” “Dalam progran sandwich (studi dengan pembiayaan dari kedua institusi), mahasiswa akan mendapatkan ijazah dari pihak universitas di mana ia menempuh sebagian besar mata kuliah dalam studinya,” lanjutnya.

Selain membahas rencana program yang bersifat akademik, turut dipaparkan pula perihal akomodasi dan biaya hidup bagi mahasiswa yang nantinya belajar di Selandia Baru. Pihak University of Auckland pun juga menyambut baik usulan kerjasama dalam mengembangkan potensi dosen-dosen di UNY melalui program doktoral maupun short courses dan guest lecturing.

Selama ini, dosen-dosen yang hendak melanjutkan studi di jenjang S3 terkendala sulitnya mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) sebagai syarat pendaftaran beasiswa. Dengan kerjasama yang akan terjalin ini, University of Auckland dapat membuka jalan bagi para dosen untuk mengembangkan potensi akademiknya. (yla)

Senin pagi, (24/3/2014) di ruang rapat RKU, rektorat UNY, Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama didampingi oleh Direktur Program dan Asisten Direktur Pascasarjana, dan Kepala Bidang Kerjasama Luar Negeri KUIK, menerima kedatangan Dr. John Hope, Associate Dean International Programs, University of Auckland guna membahas MoU antara kedua universitas. UNY dan University of Auckland membahas butir-butir MoU yang terangkum dalam satu payung kerjasama, Joint International Programs. Program-program yang didiskusikan antara lain pertukaran mahasiswa dan Bidang yang menjadi prioritas University of Auckland , bidang budaya dan agama Islam. Selain itu, Dr. John Hope menawarkan program double

Tarian Poco-Poco Mahasiswa Internasional UNY Meriahkan Festival Kampung Emas “Dewi Sri” di Gunung Kidul

inggu (9/3/2014) Festival Kampung Emas “Dewi Sri” memberi nuasa kemeriahan di MDusun Plumbungan, Desa Putat, Kecamatan

Patuk, Kabupaten Gunungkidul. Festival ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Ikatan Alumni UNY (IKA UNY) dalam rangka dies natalis UNY ke-50. Mahasiswa internasional UNY dari 30 negara memeriahkan pesta rakyat ini dengan menampilkan tari poco-poco. tari khas Sulawesi Utara.

Bersemangat sekaligus lupa-lupa ingat, mahasiswa internasional didampingi tutor dan staf Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) menampilkan tarian tersebut di atas panggung. Setelah menunjukkan ke b o l e h a n n y a , p a r a m a h a s i s w a t e r s e b u t memperkenalkan diri dalam bahasa Indonesia kepada pengunjung yang hadir di pendopo desa Plumbungan.

Kehadiran mereka selama acara mendapat antusiasme dari masyarakat Kampung Emas. Sardiman AM, M.Pd., Ketua panitia kegiatan festival, pun mengungkapkan syukur dan terima kasih telah menjadikan Dusun Plumbungan sebagai bagian dari UNY. Kepedulian institusi pendidikan terhadap perkembangan daerah ini juga mendapat dukungan dari pemerintah kabupaten Gunung Kidul.

Sardiman berharap pengembangan kampung emas ini dapat mendorong masyarakat Plumbungan untuk membangun desanya.

Selainp penampilan mahasiswa asing, festival ini juga dimeriahkan dengan peragaan busana yang berhiaskan motif-motif flora dan fauna karya mahasiswa Fakultas Teknik serta penampilan tarian tradisional dari Fakultas Bahasa dan Seni UNY. (yla)

Bersemangat namun “lupa-lupa ingat”, mahasiswa internasional didampingi tutor dan staf Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan (KUIK) menampilkan tarian khas Sulawesi Utara di atas panggung Kampung Emas.

Pembahasan Draf MoU antara UNY dan University of Auckland menandai melebarnya sayap kerjasama UNY hingga kawasan Pasifik

WR IV Prof. Suwarsih Madya, Ph., d didampingi staf bidang Kemitraan Luar Negeri KUIK, dan Dr. John Hope membahas draf MoU antara UNY dan University of Auckland.

Do

k.K

UIK

Page 5: New edisi kedua 2014

Urusan Internasional dan Kemitraan KUIK UNY 5

Sosialisasi Rencana Strategis UNY tahun 2015-2019

membuka dir i dengan perubahan yang kemungkinan terjadi. Dalam penyampaian materi renstra, ketua tim penyusun Renstra UNY tahun 2015-2019, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. menceritakan proses penyusunan Renstra dimulai dari tahap pengumpulan data hingga sanctioning ini. Ia menceritakan tentang tantangan selama proses, misalnya ketidakuratan dan tidak teraturnya persebaran sumber informasi di UNY. Dalam sanctioning, pun para narasumber memperoleh kendala terbatasnya masukan yang diterima selama diskusi berlangsung.

Setelah melalui proses penyusunan yang panjang, akhirnya Renstra UNY 2015-2019 dapat diakses dan dipelajari warga UNY di uny.ac.id. Sosialiasi ini dihadiri oleh dewan senat, dewan pertimbangan, dewan pengawas, kepala biro, kepala lembaga, serta seluruh dekan, kepala jurusan dan ketua-ketua prodi di UNY. (yla)

“Renstra UNY 2015-2019 telah menggunakan acuan komprehensif dengan perspektif kontekstual dan pandangan jauh ke depan. Meskipun demikian Butir-butir Renstra bukan harga mati, karena tidak bisa dipungkiri setiap perubahan kemajuan biasanya per 35 hari,”, terang Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab, M. Pd., M. A.

“Program-program yang disusun diupayakan sesuai dengan kebutuhan. Pemenuhan kebutuhan tersebut diharapkan dapat memfasilitasi upaya pencapaian Visi UNY 2025.” Prof. Slamet P.H. MA., M.Ed., MLHR., Ph.D., salah satu narasumber dan penulis dari tim penyusun Renstra UNY, menekankan bahwa Renstra UNY pada dasarnya adalah dynamic planning, yang artinya fleksibel terhadap perubahan yang terjadi baik dalam kebijakan pemerintah, dunia teknologi dan ilmu pengetahuan. Untuk itu, Renstra UNY perlu diimplementasikan dengan kesadaran bersama dan gotong royong namun masih

Monitoring Mahasiswa Kerjasama UNY-Kabupaten Landak oleh Tim Pansus DPRD

Apui, S.I.P. selaku Koordinator Pansus DPRD kabupaten Landak dan diterima oleh Wakil Rektor I, III dan IV.

Klamen Apui, S.I.P. menuturkan bahwa tujuan kedatangan pansus kali ini ialah memonitor mahasiswa guna menjadi rekomendasi untuk kabupaten dan laporan perkembangan pelayanan keuangan dalam program kerjasama Kalbar-UNY. Masukan dari pihak UNY dan mahasiswa pun disambut dengan baik sehingga dapat menjadi pertimbangan untuk kelanjutan program kerjasama.

(Bersambung di hal. 6)

um'at, 23 Mei 2014, di Ruang Sidang utama Gedung Rektorat UNY, Jberlangsung Sosialisasi Rencana

Strategis (Renstra) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) tahun 2015-2019.

Setiap lima tahun sekali, UNY menyusun Renstra sebagai upaya yang didisiplinkan untuk membuat keputusan dan tindakan penting dalam institusi.

im pansus DPRD Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat mengunjungi TU N Y d a l a m ra n g ka m o n i to r i n g

mahasiswa kerjasama pada Jum'at (28/3/2014) di Ruang Rapat Senat Barat Rektorat UNY. 15 anggota tim pansus ini diketuai oleh Klamen

K e r j a s a m a a n t a r a U N Y d a n Kabupaten Landak Kalimantan Barat menjadi usaha bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Landak, dimulai dari penyiapan anak daerah sebagai calon guru terbaik di Kabupaten Landak.

telah menggunakan acuan komprehensif dengan perspektif kontekstual dan pandangan jauh ke depan,”

Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab

Renstra UNY 2015-2019

Tim Pansus DPRD Kabupaten Landak Kalbar dan UNY berdiskusi tentang perkembangan pendidikan anak nagari Landak di UNY.

Do

k.K

UIK

Page 6: New edisi kedua 2014

Urusan Internasional dan Kemitraan KUIK UNY 7Urusan Internasional dan KemitraanKUIK UNY6

Drs. Wardan Suyanto, M.A., Ed.D., Wakil Rektor yang menaungi bidang akademik, menyampaikan keprihatinan UNY terhadap kurangnya jumlah guru di kabupaten Landak. UNY memberikan alternatif pendampingan mahasiswa calon guru UNY untuk mengajar di sekolah-sekolah kabupaten Landak. Harapannya, mahasiswa sudah terkondisi dengan karakteristik siswa di kabupaten tersebut. Sementara itu, pada diskusi yang dipimpin oleh Prof. Suwarsih Madya, Ph.D., pembahasan difokuskan pada perkembangan studi mahasiswa dan sistem pendanaan.

Anggota pansus mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait waktu studi yang dipatok oleh pihak universitas. Laporan menyebutkan bahwa masih ada mahasiswa yang berkutat dengan kuliah dan tugas akhirnya walaupun program kerjasama ini telah selesai di tahun 2009.

Wakil Rektor IV,

(Sambungan hal. 5)

KUIK UNY Adakan Training Pembekalan LO dan Tutor bagi Mahasiswa

Wakil Rektor IV UNY, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. membuka acara dan menyampaikan materi tentang prinsip pergaulan internasional, dilanjutkan materi sharing project dan tugas LO oleh Ibu Anies Rohidayah. Setelah sholat Jumat, acara dilanjutkan dengan materi protokoler pelayanan tamu yang disampaikan oleh Ibu Rizka, S.H. dari tim protokoler UNY dan materi tentang wawasan sekilas Jogja oleh Retna Hidayah, Ph.D. Beliau menjelaskan bahwa budaya dibagi menjadi empat yaitu budaya high culture, budaya vernakular, budaya material dan immaterial. Kelanjutan dari training ini adalah tugas proyek, yakni peserta dibagi dalam tim dan diberi waktu dua minggu untuk mencari informasi terkait hal-hal tentang Yogyakarta, baik dari segi wisata, event tahunan Jogja, museum dan bangunan-bangunan kuno Jogja, urban, kesenian, kuliner Jogja, sejarah, akomodasi, transportasi dan jalur-jalurnya, kampus dan sekolah-sekolah, pasar-pasar Jogja, dan lain sebagainya. Hasil dari proyek ini nantinya akan dibuat buku modul yang akan digunakan sebagai buku pedoman seluruh LO yang ada di UNY. (alwan)

Mengenai hal itu, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. memberikan masukan tentang pentingya pendampingan mahasiswa dalam pengembangan keterampilan sosial dan bakat. Selain itu, pwelu ada pendampingan akademik bagi mahasiswa kerjasama untuk mengejar ketertinggalan. Di bidang kemahasiswaan, Wakil Rektor III, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Or., memberikan arahan bagi mahasiswa untuk mengikuti kegiatan organisasi dan megembangkan bakatnya. Pembahasan ber lanjut pada usaha pemerataan seleksi calon mahasiswa di wilayah kabupaten tersebut.

Sukirjo, M.Pd., Kepala Biro Akademik (BAKI) UNY, menanggapi usulan dari tim pansus dengan menggambarkan skema seleksi yang sebaiknya dilaksanakan di kabupaten Landak serta opsi skema pendanaan studi mahasiswa apabila kerjasama ini dilanjutkan. (yla)

umat (14/3/2014), Kantor Urusan International dan Kerjasama (KUIK) UNY mengadakan Jtraining pembekalan Liaison Officer (LO) dan

Tutor. Liaison Officer ini merupakan mahasiswa-mahasiswi yang dipersiapkan sebagai pemandu dan pendamping bagi tamu luar negeri yang berkunjung ke UNY. Sementara Tutor, merupakan LO yang memiliki peran tambahan sebagai tenaga pendamping belajar bahasa Indonesia bagi mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di UNY. Program Tutor ini sudah berjalan sejak tahun 2013, sedangkan untuk LO baru dimulai tahun ini yang diambil dari mahasiswa angkatan 2013 yang memiliki skor ProTEFL di atas nilai 500 .

Rizka, S. H membahas tentang protokoler pelayanan tamu kepada LO dan tutor.

Do

k.K

UIK

Page 7: New edisi kedua 2014

Road show Pendidikan: UNY Merangkul Tanah Madura

NY mengadakan road show pendidikan di Madura (29/3/2014). Pihak UNY merespon Uundangan Madrasah 'Aliyah (MA) Mambaul

Ulum Bata-bata, untuk penjajakan kerjasama dalam program seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNY. UNY kemudian berencana tidak hanya melakukan seleksi untuk siswa Mambaul Ulum Bata-Bata, namun juga untuk calon mahasiswa dari sekolah-sekolah lain. Dinas Pendidikan mendukung penuh rencana ini dengan mengundang para kepala sekolah dan guru BK untuk menghadiri sosialisasi PMB UNY di kantor Dinas Pendidikan Pamekasan.

Ketua PMB UNY, mempresentasikan profil UNY bersama Kabid kerjasama dalam negeri KUIK, Ch. Fajar Sriwahyuniati, M. Or dan dua staf bidang. “Selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan bupati (Pamekasan),” ungkap Drs. Muhammad Yusuf Suhartono, M. Si., Kepala Dinas Pendidikan Pamekasan. Pasalnya, pelaksanaan seleksi tersebut harus diawali dengan payung hukum MoU (Memorandum of Understanding) antara UNY dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan. Selain itu, Ponpes Mambaul Ulum Bata-bata juga menyampaikan usulan kerjasama kepada sekolah-

Drs. Rumpis Agus Sudarko, MS.,

sekolah binaan di Pamekasan untuk bersama-sama menyukseskan seleksi PMB UNY di Madura kelak. Saat hadir di Ponpes Mambaul Ulum Bata-bata, perwakilan UNY disambut dengan antusias oleh para siswa. Muzamil Imron, M. A, kepala Madrasah 'Aliyah ini, bercerita tentang Pondok Pesantren tertua di Pamekasan ini kepada pihak UNY. Ia pun menerangkan bahwa kebanyakan siswa cenderung berencana melanjutkan studi di Surabaya atau di Malang. “Dengan kedatangan pihak UNY di Madura, kami berharap siswa melebarkan referensi tujuan kota belajarnya, yakni di kota pendidikan Yogyakarta,” terangnya. Para siswa pun mengambil kesempatan ini untuk berinteraksi dengan pihak UNY demi mendapat informasi lebih lengkap, terutama tentang program studi dan beasiswa di kampus ini. (febi/aji)

Urusan Internasional dan Kemitraan KUIK UNY 7

Yayasan Pendidikan Vidya Dahana Patra, Kaltim berkunjung ke UNY

abu (3/4/2014), Yayasan Pendidikan Vidya Dahana Patra (YVPDP) yang Rmengelola pendidikan SD-SMP-SMA di

Kompleks PT Badak NGL, Bontang Kalimantan Timur, mengajukan permohonan kerjasama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penjajakan kerjasama yang diusulkan yaitu dalam program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pelatihan guru, rekrutmen tenaga pendidik dan kependidikan, pembinaan siswa, serta manajemen sekolah. Nuri Fathurohman yang mewakili yayasan ini diterima oleh Prof Suwarsih Madya, Ph.D, Wakil Rektor IV Bidang Pengembangan dan Kerjasama beserta Kabid Kerjasama Dalam Negeri Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUIK). Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. menyatakan bahwa UNY siap dengan program pendidikan guru maupun ilmu murni. Jika pihak yayasan ingin mengajukan usulan kerjasama, MoU

dapat disusun berdasarkan area kerjasama yang hendak dikembangkan. Dalam pertemuan ini, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. juga menekankan bahwa pendidikan baiknya tidak hanya di bidang akademik saja namun juga dalam hal pengembangan karakter, khususnya untuk meningkatkan empati mahasiswa maupun peserta didik pada lingkungan sekitar. (yla)

Do

k.K

UIK

Santri Mambaul Ulum Bata-bata mendengarkan presentasi tentang pendidikan di UNY.

WR IV Prof. Suwarsih Madya, Ph.D (tengah) bersama staf Kemitraan Dalam Negeri (kiri) dan Perwakilan dari Yayasan Pendidikan Vidya Dahana Patra (kanan)

Do

k.K

UIK

Page 8: New edisi kedua 2014

Urusan Internasional dan KemitraanKUIK UNY8

Menambah Wawasan Internasional di Universiti Malaya, Malaysia

peminat untuk mengadakan kerjasama. Dalam program sit in ini, mahasiswa mengikuti perkuliahan, kunjungan ke pusat kajian meteorologi UM, perpustakaan dan galeri seni, pengenalan jabatan geografi dan field trip ke kawasan Putrajaya dan Kuala Lumpur. Bersamaan dengan pelaksanaan program sit in ini,, UM mengadakan kolokium dengan tema isu global tentang perubahan iklim dan lingkungan. Mahasiswa UNY ikut ambil bagian dalam kolokium ini dengan mempresentasikan Geomorfologi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Gunung Merapi beserta aspek sosial budayanya. Program sit in diakhiridengan Hi-Tea dan Cultural Show dimana mahasiswa UNY unjuk kebolehan menampilkan seni budaya Indonesia. (yla)

rogram sit in di universitas yang ada di luar n e ge r i a d a l a h u s a h a u n i ve rs i ta s Pmemfasilitasi pengembangan wawasan

internasional mahasiswa. Oleh karena itu, UNY memberikan kesempatan kepada 10 mahasiswa terpilih untuk mengikuti program sit-in (11-21 Mei 2014) di Jabatan Geografi, Fakulti Sastera dan Sains Sosial, Universiti Malaya (UM), Kuala Lumpur, Malaysia. Kesepuluh mahasiswa ini didamping oleh Dr. Hastuti, M.Si sebagai dosen pendamping. Menurut Prof Dato' Dr. Mohammad Redzuan Othman, Dekan Fakulti Sastera dan Sains Sosial di UM, program sit in di fakultas ini merupakan program unggulan yang sedang mengalami peningkatan signifikan dari segi banyaknya

FT UNY Jalin Kerjasama dengan Ajou University, Korea Selatan

Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk membangun pengembangan bidang akademik di masing-masing institusi dengan prinsip kebersamaan dan saling menguntungkan. Dekan FT UNY kepada tim Humas menuturkan bahwa kerja sama dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri akan terus digalakkan oleh pihaknya. “Kami terus memperkuat jaringan terutama dengan pihak internasional sehingga kami bisa terus meng-update oerkembangan teknologi-teknologi baru serta tentunya bidang pengajaran,”terang Bruri.

akultas Teknik UNY menjalin kerjasama dengan Ajou University dalam bidang Fpendidikan dan penelitian. di Hotel Best

Western, Jakarta, Senin (2/6/2014), Dekan FT UNY, Dr. Moch Bruri Triyono dan Prof. Young-Tae Oh, Dekan Intelligent Transportation System (ITS) Pascasarjana Ajou University menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Rancangan kerja sama ini berawal dari diskusi dosen Pendidikan Teknik Otomotif, Dr. Zainal Arifin dengan pihak Ajou University saat kunjungan kerja di Korea Selatan.

(Bersambung di hal.9)

mahasiswa UNY berpose setelah berkeliling di galeri seni Universiti Malaya, Malaysia.

Do

k.K

UIK

Prof. Young-Tae Oh (kiri), Dr. Moch Bruri Triyono (tengah) dan Dr. Zainal Arifin (kanan)

Do

k.K

UIK

Page 9: New edisi kedua 2014

Urusan Internasional dan Kemitraan KUIK UNY 9

Dr. Zainal mengungkapkan bahwa terwujudnya kerja sama dengan Ajou University merupakan hal yang menggembirakan. “Institusi ini mempunyai sejarah panjang tentang pengembangan otomotif dan dunia tranportasi di mana mereka juga memiliki jurusan yang fokus tentang transportation engineering,” imbuhnya. “Ajou University juga memiliki Ajou Motor Collage dengan divisi automotive design-nya yang hebat dan semoga hal tersebut bisa ditularkan ke mahasiswa kami,” harap Dr. Zainal. (hryo)

Mahasiswa Burapha University, Thailand Sit-In di Universitas Negeri Yogyakarta

Rabu, 18 Juni 2014, UNY mengadakan Welcoming Ceremony untuk program sit-in bagi mahasiswa program sarjana dan pascasarjana Burapha Univers i ty , Tha i land. Acara penyambutan mahasiswa asal Thailand ini diisi dengan kuliah singkat, presentasi, dan diskusi tentang pendidikan di Indonesia dan Thailand. Asst. Prof. Sadayu Teeravanittrakul, “Burapha University antusias dengan program sit in ini dan saya berharap mahasiswa dapat mengenal Indonesia lebih dalam karena di Thailand sangat sedikit yang mereka pelajari tentang Indonesia.” Ia pun memberikan tanggapan positif terhadap pelatihan bahasa Indonesia yang mereka ikuti pada hari sebelumnya. Diskusi tentang pendidikan di Thailand ini diawali dengan kuliah dari Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. tentang perkembangan sistem pendidikan di Indonesia. Seusai kuliah tersebut, A s s t . P r o f . W i m o n r a t C h a t u r a n o n mempresentasikan tentang sistem pendidikan di Thailand.

(Sambungan hal.8)

Sementara itu, Dr. Zainal Arifin yang juga hadir saat penandatanganan MoU menjelaskan bahwa dalam waktu dekat wujud realisasi dari kerja sama ini adalah penelitian kolaboratif dalam bidang teknologi informasi terkait pengembangan sistem informasi jaringan jalan. “Selain penelitian, kami juga berencana untuk mengagendakan guest lecturing bidang keselamatan transportasi serta student exchange dari jurusan Pendidikan Teknik Otomotif dan Informatika,” ungkap pembimbing Tim Mobil Listrik UNY ini.

Mahasiswa Burapha University pun berpartisipasi dalam diskusi ini. Beberapa bahan diskusi yang menarik bagi mahasiswa p r o g r a m s a r j a n a a d a l a h k e g i a t a n ekstrakurikuler mahasiswa program S1 UNY selama di kampus. Begitu pula bagi mahasiswa program pascasarjana Burapha University, kegiatan akademik mahasiswa pasca sarjana UNY serta proses pendidikan dan perekrutan guru di Indonesia menjadi perhatian selama tanya-jawab berlangsung. Mahasiswa Thailand kemudian berkenalan dan berdiskusi dengan mahasiswa UNY yang akan mengikuti PPL internasional di Thailand. Turut hadir Dr.-Ing. Satoto Endar Nayono, M.Eng., M.Sc., Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan bersama Asst. Prof. Sadayu Teeravanittrakul, Associate Dean for Student Development Affairs, dan Asst. Prof. Wimonrat Chaturanon, Associate Dean for Academic Affairs, dari Burapha University (yla)

KIRI: BuU mengirim 13 mahasiswa untuk belajar budaya selama 2 minggu di UNYKANAN ATAS: Wakil Rektor IV UNY, Associate Dean for Student Development Affairs dan Associate Dean for Academic Affairs dari BuU menjadi pembicara diskusi pendidikan Indonesia dan ThailandKANAN BAWAH: Mahasiswa BuU belajar berkelompok di kelas bahasa Indonesia

Do

k.K

UIK

Page 10: New edisi kedua 2014

Urusan Internasional dan KemitraanKUIK UNY10

Diskusi Implementasi Program USAID PRIORITAS dengan Sekolah Mitra

pembelajaran. Afifuddin, M.Sc.,Ph.D,Teacher Training Institute Development Specialist USAID PRIORITAS, “Keberhasilan di Jawa Barat dalam implementasi program MBS bisa kita dijadikan inspirasi.” Pihak USAID PRIORITAS juga memaparkan perkembangan program 3 tahun dan rencana kerja untuk bulan Juli dan September 2014. Beberapa rencana yang dipaparkan terkait dengan penyusunan modul pelatihan untuk guru, pelatihan MBS dan guru sekolah, program praktikum guru dan program praktik sekolah yang baik. (laksa)

ukungan UNY terhadap program-program pelatihan USAID PRIORITAS adalah bagian Ddari komitmen meningkatkan kualitas

pendidikan di Indonesia. Untuk meningkatkan efektifitas program yang sedang dan akan b e r j a l a n , d i a d a ka n d i s k u s i m e n g e n a i implementasi program USAID PRIORITAS di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung PLA, FBS, UNY. Bahasan diskusi difokuskan pada pendampingan dan kendala yang dihadapi dalam implementasi program di sekolah mitra LPTK Rahayu Condro Murti, M.Si, Dosen MIPA UNY, selaku fasilitator mendukung usulan adanya 1 fasilitator untuk 1 sekolah. Dengan pola pendampingan semacam ini ia berharap pihak sekolah terbantu untuk memahami manfaat Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) bagi

Tim Agator UNY Presentasi tentang Teknologi Robot di Filipina

Tim Agator UNY beranggotakan Osiany Nurlansa, Dewi Anisa Istiqomah, Mahendra Astu Sanggha P. dari Fakultas Teknik mempresentasikan makalah berjudul Automatic Garbage Collector as Automatic Garbage Collector Robot Model dalam 2014 the 3rd International Conference on Network and Computer Science (ICNCS 2014). Konferensi ini diselenggarakan pada tanggal 20-21 Maret 2014 di Bayview Park Hotel, Manila, Filipina. Sekitar 150 peserta yang berasal dari hampir 12 negara dan wilayah tersebut ditinjau oleh pakar internasional, dan tim agator UNY lolos menjadi 30 paper terpilih untuk presentasi dan publikasi. (yla)

USAID Prioritas menjawab kebutuhan sekolah mitra dengan menyediakan, tidak hanya pelatihan, namun juga pendampingan bertahap.

Instruktur-instruktur USAID Prioritas berdiskusi dengan sekolah-sekolah mitra se-DIY di Gedung Pelayanan Akademik FBS UNY

Do

k.K

UIK

Tim Agretor UNY, sesaat sebelum presentasi di ICNS 2014.

Do

k.H

um

as U

NY

Page 11: New edisi kedua 2014

Urusan Internasional dan Kemitraan KUIK UNY 11

Anand Ardiansyah presentasi tentang

Fitoplankton Gunungkidul di

Jepang

Ada empat tema besar yang menjadi fokus dalam konferensi tahun ini, yaitu Humanities and Social Sciences, Education, Business and Economics, dan Technology and Science. Pada tema Technology and Science, terdapat anak tema yaitu Environment. Anak tema tersebut sesuai dengan makalah Muhammad Anand Ardhiansyah yang berjudul Phytoplankton Community As Bio Indicator Water Quality at Light Zone of Kalisuci Cave Yogyakarta.(yla)

u h a m m a d A n a n d Ardhiansyah dari Jurusan MP e n d i d i k a n B i o l o g i

I n t e r n a s i o n a l s u k s e s mempresentasikan papernya dalam G l o b a l A c a d e m i c N e t w o r k International Conferences (GANIC) di Temple University, Tokyo, Jepang (23-26 April 2014). Konferensi ini memberikan kesempatan kepada akademisi, p e n e l i t i , m a h a s i swa nya , d a n praktisioner dari berbagai disiplin ilmu di berbagai negara untuk berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan.

dan pendidik di seluruh dunia menuju Millenium Development Goals (MDGs) 2015, dan menyebarkan hasil penelitian. Peserta konferensi kali ini berjumlah lebih dari seratus peserta dangan 20 paper presenter adalah akademisi, mahasiswa, guru, jurnalis, dan dosen dari berbagai disiplin ilmu. Adapun negara yang turut berpartisipasi dalam konferensi ini diantaranya Filipina, Indonesia, Thailand, Bangladesh, Cina dan Amerika. Sedangkan delegasi Universitas yang ada di Indonesia yakni Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga dan Universitas Negeri Yogyakarta. Adapun kegiatan yang diikuti oleh delegasi UNY adalah tur budaya di

Mahasiswa UNY Unjuk Gigi di International Youth and Educators Summit on Transformative Education (I-YES) 2014 di Filipina

Edy Purwanto (Pendidikan Sosiologi FIS) dan Astrid Syarifah (Teknik Tata Boga Fakultas Teknik) mewakili UNY dalam International Youth and Educators Summit on Transformative Education (I-YES) di Hotel Eurotel Boracay, Filipina, dari tanggal 7-10 Februari 2014. Kegiatan ini diselenggarakan oleh panitia yang berasal dari PNU (Philippine Normal University) dan bekerjasama dengan Asian Network of Youth Volunteers. Edy Purwanto mempresentasikan makalahnya yang berjudul Difable Market as a Business Opportunity for People with Disabilities. Konferensi ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan pemikiran mahasiswa dan pendidik sebagai agent of change terhadap permasalahan yang melanda dunia, meningkatkan kemampuan mahasiswa dan pendidik untuk mampu bersikap kritis dan solitif terhadap permasalahan global dengan pengenmbangan sektor pendidikan, sosial, pilitik, budaya dan ekonomi, menambah pengalaman dan jaringan antarpemuda

ATAS: Muh. Anand Ardiansyah (keempat dari kanan) bersama perserta GANIC 2014 KIRI: Anand mempresentasikan kajian fitoplankton gua Kalisuci, Gunungkidul.

Do

k.K

UIK

Edy Purwanto

Do

k.K

UIK

Page 12: New edisi kedua 2014

Urusan Internasional dan KemitraanKUIK UNY12

institusi-institusi di Singapura. Meskipun pemerintah Singapura sangat efisien dalam menggunakan dana, kami harap kedepannya partner kerjasama bersama-sama menanggung biaya kegiatan,” tandasnya. Bergabung dalam diskusi ini ialah Wakil Dekan I Fakultas Teknik (FT), Dr. Sunaryo Soenarto, M.Pd. mengatakan bahwa FT berminat untuk mengembangkan ranah kerjasama, seperti dalam pengembangan mobil listrik agar mahasiswa dapat memperoleh pengalaman di Singapura ataupun pelatihan dosen untuk mendapatkan sertifikat internasional sesuai keahliannya. Menanggapi potensi kerjasama yang dapat dijalin oleh Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Herman, M.Pd. yang hadir mewakil i Wakil Dekan I FBS mengungkapkan bahwa ada potensi kerjasama yang mengunggulkan kearifan lokal, seperti seni tari, musik, rupa, dan kerajinan, terutama applied arts untuk produk industri, karena bidang kesenian yang sarat kearifan lokal mempunyai daya komparasi yang lebih baik dibandingkan bidang keilmuan lain yang perkembangannya di Indonesia tidak sepesat di Singapura. Selain itu hadir pula Dr. Margana, M.Hum., M.A.,

yang m e m a p a r k a n k e m u n g k i n a n k e r j a s a m a penyelenggaraan konferensi serta pertukaran mahasiswa dan dosen. Diskusi yang berlangsung di RKU, Gedung Rektorat UNY ini turut dihadiri oleh Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Dr. Sugito, M.A., Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan, Dr.-Ing. Satoto Endar Nayono, M.Eng.,M.Sc., Kabid Kerjasama Dalam Negeri, Ch. Fajar Sriwahyuniati, M.Or., dan Kabid Pengembangan Internasionalisasi Lembaga, Nunik Sugesti, M.Hum.(yla)

Staf Ahli Wakil Rektor Bidang Akademik,

Diskusi Potensi Kerjasama UNY-Pemerintah Singapura Bersama Calon Atdikbud KBRI Singapura

Senin (5/5/2014) Prof. Dr. Ismunandar, calon Atase Pendidikan di KBRI Singapura didampingi stafnya mengadakan kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kunjungan ini dimanfaatkan untuk mendiskusikan potensi kerjasama di bidang pendidikan tinggi antara UNY dengan pemerintah Singapura. Diskusi yang dipimpin oleh Prof. Suwarsih M a d y a , P h . D . ,

ini diawali dengan pemaparan profil universitas serta kebudayaan, pendidikan dan potensi pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Prof. Ismunandar, calon Atase Pendidikan KBRI di Singapura menuturkan bahwa kunjungan ini bertujuan untuk menimba ilmu lantaran ia akan segera bertugas di Singapura. “Banyak hal yang bisa dikaji terutama di bidang pendidikan yang menjadi fokus UNY. Di Singapura juga ada sekolah Indonesia, ada baiknya kalau nanti 1 atau 2 mahasiswa dari FMIPA ikut praktik mengajar di sana,” lanjutnya. Terkait kerjasama yang bisa direalisasikan nantinya, Dr. Suyanta, M.Si., Wakil Dekan I FMIPA mengungkapkan bahwa selama ini belum ada kerjasama dengan institusi di Singapura mengingat minat yang tinggi terkendala masalah anggaran. “Kami mengharapkan nantinya ada kerjasama yang bisa terjalin antara UNY dengan

Wa k i l R e k t o r B i d a n g Pengembangan dan Kerjasama,

Banyak hal yang bisa dikaji terutama di bidang pendidikan yang menjadi fokus UNY. Di Singapura juga ada sekolah Indonesia, ada baiknya kalau nanti 1 atau 2 mahasiswa dari FMIPA ikut praktik mengajar di sana.

Prof. Dr. IsmunandarAtdikbud KBRI SIngapura

Prof. Dr. Ismunandar menampung aspirasi UNY tentang hubungan pendidikan Indonesia-Singapura.

Page 13: New edisi kedua 2014

Urusan Internasional dan Kemitraan KUIK UNY 13

Institute, Australia mengungkapkan bahwa agenda ini sangat penting untuk peningkatan kompetensi para mahasiswanya. “Dengan project ini saya yakin mahasiswa dari Kangan dapat meningkatkan keterampilan dan menambah pengetahuan tentang teknik desain batik dimana saat ini batik kian populer di beberapa negara”, ungkap Graham Long.

Mengenai awal mula kerja sama dengan Prodi Pendidikan Teknik Busana FT UNY, Graham Long mengatakan bahwa dirinya pernah hadir saat pagelaran busana mahasiswa dan takjub dengan apa yang dihasilkan para mahasiswa Busana FT UNY. “Karya mereka sangat menakjubkan. Mereka mampu menggabungkan bahan-bahan kain lokal Indonesia dengan teknik desain busana modern sehingga menghasilkan busana yang sangat impressive”, cerita Graham.

“Dari situlah, saya berkeinginan membawa mahasiswa Kangan untuk belajar tentang kekayaan bahan lokal Indonesia serta berkolaborasi dengan mahasiswa Busana FT UNY untuk menghasilkan desain koleksi busana berbahan batik untuk pasar internasional,” tandasnya. (hryo)

Kolaborasi Desain Busana antara Mahasiswa Busana FT UNY dengan Kangan Institute Australia

Delapan mahasiswa dari Kangan Institute, Australia berkolaborasi dengan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Busana Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta dalam program workshop Design Development of Batik Fashion for Spring or Summer 2015-2016. Workshop ini merupakan kerjasama antara Program Studi Pendidikan Teknik Busana PTBB FT UNY dengan Kangan Institute, Australia terutama dalam pengembangan koleksi batik untuk pasar intenasional.

Wakil Dekan I FT UNY, Dr. Soenaryo Sunarto saat upacara pembukaan workshop tersebut (24/06/2014) mengungkapkan bahwa UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan dunia dimana hal itu melalui sebuah proses yang panjang dan disini saudara sekalian akan belajar tentang warisan leluhur kami ini. “Bukan hanya tentang proses pembuatannya namun juga filosofi yang terkandung didalamnya”, ungkapnya.

“Selain batik nantinya para mahasiswa dari Australia dan Thailand juga akan kami perkenalkan dengan ragam seni dan budaya lainnya dari bangsa ini khususnya dari Yogyakarta”, imbuhnya.Graham Long, dosen pendamping dari Kangan

“Dengan project ini saya yakin mahasiswa dari Kangan dapat

meningkatkan skills dan menambah pengetahuan

tentang teknik desain batik dimana saat ini batik kian

populer di beberapa negara”, ungkap Graham Long.

Do

k.K

UIK

Mahasiswa Kangan Institute mengikuti workshop Design Development of Batik Fashion for Spring or Summer 2015-2016. di FT UNY.

Page 14: New edisi kedua 2014

Urusan Internasional dan KemitraanKUIK UNY14

pendidikan, serta membimbing mereka selama praktek mengajar disekolah. Lucia W. Kidarsih M.Acc. dari SMAN 9 Yogyakarta selaku perwakilan kepala sekolah dan guru di sekolah-sekolah tempat PPL, mengungkapkan rasa terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk menjadi tempat praktik mengajar mahasiswa Victoria University. “Keberadaan mahasiswa PPL dari Australia ini membuat para siswa bersemangat, terutama untuk belajar bahasa Inggris,” ungkapnya. Para mahasiswa Victoria University pun mendapatkan sertifikat keikutsertaan mereka dalam program PPL yang diberikan langsung oleh Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. Di akhir acara, mereka bernyanyi dan menari bersama. (yla)

Closing Ceremony PPL Mahasiswa Victoria University di Yogyakarta

ada Selasa (10/6/2014) berlangsung Closing Ceremony PPL (Program Praktik PLapangan) mahasiswa Victoria University,

Australia di Ruang Sidang Utama, Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta. Ketua LPPMP, Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. memberikan sambutan yang menandai berakhirnya program PPL mahasiswa Victoria University di Yogyakarta. Ia juga mengucapkan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan program PPL ini. Dr. Zali Yager, dosen Victoria University, menuturkan kesan dan pesannya terhadap program ini,”Pendidikan mempengaruhi hubungan kedua negara, Indonesia dan Australia.” “Kami sangat terkesan dengan antusiasme siswa-siswi di Indonesia akan kehadiran mahasiswa Victoria University di sekolah mereka. Saya merasa bangga kepada kalian, mahasiswa Victoria University, atas keterbukaan kalian terhadap budaya dan berbagai pengalaman yang diperoleh selama tinggal di Yogyakarta,” tuturnya. Nicole McInerney, perwakilan mahasiswa Victoria University, memberikan testimoninya mengenai program PPL internasional tersebut. Ia menyampaikan rasa terimakasih kepada pihak Universitas Negeri Yogyakarta, sekolah, dan guru yang telah memberikan kesempatan mereka untuk belajar budaya, persahabatan, dan

TIM PENYUSUNPelindung: Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. Penasihat: Dr.-Ing. Satoto E. Nayono, M.Eng., M.Sc. Pembina: CH. Fajar Sriwahyuniati, M.Or.; Retna Hidayah, Ph.D.; Nunik Sugesti, M.Hum.; Yansri Widayanti, S.Pd. Pemimpin Umum: Yuniar Diyanti, M.Hum. Pemimpin Redaksi: Ari Kusmiatun, M.Hum. Sekretaris Redaksi: Nur Insani, M.Sc. Redaktur Pelaksana: Anies Rohidayah, S.S. Staf Redaksi: Aji Abdussalim, S.Pd.; Ria Cahyanti, S.Pd.; Ratna Anugrah S.U., S.S.; Astin Nuffika Rois, S.S.; Editor: Febi Puspitasari, S. Pd. Laksana Widyatama, S.I.P. Perwajahan: Yuliana Istiyani, S.Pd. Distribusi dan Sirkulasi: Lamiyadi

Alamat Redaksi: Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan, Gedung Rektorat Sayap Utara Lt. 3, Kampus UNY Karangmalang, Jl. Colombo No. 1, Sleman, Yogyakarta 55281 Telp./Fax.: +62 274 520324 Email: [email protected], [email protected] Website: www.uny.ac.id

Kami sangat terkesan dengan antusiasme siswa-siswi di Indonesia akan kehadiran mahasiswa Victoria University di sekolah

mereka. Saya merasa bangga kepada kalian, mahasiswa Victoria University, atas

keterbukaan kalian terhadap budaya dan berbagai pengalaman yang diperoleh

selama tinggal di Yogyakarta

Dr. Zali Yager, Victoria University

MahasiswaVictoria University menunjukan sertifikat yang menandai kesuksesan mereka menempuh program praktik mengajar di Yogyakarta.

Do

k.K

UIK

Page 15: New edisi kedua 2014

UNY Jalin Kerjasama dengan 6 Universitas Amerika

research, journal review di semua universitas dalam bidang-bidang yang telah disepakati.

Bersama UNL, kerjasama akan dilakukan di bidang pendidikan MIPA, tekstil, tata busana dan desain, serta seni rupa dan seni musik. Selain itu, UI dan UNY bersepakat untuk menjalin kerjasama dalam bidang evaluasi dan pengukuran pendidikan, pendidikan luar biasa dan pendidikan guru.

Bersama UM, UNY mengembangkan kerjasama di bidang educational leadership, qualitative evaluation, pengajaran IPA-teknologi-teknik-Matematika, pendidikan guru, manajemen pendidikan tinggi, dan pendidikan bahasa Inggris.

MSU tertarik untuk bekerjasama dengan UNY dalam bidang pendidikan guru, pendidikan bahasa Inggris, sastra, K-12 teaching and learning, dan pengembangan kurikulum.

Di sisi lain, OSU tertarik untuk menjalin kerjasama di bidang pendidikan vokasi dan pengajaran bahasa Inggris.

Dalam diskusi yang berujung pada kesepakatan kerjasama ini, Rektor UNY Prof. Dr. Rochmat Wahab M.Pd., M.A. didampingi oleh Wakil Rektor IV Prof. Suwarsih Madya, Ph.D. dan Prof. Dr. Djemari Mardapi. (febi)

Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. menandatangani kesepakatan kerjasama dengan 6 pimpinan universitas di Amerika Serikat. Kerjasama di bidang pendidikan ini akan dibangun bersama setelah kunjungan UNY ke University of Nebraska-Lincoln atau UNL (2/6/2014), the University of California at Los Angeles atau UCLA, University of Iowa atau UI (3-4/6/2014), University of Minnesota (5-6/6/2014) atau UM, Michigan State University atau MSU (9/6/2014), dan the Ohio State University atau OSU (10-11/6/2014).

Melalui kesepakatan ini, dosen UNY berpeluang mengambil program S2 dan S3, visiting scholars, joint

KIRI atas: Mahasiswa Victoria University mengikuti ekskursi ke Candi Borobudur; TENGAH: University, mengajar Bahasa Inggris menggunakan cerita di SD N Percobaan 2 Depok; KANAN atas: Diskusi bersama guru saat observasi sekolah di TK-SD Model; KANAN bawah: Kabupaten Sleman; KANAN bawah: Mahasiswa dan dosen dari Victoria University mengikuti acara Wisuda SMA N 9 Yogyakarta

Jessica Boucher, Mahasiswa Victoria

Rektor UNY Rochmat Wahab (kir)i berjabat tangan dengan Harvey Perlman, University of Nebraska-Lincoln chancellor (kanan) setelah penandatanganan MoU antara kedua universitas pada 2 Juni 2014.

Do

k.K

UIK

GALERI KEGIATAN

PPL international

VICTORIA UNIVERSITY

Urusan Internasional dan Kemitraan KUIK UNY 15

Page 16: New edisi kedua 2014

Urusan Internasional dan KemitraanKUIK UNY16

1. Mahasiswa Burapha University (BuU) mengunjungi pameran Teknologi Pendidikan di PPS UNY.

2. Di kelas batik, mahasiswa BuU berlatih membuat pola hingga menjadi sebuah karya batik.

3. Mahasiswa BuU mengikuti workshop budaya sesi permainan daerah.

4. Mahasiswa BuU dan mahasiswa PPL internasional 2014 UNY berbagi cerita tentang kebudayaan masing-masing.

6. Mahasiswa BuU ikut memeriahkan Jogja Fashion Carnival di Malioboro Yogyakarta.

5. Mahasiswa BuU berpartisipasi dalam Jogja Fashion Carnival dengan menunjukan kostum daerah wanita Thailand.

7. Closing Ceremony of Sit In Program

Persembahan tarian tradisional Thailand di

1

2

3

4

5

6

7

Kegiatan

Two week Sit-inBURAPHAUNIVERSITY