Mutasi Gen Ppt

download Mutasi Gen Ppt

of 18

  • date post

    29-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    107
  • download

    18

Embed Size (px)

description

qwerty

Transcript of Mutasi Gen Ppt

Mutasi Gen

Mind MapKelainan Gen ALDHTeori mendeltranskripsitranslasireplikasiStruktur dan jumlah kromosomikatanMutasi genStruktur protein gen ALDHdefisiensikomposisiFungsi protein1Replikasi DNAKemampuan DNA untuk membentuk DNA yang baru yang sama persis dengan DNA asal (replikasi) disebut kemampuan autokatalitik.kemampuan DNA membentuk molekul kimia lain dari salah satu atau sebagian rantainya disebut kemampuan heterokatalik.23 hipotesis tentang terjadinya replikasi DNATeori konservatif, menyatakan bahwa double helik yang lama tetap (tidak berubah) dan langsung berbentuk double helik yang baru.Teori dispersif, menyatakan bahwa double helik yang lama terputus-putus.

3Teori semikonservatif ,menyatakan bahwa dua pita dari double helik memisahkan diri dan masing-masing dua pita yang lama mendapatkan pasangan pita yang baru seperti pasanganya yang lama sehingga terbentuklah dua DNA yang baru sama persis.

4Proses Transkripsi Tahap pertama dari sintesis protein.proses ini berlangsung di dalam inti sel, transkripsi merupakan proses sintesis langsung RNA dari DNA.5Pada saat inti sel memerintahkan perlunya sintesis protein. Informasi DNA dialihkan melalui RNA pembawa pesan yang disebut RNAm, RNAm berisikan salinan langsung dari pasangan basa DNA yang terlebih dulu terlepas menjadi dua untai DNA dimana untai DNA dengan arah 3-5 menjadi cetakan atau template atau antisense sedangkan untai yang satunya lagi disebut sebagai sense atau salinan DNA.6Kode genetik disalin dari DNA dibawa keluar nukleus menuju lokasi pembuatan protein di ribosom yang berada di sitoplasma. Urutan basa yang dibawa RNAm ini disebut dengan kodon.

7Proses TranslasiRNAm mengandung urutan basa yang akan diterjemahkan menjadi protein (asam amino). Kode genetik yang dibawa di dalamnya (kodon) dibaca dalam urutan 3 basa nitrogen menjadi protein.8Translasi dibagi menjadi 3 tahapInisiasi, RNAm akan menempel pada subunit kecil ribosom. Sub unit kecil ini akan mengenali kode awal genetik AUG dari RNAm yang disebut sebagai start kodon.Elongasi, pembacaan kodon oleh RNAt sehingga terbentuk rantai polipeptida. 9Terminasi, Elongasi ini akan berhenti pada tahap pembacaan urutan basa spesifik yang memerintahkan proses translasi dihentikan(stop kodon).

10 Mutasi GenMutasi gen adalah perubahan materi genetik yang dapat diwariskan dan memunculkan bentuk bentuk alternatif gen yang disebut dengan alel.Mutasi gametik adalah mutasi yang terjadi pada sel gamet.Mutasi somatik adalah mutasi yang terjadi pada sel-sel soma (sel tubuh; dapat berupa zigot, sel-sel embrio).

11Mutasi KromosomMutasi kromosom (aberasi/gross mutation) dapat disebabkan karena perubahan struktur kromosom maupun perubahan jumlah kromosom.Dilihat pada sel selama mitosis atau miosis.

12Delesi adalah perubahan kromosomal berupa hilangnya satu atau lebih segmen gen atau kromosom.

13Duplikasi terjadi jika terdapat satu atau lebih salinan segmen kromosom pada kromosom itu sendiri atau kromosom lain.

14Translokasi : patahnya sebagian segmen kromosom, lalu patahan tersebut tersambung pada kromosom lain yang tidak homolog.

15Inversi : sebagian segmen kromosom patah, lalu patahan tersebut tersambung kembali tetapi dengan posisi terbalik.

16Tipe Kromosom

Autosom disebut kromosom biasa atau kromosom tubuh. Autosom tidak menentukan jenis kelamin organisme.Gonosom disebut juga kromosom kelamin atau kromosom seks. Gonosom dapat menentukan jenis kelamin makhluk hidup.17Perubahan Jumlah Kromosom

Euploidi, merupakan peubahan yang meliputi seluruh set kromosom sehingg jumlahnya merupakan kelipaan dari set kromosom haploidnya.Menurut jumlah perangkat kromosomnya organisme. Monoploid (n), Diploid (2n) , Poliploid (Triploid (3n), Tetraploid (4n) ).18