My Skripsi

download My Skripsi

of 21

  • date post

    26-Jul-2015
  • Category

    Documents

  • view

    128
  • download

    2

Embed Size (px)

Transcript of My Skripsi

PENGGUNAAN IRIGASI HIDUNG PADA SINUSITIS KRONIS DITINJAU DARI KEDOKTERAN DAN ISLAM

IBNU PUTRA 110.2004.107FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS YARSI

BAB I PENDAHULUAN

LATAR BELAKANG Periode Januari - Agustus 2005 jumlah pasien rinologi RSCM 435 pasien, 69 % nya adalah sinusitis. Arthur W. Proetz, pada tahun 1926, mengatakan bahwa irigasi garam isotonik bisa memperbaiki fungsi dari mucocilliar hidung. Pengobatan yang diperbolehkan menurut Islam untuk kesehatan, aman, dan tidak mengandung bahan-bahan yang diharamkan.

MASALAH

Apakah irigasi hidung dapat mengobati sinusitis kronis ? Bagaimana mekanisme kerja irigasi hidung mengobati sinusitis kronis ? Bagaimana penggunaan irigasi hidung pada sinusitis kronis ditinjau dari pandangan islam ?

ISLAM

KEDOKTERA N

MANFAAT

Bagi Penulis:Menambah pengetahuan dan wawasan penulis dalam penulisan skripsi maupun dalam penggunaan irigasi hidung pada sinusitis kronis

Bagi Universitas YARSI:Dapat dimanfaatkan oleh civitas akademika Universitas YARSI, khususnya mahasiswa kedokteran.

Bagi Masyarakat:Memberikan

informasi kepada masyarakat luas tentang penggunaan irigasi hidung pada sinusitis kronis

BAB II PENGGUNAAN IRIGASI HIDUNG PADA SINUSITIS KRONIS DITINJAU DARI KEDOKTERAN

SINUSITIS KRONIS

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan dari satu atau lebih dari sinus paranasal.

Sinusitis terbagi berdasarkan dari lamanya gejala berlangsung.Pada sinusitis kronis gejalanya berlangsung selama 8 minggu atau lebih dari berbagai keparahan yang terdiri dari gejala yang sama seperti yang terlihat pada sinusitis akut. Gejala yang muncul pada dewasa seperti hidung tersumbat, lendir yang bernanah, nyeri pada wajah, drainase post nasal, sakit kepala dan batuk. Gejala lain yang mungkin muncul antara lain demam, mual, muntah, lelah, dan bau mulut.

PATOGENESIS SINUSITIS KRONISOKLUSI

INFLAMASI

GANGGUAN DRAINASE

KERUSAKAN SEL DAN SILIA

LENDIR STASIS

PERUBAHAN pH

IRIGASI HIDUNG

Irigasi hidung adalah perawatan sederhana dan murah yang ditoleransi dengan baik, dan efektif. Irigasi hidung dilakukan dengan memasukkan cairan melalui salah satu lubang hidung dan mengalirkan keluar dari lubang hidung lainnya, atan memandikan rongga hidung. Cairan irigasi hidung dapat dilakukan dengan tekanan positif rendah dari botol semprot, atau dengan tekanan gravitasi berbasis menggunakan sebuah kendi hidung, seperti neti pot

MEKANISME IRIGASI HIDUNGOKLUSI

IRIGASI HIDUNG

INFLAMASI

GANGGUAN DRAINASE

KERUSAKAN SEL DAN SILIA

LENDIR STASIS

PERUBAHAN pH

BAB III PENGGUNAAN IRIGASI HIDUNG PADA SINUSITIS KRONIS DITINJAU DARI ISLAM

HIKMAH DI BALIK SAKIT

Artinya: Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.(Q.S AnNisaa (4):147)

HUKUM BEROBAT

Artinya : Dan apabila aku sakit, Dia-lah yang menyembuhkan aku. (Q.S Asy-Syura a (26) : 80). Dalam menafsirkan ayat ini, al-Dzahabi menyatakan bahwa tindakan penyembuhan penyakit secara medis merupakan perbuatan baik dan terpuji, karena berdasarkan pesan Nabi : lakukanlah penyembuhan secara medis

Artinya: Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, Maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.(Q.S Ar-Rad(13):11).

BAB IV KAITAN PANDANGAN ILMU KEDOKTERAN DAN ISLAM TENTANG PENGGUNAAN IRIGASI HIDUNG PADA SINUSITIS KRONIS

Dianjurkan Kedokteran kualitas hidup pasien

Islam

Sunah setiap muslim dapat menunaikan kewajibannya Pengobatan yang halal

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN

Tidak semua sinusitis kronis dapat diobati dengan irigasi hidung. 64 70 % pasien sinusitis kronis mengalami perbaikan gejala dengan menggunakan irigasi hidung. Irigasi hidung menggunakan larutan garam dapat menghilangkan proses peradangan yang menyumbat kompleks osteomeatal sehingga mucociliary clearane dapat berfungsi dengan baik. Dilihat dari segi mashlahah, alat dan metode irigasi hidung ini maka belum ada nash yang menggolongkan penggunaan irigasi hidung ini tidak diperbolehkan karena alasan kemudaratan dalam

SARAN

Perlu dilakukan suatu penelitian yang menunjukkan keabsahan dari penggunaan irigasi hidung pada sinusitis kronis. Perlu dilakukan suatu penelitian lebih lanjut tentang efek samping jangka panjang dari penggunaan irigasi hidung pada sinusitis kronis.